DotA Guide Indonesia

Raijin Thunderkeg – The Storm Spirit




A celestial being summoned to aid the Sentinel in their darkest hour; the Storm Spirit chose to manifest itself in the life essence of a humble elementalist, Raijin Thunderkeg. Though the Pandaren's soul perished during the profound surge of pure electrical essence, the divine entity even now seeks refuge in Raijin's body, unable to thrive on its own. However, despite its mortal imprisonment, the Storm Spirit is far from being limited of its tremendous powers. Able of manipulating vast, inexhaustible sources of energy in mysterious ways, it swiftly hails destructive sparks of lightning upon the Sentinel's adversaries, eradicating all that dared to cross its path.




INTRO



Dia adalah hero yang ‘tercepat’ di DotA, dia bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat sangat singkat. Kalaupun suatu saat dia muncul di depanmu, beberapa saat kemudian dia bisa berada di tempat lain yang jarak nya jauh..

kecepatannya luar biasa, hampir menyamai PELURU senapannya Kardel Sharpeye. Jadi jangan pernah berpikir untuk repot menangkap hero pecandu ‘adrenalin’ ini, karena dia bisa berada dimana-mana, kapanpun, semaunya. Percuma melakukan blink, marathon, windwalk... dia tetap bisa mendahuluimu.

Kemampuannya ini juga tidak dibatasi oleh apapun kecuali mana, tidak ada cooldown, bisa ‘menembus’ apapun pohon, bukit, unit, dan tidak ada batas maksimum range. di awal game dia memang akan terlihat lamban dan ‘berjalan’, tp seiring berjalan waktu, suatu saat dia akan muncul dan pergi dari hadapannmu hanya dalam sekejap mata.

Spoiler Statistik Hero



Name: Raijin Thunderkeg
Affiliation: INT Sentinel
Strength: 17 + 1.5
Agility*: 22 + 1.8
Intelligence: 23 + 2.6
HP: 473
Mana: 299
Damage: 45 - 55
Armor: 5.1
Movespeed: 295
Range: 480
Missile Speed: 1100
Sight Range: 1800/800





Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN
1. Punya nuke yang sangat aktif untuk lane dan punya disable juga.
2. Ultinya sangat serba guna,buat kabur, pembuka war, mengejar, pengganti teleport?, dll
3. Salah satu chaser terbaik, klo km ga punya ‘skill’, sangat sulit kabur darinya.
4. Base Armor yang sangat tinggi untuk hero INT
5. klo punya banyak mana, dia ga akan bisa dihentikan oleh siapapun.

KELEMAHAN
1. Sangat bergantung dengan MANA!
2. Salah menggunakan ulti bisa berakibat fatal
3. Pertumbuhan STR nya ‘kurang’ untuk seorang battle initiator ,artinya dia ‘rapuh’
4. Menjadi yang tercepat tidak selalu ‘menguntungkan’, kadang malah sangat merugikan.



SKILL

Static Remnant


Raijin creates a remnant of himself containg his essence. The Static Remnant will release its stored energy whenever an enemy unit comes near it. Lasts 12 seconds.

Level 1 - 140 Damage.
Level 2 - 180 Damage.
Level 3 - 220 Damage.
Level 4 - 260 Damage.


Area of Effect: 235
Mana Cost: 70/80/90/100
Cooldown: 3.5 Detik

Ini skill early mu, yang akan digunakan untuk menguasai lane ( sebagai nukers). 3,5 detik cooldown untuk skill ini tidak main-main loh.. kamu bisa ‘memasang’ 3 kali skill ini di tempat yang berbeda ( atau di posisi yang sama juga bisa ), tapi ada jeda animasi skill ini selama 1 detik, bukan channeling spell,tapi Cuma ‘delay’ aj.

Kalau digunakan, kamu akan membuat semacam’ilusi' tepat di posisimu, jadi kamu ga perlu repot nge-klik target/tanah. dan yang memicu nya adalah kalau ada musuh yang mendekati / masuk ke AoE nya yaitu 235, lalu ilusi-mu akan ‘meledak’ dan menyerang musuh di 260 Area disekitar ilusi dengan damage yang lumayan sakit (di early)

Image (remnant) mu punya vision sejauh 700 ( lumayan buat ward), dan kemampuan vision ‘mata-burung’, maksudnya seperti vision animal courier (burung) yang bisa melihat pohon, bukit, dll dari ATAS, manfaatkan sebagai spy ..

Tipe damage magical,dikurangi spell resistance,dan di block oleh spell immunity.


Electric Vortex


Storm focuses his energy to rip open vortex drawing an enemy to it. This process slows the Storm Spirit down for a brief period.

Level 1 - Pulls 100 units over 1 second.
Level 2 - Pulls 150 units over 1.5 seconds.
Level 3 - Pulls 200 units over 2 seconds.
Level 4 - Pulls 250 units over 2.5 seconds.

Casting range: 300
Mana Cost: 100/110/120/130
Cooldown: 21/20/19/18

Skill disable nya raijin, durasi yang cukup lama untuk membantu DPS-er tim mu. Bisa digunakan untuk ‘menarik’ musuh mendekati ‘static remnant’ mu ( klo km memasang nya di posisimu ), atau untuk ‘menangkap’ / memisahkan musuh yang ngejar temanmu (apalagi yang punya permabash/critical/slow)

Skill ini tidak termasuk ‘channeling spell’, Karena kamu tetap bisa menyerang / menggunakan skill mu ataupun berjalan / bergerak dari posisimu. tp ‘efek samping’ yang kamu terima adalah nge-slow MS mu sebanyak 50% selama 3 detik.

Skill ini di block oleh linken’s sphere, dan kamu ga bisa menggunakan skill ini ke musuh yang sedang magic immunity.


Overload


Storm Spirit becomes overloaded with electrical energy whenever he casts a spell. The charge is released on his next attack as an electrical burst, dealing damage and slowing nearby units.

Level 1 - 30 damage.
Level 2 - 50 damage.
Level 3 - 70 damage.
Level 4 - 90 damage.

Area of Effect: 300


Overload yang menjadikan raijin salah satu kandidat chaser terbaik,dengan skill ini (klo di combokan dengan ultimu) kamu bisa ‘menangkap’ musuh dengan mudah.

Skill ini pasif, tp Skill ini aktif setelah km menggunakan salah satu spell2 mu (menggunakan Item TIDAK mengaktifkan skill ini ). Damage nya ga buruk2 amat, bisa digunakan buat nge-last hit, atau nge-slow musuh.

efek nya semacam mini purge, Slow nya 80% MS dan 50 % AS selama 0.6 detik di 300 AoE. Tipe damage magical, dikurangi resistance, dandi block oleh magic immunity.


Ball Lightning


Storm Spirit becomes enveloped with energy, losing his physical form, and travels until he depletes his mana or reaches his target. While in this form, he deals damage to nearby units based on how far his electrical form has traversed. Damage,speed and area of effect improves per level.

Level 1 - Moves the Storm Spirit to the targeted location doing 8 damage per 100 units traveled at 1250 movespeed.

Level 2 - Moves the Storm Spirit to the targeted location doing 12 damage per 100 units traveled at 1875 movespeed.

Level 3 - Moves the Storm Spirit to the targeted location doing 16 damage per 100 units traveled at 2500 movespeed.


Area of Effect: 150/225/300


Ulti yang membuat raijin ‘dikenal’. Membuatnya ‘terbang’ / melesat dengan kecepatan yang jauh melebihi batas maksimum MS unit di DotA. Sangat serba guna, bisa untuk mengejar ‘menangkap’ musuh yang kabur untuk di bunuh, kabur dari bokongan atau kejaran musuh, bahkan untuk ‘membuka war’ juga bisa, combo kan dengan overload..

Skill ini yang mana cost nya paling ‘mahal’, sebagian besar mana mu akan habis untuk menggunakan skill ini bahkan mungkin untuk satu kali menggunakan saja. Tapi klo mana mu habis sebelum kamu mencapai posisi yang kamu klik, kamu akan langsung berhenti.

Selama ‘melesat’, kamu bisa menggunakan skill / item yang penggunaannya ‘instant’ seperti ‘shivas’. Selama melesat juga kamu ‘invulnerable’ atau ga bisa diserang dengan serangan apapun. Dan skill ini bisa menghancurkan pohon2 di AoE nya.

Satu-satunya cara untuk membuat raijin bisa melakukan permanent ball lightning (melesat yang tidak ada habisnya!) adalah dengan mengambil satu power up yang sangat spesial untukmu, yaitu REGENERATION! Sekali kamu meminum power up itu, tidak akan ada hero DotA yang bisa menghentikanmu!




SKILL BUILD


RAJIN SOLO

Level 1: Static Remnant
Level 2: Overload
Level 3: Static Remnant
Level 4: Electric Vortex
Level 5: Static Remnant
Level 6: Ball Lightning
Level 7: Static Remnant
Level 8: Overload
Level 9: Overload
Level 10: Overload
Level 11: Ball Lightning
Level 12: Electric Vortex
Level 13: Electric Vortex
Level 14 : Electric Vortex
Level 15 : Attribute Bonus
Level 16: Ball Lightning

Raijin yang main solo artinya kamu belum butuh disable mu (electric vortex), karena percuma ngambil disable itu klo ga ada teman yang nyerang kan?.Ngambil 1 level aj juga percuma, disable Cuma satu detik -_-. Karena itu nuke mu harus dimentokin pertama, efek tersakit nya emang di awal2 battle. Ambil bersamaan dengan overload, supaya km punya slow saat nge-bokong / di bokong, sekaligus creeping dengan nyaman.



DUAL LANE (support)

Level 1 : Static Remnant
Level 2 : Overload
Level 3 - 5 : Electric Vortex
Level 6: Ball Lightning
Level 7: Electric Vortex
Level 8 - 10 : Static Remnant
Level 11: Ball Lightning
Level 12 - 14 : Overload
Level 15 : Attribute Bonus
Level 16: Ball Lightning

Skill build ini gunakan kalau kamu menjadi support dan se-lane dengan carry di early game (biasanya untuk raijin level kompetisi ). Tetap ambil static remnant di level 1 sebagai nuke mu, dan overload juga penting untuk slow, Tapi skill yang pertama dimentokin adalah electric Vortex, karena sangat membantu saat nge-bokong (disable = modal utama ganker), atau berguna untuk menolong saat carry kalian saat di bokong.

Ambil ball lightning kapanpun bisa diambil.






Item Build dan Gameplay




EARLY ITEM


ITEM AWAL

Di awal game, belilah item2 yang menambah stats, seperti gauntlet / mantle, ( klo ga mau beli bracer/null ga usah beli citcletnya ), atau beli branch aj banyak2, kamu membutuhkannya untuk bertahan di lane. Klo perlu beli animal courier langsung, untuk membawakanmu nanti bottle, sepatu, dan item lainnya. Jangan lupa sisakan minimal 100 gold untuk membeli item regen HP.


ITEM CORE

EMPTY BOTTLE


Ini item core nya ganker. Raijin sangat membantu nge-bokong di awal, dan punya disable juga, untuk ‘menangkap’. Ini item regen awal mu, yang sangat berguna untuk ngisi kembali HP dan Mana mu setelah/sebelum nge-bokong. Selain itu bisa diisi dengan PU juga. Sebenarnya sebelum punya ulti, kapasitas mana belum terlalu penting.


BOOTS OF SPEED


Jangan pikir kamu ga membutuhkan item ini di awal.


PRESEVERANCE


Mana Regen lebih penting dari kapasitas untukmu di early, karena pengunaan ultimu masih dibatasi.. Jadi beli ini duluan sebelum ‘booster’. karena Perhitungan mana cost ultimu berdasarkan kapasitas mana, jadi semakin gede kapasitas mana mu semakin banyak mana cost ultimu, karena itu sebaiknya naikin Mana regen duluan. Ga perlu khawatir soal remnant, mana cost nya termasuk murah kok. Salah satu alasan juga knapa kamu beli bottle pertama





EARLY STRATEGY

Pilih lane secepatnya, karena item awalnya beda. Kalau solo, beli ward juga, atau tambah dengan ayam, klo mau support (dual lane) habiskan goldmu dengan item2 yang menambah stats dan regen HP (tango).

Raijin termasuk hero semi-carry, km cocok di lane manapun karena hero range dan punya ‘nuke’ dan disable, jadi mudah bagimu mengendalikan lane, solo maupun dual lane.

Kenapa kamu cocok di semua lane? Pertama karena nyerang ‘range’, kedua karena kamu semi-carry (butuh item mahal untuk ‘jadi’) ,ketiga karena support, keempat sebaiknya km mendapat ulti secepatnya, kelima karena kamu ganker jg..

Klo km newbie, di lane, selalu ingat Perhatikan dulu syapa yang menjadi lawan di lane mu, dimana pun lane mu..

1 lawan melee

your lucky day.. kuasai area creep, jangan biarkan dia maju nge-last hit, pasang remnant di area creep supaya dia ga maju, lalu overload nya kasi ke musuh nya aj, sekalian nyicil. Ga usah hiraukan dulu lawan mu, biarkan dia menunggu di belakang, kesempatanmu creeping dengan enak nih, jangan disia-siakan, klo ga kamu bakal nyesel nanti di late. Tp hati2 klo lawanmu melee-nukers / stunner.

2 lawan melee

mungkin ini kalau dual lane, berarti kamu punya partner. Hati2 dengan stunner , apalagi kalau mereka melee-nukers (raigor, davion,dl). Fokus nge-last hit. Kecuali kalau partnermu carry, biarkan dia yg nge-last hit. Klo lawanmu yang carry, baru kamu fokus deny aj. Km punya remnant + overload kok buat creeping nantinya.

1 Range

hati hati kalau dia nukers/ stunners. Jangan terlalu dekat, karena km range nge-last dari jauh aj, ga usah kuasai area creep, tp klo musuh mu mencoba mendekat, pasang remnant lalu serang dia dengan overload. Fokus last hit dan deny aj dulu, sebelum punya ulti, jangan sering2 nyicil dulu.

2 Range

MAIN SAFE, apalagi kalau stunner jangan pernah maju2, kali ini lebih baik tidak dapat gold daripada tidak dapat EXP (alias dibunuh!)..biarkan mereka menguasai area creep, kali ini lane mu bakalan di push abis2 an, apalagi kalau partner di lane mu kebetulan melee-pasif jg. Tp tidak usah khawatir, ini wajar terjadi, yang penting km Usahakan dapat last hit/ deny dan bertahan naikin level selama mungkin.


CREEPING

Static Remnant adalah skill creeping mu, karena skill ini juga salah satu yang memicu overload mu. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian skill, durasi masing2 ‘image’ remnant mu adalah 12 detik, sedangkan cooldown skill ini hanya 4 detik, yang artinya kamu bisa melihat 3 ‘image’ remnant mu sekaligus.

Dengan 3 remnant itu, kamu bisa menghasilkan 780 damage (belum dikurangi resistance), dengan damage segitu sudah pasti kamu bisa nge-last hit creep HP full dengan mudah, apalagi klo masing2 remnant di kombokan dengan overload.

Jadi sebaiknya setiap kamu memasang ‘image’ remnant, gunakan dulu over load mu, baru pasang remnant lagi, byar overloadmu ga sia-sia, begitu juga klo menggunakan skill lain.

Creeping pake raijin sangat mudah.. tinggal maju ke tengah2 creep musuh

Spoiler Screenshot









Pasang remnant, sekaligus memicu overload, remnant akan langsung ‘meledak’.. Attack mereka satu kali dengan overload..



Abisin dengan attack biasa, atau gunakan remnant kedua..



Kecuali kalau situasinya berbeda, misalnya disana ada hero nya, dan mereka sedang mengejarmu, tinggal pasang2 remnant aj di sepanjang jalan ‘mundur’ mu. 2 kali terkena remnant HP creepnya sudah merah, last hit aj dengan overload atau pasang remnant ketiga.



NYICIL

Selama kamu punya ball lightning (dan mana yang cukup juga -_-), nyicil dengan remnant jadi mudah..Prosesnya seperti ini..

Spoiler Screenshot




Pertama gunakan ball lightning menuju ke target..





Ball lightning mengaktifkan overloadmu.... serang dia sekali (dengan overload)... lalu pasang Static Remnant




Pasanga static remnant ( lihat 2 creep yang ‘mati’ terkena efek remnant ), remnant mengaktifkan lagi overload...serang lagi sekali (overload) sebelum kembali / mundur dengan ball lightning... lalu serang lagi dengan att




Klo melalui SS kamu belum ngerti, kurang lebih combo / skenarionya nya seperti ini..

(ke target) - hit -- --hit -- (mundur)


Tapi kalo targetmu disable/ stunner, sebaiknya hati2.. klo perlu hilangkan bagian attack (overload), jadi tinggal pasang remnant aj trus kabur..


Nge- BOKONG

Raijin adalah ganker juga, paling efektif nge-bokong klo sudah punya ulti, jadi klo belum sebaiknya jangan dulu, kamu kan bukan rylai, hehehe... Ambil skill disable mu (vortex), skill itu sangat membantu bokongan, selalu ingat juga pasang remnant setiap kali menggunakan disable..


Combo mu saat nge-bokong adalah..

( ke target) --hit------hit--- --- hit


Yah.. tiap menggunakan skill kalau bisa diselingi dengan attack, untuk memaksimalkan potensi overload mu.. Sebaiknya baru gunakan vortex kalau temanmu sudah bisa menjangkau target..


Di Bokong

Sudah pasti kamu akan mengalaminya, di mid maupun di atas/ bawah, ganker pasti selalu berkunjung. Gini.. yang kubahas disini adalah klo kamu di bokong sebelum level 6 ( belum punya skill kabur), berarti kabur dengan mengandalkan MS saja, tapi sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah supaya kamu bisa lolos dari bokongan :

- Pasang ward di sekitar hutan lane kamu

- Jalin komunikasi dengan baik, jangan chat hanya diisi dengan saling flame aj, klo ada yang bilang ‘miss’ segera mundur ke tower mu, waspada..lihat mini map juga

- Klo ternyata tiba2 musuh muncul di belakangmu, langsung pasang remnant, remnant memberimu ‘vision’ mata burung yang luas, membantumu menentukan arah kabur

- Sebaiknya selalu bawa TP, kalau musuhnya muncul, masuk ke area pepohonan ( klo di situ ada pohon) untuk melakukan tele.

- Klo musuhnya mengejarmu sampai mendekati atau bahkan melewati towermu, gunakan vortex , disable dia di area tower...







MID ITEM

LINKEN’S SPHERE
(Credit: 747)


Item Regen dan stats adalah yang terpenting buat Raijin, dan keduanya harus seimbang supaya Pemakaian mana untuk Ultimu lebih efektif. Linken sphere selain menutupi semua itu, juga bisa untuk ngeblock spell apalagi disable musuh. Yang Pastinya disable musuh akan selalu mengarah ke hero yang bisa sangat mudah kabur sepertimu.







MID STRATEGY

Di mid game, kamu telah siap..jadi tinggalkan lane, saatnya mulai roaming. Gunakan combo2 mu, lalu kalau tetap lolos, kejar lagi.. tapi sebaiknya untuk saat ini, jangan dulu mengejar terlalu jauh, apalagi sampai melewati 2 tower, ur not ‘that’ ready yet man.. ^^

Karena mana mu sudah enakan diliat, seharusnya battle sudah mulai ribut dengan suara2 skill2 mu, dan mungkin juga akan muncul banyak tulisan berwarna warni di monitor karena ulahmu ( killing ), hehehe..

Nah.. beberapa goal yang harus kamu capai di mid game sebagai semi-carry adalah :

- PUSHING, pecahin tower musuh di semua lane, kamu punya potensi besar buat pushing, menghabisi segerombolan creep dengan remnant dan overloadmu.

- NGE-GANK, roaming aj, sendiri atau berdua, lihat di mini map, klo km melihat ada hero yang creeping sendirian di lane, bokong dia, apalagi klo dia itu carry nya. Skenario nge-bokongmu masih sama (dan seterusnya juga begitu )

- Karena carry, creeping juga wajib kamu lakukan, kali ini di hutan aj, dengan remnant + overload, sangat mudah buatmu membersihkan camp.


ELECTRIC VORTEX:

Okay karena ini mid game, kuharap kamu sudah mengambil skill vortex.

Spoiler Screenshot




- Vortex ‘menarik’ target ke arah mu, target disable, artinya dia ga bisa bergerak , berpindah, atau menggunakan skill / blink, dll. Sama seperti shackles nya rhasta, atau dismembernya pudge.

- Skill ini terlihat seperti channeling, tp sebenarnya BUKAN channeling, kamu tetap bisa menyerang, menggunakan remnant / skill lainnya, bahkan berjalan pun tidak me-remove vortex mu.

- ‘tarik’ targetmu dengan vortex, lalu serang sekali dengan overload, lalu pasang remnant dan serang lagi dengan overload. Atau tarik saja targetmu ke area remnant mu.

- Disable vortex selama 2.5 detik, sebaiknya combo kan juga dengan spell2 area temanmu, terutama yang animasinya lama, sand king,dll (ada di bagian best partner)

- Efek samping skill ini adalah semi-purge, nge-slow MS mu sebanyak 50% selama 3 detik.

- menjebak target dengan vortex, byasanya sy ‘menarik’ musuh ke atas bukit, menjebaknya disana. Caranya, gunakan ball lighting ke atas bukit ( t4 yang ga bisa dicapai selain blink) di daerah sungai banyak tuh, tarik musuh nya dengan vortex sampai ke atas bukit (vortex menarik sejauh 250 unit) asal dia dalam ‘casting range’ vortex jg (300), gunakan ball lightning untuk menjauh, biarkan dia di bukit itu, lalu tinggalkan sambil tertawa, wakaka..


BALL LIGHTNING

Spoiler Screenshot






Lihat.. kamu ‘invulnerable’ saat melesat..Gambarnya cuman contoh aj, jadi wajar klo ‘charge’ bloodstone nya nol :p


Untuk penjelasan, penggunaan dan combo nya, sudah dijelaskan di skill dan early strategy, nah disini sy mau nge-bahas PERHITUNGAN mana cost skill yang termasuk ‘mahal’ ini.


Perhitungan Mana cost nya gini..

- Pertama ada mana cost ‘awal’, yang keluar saat setelah kamu nge-klik posisi tujuan ‘perpindahanmu’, yaitu 15 + 7% dari total kapasitas manamu.

- Kedua mana cost yang dihitung berdasarkan ‘jarak’ yang kamu tempuh, yaitu 10 + 1% dari total kapasitas mana mu / 100 range yang kamu tempuh


Contoh soal :

Raijin dengan Kapasitas Mana 1000, dia ingin ‘berpindah’ sejauh 2000 range, berapa mana cost yang dibutuhkannya?? Zz ( kayak soal matematika di skolahan aj ni :p)

Jawaban:

-Untuk Kapasitas mana 1000, mana cost ‘awal’ mu = 15 + 7%(1000) = 85
- mana cost setiap 100 range perpindahanmu adalah 10 + 1% (1000) = 20.
- Lalu kamu berpindah sejauh 2000 range, artinya 2000/100 = 20 , maka total nya adalah 20 X 20 = 400

Jadi total mana cost mu dari yang ‘awal’+ perpindahanmu adalah 485. (buat yang ga ngerti matematika belajar dulu sono, matematika di DotA itu berguna bgt loh ^^). semakin besar kapasitas mana mu, semakin besar pula mana cost awal dan mana cost perpindahanmu..

Nah.. karena itu, naikin mana regen tuh penting! Untuk perhitungan damagenya juga mudah, 8/12/16 damage setiap 100 unti perpindahanmu. Misalnya level 3 ball lightning, kamu berpindah sejauh 1000 range, hasilnya adalah 160 damage..

Spoiler Screenshot









Perhatikan HP musuh2 nya, berkurang sebelum sy melakukan serangan apapun. Semakin jauh jarak yang kamu tempuh semakin ‘sakit’ damage yang kamu hasilkan, tapi perhatikan mana mu juga..



Ball lightning selain digunakan untuk nge-bokong /kabur / membuka war, juga berguna untuk mempersingkat waktumu berjalan, gunakan seperti blink, menembus pohon, bukit, lembah, supaya kamu ga perlu repot berjalan memutar, tapi ingat jangan menggunakannya sering2 ( jangan boros), apalagi jangan melintasi yang sebenarnya bisa dilewati dengan berjalan aj, hemat2 lah..

Spoiler Screenshot









Sedikit FAKTA soal skill ini

- Saat melesat kamu ‘invulnerable’, artinya ga bisa di apa-apa in

- Saat ‘mendarat’ di posisi yang kamu klik, menghasilkan damage di 150/225/300 AoE, perhitungan damage nya telah dijelaskan

- Sebenarnya lebih penting soal berapa banyak mana yang kamu habiskan untuk skill ini, daripada sejauh mana jarak yang kamu tempuh, perhitungan mana nya juga sudah dijelaskan

- Raijin akan langsung berhenti melesat klo dia kehabisan mana

- Raijin TIDAK menghasilkan damage sedikitpun dengan skill ini kalau dia ‘berhenti’ melesat karena kehabisan mana.

- Raijin bisa menggunakan skill ‘instant cast’ saat melesat, seperti shiva’s arctic blast, guinsoo,necronomicon,dagon, dll.

Spoiler Screenshot




- Kamu bisa menembus chronosphere void.

Okay, mid game belum saatnya kamu benar-benar having fun. Ingat kamu adalah semi-carry, guinsoo adalah item yang kamu kejar selanjutnya, jadi tetap kembali creeping klo ga ada war.. jangan pernah takut creeping sendiri, segera kabur dengan ball klo kamu di bokong. Kalo ga mau guinsoo, bikin item2 di alternatif..







LATE ITEM

GUINSOO SCHYTHE OF VYSE


Nah.. item2 seperti inilah yang paling kamu butuhkan, bukan Cuma ‘disable’ nya sih, tapi juga tambahan Mana regen dan kapasitas Mana mu, ingat! keduanya harus ‘seimbang’, klo gedein kapasitas aj hanya memperbesar mana cost ultimu, klo gedein mana regen aj, range yang bisa kamu capai juga pendek kan. Klo seimbang kan semuanya tertutupi. Selain itu item ini juga menambah STR mu.


ALTERNATIVE

BLOODSTONE


Kamu adalah hero spell caster, dan juga termasuk semi-carry. Makanya kamu butuh bloodstone untuk memanfaatkan semua skill2 mu yang mana cost nya mahal2, sekalian menutupi kebutuhan HP mu yang sangat ‘kurang’ di early-mid game. Kapasitas Mana dan Mana regen mu sebaiknya diimbangi, supaya penggunaan ulti mu semakin efektif. ALternatif Linken SPhere.


SHIVA’S GUARD


Yang ini menambah armor, beli aj ini di late kalau musuhmu (terutama yang carry) sering membunuhmu dengan ‘physical’ damage mereka. Atau beli setelah guinso aj. Juga menambah stats INT , meski ga menambah kapasitas HP dan mana regen mu, tp memberimu kemampuan slower area, sangat berguna di war. Yah, sudah kujelaskan di bagian skill, sebenarnya saat kamu ‘melesat’ dengan ball lightning, kamu bisa mengaktifkan ‘arctic blast’ nya tanpa menghentikanmu, tp perhitungkan posisi menggunakannya dengan baik.


NECRONOMICON


Beli ini kalau ada musuhmu yang punya kemampuan invisible, atau ada yang beli lothar, atau ada techies, Karena selain memberikanmu true sight, juga menambah stats STR dan INT, meski ga sebanyak guinsoo,skadi, dan shiva’s sih..


EYE OF SKADI


Alternatif dari guinsoo. Tambahan statnya lebih banyak dari guinsoo ( kecuali INT nya), artinya kapasitas HP dan mana mu lebih gede dengan item ini, memberikanmu juga kemampuan ‘slower attack’ tp sebenarnya kamu ga bgt membutuhkan slowernya, nah karena harganya lebih mahal, jadi beli hanya kalau di timmu sudah punya ‘cukup’ banyak disabler.



LUXURY

BRACER


Klo merasa kesulitan di awal / di lane, jadiin gauntletmu di early game, Beli 2 lebih baik. Tp sebaiknya beli preseverance aj secepatnya, yah..meski harga bracer emang murah sih..


NULL TALISMAN


Kalau item awalmu mantle, tp Kusarankan beli bracer aj, pertumbuhan STR mu sangat sedikit. Sebenarnya item2 seperti ini ga begitu penting,


POWER THREADS


Upgrade sepatumu klo mau, kusarankan yang ini karena menambah stats, klo ga mau ini, beli travel aj di late.


ORCHID MALEVOLANCE


Beli ini setelah guinsoo. ini termasuk item tambahan aj. Memberimu kemampuan untuk nge-silence musuh. Terlalu mahal? Memang...tp Kamu termasuk semi-carry, kamu punya skill buat creeping ‘enak’ kok.


EUL SCEPTER OF DIVINITY


Tambahan INT nya memang kalah dengan semua item alternatif guinsoo, tp jangan meremehkan item ini, karena item ini juga menambah MS sebanyak 25 MS, dan kemampuan cyclone , sangat membantu di war, disable 1 musuh selama 2,5 detik, atau untuk menghentikan channeling spell. Selain itu km bisa nge-cyclone dirimu sendiri, untuk nge-block spell tentunya.


HEART OF TARASQUE


Situasional, Tambah ini untuk ketahananmu di war atau saat membuka war, tapi sebenarnya tidak menjadikanmu tanker.


KHADGAR PIPE


Tambah ini aj, klo musuhmu banyak hero INT / nukers, dan semuanya ‘jadi’. Beli hood nya setelah bloodstone, atau jangan beli hood sebelum blood mu jadi.


Jangan Beli ini!

ARCANE BOOTS

Arcan?? Kamu ga begitu butuh terlalu banyak mana di early game, mending energy boosternya dijadiin bloodstone secepatnya. Karena arcane ga menambah kapasitas HP mu, padahal kamu sangat butuh HP juga.


VANGUARD


Sama dengan arcan, menghambat jadi nya bloodstone mu, mending vitality nya dijadiin blood aj. Item ini ga menambah kapasitas mana mu. Lagipula kamu ga cocok nge-tank creep di awal.


ITEM DPS


Kamu bukan lagi hero DPS,sekarang kamu murni spell caster.


KELEN’S DAGGER


Kamu punya kemampuan yang LEBIH daripada blink, sudah pasti kamu ga butuh ini lagi.


LOTHAR’S EDGE


Sama dengan dagger, mau kabur / ngejar musuh ga harus punya windwalk kan?, kamu bisa kabur dengan ball lightning, dan kamu bisa ngejar dengan ball lightning juga.


DIFUSAL BLADE


Kalau km pikir ga bakal bisa ‘menangkap’ hero2 blinker (magina, Qop,dll), coba pikir2 lagi.. Ball lightning ada damagenya dan ga ada cooldown, blink mereka ada cooldownnya dan ga ada damage ^^. Lagipula blink mereka ada batas ‘range’ nya, sementara kamu ga ada batasnya. Kesimpulannya kamu ga butuh ‘purge’ nya, apalagi stats AGI nya.


STYGIAN DESOLATOR


‘persetan’ dengan corruptionnya, kamu bukan lagi DPS-er..


MAELSTORM / MJOLNIR


Meski satu ‘elemen’dengan mu, kamu ga bgt butuh item2 ini..


ITEM LIFESTEAL


Kenapa butuh lifesteal? kamu dapat lifesteal hanya dari serangan ‘attack’mu,dan kapan km bru nyerang dgn ‘attack’?yaitu kalau remnant mu sedang cooldown / kamu belum punya overload, dan itu Cuma 4 detik!! Mau nge-lifesteal apaan dengan 4 detik?


CRANIUM BASHER


Jangan paksa sy nge-flame kamu...hehehe


AGHANIM’S SCEPTER


Item ini memang murni menambah kapasitas mu, HP maupun Mana. Tapi item ini ga meng-improve ultimu. Beli ini kalau kamu memang penggemar berat ‘dagon biru’ ini.


REFRESHER ORB


Nice... cooldownnya remnant 4 detik, ultimu ga ada cooldownnya. Tapi okelah kalau 4 detik itu lamanya seperti 4 tahun bagimu -_-)








LATE STRATEGY


Seharusnya battle ga akan sampai selama ini. Tapi kalau sampe, itu malah bagus..Kamu adalah semi-carry, sudah pasti late bukan masa yang sulit buatmu. Okay karena sudah late, berarti ‘leaver’ udah ga mungkin kelihatan lagi disini, ^^, yang newbie... sudah pasti masih semangat! Ya ga?

Sekarang waktunya menyelesaikan battle, manamu sudah ‘banjir’, mana regen mu juga (harusnya) sudah sangat ‘kencang’., kamu sudah bisa berada di mana saja, sangat cepat, ga mungkin ada yang bisa mengejar atau menghentikanmu sekarang, dan kamu lah si pembuka war, disable mu akan sangat membantu saat ini.


DEFENSE

Simple, pasang selalu remnant mu di dekat tower / markas mu, area yang dilalui musuh2. Klo meledak, pasang lagi, begitu seterusnya. Klo musuh nya sudah berdatangan, buka war dengan ball lightning ke satu musuh (sebaiknya stunner/disabler), lalu langsung disable dia dengan vortex, nah.. itu akan memicu teman2 mu untuk maju menyerang targetmu, sekaligus membuat musuh mulai bergerak untuk menolong temannya.

Selalu ingat pasang remnant, sangat membantu mengurangi jumlah pasukan creep lawan atau ‘image2’ lawan, membuat mereka kesulitan nge-push...


PUSH

saat pushing, gunakan ball lightning dari tempat yang sangat jauh,dengan begitu damage yang akan kamu hasilkan sangat besar dan bisa membunuh sekumpulan creep musuh .

Klo war sama aja, kamu yang buka war, dengan ball lightning dari jarak yang sangat jauh, nah.. tepat setalh mendarat langsung gunakan combo mu, serang dengan overload, dan pasang remnant / disable salah satu musuh untuk digebuki bareng teman2 mu. Sebaiknya disable stunner/disabler musuh pertama.

Membuka war adalah tugasmu juga, atau setidaknya kamu yang masuk pertama / kedua di area war, memicu semangat temanmu untuk maju. Tapi jangan pernah maju, kalau temanmu belum lengkap / siap.. sebaiknya jumlah kalian lebih banyak dari defendernya..


Okay, creeping dengan ‘benar’ aj di early-mid, dapatkan mana regen yang banyak, dengan begitu teman2 mu akan sangat terbantu olehmu di late




FRIENDS


Partner se-tim yang cocok buat Raijin.

MANA PROVIDERS


Mereka sangat membantumu di early game


STUNNER / DISABLER AREA


Terutama yang bisa mengumpulkan hero2 dalam satu titik, seperti ulti magnataur dan enigma, pasag remnant disitu.


GANKERS


Raijin sinergi dengan semua ganker, kamu sangat cepat, punya spell damage, dan punya disable juga.


CARRY / DPS


Mereka juga membutuhkan vortex mu untuk membunuh. Menangkap target adalah tugasmu, membunuh adalah tugas mereka.


AoE SPELL


Terkadang mereka kesulitan membuat musuh terkena ultinya, vortex akan sangat membantu mereka.






COUNTERS 
Hero yang akan merugikan Raijin. serta Hero yang enak untuk melawan Raijin.


PERMABASHER


Mereka2 ini yang ga bakal membiarkanmu kabur dengan ball lightning.


EZALOR


Mana leak... bergerak?


NERUBIAN ASSASIN


Mana burn nya sangat merugikan, dan itu berdasarkan stats INT targetnya. Kamu punya banyak..


PUGNA


Nether ward sangat berbahaya untukmu. Menyerangmu dengan damage yang tidak sedikit setiap kamu menggunakan spell.


SILENCERS

Sangat ahli menjinakkan Panda!


MAGINA


Semakin besar kapasitas mana targetnya, semakin bahagia dia. Mana void sangat mematikan untuk mu, apalagi kalau mana mu habis.


Kunkka


Membuatmu rugi ratusan atau ribuan mana karena setelah ball lightining kamu kembali ke posisi semula.


ENCHANTREES


Dia punya skill yang bisa menjadi sangat lemah untukmu sekaligus menjadi sangat ‘sakit’ untukmu, yaitu impetusnya. PURE damage berdasarkan jarak yang ditempuh ‘tombaknya itu. Kalau dia melempar impetusnya lalu kamu menghindar / menjauh, itu hanya akan membuat damage impetusnya semakin sakit. Dia salah satu counter terbaik untuk raijin yang main asal..jadi Sebaiknya dekati dia dengan ball lightningmu, atau blink menjauh sebelum dia melempar impetusnya... jadi Jangan heran juga kalau ada yang pick hero ini setelah kamu pick raijin ^^


Harbinger


Sanity's Eclipse akan menghabisi Mana dan mencegahmu kabur dengan Ball lightning. Counter terbaik untuk Raijin.





CLOSING
BZZZZZZTTT... THAR... BZZZZTT!! Suara2 smacam itu yang bakal sering kamu dengar kalau ada yang pick hero ini, hahaha..

i don't know how to close, just play him! it will be fun. ^^


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




66 komentar:

  1. kk. mau nanya...
    pas overload serangan kita bs miss ga??
    pas glaive wisdom nortrom bs miss ga?

    BalasHapus
  2. wkakak
    guide na lucu kk ...
    ttg worst item na lucu ...
    XD

    BalasHapus
  3. SELAMAT TAHUN BARUUUUUUU 2010....!!!!!!
    cuma nanya aja, kok item 1 bloodstone bukan orchid.....????
    mana regen khan lebih besar dr orchid.

    BalasHapus
  4. kk, kalo gelinding sambil pke dagon/hex dan semacanmya bisa gk?????

    BalasHapus
  5. @99% Lucky.. 1% Skill

    semua attack (melee/range),skill,spell, spell item bisa miss kalau targetnya punya Evation..

    @Anonim

    hahaha..
    Orchid mana regen kuat, tp tidak menambah kapasitas HP, lagipula raijin tidka butuh Attack speed nya orchid

    Bisa..Selama 'gelinding' raijin bisa menggunakan item yang instant cast, termasuk guinsoo, dagon, dan necronomicon juga

    BalasHapus
  6. Rupture,gelinding...damage rupturex ad tdk??

    BalasHapus
  7. @Anonim:
    rupture gelinding = tetap kena damage :)

    BalasHapus
  8. ruptur gelinding gak kena damage tak jamin 100%
    hero2 anti rupture:
    purists, raijin, void, yurner, mereka punya spell buat lari dari rupt :)

    BalasHapus
  9. RUpture gelinding tergantung level rupture dan lvl ball yg digunakan..

    -Tipe damage Rupture adalah PURE, damagenya -adalah 20%/40%/60% x jarak perpindahan target.
    -Maksimum damage rupture setiap 0.25 detik perpindahan target adalah 200 dmg, lebih dari itu target tidak terkena damage.

    #Ball ligtnig lvl 1

    -berpindah dengan kecepata 1250 range/detik
    -jadi 312.5 range setiap 0.25 detik.

    -rupture:
    level 1 - 20% x 312.5 = 62.5 ---Kena Damage
    level 2 - 40% x 312.5 = 125 ---kena damage
    level 3 - 60% x 312.5 = 187.5---kena damage

    jadi, raijin tetap terkena damage rupture kalau menggunakan ball lvl 1

    #Ball ligtning lvl 2

    -berpindah dengan kecepata 1875 range/detik
    -jadi 468.75 range setiap 0.25 detik.

    -rupture:
    level 1 - 20% x 468.75 = 93.75 ---Kena Damage
    level 2 - 40% x 468.75 = 187.5 ---kena damage
    level 3 - 60% x 468.75 = 281.25 ---TIDAK kena

    jadi raijin bisa nge-block rupture level 3 dengan ball level 2. untuk rupture lvl 1 atau 2 raijin tetap kena damage

    #Ball lightining lvl 3

    -berpindah dengan kecepata 2500 range/detik
    -jadi 625 range setiap 0.25 detik.

    -rupture:
    level 1 - 20% x 625 = 125 ---Kena Damage
    level 2 - 40% x 625 = 250 ---TIDAK kena
    level 3 - 60% x 625 = 375 ---TIDAK kena

    jadi raijin bs nge-block damage rupture level 2 atau 3 dengan ball lvl 3

    #Waveform
    Morph bergerak dengan kec. 1250 range/detik selama waveform, karena sama dengan kec. ball lvl 1 jadi morp tetap kena damage

    #blink,leap,timealk,dan semacamnya
    sudah pasti nge-block damage rupture, karena kecepatannya melebihi 2500 range/detik

    BalasHapus
  10. untuk Spell immune..

    -Tipe damage rupture adalah pure (ga dikurangi armor maupun spell resistance)

    -musuh yang sedan terkena rupture bs nge-block damage rupture dengan mengaktifkan spell immunenya seperti rage (naix),repel (purist),bladefury (yurnero),bkb,dll

    -BLood bs menggunakan rupture ke target yang sedang spell immune dan tetap terkena damage. Jadi blood bs nge-rupture yurnero yang sedang muter, purist yang sedang repel,dll dan mereka tetap kena damage.

    BalasHapus
  11. mantap,,,saya senang sekali make ni hero,,,sya biasa gunakan ulti dari fountain sampai ke mid, apa lagi di mid pas ada war..tp mana langsung ludes..hahaha

    BalasHapus
  12. kalo make ball lightning ke fountain nambah ga mananya?

    nb:maksudna pas ke fountain, masih dalam bentuk ball, bukan raijin

    BalasHapus
  13. Saat menggunakan ball Mana yang bekerja adalah Mana cost menggunakan ball, jadi hanya akan mulai regen lagi kalau raijin sudah 'mendarat', dengan kata lain Tidak.

    BalasHapus
  14. Ini hero terIMBA (kalo yg make IMBA juga)buat musuh2nya punya spell2 target( magic missile, viper strike, storm bolt, impale, FODdanLAGUNABLADE dll.) karena dengan skill LIGHTNING BALL, RAIJIN bisa menghindari skill tadi. jadi jgn lupa masukin ini tips kk naym.

    Aku nulisnya semangat banget, soalnya pernah ketemu lion di jalan darah gw tinggal 300, trus tiba2 dia langsung FOD aja, dengan refleknya (ga tau reflek ngindarin skill ato reflek ngeliat lion...) gw lgsg lightning ball aja, dan FOD pun tak masuk!.

    btw untuk lebih jelasnya cari aja replay2 yg ada raijinnya di playdota.com/videos .


    NB: maaf terlalu semangat nulisnya..., trims buat damage ultinya ya kk

    BalasHapus
  15. mengenai hero ini..
    harus nya lvl 4 ambil vortex aja ..
    inget kk 1 sec guna bgt skalian buat trigger overload..
    anggep aja kalo lvl 4 ambil vortex 1 kita dapet bonus `1 hit + 2 x slow overload..
    tuh da lumayan .
    trus lvl 8 - 10 mending ambil vortex nya ..
    secara kalo lvl 8 - 10 ambil overload jg rugi..
    pada lvl 9 - 10 ganking sangat di perluin buat team .. kalo ambil overload maka kita harus tunggu 4 dtik buat overload n itu brarti slow nya cmn 1 x..
    emang sih damage gede..
    tapi mending mana di lvl 10 vortex 1 dtik tapi overload mayan sakit sama lvl 10 vortex 4 sec tapi overload geli?
    di sini overload yang di pentingin slow nya bukan damage nya ..

    trus ttg item ..
    saya stuju ma item" kk ..
    tp yang jlas lbih baek gak usa blood stone n lgsg kejar linken aja ..
    blood stone cmn nambah darah dikit n regen ..
    regen bonus pun juga sudah jelek karena kena nerf ice frog..
    linken uda ngasi regen , stats , block spell jg ..
    krg baek apa coba ??

    yawda kritik ane skian ..
    mohon maaf bila tidak berkenan ^^

    BalasHapus
  16. Okeh, Makasih Masukannya
    :)

    BalasHapus
  17. Berapakah jarak terjauh yg bisa di tempuh raijin dgn kapasitas mana maksimumnya di tambah dgn "full" item2 pendukung mana terbaik di dota..?

    Jelaskan dgn alur perhitungannya perhitungannya jg. Makasih atas jawabannya...

    BalasHapus
  18. Berapakah jarak terjauh yg bisa di tempuh raijin dgn kapasitas mana maksimumnya di tambah dgn "full" item2 pendukung mana terbaik di dota..?

    Jelaskan dgn alur perhitungannya perhitungannya jg. Makasih atas jawabannya...

    by: Andar

    BalasHapus
  19. kk Naym,
    Raijin blh ga dikasih Dagon???
    maklum msh newbie

    BalasHapus
  20. item raijin awal' paling bagus itu linken,jauh lbh bagus dr bloodstone gw rasa.. Slain susah bwat di killnya [ ngeblok skill ],regen hp/mp nya juga banyak membantu

    BalasHapus
  21. kk,. kok replay nya g ada heronya sih? isinya cuma chat" aja, bingung aq >.<



    VergilL

    BalasHapus
  22. tuh versinya gak sama,replay versinya 1.24c mungkin warcraftmu versi 1.24b

    BalasHapus
  23. gilaa nih hero kalo udah jadi, imba banget, gampang banget kabur, kalo udah jadi bagaikan god enel di one piece

    BalasHapus
  24. bused ni hero enak bener dari atas ke bawah dari bawah ke atas ( hero mobile ) cepet bener.. ngejar yang blink blink-ngan lebih cepet drpd barathum tapi sial kalo pas kabur : not enough mana! tapi raijin juga butuh portal buat balik ke fountain pas udah aman dari kejaran orang2 gila.. lumayan

    BalasHapus
  25. mau ngasih saran juga nih kk, mentokin overload di awal2 juga kadang2 berguna lho, kalo di mid....dan gw bilang sih, remnant mentok dluan ga begitu efektif, karena area ledakannya kan melee, berarti kita harus nempel ke musuh dong buat nyicil(atau ditarik vortex bila sudah ambil, tapi kalo cuma 1 level juga nanggung). kalo pake build overload, remnant hanya dipakai buat memicu overload. thanks

    BalasHapus
  26. Skill overloadnya gak krasa

    overloadny kurang mantap

    seharusx overloadx damage lvl (1) 90
    lvl (2) 180
    lvl 3 (3) 240
    lvl 4 (4) 350


    apaan lvl 4 damage x cuma 75

    bukan overload namax itu

    soalx ultix kan bukan nge damage

    seharusx ultix ad DPSx


    mohon dibaca

    BalasHapus
  27. @mancing mania : haha... overload tu sakid kali. apa lagi hampir setiap attack raijin ke musuh pasti OL dalam keadaan aktif. soal ulti, kan emang da damage nya, tapi tergantung sejauh pa lu make tu ulti. makanyaraijin butuh item buat jadi berguna. TQ"

    BalasHapus
  28. barusan pake hero ini..
    untung msh inget pernah baca2 d sini :thumbsup:
    pertama2 sering mati pi kalo dah ada ulti.. kabur2 enak n ngebokong jg enak xiixix..
    fu banget pake hero ini

    BalasHapus
  29. ane seneng banget pake hero ini .
    animasi skill nya itu keren abis . ^^

    BalasHapus
  30. thanx gan infonya..
    salah satu hero dewa ane ini mah... =D

    BalasHapus
  31. nih hero seneng makenya kk....

    BalasHapus
  32. ada disini yang masih ingat masa lalu hero sialan ini? tiap di pick dalam hati bergumam "OMGWTFIMBA barrier!!!!". . . -__-

    BalasHapus
  33. Hahaha, raijin waktu awal-awal dirilis DpS nya IMBA bgt, sekarang udah lebih ke nukers :)

    BalasHapus
  34. carry sama semi-carry it ap kk ??

    BalasHapus
  35. obsidian destroyer mungkin bisa jadi salah satu worst enemies gara2 ultinya.

    BalasHapus
  36. kak naym
    kalo raijin kena rupturenya bloodseeker
    ngefek ga kalo kita pake ball lightning

    BalasHapus
  37. Anonim,
    carry hero yang butuh bgt item buat berguna di tim, semicarry butuh juga tapi punya potensi lain selain dari item.

    Anonim, bner gan :)

    Anonim, pnjlsn lebih lengkap liat di komen ane di atas, yg tgl Senin, Maret 08, 2010.

    BalasHapus
  38. kk kasih guidennya rubick donk

    BalasHapus
  39. asik banget pake ni hero , bener2 untouchable wakakak

    BalasHapus
  40. paling gak enak kalo mau kabur ada tulisan
    "not enough mana"
    nyebelin banget la, tapi enak pake hero ini, kl udh lv 6 mobilitasnya tinggi

    BalasHapus
  41. gan, raijinnya masih guide map yang lama ya??

    BalasHapus
  42. gan , ini mending naikin kapasitas mana atau regen mana dulu ?

    BalasHapus
  43. gan....
    thx bwat guide nya...
    bermanfaat...

    BalasHapus
  44. kk tw bug phoenix ??

    BalasHapus
  45. electric vortex tuh nge-silence ga sih?

    kalo iya, skill2 semi aktif kaya Pulse Nova-nya Leshrac tetep ke-silence gak? (switch skill, on/off)

    kalo ternyata enggak, berarti Leshrac jadi semi-counternya raijin
    Knp? Electric Vortex (target mendekat/ditarik) + Leshrac ngaktifin Nova = DPS Nuke mematikan!

    BalasHapus
  46. @amanogawa
    Electric vortex cuma disable. kalau leshrac pulse nova aktif kena vortex novanya tetap jalan, kalau kena silence baru berhenti :)
    tp untuk jadiin counter kayaknya kurang spesifik deh buat raijin,

    BalasHapus
  47. kk, kalo raijin bisa bergerak cepat berarti sakit banget kalo kena rupture

    BalasHapus
  48. buat nyicil kita harus pake combo Ball-Remnant-Ball, itu semua harus dilakukan dengan cepat (semi-combo)

    silencer (nortrom) anti combo-ers, taroh di worst (kalo mau) :)

    BalasHapus
  49. klo bgni gmn kk . . . .

    1.bottle
    2.PT strenght
    3.BKB
    4.Guinso
    5. shiva

    keren g kk . . . .

    BalasHapus
  50. yang paling manteb tu pake PT ama blood stoone yg banyak gan biar bisa maen terbang"an apa lagi blood stone 3 dari sungai sampe markas nyampe....
    hahahaha

    BalasHapus
  51. kk X-Mark nya Kunkka bisa jadi counter buat raijin?
    ga pernah nyoba soalnya, tapi pasti nyebelin banget kalo dah terbang jauh terus balik lagi ke tempat x_x

    BalasHapus
  52. item yang enaknya buat raijin apa yaaa ?????????????

    BalasHapus
  53. Klo ane pake raijin item2 yg dibentuk dari awal hingga akhirnya seperti ini:
    "Usually Build":
    -Power Thread, Blood Stone, Linken Sphere, Guinsoo Schyte of Vise, Heart of Tarrasque, Shiva's Guard-
    "Situational Buil":
    -Boots of Travel, Blood Stone, Eul Scepter of Divinity, Orchid Malovence, Guinsoo Schyte of Vise, Black King Bar-
    Item Counter Raijin:"Orchid Malovence"
    Hero counter raijin:"Blood Seeker"
    Just my opinion :D

    BalasHapus
  54. lain bangett sama hero build ku klo pake Storm...
    ni item ku,, 1. oblivion staff (jd orchid), 2. arcane boots (nanti d bongkar utk bloodstone dan PT), 3. Dominator (jd satanic utk nambah darah dan survive), 4. EoS
    dan 5. Guinsoo...
    jd barang hasil akhirx: satanic, guinsoo, EoS, orchid, PT, dan bloodstone....

    gimana menurut kk'?

    BalasHapus
  55. kk, bagaimana kalau yurnero pakai ulti baru raijin ulti kena nggak apa tidak ?

    BalasHapus
  56. rupture blood seeker, omni yunero ga kena sama ulti raijin kali...
    kan pas ulti dalam keadaan invulnerable
    CMIIW

    BalasHapus
  57. Mantab bner ini hero, tp klo build sya bgini, kira" bagus gk ya om ? Soalnya saya pernah Beyond Godlike dengan Build item kya bgini~

    1.Power Threads
    2.Bloodstone
    3.Guinsoo Schyte of Vyse
    4.Shiva's Guard
    5.Orchid Malevolence
    6.Buriza-do Kyanon

    BalasHapus
  58. Dewa Karena NyampahRabu, Maret 07, 2012

    Ciakakak hero susah ini, tapi kalo yang make pro banget bisa RAMPAGE tanpa darah berkurang 1 pun, kayak kakak saya

    BalasHapus
  59. kak knp kunkka x marks the spot nya gk dimasukin ?
    kan bisa tuh kalo dia ball lightning sejauh apapun pake x marks the spotnya kunkka kan mbalik lagi xD

    BalasHapus
  60. Raijin pas lagi ulti masih bisa ditarik pudge, walau tidak menghasilkan damage

    BalasHapus
  61. kk naym, raijin bisa nembus chrono (ulti void) gk?
    mohon dijawab, thx

    BalasHapus
  62. blood seeker ,ama xex mematikan buat dia silentnya mematikan
    especially blood, di rup, abis itu si raijin ulti, berdarah2 dah

    BalasHapus
  63. klo raijin itemnya udah lengkap dan yg pake pinter dan lagi serius pake raijin bisa ngekill

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats