DotA Guide Indonesia

Rattletrap – The Clockwerk Goblin



The by-product of Goblin technological weapon research during the old War, Rattletrap the Clockwerk Goblin was shut away into storage for countless decades until the Sentinel found and reactivated him. Combat-wise, this goblin's capabilities know few bounds; his body is stocked with a huge array of armaments that destroy targets both near and far with ease. His trademark wrench can even extend itself like a grappling hook, allowing him to pick off individual targets with pin-point accuracy.


INTRO


Rattletrap adalah Ganker! Dia murni didesain.. untuk GANKER! Bahkan dengan kemampuan dan skill-skill-nya, clock sangat berpotensi untuk solo gank, atau nge-bokong sendirian. Tapi selalu ingat, meski dia tipe STR, clock adalah tanker yang buruk, jadi jangan nge-bokong 3 atau lebih hero sekaligus.

Dengan semua fungsi skill yang hero ini miliki, apalagi setelah ditambah aghanim, sangat mudah untukmu menguasai setiap sisi map DotA, untuk nge-gank siapapun yang kamu mau!

Spoiler Statistik Hero



Name: Rattletrap
Affiliation: STR Neutral
Strength: 24 + 2.7
Agility*: 13 + 2.3
Intelligence: 17 + 1.3
HP: 606
HP Regen: 0.97
Mana: 221
Mana Regen: 0.69
Damage: 42 + 49
Armor: 1.9
Movespeed: 315
Range: 125 (melee)
Attack Speed : 0.66
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800



Keunggulan dan Kelemahan


Keunggulan :
1. Salah satu ganker terbaik, bisa nge-bokong sendirian pula.
2. Pengontrol Map dan PU yang sangat baik
3. Aghanim scepter benar-benar meng-improve potensi ultinya
4. Punya 2 skill kabur, sangat sedikit hero yang seperti ini.
5. Mana cost skill2 nya sedikit.


Kelemahan :

1. Pertumbuhan INT nya termasuk PARAH
2. Sebagian besar skill nya TIDAK mudah digunakan.
3. Farmer yang buruk,
4. Kapasitas mana yang ‘kurang’.




SKILL


Battery Assault



Discharges high-powered shrapnel from openings in Rattletrap's clockwork upon a random nearby target dealing minor magical damage and ministun every 0.7 seconds. Lasts 10 seconds .

Level 1 - Periodically deals 10 damage and ministuns.
Level 2 - Periodically deals 30 damage and ministuns.
Level 3 - Periodically deals 50 damage and ministuns.
Level 4 - Periodically deals 70 damage and ministuns.

Area of Effect: 300
Mana Cost: 75
Cooldown: 32/28/24/20

Ini skill yang paling kamu andalkan saat ‘pengejaran’, skill ini sangat membantu nge-bokong. Efek skill ini hampir sama dengan ‘Diabolict Edict’ nya Leshrac, tapi dengan AoE yang lebih kecil dan nyerng secara acak. Damage skill ini cukup besar, yaitu 70 damage tiap 0.7 detik, jadi kalau kamu mengurung musuh dalam ‘cog’ mu, aktifkan juga skill ini.

Selain damage, skill ini juga ber-efek ministun. Jadi bisa digunakan untuk menghentikan channeling spell, termasuk ‘teleport’. Lalu skill ini tetap aktif meski kamu sedang terkena disable, karena disable TIDAK me-remove buff termasuk battery assault.

Tipe damage magical, jadi dikurangi spell resistance, damage di block oleh spell immunity.


Power Cogs



The Clockwerk Goblin ejects pieces of his inner core to form a circular barrier around him, trapping nearby units in with him. These cogs require 3 attacks from an enemy to be destroyed before their expiration time. If an enemy unit with mana goes near an element from the outside it gets shocked for some hp and mana and is knocked back. An element powers down if it shocks a unit.

Level 1 - Drains 80 life and mana, lasts 5 seconds.
Level 2 - Drains 120 life and mana, lasts 6 seconds.
Level 3 - Drains 160 life and mana, lasts 7 seconds.
Level 4 - Drains 200 life and mana, lasts 8 seconds.

Area of Effect: 200
Mana Cost: 50/60/70/80
Cooldown: 15

Skill yang SUSAH digunakan untuk mendapatkan efek terbaiknya. Kalau kamu ga menguasai penggunaan skill ini, berarti belum bisa dibilang PEMAKAI ratletrap. Skill ini akan lebih sering kamu gunakan saat nge-bokong, dengan mengurung target di dalamnya supaya terkena damage battery assault lebih banyak.

Skill ini juga bisa digunakan untuk nge-block ‘jalan’, meng-counter bokongan, dan untuk kabur tentunya. (penjelasan di strategy).

Cog juga bisa nge-shock musuh yang mendekati cog mu, apabila musuh itu punya HP dan Mana. Tipe damage nya magical, cog tidak bisa menyerang magic immune, tapi bisa menyerang hero invisible yang mendekat. Damage dikurangi resistance.


Rocket Flare



Fires a fast moving missile at a target area on the map, revealing the targeted area. Upon impact it damages enemy units in the 600 AOE explosion.

Level 1 - Deals 80 damage. Reveals for 10 seconds.
Level 2 - Deals 120 damage. Reveals for 10 seconds.
Level 3 - Deals 160 damage. Reveals for 10 seconds.
Level 4 - Deals 200 damage. Reveals for 10 seconds.

Area of Effect: 600
Mana Cost: 50
Cooldown: 20/18/16/14

Damage skill ini lumayan, sanagt cocok disebut sebagai skill nuke, tapi sayang masih banyak penggunaannya yang lebih penting daripada untuk nyicil aj.

Baik dimanfaatkan untuk mengontrol PU, mengontrol map, mencegah creep utan ‘muncul/hidup’ lagi, membantu memberi vision untuk menggunakan ‘hook’, dan bisa juga untuk nge-last hit musuh ‘sekarat’ yang sudah kabur jauh (tapi memerlukan perhitungan yang sangat sulit).

Casting range nya ‘global’ atau kamu bisa menggunakannya kemanapun (di map). Tipe damage nya magical juga, jadi dikurangi resistannce dan di block oleh spell immunity, tapi skill ini tidak bisa membunuh ‘animal courier’ lawan.


Hookshot



Fires a grappling, piston-like attachment at a unit or location. It will latch on the first non-neutral enemy target it encounters, pulling you to it. Any enemies whom you collide with while being reeled toward the target will take damage and be stunned.

Level 1 - 100 damage and a 1 second stun on collision,
Level 2 - 200 damage and a 1.5 second stun on collision,
Level 3 - 300 damage and a 2 second stun on collision,

Casting range: 2000/2500/3000
Area of Effect: 150
Mana Cost: 150
Cooldown: 70(12*)/55(12*)/40(12*)

(*) dengan aghanim’s Scepter

Kelihatannya skill ini adalah ‘meat hook’ versi mini nya. Tapi sebenarnya skill ini lebih berbahaya dari hook nya pudge itu. Range hook ini 3 kali lebih jauh dari Meat Hook, dan penggunaan atau persentasi keberhasilannya jauh lebih besar karena ‘kecepatan’ Hookshot hampir sama dengan kecepatan missile/attack nya Kardel yaitu 3000 atau 3 kali lebih cepat dari kecepatan meat hook.

Aghanims scepter SANGAT meng-improve ulti ini, yaitu mengurangi waktu cooldown, dan membuatmu bisa nge-hook teman. Tapi nge-hook teman, ga akan terkena damage atau ‘disable’ (ministun) nya. Jadi setiap 15 detik kamu bisa berpindah sejauh 3000 range dengan nge-hook teman atau lawanmu.

Skill ini juga ada AoE nya yaitu 150, jadi kalau ada banyak creep di sekitar hero nya, kamu ga usah khawatir karena meski hook mengenai creep, hero itu tetap terkena damage dan ministunnya.

Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance, di block oleh linken sphere dan magic immunity.



SKILL BUILD

1. Rocket Flare
2. Battery Assualt
3. Battery Assualt
4. Power Cogs
5. Battery Assault
6. Hookshot
7. Battery Assualt
8. Rocket Flare
9. Rocket Flare
10. Rocket Flare
11. Hookshot
12. Power Cogs
13. Power Cogs
14. Power Cogs
15. Stats
16. Hookshot
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

1 level rocket di early game digunakan untuk mengontrol PU dan map. Lalu skill yang pertama dimentokin adalah battery assault, karena itu yang akan kamu gunakan untuk nyerang ngebokong /nyicil musuh.

Ambil juga 1 level cog di early, kamu harus punya satu level skill ini di early, karena skill ini sangat dibutuhkan di berbagai situasi, bisa digunakan saat nge-bokong tentunya, atau nge-block jalan.

Sisa rocket flare ambil di mid game, untuk penguasaan PU dam Map yang lebih baik, untuk masa2 nge-bokong seperti mid game. Hook adalah ultimate, jangan pernah melewatinya.




Item Build dan Gameplay



Spoiler Art






EARLY ITEM

ITEM AWAL
1 gauntlet, branch, tango, dan clarity. Beli Ring of regen klo km merasa bakal melawan dua hero range di lane. Jangan jual branch nya klo kamu mau beli maic wand. Atau langsung beli stout shield kalau mau beli vanguard di early game.


ITEM CORE



Empty Bottle :Item core seluruh Ganker game ini. Kamu sangat menguasai Power up, sudah pasti akan sering menemukan Power up untuk ngeGank nonstop. Core terpenting early Clockwerk.

Boots of Speed: Sudah pasti km butuh ini..





EARLY STRATEGY


Clock adalah ganker utama di tim, dan karena memenuhi semua kriteria hero roamer, sejak early game dia sudah bisa ngebokong, Tapi sebelum punya ulti, kusarankan jangan dulu nge-bokong sendirian. Tujuanmu nge-bokong adalah untuk membantu ‘carry’ nya tim mu creeping dengan nyaman di lane nya, yaitu dengan membunuh lawan di lane nya, sekaligus nge-‘shut down’ carry lawan.

Yang kumaksud nge-bokong di early, adalah kalau kamu sudah level 3, yaitu sudah punya level 2 battery assault (40 DPS). Karena itu sebelum level 3 sebaiknya kamu main lane dulu. Lane yang cocok adalah atas maupun bawah, jadi bukan solo lane.

Armor mu termasuk ‘parah’, jadi meski kamu hero STR, kamu harus main safe di early game, fokus untuk naikin level saja. Last hit kalau ada kesempatan, dan deny juga. Kalau perlu gunakan rocket untuk nyicil atau mengusir lawan, tp jangan gunakan sering2, karena kamu juga akan menggunakannya untuk ‘melihat’ PU.

Nah.. klo sudah siap nge-bokong (level 3 ke atas) sekarang cek PU, lalu ambil apapun itu. Target bokongan mu adalah hero di lane yang sudah terlalu nge-push ke tower kalian, artinya musuh2 udah mendekati area tower, nah..Seperti biasa muncul dari belakangnya. Tapi di level ini, kusarankan jangan dulu nge-bokong hero2 blinkers (lihat di worst enemy), mereka bisa dengan mudah kabur darimu.


BATTERY ASSAULT :

Skill ini berefek area sejauh 300 AoE, tapi juga nyerang secara acak setiap 0.7 detik, selama 10 detik. Karena itu tips pengunaannya juga tidak akan terlalu banyak, yang penting hanyalah saat pengejaran dengan battery assault aktif, usahakan jangan mendekati creep musuh, supaya battery assaulty tidak menyerang creep dan membiarkan musuh berhasil kabur.

Efek skill ini semacam semi-slow, dengan ministun selama beberapa milidetik setiap 0.7 detik, itu sama saja memperlambat pergerakannya. Jadi saat pengejaran, hanya boleh mukul kalau kamu tepat ada di samping target, klo tidak km hanya akan membuatnya berhasil kabur.

Nah.. karena ada efek ministunnnya, jadi skill ini juga me-remove channeling spell termasuk dari item, seperti saat melakukan teleport.


ROCKET FLARE :

flare untuk mengontrol PU..

Area Flare adalah global, artinya kamu bisa menargetkan siapapun, apapun, dan dimanapun yang ada di map. Jadi juga berguna untuk melihat PU, sebagai pengganti ward. Gunakan setiap 2 menit selama kamu main lane, atau kapanpun kamu melintas titik2 di bawah..

Spoiler Screenshot






Dan ini..



Lalu kalau km sudah sampai di salah satu titik itu, gunakan flare dan klik target (tanah) di titik yang lainnya..



Lalu rocket akan muncul, dan melewati 2 titik munculnya PU.





Rocket flare memberikan vision di area ledakannya selama 10 detik. Jadi juga membantumu memberikan vision untuk menggunakan hook. Itu jauh lebih baik daipada hanya ‘menebak’ posisi hero itu di FoW.

Rocket Flare juga bisa digunaka untuk creeping dari jarak jauh, kalau km lagi butuh gold. Terutama di late game, saat creep2 musuh sudah menumpuk dan mulai nge-push markas kalian. Dua kali rocket akan membunuh belasan ‘Necromancers/Druids sekaligus, dari jarak jauh.

Rocket juga berguna untuk menghabisi hero sekarat yang sudah berjalan ke fountain, tapi kali ini kamu akan menyerang secara ‘buta-buta’, karena kamu harus menebak posisi target dalam FoW, dengan memperhitungkan Arah target, kecepatan MS nya, dan kecepatan rocket mu.





MID ITEM

PHASE BOOTS


Kenapa sepatu ini begitu sinergi dengan clock? Tentu karena kemampuan untuk ‘nembus’ unit, sangat dibutuhkan saat pengejaran dengan ‘battery assault’. Jadi bukan karena harganya yang murah atau tambahan MS nya sangat tinggi.


VANGUARD


Sudah sewajarnya hero sepertimu punya item 1 vs 1 sepertti vanguard ini, kamu punya skill cog, cog digunakan untuk mengurung musuh ‘bersama’ mu, itu artinya 1 vs 1 kan selain itu battery assult juga dan hook nyerang 1 target. Selain item ini masih banyak item 1 vs 1 lainnya, lihat di alternatif, tp vanguard yang paling kusarankan.




MID STRATEGY


Sebagai ganker utama tim, berarti mid game adalah Tanggung jawab besar untukmu, karena mid game adalah masa-masa kejayaan para ganker. Dan hero carry lawan adalah Target utama mu, kamu bertanggung jawab penuh untuk nge-bokong dia.

Sebagai contoh, snip (carry lawan) sedang asik creeping sendirian di lane bawah, otomatis kamu harus kesana, hook-cog-battery assault, sangat mudah membunuh hero carry selama mid game, tanpa perlawanan sekalipun, mumpung dia belum jadi. Tapi sebelum nge-bokong, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan..

- Mana yang cukup untuk menggunakan combo hook-cog-battery

- Yakin bisa membunuhnya dengan combo spell mu

- Jangan menargetkan (hook) ke hero yang punya stun/slow area (centaur, ursa, slithereen guard,dll)

- Jangan juga menargetkan (hook) k hero yang punya banyak disable (disabler seperti lion,rhasta,bane )


POWER COG’s :

Pada dasarnya, ada 2 penggunaan skill ini, pertama untuk ‘mengurung’ target di dalamnya, yang kedua adalah untuk nge-block jalan saat di kejar musuh, membantumu kabur. Untuk cara pertama kuharap sudah jelas, yaitu kamu tinggal mendekati target lalu gunakan cog untuk mengurungnya bersamamu, supaya kamu bisa memberikan damage battery assault sebanyak mungkin.

Kedengarannya mudah, tapi sebenarnya tidak, dibutuhkan latihan yang baik, dan bahkan juga membutuhkan sedikit ‘luck’. Range nya sangat penting untuk diperhitungkan sebelum menjebak target, jarak terbaik untuk menjebak musuh dalam cog adalah kalau dia berjarak 0-55 dari mu. Karena itu disable sangat dibutuhkan juga.


Power cog untuk nge-block jalan...

Lebar cog sangat cukup untuk nge-block beberapa titik jalan di map, jadi sangat berguna saat kamu dikejar musuh, dan ingin memperlambatnya, gunakan cog di titik-titik itu untuk nge-block jalan, dan akhirnya kamu bisa kabur, titik-titik jalan yang kumaksud adalah..


Spoiler untuk jalan yg diblock cog






















Masih banyak titik-titik lainnya, tapi jangan gunakan kalau itu akan nge-block jalanmu sendiri, atau nge-block jalan teman. Untuk keluar dari cog, kamu harus menghancurkan salah satunya sebagai ‘pintu’ untukmu kabur, dengan menekan ‘manual-attack’ yaitu tombol ‘A’.


Beberapa info dan tips penting lainnya soal skill ini :

- Knockback dari cog, nge-burn mana dan HP musuh yang menyentuh cog nya, Setiap cog punya 1 ‘charge’, dan 1 charge cukup untuk ‘mendorong’2-3 musuh yang menyentuhnya.

- Cogs bisa digunakan untuk mendeteksi posisi musuh yang ga kelihatan, tapi kamu tahu posisinya. Seperti saat sand king menggunakan sand storm nya, atau lanaya menggunakan ‘meld’ nya, pasang cog di area posisi mereka, dan cog akan ‘mendorong’ mereka.

- Knockback cog menghentikan channeling spell, jadi kalau suatu saat kamu tidak bisa menggunakan battery assault, gunakan cog untuk menggagalkan musuh yang ingin teleport.

- Knockback cog MENEMBUS magic immunty, jadi kamu bisa menggunakan cog untuk mengusir musuh magic immune yang mendekatimu, seperti yurnero, naix, omni, dan hero2 yang menggunakan BKB. Atau gunakan untuk menggagalkan tele mereka, saat mereka sedang magic immunity.

- Kamu bisa menghancurkan cog mu dengan 1 hit, tapi musuh membutuhkan 3 kali hit. Musuh yang bisa dengan mudah menghancurkan cog mu antara lain rhasta dengan serpent ward nya, dan luna dengan Glaive’s nya.

- Nge-block jalan di titik2 di atas, sebenarnya ada beberapa titik yang tidak nge-block total, tapi musuh yang mencoba melewati ‘celah’ nya akan terkena knockback juga, jadi jangan khawatir karena mereka ga akan mau menyentuh cog mu.

- DI late game, kamu ga akan menggunakan skill ini untuk mengurung musuh melee carry maupun STR dalam cog mu, tapi gunakan untuk mengursir mereka saat mendekatimu, gunakan tepat saat mereka ada di sampingmu supaya mereka terkena knockback, trik ini sangat berguna terutama kalau kamu diserang hero2 chaser seperti lycan, atau terkena rupture nya blood.


Okay, sebelum late game seharusnya kamu sudah punya phase boots, dan resep aghanim’s scepter.






LATE ITEM

AGHANIM’S SCEPTER


Sungguh, meski clock lebih cocok di-build ke support, dan meski item ini tidak meng-improve damage dan durasi ministunnya, tapi aghanims' Scepter benar-benar meng-improve ulti hero ini. Membeli item ini artinya memberikanmu tambahan 1 skill lagi, yaitu nge-hook teman sendiri. Tapi kamu tetap bisa nge-hook musuh. Potensi penting yang ini jangan kamu abaikan, selain itu item ini menambah lagi kapasitasmu yang sangat ‘kurang’, dan mengurangi durasi cooldown ultimu.


ALTERNATIF ITEM

BRACER


Menambah kapasitas, 1 sudah cukup


Soul Ring


Regen HP dan Mana instant untuk ngespam Rocket flare buat nuke atau scouting Power up/Ganker. Alternatif Bottle.


BLADE MAIL


Termasuk alternatif vanguard, item 1 vs 1, tapi ga begitu disarankan.. vanguard lebih cocok untuk pertarungan 1 Vs 1, item ini cocok kalau main keroyokan. ^^


HOOD OF DEVIANCHE


Kalau musuhmu kebanyakan hero nukers, mengurung mereka dalam cog berarti kamu akan menerima spell2 mereka. Item ini antisipasinya.


VLADMIR’s OFFERING


Masih alternatif vanguard, beli kalau kamu full support.


HEART OF TARASQUE


Termasuk alternatif vanguard, beli kalau mau jadi tanker. Sebenarnya kamu lebih butuh item yang menambah semua stats daripada yang hanya menambah 1 stats aj.


BKB


Sama dengan hood of deviance, tapi mending hood aj, lebih hemat


Luxury!

GUINSO SCHYTE of VYSE


Item ini yang akan menutupi kebutuhan Mana mu, dan tambahan disable lagi, jadi mempermudah menggunakan cog dan tambahan DPS lagi dari battery assault.


RADIANCE


Sebanyak apapun item tambahan yang cocok, item ini yang paling kusaranin, sinergi dengan battery assault, tambahan DPS lagi buatmu.


KHADGAR PIPE of INSIGHT


Kalau di mid kamu beli hood, upgrade ke khadgar setelah aghanim mu jadi.


Linken Sphere


stats dan regen yang sangat banyak untuk bertahan lama saat 1 vs 1, juga berguna ngeblock spell-spell bertarget yang berbahaya, terutama Doom!


SHIVA’s GUARD


Sama dengan guinsoo juga menutupi kebutuhan Mana mu, item support ini juga akan membantu saat pengejaran dan di war.Beli kalau mau jadi full support.


NECRONOMICON


Item ini juga menambah stats INT dan STR mu, meski tak sebaik item lainnya. Tapi demon2 nya memberi lagi kemapuan untuk nge-burn mana lawan, mendeteksi hero invisible dan ward, dan yang terpenting juga adalah MS aura nya, sinergi dan sangat membantu pengejaran dengan battery assault.



Jangan Beli ini!


ITEM DPS


Clock tidak diciptakan untuk DPS (yg mukul2 /attack), kenapa? Lihat saja pertumbuhan AGI nya (attack speed maksudnya), dengan pertumbuhan segitu seharusnya kita udah sadar kalau clock sama sekali tidak punya potensi DPS.


ASSAULT CUIRASS


Termasuk menambah AS juga, mengembangkan hal yang bukan ‘bidang’ /potensi mu, sama aj buang2 gold, meski armor nya sangat kamu butuhkan.


BATTLEFURY


item ini tujuannya untuk membantu creeping aj, sama sekali tidak berguna saat nge-bokong, padahal untuk creeping kamu sudah dilengkapi battery assault. Untuk regen tentu masih banyak yang lebih sinergi.





LATE STRATEGY


Late game artinya masa kejayaanmu telah berakhir, roda telah berputar, kali ini adalah masa kejayaan hero CARRY yang sudah ‘jadi’ tentunya. Parahnya adalah kamu ga disiapkan untuk menjadi tanker di tim, tapi peran ganker sepertimu di late game adalah kembali nge-bokong hero apapun yang masih creeping sendiri, dan membantu saat war.


HOOKSHOT :
ini ultinya clockwerk, kapanpun kamu nge-bokong, sudah pasti selalu mau memberikan efek damage battery assault sebanyak mungkin, tanpa sekalipun menyerang creep. Dan satu-satunya cara adalah mendekati musuh secepat mungkin, dan hook akan membantumu mendekati musuh secepat mungkin.

Kecepatan hook mu jauh lebih cepat dari hook nya pudge, jadi kemungkinan ‘miss’ nya jauh lebih kecil, karena itu cukup mudah untuk menggunakan hookmu, apalagi kalau jarak kalian semakin ‘dekat’.

Menurutmu sejauh apa range yang bisa dicapai hook level 3, okay lihat gambar di bawah..

Spoiler Screenshot





Titik bulat putih di gambar kiri adalah posisi clock, dan 3000 range adalah jarak dari titik putih itu sampai ke kotak merah kecil di dalam ‘kotak’ besar putih di gambar kanan, yang merupakan tower kedua scourge di mid.

Dengan jarak segitu, akan sangat mempersingkat waktu, selain blink dan teleport.

Hookshot bisa di improve dengan aghanim, jadi kalau kamu sudah punya aghanim , kamu sudah bisa menggunakan hook untuk kabur, hook menembus pohon, bukit, lembah,dll, jadi kamu bisa menggunakan untuk nge-hook teman di balik pepohonan, asal dia ada dalam range hook mu, untuk kabur.

Rocket Flare bisa membantumu memberikan vision untuk menggunakan hook, kalau kamu tidak punya vision di posisi musuh. Untuk target yang bisa blink,leap,dll, seperti biasa tunggu sampai dia menggunakan blink nya, lalu hook dia. Hook sebenarnya juga bisa menyerang hero invisible yang melintas dan terkena hook mu.

Okay, sekarang saat war, jangan muncul di area war atau sembunyi di fow tapi posisi musuh harus ada dalam range hook mu, tanggung jawab mu di sana adalah nge-hook carry musuh, kalau tidak memungkinkan (karena terhalang), hook disable nya atau nukers nya, karena ketiga tipe hero itu memang sangat mudah dibunuh. Tapi hati2 nge-hook carry nya, meski mudah dibunuh, dia juga sangat mudah membunuhmu.

Kamu bukan ‘battle initiators’, jangan gunakan hook untuk membuka war, biarkan centaur, tide, raigor,dll yang melakukannya, jadi tunggu sampai war sudah di mulai, lalu hook targetmu di tengah2 war yang tengah berlangsung.

Hal penting yang harus kamu ingat lainnya adalah, selalu gunakan rocket flare untuk mengontrol map dan PU SETIAP WAKTU, ini sangat vital, karena kalau kamu lupa atau malas melakukannya, kamu akan benar2 membuang potensi clock di tim mu.



ALLIES



INVISIBLE


Yah.. pokoknya mereka memberikan bantuan besar saat nge-bokong


GLOBAL SPELL


Kamu hero solo ganker, jadi kamu hanya butuh bantuan dari spell2 yang ber-efek global.


CARRY


Battery assault sangat nge-support kemampuan DPS mereka.


Tuskar


Ayo Gelinding bareng dia.. Menghemat Hook





ENEMIES


BLINKERS


Mereka bisa dengan mudah keluar dari cog, maupun area battery assaultmu


CLONERS


Umumnya mereka merugikan, salah target (ultimu), susah menggunakan cog, dan pergerakan dipersulit dengan banyaknya jumlah mereka.


Alchemist


Full durasi stun Concoction akan dibuat selama durasi kurungan cog, dan kamu akan berada dalam area berbahaya Acid Spray untuk bertarung.


Abaddon
(credit: B.E.P)



Face to face dalam cog dengan hero ini? dia punya Frostmourne! dan kamu hanya punya assault dan blade mail yang hanya akan memperbanyak darahnya dengan Borrowed Time.


YURNERO



Jangan pernah 'face to face' dengan dia. Mengurungnya dalam cog akan membuatnya muter, lalu omninya akan membunuhmu.


TERORBLADE


Semua pemakai clock benci, tidak suka, sebal dengan hero ini. Mengurungnya di cog adalah tindakan bodoh, karena dia akan sangat mudah melakukan Sunder. dan dia juga termasuk salah satu hero cloners.


Leshrac


Coba aja hook hero ini, lihat siapa yang mati :D


Ursa Warrior


Hal paling Gila, paling konyol dan paling bodoh yang pernah dilakukan clockwerk Goblin adalah terkurung dalam cog bersama Ursa Warrior!! Gila..


REPLAY

CD vs Mski.net
Map: 6.63b
Patch: 1.24b
Download [disini]




CLOSING

Sy harap guide ini telah membantumu, bagaimana cara mainin clock. Hero ini termasuk ‘hebat’ karena memiliki banyak potensi. Tapi membutuhkan banyak latihan, terutama penggunaan cog nya.

Terima Kasih :)




60 komentar:

  1. Kk, Sedikit saran..
    Kombo rattletrap kan hook-cog-rocket-battery-lalu gebug" mpe mokad kan.?
    butuh item DPS juga donk kek MKB,Dll.!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sulitnya goblin satu ini, sebesar dan sekuat apapun U ngasi dps dan item physical damage, U pasti bakalan nyadar kalo damage clocwerck tetap kurang dan AS nya juga kurang...jadi pilihan paling masuk akal cuman item2 damage aktiv kaya shiva dagon
      Kalau saya lebih setuju kaya kata si bos di blog ini,clocwerc itu cuman buat early sampe mid aja, di late udah wes ga usah mikir mau ngekill lagi, mbantu teman2 aja ha3

      Hapus
  2. kalau main By 1 okey..
    Kalau musuhmu ada yang beli buterfly.. okay

    jangan beli di setiap battle, attack speed buat clock ga penting..

    BalasHapus
  3. yunero juga menjadi musuh utamanya saat di cog

    BalasHapus
  4. kk, klo clock gx di kasi item DPS, damagena dr mana? apa combona aj dah cukup bwad kill?
    item DPS yang cocok bwad Clock ap? klo aq biasa bli asalut di late.

    BalasHapus
  5. klow madness ccok ga kk??

    BalasHapus
  6. om naym

    benerin gambarnya tuh atau reupload

    kalo gk ambil gambarnya dari google ajah :p

    daripada ngilang tuh..

    BalasHapus
  7. gw mau ngasih saran nih buat Rattle Trap user..

    Ada Kombo enak kalo buat tipe solo. bikin dagon sama guinsoo dan radien untuk damage,finisher kombo dan all stats nya sisa nya kan sepatu , vladim sama skadi.. itu sangat membantu jadi yang pas kalian cog.. hit nya itu mengurangi ASPD dan MSPD musuh.. DPS nya Radien dan Batere.. Kalo lo mengukurung nya 2 orang tinggal pencet guinsso , hit hit hit dan BANG dagon Burst.. DOUBLE KILL . hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah saran kk boljug tuh... ntar ane coba ahhh.. ha5

      Hapus
  8. emgnya enk apa pke hero ini ...

    BalasHapus
  9. entah knp di bnet skarang banyak yg pake hero ini :) padahal biasanya jarang2

    BalasHapus
  10. PandaSmall mengatakan..
    Combowhore paling perfect adalah RATTLETRAP & Aurel Vlaicu (Gyrocopter)..
    Combonya seperti ini:
    Homing Missile(vlaicu)/Hookshot(rattletrap) --> musuh kena stun --> Power Cogs --> Battery Assault --> vlaicu pakai ulti (Call Down) BOOM BOOM --> Klo musuh masih belum mati langsung aja vlaicu pake' Rocket Barrage.. WOW PERFECTO. Wkwkwk.
    (Ditunggu tanggapan dari semua DotA lovers terutama kakak NAYM) thank's.

    BalasHapus
  11. PandaSmall, thanks nice share..
    Homing missile emang Palling top kalo soal membuka bokongan, :)

    BalasHapus
  12. kk kalo bole kasi saran...alchemist juga jadi masalah kk...soalnya combo hook + cog ..akan membuatnya skill 2...(concoction) slama di cog...dan alcemist juga racun..pas cognya slese..alchemist lgsg lemparin skillnya dan ulti sambil pukul" deh di dalam racunnya..gimana?

    BalasHapus
  13. Iya juga, oke dah ane tambah alchemist makasih :)

    BalasHapus
  14. Linken's Sphere gak termasuk item luxury ???
    kan berguna juga itu, nambahin stats, hp & mana regen
    berguna juga kalo ngurung kayak lion gitu, hp clockwerk yang tipis gampang mati sama FoD
    kalo udah ada linken mestinya aman tuh

    terus saya minta tolong donk kk
    tunjukkin posisinya clockwerk pas mau cek PU pake rocket flare di minimap donk
    kalo gak ada minimap rada bingung saya

    BalasHapus
  15. @dane, masih banyak luxury yg lebih bagus, Vang/Hod aj cukup buat 1 vs 1 dalam cog siapapun itu, STR nya clock ga dikit2 amat kok :)
    Iya neh, photobucket lama-lama bikin Pegel juga >.<

    BalasHapus
  16. kk klu di early bkin soul ring gpp ?

    BalasHapus
  17. Traxex SejatiKamis, Mei 26, 2011

    QUOTE FROM CONCLUSION :
    "Sy harap guide ini telah membantumu, bagaimana cara mainin clock. Hero ini termasuk ‘hebat’ karena memiliki banyak potensi. Tapi membutuhkan banyak latihan, terutama penggunaan cog nya."

    klo buat aq yang lebih sulit mah hooknya,
    sering gak kena'.^^
    tapi klo udah kena biasanya langsung aq cog+battery+rocket+gebug2in sampek modar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kaya Pudge yaa... skali kena Meat Hook, langsung Rot+Dismember... langsung mokat musuhnya...

      Hapus
  18. klo gw sih maen Clock nya.. itemnya full badak aje..

    -Phaseboot
    -vanguard
    -Blade Mail
    -Radiance
    -Taras
    -buat regen mana tergantung musuh
    - orchid klo ada ursa atau hero yg menggunakan skill bgt..
    - Guinsoo (klo ada hitter ky mortred dan lain2.. di ayam juga tewas.. buat bantu2..
    - Bloodstone.. (buat regen darah dan mana.. + juga nambahin darah klo kita mati ke allies.. tapi skrg bloodstone chargenya ga nambah darah.. dah jelek sih.. -_-

    BalasHapus
  19. Rexa: Soul ring bagus bgt :)
    Traxex sejati : hehe, susah mana hooknya pudge atao clock ^^, kalo hook sudah kena cog sudah bisa kena, tp kalo hook ga kena ngejar bakalan sulit ngurung dalam cog :)

    BalasHapus
  20. ternyata susah jga ya pke clock...hufft

    tpi clock dengan potensi nya bakal jdi nukers yg berbahaya..ckckckkc

    by;†ea Bo†oL

    BalasHapus
  21. oi kk itu photobucket bandwith exceeded gua doang apa smua ya? keganggu gua liatnya

    BalasHapus
  22. Drafting......

    kayaknya ga perlu deh ^^

    BalasHapus
  23. kemaren nyoba build kk naym..

    ternyata bener, Clock di kasih Aghanim jadi bisa spam hook (serasa hook bukan ulti)

    jadi spam kombo hook + cog + battery assault trs di roket. Belom mati juga, tunggu cooldown paling 9 detik pakek kombo hook + cog + battery lagi...

    manteb deh...
    makasih kk naym atas info clock pakek Aghanim.

    BalasHapus
  24. Rooftrellen sudah bukan warder
    sementara ward milik Anub'seran sudah dipindahkan ke saudaranya, Anub'arak
    tolong diganti bagian warder

    BalasHapus
  25. Best Allies
    tambahin
    Sesama Ganker
    Rattletrap emang Ganker, tapi tak ada alasan untuk tidak nge-gank dengan ganker lain'kan, lagipula kalo dipaduin bisa nge-gank 2~3 hero sekaligus

    BalasHapus
  26. masukin Phoenix ke enemies kk ..
    niatnya mau bokong phoenix waktu udah hook eh malh kena damage fire spirit yang amat sakit..
    maunya Ngurung target eh malah keluar denga dive
    udah berhasil ngurung sekaratin phoenix eh mlah supernova ..
    dengan AS Clock yang parah saya rasa susah untuk pecahin telor :)

    BalasHapus
  27. kk nanya dong, skill power cogs itu cuman bwt ngurung musuh ato ad lg? trus kalo cuman bwt ngurung damage dari power cogs nya ga terlalu ngaruh dong??

    BalasHapus
  28. tolong di info, untuk power cog, musuh yg "kesedot" ke dalem power cog AoE brapa ya??

    BalasHapus
  29. kaka saya menyarankan BM dari pada vanguard pas musuh dikurung war dengan BM lebih menguntungkan

    BalasHapus
  30. gmn klo lawannya ursa? huskar?

    BalasHapus
  31. kk perna nyoba musuh d cog trus d forcestaff?
    lucu deh cobain aja.. (asal jngn kliru ngeforcestaff diri sendiri ya ^^)

    BalasHapus
  32. hahahah
    lucu bngt koment bagian eneminya si lesrac :D

    BalasHapus
  33. Naym tambahkan Bang ABBADON .
    kalau Kita COG Kagak berasa xna ultinya =="

    BalasHapus
  34. Linken g btuh bang??

    BalasHapus
  35. Naix Ga dmasukin. ke worst enemies ..??

    BalasHapus
  36. damagenya skill clock klw diitung2 udah lumayan,,apalagi targetnya cuman 1.. 700+200+300+mukul

    BalasHapus
  37. gila rattletrap hero dewa kk.

    BalasHapus
  38. Kk Slark Gk masuk padahal dya kan worst enemies

    BalasHapus
  39. clock pake armlet lumayan loh, beli ini habis blademail/vanguard

    BalasHapus
  40. tambahin ya gan
    Skywrath Mage one of his alliance
    bayangin aja 2 detik didalem cog kena 1200 damage ditambah amplify damage ama battery assault :D

    BalasHapus
  41. kak,,pas ngombo ke void trus dicrono,,batre assault ttp bekerja g?

    BalasHapus
  42. Berarti Jahrakal juga masuk worst enemies dong.
    Jahrakal kan diciptakan untuk berhadapan 'face to face'

    BalasHapus
  43. Berarti Legion Comm. juga masuk enemies dong.
    Siapa yang bakalan bahagia duelnya gak diganggu?
    Mengingat semua skill disable dan clock bukan DPS-er yang bergantung pada item.
    7 : 3 adalah kemenangan bagi Legion Comm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurungannya kecil gan, masih bisa diganggu ama disabler yang rangenya jauh :)

      Hapus
  44. coba pake arcane boot, nambahin max mana dan mana instan, setelah itu beri regen mana seadanya macam robe of magi atau sobi mask (selanjutnya terserah mau dijadiin jango or aquila nih item), dijamin battle 5 vs 5 pun teteap cykup mananya

    BalasHapus
  45. aku pernah ngeliat ada yang pake hero ini pake 2 sepatu -__- arcane, sama phase -____-

    BalasHapus
  46. klo menurut saya,dengan teamwork yg bagus,clockwerk punya potensi carry juga.hand of midas itu item murah yg tambahan attackspeednya sebanding dengan eagelhorn.agha,pt,cuirras,hot,ama burizza kiranya cukup buat dia.
    dengan catatan harus creeping pasif(otomatis selane ama hero yg bawa arcane,skill 3 pol dulu).kalau ada yg war,lempar rocket flare buat assist.sejauh ini saya rasa work 75% tergantung teamwork.pernah liat juga ada yg melakukan hal serupa,tapi pada earthshaker.Na'Vi Dendi klo ga salah.terakhir..ini hanya opini saja^^

    BalasHapus
  47. bawa teman stunner atau disabler aja. pasti legion ga mau duel

    BalasHapus
  48. Naym, tambahkan Nevermore di enemies karena
    1. saat dikurung dia bisa saja menggunakan BKB, skill batery assault jadi gak efek
    2. adu DPS liat aja siapa yang menang
    3 ini yang berbahaya semakin dekat hero musuh semakin sakit juga requiemnya nevermore dan kamu tahu sedekat apa clock di dalam cog bersama NVM?

    BalasHapus
  49. Gan kok stygwyr dgn ezalor gk dimasukin ke alliesnya kan rupture dgn mana leak
    muncul klw musuhnya bergerak, klw rattle trap hook musuhnya bisa habis tuh health/mana musuh nya

    BalasHapus
  50. kk, bukan kah furion salah satu best allies clock? kan bsa bantu nge bokong bahkan lebih bagus dari ganker laen karena saling melengkapi skill mereka
    opini saja kk thx V^o^

    BalasHapus
  51. pernah loh, aku pengen tolong temen, tpi musuh ursa, jadi ku tolong dengan ngve hook ursa, dah bakaln mate nih, tapi gara" si ursa terintimidasi ^mungkin^, si ursa kabur wkwkwkwk

    BalasHapus
  52. Nevermore ga ada bahaya2nya buat Clockwerk. Delay casting dan animasi SEMUA skill NvM bakal bikin susah make skill kalo udah kena efek Battery Assault (liat aja NvM raze ga bakal jadi2 mirip orang lagi jadi konduktor paduan suara, begitu juga RoS). Mmg benar itu bisa ditangani NvM dgn BKB. Tapi, halo? BKB? Clock bahkan g perlu item buat nyiksa NvM. Di early NvM butuh PU, tapi clock dgn roket bsa kontrol smw PU. Bahkan hero ini dah ane tahbiskan "Anti-NvM" dgn cara solo mid lawan NvM tiap lawan pick NvM. Jadi klo cma dpndang NvM BKB dkurung di cog kena RoS ya iya clock mati. Tapi klo liat scara overall, NvM yg susah hidup, susah farm, apalagi ampe BKB klo yg clock tau maen, Clock = Anti NvM.

    Jeremy Christian

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats