DotA Guide Indonesia

Squee and Spleen - The Goblin Techies



Devilishly clever, the goblin techies, despite their small physical presence, are a force to be reckoned with. In line with their goblin brethren, the techies have the skill of laying mines in the earth, invisible to the naked eye. Also, after extensive training with the Orcish voodoo priests of Kalimdor, the Techies are adept at laying paralysis-inducing traps along with their potent explosives. Wary be the foe who takes these three lightly.





INTRO


Goblin techies sangat efektif untuk menghancurkan pusher lawan, paling jago klo soal defense markas. Tapi sayang, HP dan armornya paling sedikit diantara seluruh hero di DOTA, itu membuatnya jadi target pertama di war.

Beberapa orang mungkin berpendapat, tecis itu hero yang ga berguna, tapi asal km tau aja, goblin bs mengatasi semua kekurangannya dgn skill2 nya, dan itu yang membuat tecis sangat berbahaya di EARLY, MID, maupun LATE game.

DIA bs juga jadi hero pusher yang sangat hebat, semua skillnya ber-damage yang amat besar, bahkan ‘suicide squade’ adalah skill dgn ‘base’ damage terbesar di DOTA yaitu 1550 damage.

Di early game, suicide squad mungkin menjadi skill yang paling mengerikan di antara skill2 hero lain yang berpotensi membunuh di early game. TP di late game, apakah damage dr skill2 tecis sudah jadi geli-geli?, emang benar, klo bomnya cuman 1, tp bagemana klo ada 9-15 bom di area itu ditambah lagi dgn statis trap yang bs men-disablemu sampai 6 detik? Masih mau bilang tecis itu kacangan?... ayo lihat trik2 main pake tecis...



Spoiler Statistik Techies




Name: Squee and Spleen
Affiliation: Intelligence (Neutral )
Strength: 17 + 2
Agility: 14 + 1.3
Intelligence*: 22 + 2.9Damage: 29 – 31
Armor: 1
HP: 473
Mana: 286
Movespeed: 270
Range: 700 (ranged)
Attack Time: 1





Keunggulan dan Kelemahan



KEUNGGULAN

1. Base Attack Range terjauh: 650 (setelah kardel dengan Take Aimnya)
2. Damage dealer tersadis di early-mid-late game
3. Bisa double-triple-triple kill tanpa harus berada di TKP
4. Bisa mendeny diri sendiri dengan suicide
5. Stun area terlama dengan statis trap
6. Banyak yang nganggep remeh, nice... I like this
7. Hero musuh jadi sibuk beli sentry-gem + takut maju terutama di line tengah


KELEMAHAN
1. HP/Armor kecil
2. Base damage terkecil dalam game
3. Movespeed terparah... 270 (ditambah dengan sepatu blom bisa ngejer nessaj)
4. Sering ketinggalan level
5. Smua skill kecuali suicide bisa dicounter dengan sentry dan Gem





SKILL

Land Mine


Plants a line that explodes when an enemy nears or when it is destroyed by an enemy. The explosion deals less damage if the target is farther away.. Deals damage to buidings. You may only have 15 mines placed at a time.

Level 1 - Deals 300 damage within 200 AoE, 150 damage within 500 AoE .
Level 2 - Deals 400 damage within 200 AoE, 200 damage within 500 AoE.
Level 3 - Deals 500 damage within 200 AoE, 250 damage within 500 AoE.
Level 4 - Deals 600 damage within 200 AoE, 300 damage within 500 AoE.

Mana Cost: 125 / 150 / 175 / 205
Cooldown: 25 / 20 / 15 / 12

Land mine punya HP 100, dan bs memberikan ‘vision’ dgn jarak 64 area (siang/malam). Land mine akan aktif kalau ada musuh yang nginjek. Musuh yang ada di 200 area dr bom ini akan mendapat damage full, dan musuh yang ada di area antara 200-500 hanya kena setengahx.

Ga bs di block oleh linken’s sphere, BKB aktif ( spell immunity ),dll. Tp damage bs dikurangi oleh spell resistance dan armor lawan, juga bs diblock oleh vanguard, stout shield.

Ga nyerang hero2 terbang seperti jakiro,viper,dll.



Statis Trap

Plants an invisible Stasis Trap that stuns enemies within 300 AOE when detonated. Two actions are required to trigger the trap. First, at least one enemy has to physically walk past the trap. After someone has walked past the trap, at least one enemy (does not necessarily have to be the same one) has to be physically within the range of the trap for 2 seconds.

Level 1 - Ward lasts 4.5 minutes and stuns for 3 seconds.
Level 2 - Ward lasts 5 minuntes and stuns for 4 seconds.
Level 3 - Ward lasts 5.5 minutes and stuns for 5 seconds.
Level 4 - Ward lasts 6 minutes and stuns for 6 seconds.

Mana Cost: 80 / 110 / 140 / 160
Cooldown: 20 / 16 / 13 / 10

2 gerakan yang membuat ward ini aktif, pertama salah satu musuh jalan melewati area ward, dan 1 musuh lagi ( bukan musuh yang tadi itu) masuk ke area ward dan ward pun aktif.

Klo ada banyak ward di satu area, ketika 1 ward aktif ... ward2 yang lain akan hilang.

Ward ini punya HP 100 dan ‘vision’ dgn jarak 600 ( siang/malam). Ga bisa diblock oleh linken’s spehre. Tp, bs di block oleh spell immunity seperti BKB dan omniknight.



Suicide squad, Attack !

Sacrifice yourself for the greater good. Deals massive area of effect damage. If you die and kill some units, you will earn gold, but not the experience. If the enemies are within 200 AoE when you suicide, they'll receive full damage, if they're within 200- 500 AoE, they'll receive reduced damage. Do not damage buildings.

Level 1 - Deals 650 / 350 damage.
Level 2 - Deals 850 / 400 damage.
Level 3 - Deals 1150/ 450 damage.
Level 4 - Deals 1550/ 500 damage.

Mana Cost: 100 / 125 / 150 / 175
Cooldown: 75

Klo ‘auto-cast’ nya diaktifkan, techies akan langsung maju meledakkan diri dengan suicide squad ke musuh yang kamu klik. Efek ledakan menghancurkan pohon-pohon disekitar yang terkena. Karena efeknya area jadi TIDAK di block linken’s sphere. Damage dikurangi spell resistance lawan dan armor juga, sebagian damage bs diblock oleh stout shield,vanguard, tp bs di block sepenuhnya oleh spell immunity.

Skill ini mesti kamu mentokin duluan, setiap skill ini bisa diambil kamu mesti ambil, karena kalau tidak diambil.. damagenya akan semakin tidak terasa ketika level, darah dan resistance musuh sudah tinggi.
Lalu bagaimana dengan Droppable Item? (Gem, Rapier, Aegis). Apabila kamu memiliki ketiga item itu dan melakukan suicide, Gem dan Rapier akan jatuh (Logis donk..) tetapi Aegis tetap dalam inventory. Fair Enaugh! :)


Remote mine

Plants an invisible mine that will only activate when triggered. Does not damage buildings. As long as the enemy is within the blast range he will receive full damage. Lasts 8 minutes.
Level 1 - Deals 300 (450*) damage when activated, 400 (410*) AoE.
Level 2 - Deals 450 (600*) damage when activated, 410 (425*) AoE.
Level 3 - Deals 600 (750*) damage when activated, 425 AoE.

Mana Cost: 200 / 240 / 300
Cooldown: 10
Casting Range: 500 (700*)

(*) dengan Aghanim's Scepter

Ga bs di block oleh linken’s sphere, damage dikurangi spell resistance lawan, dan di block oleh spell immunity. Kalau diambil, ototmatis dapat bonus skill ‘detonate’

Kamu tetap mendapat EXP untuk musuh yang kamu bunuh dengan Remote mine, meskipun kamu jauh dari TKP (di luar 1000 range)


Detonate

Detonates all remote mines.
0.5 second cooldown.


Detonate meledakkan remote mine yang km mau ledakkan.


Focused Detonate


Detonates all remote mines in 700 aoe around target area.
Cooldown: 1 second
AoE: 700

Meledakkan seluruh remote mine yang ada di 700 AoE sekeliling target.



SKILLS BUILD


1. Land Mine
2. Suicide Squad
3. Suicide Squad
4. Land Mine
5. Suicide Squad
6. Land Mine
7. Suicide Squad
8. Land Mine
9. Remote Mine
10. Stats
11. Remote Mine
12. Statis Trap
13. Statis Trap
14. Statis Trap
15. Statis Trap
16. Remote Mine
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Land mine : skill yang sangat mudah memberimu ‘ FIRST BLOOD’ penjelasan di strategy. Level 1 aj udah cukup untuk bunuh.

Suicide squad : seperti yang sudah kujelaskan di atas, skill ini klo ga diambil cepat2, damage nya akan semakin kurang efektif, tiap skill ini dilangkahi.

Statis trap : kurang berguna di early game, sangat berbahaya di late game, dimana semua teman udah jadiin item dan skill nya, dan dalam waktu singkat udah bs membunuh musuh yg terkena statis trap.

Remote Mine : Kurang efektif di early game ( level 6 ). Mana cost nya sangat besar untuk damage yang ga bgt banyak. Tp klo mana km udah banyak dan cukup untuk bikin 9-10 bom, mestinya km udah pesta bom dgn skill ini.






Item Build dan Gameplay




Ayo3x first blood di tanganmu...klo udah pilih techies, item2 awal yang harus km beli adalah tango,scroll of town portal, dan clarity sebanyak2nya.


EARLY ITEM

SOUL RING


Kamu butuh sangat banyak mana untuk ngespam Land Mine, item murah ini akan sangat menutupinya di early-mid game.

Arcane boots


Sepatu core yang akan memberimu sangat banyak mana untuk produksi bom yang semakin banyak.










EARLY STRATEGY
Cepat2, beli clarity banyak2, beli scroll of town portal dan tango, trus tele ke tower bawah (sentinel) atau atas (scourge) yang paling depan, dan pasang land mine di spot jalan masuk ke hutan, dekat sungai, atau dekat toko, tp jangan di jalur creep, di atas/bawah jalur creep, pokoknya cari posisi yang ga mungkin dilalui creep kecuali ada yang mancing ke sana.

Pasang 4-5 land mine, gunakan clarity untuk ngisi mana, harusnya jangan sampai keliatan kamu sedang pasang bom di posisi itu.

Kalau sudah ada 4-5 land mine disitu, dan musuh sudah pada berdatangan, pancing musuh dengan menembakinya, usahakan musuh itu ngejar kemudian lari ke arah posisi dimana km pasang land mine, dan usahakan musuh itu melaluinya, dan FIRST BLOOD!!





Di level 2 km akan lebih tertolong, ambil suicide squad, pasang bom , kalau musuh belum mati abis nginjek bom, habiskan dgn suicide squad!

Di atas adalah sekilas trik untuk mencuri first blood dari techies, sebenarnya ga susah2 amat, asal sering2 latihan. Sebenarnya km ga hanya bs main di lane bawah, di kedua lane lainnya juga bisa, tapi sebaiknya dilane yang rame apalagi kalau trilane, bisa Triple kill!

Penentuan posisi land mine nya sama, cari posisi yang menurutmu enak buat pasang 4-5 land mine dan bukan jalur creep, paling bagus di utan dekat line, atau pintu masuk hutan/lane byar musuh ga ngeliat kamu sedang masang2.

Spoiler Screenshot





Perlu diingatkan lagi, kamu itu sangat tipis, HP dan armor km sangat ga cocok ikutan war, apalagi damage yang imut bgt, pokoknya si kecil ga boleh dekat2 TKP di war.

Level ga penting buat techis, termasuk experience jg. Yang penting adalah duit, jadiin duit untuk pertahananmu, km akan sering ketinggalan level di war, itu wajar, km ga boleh sring-sering terlihat musuh, kecuali sedang push tower.

Tapi yang harus km lakukan adalah pasang bom diam2 di line, klo udah cukup tinggalkan tempat itu. Pasang juga land mine di hutan klo sempat dan klo mana cukup diluar mana yang km butuhkan untuk rencanamu.

Menggunakan suicide ga mudah2 amat, kadang km ga dpt duit apa-apa kalau ga berhasil membunuh target. jadi sebaiknya prioritas suicide untuk pertahanan diri aja, gunakan juga untuk bunuh diri ke tanah kalau HP mu udah tipis bgt, dan km malas jalan pulang ke fountain untuk ngisi HP.

Sedikit perhitungan untuk damage dari suicide squad level 4!
ini hanya untuk hero yang dijadikan percobaan, yaitu hero agility 1 dan tanker 1, maaf kalo ga begitu akurat, tp yah beda2 dikit laa.


TROLL WARLORD

Level 8
armor: 4.7
hp: 758

Suicide damage: ~960

Level 9
armor : 5.1
hp: 815

Suicide: ~940 dmg

Level 10
armor: 5.5
hp: 853
Suicide: ~920 dmg


SKELETON KING

Level 8
armor: 5.2
hp: 948
Suicide: ~940 dmg


Level 9
armor: 5.5
hp: 1005
Suicide: ~920 dmg


Level 10
armor: 5.7
hp: 1062
Suicide: ~900 dmg


Okay jadi sudah kliatan suicide squad di level 4 masih bisa membunuh sebagian besar hero lawan di level 8, yaitu semua hero agility, semua hero intelligence kecuali jakiro dan ogre magi, dan sebagian besar hero2 strenght.

Jadi, suicide squad sangat sulit ditangkis kecuali musuhnya itu hero strenght, tapi hero strenght itu akan sangat sekarat abis terkena suicide.








MID ITEM
Aghanim's Scepter
(credit: dane)


Alasan utama membeli ini secepatnya adalah 450 damage!!! remote mine level 1, damage yang sangat mematikan bahkan untuk 1 bom saja.


Force STaff


kesulitan membuat musuh kena bom? land mine membutuhkan jarak melee, daripada dagger item ini akan sangat membantu. Selain itu gunakan ke musuh yang menghadap ke arah tumpukan remote bomb, dan ledakkan bom saat dia menginjaknya, DUAAARR!! =D





MID STRATEGY
Sudah saatnya berhenti bermain dengan land mine, kali ini kamu akan pesta bom dengan....REMOTE MINE!



Harusnya km udah menguasai lane tengah, pasang bom2 remote mine km di satu area kali ini pasang di jalur creep, karena di jalur creep byasanya hero2 lawan melintas, remote mine ga seperti land mine yg bakal meledak klo diinjak, remote mine baru meledak klo diaktifkan ( seperti teroris.. ^^ )

Pasang 8-9 bom km di satu area, bom nya biarkan menumpuk, remote mine ga bakal kliatan ama musuh jadi mreka ga tau letak koleksi bom kamu, kecuali dia pasang ward atau bawa gem, sepertinya situasi akan berubah.

Ledakkan 2 atau 3 bom di koleksi bom km yang waktunya udah ampir abis, ingat... remote mine ada batas waktunya.

Nah.. klo ada hero lawan melintas cepat2 blok seluruh remote mine koleksimu, dan tekan shortcut untuk detonate ‘D’. Dan bs km tebak sendiri ap yang terjadi..

Kalau remote mine sudah diledakkan, pasang lagi.... sebenarnya penting jg untuk bawa ward, biar km aman pasang bom di area yang ga ada observer ward musuh, karena kalau ada kamu bakal kliatan dan posisi bom ketahuan. Lebih parah lagi kalau pasang sentry atau bawa gem, musuh dengan mudah ngancurin koleksi km sebelum km sempat menekan ‘detonate’.


TIPS : pasang bom di satu area sebanyak 8-9 , untuk level 2 remote mine dgn 8 bom itu, total damage nya menjadi 450 X 8 = 3600 damage, dgn damage sebesar itu hero2 tanker dgn HP dan armor gede seperti sven pun bakalan keok..

Tujuan knapa mesti banyak2 bom dipasang adalah, karena damage akan dikurangi spell resistance lawan, jadi lebih baik pasang banyak2. Slain itu untuk jaga2 klo bomnya berkurang karena waktunya abis. Kalau musuhnya tipis-tipis 4-5 bom cukup.


Km tidak perlu ada di dekat2 TKP klo mau ‘detonate’. Asik2 creeping aj dihutan atau push di lane yang aman, Klo km ga tau Macroing (mengaktifkan skill mu dari jarak jauh), link ini akan membantumu..[MICRO DAN MACRO]

Biasanya lawan2 pada ‘push’ di tengah, dan kesempatan km tuk jaga2 klo musuh2 nya melintas di koleksi remote mine km. Kalau bisa, ledakkan pas disitu ada 2 atau 3 hero.. artinya doble atau triple kill.. lebih bagus lagi kalau semua musuhnya pada ngumpul..jduarrr.. Rampage!


Jangan lupa pasang bom di tower kalian, pasang 2 atau 3 aja, jadi pas lawan lagi pukul tower langsung ledakin aj, abisin... lalu itu pasang lagi. jadi km bs creeping dr jauh, dan ga usah capek2 ke tower itu buat defense...

Selain itu jangan pasang bom di tempat yang sama, karena lawan pasti akan lebih waspada melintas lg disitu, bahkan mreka pasti masang ward di sana, jadi solusinya km bawa ward juga pasang ward km liat kalau ada ward musuh hancurkan, lalu mulai pasang remote mine, hati2 jgn sering2 muncul, ntar km ktahuan lagi masang2 bom.

Remote mine juga bisa digunakan sebagai ward, karena durasi yang luamayan lama dan memberikan vision. taruh di tempat yang tinggi dan kalian akan mendapat vision yang luas.

Spoiler Screenshot





Jangan lupa pasang land mine juga donk, km bs pasang dimana aja km mau, dan brapapun yg km butuh, buat creeping ... atau creeping di hutan juga sangat berguna, satu land mine aj udah bs ngancurin setengah HP centaur.

Untuk nyerang tower, pasang land mine juga, damage dari land mine akan sangat membantu ngancurin tower. Remote mine ga bs nyerang tower, kalau land mine ga perlu diinjek pun klo km pasangnya pas di tower bakal ancur sendiri.







LATE ITEM

EUL SCEPTER OF DIVINITY


Item ini bukan sembarangan, tujuan beli item ini banyak bgt, sangat berguna untuk techies, pertama menambah mana regen, movement speed yg sgt dibutuhkan techies, apalagi ‘cyclone’, pertahanan diri mu, untuk kabur.


ALTERNATIF 

EMPTY BOTTLE


Dgn beli item ini, km ga perlu lagi beli tango atau clarity banyak2. Beli kalau main Power up.


Bloodstone
(credit : razor)


alternatif Eul.. item ini sangat menguntungkan untukmu yang akan sering melakukan suicide.


LINKEN’s SPHERE

Klo ga mau beli bloodstone, sepertinya item ini yang cocok menggantikannya, bs nge- block sebagian besar spell2.


LUXURY 

BOOTS OF TRAVEL

Upgrade arcane boots di late.


SHIVA’s GUARD

Km akan semakin sulit dibunuh, lengkap sudah pertahananmu.


KELENS DAGGER

Not bad, cuman force staff aja sudah mantap.


Jangan Beli ini!
 
EYE OF SKADI


Km bukan hero DPS, dan km ga punya waktu nge-hit2 lawan dgn rudal2 mu yang imut, klo emang tujuan untuk membantu nge-slow byar teman2 mu bs membunuhnya, boleh km beli setelah shiva’s guard. Leboh penting beli item2 pertahanan.







LATE STRATEGY
Late game, artinya semua bom kamu udah ga bakal bs bunuh lawan2 km, bukan karena jumlah bomnya yang kurang banyak, tp pastinya musuh udah sangat waspada dgn beli ward dan bahkan ad yang bawa gem. Artinya, bom km udah ga berguna lg...

Habislah techies... sapa suruh main sampe late game.. hahahah ^^. UPS salah.... hero INT sangat kuat di early dan mid game, tp sangat cupu di late game, ga berlaku untuk techies, untuk itu techies dilengkapi lagi skill ‘STATIS TRAP’

Statis trap adalah skill yang sangat mengerikan, pernah ga km bayangkan selama 6 detik km hanya bisa melihat musuh ngebantai km , apalagi ini di late game, dimana skill2 dan item musuh pastinya udah ‘gila’.

Okay statis trap sangat berperan di tim mu di late game. Bahkan bisa aku bilang, potensi kemenangan terbesar di late game.

Liat2 hero yang bawa gem, pokoknya team km mesti bunuh dya duluan

Nah gini trik kejamnya, klo ada war km jangan sekali2 muncul di area war, biarkan 1 atau 2 teman km yg coba defense, dan klo ‘battle initiator’ atau si pembuka war yg byasanya stunner udah melemparkan skill stunner nya artinya war udah mulai, di saat semua lagi pada sibuk ngebuk2 target masing2, tlilililiilt tlilillililt... jalan diem2 ke tengah war ( berjalan dgn imut ) lalu pasang statis trap mu yg amat kejam, lalu mundur kembali ke posisi awal mu di hutan ( fog of war ), dan dr situ km pasang remote mine km, lalu ledakkan ketika statis trap mu aktif. Statis trap aktif artinya neraka buat musuh2, teman2 km sekarang punya 6 detik untuk menghabisi mereka yg terperangkap, selamat bersenang2.

Untuk defense markas km, selalu pasang land mine, remote mine dan statis trap di jalan setiap perjalanan pulang ke markas, itu akan memperlambat mereka dan mengurangi jumlah creep yang bakal menyerang.

Klo team km lagi nyerang markas lawan selalu pasang land mine di tower mereka, untuk ngebunuh creep2 nya km hanya perlu pasang remote mine km dr jauh di area creep itu dan langsung ledakkan aj, jadi km udah pasti ngerti kenapa techies itu mudah bgt kaya, tp levelnya ampun ketinggalan bgt..





FRIENDS

Sebenarnya semua hero cocok main bareng techies, tp ada beberpa hero yang bs membantu km membawa lawan ke area bom km, sebagai combo.


PUDGE

Meat hook ke arah koleksi remote mine km, JduaRRR!


TINY

Toss ke arah koleksi bom, atau km yang di toss ke musuh itu lalu langsung gunakan suicide. BuuMMM!...


Vengeful Spirit


Swap ke lokasi bom-bom, KABOOM!!


Rubick


Angkat! lalu buang ke bom.. Good Night!


Tuskar



Cara lain lagi buat Explosion.. Snowball ke target+ Suicide, JDUARR!!! hahaha


DARK SEER

Vacuum ke arah koleksi bom.. JDUARR!!


Bat Rider
(Credit: Dabu_Dabu)


Juga Bisa membantu menarik target ke area bommu :)





ENEMIES
Hero2, yang bs menjadi mimpi buruk techies sangat banyak, dan semuanya adalah hero2 late game seperti di bawah ini. Harus kamu waspadai.


BONE FLETCHER

Sebenarnya hero ini bs membunuhmu kurang dari 3 detik klo dia tiba2 muncul dibelakangmu


VIPER

Sulit bagimu untuk kabur klo udah kena slowernya, kecuali ada teman yg nyelamatin km


BOUNTY HUNTER

Sama aj dgn bone fletcher, muncul tiba2 lalu km diabisin dgn toss nya.


BLOODSEEKER

Ga dikasi rupture nya aj km udah pasti mau menjauh darinya, apalagi kalau udah kena. hati-hati karena dia bisa mencegahmu meledakkan diri.


NORTHROM

Lebih parah lagi dari blood.


POTM

Kamu harus waspada klo yang pake hero ini pro dan panahnya akurat, tebak sendiri akibatnya.


Magina


Resistance tinggi sangat sulit dibunuh dengan remote mine dan suicide. Gerakannya sangat cepat dan punya blink untuk menghabisi manamu dengan cepat, lalu mana void akan meledakkanmu tanpa perlawanan.


Damage Return


Termasuk yang membawa Blade Mail karena kamu sangat tipis! Kamu bisa mati kalau mereka terkena ribuan damage.


Summoner dan Illusioner


Mereka bisa mengecohmu, menggunakan ilusi atau unit summon mereka untuk melewati land mind dan statis trap. Dan hati-hati meledakkan remote mine, siapa tahu itu hanya ilusi belaka.





CLOSING
Maap klo ga ada screen shot di guide ini, padahal techies butuh banyak screen shot byar lebih jelas.

Techies adalah satu2nya hero yang berbeda dr hero lain, yang byasanya dari awal semua hero ngejar experience banyak2 byar ga ketinggalan level, tp techies tertinggal 10 level pun, masih bs ngebunuh lawan2 yg 10 level lebih tinggi dgn belasan bom nya.

Dari sekian banyak hero2 yang ada di battle kamu ga boleh sering2 muncul di war, techis ini yang paling ga boleh muncul karena gampang banget di bunuh.

Techies adalah hero yang tidak mudah diprediksi. km ga bakal tahu apa yang sedang dilakukan si kecil dan dimana posisinya, mungkin kamu selalu berharap semoga ia tiba2 muncul dihadapnmu, tp ternyata malah kamu yang terjebak rencana jahatnya.

Ok, finish! selamat pesta bom kawan!hahaha


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




99 komentar:

  1. kk, tambahin "Kelemahan"nya
    - ga ada animasi attack, jadi ga tau kapan dia akan nyerang

    BalasHapus
  2. kk, gmn caranya melawan hero yg pake true sight dgn hero ini???
    please answer kk..
    tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kk Wkt Ak Suicide Ke laNaya kok No Damage Ya??
      Pdhl di line Tgh Ada 4 Hero Kena dAmage Smua Kcuali Lanaya
      Knp Kk??

      Hapus
    2. Lanaya ada refraction, ngeblock damage untuk beberapa charge. Baca di guide lanaya :)

      Hapus
    3. Caranya berdoa yang banyak

      Hapus
  3. Klo cuma sentry ward, counternya dengan sentry ward juga (pasang di koleksi bom mu)

    klo musuhnya bawa gem, ga ada cara lain selain ngebokong dia- bunuh..

    klo malah bawa micon, mau gimana lagi..bunuh micon birunya (jadi kalau bomnya dideteksi langsung hancurkan saja), atau usahakan terus bunuh hero itu, jangan sampai miconnya sampe level 3..

    BalasHapus
  4. kak naym kok lanaya gak jadi best partner kan slow terus bom

    BalasHapus
  5. Sip akan kutambah, thanks :)

    BalasHapus
  6. Kk naym tq guide nya.walau item build nya agak beda,inti strategi tetep sama.and Tq buat guide techies,Pl,n raijin. thx.
    =)

    BalasHapus
  7. ini hero yang bikin musuhnya mikir2 kalo mau jalan.
    klo lawan human, cobain strategi ini kk...pasang beberapa land mine di toko rahasia atau di toko yg di lane itu. biasanya kan pastilah belanja di toko itu, tp emang g semua belanja pake flying kurir...tau donk akibatnya ^^
    niatnya pulang bawa item baru...ujung2nya malah nongol difountain dengan duit berkurang ^^
    sy klo lawan temen, temen itu jd takut belanja...yah bisa dibilang, ini hero bisa bikin ciut nyali lawan klo blom punya gem/ward ^^

    thx kk...moga2 bisa jadi inspirasi pemakai2 techis lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pas early pasang tuh bom lvl 1 di pasar gelap nya musuh ............. Dijamin dah langsung nge flame dy wkwwkwkwkwkwk

      Hapus
  8. kk naym ksih tw dnk tmpat naruh lane mine pling hoky biar dpet FB d erly...heehehehe

    BalasHapus
  9. kk...kok ssah x pke thecies...damage kcil di early..mksd'a ssah farming....aplgi mode ap yg gold'a sdikit...

    BalasHapus
  10. pasang remote di pasar gelap,,bagus juga ide'a,,ty ya

    BalasHapus
  11. taktik ampuh techies adalah pasang bom di pu lalu ada musuh liat dd mo ambil tiba2 duarrrrr!!!! modar deh sapa suruh nafsu dd[double damage]wkwkwkwkwk^^

    BalasHapus
  12. Techies kayaknya tambahin force staff di build item perlu deh....
    soalnya waktu musuh pegang gem waktu hit2 bom tecis musuhnya kan bisa ditarik pake forcestaff...dijamin ga bakalan jebol deh tower2 klo ad tecis pake forcestaff

    BalasHapus
  13. tambahir best partner nya Vengeful spirit...swap ke koleksi bom...duarr..

    BalasHapus
  14. best partner venge dong? swap BOM

    BalasHapus
  15. kk itu mine nya techies bisa buat damage tower lawan, lvl 4 500 damage (kalo ga salah) lancar bgt buat ancurin tower musuh

    BalasHapus
  16. TAMBAH Magina dong resistansinya gila banget kalo lawan magina yang fokus magic res nya damage bom bakal geli" ma dia..

    BalasHapus
  17. kk naym kan remote mine udh bisa di UPGRADE sama SCEPTER

    BalasHapus
  18. kk kalo menurut saya item corenya techies adalah blood stone, karena sinergi sama skill suicide nya tecies, pas bunuh diri dia kan dapet exp juga kalo berhasil bunuh musuh...

    BalasHapus
  19. kk menurut saya taktik tanem bom banyak2 di 1 tempat uda agak basi sekarang (skali ada yg bawa gem, jd buang2 waktu d).. kayanya lebih baik tanam 3 bom tapi di banyak titik(skalian buat ward), dan bisa dipake kalo2 musuh lagi kabur :P .. Land mine nya techies jg bisa buat cegah creep utan spawn loh, cuma kelemahannya, hero musuhnya tinggal injek (coba aja pas lvl 1-3 injek mine, rasanya pasti enak :P).. Possibilities stasis trap tuh banyak banget sih, sayangnya diambilnya suka telat krn lvl techies rendah..

    BalasHapus
  20. kk .. apakah hero ini bisa jadi hero killer? kalo bisa, kk bisa share tips triknya gak?
    thank you yaaaaaa ... :D

    BalasHapus
  21. KAKZ...saya ada trick paling yahud.....untuk biikin carry musuh terseok"....caranya tanam remote mine di area creep hutan sebnyak"nya...tunggu yang kreping di hutan."pasti ada hero musuh yang creepingan di hutaN"
    kasih waktu dia bersenang-senang dengan creep huran...lalu..detonate.DUUUUAAARRRRR.....!!!!!!!!!

    trus ada lagi hero baru the best-best partner di map 6.70. heronya namana tuskar.
    nama skillnya saya lupa..
    combonya skill 2 tuskar + suciede = First blood.!!!!
    kurun waktu 1 menit...GGGGGG..!!!

    BalasHapus
  22. kk, mau nambahin nih, sekarang remote mine ngasih experience kalo ngekill, jadi techies bisa ngejar level walaupun tidak di tkp. thanks.

    BalasHapus
  23. okay, makasih buat semua saran2 dan tambahannya, ane sudah tambahin :)

    BalasHapus
  24. kk, mau tanya remote mine ngasih EXP kalo ngekil itu udah dari map dota yg ke brapa ya?

    BalasHapus
  25. hmmmm....Hero yang menguntungkan kalo jadi teman..dan merugikan kalo jadi musuh....i like this hero.....

    apalagi kalo ada hero musuh yang kena bomnya pasti techies langsung bilang "good nite"

    licik mang neh hero...palagi kalo dah pake aganim..cuma 2-3 remote mine bisa ngekill banyak...............

    thank buat guidenya kakz...saya maen tecis minimal dominating.....maksimal GODLIKE....

    BalasHapus
  26. tambahin blood stone di core kk, soalnya kan dia bisa suicide, jadi bloodstone bisa nambbah in levelnya , ngurangi waktu respawn sama ngurangi gold yang hilang krn mati:)

    BalasHapus
  27. kk goblin klo kita bikin devine rapier klo kita sucide devinenya ikutan jatoh ngk?

    BalasHapus
  28. soutile said :

    kk... bleh kasih scren shot map ,, biar ane thu msang bom yg stategis tuh dmn,,,

    BalasHapus
  29. dan said :

    boleh minta replayna gag gan,,,???

    BalasHapus
  30. kk tambahin alternative itemnya dong,arcane boost,
    soalnya klo arcane+soul ring di early bisa bertahan lama di lane sambil ngespam land ato remote mines tanpa harus balik ke fountain.

    BalasHapus
  31. dust of appearance bisa counter bomnya techies gak ????
    kalo iya gawat juga, kalo liat techies kabur darah penuh artinya abis masang bom
    tinggal pake dust langsung keliatan bomnya

    BalasHapus
  32. Taktik lama neh...!!!!
    Pasang bom banyak2 di titik strategis, lalu korbankan satu item, taruh di dekat bom. Jebakan yang dahsyat deh... DIJAMIN...!!!

    Terus bisa juga pakai courier... tinggal jalankan kurir, usahakan diliat ama musuh, terus harus akting seolah2 nda disengaja... nah...bawadah ke "jalur bom"....

    BalasHapus
  33. gan kalo gak salah pas lg masang remote mine ada fade timenya deh, itu fade timenya berapa detik

    BalasHapus
  34. kk naym punya account facebook ato semacamnya gak yang sering dipake kalo boleh minta nicknya donk biar saya bisa belajar main dota lebih spesifik

    BalasHapus
  35. gara gara akhir ini ad teror bom,,jdi keinget ma nie hero,,,

    mudhan ajh ane bisa jd TERORIST!!! and ngekill orang2 dr guide2 bang naym and agan2 skalian yg udah ngebantu,,

    eh maksud ane di game dotanya loh,,klo beneran bisa habis nie pulau INDONESIA,,hehehhe

    BalasHapus
  36. Dane, iya dust kan ngasi true sight :)

    Ustadgaul1
    di sidebar kanan blog ini, scroll ke bawah sampe Guide Author, itu Facebook sy gan :)

    Anonim, wah kalo beneran bisa bahaya, hahaha

    BalasHapus
  37. gan pertanyaan saya yang pertama belum di jawab

    BalasHapus
  38. ustadgaul1,
    oh.. fade timenya itu 2 detik,

    BalasHapus
  39. micon itu ap kk??

    BalasHapus
  40. koreksi dikit
    nama hero yg bener tu Squee,Spleen and Spoon
    kan mereka bertiga soalnya

    BalasHapus
  41. --a
    suramm bunuh diri molo....
    >,<

    BalasHapus
  42. kk klo bisa ad fotonya tempat taro bom strategis hehe msih nubie

    BalasHapus
  43. kk pasang bom yg startegis dmn si land mine ny?

    BalasHapus
  44. kk utk force staf bs buat def tower (pasang mines ditower, ada yg atack, lgs force).
    utk suicide jg bs..
    utk taktik late pas masang static trap, utk masuk ato kluar dr daerah war..
    fungsi banget dah.. dibanding eul krn regen mana udah cukup..

    utk allies bs tambah batrider jg?
    utk enemies, hero tankker yg make BM.
    dmnpun tecies pasti mati tuh..

    hheehehehehehehehehehe....
    i like this hero..
    nice guide...

    BalasHapus
  45. Anonim, Necronomicon
    Yogie Arifin, Ok, thanks :)
    Troll, SS akan ditambahkan, untuk saat ini liat dari Replay aj dulu :)
    Dabu_Dabu, thanks, sudah ditambahkan :)

    BalasHapus
  46. bung naym...
    klo techies pake linken atau bkb tetep mati gak waktu suicide?

    BalasHapus
  47. bung afan, suicede ga diblock linken, jadi techies tetap mati.
    Untuk avatar itu immune magical damage, suice nyerang mixed damage jadi tetap mati :)

    BalasHapus
  48. Suicide itu damage mixed (Physical + magical), tetap mati.

    BalasHapus
  49. update techies 6.72 donk, casting range remote mine pake aghanim dikurangin jadi 700
    terus aghanim menurut saya mestinya jadi core, menggantikan eul
    karena level 11 dengan aghanim remote mine, 1 wave creep langsung bersih

    BalasHapus
  50. ikut..coba pake tecis dweh.....jadhi teroris..gantiin osama
    Hehe
    @ustadgaul1 kayake kita pernah maen bareng d garena..hehe
    ngakak..

    BalasHapus
  51. Wah dulunya aku paling ga bisa pake hero ini, dulu waktu maen masang bomb sembarangan, ga ngekill ngekill, level ga naek2 akhirnya gg deh...

    tp sekarang dah lumayan deh pake techies, selalu first blood, tp kadang kesel kalo di awal-awal waktu masang bomb di counter ama lawan heuehe...

    kalo mau yang santai mainnya dan males war, pake aja techies, tinggal cari tempat2 strategis, dan musuh bakal nikmatin makan malam di neraka wkkww...

    BalasHapus
  52. @dane, owh, thanks yah sudah diupdate :)

    BalasHapus
  53. kk naym ane biasanya masang bom di lane bawah(sentinel),atas (scourge) ane pasang di samping jalur creep. Pasti dapet fb tuh kalo musuhnya gak mh

    BalasHapus
  54. kk ada kelemahannya lagi yaitu hero2 invis kaya rikimaru
    percuma pasang bom kalau musuhnya ga kliatan :D

    BalasHapus
  55. kalau pake lothar bagus ga?

    BalasHapus
  56. Kalo main Bnet di server2 yg free percuma pake techies,, orang pada MH semua,,

    BalasHapus
  57. tapi emang tecis itu hero paling gg di DOTA,,,kalo partner nya mendukung juga sih,,,XD

    BalasHapus
  58. mo tambain dong kaks....
    counter tecis menurut gw PL and syla
    why ?.....'
    coz klo PL tinggal majuin bayangin aja wat nipu tecis sekaian bersiin trap mines sama yang stun (NB : TIDAK EFEKTIF KLO LAWAN MEMAKAI MH :D).
    klo syla majuin summon wat bersiin ranjau. TQ

    BalasHapus
  59. KK, tambahin morphling ke worst enemiesnya, soalnya temen saya, johanees willy napitupulu pernah suicide replicatenya si morphling..
    Menurut kk, bagaimana cara mengatasi agar tidak suicide replicate.. ???!

    BalasHapus
  60. enak lawan axe pake techis, att rangenya jauh jadi enak nyerang tanpa di-counter helix. kalo mau mati pake suicide, nggak sempetin musuh pake culling. aman deh..............

    BalasHapus
  61. itulah hebatnya Morphling, ilusinya sangat meyakinkan. Mending selalu perhatikan mini map, atau coba perhatikan gelagatnya, kalo ga ngeleuarin satupun skill itu fake. Jadi jangan asal suicide aj :)

    BalasHapus
  62. Iya, betul tuh, kasih tau si willy, ati" kalo lawan morphling atau gk hero kloning, jangan sampe dia suicide replicate lagi..

    BalasHapus
  63. kk,saya punya replaynya techis dengan judul kembang api..lumayan bikin senyum..hhhe
    kerend abis 'DHUAR-DHUARRRnya'^^

    BalasHapus
  64. Counter kalo ada orang yg bawa gem: taro remote mine, langsung ledakin. Kumpulin duit yg banyak, beli hex. Bunuh rame2.
    Oiya, gw sering build techies item begini :
    Early : soulring, arcane
    Mid : bloodstone, aganim, travel (soulring arcane jual)
    Late : MKB, hyperstone , taras, bloodstone, travel, aganim. Ga maenan bom lagi. Maenan statis trap aja. Ama remote mine skali2.. Bisa dicoba. Emang melenceng. Tapi manfaat dari range nya yg gede. Mantep kk. Mungkin pada bilang gw tecis tolol (seringan gitu kalo uda beli hyperstone ato demon edge) tapi akhirnya, sembah sujud kk tu orang ama gw. Wakakaka.
    By: tantooo

    BalasHapus
  65. kk
    tambahin "axe" sebagai best friend
    axe diri di tengah2 bom
    abs itu suruh axe nya nge-call
    dngn cara itu musuh di"paksa" supaya nginjek bom :D :D
    by: Firhan

    BalasHapus
  66. tambahin temen, raijin, kan dia ada skill narik tuh . . . tarik aja ke bom. hoho

    BalasHapus
  67. tapi di late game sebenernya base demage tecis bkan yang paling kecil

    BalasHapus
  68. kk roar nya rexxar kok gak dimasukin kan bisa di roar ke arah bom

    BalasHapus
  69. kk masukin doom sbg worst enemies.. level 6 aja si doom bisa kill techies kok.. + doom nya bisa silent.. jadi dia gak bisa bunuh diri

    BalasHapus
  70. Kak Naym. Tolong Masukin Rubick Sebagai Best Allies kak. Pake Telekinesis Bisa dilempar ke koleksi bom kak

    thanks

    BalasHapus
  71. kk klw best partnernya magnus gimana?
    bisa di ulti ke posisi bom kan? Rampage!

    BalasHapus
  72. kk tambahan wat enemies bagian summoner & cloner. lycanthrope bisa summon serigalanya wat lacak bom2nya techies

    BalasHapus
  73. kak Naym. tolong masukin axe sebagai best allies kak. pake Berserker’s Call bawa ke koleksi bom kak.
    thanks.

    BalasHapus
  74. Kak NAYM Kalau Bisa Kerja Sama Kan Darchow Ama Techis Bisa Dengan Mudah Kill Dengan Blackhole Waktu War Padahal Ada Koleksi Bom Dengan Dis Kan Gem Pun Gak Guna Makanya Bisa Dengan Mudah Duar Rampage Waktu War....??? By:Gulang98 maaf Gak Punya ID Google

    BalasHapus
  75. klo techis pke aegis bisa 2x sucide??

    BalasHapus
  76. Ada trik mantab kk, coba pancing musuh pake animal courier, tapi jgn sampe kliatan kalo itu ngecoh kearah bom, main sandiwara pake courier, bawa dia ke arah bom, n KILL

    By DwipaIA

    BalasHapus
  77. Gann, setelah ane ikutin saran agan di guide ini, percaya gak percaya ane bisa bunuh sampe BEYOND GODLIKE, berkat remote bomb gila, mampus tuh Geomancer ngumpul. Makasih byk gan, ane jdi suka pake Tecis, hhe.

    BalasHapus
  78. Gan kalo ENEMY kita beli GEM gimana ?kan bisa keliatan tuh bom ? Mohon bantuannya
    Masih Newbie hehe :D

    BalasHapus
  79. Kak Naym, tolong update Map 6.74, Attack Range Techies dari 650 jadi 700 range, thanks.

    BalasHapus
  80. pake hero ini gua godlike :D

    BalasHapus
  81. Tambahin item gan. Guinsoo, bisa buat hex terus suicide lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rugi duit buat guinsoo, mending core dulu jadiin ( menurut gw aganim )
      gw jamin guinsoo jadi, dmg suicide dah ga gede, percuma
      klo mau paling sblm aganim itu forcestaff
      cobmonya ( walo g ada bomb ) :
      plant remote mines di musuh, forcestaff diri lu ke musuh, plant land mines, trus suicide
      kalo lu pake tu combodi lvl 8, dmg yg dihasilkan : 600 + 1550 + 450 =2600
      mayan gede kan :D

      Hapus
  82. Land mine maksimal 20 maksimal sekarang

    L

    BalasHapus
  83. Land mine nyerang hero terbang.
    By L

    BalasHapus
  84. kenapa gak pake lothar edge?
    kan bisa masang bom sambil sembunyi2 :3

    BalasHapus
  85. gan , mau nanya.
    Remote Mine kalo pass di pasang , terus di sekitarnya ada hero yang pake skill area kayak Raigor , Centaur , dll. sebelum kita aktifin dulu Remote Mine bakal keliatan apa gak ya??
    maklum newbie

    BalasHapus
  86. hahahaha hero BOoMer plg dasyat
    paling bisa buat ngakak
    baru juga game mulai, nvm jalan dengan gagahnya ke toko rhs dan boom.. FB
    langsung ciut nvmnya, wkakakakkaka

    BalasHapus
  87. bro gimana cara pasang remote mine banyak, tapi cuma keliatan satu remote mine? buta ngecoh musuh biar dikirain satu remote mine.

    BalasHapus
  88. kalo techies megang gem, terus suicide, gemnya jatuh ga?

    BalasHapus
  89. KK sekarang range techies 700 range dan sekarang techies tidak mudah ketinggalan level lagi walaupun killnya tidak di TKP

    BalasHapus
  90. bos kalo bom techies meledak dan kena centaur/spec tadi jaraknya jauh. misal techies di fountain dan centa/speckena bom di utan, itu danage return tetep ngaruh ngga? trus techies dapet exp ga kalo si centa /spec mati?

    BalasHapus
  91. The best hero ever :D:D
    bisa jadi counter smua hero ini xD
    Rizzrak taras 4 aja modar sama koleksi bomb dia :D

    BalasHapus
  92. Biasanya saya kalo make techies
    bli spatu / clarity 2 trus langsung lari ( dengan syarat langsung pick techies )
    sgitu dapet kok 4 bombs buat firstblood
    masalah skill build itu situational
    biasanya gw landmines,suicide,mines,suicide,mines
    cman kalo musuhnya aga beda, kadang2 suka mines,suicide,suicide,mines,suicide
    abis itu, langsung rush arcaneboots ( usahakan pas lvl 6 dah dpt ) karena kalo dah ada tu spatu, lu bisa langsung pasang 4 ulti dengan mana di lvl 6 yg cukup buat kill / bahkabn dobel
    abisd itu rush aganim biar gentong makin sakit :D

    BalasHapus
  93. level 5, first blood. pasang mine di jalur kabur di hutan, pancing lawan buat ngejar and... Boom!!! first blood...

    BalasHapus
  94. ni hero favorit gw
    terimbaa

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats