DotA Guide Indonesia

Luna Moonfang - The Moon Rider



Luna Moonfang is a stalwart and devout follower of the Moon Goddess, Elune. She fights alongside the Sentinel in the never-ending battle to cleanse the land of the unholy Scourge. Through her valiant efforts, she has been granted small portions of Elune's mystical power. Luna uses this gift to cut a swath through her enemies. It has been said that Luna is able to call down the very light of the moon, and is always surrounded by a glowing aura, as though in moonlight herself. Luna is a shining beacon for the Sentinel, an ever vigilant protector.



INTRO


Luna adalah hero semicarry, killer yang memiliki potensi nuke dan push yang mengerikan, tapi hero ini dibuild untuk menjadi salah satu Killer di tim.

Guide Luna ini tidak menfokuskan pada satu aspek saja, misalnya untuk jadi killer, atau untuk jadi spell caster (Nuker), atau untuk jadi pusher. Tapi merata untuk semua aspek. Karena semua potensi Luna tidak boleh kita abaikan.

Luna memiliki ulti yang Prinsip Penggunaannya sama dengan Yurnero, yaitu damage terbesar akan diterima musuh apabila musuh itu sedang sendirian.. di area efek ultimatenya.



Spoiler Statistik Hero
Name: Luna Moonfang
Affiliation: Agility ( sentinel )
Strength: 15 + 1.9
Agility*: 22 + 2.8Intelligence: 16 + 1.85
Damage: 48-54
Armor: 3.1
HP: 435
Mana: 208
Movespeed: 330
Range: 330 (ranged)
Attack Time: 1.39 (+22%)



Keunggulan dan Kelemahan


Keunggulan

1. Lucent beam, skill yg membuat dia termasuk hero DPS yg juga hero nukers, skill ini sangat efektif untuk ganker dan menyicil HP lawan.
2. Ultimate yg sangat mengerikan, bisa doble atau triple kill klo dipakai dgn baik.
3. Moon Glaive sangat menguntungkan, bs skaligus nyerang semua musuh yg ada disekitarnya dgn damage yg hampir sama.
4. Movement speed yg sangat baik.


Kelemahan
1. Item2 nya dibatasi, atau ga bs beli item ‘orb effect’, karena bs membuat skill2 nya jadi cacat.
2. termasuk hero yang HP dan armornya paling sedikit, bahkan kedua dari yang terparah untuk hero agility.
3. mana nya sangat sedikit,
4. Ultimatenya emang berbahaya, tp nyerang musuh secara acak.
5. ga ada skill pertahanan dan juga skill untuk kabur.
6. attack range yg sangat dekat.




SKILL

Lucent Beam


Luna concentrates on the moon's energy and channels it forcefully to the surface, damaging an enemy unit.
Level 1 - Deals 75 damage and a ministun. 0.6 second duration. 90 Manacost.
Level 2 - Deals 150 damage and a ministun. 0.6 second duration. 100 Manacost.
Level 3 - Deals 225 damage and a ministun. 0.6 second duration. 110 Manacost.
Level 4 - Deals 300 damage and a ministun. 0.6 second duration. 120 Manacost.
Casting range 800.
6 seconds cooldown.


Skill yg berguna untuk nyicil HP lawan, byasanya hero2 DPS ga punya skill nukers seperti ini, apalagi ini ada ministunnya. Skill ini bs di block oleh linken’s sphere, magic immunity, damage yg diterima dikurangi spell resistance lawan.



Moon Glaive



Allows Luna to attack extra enemies with each Glaive attack. Each enemy struck beyond the first incurs a 35% damage loss, per unit. AoE 500.
Level 1 - Bounces once
Level 2 - Bounces twice
Level 3 - Bounces three times
Level 4 - Bounces 5 times
Glaive ga ngefek sama item2 ‘orb effect’ seperti stygian desolator,maelstorm, diffusal blade . artinya ga ada efek2 dr item2 itu, yang ada malah serangan2 mu yang jadi cacat.Untuk eye of skadi slowernya hanya ngefek ama target pertama.

Satu-satunya orb effeck yg bs dipakai adalah life steal, seperti helm of dominator, satanic, aura2 seperti vampiric aura,dll. Tp tentu saja ga ada life steal dr pantulanx, jadi life steal diperoleh hanya dari target pertama moon glaive.

Klo udah punya attack speed yg amat tinggi, moon glaive bs mantul kembali ke target pertama, dan misalnya km menyerang lg dgn moon glaive baru,sebelum moon glaive sebelumnya selesai mantul, moon glaive yg lama itu akan mantul kembali ke target pertama.


Lunar Blessing



Provides all nearby allied heroes with constant bonus damage as well as extra night vision for your hero.

Level 1 - Provides full night vision range for Moon Rider as well as +14 damage to nearby heroes
Level 2 - Provides full night vision range for Moon Rider as well as +22 damage to nearby heroes
Level 3 - Provides full night vision range for Moon Rider as well as +30 damage to nearby heroes
Level 4 - Provides full night vision range for Moon Rider as well as +38 damage to nearby heroes

AoE : 900

Aura ini menambah bonus damage dr attack damage ( primary )
Selain itu juga menambah vision(jarak penglihatan) di malam hari.
Aura ini hanya berefek ke hero saja.

Eclipse



Calls to the moon's magic, summoning multiple concentrated burst of Lucent Beams to damage targets around Luna. Max 4 beams per unit (6 with Aghanim's Scepter).
Level 1 - Summons 4 Lucent Beams. 150 Mana cost. 160 seconds cooldown.
Level 2 - Summons 7 (8 *) Lucent Beams. 200 Mana cost. 150 seconds cooldown.
Level 3 - Summons 10 (12 *) Lucent Beams. 250 Mana cost. 140 seconds cooldown.
AoE : 675
Duration : 1.8/3.6(4.2*)/5.4 (6.6*)

(*) Dengan Aghanim's Scepter

Eclipse mengeluarkan lucent beams dgn jumlah yang sangat banyak, dan damagex berdasarkan level lucent beam sewaktu elipse di aktifkan. Tapi ga ada efek ministunnya. Jadi, klo ga ngambil lucent beam, jadi damage yang diterima musuh jadi 0. Tiap lucent beam keluar dalam 0.6 detik.

Eclipse tidak menyerang musuh invisible. Efeknya berhenti kalau Luna terbunuh. Dan mengubah Siang menjadi malam selama 10 detik.



SKILL BUILD

1 – Lunar Blessing
2 –Lucent Beam
3 – Lucent Beam
4 – Lunar Blessing
5 - Lucent Beam
6 – Eclipse
7 - Lucent Beam
8 – Lunar Blessing
9 – Lunar Blessing
10 – Moon Glaives
11 – Eclipse
12 - Moon Glaives
13 – Moon Glaives
14 - Moon Glaives
15 - Stats
16 – Eclipse
17 – Stats
18 - 25 Stats

Lucent Beam : tentu saja harus ngambil di early game, untuk mengontrol line, mendominasi line, slain itu dgn ngambil lucent beam kamu sudah bisa menggunakan eclipse di level 6. Gunakan untuk nyicil HP lawan.

STATS : penting bgt, klo ga ngambil stats, km cuman bs pake lucent beam 2 kali. Slain itu HP, tipis bgt klo ga ngambil stats, meski sudah megang 2 bracer skalipun harus tetap ambil, untuk mengimbangi HP lawan.

Moon Glaive : sama skali ga cocok di early game, dgn damage 49 mau dapat apaan dr pantulannya, lagian km mesti fokus nge-last hit di early game, klo mantul2 dgn damage kecil kan susah. Ambil klo damagenya sudah gede di mid untuk bantu push.

Lunar Blessing : Karena efeknya bukan berdasarkan % lagi,jadi skill ini sebaiknya mentok di early.

ECLIPSE : skill mengerikan ini mesti km ambil di level 6,11,dan 16, meski lucent beam masih level 3, tp peluang bunuhx uda sangat besar.





Item Build dan Gameplay




EARLY ITEM

BRACER



Nambah kapasitas HP dan mana, beli dua. Tidak mungkin beli wraith band kalau HP cuma 435.


BOOTS OF SPEED


Meski movement speed uda bagus, tetap wajib beli ini.


EMPTY BOTTLE


Untuk ngisi HP dan mana di line, lebih hemat daripada beli tango dan clarity karena bs diisi ulang di fountain. Bawa bottle kalau mau bokong lawan, byar bs pake lucent beam banyak2.


MASK OF DEATH


10% lifestal, satu2nya item ‘orb effect’ yg bs dipakae luna, dgn adanya lifesteal, masalah kurangnya HP jadi sedikit teratasi. Tentu saja bakal di upgrade menjadi dominator.






EARLY STRATEGY

Drafting...

Jangan pick Luna:
1. Kalau lawanmu banyak yang pick hero summoners/cloners.
2. Anda belum mengerti hero AGI nukers.
3. Tim kalian kekurangan Tanker.


Pick Luna:
1. Kalau anda main 1 vs 1. Eclipse akan sangat sakit jika lawannya sendirian.
2. Tim anda butuh pusher dan warder hebat.
3. Lawan kalian banyak yang pick hero 1 vs 1 seperti N'aix, Jara, dan Ursa.
4. Dan pastinya tahu potensi Luna...


Peran...
Carry/Semi-Carry = Baguslah...
Ganker/Disabler/Warder = Boleh...
Nuker/Pusher = Harus yang ini!
Support = No...
Initiator = Tidak!
Tanker = Base HP-mu parah, tuh...


Lane

Beli tango dan clarity, jgn lupa beli resep2 bracer, jangan main solo mid, biarkan teman km yg butuh level tinggi di early game main solo. Ke line bawah atau atas, jauh lebih enak klo teman se-line mu adalah hero stunner.





Jangan gunakan lucent beam sebelum lucent beam level 3, karena lucent beam level 1 dan 2 bukannya nyicil HP lawan, tp buang2 mana, dan lawan pasti ngisi HP mreka dgn tango, lucent beam level 3 dan 4 mana cost nya 120, jadi km bs pakai 4-5 kali untuk nyicil HP lawan.

Klo lucent beam udah level 3, dan kebetulan teman se-line mu adalah hero stunner, langsung aj majuin musuh di line km dan kroyok dya, dgn bantuan stunner dan ministunx lucent beammu akan jauh lebih mudah.klo bs targetnya yg HP nya paling tipis atau hero2 INT atau AGI aj.

Kalau lagi ga ada musuh, atau musuhnya lg asik creeping jg, usahakan dapat last hit, deny creep juga klo bs, kumpul duit sampai 600 dan beli bottle secepatnya, dgn bottle km bs pake lucent beam lebih banyak dgn gt km bs bokong lawan di line tengah dan atas/ bawah.

Klo udah level 7,eclipse uda ada dan luvcent beam uda level 4, dan tak ada ampun lg, segera habiskan creep lawan di line tp sambil serang musuh dgn lucent beam sampai HP nya kuning, klo creepx uda abis, bersiaplah aktifkan eclipse. Damage eclipse akan jauh lebih besar klo di area eclipse ga ada creep, jd lucent beam (eclipse)hanya nyerang hero nya.

Gunakan power up, haste atau invisibility, tp lebih enak pakai invisibility, isi bottle km dgn invis, lalu aktifkan inivis dan dekati targetmu ( klo dya ada di line) usahakan selalu ada di dekatnya, dan tunggu sampai creepnya abis, lalu aktifkan eclipse.

Sebelum pakai eclipse, usahakan juga untuk nyicil HP lawan dgn lucent beammu, dan kalau musuh itu ga mati dgn eclipse tp HP uda merah, pakai bottle km dan gunakan lucent beam untuk menghabisinya.

Klo udah ngambil skill Moon Glaive, sering2 aj main di utan akan sangat mudah dgn moon glaive,jadi buat nambah2 duit.






MID ITEM

POWER THREADS



Nambah MS, attack speed, dan 10 agi/str/int.


HELM OF DOMINATOR


Nambah armor dan bs lifesteal, slain itu jg bs dominate ( kendalikan ) creep lawan atau creep utan, jadi bs skalian dominate centaur khan (creep utan) untuk dijadikan tanker mu.







MID STRATEGY

Okay, di early game km udah puas hunting lawan, duit udah cukup buat beli dominator, jadi waktunya creeping.

Terdengar membosankan memang, tp ingat kali ini km bukan dapat duit hasil membunuh musuh dgn eclipse km, tp dgn creeping, knapa? Karena di mid game tentu musuh uda sangat berkembang jg dan kadang eclipse level 1 uda geli. Jadi, km fokus untuk membeli the butterfly, dgn creeping di line atau utan, bs skalian defense markas.

Klo the butterfly uda km pegang, saatnya hunting lg, bokong lawan yg sedang creeping di line, muncul di belakangnya sambil serang dya menggunakan lucent beam, klo dya mundur dan ga ada creep disitu, gunakan eclipse, klo temannya pada datang, segera kabur, tp klo teman2 mu juga berdatangan, usahakan bertahan dan serang klo teman2 mu itu uda tiba di TKP.

Klo kalian ga berhasil bunuh tp HP nya udah merah, jangan kecewa, musuh itu pasti akan ke fountain untuk isi HP, yang artinya kamu dan teman2 km bs lebih leluasa nyerang tower2 musuh.

Mentokin skill Moon gLaive secepatnya karena akan sangat membantumu menekan markas lawan, dan serang terus tower lawan, di semua line secara bergantian, itu sudah cukup membuat lawan kocar kacir dan lebih fokus untuk defense.







LATE ITEM

BLACK KING BAR


AoE Eclipse adalah Melee (disekelilingmu), jadi sama seperti AoE spell lain yang butuh posisi sedekat mungkin dengan target akan membuatmu mudah terkena stun/disable, Magic immune akan membantumu.
 

SATANIC


Upgrade helm of dominator jadi satanic, nambahin STR ( HP ) juga untuk menyempurnakan potensi ‘lifesteal’mu.



LUXURY 

THE BUTTERFLY


Mestinya km uda tahu, knapa item ini sangat bagus untuk hero2 agility.


Vanguard


Item TB tapi kamu akan memanfaatkan block physicalnya karena armor dan HP mu tipis. Bukan core karena kamu sudah punya lifesteal sebagai ketahanan utama.



 
ETHERAL BLADE


Damage item ini berdasarkan AGI, Kamu punya banyak AGI.
Item ini membuat target menerima lebih banyak Magical damage,kamu punya 2 skill magical damage juga :)


Aghanim's Scepter


yap, upgrade Eclipse, makin sakit dah...wkwk


RADIANCE


Sangat cocok untuk luna klo semua item core uda dipegang, dgn DPS dr item ini dan moon glaivenya, satu gelombang creep udah bs dibersihkan kurang dr 5 detik sendirian, bayangkan aj klo lawan hero nya, duit makin lancarrr...


Monkey King Bar


Lumayan, buat naikin DPS. Bonus damage dan mini stun hanya ngefek ke target utama moon glaive.


Buriza do Kyanon


Sama dengan MKB, bagus buat naikin DPS kalau semua core sudah dibeli.


ALTERNATIF


LOTHAR’s EDGE


Seperti yg dijelaskan td, invisibily akan sangat membantu penggunaan eclipse, tp item ini mudah dicounter. Bagus kamu beli untuk battle yang ga seriuss. Tp untuk kompetisi, byasanya banyak yang masang ward. Item ini jadi ga berguna. Tp at all, klo emang buat kabur boleh sih karena nambah MS.


ITEM BUILD SPELL CASTER :

Luna bisa berperan sebagai spell caster, ini item buildnya....
EMPTY BOTTLE, KELEN’s DAGGER, AGHANIM’s SCEPTER, BOOTS OF TRAVEL, REFRESHER ORB


ITEM BUILD PUSHER :

 
Slain spell caster juga cocok dijadiin hero pusher dgn skill2nya, ini item build pusher..
EMPTY BOTTLE, POWER THREADS, MANTA, THE BUTTERFLY, ASSAULT CUIRASS



WRONG
EYE OF SKADI


Lebih salah lagi, slow nya hanya kena ke target pertama, klo dilihat harganya ini adalah item late game, jadi sainganx adalah satanic, satanic adalah item pertahanan karena punya 25% lifesteal, sedangkan skadi item untuk menyerang dgn 30% slow, di late game luna ga bgt butuh mana (tambahan dr skadi), untuk damage, luna ga butuh lagi kaena uda megang the butterfly. Jadi di late game, luna butuh menyempurnakan pertahanan.






LATE STRATEGY

Late game adalah pushing, segera jadiin the butterfly dan satanic, lalu lakukan push ke markan lawan secepatnya, hero2 pusher seperti luna akan sangat mempercapat penyerangan.

Eclipse dan lucent beam baru digunakan klo Hp lawan udah kuning, untuk hero2 tanker ( STR ) baru digunakan klo Hp mreka uda merah.

Okay, sepertinya ga ada yg perlu dijelasin lg untuk luna di late game slain pushing dgn hasil yg didaptkan di early dan mid.




ALLIES

Hero2 yg memiliki spell area yang bisa membantumu menghabiskan creep dgn sangat cepat diantaranya seperti dibawah ini,




Balanar


Asik juga kalau ada dia, hunter in the night-nya aktif setiap kamu menutup matahari (eclipse)


Pugna
(credit: Leonardo Gunawan)


Dia dan teman yang membawa Etheral. 40% amplify untuk lucent beam dan Eclipse?.. kamu akan tahu seberapa sakit yang akan dirasakan target ..




ENEMIES


LION



Hero2 spell caster atau nukers seperti dia ini akan menargetkanmu di line, menggunakan spell2 mreka sesering mungkin untuk membuat HP mu menjadi kuning.


YURNERO


Blade furynya sangat cepat menghabiskan creep mu. Pastinya dya punya taktik yg sama denganmu untuk memakai ultinya ( omnislash )


PHANTOM LANCER


Image nya juga ikut terkena efek eclipse, artinya sama aja dgn creep, damage dr eclipse akan terbagi juga.


NAGA SIREN


Sama aja, biasanya kalau eclipse sudah diaktifkan, dia langsung pake mirror imagenya


Balanar


As you know, ultimate luna moonfang menutup matahari di siang hari. Itu mengaktifkan Hunter In The Night hero ini. Hiii...


Blinker


Sangat mudah keluar dari area Eclipse. sangat sulit dibunuh olehmu.


Faceless Void


Eclipse tidak akan berhenti kecuali Luna mati, atau waktu yang dihentikan (oleh Chrono). Dia juga bisa dengan mudah keluar dari AoE Eclipse kapanpun dia mau dengan time walk.


HERO INVISIBLE


Eclipse dan Lucent Beam Tidak menyerang Hero yang sedang Invisible.




CLOSING

Luna bukanlah hero yang amat kuat, di battle kadang dya sangat mendominasi bahkan IMBA, tp kadang juga sangat tertekan, itemnya ga berkembang, dan jadi ATM (mesin duit untuk lawan) di tim.

Jadi, luna adalah hero yg tergantung pemakainya, luna ga mudah dimainkan, tergantung orang yang memakainya juga.

Tp luna sangat keren digunakan, dan cocok untuk dipakai bersenang-senang, having fun bgt.

Banyak hal yg harus km lakukan dgn luna, pushing,killing,creeping,ganking, ketahui potensinya, ketahui batas2 nya, menyerang klo emang bisa, dan jangan nyerang klo mnurutmu bakal sia2. Hero ini sangat fleksibel, terus mainkan dia, kadang km menang dan kadang km akan kalah, kadang km Godlike, dan kadang juga kamu ga akan bunuh satupun.


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)






83 komentar:

  1. Aq koq malh bingung ya?
    Ini hero buat pro only ya?
    Bnyk bgt tugasnya di game?

    Tp aq jatuh cinta ama moon glaive-nya! Hehehe
    Bs mantul2 gitu loh!
    Gmn klo pake MKB aj! Dr pd Radiance? (DoTA 6.64)

    Trus klo early hrs bw empty bottle? Slnya aq krng paham penggunaannya! Tolong dijelasin! ^^
    Klo diganti Bassilus (vladmir) aj gmn, skalian spya matching ama skill blessing-nya ?

    Rating 1-10 : 7

    O ya, congratz buat guide Axe n Anub'seran-nya!
    Udh terselesaikan dengan indah! Hehehe
    Udah pke banyak screen shot, pinter! ^^
    Miss DoTA krng 1! Venge! Hahaha

    BalasHapus
  2. aww.. masa' sih. gak donk kk..

    bukan berarti pro only =/
    Rada susah buat dipake newbie untuk blajar.
    Tp asal tau 'maksud' dari main safe, boleh lah pake hero ini.

    Klo pemula bgt kayaknya 'belum' cocok sih , Because meski dya range, tapi attack range ya pendek.

    Untuk tambahan, radiance/MKB ok sih..tp buat core menurutku lebih penting item2 yang naikin stats AGI (untuk lunar mu ).

    Luna yang bawa bottle artinya luna yang di build untuk jadi ganker ( tukang bokong) karena bottle bisa diisi dengan Power UP ( PU )

    Byasanya orang membeli basilus sebagai pengganti item2 stats awal seperti bracer,wraith, ato null.. Nah.. luna jauh lebih membutuhkan stats di awal. Klo lifesteal kurasa dominator aj cukup.

    Thanks vote nya kk.. hehe, BtW, venge emang mayan sih.. tp dia kan cuman bayangan? >D

    BalasHapus
  3. KK... Nektoknya Luna kaya CFnya lich apa ngga...??

    BalasHapus
  4. kebalikannya nich..
    klo CF bagus di keluarin kalau musuh nya lebih dari 1, paling bagus 2, supaya bisa mantul..

    Klo luna paling bagus kalau musuhnya cuma sendirian, karena ga perlu mantul, lucent beam kan nyerang secara acak, jadi klo disana cuma ada satu musuh ga perlu di 'random' lagi kan..cuman nyerang dia aj..

    BalasHapus
  5. kk build upku gini...:

    Lothar
    BoT
    DOMINATOR
    sisanya Butter Fly 3

    gitu aja udah dewa wa bisa ngalahin 4 orang
    4vs1
    di nusa
    cz banyak yang leaver tmen tmenku jadi sndirian dgn tower yang udah skarat smua wa udah bisa menang kk

    BalasHapus
  6. kk tolong di jawab ya
    ngisi bottle dgn PU itu gimana...?

    BalasHapus
  7. @anonim..
    waw.. BoT paling cocok klo main sendiri :)
    gila ... lawan 4 , napa ga di remake aj?
    hebat juga..

    @copo
    pertama klik kiri bottle ( di slot item)
    kedua klik kiri PU nya... selesai

    okay nanti kubuat d Guide khusus PU :)

    BalasHapus
  8. "Satu-satunya orb effeck yg bs dipakai adalah life steal, seperti helm of dominator, satanic, aura2 seperti vampiric aura, vladmir,dll."
    satau gw aura lfsteal vlad cm bwt hero melee deh,,

    BalasHapus
  9. ngaco tuh bkb? skill ni gak channel, gak butuh bkb, luna matipun eclipse masih jalan
    aura ngapa diambil akhir? sia2in potensi aja palagi kl banyak temen range, ngefek buat ketok tower tuh kalo banyak temen range.
    aghanim perlu tuh, glaive tuh buat bersihin creep, lalu ulti, rame deh warnya, palagi kl da temen yg bisa bersihin creep lbh cpt pasang refresher jg
    build gw
    -PT str
    -domi--->satanic
    -aghanim
    -butter
    -refresher ato apapun sesuai kondisi

    sorry kk w gk stuju ma build yg hitter bgt, coz gw balancer yg gak mau sia2in potensi

    BalasHapus
  10. Oow, sori kk..maklum ini guide ku yang ke-4, (wah lupa kapan dipostnya ^^)

    jd waktu itu masih belajar-belajarnya nge-buat guide,kwkkwkw...
    jd yang kupikir channeling itu yang animasinya lama, wkakakka

    iy,eclipse bukan channeling karena meski luna digerakkan efeknya tidak berhenti, hanya berhenti kalau dia mati..
    skil build juga bakal kuubah,

    wahwah..banyak bgt koreksinya..
    haha.,
    makasih bgt kk :)

    BalasHapus
  11. kk kl dimid dikasi vanguard gmn? soalnya pake bracer msh krg

    BalasHapus
  12. kk kl luna dksh ethernal blade bgs loh . ksh skill dr ethernal blade br eclipse psti langsung mati mshnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak juga karena menit brapa bisa jadi ethernal bladenya kan gak mungkin di early jadi yah lawan dah jadiin core dong tentunya jadi yang kamu eclipse itu tebel2 pastinya kecuali mang hero yang rapuh (pugna dkk) itupun susah karna punya skill pertahanan sendiri =)

      Hapus
  13. @
    kan ada lifesteal dari dominator, juga menambah Armor.

    @
    Okay, kutambah Etheral, thanks :)

    BalasHapus
  14. kk aku kok ambil lunar blesing ama lcent beam aja udah bisa dapat first blood.

    BalasHapus
  15. koq g ada hero jakiro ya...?

    BalasHapus
  16. kak masukin manta buat build dia. berguna bgt buat abisin crep sama kecoh musuh, secara dia badannya tipis.

    BalasHapus
  17. wkwkwkwk ATM Bersama kalo Luna sampe ga jadi.....anti banget saya kalo yang kayak begituan mah....

    BalasHapus
  18. kk..
    aku prtma pake vanguard dlu biar luna gg gmpang mati..
    bner ap slah kk??

    BalasHapus
  19. kk skrg lunar blessing ga pke presentase lagi ...

    BalasHapus
  20. From: Leonardo Gunawan...

    Kakak Naym, ada beberapa catatan:
    1. Lunar blessing sebaiknya diambil di Mid Game di mana telah sepi dan terjadi bokongan. Luna sebenarnya juga termasuk "Exclusive Night Elven Warder".
    2. Pugna adalah salah satu anti-spammer. Dia punya Nether Ward yang menyerang lawannya setiap memakai spell mereka. Sedangkan manacost Lucent Beam besar dan cooldown-nya singkat yang berarti menguntungkan Pugna untuk membunuh Luna dalam waktu yang singkat hanya bermodalkan Nether Ward saat ANCIENT WAR. Jadi masukkan Pugna ke dalam WORST ENEMIES.

    BalasHapus
  21. From: Leonardo Gunawan...

    Maaf, ada yang lupa...
    Last, Pugna selain musuh Luna, juga bisa menjadi sahabat. Decrepified unit jika kena Lucent Beam apalagi Eclipse, bisa saja lawan mati hanya dengan dua spell Luna + Decrepify-nya Pugna. Tambahkan Pugna sebagai Best Allies Luna...

    Sekian... :DDD

    BalasHapus
  22. Kakak Naym, Luna sekarang menjadi hero dengan MS tertinggi melebihi Nessaj, lho...

    BalasHapus
  23. Koreksi dikit: ko Lucent Beam nya ministun nya ngaco ya? Bknnya 0.6 sec ga peduli lv skillnya?

    BalasHapus
  24. kakak bener gak ya lucent beam ato eclipse bikin waktu jadi "malam" ?

    BalasHapus
  25. aura luna udah bukan persen lagi kk
    ambil di awal aja berasa lo kuatny
    dia akhir2 malah +20an damage kurang berasa

    BalasHapus
  26. da gk item armor yg pling bgus buat luna???

    BalasHapus
  27. tambahan, jangan pick luna kalau lawannya disabler ex. rasta/ xex/lion..

    BalasHapus
  28. kk, bukanx PT sekrg cuma nambah 8?

    BalasHapus
  29. kk, base MS nessaj ama luna itu tinggi yg mana sih?
    di guide ini nessaj base MS nya tertinggi dg 325 ms, padahal luna punya base MS 330, apa nggak salah tuh? seharusnya base MS luna yg tertinggi .......

    BalasHapus
  30. klo item buildku:
    pt
    dominator
    butterfly
    manta/lothar/bkb
    ethereal blade
    aghanim
    mnurut klian gmna??? biar defense and attacknya balance..........???

    BalasHapus
  31. kalian msih inget g visual effect lucent beam yg lama? kliatannya lbih bgus yg lama y????

    BalasHapus
  32. kk jalo pake dagger gmana? kalo lothar gampang di tangkal early pake poor man aja thx

    BalasHapus
  33. kk bagusan klo pick luna pas ada hero summoner/cloner...
    'kan ttp ketahuan yg asli dgn moon glaivesx...

    BalasHapus
  34. kak naym aku maw tanya tentang screenshot nih. aku pengen ambil screenshot tapi hasilnya kok item doank ya kak? dibantu ya....

    BalasHapus
  35. Balanar kan juga worst enemy?..

    BalasHapus
  36. combo tuh ultinya sama enigma, cuman berdua bisa nge war.

    BalasHapus
  37. GOD hero ..
    Keren banget heronya ..

    BalasHapus
  38. kk, hampir semua hero ada tulisannya
    Jangan pick kalau
    1. Anda Nubie

    yang nubie kapan maennya ??

    BalasHapus
  39. Orchid nan ngeri!!! Kalau Decrepify + Lucent Beam + Eclipse + Orchid lagi = OMGWTFIMBAGGTQ. Damage-nya bisa hingga seribuan. Apalagi ditambah Natural Order-nya TC (Tauren Chieftain) Wah tidak ada yang bakal tahan melawan tiga sekawan para nuker: Luna-Pugna-TC. Tambah TC dalam Best Allies dan Orchid Malevonence dalam Luxury Item.

    BalasHapus
  40. Maaf, ada satu lagi yang aneh... Balanar dapat beberapa detik malam HitN aktif kalau Luna mengaktifkan Eclipse-nya. Tambah Balanar sekalian dalam Best Allies...

    BalasHapus
  41. kk naym, biasanya ni luna selalu ak build jadi spell caster..
    jadi item build pt,mask of death( gak ku jadikan domi karna cuma sebagai item life steal dong,mask dan domi punya life stel yg sama yaitu 15%) terus ethral blade,+aghanim scepter..
    kalo blom kelar jadiin satanic dah..
    pake eteral eclipse jadi makin sakit

    BalasHapus
  42. MKB jadi aneh klo di pake luna moon glaive jd g fungsi beserta lucent beam harus non aktif in true strike dri MKB CMIW

    BalasHapus
  43. kk Imba, kalo by one lawan balanar pake luna susah ga?

    BalasHapus
  44. Item Luna Early : - 2 slippers of agility
    - 2 ironwood branch
    - 1 healing salve
    - 1 tango

    awal2 cek pu kalo temen bsa dapetin firstblood

    skill build : fokus naikin skill 1 dan 3, kemudian skill 2, guidenya salah tu skill lunar blessing ga diambil dari % tapi langsung dapet + damage jadi damage lu dah cukup gede awal2, terus naikin skill 2, ultimate ambil di lv 6,11,16.Sisanya status

    kalo udah mid itemnya :

    PT
    Dominator
    Crystalys
    Yasha
    Sisanya healing salve & TP scroll

    kalo udah PT, Dominator/Crystalys usahakan creeping di line yg kosong (tapi hati2 kalo pada miss)/di hutan.Boleh sekali2 ikut gank.Kalo temen2 lo udh mau war jgn creeping trus bantu mereka.

    Late item :

    PT/Travel
    Yasha upgrade ke manta
    Dominator upgrade ke satanic
    Crystalys upgrade ke buriza
    Butterfly
    Sisanya terserah mau Lothar/Tarras/Cuirras/MKB/Etheral/Butterfly lagi
    Situational : BKB kalo banyak disabler

    Intinya main Luna harus pintar last hit awal2 usahakan dapat kill di line mu, kalo main dota itu jgn pelit skill Lucent Beam jgn buat sampah, awal2 Lucent beam+damage dari lunar blessing+ms Luna yg plg gede+temen 1 line yg ga goblok kemungkinan dapet kill besar(Kalo gw yg maen).Tpi kalo musuhnya kira2 ga memungkinkan safe aja, jgn sampe mati awal2 kalo item lo mau jadi cepet.Penggunaan Eclipse saat bertemu musuh sendirian+Lucent beam %matinya besar(jangan takut make ultimate.

    Maen Luna itu jgn gampang menyerah karena makin main lama makin garang si Luna (tergantung yg main)

    War :

    Kamu berada di posisi plg belakang
    Kalo udah dibuka sama temen lo langsung kasih Lucent hero yg plg nyusahin/disabler mereka,jgn lupa aktifkan Eclipse sambil mukul hero musuh.Usahakan jgn mati di war

    Intinya main Luna jgn pelit skill, jgn mudah menyerah, jgn takutan, tingkatkan cara bermain kamu(kalian harus bsa memutar otak dalam waktu sepersekian detik di DOTA utk bsa menjadi PRO

    Sekian dari gw, THX

    BalasHapus
  45. kk ktanya nessaj yg punya ms tertinggi di dota, tapi kog, masi tinggian ms nya luna ??

    djwb ya kk :)

    BalasHapus
  46. sekarang emang paling tinggi ms-nya luna

    BalasHapus
  47. kk bukan nya best partner nya luna tuh balanar ya?

    BalasHapus
  48. kak,aku maen luna tak kasihin vanguard di early.menurut kakak gimana?
    saran aku itu sangat membantu untuk luna yang empuk,kasih di alternatif aja kak.

    BalasHapus
  49. kk luna tu AGHANIM perlu kgk to

    BalasHapus
  50. Aghanim luxury aj, fokus ke hitter aj. sorry ane tambah aghanim di luxury :)

    BalasHapus
  51. kalo wrost enemy nya ditambah magina gmna kk??

    pas di ulti dy bisa langsung blink ke utan..

    BalasHapus
  52. gimana kalo skill moon glaive di ambil awal2?
    kan pantulannya bisa buat nyicil musuh juga?
    lumayan musuh jdi susah maju..
    trus skalian sering2 di lucent..
    tpi jgan lupa bawa clarity potion biar ada mana

    BalasHapus
  53. sangat merugikan.
    moon glaive bikin creep musuh cepat mati dilane dan cepat sampe ke tower musuh, dibokong deh.

    BalasHapus
  54. kalo kena ethereal masih bisa kena decrify pugna gak? trus stack ga ama megical amplify yng lain kayak decrify ato veil of discord?

    BalasHapus
  55. unit etheral bs dipakein decrepify tapi amplifynya tidak stack. veil of discord jg :)

    BalasHapus
  56. pake item'' dps bagus juga gan ! bisa pake mkb ato buriza , pantulan crictical damagenya juga gede lumayan buat farming

    BalasHapus
  57. best enemies luna mungkin cuma darkterror aja kk , eclipse aja bisa di dodge ( IMBA ) !!!
    Dia pake chronos kita bisa apa ?

    BalasHapus
  58. Ok sip, makasih sarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kk Naym tambah Worst Enemy ny Luna Moonfang.. Balanar, klo luna aktifin Eclipse pasti ntar HITN nya Balanar aktif, pasti bakal mundur luna

      Hapus
  59. kak naym! balanar tu trmasuk wrost enemy gk? kan eclipse bisa buat jadi malem trus balanar kan jadi kuat pas malem. solusinya gimana kak?

    BalasHapus
  60. kk masukin SnY dunk jadi item corenya cuz sekarang krn udah bukan Orb lgi
    by ciel

    BalasHapus
  61. _ane newbie yang langsung naksir luna sejak pertama pake.

    BalasHapus
  62. sob. tambaha dari gw
    itu di bagian Blinker , tambahin Storm jg kak

    Riian_

    BalasHapus
  63. skadi ud bs pindah k luxury. Krn satanic 'orb'
    skadi 'buff placer'
    keduanya stack

    koreksi moon glaive :
    lv1 - bounce once
    lv2 - bounce twice
    lv3 - bounce three times
    lv4 - bounce four times

    BalasHapus
  64. kalo pake dagger bisa gak?

    BalasHapus
  65. Balanar tambain jdi worst enemies tuh, malem singkatnya ngaktifin Hunter in the Night

    BalasHapus
  66. Luna? Menurutku ini hero yg godlike..
    alasannya..
    -biasanya saya sering mainkan hero ini dan pasti first blood..
    -speednya (item) + Efek yasha enak buat ngejar hero yg darahnya kuning/merah (lasthit)..
    -moon glaive untuk push..
    -klo mw jadikan luna kuat, item yg dibeli cukup PhaseBoots, Bloodstone, HoT, dan mekanesm..
    -bagus buat lawan gk berkembang, enak buat bokong.. :D

    :D dicoba aja gan

    BalasHapus
  67. wah saya sih paling suka bikin item pusher biasanya saya main solo terus build bot bracer manta style janggo eul/dagger sama cuirass(kalo masih keburu)

    mancaplah build ini
    make build ini menang paling lama 40 mnt

    BalasHapus
  68. kk, TB itu apa?

    BalasHapus
  69. kalo item buildku buat luna:
    PT
    Manta
    butterfly
    ethereal blade
    dominator
    aghanim..
    bagus gk ya?? hehehe

    BalasHapus
  70. kk tambahin best friend utk luna venge dan traxex apalagi mereka ber-3 bareng..bayangin aja damage tx jdi brapa tuh kk..soal na skill pasifnya nambah damage semua hahahah..
    dan aku biasa na kejar PT dulu truz buat domi,manta style (lothar seh trgantung yg maenin soalnya kalo udah jago pake luna kan ga perlu kabur make lothar,kalo newbie disaranin make ini)truz butterfly,aghanim,buriza..gmn kk?

    BalasHapus
  71. hemmm... permisi numpang nambahin nih buat alternatif/situational itemnya.. hehe
    1. tranquil boot=buat ngasi regen, ms yg bagus, harga murah meriah, ada healnya jg. luna sangat membutuhkannya.buat survive dan menutupi kkurangnnya.
    2. Sange and yasha= sekarang udah gk orb lagi nih (^_^) kemampuannya sangat bagus ada maimnya juga.
    3. refresher orb= sngt berguna ketika war (1 wave eclipse gk cukup? tmbah lagi deh=rata!!)
    4. ring of aquila= sangat membantu luna di early game :D ada armor, stats, mana reggen, damage. lumayan berguna kok.kalo di awalnya beli wraithband tinggal bikin basilliusnya aja.
    5. ancient jango= lumayan buat aura dan statsnya.. hehe

    BalasHapus
  72. kalau jadi malem berarti balanar jadi punya hunter in the night

    BalasHapus
  73. kalo gw biasa bikin sangeyasha (sampe sekarang menang terus sih kalo pake ini) itu bener ngga?

    BalasHapus
  74. kk ulti gyrocopter kalau dikombinasiin sama eclipse keren lho.

    BalasHapus
  75. Kalo pake sanege yasha gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake sange yasha juga boleh kok. Tapi akan lebih menguntugkan Manta Style. Dengan MS Luna yang udah banter banget, slow dari sange sudah ndak gitu dibutuhkan. Perkuat aja potensi Pusher-mu pake Manta Style...

      Hapus
  76. kk balanar bukannya friends ya kak ngaktifin eclipse membuat hari jadi malam kan

    request guide Zet dong kak

    BalasHapus
  77. Boots buat Luna bisa dikasi macem-macem. semua sesuai kebutuhan aja. Misalnya:
    Tranquil Boot buat nambah survivability di early.
    Phase Boot buat mengoptimalkan pengejaran buat ultinya Luna.

    Ring of aquila juga berguna buat Luna. Untuk stats dan mana regen. harganya juga murah.

    Fprce Staff bisa jadi critical escape ability buat Luna. Juga membantu pengejaran ketika pake Ulti-nya.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats