DotA Guide Indonesia

Azwraith – The Phantom Lancer




Although his true name is unknown to his allies, Azwraith's assigned name tells you enough. Like the Angel of Death, Azrael, he fights to rid the world of those who choose to embrace undeath. He is able to appear and disappear at will like a wraith, often appearing in many places at once. Azwraith is more than capable of dispatching the undead using his lance, each blow sending them closer to the spirit-realm. This lance is the source of his astounding ability to duplicate himself, whenever it draws blood he can use their life to create weaker copies of himself.



INTRO


Phantom Lancer adalah carry hero, ganker, dan bisa juga ‘Tanker’. Hero ini memiliki kemampuan membuat ‘pure image’ terbanyak di DotA, dan itulah ciri khasnya. Tapi Meski dia carry yang biasanya lemah di early, PL punya skill-skill ketahanan dan skill pengontrol lane yang baik yaitu nuke (spirit Lance) dan invisibility (Dopple Walk)

Dengan skill-skill nya, dia termasuk hero yang cukup sulit di bunuh bukan karena HP yg gede, tapi lawan akan dibuat kebingungan. Sebenarnya hero ini sangat tipis dan mudah dibunuh, tapi musuh akan dibuat kebingungan dengan banyaknya jumlah ilusimu.

PL akan berbahaya kapanpun ‘image’ nya sudah berbahaya. dengan jumlah imagenya dan masing-masing DPS yang gila, lawan sama aj sedang digebukin 4 atau lebih hero DPS. PL secara pasif jg bs membuat imagenya, bahkan imagex pun bs membuat image, image yang berantai, dia adalah ‘raja cloners’ yang akan bikin war jadi kliatan meriah/rame.

Jadi siapapun rekan setim kalau ada yang ‘pick’ PL pasti bakalan senang banget, keselamatan mereka lebih terjamin, dengan adanya ‘image’ tanker yang merepotkan. lawan seringkali akan tertipu yg akhirnya rugi mana, rugi waktu, rugi duit, rugi ulti, bahkan rugi ‘billing’ kali’ (wkwkwk^^)

Spoiler Statistik Hero



Primary: AGILITY
Str: 18 + 1.7
Agi: 23 + 4.2
Int: 21 + 2
HP: 492
HP Regen: 0.79
Mana: 273
Mana Regen: 0.85
Damage: 45 – 67
Armor: 3
Move Speed: 290
Attack Speed: 1.38
Range: 100




Keunggulan dan Kelemahan

Kelebihan

1. Pertumbuhan AGI tinggi.
2. Cloner terbanyak di DotA.
3. Skill WindWalk yang unik. Selain Invis, juga meninggalkan ilusi.
4. Setiap memukul, tahu-tahu ada ilusi lain yang membantunya. (Juxtapose)
5. Banyak hero 1 vs 1 yang takut sama hero ini.


Kelemahan

1. Base HP dan armornya agak kurang.
2. Cukup pakai Gem atau skill True Sight, PL asli akan kelihatan transparan.
3. Nukenya ber-manacost sangat mahal.
4. MS-nya dibawah rata-rata alias lelet (290)
5. Tidak jarang ada yang pakai Sven, Magnus, hero-hero berskill efek area, bahkan MEDUSA.


SKILL

Spirit Lance

Throws a magical spirit from his lance at a target damaging it and slowing it down for 3,25 seconds. An illusion is created attacking the target.
Level 1 - Deals 100 damage and Cripples for 10%. Illusion lasts 2 seconds.
Level 2 - Deals 150 damage and Cripples for 20%. Illusion lasts 4 seconds.
Level 3 - Deals 200 damage and Cripples for 30%. Illusion lasts 6 seconds.
Level 4 - Deals 250 damage and Cripples for 40%. Illusion lasts 8 seconds.
Mana Cost: 125 / 130 / 135 / 140
Cooldown: 7
Casting range : 750
Skill ini membuat image/klon, Slownya di block oleh linken’s sphere tp damage tetap diterima,dan cooldown tetap berputar. Damage dikurangi spell resistance,di block oleh spell immunity.

Image akan dilempar ke target dan seketika image itu langsung menyerang target, damage image hanya 20 % dr total damage yang asli, dan menerima damage 400% lebih banyak.


Doppelwalk



Allows the Phantom Lancer to become invisible for a period of time, leaving behind a duplicate of himself to confuse enemies. 15% movement bonus at all levels. Lasts 8 seconds.
Level 1 - 150 mana.
Level 2 - 120 mana.
Level 3 - 90 mana.
Level 4 - 60 mana.
Cooldown: 30/ 25/ 20/15 seconds
Mengaktifkan skill ini sama aj melakukan wind walk, bedanya akan ada image yang akan ditinggalkan di posisi saat PL mengaktifkan skill ini, lalu image itu akan bergerak sejauh sekitar 600 range. Attack damage ilusi sama dengan ilusi spirit lance yaitu 20%, damage yang diterima juga sama 400% lebih banyak. Durasi ilusi selama 20 detik, PL bs menggunakan skill ini seperti melakukan blink, skill ini merupakan skill kabur utama mu, jd ga perlu lg beli lothar maupun dagger.


Juxtapose


Whenever the Phantom Lancer attacks he will have a 12% chance to create a duplicate of himself. Duplicates last 20 seconds.
Level 1 - Limit of 2 images.
Level 2 - Limit of 4 images.
Level 3 - Limit of 6 images.
Level 4 - Limit of 8 images.

Damage dan 'damage yang diterima' sama dengan image lainnya, PL ga bs membuat image klo sedang mengaktifkan bkb, atau sedang ‘spell immunity’.

Juxtapose terpicu saat PL akan melakukan attack, jadi sebelum attack mengenai targetpun juxtapose sudah terpicu (menambah chance), bahkan klo km menggunakan Animation Canceller yaitu dgn nge-stop (s) saat melakukan attack sebelum attackx kena, juxtapose sudah terpicu.

Batas 5 image hanya untuk skill ini dan duplikatx dr skill phantom edge, jadi PL tetap bs menggunakan dopplewalk,dan spirit lance.

Perlu km ketahui soal image PL:

1. Damage nya yg 20 % dari damage-mu, dihitung dr base attack damage dan attribut bonus, jadi item2 penambah damage seperti broadsword,dll ga ikut keitung.
2. Image ga bs LIFESTEAL,meski animasi lifestealx muncul.
3. Image ga kena efek AURA, image ga punya aura, animasi efek aura emang muncul tp efeknya ga ada.
4. Image ga bs melakukan ‘ministun’ atau Bash!!
5. Image ga bs ‘cleaving’ attack!!
6. Orb effect ‘corruption’ dan ‘maim’ milikmu tidak bekerja pada ilusimu.
7. Orb effect 'slow' dari Eye of Skadi milikmu bekerja (ngefek) pada ilusimu.
8. Image menerima 425% damage lebih banyak


Phantom Edge


Gives the Phantom Lancer an edge in combat by increasing Juxtapose's image generation and increasing magic resistance. Additionally, it enables his images to generate their own images.
Level 1 - 10% magic resistance, 3% chance illusions will duplicate, 2% increase in Juxtapose.

Level 2 - 15% magic resistance, 5% chance illusions will duplicate, 4% increase in Juxtapose.

Level 3 - 20% magic resistance, 7% chance illusions will duplicate, 6% increase in Juxtapose.


Attack damage ilusi juga sama seperti ilusi dari skill lainnya yaitu 20%. Damage yg diterima ‘image’ PL dikurangi spell resitance. Dengan skill ini war akan semakin rame.





SKILL BUILD

1. Spirit Lance
2. Doppelwalk
3. Spirit Lance
4. Doppelwalk
5. Spirit Lance
6. Doppelwalk
7. Spirit Lance
8. Doppelwalk
9. Juxtapose
10-11. Phantom Edge
12-14. Juxtapose
15. Stats
16. Phantom Edge
17-25. Stats

Modal utama bertahan lama di line early game adalah punya skill ‘nuke’, skill ‘nuke’ bs membuat lawan se-line lebih waspada dan terjaga, karena itu spirit lance adalah modal yg bagus buat naikin level secepat mungkin.

Meski punya skill nuke, PL juga adalah hero DPS melee yang juga sangat lemah di early game, PL harus tetap main safe, dan skill doppelwalk menjadi ‘alat’ utama mu untuk kabur, karena itu diambil jg di early game, dan level 1 aj ga cukup karena Cooldown dan mana cost terlalu besar,diambil secara ‘bergantian’ dgn spirit lance.

Juxtapose di early game? Jangan membuatku tertawa... image km di early game dipukul 2-3 kali aj udah hilang, slain itu attack damagenya bahkan lebih sedikit dr attack damage ‘creep’, jadi ambil di mid game klo attack damage dan HP mu udah lumayan gede, phantom edge juga seperti itu.

Sebenarnya klo teman se-line mu adalah hero2 yg bs nambahin mana km seperti KoTL atau CM, cukup ngambil 1 level doppelwalk aj di early game, dan 3 level nya km ganti dgn ngambil stats, km butuh HP juga.

Item Build dan Gameplay




EARLY ITEMUntuk ngisi HP beli Tango atau healing slave.slain itu beli resep2 wraith band dan ironwood branch.


WRAITH BAND

Nambah kapasitas HP dan Mana baik buat cloner. untuk PL yg punya skill doppelwalk, HP itu ga menjamin km bertahan lama atau tidak, slain itu image dr spirit lancemu dapat jumlah attack speed yg sama.


Power threads

Menambah Movespeed, stats AGI/STR (terserah kamu), dan tentunya Attack Speed untuk mempercepat munculnya ilusi.






EARLY STRATEGY
Drafting..

Jangan pick PL:
1. Musuh banyak AoE damage dealer
2. Ada Raigor atau Axe, wkwk
3. Kamu malas farming

Pick PL:
1. Musuh banyak 1 vs 1 Hero
2. Musuh banyak yang punya spell bertarget
3. Kamu Niat Push.
4. Kamu ingin bikin war jadi rame.


PERAN:
Carry/Semicarry = Iya, semi-carry
Ganker/Disabler = jangan, mendingan Farming..
Nuker/pusher = Yap, kamu punya sangat banyak Ilusi!
Support/warder = No!
Initiator = Bukan kamu...
Tanker/Semi tank = Semi-Tank. Banyak Ilusi mempertebal Tanking.


Lane

Meski punya skill nuke, km tetap aj ga bs mengontrol lin, nge-last hit dan deny cukup sulit untuk hero melee seperti PL, lebih baik selalu dekat tower,byar aman dr bokongan, karena itu line cocok untuk PL adalah line bawah (sentinel) atau line atas (scourge).

Teman se-line yg cocok klo ga nukers ya babysitter, skill nukers bs km combo-kan dgn spirit lance km, dan babysitter seperti KotL atau Omniknight, membuatmu lebih nyaman dan betah di line.



Nge-last hit sangat sulit untuk PL, bahkan seringkali aku ngeliat orang menggunakan Spirit lance nya buat nge-last hit (udah stress kali ^^) ga dapat2 duit , bukan karena attack damage nya, tp karena ‘melee’ nya.Tp klo mnurutmu emang susah bgt, gunakan aj spirit lancemu, misalnya klo uda mau naik level, ato mana mu kbetulan masih full, atau masih cukup untuk menggunakan dopplewalk.

Km harus lebih fokus nge-last hit drpada men-deny, klo teman se-line mu hero range, byarkan dya yg men-deny, hero2 carry seperti km butuh banyak duit untuk persiapan late game, jadi usahakan creeping dengan baik.

Tp klo teman se-line mu hero carry juga, dan kebetulan dia emang dilengkapi skill2 creeping, mending km beli ‘empty bottle’ dan mobil aj bokong hero dr line ke line, klo ga mau,creeping di utan aj.

Membunuh di early game ga susah2 amat untuk PL, lakukan strategy standar aj, gunakan spirit lance mu secara berantai dengan skill nukers teman km, dgn mana full, PL di early game bs menggunakan 3-4 spirit lance dan itu sangat cukup untuk membunuh, apalagi klo teman km itu stunner, wah..

Strategy menggunakan spirit lance sebelum difusal jadi, spirit lance bs km gunakan untuk menyicil HP lawan, sebelum km nge-bokong targetmu itu. Gunakan spirit lance sampai HP nya kuning,image dr spirit lance mu bs menyerang target sebanyak 2-3 attack dengan total sekitar 60 damage, klo wraith band mu udah jadi (2 wraith)jumlah mana mu mungkin sekitar 700, dan km bs menggunakan 5 spirit lance, jumlah yg cukup untuk menyicil dan cadangan untuk nge-last hit.

Menggunakan combo ‘Purge’ dan spirit lance :

1. Pada situasi musuh ada di dekatmu, pertama langsung ‘purge’ dia, karena udah dekat km tinggal gebuk2 aj, klo dia masih punya HP untuk kabur lempar spirit lance mu untuk nge-slow dia, lalu gebuk2 lg, sebenarnya ga sedikit juga hero yg bakal ngelawan ‘image’ spirit lance mu, itu malah bgs, akan semakin mudah membunuh klo target ga kabur, jgn ngerasa km bakal didominasi si target, km tetap punya doppelwalk untuk kabur klo gagal, atau gunakan lg purge untuk kedua kalix.

2. Pada situasi musuh cukup jauh darimu, lempar spirit lance mu ke target untuk nge-slow, lalu majuin,klo km udah tepat disamping korban, gunakan ‘purge’ dan gebuk2 dya bareng image km, tanpa mana.., percaya deh, kali ini ga bakal ada yg cukup bernyali melawan.

Selalu gunakan ‘animation cancelling’, karena setiap PL melemparkan spirit lance nya, pasti dya menunggu dulu sampai Lance nya mengenai target, dan itu membuang-buang waktu, mending km potong aj dengan ‘klik’ maju yg bs membuatmu semakin dekat ke target.






MID ITEMDIFFUSAL BLADE


Ini item utama PL, item ini mungkin aj dibuat untuk hero ini.item ini yang membuat PL menjadi mimpi buruk untuk hero2 lawan, km bs nge-break 140 mana sekali attack dgn item ini (tentu secara bersamaan dgn image2 mu) , Sejak map 6.60 total purge yg bs km lakukan berkurang dari 10 menjadi 8, itu bukan masalah kan? tapi purge bisa direfresh lagi dengan mengupgradenya ke level 2.


YASHA

Yasha menambah banyak hal untuk PL dan image2 mu, karena menambah stats AGI, berarti menambah AS dan damgage image2 mu jg, selain itu yang ga kalah pentingnya adalah item ini juga menambah MS 10%.







MID STRATEGY

Kapanpun km udah punya difusal blade, km udah bs melakukan apapun di battle.creeping, pushing,denying,tentu aj killing dan ganking jg.
Sebagai hero carry, di mid game mungkin km belum bisa berjaya, jadi tetap lakukan creeping, km masih punya slot kosong yg akan km isi dengan item2 ‘setan’ yang membuatmu berkuasa di late game nantinya.

Cara creepingmu kali ini akan jauh lebih mudah, dgn ngambil skill juxtapose dan phantom edge, km bisa creeping lewat image km aj, setelah beberapa image keluar, tinggalkan line, ke utan misalnya, image km bakal membuat ‘copy’ nya sendiri, jadi ga usah takut imagemu cepat abis. Tp klo image dan creep mu udah mengahabisi creep lawan, majuin image2 km ke posisi dimana creep baru lawan akan muncul disitu, jadi jangan biarkan image2mu berdiri diam terpaku seperti manequeen toko baju (^^), dgn gt rantai image mu ga akan terputus.

Untuk nyari duit yg enak, bunuh creep utan aj, klo creep utannya hebat seperti centaur,dll. Pertama, lempar spirit lance mu ke centaur, lalu km mundur, biarkan centaur nyerang image km dl, baru km maju pukul2 dya, sampai image mu muncul lg, mundur dl klo km yg diserang oleh centaur. Selama melawan centaur km bs saja membuat 2-3 image.
Bokong lawan juga ide yang bagus, tp untuk saat ini jangan sering2 dulu, tp klo km mau melakukanx, lakukan bersama teman yg stunner atau slower, lalu serang target secara bergantian setelah efek masing2 selesai, spirit lance, stun/slow, lalu purge. Target bokongan kalian tentunya hero carryx (DPS), bunuh dya sehingga dya kesulitan ngumpul duit untuk beli item-itemnya.

Mungkin belum saatnya km melakukan pushing, tp pushing dgn image km tentu ga ada ruginya, meski attack damage image mu cukup sedikit, tp mereka jumlahnya ga sedikit dan dilengkapi attack speed yg sangat tinggi, tp jangan push tower klo km ga ngeliat hero2 lawan di ‘minimap’ cepat2 kabur, tinggalkan image km.

Gunakan image doppelwalk untuk mengecoh lawan. Contoh seperti pada saat km diserang ‘meat hooknya’nya pudge, Lihat Screeshot..

Spoiler Screenshot






Gunakan Doppelwalk, dan image km akan lari yg akan mengecoh pudge yang mengira km berhasil kabur...



Lihat..! imagex suruh nyerang tower,dengan gt tower juga nyerang imagex dan bukan PL




sehingga pudge melepaskan ‘channeling spell’ dismembernya, padahal tadinya PL masih terkena ‘dismembernya’ dalam keadaan ilang (doppelwalk), hehehehe..
“sampai jumpa pudge”




Beberapa skill bs di block kalau targetx bisa ilang, seperti misalnya Eclipse nya luna, gunakan doppelwalk sebelum lucent beam mengenaimu, jadi lucent beam hanya kena ke image km,gbr di bawah, PL tidak terkena lucent beam karena sedang ‘invisible’

Spoiler Screenshot





Km juga bisa menggunakan doppelwalk untuk nge-block wild axe (rexxar), helfire blast,heat seeking missile, dll.






LATE ITEMTHE BUTTERFLY

Item core sebagian besar hero carry AGI, the butterfly membuat image km smakin kuat, smakin cepat mengeluarkan image, semakin cepat menguras mana musuh, dan evationnya juga ngefek ke image km, jadi musuh slain kebingungan, seranganx juga bs ditangkis oleh imagemu, apes bgt dah..klo ‘purge’ mu belum abis, beli item ini dulu sebelum manta.


HEART OF TARASQUE

Damage dan attack speed image km udah mengerikan, sekarang, untuk semakin mempersulit lawan, image km jg HP nya mesti di gede in, dan item ini sangat cocok, berarti sekarang km udah punya 5 image dengan 3000 HP.


LUXURY ITEMS
MANTA STYLE

Upgrade Yasha mu menjadi ini. Kenapa? perubahan dari manta style ga membuat PL 'menjauh' dari item ini, malah semakin 'mendekat', manta kali ini menambah STATs 26 AGI, 10 STR, dan 10 INT, + 15% attack speed, + 10% MS, dan tetap bisa digunakan untuk membuat 2 ilusimu. Untuk Image, tambahan2 itu menjadi + 6 damage, 26% attack speed,dan 10% MS. ARtinya meski tambahannya ga sebaik manta yang dulu, tp tambahannya 'merata' kali ini dan hero pembuat image sepertimu tetap mesti megang item ini.


RADIANCE


Item untuk creeping lebih enak. Ilusimu mendapat Efek Radiance juga, jadi bisa membantumu farming di hutan hanya dengan ilusi saja.


Boots of Travel


Ini akan membuat MS mu (dan termasuk image-image) menjadi sangat tinggi jadi semakin mudah mengejar. juga untuk teleport..


EMPTY BOTTLE

item ini boleh km beli klo di early game km udah mau bokong lawan.


Poor Man's Shield


Bagus untuk ketahananmu saat farming di early. Bonus AGI nya juga bagus buat last hit.


BURIZA DO KYANON

Byasanya km ga bakal jadiin ini sebelum battle selesai. Tp klo cukup ‘gold’ mu, ini termasuk item core, dan dengan item ini, image km juga bs critical strike.


VLADMIR’s OFFERING

Aura2 vlad seperti vampiric,dll emang ada di image, dan animasi lifestealnya juga kliatan, tp image km ga nge-lifesteal (ga ngisep HP), sama aj km rugi ribuan gold hanya untuk mempercantik penampilanmu dan image mu di battle. Mending dibeli support atau Tank, apalagi kalau kalian banyak yang nyerang melee.


WRONG ITEM
BATTLE FURY

Orang-orang yang sering membeli item ini untuk PL mungkin ga sebanyak yang beli Vlad, tp aku kasi tau juga, image PL ga bs cleaving!! Slain itu, tambahan 'damage' dr item ini ga ngefek ke image mu.


EYE OF SKADI

Seperti yg dijelaskan di bagian ‘skill’ , kalau mau beli ini kamu ga boleh beli difusal supaya image juga bisa slower, tapi kamu tidak akan mau mengganti item ini dengan difusal, apalagi dengan harga mahal sanggup beli ini di mid game? bahkan di late game tanpa difusal? Difusal jauh lebih murah dan jauh lebih berguna.






LATE STRATEGY

Nih disinilah semua orang bs melihat seberapa jago kah si pemakai PL, klo di late game item2x PL masih ‘suram’ dya berarti pemakai PL yang gagal atau PL yg ga fokus creeping di early dan mid, tp klo minimal udah megang butterfly, brarti PL yang satu itu udah perlu diwaspadai atau orang2 byasa menyebut ‘PL late game’, karena itu sebelum late game km harus fokus creeping, nyari duit.

Selalu sisakan uang mu sekitar 1000 gold, untuk jaga2 klo km mati pada situasi yang ‘gawat’ atau markas km lg di push lawan.

Klo PL belum ‘jadi’, tetap fokus creeping, hindari dulu ikutan war, cepat2 kabur klo di bokong, jgn creeping sendirian di line klo di ‘minimap’ hero yang kliatan cuman dikit.

Tp Klo PL udah ‘jadi’ saatnya Pushing, dengan image mu yang udah kuat bgt, pushing akan mudah sekarang.

DI late game, war adalah hiburanmu, akan banyak kejadian menyenangkan yang akan terjadi, lawan2 akan tertipu dgn image2 mu, dan itu sangat menyenangkan bukan? Majuin semua imagemu ke satu target sj, buat seluruh imagemu mengepungnya sampai dia benar2 ga bs kabur, kalau ada perlawanan darinya atau ada pertolongan dr temannya, dan mereka berhasil menemukanmu, km tinggal ilang aj dgn doppelwalk, easy kan?

Kamu bukan si ‘pembuka war’, spirit lance bukan skill yg cocok memicu keributan, biarkan peran itu dilakukan teman2 km yg stunner. Dan klo udah mulai ‘ribut’ jangan langsung gunakan spirit lance, tp doppelwalk dulu ke target mu (seperti melakukan ‘windwalk’),biarkan image2mu ikutan war, dan km diam2 aj ‘numpang lewat’ ke dekat targetmu,lalu gunakan manta style tepat disampingnya, biarkan image mu gebuk2 dia, sementara km gunakan terus spirit lance kapanpun cooldownnya selesai, lalu gebuk2 lagi sampai mati.

Ingat, di late game km bukan hanya hero carry dengan damage tinggi, tp km juga punya 5 image yang total attack damagenya adalah 100% dan kalau digabungkan dengan km yang asli, totalnya 200% atau 2 kali total damagemu sekali attack, itu sama aj dengan ‘double damage', dan dgn total HP image mu, ga mungkin image mu itu hanya memukul sekali atau 2 kali aj. Belum lagi klo udah megang buriza, late game adalah milikmu.

Menggunakan image doppelwalk untuk mengecoh lawan:
-image dr doppelwalk lah yang paling lama bertahan, karena itu seperti hero2 ‘image maker’ lainnya, gunakan juga image km untuk mengecoh lawan, klo km berhasil menipunya, dan dia nyerang image km, dia hanya akan buang2 mana menggunakan spell nya, bahkan bs saja membuang2 ‘ulti’ nya, misalnya ‘omnislash’ nya yurnero, sakit ati bgt yang pasti, pernah ketipu kayak gitu ga? Aku pernah T.T

Okay, sisanya tergantung km, sebenarnya kapan tim km menang itu tergantung km, kapan km mo nge-push, kemungkinan besar tembus tuh.

FRIENDS


MORPHLING


Partner se-line sih ga cocok2 amat ma dya, tp klo udah late game, dan dya membuat replicate mu, nah... pokoknya dya yg paling COCOK jadi teman se timmu, bgemana enggak, replicate mu bs melakukan juxtapose dan phantom edge jg, WTF! Bayangin aj 12 PL!!! Klo udah gitu ga perlu bantuan teman2 lain pun udah bs nembus markas lawan, kurasa itu IMBA. Hero ini paling cocok deh..


KEEPER OF THE LIGHT

Se-line ama dya, masa depanmu terjamin, mana mu ga bakal kering, dan dengan mana tak terbatas, creeping di early game pun akan sangat mudah, km hanya perlu menggunakan spirit lance untuk nge-last hit, smakin cepat PL ‘jadi’ smakin cepat game selesai.


OMNIKNIGHT

Stiap ad yg pick hero ini, byasanya hero ini jadi rebutan yang main ‘dual’ line, nah klo km se-line sama dya, situasinya akan cukup sama dengan klo km se-line dengan ezalor. Akan semakin lama bertahan di line.


TRAXEX

Semua hero slower dan stunner klo se-line dengan PL, akan menjadi mimpi buruk oleh lawanx, klo mau, langsung kroyok aj satu target dgn spirit lance dan ‘slower’ nya teman km ini.






ENEMIES

EARTHSHAKER

Klo pick PL, lalu musuh ad yg pick hero ini,usahakan banned dya deh( cman bercanda ^^)... ngeri !! hero ini mimpi buruk semua hero ‘cloner’ PL gampang bgt dibunuh di early, dan raigor sangat mudah dan mungkin diciptakan untuk membunuh hero2 yg lemah di early game ( mirip2 hero INT nee), tp masalah utamanya bukan itu, tp klo dya udah punya ‘ECHO SLAM’. Image km tetap memicu jumlah ‘echo damage’ nya, dan semakin banyak image mu semakin besar damage dr echo nya, bahkan selain merugikan mu, juga merugikan teman2 setimmu. Kapanpun ada lwan yg ‘pick’ hero ini, mungkin battle kali ini ga akan sama menyenangkannya dengan klo tanpa hero ini.


MAGNATAUR

Sm aj, skill ultimatenya sangat mudah membunuh image2 km, waspada aj sama dia.


Sven


Semua yang memiliki cleave sangat merugikan pemakai Cloners!


QOP

Banyak skill nya nyerang area dgn damage gede, gaya bertarungmu akan beda klo melawan dia. QoP sebenarnya berbahaya di early game saja, dia termasuk nukers dengan spell2 areanya yang mudah menyicil mu dan membuatmu sulit berkembang di lane.


Axe



Yeah, semakin banyak yang nyerang dia, makin kuat dirinya. sangat mudah membersihkan clonemu dari skill pasifnya yaitu Counter Helix, yang juga menyicilmu sedikit sedikit sampai kamu bisa dibunuh Culling bladenya dengan instant.


Medusa


Sekali Stone Gaze SEMUA ilusimu Hilang!






CLOSING
Hero yang bisa bikin war jadi rame, hahahah
Farming yang tekun, hati-hati dibokong ganker, naikin AS dan STATS secepat mungkin, biar ilusi-ilusimu IMBA.


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)





99 komentar:

  1. betul!!!! gt mksdny lhoooo

    BalasHapus
  2. wah tak kusangka ternyata itu semua ttg PL

    BalasHapus
  3. hah? jadi kk kira tentang siapa niih.., :D

    QoP udah ku edit tuh, makasih ya koreksinya kk..sep2

    BalasHapus
  4. eh, manta style udh bda resep lo....... bkn bli diffusal lg. ^_^

    BalasHapus
  5. Okay.. makasih udah aku update! TQ ya kk ^^

    BalasHapus
  6. perasaan yang paling enak buat di duetin ama PL itu WL ama rylai de... 1 na healer ama yg 1 na aura brillian yg ga kukuh... wkwkkw

    BalasHapus
  7. wow kk..
    berkat guide ini saya jadi GG mulu tiap x pake PL ...
    nice guide ...

    BalasHapus
  8. kk Naym skrg kan resep manta ga lagi difusal blade tapi Yasha kannnn.....!

    BalasHapus
  9. kak kan skill 3nya PL klau d'map 6.64 ++ udah nambah bonus dmge ke PLxa sendiri..?? tpi kok dsini blum ??

    BalasHapus
  10. PL gampang banget dibunuhnya,kasih tau item item yang penting dong,gua suka nih sama PL

    BalasHapus
  11. PL gimana sih makenya?item item terpentingnya apa?musuh kalo nyerang sakit banget,kasih tau dong,suka gua sama PL,pleasee C:

    BalasHapus
  12. Skill 3 yang juxtapouse? ga nambah bonus damage untuk PL bung..itu skill yang memicu PL munculin imagenya..

    PL emang tipis di early-mid game, jd gampang mati, tp klo udah late dan image2 udah banyak jd makin sulit dibunuh.
    Item nya beli difusal - buterfly -manta ... lebih ke item killing, karena PL adalah DPSer :)

    BalasHapus
  13. kk klo pake gem gk bisa ketahuan yah mna PL yg asli???thx'b4

    BalasHapus
  14. bisa.. karena PL yang asli akan terlihat transparan.

    BalasHapus
  15. kk naym mo tny nih...
    gw bingung klo mo bli radiance..
    itu blinya di early ato mid sih?
    contoh PL, blinya radiance ssudh PT ma difusal jdi ato lgnsung bli relicnya abis bli BoS??

    BalasHapus
  16. Radiance kan item creeping, jadi mesti beli paling pertama buat ngebantu dapat gold untuk jadiin item core.
    jadi klo brencana bikin radi, beli relic di early setelah BoS..

    BalasHapus
  17. Whizzz, enak juga nie hero, susah gak sih buat ngekill?

    BalasHapus
  18. bukan hanya nampak cantik aja PL pake vlad... tp w sering tuh pake vlad... find2 aja kok kk... tgl cara kita maen kan nya aja lagi... nice guide nya.. dota lover

    BalasHapus
  19. kk bug itu apaan sih?????

    BalasHapus
  20. mo saran PL killer diawal2 gag?
    satu line ama venge
    cicil pake stun ama spirit lance mulai lv 3
    DIJAMIN IMBA :D

    BalasHapus
  21. kk koq PL gag isa muter sich?hehe
    matinya juga gag bersuara kayak axe

    BalasHapus
  22. kk naym.. kalo saya pakenya BoT, diffusal, butter, buriza, sama 2 tarras.. udah dewa banget kayanya tuh..

    taras 2 biar susah dibunuh
    buter biar nambah AGI sama evation
    buruza nambahin critical
    difusal biar ngurangin mana musuh
    (bayangin aja ada 6 PL yang masing2 HP nya gede, ada evation 30%, bisa critical, dan ngurangin mana musuh tiap mukul)

    BalasHapus
  23. Kalau TB vs. PL, PA jadinya gimana?

    BalasHapus
  24. haha banyak" observasi di permainan sendiri aja dolo tar juga nemu gaya bermain kalian masing2 ya gk? klo gw sie ya yg trpnting gameplay nya dl percuma uda tau barang tapi last hit aja krebut ama tmn molo thx juga buat tambahan guide nya horas!

    BalasHapus
  25. KK BIKIN GUIDE TTG EZALOR DONK ^^

    BalasHapus
  26. Ada yang ketinggalan nih...

    Keunggulan:
    1. Pertumbuhan AGI tinggi.
    2. Cloner terbanyak di DotA.
    3. Skill WindWalk yang unik. Selain Invis, juga meninggalkan ilusi.
    4. Setiap memukul, tahu-tahu ada ilusi lain yang membantunya. (Juxtapose)
    5. Banyak hero 1 vs 1 yang takut sama hero ini.

    Kelemahan:
    1. Base HP dan armornya agak kurang.
    2. Cukup pakai Gem atau skill True Sight, PL asli akan kelihatan transparan.
    3. Nukenya ber-manacost sangat mahal.
    4. MS-nya dibawah rata-rata alias lelet (290)
    5. Tidak jarang ada yang pakai Sven, Magnus, hero-hero berskill efek area, bahkan MEDUSA.

    Jadi sekian saja penambahannya.

    BalasHapus
  27. kalo lawan ada yg ake hero ini paling enak make 1.strygwyr beli battlefury
    dijamin darah bakal hijau terus pas war
    2.crixalis
    bayangan banyak last hit banyak jadinya skill3
    serinng2 aktif(kalo se lane)

    BalasHapus
  28. kk pgn tanya,msh newbie nh kl pk manta, efek buriza ato MKB keluar ga??

    BalasHapus
  29. harusnya namanya bukan azwraith tapi kimahri [FF10] >,<

    BalasHapus
  30. axe, yunero, dan PL
    kaya warkop DKI aja,,,,,,,

    BalasHapus
  31. Ane pernah tuh pake purist.., dikeroyok sama PL dgn item manta plus radiance.., alhasil gak bisa ngeheal karena mana abis plus bonyok sama radiance.., setelah diusut ternyata PL aslinya lagi di secret shop.., jadi yang ngeroyok ane itu cuman ilusinya doank.., gila.., hebat tuh PL...:(

    BalasHapus
  32. trus buat regen dan armornya di early game pake apa kk... kan empuk banget nih hero..

    BalasHapus
  33. jadi rame wkakakak

    BalasHapus
  34. langsung pengen maen pake nih hero
    btw betul jg nih hero persis ma kimahri FF10,pantesan kok ga asing.....

    BalasHapus
  35. kk Naym, bagusan klo pl pke apa? radiance ato buriza?

    BalasHapus
  36. anda melawan PL? yakinlah jika pelit beli sentry/dust/gem. dalam hitungan beberapa menit ke depan anda akan di'perkosa' beramai2. Satu2nya jalan ya bikin hidup dy tersiksa dgn true sight karena tanpa dopple walk hero ini tipis pis pis (sama rumusnya kayak ngelawan si kaki 8 Broodmom)

    BalasHapus
  37. kk klo oeb nya dignti MoM gmn?
    kn bsa memacu cloner nya cepet keluar?

    BalasHapus
  38. kk klo radi kayaknya bukan cm utk creeping..
    saat war pun damege sgt terasa..

    aku pernah pake PL dan setim sama naga siren dan geomancer..
    trus lawannya TB sama nesaaj.....

    pas war, temen aku ama temen lawan cm nunggu......
    udah pesta duluan tuh PL, siren, Geo VS TB, nesajj..
    >.<

    BalasHapus
  39. kk,razor juga masuk wrost enemies,pas dia pake skill 1 nya bayangan PL bisa langsung ROTTO !!!

    BalasHapus
  40. @X,
    kalo bisa farming bagus radiance dulu, baru item DPS lain kek buriza

    @mycommygame
    bisa juga, tapi yang terbaik buat cloners itu mana burn, karena ilusi juga mendapat efeknya :)

    @anonim
    tujuan utama membelinya tetap untuk membantu farming :)

    BalasHapus
  41. kk zeus menurutku masuk worst enemy. static field nunjukin mana PL yang asli soalnya yang kena efek cuma yang asli aja..buat image-image yang lain juga yang kena static cuma yang asli aja, termasuk meepo juga.percuma kan image banyak-banyak tapi tetep ketahuan.heeee

    tambahan item cranium basher...dijamin perma bash deh...hahahaha

    BalasHapus
  42. kk, nulis Boots of Travel-nya 2 kali tuh.
    hehe

    BalasHapus
  43. image dari PL juga terlihat menggunakan spirit lance, apa mereka juga menyebabkan damage?

    BalasHapus
  44. Ga ada skill yg bisa ngebunuh target dalam efek shallow grave, termasuk instant kill.

    BalasHapus
  45. pembunuh terbaik buat hero-hero yang bisa ngilang adalah assasinatenya sniper, ga peduli target ilang apa enggak masih bisa kena missilenya assasinate.dooplewalk jadi percuma dipake kalo udah kena sasaran assasinate

    BalasHapus
  46. Tambah Worst Enemy: Sven! Si tentara bersenjatakan pedang itu paling mematikan di DotA karena kalau dia menggunakan Storm Bolt, punya Great Cleave, dan telah mengaktifkan God's Strength, dia bisa berubah warna menjadi merah dan sangat mudah membunuh PL dengan cara memukul salah satu ilusi-nya atau bahkan PL sendiri. (Apalagi sudah punya AoM dan menyimpan Double Damage rune!!!)

    Fakta:
    Saya adalah salah satu pemain DotA yang paling takut sama Sven!!!!! (Kalau menjadi musuh...)

    BalasHapus
  47. yap, Cleave paling tepat untuk ngecounter cloners.

    BalasHapus
  48. buat regen mananya pa om?

    BalasHapus
  49. Hero ini Narutonya dota :D
    hahahaha
    nice guide :))

    BalasHapus
  50. kakak bole ga setelah difusial blade beli crystalis?? Trus ru manta,, maaf kakak nubie alna,,

    BalasHapus
  51. Leonardo Gunawan says:

    Kakak, ini lagi ada Medusa. Apa Stone Gaze-nya bisa membunuh ilusi jadi bisa ketahuan PL yang asli?

    BalasHapus
  52. Leonardo Gunawan says:

    Kakak, cuma 1 skill yang bisa Instant Kill dan menembus Shallow Grave: Culling Blade-nya Axe. Apa kakak lupa kalau dalam guide Dazzle ada tulisan semacam ini?

    BalasHapus
  53. nih build item si pl yg GG hehe awal awal soul ring buat skill ilang..udah itu buat bracer,upgrade ke janggo tar,buat magic star buat heal mana dan darah,langsung diffusal.radi dah terakhir,badak abis..push tower cepet bngt

    BalasHapus
  54. kak kalo PL pake cranium basher,
    imagenya bisa bash ato cuman dia

    BalasHapus
  55. kk lich bukan worst enemy? chain frostnya sakit,
    o iya kak, apa PL gak butuh lifesteal sama sekali?

    BalasHapus
  56. kakz, w mau tanya, lebih tepatnya sih mengoreksi guide kk, kan kk bilang,di awal guide "phantom Lancer adalah carry hero, ganker, dan bisa juga ‘Tanker’." truss di bagian 'drafting' kk bilang "Tanker/Semi tank = TIDAK!" mana yang bener nih ???

    BalasHapus
  57. kk klo d bliin vanguard boleh ga sih trus bukannya PL jga susah lawan tauren ka

    BalasHapus
  58. Wah, iya.. itu udah salah caps lagi, ckckckc
    Makasih ya :)

    BalasHapus
  59. early game pl bagusnya kjar vanguard dan vlad, diksh badak dlu, bru kjar diffusal, radiance, dn bgusx pke PT, ditambah manta ms jadi lumayan cepat....
    klu bnyk gold jdiin MKB atw burizza, dijamin GG

    BalasHapus
  60. kk purge tu ap sih ?
    maklum newbi kk :D

    BalasHapus
  61. azwraith adalah kimahri dari FF 10

    BalasHapus
  62. kk Axe kok gak dimasukin worst enemies?
    klo ketemu axe = mimpi buruk
    azweaith kan agiliti, jadi nyerangnya cepet ditambah banyak kembarannya akibatnya helixnya kayak gak bisa berhenti muter terus dah akhirnya culling.
    ane pakek azwraith mulu mati klo lawan ane pilih axe

    BalasHapus
  63. Medusa harus masuk worst enemies dong kak

    BalasHapus
  64. Ada Yang Nyadar Nggak Kalo Sebenernya
    Ane Nyadar
    Ada Kemiripan Azwraith Ama Kimahri Final Fantasy X (10)
    Tanduknya Juga Patah
    N Than
    Dia Juga Pake Tombak

    BalasHapus
  65. KK,PL cocok gk pake MoM?
    Harganya murah,bagus untuk di early game..
    Bls y kk Naym

    BalasHapus
  66. azwraith salah satu hero favorit ane gan :D

    BalasHapus
  67. kalo pake cranium basher gmn kk naym?
    coz dulu gw pake crabas gaya nyerangnya keren ^^(kaya culling blade)

    BalasHapus
  68. ane paling demen pake PL lawan hero" spell target, apa lagi yurnero sama luna wakwakkakawkakwakkwa :D

    BalasHapus
  69. kk . kok wktu it was q BN ad org yg PL'a bli soul ring ma arcane boots y ??
    jd dy maen dopplewalk ma spirit lance . wkwkwk..
    gmana itu k ??

    BalasHapus
  70. ya salah,hhe
    PL dibuild naikin DPS (terutama Attack Speed) biar 'rame' ilusinya. Kalo naikin potensi casting lance itu salah.. PL ga butuh mana banyak :)

    BalasHapus
  71. ooo.. okok ka..
    tq byk :D hehehe..

    BalasHapus
  72. aduh gan ada yg kuramg tuh artifak nya tambah monkey king bar atuh. .
    jadi gila tuh lancer klo pake MKB. .
    true strike nya bikin plus AM wihh. .
    My set:
    sepatu terbang, kampak monyet(MKB), heart of traque, assut crasius, butterfly pastinya, satu lgy gw rekom difusal blade tapi terserah anda pilih apa. . hahaha. .

    BalasHapus
  73. kk bagusan MKB apa buriza ?
    abis klo buriza PL bisa ketawan yg asli sama yg palsu dr critikal yg keluar..

    k' bonus dps dr MKB keluar gak dr image PL ?

    BalasHapus
  74. karena Masing2 Ilusi juga mendapat efek critical jadi bagusan buriza :)

    BalasHapus
  75. kk, kalo build radiance gmn kk?
    ex: vangu
    radi
    difusal
    buter
    Luxury

    BalasHapus
  76. bingung gw bacanya
    =,=

    BalasHapus
  77. kk kasi soul ring di early item buat mana sama kalo keadaan darurat....mana pl di early kan dikit bgt...

    BalasHapus
  78. kk Naym, klo PL pnya radiance, kan imagenya jga dapet efeknya..
    tu ngaruh mah dpsnya radiance sendiri ga ?
    mksdnya gini, misal PL pke radiance pnya 4 image jdi 5 x 40 dps = 200 DPS !!
    imba bgt donk..
    wkwk

    BalasHapus
  79. oya 1 lgi, image dapet efek maim ga ?

    BalasHapus
  80. skadi nya outdated kk manta kan udah ga feedback

    BalasHapus
  81. kayanya perlu di Update dehh guidenya...

    BalasHapus
  82. kk naym, itu radiance untuk PL kan berefek juga ke ilusi, tapi ngestack ga sama PL yg laen? misalnya PL punya 4 bayangan, jadi efek radiance 40x5=200dps? ato mau 1000 PL pun yg ada di field, efeknya ttp 40 dps aja?

    trus itu ultinya PL tuh cuma nambahin magic resistancenya ke "ilusi" nya PL ato PL nya juga ikut dpt tambahan magic resistance?
    makasih :)

    BalasHapus
  83. kk naym, ulti nya PL itu cuma nambah spell resistance ke "ilusi"nya PL doank apa PL nya juga dpt tambahan spell resistance?
    makasih :)

    BalasHapus
  84. kk kan sangyas bagus.boleh kan dipake klo ga mau manta

    BalasHapus
  85. koreksi aja: role PL di tim itu hard carry, bukan semicarry. coz hero late kan rata2 single-target killer >> kalo PL late game itu ga trlalu butuh timnya buat kill hero musuh. sementara semi-carry kaya storm spirit butuh tmen (ganking) musuh baru gampang dapet kill / ks.

    tips aja: Lancer sbenernya bagus bgt pake diffusal, tapi (saran doang, mo diikutin ato ngga yowes) RADIANCE core jauh lbih baik ASALKAN jadi dibawah menit 30 (diantara 25-30), karena rata2 hero carry musuh baru setengah jadi dan rata2 ber-HP tipis, so burning aura radiance bakal kerasa. masalah boots gw lebih suka pake Travel (biasanya jadi di mnit 9-12) jadi tinggal tele buat nyari lane kosong buat farm ampe dapet radi. kalo udah pny radiance, baru buat Tarrasque, mmpertebal HP. klao mau habis itu baru diffusal. starting biasanya soulring ama quelling blade cukup ampe dapet travel <<< itu playstyle gw. silkahkan dicoba!

    BalasHapus
  86. kk naym , worst enemynya gk di tambah Medusa? Coz dia klo nge ULTI , langsung ilang tuh image"nya gk peduli nyawa , ato pun banyaknya bayangan... Ini saya kevin ashil , yang sering nanya di twitter :)

    BalasHapus
  87. kk goblin shender ngak masuk enemies azwraith?

    BalasHapus
  88. kayanya di worst enemy yang ada cuma counter image2nya yah ^_^, tapi gaada counter buat MENGHENTIKAN AZWRAITH MEMUNCULKAN IMAGENYA

    PL ngerluarin image CUMA kalo nyerang (non-manta), tapi mestinya DISABLER masuk dong kak disitu :D (Atropos, Rhasta, Lion, Dkk.)

    BalasHapus
  89. jadi kk naym, ap2 dong item nya PL?
    #plis answer!!! abis aye bingung(?????)

    BalasHapus
  90. kk kalo itemnya diffusal kok manabrunnya gak kepakek ya?

    BalasHapus
  91. Kk Naym, Sange & yasha gk dimasukin ke Luxury Item? walaupun Yasha'a gk stack tpi kan lumayan ada slow, STR, sama Damage, Slow sama Damage biar cepet ngekill, STR bwt ketahanan si PL

    BalasHapus
  92. Penjelasan tentang skadi aneh, gpp donk misalya banyak uang diffusal di jual ganti skadi asal charge nya masih banyak

    BalasHapus
  93. gan PL aginya ud bukan 2.8
    tp jd 4koma berapa gitu

    BalasHapus
  94. bang, skrg agi gain tertinggi kyknya pl, soalnya +4.8 di map 6.75b

    BalasHapus
  95. tambah lg friend-nya si harbinger, slain bisa ngejaga mananya PL, juga bisa disable. udh gtu, slownya PL bakalan ngebantu dya bwt make Arcane orb-nya

    BalasHapus
  96. Gw pake PL cukup PT, Vlad, Diffus, Buriza, Crystalis
    udah pada gk bisa ngalahin smua
    bahkan oted, traxex, kardel, nvm yg dah jadi skalipun

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats