DotA Guide Indonesia

MICRO dan MACRO

Photobucket Photobucket Photobucket




INTRODUCTION

Di battle, Setiap pemain memilih dan mengendalikan masing-masing 1 hero saja, tapi bukan berarti kamu akan selalu mengendalikan 1 unit saja, karena ada beberapa hero yang menuntut pemakainya untuk mengendalikan unit2 lain selain hero itu sendiri.

Mengendalikan banyak Unit artinya kamu akan mengendalikan lebih dari satu unit, atau mengendalikan 2 atau lebih unit. Teknik ini membutuhkan kecepatan tangan, skill, good sense, kecerdasan spontanitas, dan mungkin juga ‘talent’ ^^.

Trik ini terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah pengendalian MICRO ( Micro Management ), yaitu kamu akan mengendalikan satu ‘grup’ (kelompok Unit), tapi dalam grup itu terdapat lebih dari satu unit. Kedua adalah Pengendalian MACRO (Macro Management), yaitu kamu akan mengendalikan lebih dari satu ‘grup’,dimana tiap grup memiliki unit yang berbeda-beda

Jadi selain menggunakan hotkey2 skill mu, kamu juga akan menggunakan tombol hotkey skill unit2 mu. Karena itu juga sebaiknya kamu menghapal hotkeys skill unit mu.

Tujuan dari pengendalian Micro dan Macro ini sebenarnya adalah untuk mempermudah atau mempercepat dalam mengendalikan unit2 mu, memanfaatkan semua potensi unit mu dalam 1 waktu. Memanfaatkan penggunaan tombol2 keyboard sebagai ‘shortcut’, lebih efektif daripada kamu nge-klik dengan mouse.


1. Hero apa saja yang Memerlukan Teknik ini?

> Hero Summoner.. Untuk keperluan Warding, atau penyerangan.

- Nerubian Assassins
- Banehallow
- Broodmother
- Necrolic
- Furion
- Rexar
- Undying
- Invoker


> Hero yang punya kemampuan persuade / Enchancted

- Chen
- Aiushtha


> Hero Yang biasanya Membeli Necronomicon atau Dominator

- Omniknight
- Luna Moonfang
- Troll Warlord
- Nerubian Assassins
- Mortred
- Nessaj
- Atropos
- Balanar,dll


> Hero yang memiliki courir sendiri atau Hero Support yang biasanya membeli Animal Courier ( ayam )

- Leshrac
- Rylai
- Warlock
- Syllabear,dll


> Hero yang memiliki kemampuan membuat ‘copy’ an nya sendiri ( bukan image )

- Geomancer
- Pandaren


> Hero yang bisa mengaktifkan skill nya dari jarak jauh.

- Goblin Techies
- Lanaya

2. Bagaimana cara melakukannya ?


PENGENDALIAN MICRO :

Pengendalian MICRO artinya kamu hanya membutuhkan 1 grup unit, Tapi dalam grup itu terdapat lebih dari satu unit mu. TAB adalah tombol utama penguasaan Micro. TAB akan digunakan untuk nge-switch ( mengganti ) unit yang akan kamu gunakan skill2 nya.

MICRO sangat diperlukan terutama untuk hero yang membeli HotD, Necronomicon, atau untuk hero yang memiliki kemampuan ‘dominate’, dan sebagian dari hero summoner, artinya kamu punya kemampuan untuk ‘menambah’ unit mu untuk keperluan penyerangan, bokongan, dll.


Sebagai contoh Nessaj dengan HotD:



dia telah memiliki centaur. Pertama buat dulu GRUP nya, cara membuat Grup adalah :

1. Blok kedua unitmu ( nessaj dan centaur)
2. Tekan dan tahan tombol CTRL
3. Tekan Tombol 1, selesai


Nah kamu telah membuat ‘grup’ nya. Grup 1 untuk unit nessaj dan Centaur. Kamu tidak harus selalu mengendalikan keduanya bersamaan, karena MS kalian berbeda (nessaj akan menyesuaikan MS nya dengan MS unit nya ). Jadi kalau kamu mau nge-bokong / war, baru kendalikan keduanya bersamaan, tinggal tekan 1 lalu berikan perintah. Lalu bagaimana cara mengendalikannya ? Karena unit mu memiliki spell, artinya kamu akan membutuhkan MICRO saat menyerang..

Nessaj memilik stun, centaur juga punya stun, jadi kalian akan melakukan stun berantai. Jadi Trik dasar dan skenarionya akan seperti ini..


1. BLOK kedua unit mu, lalu tekan CTRL + 1 (Membuat Grup)

2. Klik Centaur ( centaur aj), lalu majuin ke targetmu..Sementara kamu harusnya diam dulu (di FoW) tidak jauh dari posisi target..tunggu sampai centaur mencapai target.

Photobucket


3. Pukul2 target (kalau centaur sudah sampe ke target), JANGAN langsung nge-stun!!

4. Tekan tombol 1 (artinya ‘perintah’ untuk kedua unit mu), klik kanan target.. lalu nessaj akan mulai maju..

Photobucket

5. Gunakan Chaos Bolt ( C ) Untuk nge-stun..(sebenarnya jauh lebih baik kalau kamu Rift duluan, baru kamu stun!) lalu maju Pukul2 target..

Photobucket

6. Nah..karena target sudah diam, sekarang gunakan stun nya Centaur!!, caranya tekan tombol TAB (akan nge-switch Unit yang bisa kamu gunakan SPELL nya, dari nessaj menjadi centaur), lalu tekan T ( hoof Stomp).

Photobucket

7. Target terkena stun lagi, Sebaiknya gunakan hoof stomp kalau durasi chaos bolt sudah selesai, stun berantai akan menghasilkan durasi stun yang lebih lama.

Photobucket


Tombol TAB sangat berperan dalam Microing, nge-switch unit2 mu, jadi kamu bisa mengganti2 unit yang bisa kamu gunakan spell nya, tanpa harus repot2 nge-klik unit itu. Sekali lagi, ini Cuma trik standarnya aj, untuk 1 ‘grup’ yang terdiri dari 2 unit aj ^^, jadi selanjutnya untuk unit yang lebih banyak (chen / Aiushtha), tekniknya sama, tapi lebih kompleks. kamu perlu memperhitungkan baik2 urutan unit dan spell yang akan kamu gunakan, lalu menghapalnya, perhitungkan jg kapan menggunakannya, atau berapa lama durasinya, dll.

Jadi Micro sangat berguna saat nge-bokong untuk kamu yang punya 2 /lebih unit, terutama kalau kamu nge-bokong sendiri. stunner bisa melakukan stun berantai, hero yang tidak punya stun menjadi punya stun, punya nuke, punya tanker, disabler, dll. Jadi Untuk melakukan itu juga TIDAK harus centaur aj, km bisa membawa dark troll warlord (ensnare), satyr Trickster (purge), dll.

Begitu pula kalau kamu membeli NECRONOMICON, setelah mengeluarkan demonmu, langsung block hero mu bersama kedua demonmu, karena durasi demon tidak lama, jadi boleh kamu buat grup nya atau mending tidak usah. Untuk menggunakan Mana burn nya, tinggal tekan TAB dua kali lalu tekan hotkeys Mana burn. ( Karena Demon yang bisa mana burn menjadi unit ‘ketiga’ mu, artinya kamu perlu menekan TAB sebanyak 2 kali )

Photobucket



Selain hero-hero dia atas yang memiliki kemampuan dominate. Pengendalian MICRO juga diperlukan untuk hero yang bisa membuat copy nya sendiri seperti meepo, dan Pandaren Brewmaster yang bisa melakukan ‘spli’ ( membelah diri).


MICRO untuk Geomancer




Meepo memiliki kemampuan untuk membuat copy nya sendiri sebanyak 3 atau 4 copy, copy nya itu permanent dan BUKAN image/ilusi. Jadi kamu akan mengendalikan 4 sampai 5 meepo. Sudah pasti kamu harus melakukan MICRO. Cara mengelompokkannya sama, sebaiknya jadikan mereka grup 1 saja. Dan karena MS masing-masing geo sama, kendalikan selalu mereka bersamaan ( grup 1 ).

Masing2 copy geomancer bisa menggunakan skill2 geromancer yang asli seperti’poof’ dan ‘earthbind’ juga. Karena cooldown masing2 skill mereka berbeda, artinya kamu bisa menggunakan 5 kali ensnare dan5 kali poof dengan menggunakan kelima meepo mu, woow!. Tapi kalau km nge-klik satu-satu bakalan ribet, jadi pengendalian MICRO lah solusimu..


Skenarionya akan seperti ini, ( lakukan cara ini sebagai latihan juga )

1. Geomancer yang asli melempar Earthbind pertama

Photobucket

2. Tekan TAB (switch geo kedua ), lalu tekan E (earthbind) lagi ke target..

Photobucket

3. Tekan TAB lagi ( switch ke geo ketiga ), tekan E lagi ke target..

Photobucket

4. Tekan TAB lagi ( switch ke geo terakhir ), tekan E lagi ke target..

Photobucket


Yeah Latihan sering2 akan membuatmu terbiasa, Disable yang akan kamu hasilkan ke target dengan cara di atas akan sangat lama, timing yang bagus akan menghasilkan 4 atau 5 kali durasi Earthbind /Permadisabler, woahh..Lebih banyak DPS yang bisa kalian hasilkan.

Photobucket

Selain ensnare, lakukan juga ‘poof’ berantai. Dengan cara yang sama, damage poof yang akan kamu hasilkan akan berlipat ganda, jadi ga harus menunggu cooldown selesai dulu.

Dengan melakukan MICRO, kalau ada geo mu yang sedang ngisi HP di fountain, lalu untuk mengembalikannya ke posisi mu, kamu TIDAK perlu mengubah ‘vision’screen mu ke geo itu di markas. Jadi kalau HP nya sudah full tekan 1 ( grup 1 ) lalu tekan TAB swtich ke geo yang ada di markas, lalu tekan F (poof) di salah satu geo mu yang ada di ‘medan perang’ dan si geo akan muncul seketika disamping geo-geo mu.

Photobucket




MICRO untuk Pandaren



Ulti Panda, membuat dirinya ‘terbelah’/ terbagi menjadi 3 unit. Sama seperti hero lainnya Gunakan tombol TAB untuk nge-switch unit untuk menggunakan spell nya masing2. Ketiga unit panda ini memiliki banyak spell. Earth memiliki Hurl Boulder ( stun ), Storm memiliki Cyclone, windwalk, dan debuff, dan Fire hanya memiliki 2 skill pasif. Jadi sangat dibutuhkan pengendalian MICRO untuk menggunakan semuanya.

1. Gunakan Primal Split, ( ga usah bikin grup )

2. tekan TAB , switch ke unit EARTH, yang punya stun..lalu tekan D ( hurl boulder) ke target

Photobucket

3. Pukul2 target, tp kalau tujuanmu untuk kabur, bawa salah satu panda mu menjauh (earth), karena kalau ketiga nya dibunuh, kamu akan mati.

Photobucket

4. Atau gunakan Cyclone,kalau kamu benar2 ingin kabur.. Tekan TAB, switch ke Storm, lalu tekan C (cyclone ),

Photobucket


Tips:

Sebenarnya kamu juga bisa melakukan MICRO ke hero, jadi Kalau ada temanmu yang LEAVER control hero nya sekali-kali..lalu Lakukan Microing juga, mengendalikan 2 HERO = 8 SKILL!! Apalagi kalau kamu mengendalikan 3 HERO :D



PENGENDALIAN MACRO :

Pengendalian makro artinya kamu memerlukan pengendalian banyak grup unit. Kenapa harus banyak grup ? karena kamu tidak akan selalu bersama unit-unit mu itu, membuat grup untuk mempermudahmu mengendalikan unit mu itu dari jarak yang sangat jauh sekalipun dari posisimu.

Jadi jelas perbedaan MICRO dan MACRO adalah, kalau MICRO kamu sebaiknya selalu bersama unit-unit mu, sedangkan untuk MACRO kamu tidak perlu selalu bersama unit mu, mengendalikan mereka dari jarak jauh.

Perbedaan lainnya adalah kali ini kamu tidak menggunakan TAB untuk nge-switch unitmu, tapi dengan ANGKA 1-9 yang merupakan GRUP 1-9, dan masing-masing grup memiliki unit berbeda-beda, dan kamu akan mengendalikan masing2 grup di lokasi yang berbeda-beda.


MACRO biasanya digunakan untuk :

A. Warding sebagian hero2 summoner yang menggunakan unit nya sebagai ward.

B. Belanja item dari Animal courier untuk hero-hero support yang membeli ayam.

C. Mengaktifkan skill2 ‘ranjau’ yang perlu diaktifkan secara MANUAL.

D. Mengaktifkan Glyph of Fortification untuk Defense bangunan



A. MACRO untuk keperluan WARDING :

Photobucket


Sebagai contoh di guide [ANUB'ARAK] bagian early Strategy.. Ayo lihat!

Disana sy membagi Urna swarm menjadi 6 titik, yang menjadi titik-titik yang akan kamu pilih untuk menempatkan 5 scarab. Jadi 1 grup untuk 1 urna mu. Untuk kamu (NA) tidak usah buat grup nya, cukup tekan F1 aj, supaya kamu mudah menghapal posisi urna swarm mu (sesuai dengan angka nya ).

Jadi Hapalkan posisi masing2 grup nya dengan angka GRUP nya, jadi setiap kamu melihat ada musuh yang ‘muncul’ di vision salah satu urna mu. Langsung tekan tombol grup urna itu.

Misalnya kamu melihat ada musuh melintas di area urna yang ketiga, cepat tekan tombol 3 (tekan 2 kali), visionmu akan langsung menuju ke urna 3 itu, gunakan ‘burrowed’ kalau musuhnya nyerang urna mu, atau langsung beri ‘signal’ aj di area itu.


Selain NA, hero2 lain yang kadang menggunakan unit nya sebagai ward antara lain, rexar, necrolic, dan Broodmother juga membutuhkan pengendalian MACRO.

Untuk hero yang ‘memasang’ ward juga boleh, jadi tinggal pasang ward di suatu area, klik ward itu lalu bikin grup nya, mempercepatmu mendapatkan vision di area ward itu kalau ada musuh yang melintas.




B. MACRO untuk Keperluan Belanja ( ayam) :

Photobucket

Simple aj misalnya rylai crestfall yang membeli ayam, grup 1 adalah Rylai, dan Grup 2 adalah Ayam / burung. Tekan 2 untuk mengndalikan burung, misalnya mengambil barangmu, lalu mengantarkannya ke kamu / temanmu, atau pergi ke secret shop, membeli item, bahkan kalau dia diserang, langsung aktifkan Invulnerability nya.


Photobucket




C. MACRO Untuk Mengaktifkan skill2 yang perlu diaktifkan secara MANUAL..

Ada 2 hero yang memiliki skill ‘ranjau’, yang kumaksud adalah..


Goblin Techies ( Remote Mine – Detonate )



Kumpulkan Remote mine sebanyak2 nya dalam satu area, lalu Buat 1 grup untuk semua koleksi remote mine mu, misalnya grup 2.


Photobucket

Kalau ada musuh yang melintas tekan tombol 2 , lalu tekan D (detonate) jduaar.. RAMPAGE!! tanpa harus berada di TKP!!ghahaha..

Kalau kamu punya banyak lokasi koleksi bom, buat masing2 grupnya untuk tiap lokasi itu, lalu hapalkan grup dan lokasi nya.


Lanaya ( Psionic Trap )



Psionic Trap, nge-slow MS target yang terkena, pasang di satu area lalu buat grup nya ( grup 2 misalnya )

Photobucket

Jadi kalau ada musuh yang melintas ( terlihat di mini map), langsung tekan 2 dan aktifkan Psionic Trap. Sama dengan Remote mine, kalau kamu punya banyak lokasi trap mu, buat masing2 grup nya, dan hapalkan lokasi dan ANGKA masing-masing grup nya..




D. MACRO untuk mengaktifkan Glyph of Furtification

Jadi buat grup nya, caranya klik CIRCLE OF POWER mu di dekat fountain, lalu tekan CTRL 2 ( Angka Grup nya terserah kamu). kalau kamu mau mengaktifkan Fortificationnya, tinggal tekan 2 lalu tekan F, dan fortivication akan aktif, jadi kamu ga usah repot2 nge-klik circle of power mu lagi.

Photobucket




3. Ada ga hero yang memerlukan MICRO dan MACRO ?

Ada, misalnya NA, Sebenarnya Selain membutuhkan pengendalian MACRO, Pemakai NA juga sebaiknya melakukan pengendalian MICRO, karena urna selain bisa digunakan buat warding juga bisa kamu bawa bersama mu untuk membantu war, karena urna bisa ngesilence 3 detik jadi lakukan Microing dengan menggunakan tombol TAB.

Pemakai syllabear juga tidak hanya membutuhkan pengendalian MICRO, karena spirit bear nya bisa dijadikan ‘courier’ untuk belanja, jadi selain membuat grup MICRO, buat juga grup MACRO untuk spirit bearmu sendiri, gunakan dia untuk jajan atau isi HP di fountain.



4. Seberapa pentingnya teknik ini?

Temukan jawabannya di bagian Conclusion aj ^^



CONCLUSION

Kamu akan membutuhkan pengendalian MICRO maupun MACRO kalau kamu memakai salah satu hero di atas, karena akan sangat membantu mengendalikan unit-unit mu lebih mudah.

Latihan secara rutin akan membuatmu ‘terlatih’, latihan dengan AI saja dulu, supaya kamu siap memakai hero2 itu di kompetisi.

JANGAN mengabaikan teknik ini, kesalahan mengontrol unit akan berakibat fatal. Dan di DotA, kecepatan mengontrol unit itu sangat penting, 'terlambat' beberapa milisecond sj kamu bisa gagal, atau bahkan bisa membunuhmu dan unit mu :)


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)





38 komentar:

  1. Wah..Wah bagus bngt guidenya mksih...

    BalasHapus
  2. mantab nih...bisa buat dota traing center om :)

    BalasHapus
  3. Udah nyoba berkali-kali lawan BOT (Centaur, Lich, BeastMaster,sama necrolyte) 4 by 4 bagusnya yg ane dan anggota ane siapa apa aja yaa kk?

    BalasHapus
  4. kalau cranium basher 2 tetap aktif g keduanya?(jadi 50% stun g?)

    BalasHapus
  5. MAntab broooooo

    Terima kasih atas saran2nya

    BalasHapus
  6. Good... Bro membuat guide dengan detail, keep it work :)

    BalasHapus
  7. aduh gambarnya gk kliatan nie om

    BalasHapus
  8. wah detailnya lengkap banget
    jadi serasa diajari doa secara privat

    BalasHapus
  9. bro itu salah harusnya vendetta bukan shukuchi

    BalasHapus
  10. wah" .
    jadi ngidam pake meepo nih :p

    BalasHapus
  11. mantep banget
    good luck

    BalasHapus
  12. kak, klo make naga siren ngendaliin imageny pke micro??

    BalasHapus
  13. kk naym, zombinya Undying gak bisa dikendaliin sama kita, gak termasuk micro donk kk ????

    BalasHapus
  14. macro micro macro micro macro micro macro micro mepo mepo

    BalasHapus
  15. kk ada ga software yang bisa ganti tab jadi huruf misalnya jadi huruf z? jadi pas pencet z langsung pindah ke unit lain.

    BalasHapus
  16. tx kakak guidenya, susah asli tapi pengen belajar, emang nih game ga ada matinya, latian otak dah bener bener haha

    BalasHapus
  17. guide nya bgus kk.. wkkwkw

    BalasHapus
  18. kk naym, kenapa ada nama nerubian weaver???

    BalasHapus
  19. kk saya kan uda download meepobot.?cara gunainya gmna ya kk...?

    BalasHapus
  20. kk kalo macro buat brood brarti stiap summon harus bikin grup baru lagi ya?apa gak ribet n memakan waktu kk?kasi solusinya..thx

    BalasHapus
  21. Kalo brood sbnrnya ga usah bikin grup macronya, cukup di blok aj trus arahkan, ke hutan atau push :)
    bikin grup macro ga memakan waktu kok, malah sangat ngebantu.

    BalasHapus
  22. Guidenya keren banget, suka bingung orang dewa banget pake geo, haha

    BalasHapus
  23. kk kalo anggota grup mati harus bikin grup lagi gak?

    BalasHapus
  24. selama masih ada anggota grup yang hidup, grupnya masih ada. tinggal digabungkan lagi :)

    BalasHapus
  25. gan,ane pengen coba grouping make 2 hero (hero ane sama temen ngeshare)
    pas ane blok 2-2nya kok cuma hero ane yg keselect? ap cuma hero leaver yg bisa digroup sama hero ane?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Select heromu, lalu klik hero temen sambil tekan shift

      atau select heromu, tekan ctrl+1
      select shared hero, tekan ctrl+2

      tiap mau pake skill hero tmn tkn ctrl+2

      *angkanya bsa diganti dengan angka berapa aja

      Hapus
  26. gambar2 nya kok ilang semua ya...TQ

    BalasHapus
  27. K Naym emang master Dota plng niat y... bukan cuma Hero & Item aj, ampe sluk-bluk kaya gini aj ad Bro...
    Salut deh kk 4 thumb up(ama jempol kaki)

    BalasHapus
  28. wah saya baru tau ada yang kaya ginian (bisa ngerti dah pake meepo)

    BalasHapus
  29. haseeeeekkk jadi keterusan pake meepo nih kak :D

    BalasHapus
  30. wahhhh ,,,, akhir nya saya gampang menggunakan meepo (walau hanya lawan bot seh) :D
    terima kasih yah

    BalasHapus
  31. WOWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWW

    BalasHapus
  32. Semua hero perlu kemampuan microing, minimal bisa belanja pake courier sambil tetap lasthit/deny. Gak pake burung? NOOB!

    Beware!
    Lele is everywhere!
    Watching you standing there!

    BalasHapus
  33. Akhirnya jadi mudenk micro macro Thx gan info nya Love DGI

    BalasHapus
  34. akhirnya jadi mudenk micro sama macro, jadi enak make visage nya. Makasih gan. maju terus DGI

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats