DotA Guide Indonesia

Kunkka – The Admiral Proudmoore



Of all the allies in the Sentinel's ranks, only one, is known by as many names and is feared in as many lands. Called Capt. CoCo by his mates, Jacksparrow by others, The Legendary Mariner by some, but only a select few know his real name and what it stands for. He can harness the powers of the depths to conjure torrential geysers that blast his enemies into the air. His elegant blade is sworn to the Seas and with each mighty swing it ebbs like the tides. Using a watery form of spacial magic, he can bring you back to your original destination. The Captain now sails towards the Scourge lands, aboard his Phantom vessel boosting the spirits of his comrades with his fabled Rum, paving the way for the victory of the Sentinel. He is Kunkka, Master and Commander of the seven seas.




INTRO



Hail pirates!

Kunkka adalah hero semicarry-tanker, yang berarti dia adalah hero 'tebal' yang juga berbahaya di late game!




Spoiler Statistik Hero



Name: Kunkka
Special name: Daelin Proudmoore / CoCo / Captain Obvious
Affiliation: STR Sentinel
Strength: 24 + 3
Agility*: 14 + 1.3
Intelligence: 18 + 1.5
Damage: 47 - 57
Armor: 2.6
HP: 549 (HP Regen: 0.88)
Mana: 208 (Mana Regen: 0.65)
Movespeed: 300
Range: 128 (melee)
Attack Time: 1.7 (+21%)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800



Keunggulan dan Kelemahan



KEUNGGULAN :
1. Attack animation Mantap ^^
2. Punya skill ‘cleave’ yang (menurutku ) imba -_-
3. Hero yang ga mungkin membuat targetnya jauh2 darinya :p
4. SemiTank/semicarry/ ganker


KELEMAHAN:
1. Pertumbuhan stats INT nya kurang
2. Kapasitas Mana nya sedikit di early game
3. Torrent dan ghost ship butuh perhitungan yang baik untuk menggunakannya, ga jarang bikin kamu rugi mana.




SKILLS

Torrent


Using his unparalleled knowledge of the sea, Kunkka is able to summon a blast of water at a targeted area. After 2 seconds a fierce torrent of water erupts from the ground, the stream blastingenemies caught in the AoE into the sky, dealing damage and slowing movement speed by 35%.

Level 1 - 120 damage, lasts 1 seconds.
Level 2 - 180 damage, lasts 2 seconds.
Level 3 - 240 damage, lasts 3 seconds.
Level 4 - 300 damage, lasts 4 seconds.

Casting range: 1500
Area of Effect: 225
Mana Cost: 120
Cooldown: 12

Skill nuke + slow yang sangat baik, nge-stun semua target yang terkena selama 1.53 detik (semua level ) setelah itu bru di-slow, efek animasinya mirip dengan ‘impale’ yaitu ‘ngangkat’ target.. Casting range nya sangat jauh, km bs menggunakannya ‘fullscreen’ di monitormu, jadi sangat cocok menjadi pembuka bokongan, termasuk untuk ngejar jg.

Musuh ga bisa melihat animasi ‘gelembung’ skill ini, tapi teman mu bisa.Ga seperti impale, Target yang terkena skill ini ( saat diangkat ) tetap bisa diserang dengan attack maupun spell. Penggunaannya juga sedikit mengandalkan sense sih, perhitungkan 225 AoE nya, 2 detik jeda nya, terutama MS target.

Setengah total damage nya akan kena ke target tepat saat torrent ‘mengangkat’ target, dan setengahnya lagi akan kena sedikit demi sedikit selama di udara. Klo target dibunuh oleh skill ini, dia akan mati klo udah mendarat ( sama seperti impale )



Tide Bringer


Kunkka's legendary sword Tidebringer is infused with the very power of the sea. Akin to the ebb and flow, Tidebringer passively grants thehero increased damage and large AoE cleave for a single strike every once a while.
Level 1 - +15 damage
Level 2 - +30 damage
Level 3 - +45 damage
Level 4 - +60 damage

Area of Effect: 600
Mana Cost: N/A
Cooldown: 13/10/7/4

Ini mesin Gold mu ( ATM mu ), bonus physical damage nya sangat baik, ga boleh dilewati di early game, karena tiap naikin levelnya AoE dan Cooldownnya semakin Baik. Skill ini yang merupaka ‘ciri khas’ dari hero ini, karena CLEAVING nya sangat berbeda dari semua ‘efek’ cleave yang pernah ada.

Yang harus jadi catatan penting dari skill ini untukmu adalah, Damage musuh yang terkena ‘cleaving’ itu PURE ( murni ga dikurangi apapun ) atau tepatnya SAMA dengan damage yang diterima target ( yang kamu pukul ), jadi armor musuh yang terkena ‘cleave’ seakan ga guna , artinya semakin sedikit armor target yang kamu pukul semakin besar damage yang akan diterima musuh2 lainnya yang terkena ‘cleave’.

Item2 atau skill yang mengurangi armor musuh juga sinergi dengan damage ‘cleave’mu, maksudku semakin banyak armor yang dikurangi, semakin besar pula damage yang diterimanya, WOW!!

Kesimpulannya, lebih direkomendasikan pukul creep ( karena armornya lebih tipis ) dari pada hero-nya, Manfaatkan musuh yang Armor nya paling tipis ( creep misalnya) menjadi Aset ‘killing’ mu atau mendapatkan potensi pure damage ‘cleave’ terbesar untuk nyerang/nyicil/bunuh Hero-nya.

Cooldown nya tidak terpicu kalau kamu nge- deny, jadi tidak perlu khawatir kehilangan tidebringer saat nge-deny.


X Marks The Spot


In order to make an assembly for his troops, Admiral Proudmoore targets a hero and marks its current position on the ground. After a few seconds, the hero will instantly return to the mark.

Level 1 - Returns Target after 1 second. 500 cast range.
Level 2 - Returns Target after 2 second. 650 cast range.
Level 3 - Returns Target after 3 second. 800 cast range.
Level 4 - Returns Target after 4 second. 950 cast range.

Mana Cost: 80
Cooldown: 20

Target akan kembali ke posisinya ( X ) saat kamu menggunakan X Marks untuknya dalam beberapa detik atau kamu bisa langsung mengembalikannya dengan menekan R ( return ). Melihat dari durasinya yang 4 detik, waktu yang sangat cukup untuk kamu bersiap menjebaknya ke dalam area Ghost Ship dan torren. Dan selama durasi itu kamu mendapat vision target X seluas 400 area ground vision.

Kalau target menjadi ‘spell immunity’ setelah terkena X marks, dia TIDAK akan kembali ke tanda X.Skill ini bisa digunakan untuk menghentikan ‘channeling spell’.

Dengan skill ini, hampir tidak mungkin target bisa kabur dari cengkramanmu, dan karena ‘casting animation’ nya sama dengan torrent ( kunkka mengangkat pedangnya ) , jadi bisa juga membingungkan lawan, kamu sedang pake skill torrent atau X marks.. ( salah satu keuntungannya nih )

Return


Returns the target to the X.

Cooldown : 5 seconds
Mana Cost : 50



Ghost Ship


The admiral summons the mythical ghost ship S.S. CoCo to the battlefield. Allies are doused in Captain CoCo's Rum, inebriating them for 10% bonus movespeed and numbness to incomingdamage, causing them to feel only half of the pain now and half after the Rum wears off. Enemies, pirates and scurvy knaves are dashed on the rocks for damage and a brief stun when the ship crashes.
Level 1 - 350 crash damage, 10% MS bonus,
Level 2 - 450 crash damage, 10% MS bonus,
Level 3 - 550 crash damage, 10% MS bonus,
Durasi Coco Rum: 8 Detik
Durasi Stun: 1,4 Detik
Mana Cost: 150/200/250
Cooldown: 60/50/40
Casting range: 1000
Area of Effect: 425
Sangat baik digunakan sebagai pembuka war, klo ga ada ‘battle initiator’ lainnya di tim mu. Damage nya (setelah dikurangi ‘base’ resistance ) adalah 225/300/375, nge-stun semua musuh dalam 425 AOE area ‘crash’ nya kapal, dan nge-stun selama 1,4 detik di semua level.

Memberikan 10% MS untuk semua teman yang ada di ‘area’ mu ( selama 8 detik ), dan tentunya ditambah lagi ‘coco’s rum’ yg nge-block 50% total damage apapun yang diterima teman2 mu itu selama durasi ‘buff’ skill ini yaitu 8 detik tiap levelnya. Lalu setelah efek skill ini selesai kamu menerima SEMUA damage yang di-block oleh teman2 mu sebelumnya. Itu sangat penting mengingat kamu sebagai TANKER mereka.

MS kapal nya adalah 650. Creep-creep mu tidak akan mendapat efek apapun ( Bonus MS maupun Block damage ) dari skill ini. Musuh yang di lewati kapal tidak akan terkena efek apapun, hanya mereka yang ada di area ‘hancur’ nya kapal. Dan satu lagi, sama seperti Ultimatenya Venomancer ( poison nova ), skill ini TIDAK bisa membunuh musuh, hanya menyisakan 1 HP saja.

Spoiler Screenshot








SKILLS BUILD UP


Build Standar :

Level 1: Tidebringer
Level 2: Torrent
Level 3: Tidebringer
Level 4: Torrent
Level 5: Tidebringer
Level 6: Ghostship
Level 7: Torrent
Level 8: Tidebringer
Level 9: Torrent
Level 10: X Marks the Spot
Level 11: Ghostship
Level 12: X Marks the Spot
Level 13: X Marks the Spot
Level 14: X Marks the Spot
Level 15: Attribute Bonus
Level 16: Ghostship
Level 17-25: Attribute Bonus



Build Agresif Lane :

Level 1: Tidebringer
Level 2: Torrent
Level 3: Torrent
Level 4: Tidebringer
Level 5: Torrent
Level 6: Ghostship
Level 7: Torrent
Level 8: Tidebringer
Level 9: Tidebringer
Level 10: X Marks the Spot
Level 11: Ghostship
Level 12: X Marks the Spot
Level 13: X Marks the Spot
Level 14: X Marks the Spot
Level 15: Attribute Bonus
Level 16: Ghostship
Level 17-25: Attribute Bonus


Untuk standard build, yang jadi prioritas di lane early adalah creeping, dengan mentokin tide duluan, selain itu ambil torrent juga untuk nyicil lawan, atau sebagai modal untuk pertahanan di early. Skill build up itu pake klo teman se-lane mu juga hero pasif ( bukan stunner/disabler )
Nah.. agresif lane harus km ikutin klo teman-se-lane mu stunner/disabler, jadi mentokin torrent untuk mendapt efek damage terbesar karena teman mu itu akan mempermudah pengunaan torrent mu.Tp kurasa tide masih penting di ambil di level 1, nge-bantu untuk last-hit di awal2.
Ghost ship sangat baik digunakan untuk nge-bokong, tapi klo km mau fokus creeping di early, ambil ghost ship di level 9 aj klo gt.




Item Build dan Gameplay





EARLY ITEM

ITEM AWAL :

Fokus ke item yang bs nge-heal dan nambahin stats yang murah2..Apapun kombinasi favoritmu, aku merekomendasikan 1 tango, 1 healing salve, 2 gauntlet, dan sisanya Ironwood Branch.jangan beli Clarity, karena km membuang2 banyak GOLD (waktu u/ nge-last hit) untuk menunggu mana mu terisi, cuman sedikit pula.
Oh ya klo main by 1 atw kompetisi (turney) jangan lupa beli ayam yak.


ITEM CORE :

BRACER


Nambah kapasitas, kurasa 1 udah lumayan, tp kusarankan beli 2..


BOOTS OF SPEED


lebih wajib lg..


EMPTY BOTTLE


Item core ganker karena kamu sebaiknya roam. Mengisi HP dan mana, kamu tidak begitu membutuhkan regen mana lainnya selain item ini, lebih menghemat Gold mu.




EARLY STRATEGY




Drafting..

Jangan pick Kunkka:

1. Kamu belum tahu penggunaan skillnya
2. Tim kalian butuh Babysitter.
3. Belum kenal bidang perlautan dan kapal perang...
4. Tim kekurangan support.


Pick Kunkka:

1. Kalau musuh kalian banyak cloners/summoner.
2. Tim kalian kekurangan Tanker.
3. Anda suka dengan berlayar sebuah "Cruiser"
4. Tuan bajak laut? hehehe


Peran:

Carry/Semi-Carry = Semicarry, Killer dibelakang layar...
Ganker/Disabler/Warder = Sangat dianjurkan!
Nuker/Pusher = Ya.
Full Support = Kamu nggak bisa
Initiator = Sebenarnya tidak mudah.
Tanker/Semi-Tanker = Bisa.


Lane

Klo udah beli item2 awal, langsung maju ke lane, tapi sebelumnya ambil skill tidebringer, diharapkan tidebringer pertamamu untuk nge-last hit pertama kali. DI kompetisi2, kunkka byasanya main solo mid, tapi sebenarnya dia cocok di lane manapun, solo maupun dual. Tapi klo memilih main dual lane, kusarankan bareng stunner / slower yang skill nya mudah digunakan (stun ‘bertarget’)


SOLO LANE (mid) :

2 hal yang membuat hero ini pantas ‘jaga’ mid, yaitu torrent dan tidebringer. Lakukan yang biasanya, [CREEPBLOCKING] , klo ga mau ga usah, last hit, deny, jangan ‘auto-attack’ creep nya, kamu hero melee, jaga jarak aj dengan lawan mu, usahakan last hit banyak creep sekaligus klo tidebringermu aktif, dan harusnya musuhmu juga ikutan kena ‘cleave’ nya, skalian nyicil.

Modal skill early mu adalah tidebringer, jangan gunakan torrent dulu sekalipun, dan ingat! Hati-hati di bokong, klo mau.. pasang ward di dekat area mu. Fokus terus nge-last hit, sampai km punya cukup gold untuk beli bottle dan sepatu. Lalu kembali ke fountain untuk memuali misi mu.


DUAL LANE :

Selain bisa solo, hero ini juga cocok main dual lane, lakukan hal yang sama, creep blocking (klo mau ), last hit, deny, jangan ‘auto-attack’. Klo km di lane bawah (sentinel), atau lane atas (scourge) saat creep2 mu udah menekan terlalu jauh ( dekat dengan tower musuhmu ) tarik (pukul sekali lalu mundur ) creep ‘hutan’ ke lane untuk ‘bertemu’ dengan creep2 mu yang melintas, sangat efektif untuk menekan laju creep, untuk mendapat lebih banyak last hit dan Experience.selalu percayakan teman mu ( yang range) , untuk nge-cover klo km mau maju nge-last hit.

Nah.. klo teman se-lane mu stunner, jangan ragu nge-bokong salah satu musuhmu, jadi jangan sampai kecolongan.. kalau sempat, cek PU dulu sebelum nge-bokong, lalu klo stun temanmu itu lebih mudah digunakan, biarkan dia membuka bokongan, lalu pasang torrent mu tepat di bawah target yang terkena stun, tetap pukul dia meski dia sedang ‘terangkat’, tapi klo tidebringermu aktif,kusarankan pukul creep nya aj (armor kecil, membuat PURE damage ‘cleave’ besar ).

Lihat juga siapa lawanmu, kalau lawan mu carry, harusnya dia target bokongan kalian, atau cicil HP nya dengan tidebringermu. Jangan sampai dia maju nge-last hit, klo dia maju, serang aj dia, Kalian ga mau dia dapat banyak last-hit bukan?


TIDE BRINGER :

Skill ini punya potensi yang sangat besar, dan kurasa bisa menjadi skill nuke Area Paling SAKIT karena cooldown nya hanya 4 detik (level 4 ), jadi manfaatkan PURE damage ‘cleave’ nya. Selain untuk nyicil, juga sangat baik untuk nge-last hit banyak creep sekali tebas, dan karena area nya luas, ‘cleave’ nya sulit dihindari lawan yang ga jaga jarak.

Lihat sejauh apa area cleave skill ini..

Spoiler Screenshot




500 AOE



Jadi, Area ‘cleave’ mu bukan di sekelilingmu, tapi tepat di depanmu ( area tebasan pedang mu ). Jadi lihat posisi creep2 juga, usahakan mereka masuk di area tebasan tidebringer mu, byar kamu bs nge-last hit semuanya.. jangan lupa aktifkan Armlet untuk mendapatkan potensi PURE damage terbesar..



Sep2..udah tau potensi farmingnya?, nah.. Manfaatkan early mu untuk farming sebaik mungkin.







MID ITEM

POWER THREADS


Kalau mau jadi benar-benar hero DPS, kamu butuh sepatu merk ini.


Lothar's Edge


Item core Kunkka! Windwalk banyak gunanya untukmu, juga bisa membantu saat penyergapan dengan ghost ship atau torrent. Sangat membantu kabur atau mengejar dengan bonus MS, dan yang terpenting.. backstab damage kombo dengan tidebringer. Namun skip saja kalau musuhmu punya true sight, langsung ke item setan dibawah ini...


ARMLET OF MORDIGGIAN


Semua mungkin tahu the famous item DPS pertama buat kunkka itu battlefury. Tapi bonus damage dan DPS yang dihasilkan dari item itu sebenarnya sama dengan mordigian. tapi harga yang harus dibayar jauh berbeda. Lalu +25 Strenght dan armor (aktif) saat menggunakan Ghost ship ( buff nya ) semakin membuatmu menjadi TANKER setan di area ghost ship. Termasuk sangat baik juga untuk PURE damage cleavemu kan..



MID STRATEGY




Mulai nge-bokong sekarang, kamu udah punya ghost ship, torrent dan x, jangan buang2 ‘cooldown’ ghost ship mu, gunakan setiap kali km nge-bokong sebagai pembuka war. Bebrapa hal yang km butuhkan setiap mau nge-bokong :

- Mana, cek dulu
- Posisi yang aman untuk menggunakan torrent/ ghost ship ( membuka bokongan )
- Teman gank yang ‘mantap’
- Klo mau, bawa ward / PU juga (optional)


Selama mid game, kerjaan semua hero pasti nge-bokong mulu, dan semua akan lebih sering melihat ‘mini-map’ juga, nah.. km juga jangan lupa selalu nge-liat mini-map. Kamu termasuk sasaran bokongan juga loh. selain itu, selalu bawa TP ( 2 lebih baik, satu untuk pergi dan 1 untuk pulang ), harganya cuman 135 gold, murah..


MENGGUNAKAN TORRENT :

Skill ini termasuk membutuhkan ‘skill’pemakainya juga. Semakin jago kamu menggunakan skill ini, semakin banyak Gold dan experience yang bisa kamu dapat, dan semakin membantu tim mu juga di war... lihat sejauh apa ‘casting range’ nya..





1. Membuka bokongan

Skill sangat baik untuk membuka bokongan ( selain ghost ship )karena casting range nya jauh, bahkan km bisa menggunakannya di FoW.

Spoiler Screenshot







Yeah, doom ga tahu dimana posisiku, dan dia ga mungkin menyadari klo aku udah pasanag torrent di bawah mereka, karena mereka ga bisa melihat animasi ‘gelembung’ nya skill ini.



Kena..



2. Menghentikan Musuh yang kabur

Triknya mudah, misalnya ambil rata2 MS lawan di mid-late game yaitu 400, artinya dia bergerak dengan kecepatan 400 unit tiap detik, nah.. karena durasi skill ini 2 detik, jadi jarak yang tepat untuk mengenai target itu 800 unit di depannya, tapi karena AoE skill ini 200, jadi di jarak 600 unit juga bisa kena , intinya pasang torrent di depan target ( arah kaburnya ) di jarak 600-800 unit, klo mau tahu jarak-jarak tiap 100 range, lihat guide [KARDEL SHARPEYE], atau langsung lihat gambar ‘range’ X-marks di bawah..


3. Menjebak musuh yang Tele

Melakuakn teleport adalah channeling spell, dan jeda animasi nya cukup lama, nah.. waktu yang cukup untuk mu memasang torrent di posisi musuh akan muncul setelah teleport.



MENGGUNAKAN X MARKS :

Gunakan skill ini hanya kalo kamu benar-benar ga mau target mu itu kabur, gunakan di kesempatan yang ‘memungkinkan’ untuk mu membunuhnya untuk dapat Gold, jadi jangan asal pake juga. Cooldown yang lumayan lama, mesti kamu hemat dikit. Lihat sejauh apa ‘casting range’ nya..





1. Combo dengan Torrent.

Kamu bs menggunakan X-marks untuk memudahkanmu menggunakan torrent, jadi pasang torrent mu tepat di posisi dimana target terkena X, ga perlu perhitungkan durasi X-marks nya, perhitungkan durasi torrent aj, jadi klo udah 2 detik, tekan R (return) mudah kan..

Spoiler Screenshot







Tinker mencoba kabur




Dengan casting range yang cukup jauh, sy menjangkau nya dengan X-marks




Nah,.. kira-kira setelah 2 detik setelah X, sy memasang torrent juga, setelah itu tunggu lagi selama 1,5 - 2 detik dan tekan R (return ) atau km ga usah tekan R lagi.



Yeah..


2. Mencegah Musuh Kabur

Kamu bisa menggunakan X-marks untuk mencegah musuh kabur, misalnya dengan Tele, blink, leap, dll. Dan yang paling mudah adalah untuk target yang kabur dengan ‘tele’..

Spoiler Screenshot







Pugna dan BC mencoba kabur dengan tele (swt.. keduanya tele)






3. Menyelamatkan Vengeful Spirit

Venge punya skill ‘swap’, dan seringkali dia nge-swap musuh yang di area yang TIDAK aman ( mudah dijangkau musuh ), dengan X-marks, km bisa membantunya Mengembalikan posisinya ke area aman, setelah nge-swap ‘korban’ nya.

Okay.. yang harus kamu lakuakn di sepanjang mid game adalah nge-bokong musush2 mu, terutama carry nya. Selain itu jangan lupa nge-push dan defense, lalu klo ada waktu kososng ( ga ada war ), creeping di hutan aj, gunakan tidebringer dan torrent untuk mempercepat.







LATE ITEM

STYGIAN DESOLATOR


60 damage dan -6 armor corruption nya , membuat item ‘orb effect’ atau Item Killer-support ini yang paling mantap. Baca penjelasan skill tidebringer di atas untuk lebih jelasnya corruption tidak hanya ber-efek ke target yang kamu pukul aj, tapi karena damage yang didapat musuh yang terkena cleave sama dengan yang kamu pukul, jadi sama aj donk semua yang ada di area tidebringer itu mendapat efek ‘corruption’ meski di status mereka ga ada ‘icon’ terkena corruption nya.., apa lagi km udah punya Armlet..so ini sangat dianjurkan! Sebenarnya ini cuman item tambahan aj, disini untuk ngisi item late aj..


ALTERNATIF ITEM

Soul Ring


Bisa menjadi alternatif bottle, kalau ada teman yang lebih butuh power up.

SANGE AND YASHA


Item DPS kedua yang COCOk untuk kunkka. Tambahan damage nya emang kecil ( +28 damage ), tp item ini memberikan banyak hal yang semuanya kamu butuhkan, HP, attack speed, armor, Movement speed, dan slow Maim. Beli klo km satu-satunya harapan menjadi killer ditim.


PHASE BOOTS


Sepatu ini lebih kurekomendasikan klo kamu lebih suka kunkka sebagai full ‘support’di tim, sangat baik digunakan untuk ngejar lawan dengan bonus MS yang jauh lebih baik dari PT.


RADIANCE


Alternatif dari armlet, klo mau jadiin kunkka mu real-carry, sejak early harusnya km udah megang ini, termasuk sangat Baik untuk cleaving mu. Jadi tergantung juga klo km bs sabar creeping untuk beli item ini di early.


Luxury

BLACK KING BAR


Item ini penting bgt untuk mu, di war... sasaran pertama lawan yang pastinya hero2 ‘tanker’ seperti mu. Dengan bantuan spell immunity, km ga bakal kena stun,dll, dan bisa nge-tank tim kamu lebih lama. Sebenarnya item core mu sampai BkB ini aj sih..


BATTLE FURY


Nambah 65 damage dan 135% PERMANENT CLEAVE di 225 AoE ( jauh lebih kecil dari tidebringer) ...item ini bagus tentunya untuk kunkka, meski km udah punya cleave, item ini ‘stack’ dengan tidebringer. yang lebih dari item ini adalah PERMANENT CLEAVE nya,so, kalau buat farming? kamu udah punya cleave yang bisa dibilang lebih , untuk support masih banyak yang lebih cocok, dan untuk regen kemahalan...klo gitu ini penyempurna atau luxury di late game.


BURIZA DO-KYANON


Kembali ke penjalasan tidebringer dan Stygian desolator, item ini sinergi dengan desolator mu, semakin gede PURE DAMAGE ‘cleave’ yang kamu berikan untuk 500 Area dengan Critical nya, tapi karena skill ini ga permanent critical, jadi mending permanent ‘corruption’ donk..., ingat serang creep nya,( kecuali klo ga ada creep, ya hero nya aj.


HEART OF TARASQUE


Untuk situasi late game, cocok untuk tanker.


ASSAULT CUIRASS


Sangat bagus, -5 armor aura nya sangat baik untuk damage ‘cleave’ mu. ya..’corruption’ stygian aj udah cukup kok, karena yang merasakan efek -5 armor ‘sebenarnya’ adalah yang kamu pukul aj, yang lainnya ( terkena ‘cleave’ ) kan ‘ngikut’ aj.


VLADMIR’S OFFERING


Nah.. klo mau lifesteal beli yang ini aj, jangan beli dominaotr / satanic, karena akan membuang2 potensi PURE Damage ( zzzz.... diulang2 nih --') ‘cleave’ mu.


BAD ITEM

CRANIUM BASHER


Sama sekali ga berguna untuk Pure damage ‘cleave’ mu, yang kena bash cuman targetmu aj. Selain item ini, item2 orb effect lainnya yang ga masuk core, other, maupun alternatif..



LATE STRATEGY




Sedikit penjelasan aj, manfaat kan semua item2 dan skill yang kamu dapatkan untuk nge-push atau nge-defense markas. Terutama dengan ‘cleave’ mu, harusnya km Pusher nya tim mu di late game, jangan lupakan itu, bukan berarti harus ketok2 tower sendirian juga sih..Selebihnya penjelasan ultimate mu..

GHOST SHIP :

Menggunakan skill ini ga semudah skill2 mu yang lain, akan banyak kejadian yang tak terduga klo km ‘baru’ dengan skill ini, yang perlu kamu ingat adalah Kapal ini SELALU bergerak sejauh 1000 range, dan selalu muncul dari ujung sisi ‘screen monitor’ mu. Jadi meski kamu nge-klik (mem-posisikan ) ghost ship di sampingmu, kapal ga akan berhenti di samping mu, tapi akan melewatimu sampai kapal itu bergerak sejauh 1000 range.




Karena itu setiap kali kamu menggunakan skill ini pastikan POSISI mu ada di dekat ujung sisi manapun ‘screen monitor’, dan kamu nge-klik skill ini sejauh 1000 range, biar mudah mengetahui posisi kapalmu akan ‘crash’ dan tenggelam dimana.

Spoiler Screenshot





Area efek ‘crash’ kapal mu adalah 425, tp jeda animasi kapal nya selama 3 detik. Sangat bagus digunakan bareng comco spell axe,enigma, raigor, tauren, dan dengan combo spell mu sendiri seperti torrent atau X-marks.

Spoiler Screenshot





Combo ghost ship dengan torrent itu ga sulit, durasi kapalmu adalah 3.07 detik , jeda animasi torrent adalah 2 detik + 1,53 detik stunnya, artinya pas banget durasinya untuk kena saat sedang di stun oleh torrent, jadi klo ngerasa torrent bisa mengenai target, artinya kapal mu juga PASTI akan kena.

Combo dengan X-mark sebenarnya jauh lebih mudah, durasi X-marks adalah 4 detik, jadi setelah target terkena X, tunggu sekitar 2 detik, lalu gunakan ghost ship ( dengan cara yang udah kujelaskan di atas ) dan dengan durasi kapal selama 3 detik dan area efek nya yang 425, kurasa target ga akan keluar dari area ‘crach’ nya kapal, apalagi klo pake combo torrent –X.

Kamu adalah support-killer di late game, kamu mungkin nge-kill lebih sering lagi di late game, karena itu di , penggunaan ghost ship yang baik juga penentu kemenangan tim mu di war.




ALLIES


CRYSTAL MAIDEN


Nah... salah satu alasan lagi preseverance tuh ga berguna di early game, hero ini punya ‘briliance’ aura yaitu ‘mana-regen’ aura. Dan yang terpenting adalah Frost Bite nya mempermudahmu menggunakan torrent, seklaigus menghemat penggunaan X marks, kalau musuh kabur.


KEEPER OF THE LIGHT


Sama dengan maiden, hero ini bisa ngisi mana mu dengan instant, dan mana leak juga mempermudah mu menggunakan torrent.


BLODSEEKER


Sama dengan KOTL, rupture mempermudah penggunaan torrent juga.


MIRANA NIGHTSHADE


Range panahnya jauh, bisa nge-stun musuh di jarak yang sangat jauh, dalam Fog of war, cocok di combo kan dengan torrent mu yang range nya juga jauh.


DARK SEER


Vakum ke area torrent/ghost ship..


AlCHEMIST


Dia bisa nge-stun target selama 5 detik, termasuk membantumu menggunakan torrent, dia juga punya – armor aura, untuk semakin memperbesar damage ‘cleave’ mu.


DISABLE / SLOWER


Mereka membantumu menggunakan torrent, terutama di early game.


Vengeful Spirit


Kamu bisa menolong hero ini kabur dari area berbahaya setelah ngeswap dengan X mark the spot.


AOE STUNNER / The Battle Initiators


Klo km susah menggunakan Ghost ship, bantuan mereka akan sangat kamu butuhkan.


Thrall


Ini dia partner yang paling tepat untukmu, kinetik field akan membuat penggunaan torrent dan ghost ship menjadi sangat mudah, dan selain itu kalian berdua memiliki skill untuk mengembalikan posisi musuh, kamu punya X mark... dia punya Glimpse :)





ENEMIES

DISABLER


Di late game, para nukers udah kehilangan kejayaannya,tapi tidak untuk nukers yang dilengkapi ‘disable’ yang baik..


QUEEN OF PAIN


Kamu ga dilengkapi skill yang cukup untuk mengatasi dia. Sulit memasang torrent untuk hero yang bisa Blink ini. Dan dengan attack range yang baik dan ‘blink’ nya , dia mudah untuk keluar dari area ‘cleave’ mu, atau menghindari pukulan tidebringer mu. Gunakan X klo dia udah menggunakan Blink nya..


NERUBIAN ASSASSINS


Salah satu hero solo yang ‘hebat’ di early game. Dia punya counter yang baik klo di bokong , dia punya ‘vendetta’ ( windwalk) dan Impale Untuk menyulitkanmu menggunakan skill2. Bahkan dia punya ‘potensi’ untuk membunuhmu sebelum km sempat menemukan ‘waktu’ yang tepat untuk menggunakan torrent. Nah.. karena itu gede in tidebringer tuh penting.


ENCHANTREES


Dia bs nge-heal 900 HP dengan SANGAT CEPAT, lalu ‘orb’ impetus nya, di level 6 aj dia udah punya 300++ PURE damage, dan punya SLOW pula. yang terparah adalah ‘untouchable’ nya, bukan parah untuk tim mu, tp untuk mu, hampir ga mungkin km membunuhnya dengan ‘ato’ attack, selain dari pure damage ‘cleave’ tidebringer mu.



CLOSING

Cari lah lawan yang ‘seimbang’ atw lebih , byar kamu bisa merasakan HEBAT nya hero ini. Klo lawanmu gitu-gitu aj, item build up mu ga akan berkembang kan.. asal ngikut kebanyakan orang (alias latah ). Kebanyakan pemakai kunkka merasa jago dengan item build up apapun, bahkan ada yang beliin 5 battlefury.. wohohho Jualan Kapak mas?? jangan salah, sekarang udah SANGAT banyak counter untuk hero ini, hati-hati aj ama kecerdasan pemakai QoP, NA, dan ENCHANT yang pro, hihihihi ^^


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




69 komentar:

  1. kk naym, kalau menggunakan quelling blade cleavenya kunkka jadi tambah sakit ngak kalau kena hero, tapi kita mukul creep soalnya nambah 32% damage ??

    BalasHapus
  2. kunkka ga bisa pake quelling kk..

    BalasHapus
  3. Bisa paka quelling koq
    tpi rus bug kunkkanya dlu bru bsa pakai

    BalasHapus
  4. heuh??

    ngapain BUG!! main yg wajar2 aj lah..^^

    BalasHapus
  5. kunkka walaupun gga pake quelling aja udah sakit koq..!!

    BalasHapus
  6. kk gmn sih cara ngarahin torent ny kunka

    g kena trus..
    susah pake ni hero

    BalasHapus
  7. latihan,fealing kuncinya klo baru make hero ni sekali ato dua kali game masih mis2 torrent nya wajar..

    BalasHapus
  8. salah bener pake AoM.. emang seberapa gede HPnya kunkka? that's totally a wrong choice..

    BalasHapus
  9. Okay, Build kunkka untuk mendapatkan damage tidebringer sebanyak mungkin dan seefisien mungkin (meaning ga perlu dipersulit).
    AoE cleavig tidebringer itu 2 kali lebih luas dari AoE cleaving BF. Jadi membeli BF hanya akan memper'sakit' area cleave BF aj (225 AoE) semnetara AoM memper'sakit' Seluruh AoE Tidebringer (500 AoE).
    Menurut sy, kapasitas HP memang penting untuk membeli AoM karena ada degen dan mengurangi banyak HP kalau di 'off' kan. Tp bukan berarti BF bisa lebih menolong saat sekarat dengan HP regen yang lebih banyak 3HP/detik aj dengan AoM. kunkka punya 2 skill pertahanan yg sempurna, lagipula pertumbuhan STR kunkka termasuk cukup tinggi ( 2.7/level)
    Kalau masih kurang puas dengan HP drop atau degennya tinggal beli lifesteal kan (vlad) damage lifesteal yang dihasilkan tidebringer bisa sangat menutupi degen, jadi meski AoM mu aktif 10 detik, tapi dalam sepuluh detik itu kamu dapat lifesteal 2 kali lipat lebih banyak, semacam bermain 'investasi' ^^

    BalasHapus
  10. kk naym, sy beri saran dikit yahh ama hero counter nya kunkka... selama sy main mode -cm hero counter yg kk naym berikan(lion, atropos, enchantress) kbnykan mati duluan..
    akasha sihh bagus untuk counter nya kunkka...

    kunkka itu klo jarak jauh menang.. tp klo jarak dekat kalah... sy saranin 3 hero ini untuk counter kunkka:
    1. vengeful spirit: swap kunkka nya aja... kunkka kan butuh konsentrasi untuk kluarin torrent ama ghost ship nya supaya kena... tp klo udah di swap.. kunkka nya lngsng gajebo... keuntungan lain dari venge yaitu bisa antisipasi skill dari kunkka, krn venge kan punya terror yg bisa buka map... tp ingat jgn paksa swap kunkka klo memang udah out of range..

    2. antimage: ini hero mirip sih seperti akasha.. andalin blink untuk menghindari skill nya kunkka... tp bagus nya nih hero bisa lngsng menuju sasaran (blink ke depan trus pukul kunkkanya)... kunkka kan punya attack speed yg rendah, jd antimage gk perlu takut ama kunkka... untung nya lagi antimage ada mana break nya.. keuntungan kedua: antimage terbebas dari splash nya kunkka.. kunkka kan klo mukul lbh ganas splash nya (apalagi klo punya battlefury).. memang sihh kunkka gk punya bnyk mana, jd klo kena mana void tdk berasa...
    tp antimage bisa buat kunkka jadi serba salah...
    mau maju eehhh nnti di pukul magina, habis deh mana kunkka, gk bisa skill lagi... mau skill aja harus punya felling dewa n main fog, tp sama aja klo kena torrent, magina bisa blink jd skill ghost ship kemungkinan besar gk kena...

    3. slardar: kunkka termasuk hero dengan armor yg rendah.. n skali lagi sy ksh tau: kunkka klo jarak dekat kalah... slrdar termasuk hero jarak dekat yg bisa dgn cepat menuju sasaran... memang sih di early game slardar kalah ama kunkka... tp klo udah late game (apalagi klo slrdar udah punya bkb+dagger), situasi nya terbalik...


    ooo iya.. klo main -cm hati-hati yahh... jgn asal milih hero... memang sih sy tulis counter nya kunkka itu venge, magina, slrdar.. tp kamu jgn terpaku ama hero itu... soal nya hero itu(venge, magina, slrdar) juga ada counter nya... dota kan BALANCE.. gk ada yg IMBA!!!

    BalasHapus
  11. ka klo dibawain shiva cocok ga ?

    BalasHapus
  12. kk bukanny aku sok jago tapi pke AoM itu bener terlalu berbahaya.. apalagi kalo itu 'first core'ny kunkka(setelah BoS, bracer ,dll).. dijamin kalo majuin kunkka buat 'potensi'ny pke AoM buat nyerang,, dengan mudah bisa-bisa malah kunkka yg dibalik serang karena degenny(makin 'empuk' lah).. itu juga kalo gk ati2 maenny.. tapi 'up to you' lah..
    cmn saran aja thx..
    NB:bukan berarti aku dukung BF.. tp menurutku mendingan BKB dluan~

    BalasHapus
  13. Kak Naym, saya pengen ngusulin 1 Item buat Kunkka : KELENS DAGGER !
    gini combonya, bener2 mantep ! iseng2 waktu itu dpt triple Kill.. :D

    Ngebokong 1 hero :

    Torrent --> Deketin target pukul2 ( Tidebringer ) --> masih pukul2 --> Blink menjauh --> ULTI NOW ! --> deketin lagi --> torrent .. Die
    Kombo ini bener2 mantep, sudah saya coba :)

    WAR !

    Torrent --> pukul Creep ( biar damage tidebringer lebih gede ) --> Blink menjauh --> Naah biarin temen2 kita yang ururs dengan Skill2 AoE --> Torrent --> ULTI ..

    Kenapa saya pilih dagger ?
    tau kan Rangenya Skill Kapal itu( Ulti )?
    jika kita klik di depan kita pun malah menjauh 1000 range, karena itu Dagger bisa membantu, walau menjauh 700 range, kita bisa lari dulu ke belakang dan pake Ulti ke musuh, Tq :)

    Cuman saran, tolong kritik kalo salah :)

    BalasHapus
  14. sumpah nih hero emang jago di lane.. tapi klo buat ngekill kunkka menurut gw cukup sulit klo ngandelin skill2 aktif nya.. hahahah
    torrent menurut gw skill yang lebih susah di banding dengan meet hook nya pudge atau panah nya POTM.. klo newbie disarankan jgn pake hero ini... bkin pusing team aja hahahahahahah

    BalasHapus
  15. kk naym... jgn salah ya klo pake aom... sapa bilang bf hanya mempersakit aoe 225... memang areanyaaoe bf hanya 225 tapi damagenya ke 500 aoe sama dengan menggunakan aom... liad lagi ss dari artikel ini di atas... damagenya sama tuh ke 500 aoe ditambah lagi musuh di area 225 akan terkena bonus cleave damage dari bf...

    BalasHapus
  16. item yg imba buat kunkka menurut gw
    -Phase (wajib, daripada PT)
    -vLadmir / Vanguard
    -Taras / Satanic ( tergantung anda pilih vladmir / vanguard )
    -Battlefurry
    -BKB
    -Dagger

    BalasHapus
  17. -cm itu apa sih kk???
    maklum masi baru......

    BalasHapus
  18. kk Naym 1 lagi best partner kunkka..
    Dark Seer..
    pas lagi war 5vs5 kunkka pasang torrent..
    terus dark seer vaccum ke gelembung"..
    alhasil smua hero kena torrent..
    dan biasanya dikombokan dengan kapal..

    BalasHapus
  19. itu gambarnya dah expired ya kk naym?

    BalasHapus
  20. kk updateee kunka ny aaaaaaa 6.69c pleaseeeeee

    BalasHapus
  21. ultinya bsa ngekill tau... ultinya venom yg gk bsa..

    BalasHapus
  22. skrg koq gambar2nya pada ilang iiah kak?? file do photobucketnya di pindahin bukan???

    BalasHapus
  23. Ahahaha..... Temenku ada yang pernah iseng2 pake battlefury 3, dan musuh jadi pada takut kena cleavenya doank... ahahaha....

    BalasHapus
  24. Kakak Naym, Kunkka ini punya sahabat terbaik: Thrall! Ya... Glimpse dan X-Marks akan membuat musuh susah kabur dari combo spell itu. Bahkan kalau dicombokan lagi dengan Kinetic Field, Torrent, Thunder Strike, dan Ghost Ship, rasanya sekali tertangkap mata Thrall, langsung dihajar habis-habisan... Tambah Thrall dalam Best Allies.

    Untuk Drewz: Hahaha... Temanmu malu gara-gara pakai Battlefury 3 biji? Wah, pasti menyesal tuh...

    BalasHapus
  25. kk naym, di guidenya Thrall ada best partner Kunkka
    tolong di guide Kunkka ini ditambahin best partner Thrall, biar meyakinkan

    BalasHapus
  26. Tidebringer, Cooldown 4 seconds, Area of Effect 500.
    Maelstrom +24 damage, +25 attack speed, Chain Lighting 25% Hits 4 units 120 damage 500 range.
    Cooldown Tidebringer 4 seconds, Chain Lighting 25% = ¼ = 4 seconds.
    Area of Effect Tidebringer 500, Chain Lighting 500 range.
    price 2900
    gmn???
    NQ

    BalasHapus
  27. Nih , enakan tuh langsung pake radiance ... dibanding BF ... coba aja deh ente smua deketin creep pas dah stengah gebuk pake tidebringer .... kalo gak pada mati tuh creep ... sekedar info aje :)

    BalasHapus
  28. kk naym kalo pake SNY gmana? kan susah ngejar kalo pake stygian? mid tambah janggo aja mantab thx

    BalasHapus
  29. kakak,aku liat.kunkka,barangnya phaseboot,lothar,buriza,gem,divine reaper x2.
    di mid kn pada ngumpul musuhnya,trus dia skill 2 ke heronya,trus maju pke lothar,terus atck ke creep langsung mati smua bisa di bilang Rampage.... apa itu cheat ato kebetulan dpe critical?

    BalasHapus
  30. newbie, SNY alternatif, kunka punya disable dan slow :)

    Ano,
    Bukan cheat, kalo kebetulan crit keluar pas mukul creep pure damage tidebringer emang bisa mematikan, kalo semua musuh ada di satu area malah bisa rampage.

    BalasHapus
  31. klo mau ngejar Radiance di early ane saranin janngo sma soulringnya dah jdi... CMIIW

    BalasHapus
  32. bro naym, guide ente dikopas semua
    http://indodotaguide.blogspot.com/2011/02/kunkka-admiral-proudmoore.html
    parah bener dah...

    BalasHapus
  33. kakak, aku liat di guide lain katanya kunkka ga cocok ama AoM & SnY. Lothar Edge malah jadi item core. yg mana yang bener nih, kakak

    BalasHapus
  34. Leonardo Gunawan back again...

    Kalau saya paling suka kostum-nya hero ini dilihat dari keren-nya...

    BalasHapus
  35. ga ush pke lifesteal ya kk?

    BalasHapus
  36. Lifestealnya beli Vlad aj :)

    BalasHapus
  37. kk NAYM.. boleh minta Dota Themes Manager gk?? gw pernah download tapi gk ada perubahan sama Ground di dota nya.. tq

    By: Theodor

    BalasHapus
  38. kak,aku punya saran
    klo di guide nggak usah pakek kata"not recomended for newbie" itu malah menurunkan mental/semangat newbie2 untuk bermaen dota.makasih

    BalasHapus
  39. makasih bgt sarannya bro imad, ane juga sbnrnya masih bingung soal itu, tp ini tanggung jawab ane sbg penulis guide.
    ada beberapa hero yang memang belum dianjurkan buat yang baru kenal DotA, mungkin sebagai starter belum cocok atau terlalu premature untuk yang baru belajar. Jadi memang ada juga yg ane cantumin recomended buat pemula yang mau belajar, karena hero itu memang cocok dijadikan momentum untuk mempelajari hero-hero yang lebih sulit.
    Logikanya seperti bayi yang baru lahir, ada susu yang dianjurkan dan ada juga susu yang belum dianjurkan, makasih bro imad :)

    BalasHapus
  40. aghanim ngefek gak buat kunkka nge hit areanya?

    BalasHapus
  41. aghanims ga ngeimprove ghost ship :)
    ga ada efeknya buat kunkka selainnaikin stats.

    BalasHapus
  42. baru 2x make kunka udah mega kill..
    :thumbup2

    entah feeling gw dapet ato musuh nya copo ckck

    BalasHapus
  43. Update plz Kunkka for 6.72f!

    BalasHapus
  44. kk saya boleh copy sedikit info tentang dota dari blog kk ga?... saya cantumin link sumberna koq.. hehehhehe

    BalasHapus
  45. bro, tambahan alternatif item nih. lothar kayaknya bagus buat kunkka, membantu penggunaan ulti. kan kunkka WW, terus bokong/gank musuh langsung dengan GS, musuh akan punya waktu lebih sedikit untuk menghindar karena mereka hanya akan melihat animasi kapalnya aja (udah mau nabrak tuh)

    BalasHapus
  46. kk berarti sekarang Kunkka skarang pertumbuhan strnya tertinggi dong 3.0 yang sblumnya 2.8 di raih sama si hijau penjaga alam roffy?

    BalasHapus
  47. gimana kalo kunkka itu item buildnya :
    -bracer
    -bottle
    -PT
    -madness
    -BF

    mohon bimbingannya

    BalasHapus
  48. kk saya mau tanya neh kk saya Item Buildnya begini tapi banyak ngece saya kk ngomongnya : "Kunkka ccd" "Kunkkanya ngehe(maaph gk sopan)" "Baru BELAJAR pake Kunkka ya?"
    begini Item build saya:

    - Pt
    - Triple BF ===> inilah yang membuat saya di hina kk tapi, begitu aku pake triple BF musuhnya jadi rata(Rampage di aku)
    -Tarras
    - Cuirass

    Tq

    BalasHapus
  49. Kunkka ngak butuh item Orb, Item Orb hanya utk hero yg punya AS tinggi aja atau DPS tinggi,SEDANGKAN DPS AMA AS KUNKKA ngak tinggi2 banget . LOTHAR SANGAT DIBUTUHKAN MENGINGAT SKILL KUNKKA BELUM CUKUP MEMBANTU DALAM KABUR DR MUSUH, BF 1 aja udah cukup, BKB sangat bagus buat Kunkka mengingat dia sangat rentan ama spell musuh (apalagi saat team fight, biasanya Kunkka selalu jd target ganking duluan).

    BalasHapus
  50. Kk, aku pake torrenta kena2 mulu, mngkin aku ada bakat jd bajak laut. Hahaha

    BalasHapus
  51. hidup kapal karam.....

    BalasHapus
  52. masukin lothar di luxury ka, lumayan 150 damagenya. jadi gini ceritanya, pasang ghost ship sama torrent (untung kalo lagi ngumpul semua), tunggu kena stun dari ghost ship, langsung majuin kunkkanya pake windwalk dari lothar sekalian tidebringer yang aktif, serang creep nya (kalo ada) kena cleave semuanya bisa bisa rampage..

    BalasHapus
  53. Item build gw :

    - Phase Boots
    - Bracer
    - Lothar Edge
    - Battlefury
    - Battlefury
    - Bracer ganti Taras
    - Assault Cuirras

    BalasHapus
  54. Sangat guna kk naym lothar itu ,,
    ganti deso am lothar soalnya crit lothar kgk cocok ama deso trs lothar itu ngasilin 150 damage + tide bringer bisa mati itu 1 grombolan creep 1 hit pokoknya gg da ^^

    BalasHapus
  55. terima kasih guidenya gan!
    oh iya, saya izin sedot untuk di blog saya gan...

    BalasHapus
  56. kalo gua pake kunkka, nih itemnya :
    kalo jadi killer : PB, Vlad/vanguard, sangeyasha, desolator, buriza
    kalo support : PT, Vlad, lothar, aganim, BF
    kalo tanker : PT, Vanguard, Bkb, BF, quiras,

    tapi saran gw kalo mau maen pake kunkka, pinteran dikit ya maennya ?
    hehe

    BalasHapus
  57. pokonya kalo mau maen pake kunkka harus pinteran dikit .
    heheh
    kalo lagi belajar, jangan putus asa !! (cieee . . )
    emng rada susah sih pake kunkka, tapi kalo ud bisa bakal ketagihan !!
    iya lah hero GG . .
    :D

    BalasHapus
  58. tambahin soul ring buat alternatif.. alaseannya hp regen+ memenuhi kebutuhan mana pengganti bottle

    BalasHapus
  59. best allies clockwerk goblin disable 5 detik ,global ward,+ semi slow/stun

    BalasHapus
  60. bukannya saya sok dewa..
    tapi menurut saya item build buat si jacksparrow akan lebih baik bila AoM di ganti menjadi lothar..lothar jg nambah dmg,nambah aspd,trus bisa windwalk + damage backstab yang lumayan sakit bila di combokan dengan skill tidebringer nya..
    selain itu lothar lebih mudah digunakan bagi para `pemula` di bandingkan mordigan...

    kemudian PT lebih baik diganti dengan phaseboots,knapa?
    karna PT str hanya menambah 8 dmg dan hp 19x8 serta ms hanya 60,walaupun ada aspd 15
    sedangkan phaseboot ms 65 + dmg 24 dan bisa di phase (menembus creep) jadi bila tide bringer lv 4 maka dmg yg dihasilkan = 60+24=84..jauh dibandingkan dengan pt..

    menurut saya kunkka bukan hero dps.. tapi hero 1x strike, kurang cocok bila di jadikan dps...
    thx,

    BalasHapus
  61. apapun itemnya tergantung yang mainnya

    BalasHapus
  62. 1 lg worst enemy bagi smua str : naix...

    BalasHapus
  63. Naym, Jadikan invoker partner,
    Tornado + Ghost Ship + Meteor = rampage !!!!!!

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats