DotA Guide Indonesia

Xin - Ember Spirit




Spoiler mini guide





[Skill Build]




[Item Build]
Core


luxury






.. Have fun ..






[Xin History]
Dahulu kala, di sebuah tungku pembakaran pedang, sesuatu yang kuat terbentuk...

Dalam keputusasaan pembuatan senjata yang unggul, seekor panda elemen api ditangkap untuk memasukkan roh api kedalam tungku, panda itu bernama xin. Kemudian setelah berjam-jam kerja keras, dari tungku yang masih menyala sepasang pedang tunggal lahir.

Sambil memegang dan mengaguminya, roh api tiba-tiba merasuk dan langsung menyatu dengan tubuh xin. Dalam genggamannya, xin berubah menjadi sangat kuat. Dia pun tergerak untuk menggunakan kekuatannya demi kehangatan dan kehidupan disekitarnya.

Dengan pedang yang panas membakar xin melelehkan mental musuhnya. Dan dengan kecepatan luar biasa dia melalap habis musuhnya, tidak menyisakan apapun selain hanya... butiran-butiran abu.




[Hero Statistik]



Name: Xin
Affiliation: AGI Sentinel 2
Strength: 19 + 2
Agility : 22 + 1.8
Intelligence: 20 + 1.8
HP: 549
Mana: 260
Damage: 52 - 56
Armor: 1.08
Attack Range: 128 (melee)
Attack Animation : 0.4/0.3
Missile Speed: Instant
Movespeed: 310
Sight Range: 1800/800

[Kelebihan dan Kelemahan]



Kelebihan
• Kombinasi empat skill sangat mantap.
• Termasuk top 5 Hero dengan Mobilitas tercepat.
• Sangat mudah mengontrol power up.
• Anti-magical damage.
• DPS area dan AoE magical sangat sakit.
• Cooldown skill-skillnya singkat


Kelemahan
• Melee, tipis, sangat mudah dibunuh.
• Kebutuhan mananya OMG banyaknya.
• Physical damage.
• Attribute stats dan pertumbuhannya merata, AGI tidak menonjol.
• Sebagai AGI, tidak berbahaya di late.

[Role]




Ganker!

Nuker dan Pusher.

[Kapan memakai xin]



Jangan pick
• Kalau kamu ingin menjadi killer di late game.
• Musuh terlalu banyak physical dealer.
• Musuh banyak silencer.
• Tim kekurangan disabler area.
• Kamu alergi dengan binatang berbulu.


Pick
• Kalau kamu ingin pesta kill & Gank di early-mid.
• Musuh terlalu banyak magical dealer/nuker.
• Kalian butuh disabler area.
• Kalian butuh DPS area atau kombo AoE damage yang sakit saat war.
• Untuk penggemar the awesomeness kungfu panda!






Searing Chains


Xin unleashes up to 2 fiery bolas that wrap around nearby enemies, anchoring them in place and dealing damage each second.

Level 1 - Ensnares 2 random enemy units, 40 DPS
Level 2 - Ensnares 2 random enemy units, 60 DPS
Level 3 - Ensnares 2 random enemy units, 80 DPS
Level 4 - Ensnares 2 random enemy units, 100 DPS

AoE: 400
Duration: 2/2/3/3 detik
Cooldown: 14/12/10/8 detik
Manacost: 110


Note
• Tipe damage magical (damage dikurangi resistance & diblock spell immune)
• Target dipilih secara random di 400 area sekeliling xin
• TIDAK bisa menjerat musuh magic immune dan invisible
• Efeknya menghentikan channeling spell


Penjelasan
Disable area melee ditambah DPS, sepertinya bukan hal yang baru di DotA, kan? OK. Tebak spell, spell apa yang 'menginspirasi' searing chains?
Spoiler Screenshot

Clue: Searing chains adalah spell disable area tanpa casting range dan tanpa casting time, berarti areanya sekeliling xin saat diaktifkan atau dengan kata lain melee area, dan efeknya langsung bekerja tepat saat skillnya di klik.

Spell ini menjerat seperti terkena ensnare dua musuh dalam area. Dan karena maksimum hanya dua target jadi apabila ada lebih dari dua di area yang terkena tetap hanya dua tapi dipilih secara random.

Selain disable area, spell ini juga menghasilkan damage per detik selama durasinya. OK, Clue selesai, sepertinya sudah bisa ditebak. Kalau tebakanmu adalah Overgrowth, hebat! kamu benar.

OK. sekarang coba perhatikan, damage dan durasi searing chains ternyara sama dengan overgrwoth, tapi lihat perbedaan manacost dan cooldownnya, teramat jauh bedanya kan? Hmm..


Penggunaan
Gunakan spell ini sesuai fungsinya yaitu disable area untuk menghentikan musuh yang kamu kejar atau yang sedang mengejar kamu/temanmu. Luas Areanya sebagai berikut..

Spoiler Screenshot
Kecil ya, tapi jangan khawatir kamu punya remnant.


Manacostnya bisa dibilang lumayan mahal, membuat kebutuhan manamu sangat banyak hanya untuk skill ini, ditambah lagi cooldownya sangat singkat (spammable). Boleh digunakan untuk farming atau nyicil, tapi prioritaskan untuk disablenya.

Untuk luas area hanya 400 sepertinya tidak terlalu bagus untuk buka war, selain areanya kecil kemungkinan jumlah musuh yang terjerat juga hanya dua.


Sleight of Fist


Xin dashes around with blazing speed, attacking all enemies in the targeted AoE and returns to where he was standing after. Deals bonus damage to heroes, and 50% less damage to creeps.

Level 1 - Attack all enemy units in the AoE, 30 bonus damage to heroes
Level 2 - Attack all enemy units in the AoE, 60 bonus damage to heroes
Level 3 - Attack all enemy units in the AoE, 90 bonus damage to heroes
Level 4 - Attack all enemy units in the AoE, 120 bonus damage to heroes

AoE: 250/350/450/550
Casting range: 700
Cooldown: 30/22/14/6 detik
Manacost: 50

Note
• Tipe damage physical. (Damage dikurangi armor & diblock vanguard, dan sejenisnya)
• Target langsung dikunci setelah spell ini digunakan, jadi meskipun keluar dari AoE dia akan tetap diserang.
• masing-masing target diserang hanya dalam waktu 0.2 detik.
• Semua attack modifier yang dimiliki xin (critical,bash,orb,cleave,dll) tetap bekerja normal ke semua target.
Penjelasan
Sepertinya tidak perlu dijelaskan secara detail karena sleight of fist juga bukan hal baru di DotA. Kalau Kamu penggemar yurnero? Nah, ini dia mini OMNISLASH versi ember spirit. Bedanya adalah kalau kamu menggunakanya saat rame, yurnero menggunakan omnislashnya saat sepi.

Spoiler Screenshot


OK. Mungkin sedikit konyol membandingkannya seperti ini, tapi meskipun omnislash bisa menyerang berkali-kali hero yang sama dengan damage lebih sakit, tapi yurnero hanya bisa menggunakannnya paling cepat sekitar 2 menit sekali (120 detik) apalagi dengan mana cost berkali lipat lebih banyak dari fist, sementara kamu? setiap 6 detik dengan hanya 50 mana saja!! Hmm..


Penggunaan
Termasuk skill yang membantu farming dan push meskipun untuk creep damagenya dikurangi 50%, tapi kalau kamu digunakan ke hero akan ada bonus damage yang cukup sakit. Jadi prioritaskan untuk menyerang hero daripada untuk farming.

Cooldown cuma enam detik (level empat) jadi bisa kamu spam karena manacostnya juga cukup terjangkau untukmu. Sebaiknya gunakan setiap ketemu hero, terutama saat war. Untuk luas areanya bisa kamu lihat ditanah setelah ngeklik skill ini,luasnya bertambah setiap level.

Dan jangan lupa, kamu Invulnerable selama durasi jadi bisa juga dimanfaatkan untuk ngeblock damage apapun yang sedang dilemparkan ke xin, jadibisa untuk mencegah kill :)


Flame Guard


Xin surrounds himself with a ring of fire that consumes incoming magic damage, leaving him unharmed. Deals dps in a 400 aoe. If the shield is dispelled, the dps buff goes away.

Level 1 - 50 health barrier, 30 DPS
Level 2 - 200 health barrier, 40 DPS
Level 3 - 350 health barrier, 50 DPS
Level 4 - 500 health barrier, 60 DPS

AoE: 400
Duration: 8/12/16/20 detik
Cooldown: 35 detik
Manacost: 80/90/100/110

Note
• Tipe damage magical(damage dikurangi resistance & diblock spell immune)
• Magical damage yang akan dikurangi skill ini belum dikurangi resistancemu.
Penjelasan
Health barrier is back! Bagi kamu yang telah lama (sangat lama) mengenal DotA mungkin pernah tidak asing dengan efek ini. Efek yang menyerap magical damage ini sebenarnya sudah pernah ada tapi juga telah lama 'dimusnahkan'.

Spoiler Screenshot
>

Kenapa? karena apa bedanya dengan spell immune, semakin menambah kelemahan dan merugikan para pemilik spell magical saja terutama yang damagenya lebih kecil dari yang bisa diserap.

Health barrier memang pernah membuat seluruh pemakai caster magical geram, dan pada akhirnya dicabut dari jagat DotA sekitar 5 tahun lalu. Namun sekarang, entah mengapa icefrog kembali memunculkan efek spell imba ini.

Tapi siapakah hero yang dimaksud pernah memiliki efek spell seperti ini? dia tidak lain adalah Raijin the storm spirit.. saudara Xin sendiri.


Penggunaan
Yang pasti gunakan seperti saat kamu mengaktifkan BKB atau spell immune, yaitu saat sebelum war/gank untuk ketahanan dari magical selama bertarung.

Damage per detik juga lumayan sakit selama durasi, jadi seperti immolation radiance yang bisa membantu push, farming dan ngutan. Luas areanya adalah..

Spoiler Screenshot


Meskipun mana yang dibutuhkan cukup banyak, tidak masalah dispam karena cooldown dan durasinya juga lumayan lama.


Fire Remnant


Xin charges himself with the energy to create a Fire Remnant every 35 seconds, with a max of 3 charges. Releasing a charge sends a Fire Remnant that runs to the targeted point at 2.5X your speed. Xin can use his secondary ability to dash out to each remnant's location, detonating them for AoE damage, and arriving at the one he targeted last.

Casting Range: 1500
Durasi remnant: 45 Detik
Lama percharge: 35 detik

Note
• Maksimum 3 charge.
• Fire remnant bergerak menuju titik yang kamu klik dengan kecepatan 2.5x Movespeedmu.


Fire Remnant


Target the Fire Remnant to arrive at. You dash through all other Fire Remnants, and end up at the one you targeted, exploding them for AoE damage.

Level 1 - 100 damage
Level 2 - 150 damage
Level 3 - 200 damage

Manacost: 100
AoE: 450


Note
• Tipe damage magical
• Gunakan untuk berpindah ke posisi remnant-remnantmu. Kamu bisa memilih remnant yang menjadi titik akhir perpindahanmu.
• Kamu bergerak ke tiap remnant dengan kecepatan maksimum 3000 Movespeed, atau selama 0.4 detik sejauh dan sedekat apapun posisi remnantnya.
Penjelasan
Panda DotA memang super cepat!

Spoiler Screenshot


Kalau raijin memiliki ball lightning, kamu punya yang lebih cepat, lebih hemat mana, dan menghasilkan damage area yang jauh lebih sakit. Kekurangannya adalah kamu tidak bisa menggunakannya setiap waktu karena kamu hanya diberi tiga charge (gambar Jejak kaki) yang masing-masing terbentuk selama 35 detik.




Remnant bisa kamu lepaskan dimana saja dengan jarak casting 1500. Remnant berbentuk seperti bayangan xin dengan nol collision, bisa ditembus dan tidak meledak kalau disentuh musuh, beda dengan punya raijin.

Spoiler Screenshot


Satu remnant yang dilepaskan dapat bertahan selama 45 detik, atau kamu hanya bisa melihat empat remnant dalam satu waktu. Durasi rechargenya juga tidak dipisah, hanya satu charge yang muncul setiap 35 detik, meskipun setelah kamu menggunakan 3 charge pada saat bersamaan.

Fire remnant membutuhkan waktu sedikitnya 2.5x movespeedmu untuk menuju titik yang kamu klik, jadi kalau Movespeedmu 400 fire remnant akan bergerak dengan kecepatan 1000 range/detik. Jadi tidak akan sulit untuk menyerang musuh yang sedang bergerak bahkan yang blink sekalipun, asal tahu arahnya.

Kalau menggunakan fire remnant, kamu akan berpindah ke posisi remnant yang kamu klik atau remnant terdekat dari titik yang kamu klik, tapi sebelumnya kamu akan melewati remnant-remnant lain yang ada dimanapun posisinya/Global. Dan tiap remnant akan menghasilkan AoE damage, atau dengan kata lain akan ada tiga (atau empat) AoE damage.

Sementara kecepatan melompat ke tiap remnant tergantung dari jarakmu dan remnant. Semakin jauh jaraknya akan semakin cepat, karena waktu yang dibutuhkan sejauh atau sedekat apapun adalah konstan 0.4 detik. Pada jarak maksimum casting range saja (1500) kecepatan melompatnya bisa mencapai 3750 range/detik! Sungguh kecepatan yang sangat mengagumkan untuk seekor panda.

Tidak heran, Fire remnant disebut-sebut sebagai skill brand new ter-imbalance saat ini.


Penggunaan

Sangat mudah sekali, tinggal pasang remnant di titik yang kamu inginkan, tunggu sampai remnant tiba di titik tadi, kemudian lompat kesana. Tujuannya bisa untuk mengejar, kabur, nyicil atau membunuh.

Seluas ini area ledakan remnant..

Spoiler Screenshot

Untuk manacost juga peduli amat, sangat murah untuk skill ultitame area yang mematikan. 35 detik recharge per remnant juga bukan waktu yang lama kan?

Yang menjadi batasan penggunaan skill ini sebenarnya hanyalah sejauh mana imajinasi dan kreatifitasmu sendiri, bagaimana kamu memanfaatkan fire remnant atau hal apa saja yang terpikir olehmu, karena sangat banyak hal bisa kamu lakukan dengan skill ini.

Sebagai contoh, memanfaatkannya sebagai alat teleportasi untuk kembali ke lane setelah dibunuh,

Spoiler Screenshot


Setelah shop di base, setelah ngegank lane lain, atau untuk mengambil power up.

Spoiler Screenshot


Manfaatkannya seperti replicate morphling yaitu menempatkan satu remnant di area aman sebagai alat kabur. Untuk kombo mematikan simpan tiga charge remnant dan semuanya dipasang dalam satu area saja. Tapi jangan disimpan buat nyampah.

Tinggal baca situasinya apa saja yang terpikir olehmu bisa dilakukan dengan ketiga charge remnant.









[Solo]
(Recomended)



Lane
Skill yang paling berguna diproses lane adalah searing chains dan flame guard. Searing chains untuk nuke dan disable sementara flame guard untuk ketahanan dari magical damage yang sakit. Mentokin chain pertama untuk durasi dan DPS nya, untuk flame guard cukup 2 level saja karena 300 damage magical yang diserap sudah sangat cukup untuk spell-spell di early game.

Gank
Mentokin flame guard kedua karena damage ultimate nuker sudah sangat sakit. Kemudian bersamaan dengan attack damagemu yang mulai sakit ambil sleigth of fost dan langsung dimentokin agar cooldownnya semakin cepat. sangat berguna untuk push dan farming.

Late
Ambil fire remnant kapanpun bisa, tidak ada alasan untuk melewatinya. Kemudian selesaikan dengan stats.


[Dual atau Trilane]



Kalau melawan lane yang rame, sebaiknya mentokin sleight of fist paling pertama. Bonus damage fist sangat sakit untuk ketiga musuh di lane.







[Item Early]

Item Awal
 

selebihnya terserah semampumu :) 

Core

Ring of aquila: Regen mana yang juga menambah AGI untuk last hit.

Arcane boots: Kebutuhan manamu sangat banyak, sebanyak yang diberikan sepatu ini.
Penunjang



[Early Game]

Once upon a time.



Langit mulai gelap, perang kembali meledak. Hutan dipenuhi musuh, bergerak menuju markas kalian. Bersiaplah panda, jangan biarkan musuh mengibar bendera mereka, di tanah kalian.

Xin adalah hero ganker dengan potensi damage area yang sangat hebat. Kemampuan itu yang diharapkan berguna untuk push, menyicil HP seluruh musuh saat war, dan juga mengejar atau bahkan membunuh. Masalahannya adalah, kamu membutuhkan sangat banyak mana untuk mewujudkannya, dan juga bagaimana cara yang tepat memanfaatkan potensi itu dengan semestinya.

Dari permasalahan itu kemudian targetmu muncul. Yakni membangun potensi caster xin dimulai dengan memberinya 'Item Mana'. Kemudian mainkan secara agresif seperti saudaranya sendiri, raijin, dengan melakukan perburuan hero musuh demi menghambat perkembangan mereka. Dan pada akhirnya, semua itu merupakan bentuk pengabdian yang bisa kamu berikan kepada tim :)




Black and white.


Warna bulu panda? anak TK juga tahu hanya ada warna hitam dan putih. Dua warna netral yang sangat bertolak belakang, dua warna yang menjadi dasar untuk jutaan warna-warna lainnya, dan dua warna yang mencerminkan pentingnya keseimbangan hidup. Yin dan yang..

Demi keseimbangan dalam tim, masing-masing anggota mengisi peran yang dibutuhkan tim, sebagai pemakai xin kamu akan memainkan peran Ganker. Ganker tidak terlalu membutuhkan gold selain untuk mana, tidak terlalu membutuhkan experience selain memaksimalkan skill, dan ganker sebaiknya memiliki partner gank untuk memudahkan dan kombo.

Lane untuk ganker bisa dimana saja. Tapi penting untuk diketahui lane mana yang paling pas dan bisa memberikan hasil yang terbaik sebelum pesta gank dimulai. Dan lane yang paling direkomendasikan untuk kamu isi adalah solo lane. Kamu pantas disitu, memiliki kemampuan untuk mengontrolnya, dan juga tentu karena Fire Remnant adalah alat gank yang ditunggu-tunggu.





Feeding.


Solo lane bisa menjadi lane yang paling pasif, tetapi juga bisa menjadi lane yang paling ricuh, tergantung hero apa dan siapa yang mengisinya. Namun diantara semua lane, solo lane-lah yang paling mudah membuat kita makmur, sangat banyak makanan (creep dan exp) untuk sendiri yang mempercepat perkembangan hero.

Selalu perhatikan siapa lawanmu. Nevermore, tinker, akasha, pugna, huskar, lion, viper, adakah diantara nama-nama itu yang masuk dalam daftar hero solo yang paling kamu benci? Kalau salah satunya menjadi lawanmu, urungkan niatmu untuk menguasai area creep karena mereka 'bisa' sangat berbahaya di lane solo. Apalagi karena attackmu melee.

Kalau lawanmu agak pasif kamu bisa sedikit bernafas untuk farming. Selalu aktifkan flame guard sebelum maju me-last hit creep. Dan kalau musuh sudah berani maju mendekat apalagi masuk dalam attack range tower, langsung disable dengan chains kemudian aktifkan flame guard dan pukul-pukul sampai mati.


Kombo skill di lane:

- - Hit sampai mati.

Spoiler Screenshot







The Lantern.


Jangan pernah tinggalkan lane selain untuk mengambil power up, belanja di leragaz, atau kalau dibunuh. Bertahan sebisa mungkin sampai level enam sebelum meninggalkan lane untuk membantu teman di lane yang lain.

Sebelum mulai ngebokong ada baiknya isi dulu perutmu di base dan membeli item-item penunjang ganking, seperti obs untuk menerangi hutan, smoke untuk aman melintas di hutan, item TP, heal, biar bokonganmu selalu sukses. Atau kalau memiliki bottle, cukup masukkan power up untuk mengisi kembali charge bottle.




[Item Mid]

Core


Battle fury : Empat skill area? Tambah attack area lagi! Dari semua attack modifier, cleave yang paling recomended untuk AoE Physical efek sleight of Fist yang super mantap. Sangat membantu farming dan push serta regeneration juga akan menutupi kebutuhan manamu.
Note: Beli perseverancenya di early.
 

Penunjang




[Mid Game]

Ignited.


Fire remnant akan menyala saat game memasuki menit-menit mid game. Disaaat itu pula kesenanganmu akan dimulai..

Sejak remnant bisa digunakan, gerakan musuh akan terasa sangat lambat bagimu, dan kamu terlalu cepat bagi mereka. Jadi, luasnya map bukan lagi alasan untuk tidak melakukan roaming.



Fireworks.


Ada sangat banyak fungsi remnant yang bisa menolongmu selama proses ngebokong, sebagian besar untuk 'kecepatan'! seperti menggunakannya melihat power up, dengan casting range 1500 tidak perlu berjalan jauh untuk memasang remnant, dan kamu hanya butuh 0.4 detik untuk mengambil power up itu darimanapun kamu berada.

Item yang wajib juga kamu bawa setiap saat adalah TP, akan mengantarmu ke base atau tower yang perlu di-defense, tapi jangan lupa memasang remnant sebelum tele kalau ingin kembali lagi kesana secepatnya, tanpa menunggu cooldown TP selesai.

Mungkin ada yang bertanya secepat apa xin dibanding raijin atau jawara-jawara mobilitas lainnya. Ok, xin bisa melompat sejauh 1500 range per-charge remnant, jadi dengan 3 charge xin dapat melompat sejauh 4500 range hanya dalam waktu sekitar 5 detik! Itu empat kali lebih jauh dari jarak maksimum blinker, dan untuk berpindah sejauh itu raijin membutuhkan ribuan mana. Yap, Itulah Xin..




The Awesomeness of Gankers.


Pengetahuanmu tentang ganking mungkin sudah banyak (apalagi kalau sering baca disini ^^). Yang pasti, ngebokong adalah cara yang paling tepat memanfaatkan potensi skillmu di mid game.

Kenapa kamu wajib gank? karena xin bukan hero farmer, tidak ada gunanya menghabiskan waktu mengumpulkan gold untuk item sementara kamu bisa menghasilkan banyak kill sebelum HP musuh menjadi tebal, dan sebelum damage physical (carry-nya) menjadi sangat mematikan.

Nge-gank bisa dilakukan kapan saja ada kesempatan. Melihat musuh yang sedang sendirian, musuh yang farmingnya enak, musuh yang berpotensi mematikan, ataupun musuh yang kedapatan sedang ngutan. Semua itu bisa menjadi target bokongan yang akan memberi kalian kill. Tapi sebelum berangkat ke TKP panggil dulu beberapa teman, sebaiknya jangan sendiri kecuali musuhnya tipis atau sudah sekarat.

Combo ngegank xin yang paling ampuh adalah..


- - - - - - -

lihat melalui screenshot..

Spoiler Screenshot






Jadi aktifkan flame guard sebelum melompat dengan remnant, berguna untuk menangkal pertahanan magical dari musuh. Setelah melompat disable target dengan chains agar DPS nya dobel, dan langsung gunakan fist. Kemudian pasang lagi sisa charge remnant lalu ledakkan lagi.

AoE damage yang dihasilkan tidak mutlak karena tergantung durasi DPS dan attack damagemu, yang pasti kalau semua skill sudah mentok damage areanya bisa lebih dari 1500 damage. Sementara mana cost yang kamu butuhkan paling sedikit 600 mana. Cukup murah untuk efek segila itu :)




Shine Xin.


Yap. Hanya itu yang penting dibahas di mid game, nge-gank dan nge-gank, karena kamu memang sangat jago dalam urusan gank. Target itemmu battle fury.

Bokong terus sampai bisa dipastikan kalian telah mendominasi musuh, kalau carry mereka suram harapannya kecil untuk menang. Jadi langsung dipermapush saja, hancurkan dan bakar base mereka.

Namun situasi tidak akan selalu sama. Kadang musuh bisa mengimbangi yang akan membuat kalian terpaksa main lebih lama, dan merasakan tekanan perang yang lebih berat selanjutnya.



[Item Late]

Core


Mjolnir : Mana sudah diatasi, saatnya membeli item damage yang lebih serius untukmu.
Nuke area lagi dan sangat sinergi dengan sekuruh skill areamu. Sleight of fiest dan tambahan attack speed akan memicu petirnya dengan cepat, apalagi saat kamu melompat ke tengah war.

Buriza do Kyanon : Sleight of feist dapat memicu critical sangat cepat. Beli kalau benar-benar late, apalagi kamu membawa battlefury.


[Alternatif]

Early


Poorman shield: Block physical damage dan menambah kapasitas serta attack damage untuk LH. Kamu bisa bertahan lebih lama di lane kalau memiliki ini.

Magic wand: Juga sangat membantu ganker.

Phase boots: Kamu harus bergerak gesit untuk AoE Flame guard dan searing chains terutama, tapi kamu punya remnant yang lebih cepat. Stats power threads lebih penting.
Empty bottle: Xin dapat menguasai power up dengan remnant. Jangan lupa item ini sepenuhnya untuk ganker.

Power threads: Kamu boleh membeli sepatu lain yang kamu inginkan (No problem) Asal kamu dapat mengontrol mana.
Mid


Rod of Atos: Alternatif untuk masalah mana, dan juga untuk slownya.

Orchid malevolence: Ada mana regenaration, ada attack damage, ada amplify untuk mempersakit efek spellmu. Bonus silence dan attack speed. Item ini juga bisa menjadi core.
Sange and yasha : Core yang juga teramat penting buatmu. Menambah sekaligus ketahanan (HP & Armor), DPS mu (Attack Damage & Attack speed), Movespeed, dan slow attack agar target semakin tidak mungkin keluar dari seluruh AoE spellmu.
Late



Eye of skadi: Item ini termasuk mahal tapi semua yang kamu butuhkan sebenarnya juga ada disini. seperti tambahan seluruh stats untuk ketahanan dan mana, serta slower attack.
Diffusal Blade: Alternatif mjolnir untuk efek slow counter unit summon dengan purge, dan tambahan attack damage dari AGI. Sangat berguna juga kalau musuhmu banyak nuker.


[Luxury]
Variasi build.




[Item tidak dibutuhkan]
Lifesteal


Kamu bukan AGI hitter! Hit musuh bukan kerjaanmu lagipula dengan stats gain segitu damagemu tidak banyak.




Tidak menemukan kegunaan item-item ini untukmu.

[Item counter]




[Late Game]

The Fire Master.


Late selalu menyenangkan untuk semua panda.

Sama seperti panda lainnya kamu akan membantu teman-temanmu menyicil HP musuh dalam area war. Dengan semangat 'Ember spirit 'yang berkobar, kamu akan membakar hangus mereka semua beserta kampungnya.. sampai menjadi abu.

For Pandaria.



War yang sesungguhnya baru saja dimulai. War besar akan sering meledak di late, dan setiap war bisa menjadi hidup mati dan penentu kemenangan atau kekalahan kalian. Karena kalau salah satu tim rata (mati semua), itu akan menjadi war yang terakhir.

Meski situasi selalu berbeda, strategy tetap diutamakan. Peranmu disini adalah nuker area dan disabler. Kombokan seluruh skillmu dengan AoE damage temanmu, dan karena 2 dari skillmu membutuhkan jarak yang dekat sepertinya kamu memang harus melompat ke area war. Tapi jangan khawatir kamu punya flame guard.

Belajar dari trik kabur morphling. Hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah selalu menyisakan satu remnant untuk mengejar musuh yang mencoba kabur atau sebagai tiket untukmu kabur kalau war tidak terkendali.

Skenario war!

• Buka dengan chains? Bisa, kalau dapat momen bagus atau kalau memang tidak ada yang bisa selain kamu.
• Setelah war dibuka aktifkan flame guard.
• Pasang dua charge remnant di area war (ingat? sisakan satu), kemudian lompat kesana. Duarr!
• Searing chains!
• Sleight of fist!
• Spam kedua skill itu, lakukan berulang-ulang.
• Sambil pukul musuhnya, petir-petir mjolnir akan sering keluar.
• Kalau situasinya gawat, langsung lemparkan remnant ke area yang aman.
• Kalau ada musuh sekarat dan mencoba kabur, lempar remnant ke arahnya lalu bunuh.

Musuh rata? GG!
Jangan tunda-tunda langsung menuju base mereka, porak-porandakan dan bakar sampai gosong world tree atau frozen throne. Mereka semua akan mengalami mimpi buruk soal panda malam nanti, hahaha.

Afterglow


Kemenangan menandakan berakhirnya tekanan dan kekhawatiran. Tidak ada lagi ledakan, tidak ada lagi teriakan, yang ada hanya langit biru dan hutan hijau.

Happy ending? Xin kemudian menikahi panda betina yang dicintainya, dan memberinya tiga ekor anak panda api yang lucu-lucu. Mereka pun hidup bahagia selamanya disebuah pedalaman hutan bambu, sampai waktu (bukan pemburu laknat) menjemput mereka :)


完成
*The end*



[Gameplay summary]
Early: Solo lane.
Mid: Ganking, push.
Late war: Nuker area.

[Full Item]









Mana problem.

Menyediakan hal yang paling kamu butuhkan, di early game.

Semua jenis disablers, stunner, dan slower.


Biar musuh makin lama berada dalam AoE spell-spellmu.

Semua jenis AoE damage dan DPS area.


kombo dengan semua spell areamu, termasuk yang membeli radiance.


Aura minus armor dan amplify area


Sangat bagus untuk sleight of fist.

Rubick


Null ditambah flame guard nyaris spell immune.

Warlock


Damage Fatal bond sangat fatal untuk keempat spell areamu.

Yurnero


Pasti menyenangkan melihat omnislash dan sleight if fist digunakan bersamaan.

Ishkafel


Kombo DPS ion shell flame guard ditambah surge untuk mengejar areanya, dan ada vacuum yang mengumpulkan seluruh musuh dalam area spellmu yang kecil-kecil.

Panda team!


Raijin akan menjelajah global bersamamu untuk super fast Gank! Panda fire dari primal split juga sangat cukup untuk membingungkan musuh. Keduanya juga memiliki disable, nuke area ditambah slow. Dan yang terpenting, kalian akan terlihat sangat kompak dan keren :)

Best..

Magnus


Combo nuke area, bonus cleave lagi untuk sleight of fist, kemampuan membuka war dan mengumpulkan seluruh musuh dalam satu titik (reverse polarity) dalam area seluruh spell DPSmu untuk durasi cukup lama, dan juga tentunya kamu bisa menghasilkan damage maksimum dari 3 fire remnant dengan sangat mudah.
Ya, magnus terlalu sempurna untukmu :)



Semua jenis silence.


Tidak seperti AGI kebanyakan. Maaf, tapi kamu AGI yang tidak berguna kalau terkena silence.


Serious physical!


OMG! Health barrier tidak ada gunanya.

Thrall & kunkka.


Rese' lah, sudah pindah ke remnant malah dikirim balik.

Face to face


Nonono kamu bukan tandingan mereka, jangan berpikir searing chains akan membantumu membunuhnya. justru sebaiklnya, searing chains membantu mereka membunuhmu.

Mana burn


Mereka sangaaaaat menjengkelkan. Sudah miskin mana dibikin tambah miskin lagi..

Yurnero


xin paling benci dengan yang namanya spell immune. Apalagi dia masternya omnislash.


Worst..

Puck


Hero cantik ini yang paling bisa menyusahkanmu nantinya. Mampu ngesilence seluruh skillmu dan mampu ngeblock juga dengan Phase shift. Jangan pikir bisa kabur atau mengejarnya karena range illlusury orb tidak jauh beda dengan jarak maksimum casting fire remnant, lalu kemudian dream coil akan mengakhiri perjalanan remnantmu.
Mainkan dia dengan baik, karena hero ini 'pawangnya' semua Panda :)



Setelah sekian lama raijin dirilis, akhirnya tim kung-fu panda bertambah lagi.

Kembali lagi, yang terpenting dari memainkan xin adalah IMAJINASI. Apapun situasimu, dimanapun kamu berada, siapapun dan berapapun yang kamu hadapi, selalu saja ada yang bisa kamu lakukan dengan fire remnant. Karena ada sangat banyak fungsi yang bisa membantu atau bahkan menyelamatkan nyawamu, yang mestinya terpikirkan olehmu.

Dan untuk saat ini memang seperti ini build yang dianjurkan. Memberinya mana dan melakukan non-stop gank sudah sangat cukup untuk bisa sukses. Namun kemungkinan masih akan ada perubahan besar terutama pada bagian skill, yang mungkin akan mempengaruhi build itemnya juga. Yap, kita doakan saja semoga xin cepat balance dan juga biar cepat terdaftar dalam competitive game.

Last words, Selamat bergabung panda xin, selamat bermain api, save the pandas, dan terima kasih telah membaca guide ini :)


GGThx.




*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komentar bermutu anda.



Credits
Blizzard Entertaintment –
Icefrog - Playdota.com * Blogger.com – Gosugamers.net - Youtube.com * Adobe Photoshop – Paint – Notepad - Microsoft word – Microsoft OPM* DotA Guide Facebook Fanpage*This Guide is intended for dotaallstarstoday.blogspot.com only.
Copyright © 2012 Naym. All Rights Reserved.




78 komentar:

  1. PERTAMAX!! lanjut gan =D

    BalasHapus
  2. sip ini dia guide yg gw tungu tunggu thanks gann.......!

    BalasHapus
  3. ghost scepter ga msuk item core ya ?
    pdhl kn bguna bgt bwt skill sleight of fist (T)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etheral aj biar tambah AGI.

      Hapus
    2. bukan itu ka naym,
      coba deh beli ghost scept. trs pake ghost scept. nya
      trs gunain skill T ke msuh/creep !

      liat ap yg terjadi ama skil T ny ?
      & itu knp bsa y ka ?

      Hapus
    3. bug ne skill 2 nya ga delay wakwkak
      masukin specter jadi core kk naym

      Hapus
  4. PERTAMAXXXXX
    Nice gan akhirnya kuar guidenya wkkwwk

    BalasHapus
  5. Wah akhirnya keluar juga guidenya :D mantep gan tinggal nyoba nih bnet

    BalasHapus
  6. hero paling nyebelin ne Naym, haduh, susah bgt d Kill..

    BalasHapus
  7. Panda Storm uda ada, Panda Fire juga uda ada
    tinggal tunggu Panda Earth nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. panda earth kan udah ada, si pandaren brewmaster

      Hapus
    2. mantep tuh, tar satu team panda semua

      Hapus
  8. hero yg paling nyebelin kl lawan dia, Huft, susah bgt d Kill. Solusi donk Naym, hehe.

    BalasHapus
  9. kok ga beli buriza kan bagus dikombo ama skill 2nya

    BalasHapus
  10. Keren Bgt GUidenya KK

    BalasHapus
  11. keren tuh allies yang panda teamnya "kalian akan terlihat kompak" XD

    BalasHapus
  12. hero yg susah dibunuh,udah gitu susah dipakai pula
    lengkap lah derika memakai 3 panda...

    BalasHapus
  13. ada 3 hero yg terbaru kk semua di tunjukin cara pemakainannya. dan item2x terabaru apa aja

    BalasHapus
  14. magic caster ga guna lwn ne hero. tp kalo lwn tiny sapa yg mnang ya??

    BalasHapus
  15. thanks bro Naym infox..
    mnta YM/FBnya dnk..

    BalasHapus
  16. Begitu hero ini muncul di map 6.73 meskipun sempat di-downgrade, hero ini masih terlalu imba menurutku. Dengan cooldown skill yang sangat2 singkat, hampir mustahil untuk menghentikannya. Kalau kalian melawannya di game yang serius (tournament), hero ini wajib di-disable terlebih dahulu dan jangan pernah spam nuke ke hero ini ketika war (percuma), disable aja dia sembari tunggu flame guardnya hilang. Kalau main di game yang ndak seberapa serius (battlenet), tim kalian harus ada yg pick salah satu hero hitter DPS-er terbaik, dan menurutku yang paling baik untuk counter Xin adalah hero carry yg paling carry, Dark Terror (dengan catatan harus dan harus well-builded dan well-developed).

    BalasHapus
  17. Begitu map 6.73 keluar dan kucoba semua hero baru yg ada, hero ini yg paling IMBA menurutku meskipun sempat di-downgrade. Dengan cooldown skill2 yang sangat singkat, anti magical damage dan 2 skill yg membuatnya invunerable, hampir mustahil untuk menghentikannya. (Aku pernah memakainya dan melawan Bloodseeker, ketawa ketika BS memberiku rupture. wkwkwkwkwk)

    Tapi merujuk omongannya Bung Naym, tidak ada yg tidak mungkin di dunia per-dota-an. Untuk mengcounter hero ini siapkanlah disable2 terbaik, seperti Rhasta, Lion atau Atropos. Untuk permainan yg serius (tournament), jangan pernah menspam skill nuke kalian ke hero ini (percuma!) ketika war atau ganking, cukup di-disable saja sambil nunggu flame guardnya selesai.

    Untuk hero counternya, favoritku adalah si tukang pentung, Dark Terror (hero carry yg paling carry) dengan catatan harus well-builded alias jadi, pasti si panda ini tidak bisa berkutat banyak dibuatnya. Dan tugas dari suport dan ganker tim lah yg membuatnya jadi.

    Ingat DOTA adalah permainan tim, karena itu mainkan role hero kalian dengan benar. Tidak ada player dota yg GG atau imba, yg ada adalah tim yg IMBA. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks gan, xin emang masih susah nyari obatnya :)

      Hapus
  18. tinggal nunggu panda earth kluar biar anggota panda team tambah 1. musuh dijamin bingung banget

    BalasHapus
  19. mau tanya
    waktu puck pake dream coil,
    trus xin pake fire remnant keluar area coil dan pergi ke arah bayangannya,
    apa xin juga kena coil?
    kan armornya invurnerable

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo invul ga bisa diapa-apain, jadi ga kena coil break sob :)

      Hapus
  20. kk ak mau nanya nih, kan kata kk Sleight of Fist saat di gunakan, xin jd invulnerable kan? kok pas aku main sama teman - ku aku makek slardar, dan saat xin menggunakan skil itu aku stun dy tetep ngefek kok.. mohon di jelaskan sama kk yg GG ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. keumungkinannya ada dua :
      - kamu ngestun setelah waktu trigger/ invul selesai.
      - kamu target terakhir sleight of fist.

      Hapus
  21. DPS dan Silent, sangat mematikan buat xin,,

    puck pawang semua panda ??? ia juga ya huhuhu ^,^
    di tambah DT, tambah disable area,
    walah2 repick ganti tim trol kwkw

    BalasHapus
  22. cara ngalahin xin tuh gampang hero" instant kill seperti lina inverse dan lion akan jadi masalah besar buat si xin dia ga akan sempet sentuh 1 skillpun dari 4 skillnya udah mati duluan, asal tangan kita cepet combo skill Lina inverse sangat cukup untuk bunuh xin sendirian
    *note : combo nya stun dulu baru combo skill" laen biar dia ga sempet kabur pake ultinnya

    BalasHapus
  23. harusnya 6.74(klo kluar) xin ud dirusak(di downgrade gede-gedean) sama icefrog klo ga imba ni dota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coy, kalo lu bener make xin, bisa dibilang xin invulnerable.. walaupun di 6.74 semua skillnya, atributnya dikurang (kecuali skill Sleight Of Fist), ttp invul.. atas ane bilang counternya adalah disabler, gampang aja, disable dia duluan pancing dan wolla.. bisa triple kill sendirian,, tapi klo di map 6.74 gua pribadi ga yakin.. liat aja changelognya,, xin dirombak dengan sadis,

      Hapus
  24. nice post mimin, untuk next hero ane nunggu2 guide nya Rizzrak eh malah Dragonus tp guide2-nya bener membantu buat noobs kayak saya hehe

    Dari sini saya tahu beberapa istilah di DotA dan Role Play nya per Hero. Keep on Post :D

    BalasHapus
  25. Hmm..
    Kalo Menurut Saya sih ( Selama pengalaman Pake Xin ), Yang paling Menyusahkan Tu:
    Early Game : Phoenix (Kalo yang pro, tersiksa kita di mid, di sunray terus, dan skill 3 g ngeblock damage sunray)
    Late Game : Bristleback (Mau gimana pun cicil dia, tetep sangat susah mati, saking keres badannya)
    Terus, penggunaan Skill 2 sama skill 1 kan ada kombonya... Pas penggunaan Sleight, langsung searing pas kita di tempat hero lawan... kena kunci juga...

    Dan ultinya menurut saya sih kalo mau ngegank sendiri, langsung lempar 3 remnant sekaligus... baru chain, dan skill 2... Dijamin Mati...
    Ni cuman saran kk Naym... kalo ad yang salah, sorry...

    BalasHapus
  26. kalo pke sleight of fist ke
    1 hero ngefek ngga??trus damagenya nmbh ngga

    BalasHapus
  27. keren guidenya gw suka
    tambahan:
    -untuk luxury aku paling rekomen pake buriza soalnya critical bisa sekelas oted / sven (4digit) loh klo di pake dengan sleight of fistnya xin
    -untuk best allies tambahkan abbadon dengan aphotic shield dan flame guard maka xin udah susah di kalahkan blum lagi abbadon bisa heal xin saat di gebuk

    BalasHapus
  28. mau nambahin kk Naym, mungkin untuk best bisa dipindah Ish'kafel (The Dark Seer) dengan jurusnya "Vacuum", dah gitu cool down cuman 16 detik dan mana cost juga murah (dibanding ulti magnus).

    BalasHapus
  29. Bisa kk, kalau untuk damage (30 * lvl) + damage dari xin,
    tapi sayang kalau cuma dipakai ke 1 target, lebih enak ke banyak target.

    BalasHapus
  30. ow.. begtu kk.. terus untuk ngeblock serangan xin mending makek vanguard apa HOD terus di lanjutin ke khadgar of pipe?

    BalasHapus
  31. kk naym, diffusal blade gak termasuk luxury yah ???
    feedback cukup membantu walaupun attack speed xin agak rendah
    apakah feedback juga ikut burn mana saat menggunakan sleight of fist ???

    BalasHapus
  32. makasih infonya gan,,
    postingnya bagus.
    sukses lah..

    BalasHapus
  33. Raijin sama puck juga lebih bahaya raijin kk ulti nya raijin TAK TERBATAS sementara xin cuma 3 charge, kalo puck lebih gampang ke baca illusory orb nya

    Atas nama..
    Kebakardoom

    BalasHapus
  34. Jangan ng dota lagi bang, starter maneh udah bagus itu, tinggal dipertahankan

    BalasHapus
  35. pandanya keren kk...
    q ngefan banget ama kungfu panda...
    benar-benar master kungfu...
    dengan sekejap mata bisa langsung ada di depanmu...

    SUPER KEREN...

    BalasHapus
  36. desolator wajib lah, pake skill Sleight of Fist semua yang masuk area skillnya langsung min 6 armor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih enak buriza skali crit kena smua kan?

      Hapus
  37. physical emang terparah buat xin deh , pernah tuh maen pake xin udah jadi sangyas,bf,bm,buriza,mjolnir,pt . ttp aja kalah lawan sven -____-

    BalasHapus
  38. pake xin , udah jadi pt , bf , mjolnir , sangyash , buriza , bm . masih kalah lawan sven manta , bm , madness , crabas , phase , cuirass . need help dong kk nymn kasih solusi terbaik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mjolnir, sangeyasha, buriza, ganti ama
      radiance, orchid, desolator.
      kalo gak bisa kill sven dlm 5 detik sblum dia pake god strength, mnding lari aja, ato bawa kawan atropos, , ,di minus damage ma atropos terus di ulti, pasti mati.

      Hapus
  39. dota 2 tu gmn ya??download darimana bisa??

    BalasHapus
  40. doom "nembus" flame guard gk bang??..

    BalasHapus
  41. battle fury diganti ama mjolnir bisa gak kk ?

    BalasHapus
  42. mjolnir napa gak dimasukin di item core kk ?

    BalasHapus
  43. kk fire remnant bisa keliatan sama musuh ngga?

    BalasHapus
  44. lucu juga fotonya pake kungfu panda
    wkwkwk....:D
    pertamax....

    BalasHapus
  45. wiiddiihh keren-keren tuhhh..mantep gan..

    BalasHapus
  46. aq mank suka semua hero panda yang ada di DotA, dari raijin, mangix n yg paling aq favoritin Xin-Ember Spirit... dengan skil Flame Guard dan Searing Chains di tambah Fire Remnant, lawan 2 hero skaligus bisa menang n dapet doble kill, apa lagi kalo mjolnir dah jadi, makin ganas dah...

    BalasHapus
  47. cara conter xin mudah, tingal pake ghost scepter....atau pake int yang magical damage gede dijamin skill 3 xin jadi ilang seketika...

    Enakan pake sepatu arcane 4cristalis terus jadiin buriza, sekali t musuhn rata

    BalasHapus
  48. Gimana kalo bikin BURIZA? kan lumayan buat skill mini omninya?
    Buriza + maelstrom/mjolnir + Battle fury + skadi = GG kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maen berapa lama bisa bikin gituan

      Hapus
  49. wah, mjolnirnya itu yang gak pas kk, menurutku lebih pas diganti ama radiance aja, ato pake item minus armor, lebih efektifvbuat team game. . .

    BalasHapus
  50. Xin emang GG. Thx banget berguna banget nih informasi. GG

    BalasHapus
  51. betul,, i like it

    BalasHapus
  52. aku kurang setuju kalo ada Sange yasha n Power thread di inventory, knp? XIN adalah spel caster lebih membutuhkan mana daripada DPS,
    item build ku
    1. Ring of Aquila
    2. Archane Boot, knp? ini modal awal killing spree di early
    3. BloodStone, knp? aku punya beberapa alasan, kapasitas HP dan mana, mana regen super, yang terpenting Xin berjaya di MID game jadi charge akan terkumpul banyak dalam blood stone, gunanya? jelas lah buat late karna late XIN gampang mati karna Xin harus masuk ke tengah kerumunan war, kalo charge nya banyak hidupnya cepet
    4. Mjolnir, knp? Chain Lightning + Sleight of Fist di kerumunan creep listrik bisa keluar 2 sampai 4 kali yang artinya kerumunan creep langsung rata
    5. Battle Furry, knp? sama dengan Mjolnir creep cepet rata (kalo ada Geomancer lvl 16 + Aghanim kena Sleight of Fist sekali di jamin sekarat)
    6. Radiance, knp? sama seperti Battle Furry dan Mjolnir. mungkin kelihatannya item push nya sedikit keterlaluan, tapi ini memang kenyataan peran XIN di late cuma push dan push agar game cepat berakhir sebelum carry lawan makin jadi

    BalasHapus
  53. Harusnya yg lux item:
    3 battle fury + 1 buriza + 1 divine + boot
    tinggal pasang skill 2 pas rame udah rampage sendirian

    BalasHapus
  54. wes resep kk naym soal xin g ad obat
    GG TQ k Naym
    keep going

    BalasHapus
  55. Anjir... nih HERO IMBA bgt!!!
    Pas kemaren main, baru level 6-7 udah bisa Triple Kill! Sebenarnya bisa Ultra Kill tuh klo Harbinger(musuh) ga pake Astral Imprisonment -_-
    Tapi tetep ini HERO GG
    Hebat Guidenya K Naym XD

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats