DotA Guide Indonesia

Krobelus – The Death Prophet





Krobelus spent her living days as a fervent member of a cult of Death Sayers. Her belief in the ways of death and the perfect harmony it brings has given her dead spirit a chance to wreak havoc among the chaotic living. She uses her abilities to call upon carnivorous bats and long dead spirits to lay to rest all who still pump blood through their veins. She augments her powers through the use of witchcraft, and she is able to make opponents gape in fear, losing the focus needed to cast spells. She is devoted to death in all it's aspects, and would see all turned to ash.





INTRO



Haayyy! Adalah Sapaan panjang bernada rendah dengan nafas berat oleh seorang roh perempuan tua berkulit biru dan berpakaian serba ungu. Dia adalah Krobelus!

Krobelus bukan hero yang pantas diremehkan. dia memiliki banyak skill yang memang difokuskan untuk memenangkan War, baik war yang berlangsung cepat maupun yang paling lama.

Kalau dilihat sekilas sebenarnya dia termasuk nuker yang biasa-biasa saja, tidak ada yang ‘spesial’. Nuke area pengonrol lane… silence area… Ulti JUGA area yang durasinya lama… Dan semua efek skill-skill itu tidak jauh beda dengan skill sejenis lainnya alias standar saja.

Tapi.. dia ini termasuk top ban/pick loh di battle-battle yang serius! Sangat banyak tim pro ‘melirik’ dirinya bahkan tidak sedikit orang menjadikannya hero ‘pamungkas’ untuk menembus base musuh! Lho..Kalau benar dia biasa saja, lalu kok bisa? Hehehe, lebih baik anda mencari tahu sendiri…. Melalui Guide Krobelus ini :)

Spoiler Statistik Hero



Name: Krobelus
Affiliation: INT Scourge 1

Strength: 19 + 2.2
Agility : 14 + 1.4
Intelligence: 20 + 3

HP: 511
HP Regen : 0.82
Mana: 260
Mana Regen : 0.81

Damage: 44 - 56
Armor: 3
Attack Range: 600
Attack Speed : 0.67
Attack Animation : 0.56 / 0.51
Missile Speed: 1000 Range/second

Movespeed: 280
Sight Range: 1800 / 800




Keunggulan dan Kelemahan


Keunggulan

- Memiliki skill untuk mengontrol lane, mudah mendominasi lane.
- Sangat mudah Farming!
- Sangat mudah merobohkan Tower dengan Ultinya.
- Bisa ngesilence musuhnya selama 6 detik.
- pertumbuhan stats lumayan tinggi (INT dan STR)
- Bisa mengimprove skill dan menambah MS nya


Kelemahan

- Tanpa pertahanan skill, dia sangat mudah dibunuh!
- base MS sangat lambat, termasuk yang terparah.
- Animasi Attack sangat lama (0.56 / 0.51) cukup sulit Last hit dan Deny.
- Mana Burner, Silencer, dan Anti INT lainnya.
- Tidak ada yang memilih dia saat Voting ‘Miss DotA’, hahaha





SKILL


Carrion Swarm (R)


Sends a horde of bats to damage enemies.

Level 1 - 100 damage per unit.
Level 2 - 175 damage per unit.
Level 3 - 250 damage per unit.
Level 4 - 300 damage per unit.

Casting range: 600
Area of Effect: 110 (Starting AoE)/700 (Distance)/300 (Final AoE)
Mana Cost: 105/120/140/165
Cooldown: 8


Info
- AoEnya berbentuk kerucut, semakin jauh semakin melebar. (lihat SS di bawah)
- Bisa menyerang musuh sampai sejauh 1110 range
- Tipe damage : Magical


Penjelasan
Damage magical, cooldown singkat, AoE panjang, dan mana cost mahal… apalagi kalau bukan skill Nuke! Yang sangat berguna untuk mengontrol lane di early, nyicil, farming, dan juga push/defense.

Kalau melihat damage dan cooldownnya, sepertinya ini memang nuke area yang biasa-biasa saja, masih selevel dengan dual breath, scream of pain, shock wave, dan breath fire. Tapi itu awalnya saja, saya bisa menjamin carrion swarm jauh lebih mematikan dari skill-skill itu… setelah diIMPROVE dengan Witchcraft.

Sebenarnya kamu sangat beruntung memiliki pertumbuhan INT tinggi, tapi sebenarnya itu tidak akan cukup, karena skill ini bisa dispam tapi mana costnya mahal. Apalagi setelah cooldownnya dikurangi oleh Witchcraft, kebutuhan manamu malah akan naik drastis! kamu akan membutuhkan item yang menambah kapasitas mana dan regen mana untuk memanfaatkan super Nuke ini dengan optimal!


Cara menggunakan
Teknik menggunakannya sama saja seperti mengeluarkan skill shock wave atau dual breath yaitu arahkan pandangan ke target lalu klik tanah ke arah target.

Tapi jangan ngeklik diluar casting range skill ini, karena itu akan membuat krobelus maju dahulu ke arah titik yang kamu klik sampai mencapai casting rangenya sebelum mengeluarkan carrion swarm. Lihat casting rangenya..

Spoiler Screenshot




Perhatikan garis ungu, itu adalah batas terjauh jarak kamu bisa menggunakan carrion swarm tanpa mengubah posisi krobelus. Tapi disarankan kamu ngeklik ‘X’ saja, jangan terlalu jauh..


Dan ini adalah luas AoE yang terkena damage Carrion Swarm

Spoiler Screenshot





Bisa dilihat bentuknya kerucut, dengan AoE awal 100 memanjang sejauh 700 range dan AoE pada ujungnya 300, itu berarti kamu bisa menyerang musuh sampai sejauh 1100 range.

Spoiler Screenshot





Silence (E)


Stops all enemies in a target area from casting spells.

Level 1 - Silences units in a target area, lasts 3 seconds.
Level 2 - Silences units in a target area, lasts 4 seconds.
Level 3 - Silences units in a target area, lasts 5 seconds.
Level 4 - Silences units in a target area, lasts 6 seconds.

Casting range: 900
Area of Effect: 350
Mana Cost: 80
Cooldown: 15


Info
- Hanya ngesilence skill, Target bisa menggunakan item ability


Penjelasan
Silence Area. skill ini bisa dikategorikan sebagai skill defensive tapi bisa juga offensive. Ngesilence seluruh musuh di AoE yang membuat mereka tidak bisa menggunakan skill.

Sampai saat ini Cuma ada 5 hero yang memilki silence area, dan yang paling serupa dengan silencemu adalah silence Traxex (cek Guide Traxex). Durasi silencenya sama, tapi kamu memiliki AoE lebih luas, dan cooldown yang lebih singkat berkat Witchcraft :)

Luas AoE nya bisa kamu lihat di tanah setelah ngeklik skill ini. Sebenarnya itu cukup luas untuk mengcounter bokongan,tapi tidak akan cukup luas untuk War seperti yang dimiliki Northrom si silencer tulen.

Spoiler Screenshot





Jadi kamu perlu menentukan dulu musuh yang akan kamu silence, prioritaskan pada disabler area musuh atau caster/channelernya. Tapi kalau ada silencer juga (yang cast rangenya jauh) pastikan dia yang menjadi target silencemu! Karena mungkin dia juga akan melakukan hal yang sama..

Spoiler Screenshot





Witchcraft (C)


Increases the potency of each of Krobelus' spells and provides a passive movement speed boost.

Level 1 - Improves spells, increases movement speed by 5%.
Level 2 - Improves spells, increases movement speed by 10%.
Level 3 - Improves spells, increases movement speed by 15%.
Level 4 - Improves spells, increases movement speed by 20%.


Info
- Mengurangi Mana cost Carrion Swarm dan Silence sebanyak 10 / 15 / 20 / 25
- Mengurangi Cooldown Carrion Swarm dan Silence sebanyak 1 / 2 / 3 / 4 detik
- Menambah jumlah spirit Exorcism sebanyak 3/4/5/6.



Penjelasan
Woooow!.. inilah skill yang akan menjawab pertanyaan kenapa Krobelus sangat sering kita jumpai di semua Level war. Karena Witchcraft mengimprove seluruh skill Krobelus, dan yang diimprove juga tidak main-main.. langsung ke bagian yang ‘vital’!

hanya dengan mengurangi cooldown dan manacost saja, nuke standar seperti carrion swarm menjadi sangat sangat aktif dan mematikan! Silence menjadi semakin aktif. Dan untuk Ulti.. menambah 7 evil spirit lalu menggabungkannya dengan 16 evil sebelumnya?.. IMBAAA! Hahaha

Spoiler Screenshot





Skill pasif ini juga sejak map 6.65 telah menambah MS. Kalau sudah begini, wajarlah dia sering di-ban sekaligus caster yang paling sering terlihat di segala jenis tingkatan battle.


Exorcism (X)


Unleashes evil spirits to attack your enemies. Lasts 30 seconds.

Level 1 - Summons 4 evil spirits.
Level 2 - Summons 12 evil spirits.
Level 3 - Summons 21 evil spirits.

AoE : 700
Mana Cost: 200/300/400
Cooldown: 100 Seconds


Info
- Maksimum jumlah spirit adalah 27, setelah ditambah witchcraft.
- Spirit menyerang dengan damage sebanyak 43-48.
- Spirit akan selalu mencari target baru di 700 AoE sekeliling krobelus, sebelum kembali menyerang target pertama.
- Spirit yang jaraknya 2000++ range dari krobelus akan langsung hilang.
- Semua spirit akan langsung hilang kalau Krobelus mati.
- Spirit tidak memiliki Hp dan Mana, dummy unit yang tidak bisa disentuh/dihentikan dengan spell area manapun.
- Spirit akan menyerang pertama kali musuh yang kamu Attack.
- spirit yang menyentuh musuh yang memiliki damage return, damage returnnya akan langsung menyerang krobelus (instant)
- Kalau durasinya selesai, spirit akan ngeheal krobelus sebanyak 25% dari damage yang mereka hasilkan.
- Tipe damage : Hero (physical). Bisa menyerang spell immune. Dikurangi armor, tetapi tidak diblock vanguard dan semacamnya.


Penjelasan

Spoiler Screenshot





Saat kamu mengaktifkan skill ini, itu hanya berarti satu hal….. 700 AoE dimanapun posisimu akan menjadi AREA mu!! Musuh akan tersiksa bahkan tower bisa RATA! Atau paling tidak musuh akan kabur menjauhi Areamu itu, sampai skill itu berhenti.

Kamu akan mengeluarkan sedikitnya 4 evil dan paling banyak 27 evil yang akan mengitarimu di AoE mencari target musuh satu persatu secara pasif. Menghasilkan 43-48 damage per spirit, jadi untuk damage minimum saja yaitu 43 damage x 27 evil adalah 1161 damage, apalagi durasi Exorcism ini selama 30 detik!

Ultimate ini juga yang menjadi alasan krobelus sangat ahli kalau soal push dan menembus base musuh, menghasilkan AoE damage yang GILAA. Belum lagi saat durasinya habis Krobelus akan menerima heal sebanyak 25% dari total damage yang dihasilkan, dan kalau melihat damage diatas.. selama 30 detik potensi heal yang bisa kamu dapatkan akan sangat cukup untuk mengembalikan Hp mu selama nuking.


Beberapa kegunaan skill ini:

AoE Nuke saat war
Namanya juga nuke area, apalagi ini sampai 30 detik, sangat dibutuhkan untuk mendominasi war. TApi sangat penting untukmu mengetahui kapan harus mengaktifkannya.

Kapan sebaiknya digunakan sebenarnya sama dengan penggunaan ulti Dazzle. Simple aja sih Tentunya Jangan diaktifkan sebagai pembuka karena musuh bisa saja mundur dulu menjauh (kecuali saat sedang push). Dan jangan juga kalau tidak ada satupun musuh di areamu ==’

Aktifkan tepat setelah war dibuka, lalu kamu harus maju ke tengah war ikuti arah musuhnya usahakan sebanyak mungkin musuh dalam AoE, tidak usah takut karena kamu punya silence sebagai pertahanan.

Spoiler Screenshot





Push
Push yang dimaksud disini adalah push yang ‘meratakan seluruh bangunan’ (permapush). sebagai hero yang memiliki skill yang menyerang bangunan, kamu sangat diperhitungkan untuk hal seperti ini. Jadi selalu aktifkan tepat saat kalian akan menyerang tower /barrack musuh, setelah itu kamu bisa fokus menyerang defendernya, kalaupun tower itu tidak pecah.. minimal pasti sekarat (Hp Merah).

Spoiler Screenshot







SKILL BUILD


1. Carrion Swarm
2. Silence
3. Carrion Swarm
4. Witchcraft
5. Carrion Swarm
6. Exorcism
7. Carrion Swarm
8. Witchcraft
9. Witchcraft
10. Witchcraft
11. Exorcism
12. Silence
13. Silence
14. Silence
15. Stats
16. Exorcism
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Carrion Swarm sudah sangat jelas. Satu level silence sangat berguna di lane, mencegah FirstBlood kalau kena bokongan. WitchCraft harus dimentokin setelah Carrion Swarm, selain mengimprove semua skill-skill juga menambah MS mu. Ulti ambil kapanpun bisa, sangat membantu push terutama Tower.





Item Build dan Gameplay




Item Early Game

Item Awal
Item awal seperti biasa untuk hero yang mudah farming di early.


Healing Salve boleh diganti dengan Tango. kalau sudah ada support yang membeli Courier ganti aj dengan Gauntlet dan tambah clarity potion.


Item Core
Boots of Speed


semua juga membeli ini. Tapi kelihatannya kamu tidak punya kaki XD


Preseverance


Regen Hp dan Mana sebagai Modal untuk mengontrol/mendominasi lane. Akan diupgrade nantinya..


Additional


Magic wand atau magic stick saja kalau musuh di lanemu hero spammer, upgrade gauntlet kalau kamu membelinya. Sotp untuk teleport, Flying courier kalau kamu yang membeli courier, dan Observer ward untuk mengontrol power Up atau mencegah bokongan di lanemu.






Strategi Early Game

Drafting:

Jangan pick
Terlalu banyak silencer
Banyak Mana burners
Anti Spammer (pugna)
Kamu malas farming
Kamu malas push..
Kamu mau menang Miss DotA ??!! wawkwa


Pick
Kalian menginginkan hero AoE dengan durasi yang lama.
Kalian butuh pusher mantap untuk meratakan bangunan-bangunan (main push!)
Musuh banyak Caster/Nuker. Kalian butuh silencer.
Kalian butuh hero yang mengisi lane solo
Kamu pengen kencan dengan Dirge , wakakwkk


Peran
Carry/semicarry : Gold untuk Item Caster..
Ganker/disabler: Tidak terlalu disarankan..
Nuker/pusher : YES you are! :)
Support/Babysitter/warder : may be..
Initiator : salah..
Tanker: sekarang tidak!


Lane

Kalau ditanya lane yang cocok buat Krobe? jawabnya semua cocok :)

Tapi untuk pertanyaan lane yang disarankan itu tergantung. Pergilah ke lane solo kalau kalian mencoba main push, krobelus sangat dianjurkan main solo bukan hanya karena keahliannya mengontrol lane solo, tapi juga karena alasan-alasan berikut:

- Lane solo naik levelnya cepat, semakin cepat kamu dapat ulti semakin cepat tower musuh bisa roboh.

- Kamu butuh banyak gold, termasuk hero dengan ketergantungan mana yang sangat tinggi, termasuk untuk ketahanan. Lane solo Goldnya melimpah (asal jago farming)

- potensi tersakit carrion swarm adalah di early game. semakin cepat kamu naik level semakin cepat carrion swarm mentok apalagi ditambah witchcraft untuk mendominasi early game dan membuat carry musuh suram.


Tapi juga ada beberapa alasan KUAT yang mengharuskan kamu main dual lane:

- Ada temanmu yang lebih cocok main solo, lebih banyak keuntungan buatnya kalau main solo daripada kamu, beberapa contohnya adalah Tinker, viper, dan doom.

- Ada lane yang diisi 2 melee, jangan remehkan hal kecil seperti ini, itu bisa berakibat fatal! Pasif maupun aktif mereka akan sangat kewalahan di lane, dan pengaruhnya besar untuk mid dan late game kalian. Solo melee masih lebih baik dari dual melee, jadi pergilah dual lane, biarkan salah satu melee mengisi Mid.


Jadi setelah mendiskusikan formasi lane, kamu bisa langsung berangkat ke lane, atau cek power up, atau berburu First Blood bareng teman-teman!! >=]

Kalau main solo lakukan seperti biasa, beli courier untuk membawakan item, beli ward untuk keamanan. Gunakan carrion swarm Untuk farming yang sekaligus nuking, jangan gunakan kalau masih level 1, kamu bisa rugi mana. Gunakan kalau kamu sudah level 3 (Carrion swarn sudah level 2).

Cek power up setiap 2 menit, kalau dapat yang bagus gunakan untuk ngebokong lane yang ‘memungkinkan’, atau kembali ke lane untuk membantu farming. Jangan tinggalkan lane solo sebelum kamu mencapai level 6, atau sampai carrion swarmmu mentok, lebih bagus lagi kalau sampai tower midnya roboh, hehehe..

Untuk yang main dual lane juga sama, fokus untuk nyicil, lakukan deny sesering mungkin kalau musuhnya ada carry, berikan sebagian besar last hit ke carry. Dapatkan beberapa kill kalau memungkinkan, apalagi kalau partnermu heavy nuke/disable… parah kalau tidak dapat satupun kill, hahaha, tapi jangan dipaksakan! Okeh Early game itu saja, :)








Item Mid Game

Bloodstone


Core yang penting kamu bawa adalah item yang bisa menambah kehebatanmu sebagai caster sekaligus memberi ketahanan, ini yang paling Recommended. memang item ‘klasik’ buat Krobe , dan meski sudah mengalami banyak perubahan.. Bloodstone tetap paling pas buat caster Empuk sepertimu.

Bloodstone memberi Tambahan regen dan Kapasitas Hp-Mana. charge dari setiap kill yang didapatkan akan mengurangi Gold yang hilang dan Cooldown Respawn, serta memberikan Heal dan Vision di area kamu mati.


Veil of Discord


Bagus banget karena akan mempersakit efek kedua spell areamu.







Strategi Mid Game

Ganking

Mencapai level 6 apa yang harus kamu lakukan? Tidak.. kamu tidak akan ikut roaming, kamu hanya perlu fokus di satu lane untuk farming, push atau defense. Jadi kalau mau ngebokong atau mau ngekill, kamu bisa melakukannya di lane yang kamu pilih, mungkin dengan bantuan ganker kalian.

Kamu sangat mudah menguasai lane di mid game, jadi satu lane kamu kuasai sendiri (kusarankan lane atas/bawah), dua lane yang lain akan dijaga oleh teman-temanmu. Kamu juga harus farming, banyak item yang akan kamu butuhkan untuk ngesupport di late. Coba juga lakukan permapush di lane itu.

Jadi tugasmu adalah push dan defense, selalu isi slot item dengan scroll of town portal, karena kamu juga akan melakukan defense tower di lane yang tidak kamu jaga, atau untuk membantu counter gank pada carry kalian, silence juga dibutuhkan.

Dan tujuanmu adalah semua tower musuh RATA, dan tidak ada satupun tower kalian yang pecah. Yah.. memang tidak mudah mewujudkannya :p , tapi tetap fokus aja kesitu. Kemudian item mu juga harus jadi, supaya kamu bisa ngespam carrion swarm lebih banyak.






Item Late Game

Boots of Travel


Witchcraf sudah memberi MS. Jadi sepatu upgrademu adalah yang bisa membantu push, Defense dan supaya bisa ikutan war tepat waktu, ini yang paling tepat buat krobelus.


Shiva’S Guard


Item ini melengkapi AoE damagemu, ditambah slow MS dan AS. Tambahan Armornya semakin membuat keras dari physical damage di late, kapasitas mana untuk ngespam carrion Swarm dan untuk penggunaan Ultimu yang manacostnya mahal.



Alternatif

Empty Bottle


Bottle lebih mudah didapatkan dari preseverance, kamu akan butuh Heal Hp dan Mana di menit-menit awal. tapi membeli item ini sekaligus memperlambat Bloodstone, lagipula kamu tidak cocok ngeGank.


Mekans


Alternatif Bloodstone item support untuk ketahanan kalian, kurang dianjurkan karena item ini tidak memberimu mana. Alternatif kalau kalian tidak punya Support, mengorbankan potensi nuke dan pushmu.


Linken’s Sphere


Masih sama, ini alternatif Bloodstone. Beli yang ini kalau musuh punya skill bertarget berbahaya seperti Doom, rupture, assassinate, dll.


Eul Scepter


Kalau masih butuh MS selain dari BoS, juga menambah Regen mana dan skill pertahanan yang juga bisa digunakan untuk menjebak musuh, dan backdooring tower..


Phase Boots


Witchcraft menambah MS berdasarkan persentase, jadi phase boots bisa membuat MS hampir maksimum. Juga membuatmu bisa menembus Unit (Nol Collision) saat mengejar musuh bersama Evil spirit :)


Guinsoo Scythe of Vyse


Alternaif item late pengganti Shiva’s, karena ini juga memberimu ketahanan (stats Hp). Beli kalau kalian butuh disabler lagi.



luxury

Eye of Skadi


2 ultimate orb akan memberi banyak tambahan kapasitas Hp dan Mana untuk ketahanan dan ngespam Carrion Swarm. Untuk luxury Sebaiknya kamu fokus ke item ini dulu karena ini juga ada slower attacknya. sangat membantu mengejar atau mencegah target keluar dari AoE Exorcism.


Refresher Orb


1 menit Exorcism akan membuat kalian push 2 kali lebih cepat. Item ini cukup situasional, disarankan beli ini hanya kalau kalian di push habis-habisan, atau kalian benar-benar kesulitan push base musuh.

Note: Exorcism tidak stack. Jadi setelah ngerefresh jangan dulu aktifkan Exorcism kedua kalau durasi yang pertama belum selesai, karena kamu bisa rugi durasi yang pertama.


Black King Bar


Lebih situasional lagi, kalau menurutmu Linken tidak cukup membantu belilah item Avatar ini. Kamu akan membutuhkannya saat melakukan nuking di tengah-tengah area war, apalagi kalau musuhnya banyak disabler dan stunner.


Khadgar’s pipe of Insight


counter untuk banyaknya spell-spell area musuh.


Assault Cuirass


AoE minus armor akan mempersakit Exorcism, armornya juga menambah ketahanan selamang exorcim ;]


Necronomicon


Tidak terlalu kamu butuhkan, beli untuk mengcounter hero yang membeli lothar, bisa invisible atau memiliki skill unit invisible seperti techies, lanaya, treant dan untuk mengcounter ward musuh.


Radiance


Hanya kalau item-item luxury diatas tidak ada lagi yang dibutuhkan.



Jangan Beli ini!

Orchid Malevolence


Kamu punya silence AREA kan? AS nya pun tidak dibutuhkan.. Tapi amplifynya bagus juga sih :p


Lothar’s Edge


Kamu pikir item ini akan membantu? Tidak… nuking dengan Exorcism saat invisible memang bisa, tapi kamu tidak mendisable mereka jadi skill area tetap akan membunuhmu. Surprise Gank? Tidak.. alasannya sama.


Orb


Tidak ada yang menguntungkan buatmu. Kalau tujuanmu untuk Kill.. membeli item regen mana bisa memberimu lebih banyak Kill daripada membeli Orb.


DpS

Singkat aj ya.. Jangan Beli ini!! hahaha







Strategi Late Game

War!

Late game krobelus Sebenarnya hanya kelanjutan dari apa yang harus kamu lakukan di mid game, yaitu berjuang untuk meratakan seluruh banguanan musuh dan menembus base mereka. Namun karena ini late game, jadi denyutnya akan terasa berbeda, war akan selalu meledak untuk menghalangi kalian melakukan push.

Item core yang harusnya sudah jadi adalah Boots of travel, kemampuan teleport saat ini telah menjadi ‘kebutuhan pokok’mu selama late game. Untuk selalu hadir di setiap war dan push. Dan jangan lupa defense!

Jangan pernah sendirian, selalu bareng teman-temanmu kemanapun mereka mencoba push atau mau bunuh roshan. Tugas utamamu adalah menembus base musuh, jadi setiap mau push pastikan Exorcism sudah stand by.





Dan setiap akan melakukan push pasti akan ada reaksi dari musuh.. untuk defense, saat itulah WAR akan terjadi! Kamu juga harus tahu langkah yang harus kamu ambil lebih dulu saat war..

1. Jangan membuang-buang waktu memutuskan ‘siapa yang buka?’ .Kalau kalian punya initiator (disabler/stunner area) dia yang akan membuka!

2. Setelah dibuka.. langsung maju dan keluarkan semua evil spiritmu (Exorcism)

3. sambil mukul-mukul..spam carrion swarm. Cooldown Cuma 4 detik, kamu bisa menggunakannya berkali-kali selama war.

4. Kalau durasi disable selesai.. kasi silence. Prioritaskan silence ke area musuh yang punya disable/stunner/silencer, kalau tidak ada gunakan ke musuh yang punya channeling spell berbahaya.

5. Spam carrion swarm.. pukul-pukul sambil nuking dengan Evil spirit di tengah-tengah war. Sebaiknya jangan war di area tower musuh, evil spirit harus Full menyerang musuh.

6. Gunakan item-item yang kamu bawa sesuai kebutuhan.


Kalau kalian mendominasi war, segera push base musuh sebelum durasi Exorcismnya habis. Lakukan Permapush sampai seluruh bangunan musuh rata.. termasuk FT/WoT nya :)





COUNTERS


Stunner/Disabler


Mereka punya skill untuk menghentikan perbuatanmu.. lalu saat itu juga kamu sangat mudah dibunuh.


Silencer


Saat terkena silence.. kamu sama saja seperti carry jadi yang kehilangan ‘AGILITY’nya.


Damage Return dan sejenisnya


Justru Mereka suka kamu punya Exorcism, ghahahaha…


Naga Siren


sangat mudah kabur dari siapapun dengan Ultinya. Cooldown Song of the Siren memang lama tapi cooldown Exorcism juga hampir sama lamanya, jadi setiap kamu mengeluarkan Evil-evil spirit dia akan langsung menidurkan kalian untuk menjauh sejenak, tidak akan ada durasi yang lama di AoE Ultimu.

Bahkan dulunya dia sempat menjadi counter permanent untuk krobelus.. saat cooldown Song of the siren masih 60 detik di level 3. Jadi ketika dia mencapai level 16, Exorcism akan dicounter secara konstan! ckckckck. Sekarang tidak lagi donk, cooldown SotS sudah 120 detik di semua level.


Mana Burners


Kalau tidak punya mana kamu tidak bisa ngesilence silencer dan semua hero-hero diatas. Dan untuk si Anub’arrack Obama.. pertumubuhan INT mu 3.0 loh, dijamin mana burn sakit bgt!


Pugna


Mana Cost Ulti 400, dan kamu akan ngespam 140+ Mana cost Carrion swarm setiap EMpAT detik!! Tanpa kamu sadari… Mana Flare (nether ward) telah mencabik-cabik tubuhmu sampai kamu mati.




FRIENDS

AoE Stun dan disabler


durasi exorcism selama 30 detik, Semakin lama durasi stun/disablenya semakin menguntungkanmu. Juga membantu penggunaan carrion swarm dan silence, agar semua musuh kena.


Tankers


Mereka memiliki banyak Hp dan ketahanan yang ‘tebal’, dan semua itu akan mereka manfaatkan untuk menerima semua damage dari spell-spell musuh. Setelah itu kamu sudah bisa lebih leluasa nuking di tengah-tengah area war.


Support Mana


‘Segalon’ Mana untukmu.. hahaha, kalau ada mereka keaktifan spell-Spellmu di early akan mencapai potensi maksimum. Apalagi mereka juga punya nuke area mematikan dan disable, cepat pick sebelum di banned! haha :)


AoE Nuke


Combo AoE nuke..


Amplifiers Area


Sebenarnya physical amplifier yang paling bagus karena Evil-evil spirit menghasilkan damage physical.


Dirge


Dirge memberimu kombo AoE slow dari tombstone dan flesh Golem, membuat seluruh musuh tidak akan mudah keluar dari AoE Exorcism, Luas Area skill-skill itu juga hampir sama dengan Exorcism.

Untuk Krobelus Belum ada kombo yang melebihi ini. Karena selain slow area, Flesh Golem juga menghasilkan AMpLIFY damage (physical dan magical) di area yang LUAS untuk mempersakit Exorcism dan carrion swarm, Dan yang terpenting adalah… LAMA DURASI Ulti kalian itu sama 30 detik! Pasangan yang serasi..,owkowkowk. Go Get a room!





CLOSING

Beberapa poin penting yang bisa kita petik dari guide diatas diantaranya, Death prophet adalah Nuker area sekaligus pusher yang sangat luar biasa, bisa mengimprove semua skill yang menjadikannya salah satu nuker area paling mengerikan dan paling aktif yang pernah ada. Jadi Pemakai Krobelus harus Agresif dan super aktif, banyak war yang harus didominasi dan banyak tower menunggu untuk dirobohkan..

build tepat untuk Krobelus adalah build yang membantunya sebagai caster sekaligus memberikan ketahanan lebih untuk tetap berdiri selama durasi Exorcism, begitu pula untuk Hero yang sinergi. Dan selalu waspada kalau ada yang pick hero-hero counter diatas, kamu akan kewalahan menghadapi mereka.

Hero ini sangat sering terlihat di semua tingkatan battle, dimainkan dengan tujuan yang sama.. yaitu NUKE, SILENCE dan pUSH! Jadi Siapa peduli kalau dia tidak mungkin mengalahkan Rylai Crestfall pada kontes Miss DotA… Toh banyak juga kok yang ‘ngelirik’dia, hehehe..



*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)


CreditS & Reference :
Tuhan YME * Blizzard Entertaintment – Icefrog - www.Playdota.com * Blogger – GosuGamers * Adobe Photoshop – Paint – Microsoft word – Microsoft Office Picture Manager* Followers - DotA Guide Indonesia Facebook Fans


This Guide is intended for dotaallstarstoday.blogspot.com only.
Copyright © 2011 Naym. All Rights Reserved.




32 komentar:

  1. seperti biasa, guide yang bagus
    yang saya suka dari kk naym dengan guide nya adalah penjelasan setiap item yg selalu logis

    BalasHapus
  2. smoga PERTAMAX!!
    mo nambahin kk, bukannya ulti krobe udah ga nambahin HP lagi y.

    BalasHapus
  3. Pertamax...
    Share GW Batlenet yang gratis n Rame yuk...

    BalasHapus
  4. kok gk ada heronya
    yg lwan creep smuanya kk?

    BalasHapus
  5. Scirians, thanks :-)

    pukiz (nusa), masih kok, yang dihilangkan cuma maksimum healnya aja, kalau dulu maksimum 1000, sekarang ga ada batasan :)

    anonim, ini pake patch 1,24c kk, maaf :I

    BalasHapus
  6. wee.. iye. masih ngeheal. wa kira healnya di ilangin. Tq".. jadi semangat make krobe lagi ne.

    BalasHapus
  7. wah kl ada hero ini gkan ada late game w jamin...
    carry pasti di buli2 di early..

    BalasHapus
  8. Rizqibe

    Make exorcism itu gampang-gampang susah. Kalau misalkan cuman ketemu hero aja bisa bikin sekarat seketika. Kalau lagi rame creep itu, harus kita arahin dengan nyerang heronya, baru itu Exorcism ngikut.

    Saya pernah tuh lagi sekarat darah udah merah, dikejar 2 hero, sambil ngaktifin exorcism lari aja. Maksudnya cuman buat supaya mereka gak ngejar. Eh pas lihat tulisan di layar udah Double Kill. hahahahha

    Terus juga kalau mau war.. Exorcism ini berguna banget. Bisa bikin darah musuh jadi merah semua. Tinggal dibantu deh sama temen

    BalasHapus
  9. Kak kenapa gak dtambahin asault selain nambahin armor juga mempersakit ulti

    BalasHapus
  10. kalo pake arcan bot bagus gak sih krobelus?

    BalasHapus
  11. tinus, oke, Luxury
    anonim, Bagus aj sih, cuman Dp ga terlalu mempermasalahkan sepatu karena witchcraft nambahin MS. jadi mending fokus ke item caster yang juga nambahin ketahanan buat ngexorcism. Biarkan Ganker (yg miskin mana) yang membelinya.
    kamu BoS aj cukup di early-mid, kalau mana beli void stone :)

    BalasHapus
  12. Krobelus kayaknya gak terlalu bergantung ama item. Item kayaknya lebih bertugas ke menambah ketahanan dia.. mangkannya corenya bloodstone. Biasanya sih saya main krobelus itu Shiva's kalau udah bener-bener late aja. Biasanya item saya cuman sepatu sama Bloodstone aja. Ultinya udah sangat mengerikan buat berbagai hero. APalagi levek terakhirnya kalau diimprove witchcraft jadi 23 spirit. Kayak se RT tuh bawa temennya

    BalasHapus
  13. Oh iya, item early saya biasanya 3 set tango(9 totalnya), 3 clarity, 3 ironwood branch. 3 set tango biar bisa lama di lane, biar cepet dapet preserverance juga. Sepatu saya akhir-akhir ini ambil Arcane Boots. Toh nanti kalau mau di upgrade jadi BoT tinggal disassemble, yang penting punya stok mana dulu. Soalnya sering kita keenakan cast carrion, eh mana gak cukup buat Ulti. Terus nanti pelan-pelan ngambil soul booster kalau duit banyak energy booster untuk arcane boots dan soul booster dipisah aja. Tapi kalau mepet baru disassemble.

    BalasHapus
  14. Bang apa Aghanim nambah jumlah Spirit juga? makasih sblumnya.

    BalasHapus
  15. makin lama,,blog ini makin mantab bang naym,,,terus di update ya info2 dotanya bang naym,,,ini salah satu blog FAVORIT ane,,,^^

    semoga sukses bang naym...^^

    BalasHapus
  16. orchid kalo kataku pake....
    soalnya klo entar ad musuh yg bisa nge silent kita masih bisa bales pake entuh....
    abis itu mana regennya bgus pula....
    lumayan klo lagi main solo....

    BalasHapus
  17. ngebantu bgt gan...thx bgt bwt agan yg punya blog ini

    BalasHapus
  18. Kakak, Excorsim-nya jadi makin galak! Mengeluarkan spiritnya jadi banyak sekali sampai emas 24 karat!

    Ket:
    Level 1: 4 Spirits
    Level 2: 10 Spirits
    Level 3: 18 Spriits

    Can be added futhermore by Witchcraft to 10/16/24!

    Perubahan ini harap dimasukkan untuk dota map 6.72.

    BalasHapus
  19. Krobe kasih Guinzo, lawan strengh oke banget kakak...

    BalasHapus
  20. tambahin lothar edge gan....pas ulti langsung lothar...jadi ghost doang yg kliatan :D

    BalasHapus
  21. 4 spirit aja udah bisa ngeratain tower kalo megang vanguard

    BalasHapus
  22. sayangnya krobe gampang bgd skarat :(

    BalasHapus
  23. kenapa ga nambahin veil of discord kk?efeknya kan bisa nambah magic damage 25% area nya luas lagi cocok bngt buat krocobelus yg cuma bisa make skill2 nya doank

    BalasHapus
  24. oh, thanks dah tambah veil

    BalasHapus
  25. - Tidak ada yang memilih dia saat Voting ‘Miss DotA’, hahaha

    ini alasan - paling kocak yg gw baca.. wkwkwkwkw

    BalasHapus
  26. bang, maaf sebelumnya. aku ini udah nyari item veil of discord ga nemu2, dimana ya gan ? thanks sebelumnya

    BalasHapus
  27. hai kk naym :)

    1st guid kk semuanya bagus bgt.. thanks yah.. saya byk blajar

    2. untuk korbe.. ditambahin dikit kk naym.. utk early-mid strategi usahkan carion swarmnya dipake pas ada creep sekarat + hero dlm 1 line carionnya.. jadi kita dpt duit + cicil musuh

    3. saya suka pake korbe dgn 3 set bracer.. phase boots + HOT.. efeknya sih lumayan yah mnrt saya.. krn korbe jadi badak n bisa fokus disaat kluar exorcism nya setelah itu baru deh beli luxury sesuai di atas :)

    ini pendapat pribadi logh.. gak tau bener atau nggak.. yan gjelas saya suka pake n lumayan membantu.. huehehehhee

    BalasHapus
  28. map kamu mungkin masih yang lama... coba lihat di item..ada kok

    BalasHapus
  29. kk ak rasa tuskar bisa dijdiin pasangan yg tak kalah mantabnya ^^ smntr krobe pake Exorcism, tuskar pake Frozen Sigil jd susah keluar AoE Exorcism dee.. kl msh lolos tgl pake Ice Shards biar bisa mndkt.. kl msh lolos lg msh ad snowball sma2 ke musuhnya(asal jgn kejauhan biar spiritnya gak ilang)... wkwkwk

    BalasHapus
  30. kk lothar di mid ak rasa corenya crobe... krn dgn lothar crobe bertahan lebi lama selama durasi exorcismnya gk gmpang di bunuh... tp sblm make lothar, keluarin dulu semua skillnya baru ngilang begitu durasi lothar selesay peke lagi skillnya... kerenn kk... soalnya kl bloodstone msh trasa mahal di mid...buat ngepush jg klo kena bokongan tgl pake lothar bisa ngilang kabur trus MS jd gede... bagus juga buat ngejar musuh sekarat .....

    BalasHapus
  31. Nice guide kk, cuma mau nambahin.. ane suka banget sama krobe, karena dia hero yang mantaff, biasa kalau main krobe rata2 30-40 menit, cos dia sangat jago dalam push tower.. nah item yg ane mau tambahin berdasarkan pengalaman yaitu ancien janggo of endurance cos selain nambahin keras, push tower bakal tambah cepet karena alies dapet as. selain itu berguna juga buat kabur di early game sebelum beli travel.
    kalau item krobe ane gini gan: magic stick, janggo, mekans, travel, bkb/bm (tergantung musuh)sisanya biasanya difusal, sange yasha atau hex.

    BalasHapus
  32. @emo
    sebenernya gw setuju juga pake sange n yasha, soalnya nambahin HP sama MS, lumayan buat krobe. gw beli sange n yasha pas abis jadi eul dan phase boots, dijamin langsung ngebut itu krobe wakakak trus itung-itung juga biar jadi modal hitter lumayan loh :)

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats