DotA Guide Indonesia

Gondar – The Bounty Hunter



Gondar is a Draenei that is often called upon for his superior skills. Not much is known about his past, but his capabilities are extraordinary. Some believe he learned from a ninja clan while others say he was born with his amazing abilities. He is able to throw shurikens with extreme accuracy and has the strength to strike down any foe with his two swift blades. His agility is matched by none, and his stealth is inferior only to few. He is interested in the conflict for money alone, and is promised a large reward.




INTRO


Gondar.. dari nama nya saja bounty hunter, dia seorang Ganker! Sangat berbakat nge-gank, kalau urusan bokong musuh dia termasuk the best! Bisa ‘invisible’ dan nyerang backstab dari banyangan targetnya, lalu melempari target dengan shuriken dengan damage yang amat sakit.

Hero ini juga dilengkapi kemampuan critical, dan bisa nge-slow selama beberapa detik kalau terkena tebasannya, itu membuatnya lebih mudah lagi mengejar dan menghabisi targetnya.

Dia bisa ‘menandai’ mangsanya dengan track, mendeteksi posisi target kemanapun dia pergi, apalagi dia mendapat tambahan MS kalau didekat target-nya. Dia tidak akan pernah melepas buruannya, dia menginginkan sesuatu yang sangat bernilai dengan membunuh, yaitu BONUS GOLD! Jadi hero ini berburu dan nge-bokong untuk mendapatkan uang.. uang sebanyak-banyaknya.

Gondar SEMPURNA untuk ganker. Dia bukan farmer, jadi kamu akan sering melakukan roaming di map, bersama temanmu, berburu ‘kepala’ musuh, akan nge-track rikimaru, weaver, clinks, yang akan membuat hero-hero itu takluk. Ward,gem dan dust? Mungkin lain kali saja, TIDAK kalau kamu memakai.. Gondar!

Spoiler Statistik Hero




Name: Gondar
Affiliation: AGI Neutral
Strength: 17 + 1.8
Agility : 21 + 3
Intelligence: 19 + 1.4
HP: 473
HP Regen : 0.75
Mana: 247
Mana Regen : 0.65
Damage: 45 - 59
Armor: 6
Movespeed: 315
Range: 128 (melee)
Attack Speed : 1.34
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/1000




Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN
1. MS yang sangat baik, dan masih bisa bertambah kalau di area ulti nya.
2. Bisa windwalk, untuk kabur / nge-bokong dengan mudah
3. Tidak begitu membutuhkan item, untuk bisa bunuh di early
4. Pertumbuhan Agility yang sangat baik
5. counter untuk hero2 invis

KELEMAHAN
1. HP dan pertumbuhan STR nya sedikit
2. INT nya sangat buruk!!
3. Sama sekali tidak memiliki skill untuk creeping (untungnya dia adalah ganker)





SKILL

Shuriken Toss


The Bounty Hunter throws a shuriken at a target unit, dealing damage.
Level 1 - 100 damage.
Level 2 - 200 damage.
Level 3 - 250 damage.
Level 4 - 325 damage.

Casting Range : 650
Mana Cost: 90/115/135/155
Cooldown: 10

Shuriken Toss adalah skill nuke, berguna untuk nyicil atau nge-last hit Musuh yang sekarat dan km tidak bs menjangkaunya lagi, karena casting range nya jauh (650). Bisa dilihat tambahan Damage per levelnya itu berbeda-beda, yaitu ditambah 100 lalu 50 dan terakhir ditambah 75. Berarti di level 3 (gondar) km telah memiliki nuke dengan 200 damage, itu damage yang sangat tinggi loh untuk spell level 2.

Damage setelah dikurangi resistance adalah 75,150, 188, dan 244. Jadi kalau mau nge-last hit musuh sekarat pastikan HP nya sudah dibawah itu. JANGAN sampai musuhmu kabur dengan HP 10, karena km rugi besar, nuke mu ini termasuk skill yang sangat mahal untuk hero AGI, lihat aj manacost nya, untuk early itu SANGAT mahal!

Skill ini ada efek ministunnya selama 0.1 detik. Jadi bisa untuk me-remove channeling spell. Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance dan di-block oleh spell immunity.


Jinada



Passively adds a critical strike and maim to Bounty Hunter's next attack, has a cooldown. Slow lasts for 3 seconds.
Level 1 - 1.5x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow
Level 2 - 1.75x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow
Level 3 - 2x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow
Level 4 - 2.25x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow

Cooldown: 12/10/8/6


Skill ini yang membuat gondar sangat berbahaya, terutama kalau dia sedang ngejar musuh. Musuh yang km pukul akan terkena ‘maim’ yaitu nge-slow 25% MS dan AS. Dan karena memberimu critical strike, artinya km tidak perlu lg membeli crytalis, jadi bs lebih fokus ke item DPS lain aj.

Skill ini pasif, tapi anehnya, skill ini juga ada delaynya. Yaitu karena criticalnya terpicu bukan berdasarkan ‘chance’ tapi akan selalu terpicu setiap cooldownnya selesai. Dan kalau cooldown nya selesai akan muncul animasinya di salah satu tanganmu, bercahaya (warna ungu), sama seperti animasi kalau tidebringernya kunkka aktif. Wah.. AS ga guna donk untuk memicu criticalnya ;(


Wind Walk


Turns invisible for a period of time. Deals bonus backstab damage. Transition time decreases per level.
Level 1 - 30 backstab damage, lasts 15 seconds.
Level 2 - 60 backstab damage, lasts 20 seconds.
Level 3 - 90 backstab damage, lasts 25 seconds.
Level 4 - 120 backstab damage, lasts 30 seconds.

Mana Cost: 50
Cooldown: 15

Wind walk adalah skill yang membuatmu ‘invisible’ ( ga terlihat), menjadikanmu salah satu ganker yang paling ditakuti di early-mid game. Tapi hati-hati, karena ward,gem atau dust akan membuatmu terlihat. Selain buat nge-bokong, gunakan juga untuk kabur.

Efeknya sama seperti kalau menggunakan item lothar’s edge, dan ada Backstab damagenya, tp ga segede vendetta nya NA. Meski Backstab nya kalah jauh dengan ulti dari Rajanya Solo Kill itu, tp cooldown dan manacost wind walk mu jauh lebih baik untuk durasi yang lama juga. Dan yang terpenting, km sudah bisa menggunakannya sebelum level 6 kan? :D

Invisible nya akan terhenti tepat saat damage (backstab) menenai target, jadi bukan saat km nge-klik (attack) target. Mengaktifkan skill ini TIDAK me-remove channeling spellmu (tele). Tipe damage Physical, jadi dikurangi armor dan bs di block oleh vanguard, stout shoeld, dan semacamnya.


Track


Tracks an enemy hero for 30 seconds or until it dies. Allied units near the tracked target gain 20% movement speed increase. Ifthe target dies, Bounty Hunter gets bonus gold.
Level 1 - 150 extra gold,
Level 2 - 200 extra gold,
Level 3 - 250 extra gold,

Casting range: 900/1050/1200
Area of effect: 900
Mana Cost: 50
Cooldown: 10/7/5

Track adalah skill yang amat sangat bagus, dari skill inilah kenapa Gondar sering di-pick untuk meng-counter hero invisible seperti rikimaru, weaver, clinks, dll.

Tracks memberimu dan temanmu sangat banyak MS di area efek target (900). Jangan lupa juga kalau skill ini memberimu banyak bonus gold kalau target track mu mati selama durasi nya, jadi tidak penting siapa yang nge-last hit, karena kamu tetap dapat ‘bagianmu’ kok  :)





SKILL BUILD

Standar Build
(credit : Hisoka)

1. Jinada
2. Windwalk
3. Shuriken Toss
4. Shuriken Toss
5. Shuriken Toss
6. Track
7. Shuriken Toss
8. Jinada
9. Jinada
10. Jinada
11. Track
12. Windwalk
13. Windwalk
14. Windwalk
15. Stats
16. Track
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Satu level jinada di early untuk membantu slow kalau ngebokong. Shuriken toss mentok pertama, kemudian Jinada, dan WIndwalk untuk backstab dan durasinya. Ambil Track kapanpun bisa.



Total Ganker

1. Windwalk
2. Shuriken Toss
3. Shuriken Toss
4. Jinada
5. Shuriken Toss
6. Track
7. Shuriken Toss
8. Windwalk
9. Windwalk
10. Windwalk
11. Track
12. Jinada
13. Jinada
14. Jinada
15. Stats
16. Track
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Shuriken adalah skill yang harus pertama mentok, seperti nuke lainnya, skill itu paling sakit di early game. Windwalk ambil di early juga, untuk digunakan nge-bokong atau buat kabur klo km di bokong atau di keroyok.

Jinada ambil di mid game aj, km tidak akan membutuhkan critical strike di early,karena km harus jaga jarak dulu dengan musuhmu,lagipula criticalmu masih sangat sedikit di early. Track ambil kapanpun bisa, ada banyak hero yang sudah bisa ilang-ilang bahkan sebelum level 6, untuk km ‘tandai’.




Item Build dan Gameplay

EARLY GAME



ITEM

Item Awal :
Sobi Mask dan 2 tango. Jangan langsung basilus, km butuh item regen HP jg. Km butuh mana regen di early game, meski kapasitas mana mu kurang, km tidak begitu membutuhkan banyak kapasitas mana. Tp kalau teman se-lane mu mau membeli basilus jg , kusarankan km beli circlet / ganuntlet aj : )


Item Core :

BOOTS OF SPEED


Menambah kecepatan berlarimu : D ,sebaiknya km cepat-cepat memiliki sepatu ini, km akan sangat membutuhkannya di awal2 untuk nge-bokong. Jadi setelah basilusmu jadi, mending langsung beli ini aj.


BOTTLE


yeah.. ganker mana yang tidak butuh item ini? Item regen yang sangat serba guna, especially untuk ganker, mengisi HP dan Mana dan juga bisa digunakan untuk menyimpan PU.


VLADMIR’s OFFERING


Item lifesteal yang kusarankan bgt, selain memberimu mana regen untuk menggunakan spell2 lebih sering, juga menambah armor aura dan kemampuan Lifesteal. Untuk hero yang DPS nya sangat baik apalagi km jg punya critical, sudah pasti item lifesteal adalah item yang wajib km bawa. Tp pastikan kalau kalian (tim mu) hanya memiliki satu vlad aj, kalau temanmu sudah beli mending km ga usah beli ini lg.






STRATEGY

Role

Seperti yg kw ketahui, Gondar adalah ganker utama di tim. Jadi km harus mobile dari lane ke lane untuk nge-bokong, menganalisa lane mana yang sudah cukup ‘aman’ untuk di-bokong. Km sudah harus melakukannya di level 3, karena sudah bs WW, tapi disarankan mulai nge-gank kalau sudah punya ulti.

Target utamamu adalah CARRY! Jadi tujuanmu adalah menghambat perkembangan skill dan Item CARRY lawan, dengan begitu km akan sukses menjadi ganker, dan teman-temanmu pasti bangga.


Lane

Pilih lane, salah satu antara ATAS atau BAWAH, jadi baik sentinel maupun scourge sy menyarankan kedua lane itu, km lebih cocok main dual lane, km butuh partner di early, apalagi kalau stunner, kalian bs mendapatkan kill dengan mudah di lane.





Solo mid adalah pilihan yang situasional, km ga harus main solo tp sebenarnya km bisa solo. Tp potensi killing awal2 mu akan disia-siakan kalau km main solo. Lagipula km tidak akan tahan lama kalau main solo. Jadi kalau tidak ada temanmu yang mau solo, mending km aj.


Yang harus km lakukan di lane :

- Last hit dan Deny
- Dapatkan Gold dan EXP sebanyak mungkin
- Creepblocking ( kalau km main di ATAS (sentinel) atau BAWAH (scourge)
- Kontrol Lane dengan DENY, jangan biarkan creep kalian terlalu nge-PUSH
- Kontrol lane dengan LAST HIT, jangan biarkan lawan terlalu nge-PUSH juga
- Jangan biarkan musuh ‘mengusirmu’ dari lane
- Jangan mati! Kaena akan mengacaukan mid game mu
- BUNUH musuh di lane mu!


Setengah dari semua tugas2 itu mudah km lakukan, selebihnya adalah tergantung situasi dan luck mu juga.

Prioritas utamamu adalah untuk dapat gold sebanyak mungkin, jadi kalau tidak ada tower yang mesti di defense, atau tidak musuh yang bisa dibokong, lanjut creeping aj dulu lane, jangan di hutan, km ga punya bakat ngutan di early, nuke mu emang sakit, tp km harus menghematnya, jd dapatkan gold sebanyak mungkin.


Menggunakan SKILL :

Skill2 gondar adalah skill yang SANGAT mahal di early, namun sangat berguna. Jadi km harus menggunakannya benar2 pada situasi yang tepat, karena kalau km salah menggunakannya, km hanya membuang mana mu dan akibatnya harus kembali ke fountain untuk ngisi mana tanpa hasil sama sekali. Jadi ingat! Jangan menggunakan skill2 mu ke musuh yang HP nya 1000 klo km sendirian disana, ga akan berhasil.

Terutama untuk penggunaan shuriken, jangan pernah menggunakannya ke musuh kecuali akan nge-last hit nya. Cooldown skill itu memang cukup singkat, tp mana nya sangat mahal untukmu, dan km akan membutuhkannya lain waktu, jadi simpan shurikenmu untuk nge-last hit, kecuali disana ada temanmu yang punya skill dengan range yang sangat jauh dan bisa menghabisinya.


WINDWALK :

Skill yang paling membantumu ngebokong musuh.


Windwalk saat bokong musuh :

Kesalahan yang sering terjadi saat membuka bokongan dengan windwalk adalah dengan langsung ‘klik-kanan’(attack) target dan setelah itu melempar skill2 yang lain. Sebenarnya cara itu boleh-boleh saja, tapi masih ada cara yang lebih baik untuk membukanya.

Pertama gunakan windwalk, dekati target dan jangan lakukan apapun dulu, tunggu sampai ada temanmu yang datang, sebaiknya posisimu tepat dibelakang target (arah kabur target).

Spoiler Screenshot





Lalu temanmu (sebaiknya yang HP nya ‘kurang’ buat ngecoh :DD) menyerang target , kalau dia balik nyerang temanmu, langsung pukul dengan backstab, lalu karena km muncul dari belakangnya itu akan membuatnya sedikit kesulitan untuk kabur, karena km ngeblock jalan pulangnya, dia harus memutarimu :D

Untuk nge-bokong 2 hero juga sama, dekati salah satunya yang menjadi target kalian, sebaiknya yang bisa disable / stun. Lakukan cara yang sama biarkan temanmu yang buka, jangan ‘muncul’dulu sebelum temanmu datang, karena musuh akan fokus untuk membunuhmu.

TIPS : saat nge-bokong, gunakan WW dr FoW, dan usahakan gunakan backstab nya / remove invis nya kalau cooldown WW mu telah selesai : )


Nge-block spell (misile) :

Menggunakan WW bs untuk ngeblock spell bertarget. Ada banyak hero yang memerlukan klik ke target untuk menggunakan spell nya. Buat mereka ‘menangis’ karena rugi mana dan spell nya yang kamu block hanya dengan menggunakan 50 Mana. WW bahkan lebih baik dari melakukan ‘blink’ karena selain nge-block spell, km juga bisa bersiap untuk nyerang balik dengan backstab nya kan? Hahaha..

Ayo lihat skill2 apa saja yang bisa km block dengan menggunakan WW, dan berapa banyak ‘kerugian’ yang di deritanya..

Spoiler skill yang diblock WW




- Vengeful Spirit – MAGIC MISSILE
Kerugian : 95/110/125/140 Mana
Cooldown : 10 detik

- Sven – STORM BOLT
Kerugian : 140 Mana
Cooldown : 8 detik

- Broodmother – SPIDERLING’S
Kerugian : 75/90/105/120 Mana
Cooldown : 10 Detik

- Voljin – PARALYZING CASK
Kerugian : 140 Mana
Cooldown : 20/18/16/14 Detik

- Queen of Pain – SHADOW STRIKE
Kerugian : 80/100/120/140 Mana
Cooldown : 22/21/20/16 detik

- Queen of Pain – SCREAM PAIN
Kerugian : 140 Mana
Cooldown : 10 detik

- Nessaj – CHAOS BOLT (yg ini susah bgt di-block)
Kerugian : 140 Mana
Cooldown 10 detik

- Alchemist – UNSTABLE CONCOCTION
Kerugian : 75 Mana
Cooldown : 16 detik

- Tinker – HEAT SEEKING MISSILE
Kerugian : 120/140/160/18 Mana
Cooldown : 25 detik

- Viper – VIPER STRIKE ( ulti looh :D)
Kerugian : 125/175/250 Mana
Cooldown : 80/50/30 detik

- Juggernaut – OMNISLASH ( Ulti lagi :DD)
Kerugian : 200/275/350 Mana
Cooldown : 130/120/110 detik




Woaah,km bs melihat ada banyak skill2 yang mana cost nya lebih mahal bs km block dengan 50 mana cost aj, apalagi ada yang cooldownnya sangat lama dan mana cost nya mahal bgt, seperti omni slash dan viper strike, yang pasti mereka RUGI BESAR kalau menargetkanmu.

Selalu ingat menggunakan WW untuk nge-block spell2 di atas, strategy simple untuk membuat musuhmu rugi mana,spell dan waktu,hahaha.. jadi setiap km melihat spell2 itu melayang ke arahmu, cepat tekan W, mungkin butuh sedikit latihan untuk masalah timing nya, tp ga susah-susah amat kok.

Sebenarnya ada beberapa skill misile bertarget yang TIDAK bisa km block dengan menggunakan WW , ini dia..

- Tidehunter – GUSH
- Ogre Magi – IGNITE
- Phantom Lancer – SPIRIT LANCE
- Spectre – DAGGER
- Dll yang ga bisa di-block

Tips : Sedikit warn nih untukmu, kalau mau nge-block spell dengan WW, selalu periksa item musuhmu atau pastikan di area itu TIDAK ada true sight lawan, karena menggunakan WW di area true sight TIDAK akan nge-block spell2 di atas.


Ngecoh musuh dengan WW :

Haha.. WW selain untuk block spell, juga bagus untuk ngecoh musuh. Tujuannya sama sih, untuk membuat musuhmu rugi mana/spell nya. Tp kali km akan memancing musuh untuk menggunakan spell nya. Jadi tinggal maju dekati target, biarkan dia menggunakan spellnya lalu BLOCK dengan menggunakan WW.

Sangat menyenangkan melakukan ini, tapi km perlu ‘berakting’ dikit, berlagak bodoh dengan maju ke targetmu, sampai terlihat cukup meyakinkan untuk mudah membunuhmu dengan spell2 nya. Lalu saat dia melempar spell nya, langsung tekan W, dan bersiaplah untuk membunuhnya.

Tapi hati-hati menggunakan trik ini, jangan sampai km berada di area true sight. Dan ingat tujuanmu, membuat targetmu rugi spell, supaya kalian bs membunuhnya lebih mudah, jadi pastikan menggunakan trik ini untuk mengecoh musuh yang spell nya berbahaya seperti PotM (arrow) dan Pudge (meat hook),dll


WW untuk kabur :

Sudah pasti fungsi WW adalah buat kabur juga, tapi tidak seperti skill kabur lainnya, WW mu tidak menambah MS mu, artinya km akan berlari dengan MS normal dalam keadaan invisible. Invisible bukan berarti kamu kebal / tidak bisa diserang, km emang ga terlihat, ga bisa di klik / pukul, tapi km tetap bisa terkena spell2 area seperti fissure,LSA, shockwave, impale, dll.

Jadi kalau km dikejar,mending pastikan dulu musuhmu punya true sight ato tidak? Karena percuma melakukan WW klo km bs terlihat. Lakukan ‘juking’ saat dikejar, masuk ke sela2 pepohonan, atau belok ke kiri / kanan, pokoknya jangan pernah kabur dengan arah lurus / menjurus ke satu arah, karena 95% musuh akan mengejar / melempar skill nya searah dengan arah kaburmu meskipun km sudah tersembunyi di FoW.

Jadi dengan belok2 atau masuk ke pohon2 km bs mudah lolos dari kejaran dengan mudah, namun hati-hati sm pemain yang ‘berpengalaman’, mereka sangat menguasai gerak-gerik, area dan titik2 untuk melakukan juking : )

TIPS: Kalau km punya TP,km bisa tele saat sedang Invisible!


Shuriken Toss :

Spoiler Screenshot




Seperti skill nuke lainnya, skill ini berguna untuk nyicil dan last hit. Tp karena mana cost nya mahal, jadi km mesti hemat, jangan menggunakan sembarangan apalagi kalau km tidak yakin bs nge-last hit dengan ini.

Skil ini juga ada efek ministunnya selama 0.1 detik, jadi gunakan juga untuk nge-cancel channeling spell, beberapa contoh skill Channeling spell antara lain..
- Dwarven Sniper – Assassineate
- Enigma – Black Hole
- Pudge – Dismember
- Voljin – Death Ward
- Sand King – Epicenter
- Bane Elemental – Fiend’s Grip
- Rylai Crestfall – Freezing Field
- Rhasta – Shackles
- Ezalor – Illuminate
- Pugna – Life Drain
- Alchemist – Unstabble Concoction
- Ancient Apparition – Ice Blast
- TELEPORT – BoT dan TP

Beberapa channeling spell yang TIDAK diremove oleh ministun, hanya menambah delay animasinya aj
- Nevermore – Requiem of the soul dan Shadow raze
- Furion - Teleportation

Combo Spell :

Combo spell mu di early game adalah..



Di level 9, damage yang bs km hasilkan adalah :

Normal Attack Damage = 66-80 dmg
Backstab Damage WW lvl 4 = 120 dmg
Shuriken Toss lvl 4 = 325 dmg


Total nya adalah 511 – 525 Damage, lumayan kan? Tp sebenarnya itu belum dikurangi resistance dan armor, tp juga belum termasuk dari item2 mu. Tp dengan damage segitu km sudah bs bunuh sebagian besar hero AGI dan INT dengan HP dibawah setengah.

Jadi dapatkan gold sebanyak mungkin di early game,dengan ng-kill atau creeping. km adalah carry, item core mu harus JADI!




MID GAME



ITEM

POWER THREADS


Item sepatu yang paling murah (tp lebih murah 50 gold aj dr PB, hehe..). Meski AS tidak lg membantu untuk memicu critical mu,tp AS tetap km butuhkan. Selain itu stats nya sangat dibutuhkan, INT di early untuk menambah kapasitas mana mu, dan di late ubah menjadi AGI untuk menambah DPS mu.


SANGE AND YASHA


Core yang wajib dibawa hampir semua killer. AGI untuk DPS dan STR untuk ketahanan, ditambah efek slow maim lagi, mantap dah pokoknya.


STYGIAN DESOLATOR


Item orb yang paling dianjurkan, karena itu item lifestealmu dari vlad saja ( bukan domi ataupun MoM). Tambahan Damage dan CORRUPTION nya akan mempersakit lifesteal dan critical mu. Tipe damage backstabmu adalah physical, jadi corruption akan menambah backstab damage juga.






STRATEGY

Mid game mu dimulai dari level 9 atau, lebih cepat dari itu.

Sekarang.. dengan sering2 nge-bokong / membunuh km akan mendapatkan sangat banyak gold, jadi selalu ingat untuk memasang ‘track’ ke target mu untuk mendapatkan bonus gold.


Yang harus km lakukan di mid game adalah :

- Nge-gank, roaming/mobile bersama seorang partner (stunner)
- Bunuh hero Carry musuh
- Beli resep item2 core mu
- PUSH, dengan bantuan vlad, bersama teman2 mu, ratakan towernya
- Bunuh Roshan! Bersama temanmu
- Bunuh musuh yang creeping di hutan
- Ikutan WAR / Defense.
- Creeping di hutan
- Creeping di lane


Ngebokong akan sangat mudah dilakukan kalau ada km. Terutama kalau km juga dibantu hero stunner. DI mid game lane akan menjadi sepi, jadi biasanya klo ga ada war, musuh2 akan creeping dalam hutan, jadi selalu siap untuk nge-bokong musuh di dalam hutan, jangan pernah jauh2 dari stunner mu.

Cooldown WW hanya 15 detik untuk mana cost yang murah dan durasi yang sangat lama, jadi skill itu sangat membantumu nge-bokong dengan mudah, karena coldownnya singkat. Usahakan gunakan backstab nya (mukul) kalau cooldown skill ini telah selesai. Supaya km bisa kabur dengan WW juga, seperti contoh saat nge-bokong di hutan..

Spoiler Screenshot








Gondar dan Leoric yang mendapat PU invis menemukan rhasta dan sven yang sedang ngutan. kami akan nge-bokong mereka. Target adalah rhasta karena HP nya paling tipis, Gondar membuka dengan backstab, lalu leoric melanjutkan dengan nge-stun.



Mirana datang untuk membantu temannya ( tp bukan km temannya -.-) rhasta mengeluarkan ularnya,dan akhirnya dia mati.



Karena cooldown WW telah selesai, sy bs kabur dengan mudah, hahaha...


WW memang skill yang serba guna, beberapa trik bs km lakukan untuk membuat musuhmu frustasi, selian untuk nge-block spell mereka, dan kabur begitu saja setelah membunuh musuh. Tp kalau km benar2 ingin membuat musuh mu frustasi / stres.. silahkan lakukan trik2 di bawah ini (dijamin stres berat deh mereka :DDDD...)

1. Klo musuhmu ada yang membeli ayam, misalnya di battle kompetisi , BUNUH AYAM nya!!, lalu ambil apapun barang yang dibawanya. Caranya, Gunakan WW lalu pergi ke tengah2 tower pertama dan kedua musuh, tunggu disana, lalu kalau ayamnya lewat langsung ‘potong’ aj dengan 120 damage backstab, wkwkwk.. dpt item gratiss hanya dengan 50 mana :D

2. Klo musuhmu pada miss, atau sebagian besar ga muncul di mini map, pasti mereka sedang nyerang Roshan, hahaha... kesempatanmu nih. Pergi ke tempat roshan kalau benar mereka sedang nyerang roshan, tunggu aj dibelakang roshan sampai mereka membunuhnya, lalu cepat2 AMBIL aegis nya, wkwkwkkw.. dpt aegis gratis jg :D

3. Kalau melihat PU, byasanya musuh yang ga punya bottle menunggu dulu sampai temannya datang untuk bantu nge-bokong. Jadi kalau kebetulan melintas, saat dia menunggu itu gunakan WW dan ambil PU nya.. wwkkwkw.. :D

Spoiler Screenshot








Km tetap invisible kalau mengambil PU..


TRACK :

Skill ini tidak hanya bagus digunakan untuk hero invis aj, tp untuk semua hero juga karena skill ini memberikanmu :
- Tambah MS sebanyak 20% di area target yg kena track
- Bonus gold klo target mati selama durasi
- Selalu membuat target ‘terlihat’ meski dia punya WW juga.

Jadi karena menambah MS sebanyak 20% track selain berguna saat nge-bokong juga bisa membantumu atau temanmu kabur, karena cooldown dan manacost nya yang cukup murah, seharusnya km selalu menggunakan track ke setiap musuh yang km temui. Supaya temanmu tidak perlu lagi membeli item2 seperti ward, gem, dan dust.

Sebagai contoh, saat km nge-bokong hero yang bisa invisible..

Spoiler Screenshot






Mirana yang HP nya sudah kuning. Gondar memukulnya dengan Backstab, lalu memasang track untuk mirana. Berhasil memukul sekali dengan critical strike, dan mirana mencoba kabur dengan menggunakan ultinya, km bisa melihat dia terlihat transparan,ya dia terlihat!



Slow dr jinada dan MS dr track yang membantuku memukulnya beberapa kali , lalu menghabisinya dengan toss.



Combo Spell

Jadi combo spell mu di mid game adalah..

hit/Attack


Nah untuk item sebaiknya stygianmu sudah jadi, dengan begitu km sudah terasa ‘jadi’ dan siap untuk ngebantai musuh di late game dengan corruption, critical, lifesteal, maim, dan backstab mu :)



LATE GAME



ITEM

MONKEY KING BAR


Item yang luar biasa kalau Gondar yang megang. Item DPS Nomor 1 untukmu (menurutku). Bahkan ada beberapa situasi yang mengharuskan km membeli item ini duluan sebelum stygian. Menambah Damage mu, AS, kemampuan ministun, dan menjadikanmu Counter dari hero2 evation juga.


ALTERNATIF

BRACER


Kapasitas HP dan Mana mu akan bertambah kalau km megang ini, meski ga banyak2 amat, tp hanya ini yg terbaik dan bs km beli di early game. Beli 2.


PRESEVERANCE


Alternatif vlad. Jadi kalau sudah ada temanmu yang membeli vlad, beli ini aj kalau km masih butuh item regen.


YASHA


Alternatif PT, menambah damage,AS dan MS mu juga. Tapi item ini tidak bs menambah INT dan harganya juga lebih mahal dari PT. Jadi beli kalau km merasa sudah punya cukup mana di early game.


BOOTS OF TRAVEL


Masih alternatif dari power threads dan yasha. Teleport juga dibutuhkan seorang ganker.



DIFFUSAL BLADE


Item orb juga, menambah AGI dan INT seperti yang km butuhkan, mana burn dan PURGE yang berguna untuk ngejar. Bisa di upgrade ke level 2 sekaligus ‘restock’ charge purgenya. Okay, alasan kenapa ini ga kumasukin core karena km ga butuh purge lagi, kan sudah punya ‘maim’ dari Jinada untuk slow. Tp kalau lawanmu ada purist yang bisa ‘repel’, sebaiknya km beli orb yang ini!!


Luxury

THE BUTTERFLY


The butterfly akan menyempurnakan DPS mu, damage corruption,backstab, critical dan lifesteal mu akan semakin sakit .Jinada tidak lagi memberikan evation, jadi km akan mendapatkan evationmu lg dr item ini. Ya..meski punya potensi besar untuk nge-kill di early game, tp km termasuk semi-carry jg, jadi ini item tambahan yang paling kusarankan, karena km termasuk ‘harapan’ teman2 mu di late.


BLACK KING BAR


BKB membuatmu magic immune ( avatar), selama beberapa detik untuk nge-block spell2 lawan di area war. Tp harganya cukup mahal untukmu, kamu jauh lebih butuh item DPS daripada item untuk nge-tank seperti ini. Jadi beli setelah km punya the butterfly, asalkan musuhmu banyak yang nukers/disabler.


ASSAULT CUIRASS


Atau beli ini aj setelah butterfly, tujuanmu adalah -5 armor aura nya yang stack dengan corruption, jadi lifesteal dan criticalmu akan semakin sakit. Menambah AS untuk DPS mu juga. Tapi karena tidak menambah damage, jadi ini termasuk tambahan aj, lagipula sebenarnya km ga begitu cocok nge-tank dengan tambahan armornya.


ORCHID MALEVOLANCE


Alternatif dari Cuirass, menambah damage dan AS juga, resep2nya jauh lebih mudah dari cuirass, tp sebenarnya km tidak bgtu membutuhkan mana regennya, berlebihan : )


LINKEN’s SPHERE


Linken adalah pilihan yang bagus kalau km tidak mau beli BKB. Beli preseverance nya di early sebagai pengganti vladmu. Linken sphere memberimu sangat banyak tambahan kapasitas, dan membuatmu bs nge-block sebgaian besar spell bertget, jadi musuh2mu akan berpikir dulu sebelum menggunakan spellnya untukmu.


ITEM FARMING


Semi-carry artinya butuh banyak gold untuk bisa membawa tim ke kemenangan,tp Jangan pikir km membutuhkan item2 creeping seperti ini, km ga mendapatkan gold dengan creeping terus-terusan di sepanjang battle, tapi dengan membunuh musuh yang terkena TRACK mu, artinya memberimu bonus gold. Tp kalau km gagal menjadi carry ( item2 DPS mu tidak jadi), battlefury akan sangat membantumu untuk defense maupun push dengan cepat di late.



Jangan Beli ini!

PHASE BOOTS


Kamu sudah bisa nembus2 creep dengan windwalk, km lebih membutuhkan stats/AS / travel daripada sepatu ini.


CRANIUM BASHER


Gondar adalah DPS-Ganker, jadi bukan benar2 carry. Sebenarnya item ini cocok untuk hero yang punya skill IAS, .. Gondar tidak cukup ‘cepat’ untuk menjadi permabasher.


ORB LAINNYA


Untuk lifesteal cukup dari vlad aj, karena km lebih membutuhkan desolator untuk DPS mu. Kalau skadi sudah jelas tidak berguna lagi, km punya Jinada kan? Meski cooldownnya 3 detik (6 cooldown – 3 detik durasi ), tp kurang efektif klo km membeli skadi juga, sama aj km membuang2 potensi Jinada.


NECRONOMICON


Kamu tidak membutuhkan true sight nya. Tambahan STR dan INT sedikit, dan km tidak membutuhkannya untuk naikin potensi late game mu.


DAGON


Km bukan spell caster, damage spell mu tidak cukup mematikan untuk dicombokan dengan dagon.






STRATEGY

Akhirnya late game juga, late game sangat menyenangkan untuk Gondar, jd tidak seperti ganker kebanyakan, Gondar meski sering nge-bokong di early-mid game, dia termasuk sangat berbahaya di late game, tidak perlu creeping sesering carry lain, dengan nge-bokong aj item2 corenya bisa jadi.

Shuriken di late game tidak akan membunuh siapapun, damagenya ga akan berguna lagi, tapi skill ini tetap ada gunanya, yaitu untuk menggagalkan channeling spell musuh yang sangat berbahaya seperti epicenter, freezing field, shackles, atau musuh yang mencoba kabur dengan teleport. Jadi late km akan benar-benar mengandalkan kemampuan DPS hero ini..


Prioritas late game mu adalah :

- PUSH dan hancurkan world tree/ Frozen
- BUNUH carry / disabler lawan
- BUNUH hero invis lawan
- BUNUH musuh yang masih dalam proses creeping
- BUNUH musuh yang kabur dengan HP merah
- BUNUH roshan ( kalau belum, atau kalau sudah muncul lagi )
- Creeping kalau ada kesempatan, untuk menambah lagi item2 late mu
- Selesaikan Game secepatnya (sebelum PERMABASHER semakin ‘jadi’)


Jadi prioritas utamamu adalah pushing dan menghancurkan Barrack musuh. Tapi melakukan itu tidak akan mudah, akan selalu ada defender yang km hadapai, nah.. saat pushing sudah pasti WAR akan terjadi, tugasmu saat itu adalah membunuh carry / disabler lawan, utamakan bunuh disablernya dulu, supaya kalian bisa lebih leuasa membunuh carry nya. Kalau carry nya sudah mati artinya kalian akan menang war.

Selama war, jangan lupa untuk langsung menggunakan track untuk hero invis lawan, terutama yang bisa permanent invis seperti riki / weaver, pasang track kapanpun dia muncul. Setelah itu usahakan pasang track ke setiap hero yang km lihat di sana (kalau sempat), supaya kalian mendapatkan AoE Track yang sangat luas, bayangkan aj 5 hero terkena track, jadi kalian akan mendapat bonus MS terus..

Okay, jangan menjadi pembuka war di late, mungkin musuhmu sudah banyak yang membawa item true sight, jadi biarkan stunner kalian membuka war, lalu gunakan WW untuk Backstabnya aj, bunuh target pertamamu atau musuh yang HP nya tinggal sedikit, kemampaun DPS dari skill, stats, dan item mu yang sebenarnya akan terlihat di late game war.





FRIENDS

GANKERS


Ganker tidak harus sendirian nge-bokong, sebaiknya kalian selalu bersama melakukan roaming untuk membunuh musuh kalian satu per-satu. Biarkan temanmu yang buka dengan stun/disable mereka, tugasmu adalah menandai target dengan track mu, lalu bunuh, dapatkan bonus gold mu.
 


SLOWERS


Meski km punya slow sendiri, tp itu stack kok dengan slower mereka, lagipula slow mu aktif setiap 3 detik. Jadi dengan bantuan mereka, km bisa nge-slow targetmu lebih lama.
 


MANA PROVIDERS


Mana cost skill2 mu sangat mahal, padahal semuanya lumayan aktif. Km akan membutuhkan bantuan mana dari mereka supaya km tidak perlu sering2 pulang ke fountain untuk isi mana. Selain itu mungkin km tidak perlu lagi beli basilus atau preseverance.
 


IAS SKILL


Km sangat membutuhkan AS, meski tidak membantu memicu criticalmu. Mereka punya skill yang akan nge-support km mendapatkan lebih banyak AS.
 


DAMAGE AMPLIFIERS


Mereka membuat targetmu kehilangan armor atau resistancenya, membuatmu bisa menghasilkan lebih banyak damage dari skill / spell mu.
 


ABADDON


Frostmourne adalah skill yang paling sinergi untukmu, skill itulah yang paling kamu butuhkan, begitu juga dengan abaddon, butuh jinada dan track mu untuk tambahan MS di area target. Frostmourne juga nge-slow target dan siapapun yang nyerang target itu akan mendapat tambahan AS yang sangat banyak, kalian akan saling melengkapi.







ENEMIES


STUNNER / DISABLER AREA


Meski sedang invisible, km tetap akan terkena skill2 area mereka. Kalaupun km berhasil menyerangnya dengan backstab, saat itu juga dia akan menggunakan skill area mereka.
 


BLINKERS


Terkena track dan slow jinada bukan masalah buat mereka untuk kabur darimu. Km butuh disabler untuk menguasai mereka..
 


ALLERIA


Yak, track menambah MS mu di areanya dan dipadukan dengan jinada yang nge-slow alleria. Tapi dia hanya butuh 1 skill untuk kabur darimu, yaitu marathonnya, yang nge-slow mu juga..
 


LESHRAC


Seluruh spell nya adalah spell area, jangan pernah berani mengusik dia di early game, spell2 area nya snagt mudah membunuhmu, apalagi ultinya..
 


SAND KING


Sama dengan Leshrac dia juga punya sangat banyak spell area, dan meski kamu bisa melihatnya dalam sand storm, tapi kamu tidak akan bertahan lama dalam area sand storm dengan HP mu yang tipis.



Harbinger


 
Damage Ultimate hero ini amat sangat sakit untukmu juga, kalau digunakan di awal war kamu bisa sekarat.


Bloodseeker
  
Windwalk tidak akan membantumu lolos dari penciumannya. Apalagi silence bisa mencegahmu kabur.


SLARDAR



Amplify yang mengurangi armormu sampai setipis keripik, sekaligus true sight yang membuat windwalk mu tidak berguna, bahkan kamu tidak akan bisa mengejarnya di area track mu, karena dia bisa marathon dan stun. Dia adalah counter terbaik untuk SEMUA hero invisible..






CLOSING
Gondar adalah ganker, jangan memakai dia kalau km tidak suka nge-bokong, karena dia ‘tidak berguna’ kalau pemakainya tidak nge-bokong, potensi gankingnya terlalu besar untuk diabaikan. di awal game dia memang tidak bisa membunuh hero sendirian, tp kalau dibantu temannya, dia akan menjadi aset killing paling vital di tim nya.

Di battle-battle yang tidak serius (B-NET, LAN) Kebanyakan orang nge-build gondar menjadi hero farmer, dengan membelikannya battlefury,dll., ya karena tidak serius jadi km bermain dimana km bisa creeping dengan nyaman semaumu, semua bisa mendapatkan item dengan mudah, semua terasa menyenangkan.

Tapi kalau km SIAP untuk battle yang SERIUS, JANGAN PERNAH abaikan potensi ganking hero ini yang sangat mengagumkan terbuang percuma hanya untuk melakukan ‘farming’, tidak ada waktu untukmu bersantai-santai. Pake hero seperti soul keeper, spectre, mortred,dll aj klo mau farming, jangan pakai Gondar di kompetisi kalau km mau farming aj!!


Last Tips: 
Bermainlah dengan Agresif dan kamu akan sukses : )

*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




56 komentar:

  1. wow ...
    kalo gitu gondar bisa maen di early,mid, sama late game dong ...
    hebat ...

    BalasHapus
  2. kk Naym, kalo gondar pake desolator, jadi ketauan dong pas mau bokong musuh? kan ada auranya tuh
    CMIIW

    BalasHapus
  3. STygian ga ada auranya loh..
    hanya ada buff klo musuhnya sudah kena pukul..

    BalasHapus
  4. kk klo aq maen 3 vs 3 item ap aj yg mesti d beli doloan???
    mohon Saranx,,,,,,,,,
    thankz kk..........
    ^_^

    BalasHapus
  5. sama aj kayaknya.. bottle + PT + stygian..
    sbnrnya tergantung syapa musuhmu :)

    BalasHapus
  6. kk naym masukin luna moonfang sebagai salah satu pengindar dengan WW, soalnya ultinya luna g kluar kalo gada musuhnya (alias Invis).

    BalasHapus
  7. kk,, maimnya sny sama jinada stack nggak?? tengkayu..

    BalasHapus
  8. kk klo aku klik gondar, kok jadinya ngelek sih?

    BalasHapus
  9. weh guide dotanya makin mangstap ae nih kk , wakakak boleh2

    BalasHapus
  10. Ka thx gw jadi DEwa nih AWKawkawk MAKASIH BNYK KAKA SALAM
    GUITARIS

    BalasHapus
  11. kalo mukul tower kok jinada jd cooldown kk?
    bagus BF apa desolator?

    BalasHapus
  12. kak naym, jinada tuh munculnya setiap 4 sekon lho, bukan 3 sekon.. kalo gak salah gitu kok..


    Thank's bgt guide.nya ..

    BalasHapus
  13. di kasi Tarrasque boleh ga?

    BalasHapus
  14. Kakak Naym, ada beberapa tambahan:

    Drafting:
    Jangan pick Gondar:
    1. Kalau lawanmu banyak Anti-Ganker semacam Azgalor, Terrorblade, dan N'aix.
    2. Tim kalian kekurangan Initiator.
    3. Anda nubie.
    4. Musuhmu juga banyak hero True Sight apalagi Slardar.
    5. Anda tidak bisa ngebokong.

    Pick Gondar:
    1. Kalau musuhmu banyak Carry.
    2. Tim kalian sedang butuh Ganker.
    3. Kejar duit tanpa farming ala Track.
    4. Ada Ish'kafel menjadi teman. Ayo Windwalk dalam keadaan Surge...
    5. Tidak ada cloner sebagai musuh...

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Ya, tapi cadangan, bukan pemain utama...
    Ganker/Disabler = Anda pemain utama bokongan!
    Nuker/Pusher = Anda hanya punya Shuriken...
    Support/Warder = Kurasa hanya Track...
    Initiator = Jangan!
    Tanker/Semi-Tanker = Ayo adu Tanker sama Ish'kafel!!
    ________________________________________________
    Coclusion:

    GONDAR IS A GANKER!
    Gondar sebenarnya adalah carry, tapi karena punya Track yang bisa membuatnya mendapat gold lebih apalagi Jinada-nya sudah bisa nge-slow, kusarankan bokong bareng disabler/solo gank secara "Permagank".

    NEW JINADA
    Dahulu, Jinada memberikan evasion dan critical berdasarkan AS yang berarti dia tidak pantas membeli The Butterfly. Sekarang Jinada memberikan slow maim dan critical setiap beberapa detik yang berarti dia sekarang bisa membeli The Butterfly lagi. Jadi kabar baik yang biasa membeli The Butterfly untuk Gondar.

    WINDWALK
    Beda dengan Clinkz yang bisa invis dan berlari lebih kencang, Gondar bisa invis dan menghasilkan Backstab. Hanya itu saja perbedaannya.

    WATCH OUT: TRUE SIGHT ABILITY
    True Sight adalah counter-nya Invisible. Jadi, jangan heran kalau Slardar akan menghukummu dengan Amplify Damage untuk mencegahmu kabur. Sebaiknya hati-hati pick hero Invis...
    ________________________________________________

    1. Tambahan Worst Enemies: Terrorblade. Gondar tidak punya stun/disable untuk mencegah lawan menggunakan spell. Selain itu, Terrorblade bisa menggunakan Sunder jika HP-nya oranye/merah. Dia bisa lebih berbahaya dibandingkan Gondar di Late. Maka tambahkan Terrorblade sebagai Worst Enemies.
    2. Tambahan Best Allies: Ish'kafel. Saya punya combo yang bisa membuat Gondar terlihat sedang "Shukuchi". Yakni memberi-nya Surge kemudian WW. Jadi percuma punya Gem kalau Gondar diberi Surge. Seperti Anub'arak nantinya.

    Sekian...

    BalasHapus
  15. Terimakasih atas Informasi Itemnya.

    BalasHapus
  16. Sebenarnya lebih bagus si langsung rush Battle Fury setelah PT. Supaya Creeping lancar. Selain itu cukup berguna melawan hero musuh dengan illusion. Selain itu, criticalnya bila displash terasa sakit. o.O

    Mengenai skill, saya ada alternatif build versi saya:
    1. Jinada
    2. Windwalk
    3. Shuriken Toss
    4. Shuriken Toss
    5. Shuriken Toss
    6. Track
    7. Shuriken Toss
    8. Jinada
    9. Jinada
    10. Jinada
    11. Track
    12. Stats
    13. Stats
    14. Stats
    15. Stats
    16. Track
    17. Stats
    18. Stats
    19. Stats
    20. Stats
    21. Stats
    22. Stats
    23. Windwalk
    24. Windwalk
    25. Windwalk

    PErcayalah, Jinada akan lebih efektif untuk ganking. Harus diambil 1 dulu untuk buat ngeslow dan Criticallnya jauh lebih berguna dari cooldown WW. Trus, WW diambil 1 sudah cukup karena perbedaan damage yang tidak besar, malah dengan naikin stats bisa buat ketahanan HP dan mana yg lebih banyak, serta damage dan ASPD.

    BalasHapus
  17. kk kalo lawan rikimaru, ww,atk trus track y kk?

    BalasHapus
  18. vanguard bisa masuk alternatif vladmir / preseverance gak kk ???
    selain regen hp, juga block attack musuh

    BalasHapus
  19. kalau gondar di kasih ion shell abis tu ww bisa?

    BalasHapus
  20. kk kalo kita make medallion gimana?

    BalasHapus
  21. Anonim, ya
    dane, vanguard item luxury kalau musuh banyak physical, gondar perlu lebih fokus ke item killing :)
    Anonim, bisa
    Anonim, kalau punya banyak gold beliin aj, minus armor lagi :)

    BalasHapus
  22. Kak, pertanyaan saya agak nggak nyambung. cuma mau tanya cara ganti patch itu gimana, soalnya klo donlot replay di sini patchnya beda

    Trims

    BalasHapus
  23. kak, bagusan mana beli stygian dulu atau sange&yasha?
    trus kalo beli dua-duanya stack atau nggak?
    thanks :)

    BalasHapus
  24. aih make gondar di sampahin molo kesel dah

    BalasHapus
  25. ka naym, ane mau usul nih. gimana kalo jinada diambil satu level di early. ane dah coba gan. di lvl 4 dgn item slipper dan branch masing2 2, critnya nyampe angka 109. jadi klo di itung itung, Di level 9, damage yang bs dihasilkan adalah :
    Normal Attack Damage + jinada damage = 66-80 dmg +99-120 dmg=165-200dmg
    Backstab Damage WW lvl 3 = 90 dmg
    Shuriken Toss lvl 4 = 325 dmg

    Total nya adalah 580 – 615 Damage
    nah, lbh gede kan dmg yg dihasilkan klo kita ngambil jinada duluan? selain itu, jinada juga ngeslow yg pastinya ngebantu proses ngebokong.
    trus ka, ane ga setuju klo SnY jd core, apalagi bwt mid game. jd mendingan SnY jadi Luxury aja. soalnya klo ditaro mid, pasti gabakal ada yg nyanggup beli, corenya kemahalan. TQ. CMIIW

    BalasHapus
  26. Build standar atau yang main lane Jinada ambil satu level kok, slow nya selalu berguna. Tapi shuriken tetap mentok pertama, nuke yang bisa digunakan dari jarak aman (daripada mukul)

    SnY dibelinya setelah vlad, Gondar bisa sangat cepat kaya dari bonus gold Track, dan sbrnya resep SnY gampang kok. Jadiin Yasha dulu, atau sange dl :)

    BalasHapus
  27. kak naym, gw biasany bwt buriza kasi gondar, gmn mnrt kk?
    trus knp bliin mkb kasi gondar?
    kn lbi enk bli butterfly (mnrt ku sih), haha..

    oh y 1 lg, yashany jgn masukin ke alternative la, soalny kn dah mwt SnY di mid game... :D

    BalasHapus
  28. wah update trus nih...
    hebat :bd:
    semangat ya kak...

    BalasHapus
  29. item ku nih kak:
    1. PT
    2. SangeYasha
    3. BattleFury(ini menurutku item paling core gondar)
    4. Cuiras
    5. Monkey bar(kalo ada yang evation, kalo gak ada mending beli Stygian)
    6. Divine Rapier!!!!!

    BalasHapus
  30. tambahin rapier jadi Luxury item kk, lumayan tambahan 500 damage ^.^

    BalasHapus
  31. kk kalo desolator ama sangeyasha stack gak sih?,atau kalo diffusal sama desolator

    BalasHapus
  32. kk maksud'a backstab damage nya WW itu gmna sih?
    gunain'a gimana?
    maklum newbie *hehe

    BalasHapus
  33. kk, kalo musuhnya zeus, lina sma lion..barengan..perlu pake hood of def ndak?..thx..or solusinya pake ap?..

    BalasHapus
  34. ongky, deso sangyas stack. difu deso nggak.
    ano, attack pertama yg menghilangkan WW.
    ano, HoD tetap luxurynya. fokus ke item damage aj
    :)

    BalasHapus
  35. kalo item gondar=
    1.pt
    2.bf
    3.bf
    4.desol
    5.mkb.
    6.hot/rapier,, gmn kk?

    BalasHapus
  36. @atas gw, daripada 2BF mending ambe SnY lbh berguna nambah apd ama hp nya si gondar biar ga tipis2 amat. tambahin vlad aja drpd taras, biar sedot darah nya jalan, kan uda sakit mukul na pas late game

    BalasHapus
  37. gondar klo jadi langsung dr aja pas early/mid, ntar gg dah

    BalasHapus
  38. Kk brati klo temennya godar ada bara di area track ms = damage dong? 20% ms WTF!

    BalasHapus
  39. DAUD DWI SUDARTOMinggu, Januari 01, 2012

    Asli guide ini keren banget, gw langsung posisi 1. awkawkwk
    item gw:
    1.PT
    2.Vlad
    3.Sange&Yasha
    4.Desolator
    5.MKB
    6.Butterfly
    wowokwokowkok dpsnya mantappppp...!

    BalasHapus
  40. kak klo gondar kena silence seperti contoh bloodseeker, klo ngadu pukul menang sapa?

    BalasHapus
  41. jadiin wraith aja 3 / 2 biar kritikal berasa
    abis itu baru pt
    trs bf deh
    selanjutnya klo tim kita menang sangeyas klo kalah vladmir
    next pake deso deh
    terakhir klo w engga pake butter tp pake mkb (cuman nambah dikit damage klo butter)

    BalasHapus
  42. kk gw mw kasih saran kasih tambahan worst enemies "bloodseeker"
    karena
    1 rupture bloodseeker sakit bgt bwt gondar
    2 kalo gondar disilen gondar gak bisa ww bwt kabur
    3 palagi kalo blood beli BM gondar cman bisa nyerang balik pake skil critikal yg bakal
    dibalikin sama BM
    4 belom lagi kalo si blood beli dagon,gondar kena rup di bm in sama dagon si gondar
    yang hpnya kerupuk bakalan mati
    tu saran gw kk trims.....

    BalasHapus
  43. klo gw sihh mayan jago main gondar, awal langsung rush bf aja,minimal menit 19 dah bf.. kaya dah tu gondar..

    BalasHapus
  44. Gondar emang hero yg dewa buat ganking :)

    BalasHapus
  45. kk saya ini punya build baru
    gimana kl gondar ga ngambil toss?
    saya rasa jinada dan bonus ms track udah musuh ga bisa kabur
    lagupula pukulan gondar juga jadi sakit
    belum kalau sudah punya sangeyasha
    tambah ga bisa kabur tuh musuhnya =D
    selain itu PT bisa jadi str, kan gondar tipis
    jadi early beli item str aja dulu

    BalasHapus
  46. kak naym enakan butter apa mkb?

    BalasHapus
  47. gan, kalo pake mkb bukannya minus armor stygian ga keluar?

    BalasHapus
  48. maksudnya stack apa ya ? benar2 newbie saya

    BalasHapus
  49. maksudnaya stack apaan ya ? maklum saya benar2 newbie

    BalasHapus
  50. itu Obsidian Destroyer tak di tambahin ke worst enemies ? kan INT gondar sedikit?

    BalasHapus
  51. kk, jgn lupa yg latest map Jinada udh nggak ngefek lgi ke Tower. tq

    BalasHapus
  52. kaka,gmn sih biar tau critical hero bisa stack apa engk sma buriza?

    BalasHapus
  53. gondar pake BF ndak krasa damage nya apalagi dah menit 19..pake deso lebih sakit item :PT + Yasha + Deso + Vlad + Persev/linken dah godlike..kalo mainnya bener

    BalasHapus
  54. kk naym hero barunya tolong di kasih guidenya dunk...

    BalasHapus
  55. ni hero mang cepet kaya, asal kalo war rajin rajin aja track musuh musuhnya(kalo bisa ya semua), kalo menang war, bah bisa ampe 1000 gold lebih dah walaupun kgk nyentuh musuh

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats