DotA Guide Indonesia

Kardel Sharpeye - The Dwarven Sniper



Kardel Sharpeye is a testament to his name and race. Using only his finely honed skills of marksmanship and his trusty rifle, he systematically destroys his opponents from afar. Taking great care to aim for the most vulnerable of areas, he is capable of severely injuring an opponent, and with a little extra time, has been known to simply dispose of an enemy in a single shot. His rifle is equipped with a secondary barrel, capable of launching a short burst of shrapnel at close range, causing massive damage.



INTRO


Kardel Sharpeye mungkin adalah hero DPS yg terbaik di dota, Karena itu banyak yg bilang kalau kurcaci ini adalah hero paling kejam yang selalu membunuh musuhnya tanpa disadari dan diketahui posisinya oleh si korban.

Ultinya yg sangat mengerikan, jarak serang yang amat sangat jauh membuatnya dijuluki 'The King of Range'. Buatnya, tidak perlu repot lari mencapai jarak serang umumnya, dari jarak sangat jauh, tersembunyi dibalik kabut, jauh dari jangkauan mata siapapun, jauh diatas bukit, jauh diujung sungai, JARAK bukan masalah untuk membunuh targetnya.

Lengkap sudah kehebatan DPS dengan attack range yg terjauh dan terbaik di DOTA yaitu mencapai 850 Range, di luar jarak serang tower,  jauh  tersembunyi dalam gelapnya pandangan mata di malam hari.

Sayang sekali setiap hero pasti ada kelebihan dan kekurangannya, nah.. sudah di sebutkan kelebihan range yang membanggakan. Beberapa kekurangan sharp eye ini diantaranya Hp dan armornya sangat parah, dipukul beberapa kali sudah mati, ditambah lagi buat kabur/lari juga susah dengan movement speed yg jauh di bawah rata-rata. Meskipun begitu selamat bersenang-senang ala silent killer! HEAD SHOT!!

Spoiler Statistik Hero



Name: Kardel Sharpeye
Affiliation: Sentinel
Strength: 16 + 1.7
Agility*: 21 + 2.9
Intelligence: 15 + 2.6
Damage: 36 - 42
Armor: 1.9
HP: 454
Mana: 195
Movespeed: 290
Range: 550 (ranged)





Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN

1. Ultinya serangan semi-Global dengan jarak serang ( range ) terjauh di DOTA
2. Attack range terjauh juga.
3. Dengan kecepatan pelurunya, sangat mudah baginya nge-last hit creep dan deny.
4. Ultinya adalah nuke yang sangat mematikan, dengan cooldown singkat.

KELEMAHAN
1. Tipis... HP dan Armorx, gampang mati
2. ga punya skill kabur
3. Movement speed yg sgt sediki
4. Attack damage yg amat sdikit





SKILL

Shrapnel


Fires a ball full of shrapnel into the air. which promptly explodes, showering the target area in explosive pellets, enemy unit that walk in this area get damage and slowed. Deals 30% damage to buildings. Shrapnel Lasts for 9 seconds
Level 1 - 15% slow. 10 DPS
Level 2 - 20% slow. 20 DPS
Level 3 - 25% slow. 30 DPS
Level 4 - 30% slow. 40 DPS
Cast Range: 1800
AoE : 400
Mana Cost : 120
Skill baru dr Kardel, Sebelumnya adalah Scattershot yg kebanyakan orang bilang itu adalah skill sampah, tp sebenarnya di level 4 skill itu bs membunuh creep range dgn HP masih penuh.

Entah kenapa, tp sepertinya scattershot ga begitu berguna, jadi skill itu diganti dgn Shrapnel, skill ini jauh lebih mematikan karena slain membuat slow, juga ada DPS nya, yg artinya bs membunuh semua creep yg ad, slama creep itu di AOE.


Headshot


A shot to the head deals bonus damage and stuns for a short duration.
Level 1 - 40% chance to deal 15 damage and ministun. 0.25 second duration.
Level 2 -
40% chance to deal 40 damage and ministun. 0.25 second duration.
Level 3 -
40% chance to deal 65 damage and ministun. 0.25 second duration.
Level 4 - 40% chance to deal 90 damage and ministun. 0.25 second duration.
Karena damagenya physical, jd ga dikurangi ama spell resistance, tp damage dikurangi armor. Ministunnya di block oleh spell imunity dan linken’s sphere, jadi menguntungkan untuk memakai assasinate dgn linken yg sedang cooldown. Ngefek ama creep sendiri, jd membantu deny jg.



Take Aim


Kardel uses his dwarf engineering skills to make modifications to his rifle, enhancing the range of his rifle.
Level 1 - Adds 75 range
Level 2 - Adds 150 range
Level 3 - Adds 225 range
Level 4 - Adds 300 range
Hanya dengan level 3 skill ini kamu harusnya sudah bisa santai cicil tower tanpa diserang tower. Bisa nembak jauh dari balik pepohonan tanpa ketahuan.


Assassinate


Take time to draw a bead, and then deal a large amount of damage to the target at a huge range.
Level 1 - Deals 355 damage. Casting Range 2000. Mana cost 175. Cooldown 20 s.
Level 2 - Deals 505 damage. Casting Range 2500. Mana cost 275. Cooldown 15 s.
Level 3 - Deals 655 damage. Casting Range 3000. Mana cost 375. Cooldown 10 s.
- Damage dikurangi spell resistance.
- Efek ministun dr headshot jg kena.
- Kalau memakai skill ini dlm keadaan INVISIBE, kardel baru kliatan saat peluru mulai ditembakkan.
- Klo musuh yg ditargetkan hilang atau masuk ke FOW (fog of war ? kabut map ) peluru tetap akan mengenainya dan kita tetap bs melihat pelurunya mengenai sasaran.
- animasi di atas kepala target assassinate hanya bisa terlihat oleh timmu.
- Skill ini menggagalkan channeling spell, bahkan yang sedang spell immune
- Lama Castingnya adalah 1.7 detik
- Linken’s sphere nge block skill ini.
- Kardel tetap mendapat EXP meskipun target assassiante yang dibunuhnya jauh diluar area EXP.

- Terakhir, mungkin kamu menganggapnya bukan sesuatu yang penting tapi sejauh apakah 3000 range? Praktekkan sendiri.. coba berdiri disamping secret shop sentinel, lalu sniper ke musuh yang sedang fokus farm di tower 1 Lane Mid! Yep, sepanjang rantai hook Clockwerk Goblin. DOOR! ;')








SKILL BUILD

Build Melawan Musuh Melee:

1.Headshot
2.shrapnel
3.Headshot
4.shrapnel
5.Headshot
6.Assassinate
7.Headshot
8.shrapnel
9.shrapnel
10.Take Aim
11.Assassinate
12. Take Aim
13. Take Aim
14. Take Aim
15. Stats
16.Assassinate
17.– 25. Stats


Headshot diambil di level 1 karena akan sangat membantumu nge last hit creep dan deny jg, karena damage kardel di early game sgt sedikit, cukup sulit baginya ngelast hit creep dgn attack damage segitu.

Shrapnell sangat penting d early kalian selain bisa untuk pertahanan (dari slownya) juga untuk nyicil atau defense tower. Jangan gunakan untuk Push dulu.

Karena melawan Melee, jadi Take Aim belum dibutuhkan di early. Kapanpun assassinate udah bs diambil jgn melewatinya.. HARUS ambil ^^.




Build Melawan Range
(Credit: rey_kerenz )

1.shrapnel
2.Take Aim
3.shrapnel
4.Take Aim
5.shrapnel
6.Assassinate
7.shrapnel
8.Take Aim
9.Take Aim
10.Headshot
11.Assassinate
12. Headshot
13. Headshot
14. Headshot
15. Stats
16.Assassinate
17.– 25. Stats

Kali ini kamu butuh shrapnell Full di early, karena bisa membantumu defense, dan nyicil Hero range dengan casting range skill ini yang jauh. Take aim juga berguna untuk semakin memperpanjang jarak antara kamu dengan musuh range. Headshot ambil setelah kedua skill lain mentok, kali ini kamu lebih butuh kedua skill lainmu.






Item Build dan Gameplay





di awal game, km sgt membutuhkan banyak ancient tree tango, atau healing slave, obat2 itu akan membantumu bertahan lama di line untuk naikin level.



EARLY ITEM

BRACER



Hero2 yg HP nya tipis bgt sgt butuh item ini di awal, km boleh membeli 3 bracer, atau 2 bracer 1 wraith band, atau 2 wraith band 1 bracer, terserah km. Knapa harus banyak2, karena kardel emang Tipiiis bgt.

BOOTS OF SPEED


Nambah 50 MS, udah lumayan membantu, tp belum cukup untuk ngejar hero2 yg jg uda beli item ini.


LOTHAR EDGE


Item ini penting bgt buat kardel, meski gampang bgt di counter ama ward ato gem, sebenarnya item ini bukan untuk invisiblenya, tp alat buat km KABUR.. saat dibokong atau war. pasti km bakal bahagia bgt bs kabur dr bokongan, gold kamu selamat.






EARLY STRATEGY
Drafting....

Jangan Pick Kardel:
1. Kalau anda suka rusuh-rusuh.
2. Musuh kalian banyak yang pick hero-hero Ganker dan Nuker.
3. Tim kalian kebanyakan pick hero yang rapuh.
4. Anda suka membunuh lawan secara besar-besaran dan provokator.


Pick Kardel:
1. Tim kalian kekurangan killer.
2. Musuh kalian banyak yang pick hero 1 vs 1.
3. Anda suka farming.
4. Anda suka membunuh lawan secara diam-diam agar lawannya tidak tahu posisimu dimana.


Peran:
Carry/Semi-Carry = Harus!
Ganker/Disabler = Kurang cocok.
Nuker/Pusher = Kurang cocok.
Support/Warder = Tidak cocok!
Initiator = Sangat tidak cocok!!
Tanker/Semi-Tanker = Apalagi yang ini!!!


Lane

Kardel harus mendominasi line di early game, bukan berarti harus sering2 nge last hit creep atau deny creep sendiri, tp mendominasi artinya km harus yg bertahan paling lama di line, untuk menaikkan lebih banyak level. Klo di awal sj, levelmu uda kalah, susah
nantinya ngejar level mreka.




Karena itu di awal km mesti beli tangoes, atau 2 healing slave, sisanya beli resep buat bracer/wraith. Meski HP mu berkurang dikit, alias berkurang lebih dr 100, langsung makan pohon aj. Usahakan HP km selalu terlihat full, karena klo terlihat orange, musuh ga perlu ragu majuin km.

Klo ga ada teman setim km yg beli ayam, mau ga mau km yg beli ayam. Tp klo ada teman km yg beli ayam, km harus se-line dgn dia, itu akan sangat membantumu lebih lama bertahan di line.

Main solo mid sebenarnya boleh bgt buat kardel, asal km uda beli ayam, bahkan lebih bagus lg main solo, dgn gt level km jauh lebih cepat naiknya, asalkan lagi km harus selalu membeli ward dan pasang di daerah sungai dekat dgn line tengah, byar km bs tahu klo ada yg mau bokong km. Main safe aj klo solo mid. Utamakan level naik.

Klo udah level 6, dan km main solo mid, langsung aj tinggalkan line, dan pergi ke line atas atau bawah, dan dgn bantuan teman2 km di line itu km bisa membunuh musuh di len itu dgn assassinate mu.

Last hit creep, yg harus km lakukan adalah itu, jangan sering2 nyerang creep yg belum bs di last hit, karena akan memperlambat laju creep, slain itu dgn hanya nge-last hit creep km bs mendapat lebih banyak uang, ingat.. attack range km jauh dan kecepatan pelurumu luar biasa. Slain itu jgn lupa imbangi laju creep dgn men-deny creep sendiri.

Assassinate level 1 km boleh gunakan klo musuh km HP nya udah dibawah 270, meski damage assassitate level 1 355, tp akan dikurangi spell resistancex, apalagi klo musuh bawa planewalker’s cloak atau Hood of Deviance, dya bru bs mati klo HP nya di bawah 230.







MID ITEM

Power Threads


Attack Speed untuk Headshotmu.


Mask of Madness


Orb paling murah dan efisien untukmu, Lifesteal untuk ketahanan dan AS semakin cepat memicu headshot. Amplify damagenya? kamu punya lothar untuk kabur atau bonus MS item ini, jadi.. tidak ada yang perlu ditakutkan.


YASHA


Untuk slow juga. Menambah AS juga dan MS untuk ngejar. Stats STR juga berguna buat ketahananmu.






MID STRATEGY
Di mid game, Take aim mu mestinya uda level 4, dan km uda ngambil skill shrapnel buat creeping, km bs dgn santai bunuh creep dan hancurin tower, atau dengan kata lain, uang uda lumayan lancar.

Klo Lothar mu udah jadi, sambil PUSH lawan, ikutan WAR, tapi tetap creeping sambil defense tower km, atau main ke utan. Kumpulin duit untuk beli Boots of Travel. Klo item itu uda km bawa, setidaknya km udah bs mengimbangi MS sebagian besar hero2 lawan. Dan ga perlu takut lagi maju2 di WAR.

Setiap ada gelombang baru creep, segera gunakan shrapnel ke area creep itu bertarung, akan sangat membantumu mendapatkan uang.

Sebenarnya klo udah megang lothar, km udah ga perlu takut lagi di bokong, klo km di bokong tiba2, tunggu saat yg tepat buat kabur pake lothar, kecuali ada teman km yg datang diam2, klo bs lawan aj dl sampai teman km tuh muncul. Gunakan lothar klo emang HP km itu udah dikiit bgt.

Bokong lawan sangat mudah bagi kardel, ajak siapapun teman km, dan dgn range yg 810. Yg km lakukan pertama adalah serang musuh itu jauh dr balik pepohonan, usahakan jangan sampai terlihat sebelum km mulai menyerangnya, byasanya musuh ga tau yg terjadi, sampai dya menyadari klo HP nya berkurang2, langsung maju ke arah jalan pulangnya sambil tetap tembak2, dan klo udah mulai kabur habisi dgn assassinate. Bantuan teman km adalah mengurangi HP nya, klo punya stun jauh lebih bgs lagi.

Km juga bs nyerang lawan sendiri, tp pastikan dulu, musuh itu ga punya stun/hex/ atau skill disable lainnya, trus musuh itu ga punya banyak spell mematikan, apalagi kalau HP km sudah orange, malah km yg bakal dibunuhnya.

Di Mid game km udah menjadi real SNIPER, dgn range yg jauh, jadi sering2 lah nyerang dr tempat yg ga terlalu terlihat, dan ingat... lakukan diam2, sssttt!!......km udah bs membunuh dr jarak yg sangat jauh.






LATE ITEM

THE BUTTERFLY


Item yg cocok untuk semua hero Agility, karena nambahin damage, attack speed dan ada evasionx juga, tp knapa item sebagus ini selalu di beli di late game? Tentu saja karena resep item ini mahal bgt, yaitu eaglehorn yg harganya 3300. Lengkap sudah yg dibutuhkan Kardel..

MANTA STYLE


Kalau musuhmu sedikit yang punya AoE spell mematikan. Ilusi-ilusimu juga mendapat Attack range yang sama.


ALTERNATIF ITEM

HELM OF DOMINATOR

Alternatif stygian. banyak orang menjadikan item ini core tapi saya tidak setuju. Untuk orb stygian desolator adalah yang terbaik. Kecuali kamu menjual item ini untuk membeli stygian itu boleh saja tapi itu membuang-buang gold. Kamu memang bisa ngelifesteal dari headshot, tapi ketahuilah corruption membuat bonus damage headshot jauh lebih sakit apalagi dengan chance 40%, tinggal pukul beberapa kali saja sudah bisa membunuh target dengan assassinate.


STYGIAN DESOLATOR

Wajar2 saja, klo item ini ga kebeli di mid game, karena harganya emang cukup mahal. Item ini sangat baik untuk kardel, bs ngurangin armor lawan dan nambahin damage. Orb yang paling mempersakit damagemu.


MAELSTROM

Maelstorm alternatif item dr Stygian desolator, karena nambahin AS dan damage, juga ada chain lightingnya, slain itu juga nantinya bs diupgrade ke Mjolnir. Tapi, untuk menjadi real killer, bagusan desolator yg bisa ngurangin armor, dan nambahin damage dr assassinate.


EYE OF SKADI

Alternatifx desolator juga. Slower dgn kecepatan peluru kardel, sangat baik untuk nge-slow lawan. Slain itu nambah banyak kapasitas Hp dan Mana yg sgt dibutuhkan Kardel di late.



LUXURY ITEMS

HEART OF TARASQUE


Klo semua item core udah dibeli, termasuk the butterfly. Sempurnakan pertahananmu dgn item ini.


ETHERAL BLADE


AGI yang banyak memberikan damage yang banyak dari item ini, slow dan etheral membuat target menerima damage lassassinate ebih banyak.


BURIZA DO KYANON

Dgn critical stikex, makin sempurna lagi. Armor udah dikurangi ama desolator, trus dikasi critical strike lg, makin kejam lah kamu. Tentu saja item ini km beli klo udah megang the Butterfly.


BAD ITEM

CRANIUM BASHER

Sepertinya smua pd ngerti knapa ini bad item. Yaa.. rugi deh ribuan gold untuk beli item yg jelas2 km uda di kasi anugrah punya spell bash.. ( Headshot ). Klo km pikir dgn item ini bakal sering2 kena ministun, salah... item ini dan skill headshotmu DOESN’T
STUCK - ga bisa dipadukan - alias Cacat.






LATE STRATEGY

Cepat2 farming untuk beli the butterfly. Klo km udah megang item itu, pasti semua lawan2 km uda lebih berhati2 ikut war, mreka bakal lebih waspada. Tp jgn juga terlalu belagu, km tetap sasaran utama hero2 carry lawanmu.

Kalau ada serangan ke markas km, usahakan berada di Fog of war ( di balik pohon,dibelakang musuh2mu, tp bukan di jalur creep )lalu menunggu, klo ada teman km yg udah ‘buka’ war dgn stun, langsung serang , cari yg HP paling sedikit, setidaknya butuh waktu lama musuh2 bakal sadar kalau km ada di dekat mreka, slain itu kalau km bersembunyi dgn baik, sulit bagi mreka menemukan posisimu, jadi itu jelas menguntungkanmu untuk terus menyerang mreka, jgn lupa siap2 pakai lothar klo km ditemukan dan distun. Siap2 jg pake assassinate klo ada musuh yg udah mau mati.

Untuk nyerang markas lawan, selalu gunakan shrapnel untuk membantu nyerang, apalagi kalau nyerang tower, ingat.. shrapnel bs nyerang tower dgn DPS yg jauh lebih besar. Slain itu musuh yg armornya ga bagus jg bakal takut ke area shrapnel mu.

Untuk Assassinate lawan, km harus hati2 jg, bukan masalah cooldownnya, cooldown assainate sangat singkat, di level 3 hanya 10 detik, tapi kalau km menggunakan assassinate dgn maksud untuk nge-last hit tp gak mati dan malah kabur, tetap rugi kan...

Untuk melakukan assassinate, sedikitnya HP musuh km itu dibawah 490, untuk semua hero di late game yg udah megang item2 penambah armor dan spell resistance.

Lothar edge mu juga dibutuhkan di late game, slain untuk kabur, km juga bs ngejar musuh yg ga mati di kasi assassinate, kabur dgn HP merah, sambil nunggu cooldown assassinate selesai, kejar dya dgn lothar, dan habisi lg dgn assassinate.

Boots OF travel mu juga lumayan berguna di late game. Misalnya waktu km sedang def tower, atau creeping di suatu line, dan pada saat yg sama di line line ada war kemudian lihat situasi, kalau ada yg sedang di keroyok tman2 mu, segera tele ke sana ( kali ini dimana sj --> bukan di pepohonan ) dan langsung gunakan assassinate, kejam ga ?

Untuk trik2 lainnya mungkin saya ga ingat,karena sebenarnya ada banyak. tp klo ada yg bertanya... pasti sy langsung tahu triknya, dan segera di update :)




FRIENDS

WARDERS
Hero2 yg punya skill ward dan smacamnya akan sangat menghemat pengeluaranmu membeli ward. Km ga perlu se line sm mreka, mreka hanya memasang atau membawa ward nya ke line mu, atau Hero summoner yang bisa menggunakan unitnya untuk scouting (mata-mata)





DISABLERS
Karena kardel adalah hero carry, jd disabler sgt menguntungkan, dengan disabler nya , kardel bisa mendapatkan lebih banyak serangan.




SLOWERS
Apalagi kalau ada slower, jadi musuh bakal ngerasain sakitnya mati perlahan-lahan.




TANKERS
Sebagai bodyguard km, maklum.. km pasti jadi sasaran utama lawan2.. tp dgn bantuan tankers, kalian pasti bisa membalikkan keadaan.







COUNTERS
TRACKERS
Meski memakai lothar, km tetap keliatan klo uda kena skill2 track mreka, slain itu skill track seperti amplify mengurangi armor km, kmudian untuk ‘ track’ x Gondar, byasanya dikombo kan dgn WW dan Toss nya.




NUKERS
Nukers atau spell caster yg punya banyak mana dan spell mematikan pastinya mudah untuk membunuhmu. Hati2 ama mreka, jgn sampai mereka mendominasimu atau jangan slalu ada di line mana pun mreka brada di early game.




GANKERS
hero2 yg selalu muncul tiba2 untuk nge bokong harus km waspadai, karena itulah pentingnya ward.




BLINKERS
Blinkers lawan yg paling sulit buat kardel selama belum megang lothar. Apalagi yg dilengkapi MS tinggi dan mana break, sepertinya lothar uda ga guna lagi, mreka pasti langsung blink ke dekatmu dan mulai menyerangmu , tetap waspada dgn membawa ward.






CLOSING

Dari semua penjelasan Sniper di atas, ayo kita tarik kesimpulan...

Seperti kebanyak hero2 DPS agility, Kardel termasuk hero late yg berarti di early game harus main safe dan fokus ke naikin level dan item. Tp klo item nya udah jadi, keluar laa aslinya ni hero.

Hero ini sangat baik untuk bokong lawan di early game dgn skill assassinatenya, skill ulti damage satu2nya yg cooldownnya sangat singkat, slain itu kecil kemungkinan untuk ga kena ( klo targetnya tiba2 ilang ga kena )

Satu lagi yg penting... MOVEMENT SPEED, jgn pernah bilang item MS itu mahal, lihat fungsinya buat kardel, pasti akan terasa sangat murah item itu.

Dan trakhir... jadilah silent killer dgn lotahrmu . Pasti menyenangkan.....

*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




135 komentar:

  1. Keren nih infonya bro...
    kardel fav saya nih wihh jadi serem...
    seep seep keren thxnya ya bro...

    BalasHapus
  2. klo main kardel agar ga sering di gangbang gmn.. aq main kardel di gangbang molo ampe sakit nih bokong nahannya

    BalasHapus
  3. @rollison : kardel emang termasuk sasaran utama bokongan di early-mid game, karena dia 'carry' nya tim mu, dan kardel juga sangat berbahaya klo item2 nya jadi...

    Jangan pernah sendirian aj, selalu bareng temanmu, jangan lupa bawa 'observe' ward juga, pasang di hutan dekat t4 byasanya kamu kena gangbang ( bokong )..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koreksi: untuk kelebihan no. 1 dimiliki Rattletrap dengan skill Rocket Flare

      Hapus
  4. kk, klo kardel di awal lgsg beli 3 slipper, 1 tango, ma 1 ironwood branch , bole gak?

    tq

    BalasHapus
  5. item awal tuh terserah kamu.. klo beli 3 slipper, usahakan jadiin wraith semuanya.

    BalasHapus
  6. kk... klo bwt life still + AS cocok gk make MoM??soalnya kebanyakan org larinya ke MoM baru jadiin sNy,dll.pliss tanggapannya kk^^thx'b4

    BalasHapus
  7. kk knp kardel x boots travel???
    padahal power treads ajudah cukup......
    mohon penjelasanx..

    BalasHapus
  8. @anonim1: abis MoM kok beli SnY? @.@
    @anonim2: MS kardel cuma 290, kalau ditambah PT jalannya tetap lelet, jadi kalau mau beli PT di late ganti menjadi Travel karena kardel sangat berbakat untuk push/defense denagn shrapnellnya.

    BalasHapus
  9. kk naym,masi blom ngerti knp dominator jd bad item,kardel kan lumayan kalo ad lifestealnya,aplg d jadiin satanic,kan jd keras itu?
    atau MoM,biar ganas.
    mohon sarannya..

    BalasHapus
  10. mungkin jawabannya, karena fokus buildnya kardel ke DPS, jadi klo item2 yang bisa ngebuat damage semakin sakit, makin terlihatlah potensinya kardel. lagian hero range kayaknya g perlu lifesteal deh, kurang gimana gt...CMIIW

    BalasHapus
  11. Iy benar. masalahnya adalah bukan karena dia range tp karena lifesteal itu berdasarkan Attack damage, jadi lifesteal kardel ga akan berasa 'sakit' dengan attack damagenya yang sangat sedikit (kecuali kalau sudah megang buriza), bonus damage headshot aj kurang mendukung untuk lifesteal.
    Kardel kan tipe hero main safe, nyerang diam-diam, dan hanya muncul kalau memang mau bunuh aj. Kalau kamu sekarat kan tinggal kabur dengan lothar, jadi ga ada waktu buat isi HP dengan ngelifesteal.
    jadi Damage Kardel jauh lebih sakit kalau dia megang desolator yang ngurangin armor :)

    BalasHapus
  12. mas naym kok ga jelas sih sharpnel diambil middle, kardel kan rawan bokong... mending diambil buat slow pas kabur/ngejar. nah kalo masalah take aim sama headshot tinggal liat lawan deh, kalo lawannya ganker/spellcaster fokus take aim dulu kalo lawanya gampangan headshot aja mayan buat cicil. cukup ambil lv 2 aja early di mid tinggal liat keadaan

    BalasHapus
  13. Okay, dah wa buat 2 alternatif build Kardel. Thanks :)

    BalasHapus
  14. gw kalo make kardel belinya item yang nambahin damage.. gimana tuh?

    BalasHapus
  15. Gw pernah coba kardel dgn item Lothar edge dan etheral blade...

    musuh dgn HP 1100+ bisa langsung mokad dalam 3 detik

    lothar + etheral blade + assassinate

    wuuuuuuuuuu... killer banget loh XD

    BalasHapus
  16. kak naym .

    kalo abis deso trus skadi gapapa kan .?

    ud min armor + slow pula .

    gimana menurut kak naym .?

    BalasHapus
  17. tp gw agak beda dgn guide lo kaks..
    kalo gue awal bikin Soul Ring buat spam sharpnel terus juga ambil skill nnya pas di line.. klo sm2 range ambil take aim sm sharpnel kalo melee ya headahot sm sharpnel enk bgt..

    sharpnel = gak dapet LH.. wkakkak

    BalasHapus
  18. mantab mas.... ini blajaran hero temen ane pertama kali....

    BalasHapus
  19. Sip Guide Nya Gw Pake Butterfly , Destroyer , Etheral , HoT , Lothar Bunuh 31 Mati 0 Assist 10

    SIPPPPPP

    BalasHapus
  20. kk naym, mau nanya kalo itemnya skadi + SnY (pake hero range), pas kedua efek nya kluar (slow+maim) bs ngurangin MS lawan brp % ???.. thx

    BalasHapus
  21. kalo spatu na ane ganti phase gimana..?
    biar bisa tembus2 creep kalo di kejar,,
    bahaya kalo di bokong g ada jalan selain tembus creep..
    (belum megang lothar)
    tapi ane ngerti kalo lothar di aktifkan di klik phase akan ilang lothar itu,,
    untuk kekurangan pada kardel ane suka early beli soul ring buat cicil assasinate sama sharpnel..
    itu pun kalo ada tanker tapi kalo g ada ya ane g pake..
    ane beli arcane

    BalasHapus
  22. hmmmm,,isa minta kirimin saya gambar semua hero gk???di email saya fero_fefe@yahoo.com

    BalasHapus
  23. kak, headshot nya kardel apa bisa stack dgn MKB ?

    MKB kan juga punya ministun, tapi di keterangan MKB ditulis kalo gak stack dgn headshot.

    BalasHapus
  24. klo gw skill build awal pasti mentokin dulu Hshot sama take aimnya, trus sharpnelnya belakangan... udah ngikutin skill build disini tp ada yang kurang gimanaaaa gitu... tp stiap ad skill ulti pasti langsung ambil...

    BalasHapus
  25. Ada beberapa yang ditambahkan...

    Drafting....

    Jangan Pick Kardel:
    1. Kalau anda suka rusuh-rusuh.
    2. Musuh kalian banyak yang pick hero-hero Ganker dan Nuker.
    3. Tim kalian kebanyakan pick hero yang rapuh.
    4. Anda Nubie.
    5. Anda suka membunuh lawan secara besar-besaran dan provokator.

    Pick Kardel:
    1. Tim kalian kekurangan killer.
    2. Musuh kalian banyak yang pick hero 1 vs 1.
    3. Anda suka farming.
    4. Anda suka membunuh lawan secara diam-diam agar lawannya tidak tahu posisimu dimana.

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Harus!
    Ganker/Disabler = Kurang cocok.
    Nuker/Pusher = Kurang cocok.
    Support/Warder = Tidak cocok!
    Initiator = Sangat tidak cocok!!
    Tanker/Semi-Tanker = Apalagi yang ini!!!

    BalasHapus
  26. Kakak Naym, ada koreksi, yakni di bagian Best Alles: Warder. Weaver sudah bukan lagi warder karena Urna Swarm sudah pindah ke Anub'arak. Jadi, keluarkan Weaver dari Best Allies.

    BalasHapus
  27. KK... desoLator emang bagus, tapi kardeL jadi ada animasinya waktu nembak... bikin Lawan ngeLihat...gimana tuh? padahaL kaLo gag ada animasinya kan keren...hehehe jadi musuh gag sadar kaLo Lagi di sniper...

    gimana tuh, gua jadi pakenya pt, lothar, buriza, butterfly, sisanya paLing taras ato bLoodstone...

    makasih kk...

    BalasHapus
  28. pak tua ini memang selalu jadi favorit... karena rangenya fantastis bisa menembak dari celah yang ga terlihat..desolator emg bagus banget dan sangat sinergi.. tapi entah kenapa animasi pelanginya sangat mencolok dan jadi ketahuan deh arah aku nembak.. aku lebih suka kritikal daripada pake desolator.. oh iya MKB gimana?

    BalasHapus
  29. kk...
    gw maen maelstrom + mkb ga stack
    tapi maelstrom nya jadi jarang kluar stelah bli mkb

    BalasHapus
  30. i suggest combo ur shrapnel with diffusal blade.. glhf to be solo killer :D

    BalasHapus
  31. mao nanya nih..SnY itu di stack ga sih ma desolator ?? koq di taro di bagian alternatif ya ??
    kalo saya bli desolator trus kepingin bkin SnY bagus pa cacad ?

    BalasHapus
  32. diki dan anonim, ga usah MKB, kardel kan udah punya Headshot :)

    tiar_gg, thanks but i'd rather buy AS or other Orb items because Snip have Headshot to permabash :)

    anonim, karena tidak stuck jadi ditaronya di bagian alternatif kk, SnY alt stygian :)

    BalasHapus
  33. Etheral blade itu buat apa sih ad yg tw ga trus MKB itu ap y

    BalasHapus
  34. Etheral Blade itu bikin target yang diklik dan diri sendiri jadi Ethreal Form
    nama lainnya itu Ghost Form (dari item Ghost Scepter) / Decrepify (skill Pugna)
    efeknya sama kayak Decrepify dan Ghost Form, gak bisa diserang dan nyerang
    tapi mendapat tambahan 40% damage dari spell
    apabila digunakan ke musuh (Decrepify / Etheral Blade), kena slow juga, sekitar 50% kalo gak salah
    Etheral Blade juga ada tambahannya, yaitu musuh yang ditarget bakal kena damage sebesar 2.25 x agi kalo gak salah

    MKB = Monkey King Bar

    BalasHapus
  35. Saran mask of madness krn kardel ga ush tkt kena pukul lwn,kl sy lebih sk maksimalin skill 2 ama 3 dulu ga ush pk skill 1 ama modal mom udh bisa harass lawan dgn efektif tnpa tkt kn tambahan dmg.

    BalasHapus
  36. kaka, kardel bisa pake MKB apa ngak ????

    tolong dijawab ya

    BalasHapus
  37. Faisal, carry tipis kek sniper lebih butuh item buat kabur yang ngedukung proses farmingnya daripada item lifesteal. Beli MoM nya bealkangan :)

    Anonim, iya bisa, tapi minstunnya tidak stack dengan headshot, chance nya aj yang ditambah jadi ministunnya makin cepat keluar. :)

    BalasHapus
  38. kok kardel ga pake domin atau mom sih??tolong penjelasannya

    BalasHapus
  39. Anonim, baca komen sy yg sebelumnya :)

    BalasHapus
  40. kk..
    thanks bgt ya ama guidenya...
    ternyata kk jga sependapat ama saya klo dominator ga' terlalu cocok klo yg pke kardel...
    kk klo desolator ama skadi digabungkan dy bsa stack gak..?
    soalx pas gw liat di recipe skadi tertulis kayak gini (orb effect do not stack (melee))..
    bsa ga'..?

    BalasHapus
  41. kk koq build 2-2nya harus ambil shrapnel dlu..?
    'kan lbih bgs klo lwn hero melee yg harus dimentokin (menurut gw)
    take aim ama headshot....
    biar bsa nyicil...
    toh di lvl 6 udah bsa ngejar firstblood
    (solo lane)

    BalasHapus
  42. Anonim. (bosen ane ketik anonim,kwkwk ==')
    skadi buat range emang bukan orb, tapi stygian dan skadi sama-sama buff placer artinya ga stack.

    ANonim.Shrapnel early bisa buat slow ama push tower jg.

    BalasHapus
  43. kk kalo misal kill hero
    tu koq ad tulisannya dapet exp
    tu bonus exp ataw ap??
    thanks

    BalasHapus
  44. kk saya bru bljr pake kardel nih..
    pake lothar edge n maelstrom,,,
    gimana cara ngeluarin lightningnya ya?
    ty atas jwbnya,,,,

    BalasHapus
  45. nih hero curang nih masa kalo ngekill dapte bonus gold curang amat, btw kalo karedel buat vg bole ga kk aku masih newbie nih sering mati terus

    BalasHapus
  46. bukannya itu karena target assasinate yg mati ada di luar exp range,jadi diberitau kalo si kardel tetep dapet exp dan gold walau diluar area exp(lupa berapa unit)

    BalasHapus
  47. willy_unto.
    lightning keluar otomatis, semakin cepat pukulan semakin cepat terpicu :)

    Ano.
    oh maksudnya itu, ane kira yg tulisan 'spwn for ... gold'
    iya, kalo dibunuh diluar 1000 AoE (area EXP)

    BalasHapus
  48. gila yang ngomen banyak banget gue jadi bingung mau bantu bales yang mana -__-"

    @apaajabolehkan

    Skadi sama Stygian nggak stack karena mereka berdua sama2 merubah animasi serangan. Tambahan aja Stygian itu nggak stack sama barang orb effect apapun (SnY, Maelstorm, etc)

    @Guide

    I have other Kardel build, cekidot :D

    level 1 : Take Aim
    level 2 : bonus
    level 3 : Take Aim
    level 4 : bonus
    level 5 : Take Aim
    level 6 : Assassinate
    level 7 : Take Aim
    level 8-10 : bonus
    level 11 : Assassinate
    level 12-15 : bonus/Headshot
    level 16 : Assassinate
    level 17-25 : terserah kalian LOL

    reason for this build : well di awal game pasti kalian bakal jadi inceran dan nyawa kalian pasti tipis banget kayak kertas, jadi (kalo aku) lebih enak kalo Early Game ambil Take Aim + Bonus buat survive di Early sampe Mid biar jadi :D just share, feedback accepted :)

    BalasHapus
  49. Kok gitu sih knp g usah pke domi zzzzzzzzz

    BalasHapus
  50. Bukan jelek sebenarnya. Oke sudah dipindahkan ke alternatif. thanks :)

    BalasHapus
  51. ganker juga kk naym, soalnya bisa bokong dari jarak jauh, dan biar cepet jadi kardelnya

    BalasHapus
  52. bang,sniper thu bagusan pake deso ato pake maelstorm??

    BalasHapus
  53. kalo aku sih pake maelstorm trus jadiin mjolnir, karena desolator kalo nembak pelurunya jadi ada pelanginanya.

    BalasHapus
  54. Kak beri saran dung item apa aja yang bagus di beli dari pertama main sampia jadi cerry..makasih

    BalasHapus
  55. kk naym Masukin AC ke luxury buat nambah AS+armor bwt ketahanan nie kakek 1

    BalasHapus
  56. kardel, hero mini performa maxi, kl jd, kl ga ya CCD..
    mo nanya item defense yg bagus buat dia apa ya??

    BalasHapus
  57. KERRY mengatakan.....

    kk Naym, item critcal kaya crystalis stack tdk dengan skil headshot sniper?
    thx

    BalasHapus
  58. @album cristiyan.co.id
    ada di atas kok, PT,lothar,SnY, The buterfly, Orb nya STygian atau Dominator.

    @Kevin
    bole kalo ga ada tanker-DPS di tim. Kalo ad mending hyperstonenya aj

    @fathan,
    lothar.
    ketahanan utama kardel itu kabur, naikin armor jg ga bakalan mempan, dia tipis bgt.

    @Kerry
    iya, juga bisa terpicu bersamaa, :)

    BalasHapus
  59. biar gampang kill gini aja kk,,
    jadiin item early kayak bracer dll,kalo udda kejar pt,jadiin MoM/lothar (pilih salah satu duluan),nah lgsg MKB,bfly
    beberapa detik dah dapet minim kill 1/2 hero sekaligus ^^

    BalasHapus
  60. kasih lothar, butterfly ama rapier aja ni kakek.
    di jamin goodlike :)

    BalasHapus
  61. kk naym? lothar ganti dagger bagus gak?

    BalasHapus
  62. Sebaiknya nggak, lothar slain buat kabur juga nambah AS dan damage. kardel jg ga perlu ngejar jarak, bisa ngebunuh dari jauh.

    BalasHapus
  63. Kk Naym maaf kalau saya salah tangkap...
    Tapi saya liat itu mid-game kok itemnya S&Y ma Desolator...?

    Bukannya Maim dari SY itu orb effect ya? Kan nggak boleh stack sama orb corruption na Desolator...

    Kalau misalnya tujuannya hanya tuk dpt movespeed ma ASPD... Nanti orb yg aktif yg mana, kk? Yg Maim apa Corruption?

    Thx :)

    BalasHapus
  64. KK kalau pake MoM sama Mjolnir gk apa apa

    BalasHapus
  65. hey, mr naym
    kata u mkb sama headshot ga ngestack tp chance headshot nya ditambah. mksdnya chance headshot MKB(35%)+headshot(40%)= 75%?

    gitu bukan???

    BalasHapus
  66. @anonym
    ga ditambah kek gitu, ada perhitungan stacking chance (kalo mau lihat di playdota tab mechanic)
    chancenya jadi sekitar 60%

    BalasHapus
  67. bang, mau nny masa cranium basher 2second stun ga efek sih ato bentrok ama skill hedsotnya dia?
    ane pake barusan di 7.1 ai no problemo tuh

    BalasHapus
  68. saya sih kurg setuju ma stygian, kalau nembak pelurunya jadi keliatan -__-, apa ada cara biar meski makai stygian atau lifesteal pelurunya jadi gak keliatan?

    BalasHapus
  69. kk aku make kardel trus nembakin centaur,, eh malah aku yang mati duluan.. padahal centanya ga da mukul aku.. :(
    Gimana caranya ngalahin centaur kk???

    BalasHapus
  70. @stnho
    kliatannya aj no problemo :)
    Headshot tetap keluar tp Rugi karena Bash cranium basher dihitung sama, jadi rugi ribuan gold.

    @anonim
    hahaha yg penting efeknya bro, ngapain ngurusin tampilannya --'

    @anonim
    N'aix, Huskar atau yg apling mantep Rotund, GG!

    BalasHapus
  71. Kk anonim.
    Saya mau tanya nih.
    Kan core stygian desolator.
    Jadinya satanic sama desolator bagus an yang mana kak?
    Jadi kan taras bisa diganti dengan item lain soalnya satanic juga uda tambah str.

    BalasHapus
  72. Kk Naym , Kalau Kardel Membunuh Musuh (dengan Assasinate) Yang Jaraknya Lebih Dari 1000(Jarak Exp) Apa Kardel Mendapatkan EXP ?

    BalasHapus
  73. Mantaf.... :)
    Entar gua ksi cendol deh seporsi

    BalasHapus
  74. Pas manteb bro.. Holyshit..

    BalasHapus
  75. om ane katanya true strike MKB kaga stack ama headshot kardel bener?? kalo gt bisa ditaro di wrong item tuh MKB om..

    BalasHapus
  76. kk tanya LICH ko ga masuk enemie sih ? LICH dewa banget tu di early ?

    BalasHapus
  77. Om...makasih Om,,....semenjak saya baca baca panduan dr om...saya bisa maen dota Lumayan GG di kampung saya om...padahal dr cupu om...cupu sekali....makasih om..makasih....aku cinta ama om....><

    BalasHapus
  78. kk mw nanya kalo sny ma dominator stck ga....?

    BalasHapus
  79. mw nanya nie kalo dominator ma sny stck ga...?

    BalasHapus
  80. nih build saya supaya kardel cpt dewa tnpa butuh brg yg mahal2

    lvl 1 - 9 headshot dab take aim + ulti juga

    item early:

    wraith band x2
    power thread x1
    mask of madness x1

    item mid:

    1x cranium basher
    1x lothar

    Item Late

    1x bebas, anda jg bs mengganti MOM dgn brg luxury

    BalasHapus
  81. udah sy coba beberapa kali di nusa, build yg tepat untuk hero ini di early game adalah MOM, menambah attack speedmu berarti membuat frekuensi bash bertambah, lifesteal membuatmu mempunyai cadangan nyawa, mid game tambah lothar dijamin hero agi dan int yg ketemu hero ini lgsg mokad krn Lothar + MOM + Bash coba aja, oh ya sebelum beli MOM maksimalkan skill take aim dan headshot, skill 1 ambil 1 di mid game, sisanya ambil stat cobain dah gampang bgt pake nih hero udh kyk ganker tp sendirian mulu wkwkwk

    BalasHapus
  82. kak.kalau desolator nembak musuh ya ketauan ama Effect Desolator kan.?

    BalasHapus
  83. setuju tuh ma cranium
    soalnya gw juga buat :D

    BalasHapus
  84. manteb nih buildnya

    gw liat nih build jadi kurang suka kalo pake domi, mending desolator... cicil gold beli hammer, kalo kepepet ya jadiin maelstrom... baru item GGnya si butterfly. sisanya paling bkin SnY sama buriza kalo bener2 late

    BalasHapus
  85. kk kalau menurutku si lebih baik
    dari awal ngambil take aim ama headshot gantian ampe lvl 6 baru ngambil assasinate
    trus d mentokin tu take aim & headshoot soalnya kan kalau creepingan bisa d bantu ama headshoot kalau push ama def tower isa d bantu take aim
    dan juga bisa nyicil lawan lebih gmpng

    tolong komentarnya gan ^^
    but nice info

    BalasHapus
  86. Kak Naym,MKB stack ama kardel gk???

    BalasHapus
  87. kk perasaan wa atau emang kalau misalnya kita pake maelstrom trus desolator armor -6nya deso kadang keluar kadang g tapi setelah d lepas maelstromnya napa -6nya keluar terus
    apa emang deso ama mael g isa d pake bareng" atau gmn???
    maaf kk msh newbie

    BalasHapus
  88. B.E.P
    jadi kan Vengefull spirit Worst enemy

    Gw lagi enak2 Nembak Dri belakang eh d Swap ma Dia !! Kena kroyok Dh Gw

    BalasHapus
  89. ane ada build juga nih nime!

    1-Shrapnel
    2-headshot
    3-Take Aim
    4-Shrapnel
    5-Shrapnel
    6-Assassinate
    7-Shrapnel
    8-HS/Take Aim
    9-HS/Take Aim
    10-HS/Take Aim
    11-Assassinate
    12-HS/Take aim
    13-HS/Take Aim
    14-HS/Take Aim
    15-Stats
    16-Assassinate

    level 8-14 HS/Take aim boleh ditukar-tukar urutannya tergantung lawanmu. Kalau lawan banyak yang ranged, prioritaskan take aim. Kalo kebanyakan Melee (kebetulan ane pernah lawan orang 4 melee 1 range ^^) prioritas HS.

    btw menit ke-15 ane udah unstoppable+FirstBlood PAS waktu level 6 gapake mati waktu pake build ini.

    Itemnya :
    Starting : seperti biasa, terserah agan mau kaya gimana enaknya.

    early : 1 wraith 1 bracer, power thread.
    Mainnya harus extra safe, soalnya gold kebanyakan ditabung buat beli SnY di mid.

    Mid : Sange and Yasha, 2 mithril hammer
    SnY buat build full killer, tambah Lothar buat kabur kalo masih baru atau ga jago kabur. Mithrill buat bikin Stigian (boleh dibawa2 atau ditaroh di Circle of Power.)

    Late : Butterfly, Stigian (resep)
    sama kaya agan Nime, 2 core utama sniper.
    Kalo masih ada slot atau wraith sama bracernya dijual, ambil aegis/tambah Buriza. Linken juga boleh kalau lawanmu kebanyakan spell bertarget.


    Sekian, maaf kalo kepanjangan, tapi dijamin Gg! Rampage LEWAT kalo pake build ini :)

    BalasHapus
  90. emang klo item dri enchanted
    artifacts boleh lebih dari satu

    BalasHapus
  91. gua pake snip susah2 gampang... ada yang tau gak cara buat klik item di inventory supaya cpt pk kibord??

    BalasHapus
  92. kelihatannya sekarang kalo pake mjolnir udah tidak stack lagi sama cristalis

    BalasHapus
  93. kk menurut wa yang bagus tu jadiin maelstrom aja trus skil satuna g usah d buka soalnya udh keganti ama petir dari maelstromnya

    BalasHapus
  94. kk kl mask of death sama eye of skadi dgabung gk pengaruh kn ?.
    soalny life stealny masi jalan ? .
    tolong pencerahanny .

    BalasHapus
  95. Update range nya kakak naym ..
    Kardel sekarang range nya 810 !!
    Bisa nyerang FOUNTAIN !!!

    BalasHapus
  96. kk naym, aku coba pk kardel pk build kk, cuma masalahnya sekarang hero2 badak nekat mulu, liat kardel bawaanya dikejar terus.
    belum lagi gangbang yg gak berenti, padahal baru lvl 4, gak jadi2 akhirnya.
    kk ada saran gak bikin hero ini lebih nyaman dipake di pub game?

    BalasHapus
  97. ini item build gue

    MoM
    PT
    Rapier
    Buriza
    Buter
    Cuirass

    Gue build gitu , smpe rampage berkali2
    Menurut kk naym bgus gk? Thx before

    BalasHapus
  98. kLO saya biasanya make:
    1. wraith band, nambah stat (item awal)
    2. PT, buat nambah AS, MS, stat
    3. preservance, buat nambah damage, heal n mana, jadi bisa sering2 pake shrapnel n ulti.. bisa di upgrade jadi bloodstone juga.
    4. SnY, nambah stat strength n agility, AS, MS buat gampang kabur, n yg plg penting slow (maim)
    5. butterfly, nambah damage, AS,agility, evasion.
    6. helm of dominator/ EoS

    biasanya dapet BF game udah kburu kelar....

    wallahu'alam.

    BalasHapus
  99. KK bole ksih tw gk??
    cara apa untuk sniper mengcounter barathum??

    BalasHapus
  100. kk mau nanya kalo aku pake kardel one on one lawan king leoric buildnya gimana yah? dan bagus gak? kalo gak bagus by one lwn king leoric bagusnya pake ap yah k?

    BalasHapus
  101. @invincibel_primo:
    cara utk mengcounter barathrum adalah tembakin dari jauh, kalo udah digebukin buru2 kabur dengan lothar sebelum kena bash barathum... kalo situasi udah kondusif baru tembakin lg sampe mathe....

    BalasHapus
  102. kk,item" lifesteal sbtulnya ga dikasi ke alternatif kan gapapa.HoD kan ORB EFFECT dan Desolator kan sekarang buat hero range bukan orb effect lagi,tapi buf placer.
    Saran aja ya kk,item early juga boleh ditambah orb of venom(buat bantu ngejar,kan msnya kardel masi dikit n racun kan stack slownya dgn sharpnel)thx sblumnya

    BalasHapus
  103. gua saranin sebelum beli butterfly beli buriza dulu :D

    BalasHapus
  104. di late ini hero gak kuat lawan oted :'(

    BalasHapus
  105. kalo di awal beli poor man shield bagus ga?

    BalasHapus
  106. kalo pake kelen's dagger bagus ga ka? buat sembunyi di pohon yang ga kesampean sama musuh

    BalasHapus
  107. klo wa lbih baik d beliin buriza dr pd deso,,, biar pluru kardel g gmpang kliatan

    BalasHapus
  108. Kardel bisa take down sumur lho...
    mantap tuh...
    di late game minta 2-3 temen km jagain km, trutama yg tankers...
    range sumur cm 800, km menang range...
    pake Butterfly ama 3 rapier uda cukup hancurin sumur 2 menit... ^_^
    dijamin menang mudah....

    BalasHapus
  109. kalau pake kardel ak itemny ini:
    1.bots travel
    2.stagyan desolator
    3.assault curiass
    4.heart of T.
    5.Mkb
    6.the butterfly

    bner gak itemny (itu late item)

    BalasHapus
    Balasan
    1. By kratos.

      Bang naim law ane sih yang penting itemna Mask of madnes, buryza ,ma sangyash...,
      soalnnya law dah ngaktifin MOM si sniper dah kayak terrant marine hero FUN law nembak jadi dah pasti bunuh paling gak triple kill.........
      Gimana menurut bang naim oke gak ....??

      Hapus
  110. kok nggak ada yang nyentil2 BKB sih. Kardel itu rawan bokongan atau mnurut ane hero pertama yg harus dibunuh.. jadi BKB itu mesti ada yah minimal taro di alternatiflah..

    BalasHapus
  111. kalo kardel pake divine rapier gmana?? kira2 ada yang stack ga dengan item lainnya??
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  112. diffusal bisa juga masuk item core,krn bisa ngebakar mana hero" spellcaster dan purgenya membantumu kabur dari hero" hunter seperti balanar,spec,dan sejenisnya.
    stack juga dengan manta style.
    dan di mid juga agar targetmu gak kabur dari AOE Sharpnel.
    thx

    BalasHapus
  113. kk, katanya serangan kardel ga keliatan dan bisa ngekill dgn sembunyi2 di fog ato hutan, tapi kalo beli stygian otomatis tembakannya jd berwarna. ketauan donk posisinya di mana...

    BalasHapus
  114. kk ditambah mkb bisa gakitu??stack gak ama headshot?

    BalasHapus
  115. kk katanya sange yasha ama desolator kagk ngaruh apa bener?

    BalasHapus
  116. kk, apa thread bisa diganti phase boot aja?
    trus mkb bgs jg gak?

    BalasHapus
  117. kalo item ane, biasanya sih godlike pake item ini (kalo ga sering dibokong...)

    1. PT
    2. lothar edge
    3. Sange n Yasha
    4. Helm of the dominator (upgrade jd satanic kalo udah dapet butterfly)
    5. Buriza do kyanon
    6. The Butterfly

    BalasHapus
  118. ane pernah dibokong ama magina... digebukin sampe ga ada mananya sama sekali, sampe mo kabur pake lothar aja ga punya mana, parrahhh... udahlah darahnya tipis trus lelet pula larinya, dikasih void ama magina lsg dah mathe...

    BalasHapus
  119. kaka admin klo mulai pertama game apa aja yg harus dibeli sama kardel , mohon pendapatnya :)

    BalasHapus
  120. KK bole ksih tw gk??
    cara apa untuk sniper mengcounter razor??

    BalasHapus
  121. daripada helm of dominator, lbh bgs madness deh klo menurutku, soalnya madness bsa memicu headshot dgn sangat cpt

    BalasHapus
  122. kk gw pernah lyat org pke kardel pke item cranium kok bashnya kluar trus g berhenti2. ktanya g stack. itemnya pdahal cman :
    -pt
    -lothar
    -cranium
    mohon pencerahanya. masak saya pke centa darah full g bsa gerak sma skali soalnya bashnya gantian kluarnya

    BalasHapus
  123. kalo build skill w gini kk
    1.take aim
    2.headshot
    3.take aim
    4.headshot
    5.shrapnel
    6.ulti
    7-10.take aim/headshot
    11.ulti
    12.take aim/headshot
    13-15.shrapnel
    16.ulti
    menurut ane biar bisa maen safe. soalnya dengan range yang jauh, jadi bisa nyicil ama creeping dgn aman.
    trus item PT, lothar, desolator, sny, trus tergantung sikon mau beliin butter/cristalis ato beli buat item-item pertahanan

    BalasHapus
  124. kalo w maen kardel skilnya mentokin take aim ama headshot, soalnya jadi bisa maen aman. trus assasinate kalo di early lumayan buat nyicil(buat lawan int/agi), walaupun manacostnya mahal, tapi sekali assasinate bisa langsung setengah, jadi sekalian buat ngusir lawan juga, apalagi kalo lawannya cuek, tinggal assasinate lagi

    BalasHapus
  125. itu harusnya manta bukanya sange yasha kan mini stun ada di bayangan ORB pake MoM gua yakin bakal sadis

    BalasHapus
  126. Kk naym, kalo menurut aku kardel cocok difussal daripada stygian. Kenapa soalnya difussal nambahin agi buat kardel, trs bisa purge yang bikin musuh jadi lama, trs bisa ngabisin mana musuh. Soalnya dari pengalaman saya, musuh lebih sering kabur dari attack range assasinate pake skill yg membutuhkan mana (seperti blink, dll) dari pada lari ngandelin msnya. Yang terakhir, difussal gak ngubah wujud pelurunya kardel yang mendekati tembus pandang, jadi susah ketahuan sama musuh kardelnya lagi ngumpet di mana. Mohon dibalas beserta koreksinya yah kak kalo ada yang salah dari komen saya. Slain itu saya jg newbie, masih perlu banyak belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap difusal memang situasional banget, tapi kalo soal blink dan mana atau buat slow musuh.. headshot udah cukup buat solusinya asal AS udah tinggi, apalagi ada slow dari item sange kan. Nah soal damage, corruption itu sakit banget dibanding tambahan AGI nya :)

      Hapus
  127. ni hero kejem.. musuhnya mau kabur aja ga boleh (death)... keren lah si kardel ini,
    tapi lemah bngt kalo di bokong,

    BalasHapus
  128. item wajib pertama idup boot of speed tuh ... sama tanggo .. kalo engga ane pasti bakal mati dluan ,, =D haha
    truz skill nya tergantung musuh .. klo mele ambil sharpener .. klo range take AIM ... pokony usahin R nya dlu lepel 4 cakepp tuh pasti :D
    selebihny
    -yasha
    -Mom
    -cristals

    kiler dah by 1 =D

    hero favorit ane neh .. walau masih belajaran g bosen2 makeny haha

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats