DotA Guide Indonesia

Rylai Crestfall – The Crystal Maiden




Adept in the manipulation of frost and ice, Rylai is the very image of elegeance and grace. Trained by a renegade wizard deep in the heart of Winterspring, Rylai brings to the Sentinel her prowess in the arts of magic. With a vast arsenal of spells, she wreaks havoc upon her foes - be it with powerful blasts of frost to send them fleeing in panic, or be it by rendering them immobile in ice. Her foes tremble in fear as the ground beneath implodes in mighty novas of frost in a dazzling array, obliterating all who dare oppose her.




INTRO


You are reading the best ganker ever! Karena rylai memiliki sekaligus 2 spell modal utama ganker yaitu slow dan disable. Sebenarnya yang membuatnya menjadi ganker terbaik adalah karena dia spell caster yg juga dilengkapi mana yang melimpah untuk satu tim (Regen mana global, satu-satunya di DotA)

Selain itu, dia juga memiliki skill ulti area yang paling mematikan! yaitu freezing field. Skill mengerikan itu pada potensi maksimum nya (dengan aghanim) bisa menghasilkan total PULUHAN-RIBU damage (OMG) dengan 70 kali Explotion crystal nova. Untuk Hero lain efek ulti terbaiknya saja tidak ada yang sampe 4000 damage.

Yah.. seperti biasa, untuk balancing MS,damage,armor dan stats nya sangat rendah. 








Statistik Rylai
Name: Rylai Crestfall
Affiliation: INT Sentinel
Strength: 16 +1.7
Agility*: 16 + 1.6
Intelligence: 21 + 2.9
HP: 454
Mana: 273
Damage: 38 - 44
Armor: 1.3
Movespeed: 280
Range: 600
Missile Speed: 900
Sight Range: 1800/800




Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN

1. Memiliki Skill Passif paling berguna di early game.
2. Ulti area yang paling mematikan
3. Disabler sekaligus slower = 2 ganker dalam 1 hero
4. Teman ganker yang paling difavoritkan semua hero 

KELEMAHAN

1. terkena DISABLE = kemungkinan besar DIE!!
2. Sangat ‘rapuh’ (HP dan armor yang amat parah )
3. Sangat lelet juga, hanya bisa ngalahin techis klo adu lari
4. Ga punya skill untuk creeping, jadi item bakalan ‘suram’
5. Ulti channeling spell = mudah di counter




SKILL
 
Crystal Nova


Blasts enemy units around a target point with a wave of damaging frost that slows movement speed and attack rate for 4 seconds..

Level 1 - 100 Damage, slow last 3.5 detik
Level 2 - 150 Damage, slow last 4 detik
Level 3 - 200 Damage, slow last 4.5 detik
Level 4 - 250 Damage, slow last 5 detik
Area of Effect: 400
Mana Cost: 100/120/140/160
Cooldown: 15
Casting Range : 700

Skill ini membuat movement speed semua musuh dalam 400 AoE berkurang sebesar 30% dan attack speednya sebesar 20%.

Skill ini tidak punya ‘jeda’ animasi, jadi pada saat hero musuh diklik, disaat itu juga dia kena spell. Artinya sangat berguna buat last hit, creeping, dan untuk mengontrol lane.

Efek Slow nya TIDAK stack dengan item/skill slower lainnya seperti freezing field, skadi, frost nova nya Lich, Chain Frost, Frost Armor, Dual Breath, Frost Breath, dan Shiva’s Arctic Blast.

Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance dan di block oleh spell immunity. Slownya Tidak bs di remove oleh purge.

Frostbite

 
Freezes the target in a case of ice, prohibiting movement and attacking. Deals 70 damage per second.

Level 1 - 1.5 seconds Duration,
Level 2 - 2 seconds Duration,
Level 3 - 2.5 Second Duration,
Level 4 - 3 Second Duration, 
Mana Cost: 115/125/140/150
Cooldown: 10
Casting Range : 500

Musuh yang terkena spell ini tidak dapat bergerak atau menyerang, tetapi masih bisa mengeluarkan spell (kecuali Blink), akan dijelaskan di bagian strategy..

Khusus untuk creep (Creep level 5 ke bawah), spell ini memberikan efek selama 10 detik – total 700 damage (belum dikurangi resistance). Frost bite dapat membekukan fountain (kalau lagi kurang kerjaan)

Skill ini me-remove channeling spells. Tapi efeknya bs di-remove oleh purge.

Brilliance Aura

 
Gives additional mana regeneration to all friendly units on the entire map.

Level 1 - Adds 1 Mana Regeneration
Level 2 - Adds 1.5 Mana Regeneration
Level 3 - Adds 2 Mana Regeneration
Level 4 - Adds 2.5 Mana Regeneration

Sejak skill ini di-reworked (kalau tidak salah map 6.49), yang efeknya menjadi Global, hero ini sering di ban/pick (di captains mode) atau di setiap kompetisi. Skill pasif ini meski kelihatannya sangat simple, tapi memberikan efek yang luar biasa besar. Skill ini juga tetap aktif meskipun pemakai hero ini leaver (keluar dari game sebelum battle selesai), jadi klo skill ini belum mentok terus yang pake malah ‘leave’, control dia dulu sampai skill ini mentok.

Skill ini sangat memberikan keutungan kepada teman setim, terutama nukers seperti zeus dan storm spirit di early game. Hero-hero nukers seperti itu akan makin berjaya di early, malah kadang melebihi batas, karena skill mereka akan sangat AKTIF.

Skill ini stack dengan briliance aura nya basilus/ vlad. Kamu sendiri mendapat efek mana regen dua kali lebih banyak. Lalu kalau kamu ‘invisible’, semua orang tetap bisa mengetahui keberadaanmu karena aura skill ini ( di tanah ).

Freezing Field

 
Causes many random icy explosions in an area surrounding Rylai. Enemy units in the Freezing Field are slowed. Can be improved by Aghanim's Scepter

Level 1 - Each explosion deals 105 (170*) damage, 7 seconds Duration
Level 2 - Each explosion deals 170 (250*) damage, 7 seconds Duration
Level 3 - Each explosion deals 250 (310*) damage, 7 seconds Duration
Area of Effect: 685** / 230***
Mana Cost: 200/400/600
Cooldown: 150/120/90

*damage dengan aghanim
** AoE freezing field
*** AoE Explotion

ini Ultimate ‘area’ PALING berbahaya...,

Jadi klo km mencari skill ulti area yang paling mematikan? Freezing Field namanya. kenapa skill ini berbahaya? Karena siapapun di 685 AoE akan merasa sangat tersiksa, maksudnya terkena 105/170/250 damage per explosion, lalu setiap detik nya itu secara acak akan keluar 10 explotion, jadi setiap 0.1 detik akan keluar 1 explotion. Jadi dengan total explotion yang akan keluar selama 7 detik yaitu 70 ice explotion? akan menghasilkan LIMA-DIGIT total damage di area itu. Damage area terbesar sepanjang sejarah DotA.

Efek slow nya akan terkena ke musuh2 yang ada dalam AoE meski dia tidak terkena explotion sama sekali. Setiap explotion juga punya AoE sendiri yaitu 230. Explotion juga nyerang hero invis, jadi jangan ragu menggunakannya meski bukan war, tapi ada hero invis yang mencoba kabur di dekatmu.

Siapapun, atau setebal apapun musuhmu, pasti tidak akan tahan kalau berada dalam area skill ini, belum lagi efek dingin akan mengurangi attack speed musuh sebanyak 50 didalam area. Efeknya emang sangat mematikan, tapi mana cost nya MAHAL untuk skill yang mudah di-remove juga, selain itu menggunakannya juga sangat sulit, karena kamu harus berada di tengah2 musuh (area yang sama sekali tidak aman buat hero INT di war), tapi BKB dan dagger akan membantu.

Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance, dan di block oleh spell immunity. Efek slow nya TIDAK stack dengan item/skill slower lainnya seperti freezing field, skadi, frost nova nya Lich, Chain Frost, Frost Armor, Dual Breath, Frost Breath, dan Shiva’s Arctic Blast.



SKILL BUILD

Level 1 Frostbite 
Level 2 Brilliance Aura
Level 3 Brilliance Aura
Level 4 Crystal Nova
 
Level 5 Brilliance Aura
Level 6 Frostbite
 
Level 7 Brilliance Aura
Level 8 Frostbite
Level 9 Frostbite
 
Level 10 Freezing Field
Level 11 Freezing Field
Level 12 Crystal Nova
Level 13 Crystal Nova
Level 14 Crystal Nova
Level 15 Stats
 
Level 16 Freezing Field
Level 17- 25 Stats


Sebelum briliance aura di re-worked, build up rylai ada 2, yaitu spell caster(disabler) dan Ganker-support, lalu karena efek briliance aura udah global, build up yang paling cocok buat rylai sekarang hanya Full Support – ganker.

Frostbite di level 1 untuk nge-bokong di level 1, atau untuk membantu ‘merebut’ PU di awal battle. Briliance baru di ambil di level 2, karena kamu ga akan terlalu membuthkannya di level 1, lagipula kamu Cuma butuh 30 detik (kurang lebih ) di lane untuk naikin ke level 2, lalu ambil briliance.

Ambil 1 Crystal nova di level 4, karena skill itu di level brapapun efek slow nya sama, nah yang kita butuhkan adalah efek slow nya saja, membantu bokongan.

Ulti baru di ambil di level 10, tentu karena kapasitas manamu belum memungkinkan untuk menggunakan ulti itu, karena mana akan kamu habiskan dengan menggunakan spell2 mu saat nge-bokong, selain itu kusarankan pula sebelum punya BKB atau dagger, jangan dulu menggunakan ulti, kamu bakalan rugi karena mudah di-remove.









Item Build dan Gameplay



EARLY ITEM

ITEM AWAL

ANIMAL COURIER (ayam), rylai termasuk hero yang tidak terlalu butuh gold, sudah seharusnya kamu yang juga sebagai support untuk membeli ayam, sisa gold beli 1 tango, healing slave, dan sisanya branch.
 

ITEM CORE

BRACER


Menambah kapasitas, terutama HP. Sering beli TP dan ward bukan berarti kamu harus melewati item ini.
 

BOOTS OF SPEED


+50 MS







EARLY STRATEGY

Drafting...

Jangan Pick Rylai
1. Banyak musuh pakai hero-hero yang spell-nya adalah Anti Magic Immune (Menembus BKB/Repel).
2. Kalau anda tidak berani ke tengah-tengah musuh.
3. Tim kalian kekurangan killer late-gamer (Carry).
4. Anda tidak suka ngebokong.
5. Banyak musuh yang pakai silencer.
 

 Pick Rylai
1. Lawan kalian kebanyakan cloner/summoners.
2. Anda malas farming, lebih suka ganking.
3. Teman-teman kalian pakai hero yang butuh mana.
4. Tim kalian kekurangan Ganker.
5. Musuh kalian banyak yang pakai carry.
 

Peran
Carry/Semi-Carry = Tidak Cocok!
Ganker/Disabler/warder = Sangat Cocok dan memang anda bisa ngebokong sejak level 1.
Nuker/Pusher = boleh...
Support = Anda punya Global Brilliance Aura, khan...
Initiator = Sebaiknya bukan.
Tanker/Semi-Tanker = Sangat Tidak Cocok!! 


Lane

Ganker lainnya mungkin butuh main lane dulu di awal sebelum nge-bokong, dengan pertimbangan kapasitas mana dan kebutuhan mana saat main lane nantinya. Tapi untuk tim yang memiliki rylai crestfall, nge-bokong di level 1 adalah WAJIB!!, mereka ga perlu khawatir kekurangan mana saat main lane nanti, karena rylai akan mengembalikan mana mereka kok dengan briliance aura.

Ambil frost bite (disable mu) di level 1, lalu sebaiknya ajak teman gank yang juga ngambil disable/slow juga di level 1, kusarankan leoric, tide, atau naix. Tapi sebenarnya teman gank terbaik rylai di level 1 adalah YURNERO.

Ganker juga selalu butuh PU sebelum nge-bokong, jadi selalu perhatikan juga waktu, PU pertama muncul di 0:00, dan muncul 2 menit sekali.

beberapa SS dibawah contoh ‘aksi’ rylai di level 1.


Screenshot
Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket


Nah, setelah nge-bokong, hal yang harus kamu capai selanjutnya adalah naik level 2 secepatnya, supaya kamu bisa ngambil skill briliance aura dan mengembalikan mana yang berkurang saat nge-bokong.

Di lane, sebaiknya bukan mid, karena itu akan memicu ganker musuh untuk selalu stand by di sekitar lane mid. Meski kamu punya spell pengontrol lane yang baik, tp kamu ga diharuskan naikin level secepatnya. Jadi mending main dual lane, se-lane bareng carry klo di tim mu ga ada support yang lebih ‘memadai’.

Karena punya briliance aura, seharusnya kamu ga boleh membuat mana mu full (berhenti regen), jadi selalu gunakan spell2 mu untuk nyicil lawan/creep, dan biarkan carry yang dapat last hit. Tapi jangan lupa juga deny, terutama kalalu lawan di lane kalian adalah carry nya lawan, fokus untuk DENY creep mu aj, daripada nyicil/last hit.

Untuk jaga-jaga, pasang ward di sekitar lane mu, sangat membantu mencegah bokongan, terutama musuh yang mw nge-bokong carry kalian. Jadi bertahan aj di lane sampai level 4, supaya kamu sudah punya slower juga buat nge-bokong.
 


COMBO
Combo mu saat nge-bokong di early adalah..

--- Hit---hit---

Jangan pernah nge-bokong sendirian, ajak disabler juga, supaya kalian bisa menggunakan spell kalian secara berantai.

Sedangkan Combo mu saat di bokong adalah Frost bite untuk musuh melee / musuh yang terdekat, lalu crystal nova untuk musuh yang terjauh (kalau hanya 2 musuh disana), kalau yang nge-bokong km lebih dari dua hero, crystal nova untuk musuh yang nyerang range di belakang musuh melee nya, dengan pertimbangan casting range spell nya yang bisa menjangkaumu dari jauh.
 


CRYSTAL NOVA

Untuk penjelasan skill ini di bagian skill kurasa sudah cukup jelas, skill ini tidak serumit skill mu yang lain. Untuk sejauh apa AoE dan casting range skill ini, lihat SS di bawah..


Screenshot
Photobucket


Setelah level 4, jangan pernah tinggal di lane, karena kamu ga akan bisa bertahan lama kalau main lane. Jadi selalu ‘roaming’ jalan dari lane ke lane nge-bokong, efek ter-sakit spell2 mu adalah di early game, jangan sia-sia kan potensi itu. Ajak salah satu teman untuk nge-bokong, syapapun mau kok nge-bokong klo bareng kamu. Klo ga ada yang mau sendiri aj, tapi konfirmasi dulu sama teman yang main di lane, sudah siap ato belum nge-bokong musuh di lane nya..









MID ITEM

PHASE BOOTS


Kamu ga akan membutuhkan damage nya, kusarankan yang ini karena tambahan MS nya paling gede (phase aktif), dan kemampuan untuk nembus creep.
 


BLACK KING BAR


ini item yang paling kamu butuhkan, untuk ulti mu tentunya. Magic immunity selama 5-10 detik, waktu yang sangat cukup untuk memberikan efek damage terbesar saat menggunakan freezing field selama 7 detik. Selain itu item ini menambah lagi 10 stats STR mu.





 



MID STRATEGY

Okay peran utama rylai adalah di mid game, rylai adalah hero yang megang mid game. Dan tujuan utamamu di mid game adalah membantu tim mu untuk mendapatkan kill sebanyak mungkin ke hero carry lawan.

semua hero Semua hero carry paling benci di bokong oleh rylai, karena itu ganker lawan juga pasi akan selalu mengincarmu, untuk melindungi carry nya tentu. jadi selalu waspada, jangan jalan sendirian.

Ward dan TP adalah item yang harus selalu kamu bawa selama nge-bokong, pasang ward di area PU, dan di hutan dekat lane byasanya carry musuh creeping, lalu TP gunanya untuk kabur kalau bokongan kalian di counter, atau untuk defense tower di lane lain, atau untuk membantu teman kalau terjadi war di tempat yang jauh.

Selama nge-bokong, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dari spell2 mu, terutama soal skill disable mu..


FROST BITE
Untuk crystal nova dan briliance aura, kurasa penjelasan di bagian skill udah cukup jelas. Nah, skill yang perlu kamu ketahui lebih jauh adalah frost bite, banyak info penting soal skill ini, karena disable yang satu ini, berbeda dengan skill disable lainnya..

- Tipe damagenya magical (dikurangi resistance)

- Bisa digunakan untuk me-remove channeling spell

- Target akan terkena damage tiap 1 detik selama durasinya dalam frostbite, artinya total damage yang diterima target di level 2 dan 3 sama (durasinya 2 dan 2.5 detik)

- Beberapa skill ‘berpindah tempat’ yang BISA digunakan selama terkena frost bite, antara lain.

o Blink strike (mortred,nessaj, rikimaru )
o waveform (morphling),
o Time walk (void)
o Leap (mirana)
o Nether swap ( vengeful spirit)
o Poof (geomancer)
o Morph replicate (morphling)
o Haunt/reality ( spectre), dan
o Illusory orb (puck)

- Target bisa menggunakan skill ‘invisible’ nya selama dalam frost bite, tapi kalian (tim mu) bisa melihat target karena dalam frost bite memiliki ‘truesight’

- sepuluh detik disable untuk creep di bawah level 5, termasuk juga untuk creep (pohon) yang diciptakan furion dan fire minions yang diciptakan invoker. Artinya 700 damage untuk creep di semua level, jadi kamu sudah bisa membunuh ‘cenatur khan’ di level 1 skill ini, dengan kata lain rylai (kamu) level 1 atau 2 udah bisa bunuh creep itu. Kecuali untuk spirit bear nya syllabear yg punya ‘resistance’ skin, durasi yang diterimanya sama dengan hero.

- Beberapa skill yang bisa me-remove frost bite antara lain..

o Time lapse (NW)
o Bladefurry (yurnero)
o Manta style
o Skill membuat ilusi Naga siren, nessaj.

- Semua skill KECUALI blink dan skill metamorphsis bisa digunakan dalam efek frostbite, misalnya laser (tinker), LSA (lina), dual breatth (jakiro), hellfire blast (leoric), dll.

- Skill yang TIDAK bisa digunakan selama terkena frost bite antara lain..

- Blink (magina dan Qop)
- Teleportation (furion)
- Chemical rage (alchemist)
- Shapeshift (lycan)
- Methamorphose (terorblade)
- Flesh Golem ( Undying)
- Spirit Form (KotL)
- True Form (syllabear)
- Burrow (scrarab nya weaver)
- Fireflies (bat rider)
- Split Shot (medusa)
- Elder Dragon Form ( Dragon Knight)
- Berserker Rage (Troll Warlord)

- Kamu ga bis menggunakan skill ini ke bat rider yang sedang menggunakan ‘firefly’ nya.

- Bisa digunakan ke fountain dan roshan.


Jadi selama mid game jangan habiskan waktumu dengan mukul2 creep di lane. Karena itu akan membuat teman2 mu kecewa. Bantuan dari spell2 mu selalu diperlukan di setiap bokongan, jangan pernah membuat bokongan temanmu di counter, intinya jangan pernah lari dari tanggung jawab ^^.









LATE ITEM

KELEN’s DAGGER


Magic immune sudah, sekarang yang kamu butuhkan adalah bagaimana supaya kamu bisa berada di tengah2 musuh dengan cepat, tanpa sekalipun terkena spell2 lawan, yak tentu dengan blink..


 
ALTERNATIF

POWER THREADS


Sepatu ini menambah stats, cocok untuk menmbah stat STR rylai yang sedikit. Tambahan MS dari sepatu ini paling kecil, dan kamu juga ga akan membutuhkan tambahan AS nya.
 


BOOTS of TRAVEL


Situasional, klo temanmu ada yang warder / pengontrol map dan PU yang baik, beli lah item ini. Tapi klo ga ada, gold mu akan km habiskan dengan membeli ward dan TP, nah km ga mungkin kan... nabung sampe 2200 gold. Sementara ward selalu dibutuhkan setiap waktu.
 


VLADMIR’s OFFERING


situasional juga, kalau ga ada temanmu yang beli ini /basilus. Kamu yang beli, karena briliance aura nya STACK kok.
 


FORCE STAFF


Lebih hemat dari dagger, tp penggunaannya susah
 


LUXURY
GUINSOO SCHYTE of VYSE


Mana cost skill2 mu sangat mahal, jadi kalau main nya late bgt dan km punya cukup gold, belilah mystic staff, lalu upgrade ke guinsoo. Karena item ini menambah seluruh stats, terutama INT dan STR. Selain itu kamu dapat 1 skill disable lagi. Item tambahan yang paling kusaranin. 


EYE of SKADI


Item ini juga menambah seluruh stats, jadi kalau bosan dengan guinso, item ini cocok sebagai penggantinya. Memberimu kemampuan slower attack untuk nge-support di late, tp item ini lebih mahal dari guinsoo.
 


AGHANIM’s SCEPTER


Juga menambah stats Item ini meng-improve ultimu, tapi sebenarnya ga terlalu penting, karena meski tanpa ini pun, ulti mu juga sudah cukup mematikan kok.



MEKANS


Item2 rylai adalah situasional. Jadi klo km punya cukup gold (selain untuk membeli ward), item support pertama yang kamu beli adalah mekans. Item ini menambah stats, armor, HP regen, dan kemampuan untuk ngisi HP instant di area sekitarmu. Lengkap sudah potensi supportmu, setelah mana regen, sekarang HP.
 


MAGIC WAND


Item core ganker, upgrade branch mu klo mau.
 


WARD


Klo di tim mu ga ada warder, seharusnya kamu yang beli item2 ini.
 


GHOST SCEPTER


Sy ga ngerti kenapa item ini paling diremehkan, padahal item ini counter terbaik untuk melawan hero2 seperti Ursa, Mortred, lycan, karena mereka ga bisa ngapain klo km mengaktifkannya. Selain itu item ini juga menambah 7 stats. Kekurangannya hanya karena kamu selalu kekurangan slot item karena dipenuhi ward,tp,sepatu,dll.
 


NECRONOMICON


Item ini memberimu MS aura, beberapa stats yang kamu butuhkan, kemampuan untuk nge-burn mana musuh, dan terutama kemampuan untuk mendeteksi hero2 invisible seperti riki,dll.
 


LINKEN SPHERE


Tujuannya adalah menambah kapasitasmu, dan regen. Juga memberimu kemampuan untuk nge-block spell, kurasa guinsoo masih lebih sinergi.
 


SHIVA’s GUARD


Sayangnya item ini ga nambahin STR, padahal kamu juga membutuhkan STR. Guinso menambah STR.
 


 RADIANCE


Sinergi dengan freezing field mu, tp kamju ga membutukan tambahan damage nya.



 
REJECTED ITEM!
ITEM DPS


Kamu ga butuh attack speed, bonus damage, bash maupun critical damage. 


LOTHAR EDGE


Jangan deh.. mudah di counter. Dagger pliss!











LATE STRATEGY

Spell mu kali ini bukan untuk nge-kill, tapi murni untuk disable dan slow aj, karena percuma klo bergantung dengan dmage nya, karena HP musuh2 sudah tebal2.

Kalau BKB sudah jadi, dagger adalah item yang kamu kejar selanjutnya. Dengan begitu penggunaan ultimu akan semakin mudah. Combonya adalah : dagger—BKB--- crystal nova ( ga harus tapi klo sempat)---Freezing field, setelah durasi freezingfield selesai, langsung gunakan crystal nova/frost bite ke musuh yang HP nya tinggal sedikit.

Gunakan combo di atas ‘tepat waktu’, saat war sudah dimulai, jadi jangan gunakan sebagai pembuka war. Nah Kalau kamu berhasil menggunakan kombinasi (combo) di atas sudah pasti tim mu akan mendominasi war, dan memudahkan temanmu untuk membunuh musuh2 itu satu persatu, selalu ingatkan temanmu untuk masuk ke area freezing field, karena musuh dalam area itu akan di slow abis2 an.

Jangan pernah kecewa kalau di akhir battle kamu melihat score mu yang buruk, itu normal kok. Yang jelas kalian menang kan..






FRIENDS
  

COMBO SPELL /NUKER


Mereka sangat terbantu oleh briliance aura mu. Spell2 mereka akan semakin aktif di masa kejayaan mereka, akibatnya musuh2 pasif akan semakin terpuruk.
 

 YURNERO


Teman ganker yang ‘perfect’ buat mu, kalian saling melengkapi, sinergi. Yurnero membutuhkan disable dan slower mu untuk memberikan efek terbesar dari blade fury.
 


STUNNER / DISABLER AREA


Mereka membantumu menggunakan ulti lebih nyaman sebelum kamu punya BKB. Durasi disable mereka tidak selama durasi freezing fieldmu, tp kusarankan gunakan freezing field bersamaan dengan stun/disable area mereka.
 


SLOWER


Double slow, atau slow berantai,
 


CARRY


Rylai ga terlalu butuh item2 mahal, cukup bracer dan phase boots aj kurasa dia udah jadi. Karena itu, di lane biarkan carry yang selalu dapat last hit, atau Support mereka sepanjang battle


Spell Immune


Semua channeler membutuhkan 'Free' Black King Bar atau Spell Immune. Hero ini memiliki Repel yang akan melindungimu dari disable selama channeling Freezing Field.






ENEMIES

OHK (one hit kill )


Kamu tidak disiapkan untuk menghadapi skill2 mereka. Padahal sasaran mereka adalah hero2 ‘rapuh’ sepertimu.
 

 HARRASER - SLOWER


Kamu ga akan bertahan lama di area EXP, kalau ada mereka, maju mendekat sedikit aj kena cicil..
 


ANTI SPELL IMMUNE


Mereka punya disable untuk mengehentikan channeling spellmu, termasuk bisa meski kamu sedang spell immune!
 


SILNECER


Kamu bakal rugi ribuan mana klo ga hati-hati melawan dia, kamu ga bisa combo spell pula, dan jangan gunakan ultimu klo dia belum menggunakan silence global nya.Selain dia syapapun jg yang punya skill silence adalah masalah buatmu.
 


BONE FLETCHER


Sebenarnya Hero2 carry dengan physical damage tinggi seperti dia bisa membunuhmu kurang dari 7 detik kalau mereka punya waktu yang cukup.
 


BLINK STRIKE


Mereka bisa lolos dari frost bitemu, karena mereka blink ke arah kamu. Hanya Hero2 seperti magina dan QoP yang ga bisa blink dari frostbite.
 


 PUGNA


Jangan pernah mendekati area netherward nya, menggunakan spell akan memicu netherward menyerangmu, dan untuk hero sepertimu damagenya tuh lumayan sakit. Membunuhnya dengan freezing field? Percuma.. LIFE DRAIN nya bisa membunuhmu lebih cepat sebelum explotion membuat HP nya kuning. Dia punya Counter terbaik dari ulti mu.









CLOSING
 
Rylai adalah hero spell caster, dia ratu nya role gankers. Bokong lawan adalah tugas utama rylai, karena dia memiliki sekaligus 2 skill utama yang harus dimiliki ganker di early game, yaitu slow dan disable! Menjadi ganker paling berguna yang pernah ada bukan berarti dia ‘sempurna’, tapi HP dan armor nya sangat payah, dan kalau km mencari hero sebagai counter dari ‘the best ganker ever’ ini ? sebenarnya semua hero bisa menjadi counternya, karena dia memang sangat mudah dibunuh.

Cara terbaik untuk nge-counter hero ini adalah, dengan membunuh dia, tujuanmu adalah... JANGAN sampai BKB nya jadi, apalagi dagger, dia kesulitan kok untuk mendapat gold apalagi tuntutan support untuk tim-nya, jadi persulit lagi.. ini serius! Karena kalau BKB nya jadi, selamat datang di jaman ES berikutnya.


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




52 komentar:

  1. apa HoT ga di rekomendasikan kk?? rylai kan tipis...

    BalasHapus
  2. @aurora
    rylai bukan Tanker kk..
    tp kalau mau beli, belinya belakangan aj (kalau semua core sudah jadi)

    BalasHapus
  3. KK..q masi bingung cara mbokongnya..
    q kan player amatir, bingung kalo cm pake gambar
    da replay caranya mbokong yg baek n bener g?
    makasih KK...

    BalasHapus
  4. skill, untuk mbunuhnya yang mana ??? ato memang harus dengan teman, kita yang disable teman yang ngekill apa begitu kak ????

    BalasHapus
  5. Thx kk....
    Item yg di saranin mirip dengan item yg selalu ak pake. Dalam tim ak selalu yg berperan sbg disabler.

    BalasHapus
  6. @Fa: kl butuh replay pm email lo ke facebook gw tar gw email replay gw

    BalasHapus
  7. kalo refresher Orb gimana?
    bagus kagag?

    lumayan bisa double ulti

    BalasHapus
  8. aduh ini hero fav gua banget, <3 rylai banget :D

    BalasHapus
  9. Saya punya aksi yang paling seram kalau terjadi selama battle:

    Rylai ngebokong si Terrorblade yang sedang sendirian creeping. Rylai belum punya BKB. Terus, dia disable si Terrorblade, terus diserang Freezing Field. Bukannya mundur menjauh, tapi semakin mendekat. Terus si Terrorblade menggunakan Sundernya. Lihat saja, HP Rylai yang tadinya full diganti dengan HP TB yang dikuras Freezing Field. Terus diserang habis-habisan dan matilah Rylai. Siapa suruh menyerang Terrorblade sendirian. Tapi apakah Terrorblade adalah counternya Rylai?

    BalasHapus
  10. OMG INI HERO FAVORITE GUE BANGET
    KAK MENURUT KAKA BAGUS KA KALO DI PAKE HELM DOMINATOR SOALNYA AKU SUKA SAMA ITU BIAR GAK REPOT BELI HEALING SELVENYA

    REQUEST KROBELUS

    BalasHapus
  11. Kak Naym,aqu mw tanya,
    kenapa rylai pake BKB ?
    kenapa gk Eye Of Skadi aja.
    Aqu Kalo War Sering Nya Pake
    Dagon,Aghanim,Boots Of Travel,Refesher Orb,Linken Saphere,Eye Of Skadi.
    Gimana Mnurut Kk. thanks

    BalasHapus
  12. si cempreng blukuthuk magina koq ga ditambahin sbg worst enemy, kak naym?kan dy sangat merugikan si CM sewaktu early mid bahkan kalau jadi, semua game didominasi sama si cempreng blukuthuk magina itu.....susah amat nglawan dy mana hp tipis tapi mana juga cepet abis.....ngenges dah klo ketemu dy :(

    BalasHapus
  13. Kakak Naym, mengapa si Venge tidak ditambahkan dalam Worst Enemies? Padahal dia salah satu penjaga penjara yang punya Nether Swap yang menembus Spell Immune yang membuat Rylai percuma memakai BKB untuk Freezing Field... Tambah Venge dalam Worst Enemies...

    BalasHapus
  14. guidnya GG kk,,tq.

    BalasHapus
  15. ga ada yang perlu diprotes dari guide ini, perfect untuk semua jenis game (mau, clan war kok, 5 vs 5 ama anak kontrakan seberang, tournament, ataupun pub bisa aja). untuk yang nanya item2 EoS, Dominator, etc, etc yang ga dianjurkan dalam guide nih. Singkat padat dan jelas. Model cantik kita ini attack speednya parah, dan dari skillnya liat aja ga ada skill defensif, gantinya malah ulti OMGWTFIMBAGGTQ, jadi daripada mikir naikin damage, slow, atau lifesteal, mending BKB agar rylai anda tahan lama mejeng di tengah2 badai es

    BalasHapus
  16. kk naym. cara make channeling spell gmn ya? kok saya habis pake ulti mesti langsung nyerang unit lain atau jalan?

    BalasHapus
  17. Anno: Kalau Channeling, habis memakai spell diam saja dan bisa dihentikan kalau jalan, distun, didisable, atau disilence.

    BalasHapus
  18. gan, kalo kasi efek ghost scepter k musuh trus kluarin freezing field, demegnya nambah??

    BalasHapus
  19. Pakai BKB juga mantap buat ultinya yang channeling itu loh, biar ga berenti :D

    BalasHapus
  20. Kak naym saya rasa worst enemy nya kurang 1 si doom bringer dengan doom kita menjadi ga guna di saat war thx

    BalasHapus
  21. iy kk naym.. allies nya juga tambah thrall..
    punya kinetic field tuh..
    lumayan buat kombo sama ulti nya, durasi nya juga sama.. kalau dah gitu, 12.400 damage bukan cuma mimpi lagi :D

    BalasHapus
  22. @Anonim,
    iya, ghost scepter naikin damage freezing field amamagical damage lainnya

    @Anonim
    oh, itu masuk kategory silencer jg gan :)

    @rizal
    iy juga :D
    damagenya terbagi rata ke semua AoE tapi. Ok, sbnrnya itu masuk disable area :)

    BalasHapus
  23. @JAPRA-crew-
    kog gambar nya ilank kak naym...
    saya lagi pgn Blajar Hero Ini wat suport..

    BalasHapus
  24. ada alternatif selain eye oof skadi
    misal pke Stygian Desolator bisa gak?

    BalasHapus
  25. Wah, sbnrnya rylai ga perlu beli semua itu kk.
    Rylai lebih cocok naikin potensi casternya, ama ngesupport timnya. Kecuali udah late banget baru boleh, tp mending skadi :)

    BalasHapus
  26. I Like because Rylai beautyful and strong he...he...he... ^-^

    BalasHapus
  27. kok rylai kalah ngelawan dark seer ??

    BalasHapus
  28. wakoawkok slark gua by onenin kalah padahal darah gua 200 darah dia full

    pertama di jadiin es di slow jadiin ayam pake guinso terus ulti itu bokong gua daru arah markas dia terus lagi dikejar kalo maju kena ulti mundur kena temen gue serba salah tewas deh

    BalasHapus
  29. kk nyam sya itemnya :
    vanguard, crystalys, phase boots, trus sma shiva guard ^^ mnurut kk gmna? klo add duid lebih aku jadiin buriza...lumanya bwat pas kena frostbite ^^

    BalasHapus
  30. baru nyoba ni hero ternyata benar the best ganker ever, bnyak teman ane yg ngeremehin potensi rylai, tapi saya setuju dengan kata2 kk naym, jgn kecewa skormu rendah yg ptg menang :), jadi rylai ga boleh nyampah jadi jgn bikin dagon biar carry aja yg ngelasthitnya iya kan?

    BalasHapus
  31. gambarnya rylai hentai kk

    BalasHapus
  32. Lah? klo auranya masih keliatan kalo invisible di tanah, ini hero jadi worst ally-nya riki dong? o.O

    BalasHapus
  33. Tmbahin Purist kk bwt alliesnya..
    Jdi kga prlu BKB lg..
    Plus ulti n heal kga mati2 tuh rylai dgebuk 5 org..
    Mlah yg ad rampage..
    Ato hero2 silence jg lmyan ap lg nortrom..
    Tq

    BalasHapus
  34. siippp...gambar rylai yg terakhir. seksi abizz.. gues uka... ^^

    BalasHapus
  35. magina ngga jadi wrost enemy om?

    BalasHapus
  36. OMGWTFGGIMBATQ

    BalasHapus
  37. kk gw pake rylai bisa godlike loh ^^ itemnya: phase boots, dagger, bkb, HoT, linken, ma dagon.
    Build: frost-nova-frost-briliance-frost-freezing-frost sisanya terserah ^^

    BalasHapus
  38. harusnya friendsnya ada yang bikin spell immune seperti: purist agar ga usah beli BKB

    BalasHapus
  39. kk mw tanya klo ghost scepter di aktifin di diri sendiri trus barengan ma aktifin bkb bsa g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat avatar aktif, GS bisa diaktifkan, tapi cuma cooldownnya yang berputar, efeknya ga keluar :)

      Hapus
  40. kk naym ursa kok gak dimasukin sebagai ally?
    soalnya dulu pernah liat temen maen di lane bawah...
    duet ursa sama rylai...
    asli serem banget ampe musuh yg di lane bawah gak bisa ngapa"in

    BalasHapus
  41. kak ko lothar di masukan ke rejected item padahal kan pas dia ulti langsung lothar efektif juga mohon d balas kakz tq

    BalasHapus
  42. kka, tuskar rylai rooftrellen.. gelinding, iket, rylai ulti, sakit banget kka itu..

    BalasHapus
  43. karna lebih mahal daripada dagger

    BalasHapus
  44. kk mang skill frostbite ngefek ke fountain ya, soalnya tim w pernah mau ngancurin fountain cuma gara-gara frostbite, durasinya juga lebih lama ya?

    BalasHapus
  45. Thx kk, berkat guide ini, Rylai sy makin ditakuti, semua item2 itu berguna...
    eh, pernah kejadian lawan Nerubian Weaver, lucunya, tiap kali dia nembakin anak2nya, yg kena cuma Creep ama Hero2 lain, sedangkan semut2 kecilnya 'molos' melewati Rylai (padahal ga pake BKB lo ^^) slalu kejadian bgitu dalam War tsbt.
    (Bug mungkin?)

    BalasHapus
  46. tambahin ethereal blade dengan veil of discord, makin mantep tu ultinya :)

    BalasHapus
  47. Best alliesnya tambahin enigma kk..
    Freezing field selama durasi black hole sgt mematikan bagi musuh :D

    BalasHapus
  48. kk, halaman web na ada yg error ya, kok tiap spoiler ga bisa di show. yang guidenya sladar jga error kyknya. mhon di bnerin ya soalnya btuh bnget guidenya. well this is the best site. keep moving

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih,
      spoiler nya udah fix, sebelumnya ada sedikit gangguan pada scriptc, hhe
      maaf atas ketidaknyamanannya :)

      Hapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats