DotA Guide Indonesia

Purist Thunderwrath – The Omniknight



A former member of the Order of the Silver Hand, Purist has joined the Sentinel to avenge the death of the Order's leader, Uther the Lightbringer. Trained by Uther himself in the ways of the Paladin, Purist brings the power of the Holy Light to the battlefield. He can purify the souls of allies, harming any nearby Scourge in the process. Able to protect allies from harmful unholy magic, the mere presence of a man of the Holy Light atrophies any nearby enemies. In times of dire need, Purist can call upon God himself to protect him and his allies.


INTRO


Hero Full Support dan semi tank yang Paling susah dibunuh. Semua skillnya diciptakan untuk ngesupport seluruh teman-temannya. Karena itulah Dia dikenal sebagai hero support terbaik yang pernah ada di DotA.



Spoiler Statistik Hero



Name: Purist Thunderwrath
Affiliation: STR Sentinel
Strength: 20 + 2.65Agility*: 15 + 1.75
Intelligence: 17 + 1.8
HP: 530
HP Regen: 0.85
Mana: 221
Mana Regen: 0.69
Damage: 51 - 61
Armor: 4.1
Movespeed: 305
Range: 100 (melee)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800





Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN :

1. apa lagi klo bukan skill heal nomor 1 yang ada di DotA.
2. Bukan Cuma itu, dia juga bisa membuatmu MAGIC IMMUNE
3. Belum lagi ultinya, bikin ‘kalian’ kebal dengan serangan physical (normal attack)
4. Human yang SUSAH dibunuh !

KELEMAHAN:
1. seperti byasa, tidak berguna klo terkena silence
2. Cooldown ultinya termasuk lama ( 2, 5 menit )
3. Pertumbuhan INT nya kurang, sedangkan kebutuhan mana nya banyak.




SKILL

Purification



Instantly heals a friendly unit and damages all nearby enemy units.
Level 1 - Purifies 90 hit points.
Level 2 - Purifies 180 hit points.
Level 3 - Purifies 270 hit points.
Level 4 - Purifies 360 hit points.

Casting Range :
700
AoE : 250
Mana Cost: 100/ 120/ 140/ 160
Cooldown: 10 seconds
Skill ini adalah ciri khas omni, skill ini membuat early game menjadi sangat mudah, dan bisa membuatmu bertahan lama di lane selama mungkin. Tidak seperti coil nya abaddon, skill ini selain nge-support juga bisa digunakan untuk dirimu sendiri.

Skill ini juga bisa digunakan sebagai nuke ( nyicil lawan ), tapi efek damage akan terkena hanya kalau musuhmu berada di 200 area di sekelilingmu atau target skill ini, nah itulah salah satu gunanya degen.

Tipe damagenya PURE ( tidak dikurangi apapun) tapi di-block oleh spell immunity. Jadi dengan damage segitu, kamu bisa membunuh creep range dengan sekali ‘cast’. Tapi kusarankan jangan menggunakan skill ini untuk creeping, masih banyak kegunaannya yang lebih penting.


Repel



Creates a powerful divine ward that blocks all magic from affecting a target unit.
Level 1 - Lasts 6 seconds.
Level 2 - Lasts 8 seconds.
Level 3 - Lasts 10 seconds.
Level 4 - Lasts 12 seconds.

Casting Range : 500
Mana Cost: 50
Cooldown: 14
Ini BKB nya omni, eh bukan.. SUPER BKB nya ^^. Skill ini bisa melindungimu dari serangan spell selama 12 detik. Tapi sayang, kalau kamu sedang repel kamu tidak bisa mendapat heal dari purification.

Repel me-remove semua efek spell ( buff )negatif maupun yang positif ( sama seperti aphotic nya abaddon ), yang ada di target, termasuk efek dari guardian angel juga.

DI late game, skill ini akan digunakan untuk menyelamatkan initiators ( pembuka war ) tim mu setelah dia membuka war. Atau membantu temanmu menggunakan channeling spell nya dengan aman.

Satu kelemahan penting! Skill ini di-remove oleh PURGE


Degen Aura



Greatly degenerates the movement capabilities of units that stray too near.
Level 1 - Reduces movement speed and Attack speed by 7%.
Level 2 - Reduces movement speed
and Attack speed by 14%.
Level 3 - Reduces movement speed
and Attack speed by 21%.
Level 4 - Reduces movement speed
and Attack speed by 28%.

AoE : 315

Satu-satunya aura yang MENGURANGI MS, slower area yang pasif (Free ), dan karena ini aura, jadi tetap ngefek ke musuh yang sedang magic immunity.

jadi syapapun yang mendekatimu di 300 area, MS nya akan langsung drop (kecuali Lycan wujud serigala sih). Karena itu skill ini sangat unggul di early game, dan sangat membantu mendapatkan First Blood. Slow nya ‘stack’ dengan skill slow lainnya seperti skadi, frost arrow,dll.

Skill ini sangat berguna, baik untuk ngejar maupun buat kabur, atau sekedar menyelamatkan temanmu yang dikejar juga bisa, tinggal dekati aj musuh yang ngejar itu, dan temanmu akan lolos. Dengan 28% slow, kurasa mustahil buat target kabur darimu ( kecuali dia punya skill untuk gedein MS ), untuk lebih membantu lagi, lakukan animation cancelling setiap kamu serang dia, byar ga keluar dari area degen mu.



Guardian Angel



Grants all nearby friendly units near physical invulnerability and increases hit point regeneration greatly.
Level 1 - Lasts 5 seconds.
Level 2 - Lasts 6 seconds.
Level 3 - Lasts 7 seconds.

Mana Cost: 125/ 175/ 250
Cooldown: 150
AoE : 600
Skill Support terbaik yang pernah ada, jangankan bonus armornya yang sampe 1000, juga ada +25 HP regen nya loh, IMBA untuk early-mid game. Selain itu SEMUA yang ada di area skill ini menjadi KEBAL dengan serangan physical apapun , benar-benar GUARDIAN ANGEL!

Ada ribuan cara atau alasan untuk menggunakan skill ini, tapi harap maklum, efek LUAR BIASA dari skill ini membuat cooldown nya lamak banget!, jadi gunakan di saat yang tepat, untuk menyelamatkan teman-temanmu.
Dengan Aghanim's Scepter AoE Guardian Angel menjadi global, dan bangunan tim juga mendapat efeknya. Menjadi support global dan membantu defense base kalian disaat paling kritis.
Skill ini ngefek ke teman yang sedang magic imunity, tapi ‘repel’ me-remove efek guardian angel. Satu kelemahan juga, yaitu skill ini di-remove oleh purge.




SKILL BUILD

Level 01 - Purification
Level 02 - Repel
Level 03 - Purification
Level 04 - Degen Aura
Level 05 - Purification
Level 06 - Guardian Angel
Level 07 - Purification
Level 08 - Degen Aura
Level 09 - Degen Aura
Level 10 - Degen Aura
Level 11 - Guardian Angel
Level 12 - Repel
Level 13 - Repel
Level 14 - Repel
Level 15 - Attribute Bonuses
Level 16 - Guardian Angel
17 to 25 - Attribute Bonuses


Purificatioan diambil di early karena itu akan membuatmu bertahan lama di lane, selain nge-heal untuk support teman, juga sangat berguna untuk nyicil HP lawan, karena ini satu-satunya skill nuke mu, okelah, ga ada orang yang bakal melewati skill ini di early game.

1 level repel di early game tentu untuk nge-support juga, termasuk membantumu dan temanmu bertahan lama di lane dengan kemampuan magic immunenya, untuk jaga-jaga kalau temanmu terkena stun, atau skill berbahaya lainnya.

Repel selebihnya di ambil di mid game karena kamu tidak boleh juga melewati degen aura yang efek terbaiknya akan terasa di early game. Sementara repel mentok tidak akan cukup membantu karena spell2 musuh juga masih sedang ‘berkembang’, jadi repel baru berguna klo skill nuke lawan sudah mulai ‘sakit’.

Degen sangat berguna di early game, karena selain membantumu mengejar musuh ( membunuh ), juga bisa melindungimu dari bokongan, karena ‘ganker2’ itu ga akan bisa menjangkaumu ( kalau dia melee )

Guardian angel adalah ulti mu, ga perlu dijelasin lagi..

Item Build dan Gameplay






EARLY ITEM

ITEM AWAL

2 Circlet, 2 branch, dan tango / healing slave


ITEM CORE

SOUL RING


Ini harus kamu miliki sejak early, memberimu mana untuk Support dan nuke dari Purification yang sekaligus mengembalikan HP transfer dari item ini.


Arcane Boots


Woah.. langsung beli ini. Omni punya masalah dengan ‘mana’ di early game, nah item ini solusinya. Dengan item ini, kamu bisa lebih sering menggunakan heal dan repel mu. harga nya pun ga bgitu mahal.









EARLY STRATEGY
Drafting:

Jangan pick Omni:

1. Kalau anda tidak menyukai The Best Support Ever ini.
2. Musuh kalian banyak pick counternya/Remove buff
3. Tim kalian butuh killer. Omni adalah Support.
4. Musuh kalian banyak yang pick Silencers.


Pick Omni:

1. Kalau temanmu banyak carry
2. Tim kalian butuh hero Babysitter untuk late-game monster (carry)
3. Musuh kalian banyak disablers/nuker/magical damage
4. Anda tahu teknik supporting yang benar.
5. Ngefans sama bangsa 'human'


Peran:

Carry/Semi-Carry = Tidak!
Ganker/Disabler/Warder = Kalau carry kalian sudah jadi.
Nuker/Pusher = Kurang cocok.
Support = You Born for this!
Initiator = Tidak akan berhasil...
Tanker/Semi-Tanker = Hanya kalau tidak ada tanker lain.


Lane

Meski punya skill yang mendukung, omni bukanlah hero solo, bisa sih, tapi ‘susah’. Klo lawan nya hero melee, omni masih bisa mengatasi. Tapi kalo lawannya range, yang punya nuke, stun,dll, kamu ga akan sanggup mengontrol lane, lane mu bakal dikuasainya. Gunakan puri untuk nge-heal klo kamu kamu berhasil dicicilnya, tapi jangan gunakan puri untuk nyicil lawan, gunakan puri jangan sembarangan, gunakan pada situasi ‘terburuk’ saja.

Jadi jangan nekat main solo, karena kalau lawan mu range ( kebanyakan hero solo adalah ‘range’ ), kamu bakalan kesulitan dapat last hit. Karena itu, sebaiknya main dual lane aj di atas atau bawah, dan sebaiknya juga kamu se-lane dengan carry nya tim mu, hero carry yang se-lane dengan kamu selalu berhasil, lebih cepat jadi.





Untuk strategy lainnya, sy ga perlu ngulang2 terus sih, yang jelas ‘last-hit’ adalah tujuan utamamu di early, sebenarnya bukan untukmu, tapi buat si carry. Cepat2 naikin degen aura dan puri, karena kedua skill itu (terutama degen ) sangat membantu kalian lolos dari bokongan.

Nge-bokong di level 1? Ga wajib sih, tapi berguna bgt klo km lakukan, karena kamu juga punya modal besar sih yaitu PURE damage dari purification, sementara HP musuh lagi tipis2 nya. Tapi kamu harus mengajak teman yang ‘tepat’ juga, kusarankan bareng yurnero. Karena hero itu di level 1 aj udah punya ‘spell imunity’ dengan blade fury nya yang juga ber-damage gede.


Nah.. step nge-bokong bareng yurnero adalah ( ini cuman contoh aj ) :

- Pertama2 sebaiknya si Yurnero langsung beli sepatu

- Bokong musuh di lane atas ( klo km scourge) atau bawah (klo km sentinel ), karena lane itu memberimu jarak yang lebih panjang sebelum sampe ke tower musuh (apalagi klo teman kalian melakukan ‘creepblocking’ di lane itu )

- Lihat, dan tentukan target kalian (sebaiknya yang HP nya tipis)

- Muncul dari belakangnya, lalu pukul2 dulu, atau tunggu sampai HP nya sekitar 300-400, lalu beritahu yur untuk menggunakan blade fury nya.

- Dengan sepatu, yurnero bakal menguras sedikit-demi sedikit HP target dengan blade fury nya

- Selesaikan dengan puri, gunakan ke yurnero (setelah blade fury), karena pure damage, tentu perhitungan HP nya akan lebih mudah (kecuali si yur membunuhnya duluan )


PURIFICATION :
Purification Untuk Nyicil...

Yap skill ini selain untuk heal, juga bisa digunakan untuk nyicil. Sebenarnya ada dua cara nyicil HP dengan purification. Cara klasik yang umum digunakan adalah, klo HP mu udah kuning ( klo km butuh heal ) tinggal maju aj ke dekat musuh, lalu gunakan puri.

Spoiler Screenshot







Kedengarannya mudah, tapi sebenarnya tidak. Kamu harus sangat hati-hati melakukannya, karena kamu akan maju ke posisi nya yang tidak aman.

Masalahnya adalah kalau salah satu lawanmu punya disable dan nge-stun.. kamu dalam masalah. Sementara ‘animasi’ skill ini terbilang cukup lama, jadi kamu harus menunggu cukup lama sebelum boleh nge-klik mundur, karena klo terlalu cepat kamu akan menggagalkannya.

Okay cara kedua, cara ini yang sering kugunakan. Kali ini kamu ga nge-heal diri sendiri, tapi syapapun ( creep/ temanmu ) yang berada dekat atau bahkan sedang bertarung di jarak dekat dengan musuh. Misalnya musuh melee yang mau nge-last hit creep yang merah, gunakan puri ke creep itu, kalau musuhnya udah sangat dekat.

Spoiler Screenshot






Atau gunakan ke temanmu yang sedang bertarung melee dengan salah satu musuh.




Puri untuk creeping..

Meski kamu bukan carry, tapi kamu butuh gold juga kan.., nah, omniknight sebenarnya juga punya potensi creeping, yaitu dengan skill purificationnya..

ada tiga cara untuk creeping dengan puri. Cara pertama yaitu maju ke creep yang HP nya udah di bawah 360, untuk creep melee HP setengah ++ baru bisa, tapi untuk creep range dengan HP full juga sudah bisa (ini untuk creep yang masih ‘level 1’-sebelum barrack ancur). Nah, trik melakukannya yaitu tunggu sampai ada creep melee yang HP nya udah setengah, lalu maju ke tengah2 creep melee itu dan creep range nya,

Spoiler Screenshot






lalu gunakan puri = double last hit.



Cara kedua adalah nge-heal creep yang di dekatnya ada creep musuh yang HP nya dibawah 360. Dan cara ketiga adalah lakukan yang seperti dilakukan ‘axe’ yaitu melawan segerombolan creep musuh sendirian (tanpa creep2 mu ) pukul beberapa kali creep meleenya, sampai HP nya di bawah 360 dan gunakan purification (usahakan creep range nya kena juga ), untuk cara ketiga ini sebenarnya jauh lebih enak klo kamu udah bawa radiance.







MID ITEMNECRONOMICON

Item utama mu. Kamu ‘diHARUSkan’ membawa buku ini kapanpun. Upgrade sampai level 3, karena di level 3, sumpah buku ini menyempurnakan SEMUA potensi ‘support’ mu, mulai dari stats (STR dan INT ), MS aura ( +9% ) sinergi dengan degen auramu, Mana burn, Mana break, sampai yang ga kalah pentingnya yaitu kemampuan ‘True Sight’, untuk mendeteksi ward dan musuh invisible.


SHIVA’s GUARD

Dengan item ini,, aura-auramu semakin membuat musuhmu menjauh. Karena dengan slower area nya + degen, membuat musuh mu kehilangan 68% MS nya (WTF!!), belum lagi -25% AS nya, dan tambahan kapasitas mana nya menutupi kebutuhan mana mu. Sebenarnya selain item ini masih banyak lagi yang cocok.. lihat di bagian alternatif!







MID STRATEGY
Yang harus kamu lakukan di mid sama aj dengan early, nge-support. Sebaiknya Selalu ada di dekat carry mu, itu sangat berarti sesuatu, bukannya membosankan, tapi kalian bisa juga melakukan bokongan, sambil nambang gold. Sampai itemnya jadi baru kamu boleh ‘melepasnya’.

Nah sambil nge-bokong, fokus juga sama tower yang udah ‘merah’, pushing juga penting di mid game, supaya kalian punya ruang yang lebih luas untuk nge-bokong. Skill yang paling berperan kali ini adalah degen aura dan repel..


DEGEN AURA :
Degen untuk nge-block laju target..

Seperti di penjelasan skill ini, di level 4 skill ini mengurangi MS target sebanyak 28%, kalo dihitung2 target dengan MS 400 akan berkurang menjadi 288 saja. Karena itu syapapun, apapun item sepatu/ skill yang dya miliki, kalo masuk ke area degenmu akan terlihat ‘lelet’. Jadi kamu bisa memanfaatknnya untuk membantu pengejaran, tahu creepblocking? Nah.. kali ini lakukan ‘heroblocking’(wkwkw..), block lajunya dari depanya, dengan begitu temanmu (yang ngejar) bisa mendapatkan DPS yang lebih banyak.


Degen untuk ‘memperlambat’ target..

Hampir sama dengan di atas, bedanya adalah kali ini kamu ga usah nge-block, tapi cukup berlari di sampingnya saja. Tapi yang perlu kamu ingat adalah jangan menyerangnya satu kali pun,cara ini kamu lakukan kalau target kalian adalah hero dengan MS gede seperi slardar,balanar,dll. jadi hanya nge-klik tanah di dekat target, dan biarkan temanmu yang ngejar dari belakang melakukan tugasnya..


Degen untuk menyelamatkan teman..

Sebagai contoh: viper nyerang temanmu dengan slower nya, yang pasti temanmu dalam masalah besar, dia di slow dan akan selalu berada dalam ‘jangkauan’ viper. Tugasmu adalah maju ke dekat viper, jalan aj di sampingnya, tp klo perlu serang aj, Serius! Kamu akan memperlambat lajunya, yang akhirnya temanmu bisa selamat.


REPEL :
Penggunaan Skill ini sangat penting untuk dikuasai pemakai omni. Ada beberapa situasi yang memerlukan skill ini, seperti saat temanmu di bokong oleh sven/ lina, kedua hero itu punya stun yang area, jadi karena bakal nge-klik tanah, gunakan repel ke temanmu (sebelum ataupun setelah terkena ) untuk menyelamatkannya.

Tapi sebenarnya ada beberapa spell yang tidak di remove efeknya oleh skill ini, efeknya tidak di-remove melainkan damage nya aj yang di-block. Seperti skill yang efeknya berdurasi (buff) seperti shadow strike, poison nova, viper strike, doom. Skill itu efek slow/silence nya ga hilang, tapi damage nya aja yang di block.


Repel + Channeling..

Repel-channel, atau ‘ cara menghemat gold temanku supaya tidak usah beli BKB’. Salah satu potensi support lagi nih. Hero-hero yang bisa kamu tolong dengan repel adalah Maiden (freezing Field ), enigma (Black hole), Bane Elemental (fiend’s Grip),dll. Tunggu konfirmasi dari teman2 mu itu, klo udah siap menggunakan spell nya, langsung pasang repel, sehingga temanmu itu ga bisa digagalkan channelingnya ^^.


Repel + Carry..

Sangat simple, sebelum atau saat ‘war’ sudah mulai ( stunner udah membuka war ), langsung pasang repel ke carry nya tim mu, yang punya damage dan attack speed yang sangat baik, pokoknya killernya tim mu, akan membuatnya tidak takut untuk maju, karena dia ga bisa distun/disable. Hero-hero carry yang kumaksud antara lain shadow fiend, CLINKz, traxex, viper, troll, dll.

Carry kalian Melakukan serangan2 brutal selama 12 detik TANPA sekalipun dibuat mundur karena terkena stun atau nuke, sangat berarti sesuatu juga untukmu, percaya deh..








LATE ITEM

REFRESHER ORB

Dobel guardian angel dan repel... wew, tim kalian bakal nge-push sangat ‘dalam’.


ALTERNATIVE ITEMS
Phase Boots


Ini sepatu terbaik sebagai alternatif Arcane boots. Sangat membantu ngejar dan juga sinergi dengan degen Auramu. Beli ini hanya kalau sudah ada yang membeli Arcane Boots ditimmu.


SANGE AND YASHA

SnY jga sinergi dengan skill degen aura mu, yaitu ‘maim’ nya. meski targetmu hanya kehilangan 40% MS aj (kalah ama shiva dan skadi ). Kelebihannya adalah resep item ini jauh lebih mudah dari skadi aupun shiva’s, nah karena itulah, tergantung lagi ama kamu, suka yang mana.., kuharap kamu lebih suka alternatif selain item ini. Sy sendiri jarang bgt beliin ini :p.


RADIANCE

Immolation atau BURN aura, yeah kamu menjadi ‘pangeran’ yang BERSINAR, membakar semua musuh yang mendekat. Tapi sayang harga resep nya sangat mahal (relic), dan fungsi utama item ini adalah untuk membantu creeping, sebenarnya lebih cocok buat carry sih.


ASSAULT CUIRASS

Karena AS mu ‘kurang’ , dan kamu hero melee, tentu item ini termasuk sangat membantu. Tambahan armornya membantumu nge-tank, dan juga ada -5 armor aura nya. Tapi kamu ga di build untuk gedein DPS, kamu diciptakan untuk support.


EYE OF SKADI

Banyak orang suka beliin omni ini. Klo mnurut sy ini item yang memang ‘pantas’ lah buat omni, karena slow, mana, dan tambahan HP nya, semuanya OK buat omni. Slow nya sinergi dengan degen aura mu, jadi target yang kamu pukul akan kehilangan sedikitnya 58% MS. Yah kurasa item cocok klo km main public, tapi TIDAK buat kompetisi! Shiva’s / radiance pliss..


GUINSOO SCHYTE of VYSE

Paling ga kusaranin ganti shiva’s dengan ini. Bukan jadi dewa namanya nih, jadi ‘witch’ aj ^^. Klo tambahan baru benar..


URN OF SHADOWS


Sama dengan Soul Ring, alternatif Arcane kalau tidak ada temanmu yg butuh Arcane di early game. Beli satu aj untuk 1 tim.



LUXURY ITEMS

BRACER


Beli kalau mau..


HOOD OF DEVIANCE

Seharusnya repel digunakan untuk temanmu, terutama initiator nya, mereka lebih membutuhkannya dari pada kamu. Jadi untukmu, nge-counter spell nukers nya dengan hood aj.


Ancient Janggo of endurance


Bonus AS dan MS aura untukmu dan demon2mu..


HEART OF TARASQUE

Hampir Sama dengan penjelasan hood, emang ‘beast’ aj yang bisa jadi badak?, jangan bikin malu bangsa ‘human’ ^^.


VANGUARD

Guardian angel memberimu 1000 armor, physical damage ‘reduction’ nya ampe 98% loh!! Untuk dapat yang segede itu, hero lain butuh skitar EMPAT PULUH lapis Assault Cuirass!!, padahal ulti mu itu kamu dapatkan dengan Free. Paling ga kusaranin..tp berguna.


MEKANS

Kamu bisa nge-heal (dengan item ini ) teman yang sedang di-‘repel’. Masalahnya adalah kapasitas mana mu ‘sedikit’, lagian kan kamu udah punya heal (mana jangan Cuma buat nge-heal doang donk..). Dan ulti mu sama aj efeknya dengan item ini kan.. +25 hp regen tuh mayan loh, dapat 175 HP (itupun belum termasuk dari ‘base’ HP regen yang kamu dapat dari stats/item lain)paling ga kusaranin..


SpoilerREJECTED ITEM!!




LINKEN’s SPHERE


dulu sering bgt liat orang beliin omni ini. Tapi sekarang udah jarang liat, baguslah.. karena ga akan membantu bgt, kamu bisa nge-block SELURUH SPELL selama Repel. Semntara item ini Cuma nge-block sekali-sekali aj.


DPS ITEM



Omni bukan DPS-er

EMPTY BOTTLE


sekali purification = 3 kali heal bottle.. clear?


LIFESTEAL



Buat hero DPS aj nih. Kamu bukan vampir yang heal nya dari serangan2..







LATE STRATEGY
Di late game saya bakal nge-bahas ultimu dan apa yang harus kamu lakukan di war, atau saat defense markas, dan juga saat klian pushing.


GUARDIAN ANGEL :
Yang membuat kalian penasaran dari tadi pasti adalah ‘bagaimana / kapan sebaiknya menggunakan skill ini?’, yah skill ini ga boleh digunakan sembarangan, COOLDOWN skill ini sangat lama untuk DURASI yang sangat singkat, jadi ini bukan skill ‘sembarangan’, ini skill yang MAHAL.

Nah..sebaiknya kamu tahu aturan penggunaan skill ini dulu..

- JANGAN gunakan saat war baru saja dimulai, atau jangan gunakan sebagai pembuka war. Yang terjadi adalah musuhmu pasti bakalan mundur dulu sampai durasi skill ini selesai baru maju lagi, akibatnya kamu udah ga punya GA lagi, parah!

- JANGAN gunakan di tengah2 war, UNTUK situasi kalau 1 atau 2 temanmu telah mati, sementara musuh belum ada satupun yang mati, karena yang terjadi adalah kalian hanya terlihat sedang ‘berusaha’ kabur. Sementara tujuan utama skill ini BUKAN untuk kabur. (meski cocok buat kabur jg )

- JANGAN gunakan repel setelah kamu menggunakan GA, karena yang terjadi adalah temanmu / kamu hanya akan mendapat spell immunity saja (repel me-remove positif buff jg ). Jadi Repel dulu baru GAl..

- WAKTU yang tepat menggunakan skill ini adalah, saat belum ada satupun temanmu/unitmu (demon) yang mati, TAPI war sudah berlangsung ( pembuka war udah ‘membuka’ ), dan seluruh temanmu (kamu juga ) berada tepat di tengah-tengah area musuh, sehingga kalian punya 7 detik untuk mukul gratis, dan memenangkan war.


Guardian angel untuk menolong teman..

Jadi, misalnya ada temanmu, di sungai, dan disana juga ada dua musuh sedang mengejar temanmu , apa yang harus kamu lakukan? lihat musuhnya dulu, kalau dia bukan nukers, langsung dekati temanmu dan tekan G ( guardian angel), mendapat 1000 armor dan 25 hP regen selama 5-7 detik akan memberinya harapan hidup yang akan digunakan buat kabur. Saat itu juga langsung dekati musuh2 mu ( untuk nge-slow).

Tapi kalau lawanmu nukers/stunner atau punya ‘one hit kill’ seperti FoD (dan HP temanmu udah merah bgt), langsung pasang repel dulu ke temanmu, baru gunakan GA, lakukan hal yang sama yaitu dekati musuhnya.


COMBO SPELL /item :
Necronomicon + Degen ..

Demon level 3 memberimu kemampuan true sight dan +9% MS aura, skill itu sinergi dengan degen auramu, kalalu degen aura belum cukup memperlambatnya, keluarin aj demon mu, mereka akan mempercepat lajumu.

Repel + Guardian Angel..

Ini Combo spell support TERBAIK yang ada di DotA, combo ini akan membuatmu / temanmu kebal dengan SERANGAN APAPUN (physical maupun spell), selama 5,6, atau 7 detik. Tapi combo nya jangan di balik yah.. ceritanya bakalan beda nanti ^^.

Degen + shiva’s..

Combo ini akan membuat musuh frustasi berat!, kehilangan 68% MS ( dari 400 menjadi 128 – seperti ayam ), sungguh sangat menyebalkan bukan? Pengejaran akan terasa sangat mudah.

Puri + Guardian angel.

Double heal..(satunya super regen sih :p)


DEFENSE..
pertama biarkan temanmu yang spell caster area (seperti leshrac, zeus, medusa,dll) membersihkan creep musuh, dari saat sebelum war sampai war dimulai kamu harus menunggu, sampai pebuka war musuh (stunner area nya ) telah melakukan tugasnya, nha.. setelah itu langsung gunakan GA, apapun yang terjadi, ingat meski saat kalian sedang ‘stun’ dan ada temanmu yang terbunuh, GA dapat membalikkan situasi kok , jadi selama durasi GA, paling tidak kalian juga harus membunuh salah satu dari mereka, jangan gunakan trus kabur gitu.. :p

Keluarkan demon, Majuin demonmu, burn mana musuh yang ‘menjadi’ target carry mu ( byasanya target pertama si carry klo ga carry juga, yah tanker nya musuh)


PUSHING..
Simple aj, langsung gunakan repel+carry, lalu maju klo pembuka war kalian udah melakukan tugasnya, untuk ‘memperdalam’ pushing, langsung gunakan GA juga, sementara carry mu seharusnya udah berhasil membantai lawan. Lalu klo ‘repel’ mu udah ‘free’ lagi, nah... saatnya ‘killer area’ kalian beraksi. Gunakan repel untuknya (seperti maiden, enigma, dll) supaya mereka bisa menggunakan ultinya tanpa bisa digagalkan. .

Byasanya orang bakal ga tau apa yang harus dilakukan di tengah2 war (karena saking ‘meriah’ nya ), jadi sebaiknya kamu ga usah perhatikan apa yang sedang terjadi, fokus aj ama tugas2 mu, dengan begitu kamu sangat berperan untuk membawa tim mu menang war.




ALLIES


ALL HEROES !

hero apa yang ga sinergi/cocok dengan omni? hero mana yang ga perlu heal, magic immune, slow, dan physical invulnerability, atau hero apa yang ga cocok nge-bokong, atau selane dengan omni, Ga ada kan?




ENEMIES

Dia punya kemampuan untuk kebal dengan serangan apapun, SPELL maupun ATTACK , dia juga punya kemampuan untuk nge-heal, dan syapapun yang mendekatinya akan langsung kena slow. Hanya ada beberapa ancaman untuk hero ini..


Mana Burners


Menghabisi manamu supaya kamu tidak bisa menggunakan skill.


Remove Buff!


Demonic Purge dan Stone Gaze meremove Repel dan Guardian Angel!


Naga Siren


Percuma immune dari physical maupun magical kalau kalian dikasi tidur..




CLOSING

Dia adalah hero support terbaik, dia adalah pangeran, karena itu dia diciptakan untuk melindungi KEHIDUPAN ORANG BANYAK.

fakta menarik soal hero ini :

- Model Purist Thunderwrath sebenarnya ‘copy’an dari Arthas dari RoC human Campaign, disana arthas adalah seorang Paladin. Skill nya pun nyaris sama, arthas punya Holy light, (heal), Divine shield ( physical dan spell immunity ) selama 45 detik (animasinya sama dengan Repel), ultinya adalah ‘menghidupkan’ kembali 6 teman/ unit yang sudah mati di area skill itu (animasinya juga sama dengan Guardian angel ), skill yang sama sekali berbeda adalah arthas ga punya slower ( degen ), skill ketiganya adalah ‘devotion aura’... yang menambah armor.

- Bahkan suara purist juga sama dengan arthas, coba aj klik dia sekitar 3 kali, lalu dia akan menjelaskan kalau dia sebenarnya adalah seorang PRINCE.Link







*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




69 komentar:

  1. knight kok pake palu??!!?
    LoLz

    BalasHapus
  2. ga disarankan buat beli BF ga kk? kan dengan cleave attacknya bisa creeping lebih asik... serang, serang... puri... semua creep habis....

    BalasHapus
  3. ga kk.. tanpa cleave nya BF juga, hero ini mudah bgt creeping dengan puri nya. omni bukan carry .. sbnrnya dengan 'buku' aj udah jadi dia..
    jadi kusarankan melewati BF dgn upgrade bukunya sampe level 3.. lagian omni sama sekali ga butuuh HP maupun mana regennya BF..

    BalasHapus
  4. wah..stlah lama nunggu akhirnya jdi nih omni guide..
    tp kk..kpn harus beli necronomicon???

    BalasHapus
  5. wah..stlah lama nunggu akhirnya jdi nih omni guide..
    tp kk..KNP harus beli necronomicon???

    BalasHapus
  6. singkatnya gini kk neilson..
    Omni punya DEGEN aura yang ngurangin MS lawan...
    Necro punya aura yang nambahin MS teman..
    nah.. sinergi banget kan?

    BalasHapus
  7. w bs bikin purist tipe battle.
    itemnya PT,S&Y,Cuirass,MKB,Tarrasque,Rapier.
    bgmn pendapat kk?
    btw,
    kk main B.Net Di server apa?
    nicknya apa??
    ^^

    BalasHapus
  8. klo itemnya sgitu mah.. pasti main by1, tajir amat..

    BalasHapus
  9. jelass tau.. :)
    Item build nya ga jelas pula.. DPS ga, tanker ga, spell caster ga... RATA semua.

    byasanya yg bgitu kan main by1?

    BalasHapus
  10. kalo omni dibeliin cuiras ama vladmir bagus gk ?
    trus ama mjolnir ...
    jadi matap tuh DPS nya ....
    udah ngeheal tiap kali serang ...
    kalo darahnya ngocor bisa purif dah ,,,

    gk bakal ada yg bisa ngelawan puris termasuk ursa kalw kta w ...

    BalasHapus
  11. cuirass ato vlad bagus.. yang jelas kalau item itu bisa nge-supprt satu tim itu bagus buat omni, utamakan yang paling dibutuhkan tim mu.

    BalasHapus
  12. kalo aku build nya begini.
    kalo gada temen ku yg g butuh mana bgt, aku g buat arcane, instead aku buat urn of shadows, dimana free heal kalo udah selese war.
    dan alternatif setelah urn aku bikin vladimir (kalo temen ku bnyk carry melee) atau lgsg buku.

    btw soul ring juga mantep buat purist kalo puristnya susah creeping. terus bisa jadi pahlawan yg mengorbankan nyawanya untuk heal!(padahal emang puristnya gada mana XD)

    mohon pencerahan atas alternatif diatas...

    BalasHapus
  13. Ya, Urn ama soul ring mantap buat Purist. Jadi beli salah satu aj diantara ketiganya.Klo teman banyak nukers mending beli Arcane, kalau ga ada beli Urn aj support heal sekaligus mana regen juga... ya mantap :)

    BalasHapus
  14. beli arcane ring, kasing battlefury(lumayan bwt regen HP+mana) S&Y, taras, cuiras, sepatu travel. dah sip tu kk

    BalasHapus
  15. worst enemies ada magina ada traxex dengan silent nya

    BalasHapus
  16. hah purist ga bisa jadi hero DPS???salah banget.. coba tes pake S&Y + cuirass.. hmm ga ada yang berani deket gw jamin...botol di jadiin reject item???salah banget... di early game klo musuh 2 2 nya rank bagai di neraka buat omniknight..jadi menurut gw botol salah 1 item penting di early sampai mid.. kebutuhan mana banyak tapi mana dkit...ga perlu arcane perseverance ckup kok...dan bisa di build ke battle furry...refresher sama hex.. gw paling suka banget build nya buat support wkwkwkwk2 kali guardian.. omg???klo musuh ga kreatif pake difussal nyengir aja tuh musuh selalu kalah WAR

    BalasHapus
  17. kk naym..,
    klo purist lg dlm efek GA truz d culling blade ma axe mati g..,?
    n klo pas lg ngaktifin BM d ulti ma axe mati jg g..,?

    BalasHapus
  18. Saya punya beberapa rival berat si Purist:
    1. Anub'arak: Dia punya Mana Burn, membuat mana Purist yang sudah kurang bagus menjadi semakin sedikit. Kalau ini terjadi, tidak ada GA, tidak ada Repel juga. Untungnya, spell-spell NA tidak ada yang menembus Repel (Kecuali Vendetta).
    2. Terrorblade: Dia punya Sunder yang memang tidak mempan untuk menembus Repel, tapi yang menjadi masalah adalah kalau dia masuk war belakangan, terus menghisap darah. Yang masalah adalah kalau ilusinya terlalu banyak.
    3. Axe: Repel ngeblock spell apapun, kecuali Culling Bladenya si Tanker nomor 1 ini. Combo Repel+Guardian Angel sekalipun, kalau HPnya dibawah 650, tetap bisa dikill dengan Culling Blade.
    4. Medusa: Tanker tulen ini pun bisa juga meremove Repel+Guardian Angel sekalipun, membuat Purist tetap bisa diserang. Skill yang dimaksud adalah Stone Gaze.
    5. Hero-hero yang membawa Diffusal Blade: Mereka akan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Medusa, yakni meremove Repel+Guardian Angel.
    6. Harbinger: Hero ini memang sangat-sangat pintar dan ultinya mematikan meski tidak tembus Repel, tapi pure damage Arcane Orb sangat mematikan dan bisa membunuh support number 1 dengan sang pure damage dealer number 1 ini.
    7. Rooftrellen: Hero ini punya Overgrowth yang murni tembus Repel, tapi kalau si Omni menggunakan Repel setelah terkena entangle kepada siapapun, korban akan bebas.
    8. Magina: Saudaranya Terrorblade ini sangat mematikan dan punya Blink untuk kabur. Tapi masalahnya adalah dia punya Mana Break untuk membakar mana Omni agar jangan menggunakan GA, apalagi kalau ditambah Manta, wah bisa 192 Mana Burn...
    9. Slithice: Sangat menyebalkan kalau ngebokong hero ini. Soalnya, kalau tiba-tiba dia menyanyikan lagu nina bobo (Song of the Siren), efek GA pun akhirnya terbuang percuma. Apalagi Ensarenya menembus Repel pula.
    10. Lucifer: Dia adalah counter terbaik buat Omni, dan musuh untuk semua hero. Doom menembus Repel dan Guardian Angel. Pokoknya, jangan pick Omni kalau menemukan musuh yang satu ini. Apalagi kalau dia punya skill sendiri...

    Plus, Arcane Ring sudah tidak berlaku dan diganti dengan Arcane Boots. Jadi, di map 6.69, ada perubahan:
    1. Item Early Arcane Ring diganti Arcane Boots.
    2. Item Mid Boots of Travel diganti Shiva's Guard.
    3. Item Late Shiva's Guard diganti Refresher Orb.
    4. Item Luxury Refresher Orb diganti dengan Vladmir's Offering (Item ini juga support atau item beraura yang memberikan lifesteal untuk yang melee, damage, dan mana regen.)

    Jadi itu aja perubahan dan tambahannya. Apakah kakak belum mengupdate guide ini?

    BalasHapus
  19. kakak.. aq ad pendapat hmmm... klo aq pakek item... bots of spped,MOM,cuiras,cranium basher,buriza,terus batle fury, batle fury ini ku buat untuk creepin. lau cranium basher q gnti deng ama necromicon atau MKB...
    disini aq kayak dewa pembunuh... 1 msuh 3 aq masih bisa membnuh... 2 orang bhkan 1 sekarat...

    ini versi q klo maen... bner2 pmbnuh dah... coba aj... q jamin kgrangan klo maen... cos isa mbnuh tini ma treant yg tahu sndri badan mreka keras.....

    BalasHapus
  20. Jujur gan, kayaknya worst enemiesnya si Omni tuh Mana burners dah, kan kakak bilang sendiri dia rebeb INTnya, dan best friends tuh pasti si "Old Man Ezalor" paling enak se-lane ama dia

    BalasHapus
  21. om worst enemynya mana burn kek magina....
    anub... soalnya tampa mana dia sampah...
    tambahin ya om

    BalasHapus
  22. From: Leonardo Gunawan...

    Kakak Naym, ada yang kurang...

    Coculsion:

    SUPPORT CHAMPION
    Purist adalah SUPPORT CHAMPION karena dia punya semua buff yang dibutuhkan teman agar mereka bisa tetap hidup.

    DEGEN AURA
    Hero ini punya Degen Aura yang berarti nge-slow MS lawan dengan drastis. Manfaatkan itu untuk membebaskan teman dari serangan berbahaya lawan (kecuali Lycan-Shapeshift Form)

    REPEL + GUARDIAN ANGEL
    Combo ini sangat terkenal untuk mendapatkan "Divine Shield". Sangat menyenangkan kalau anda dalam keadaan seperti ini. Tapi ingat, Repel dulu baru GA. Kalau GA dulu baru Repel, anda hanya dapat spell immune.

    WATCH OUT: SONG OF THE SIREN
    Song of the Siren bisa menghentikan GA dengan menidurkan kalian. Jadi perhitungkan baik-baik sebelum anda memasang GA.

    THANKS...

    BalasHapus
  23. FROM: LEONARDO GUNAWAN...

    KAKAK NAYM, DALAM MAP 6.70, DEGEN AURA SEKARANG MENGURANGI ATTACK SPEED BAIK UNIT MAUPUN TOWER LAWAN DIKURANGI AS DAN MS-NYA...

    BalasHapus
  24. KAKAK NAYM, ADA YANG SAYA KOREKSI...
    1. TAMBAH LUXURY ITEM: ANCIENT JANGGO OF ENDURANCE. ITEM SEDERHANA ITU BISA DIGUNAKAN UNTUK MENAMBAH AS DAN MS TEMAN. SINERGI DENGAN DEGEN AURA. NAH, BAGAIMANA KALAU DITAMBAH LAGI DENGAN NECRONOMICON BOOK?
    2. TAMBAH LUXURY ITEM: KHADGAR'S PIPE OF INSIGHT. ITEM ITU KHAN AURA. MENAMBAH 400 SPELL DAMAGE SHIELD. BAGUS UNTUK PURIST YANG MERUPAKAN HERO SUPPORT. BELI-NYA KALAU MUSUH-NYA KEBANYAKAN NUKERS... JADI SEPERTI ABADDON...

    BalasHapus
  25. aghanim udh bisa improve ulti kan?

    BalasHapus
  26. Saya lihat di beberapa kesempatan, dia memegang Frostmourne. Apa itu adalah model Lord of Avernus yang dulu, atau bukan?

    BalasHapus
  27. makasih banyak atas informasinya kk...
    itemnya bikin omni lawan 5 enemies menang loh...

    BalasHapus
  28. kk naym, keterangan skill Purification tolong ditambahin
    skill itu bisa juga menyerang hero yang invisible, asal ada di AoE Purification
    udah saya coba sendiri, lawan AI, AInya pake NA
    Vendetta dipake buat kabur (biasalah AI), saya kira2 dimana sekarang dia
    terus saya puri, mati dia ternyata ada di sebelah saya

    BalasHapus
  29. pt + preservence + sanga yasa = suport killer

    BalasHapus
  30. kk kok worst enemiesnya cuma itu sih, gimana dengan hero yang Msnya IMBA

    BalasHapus
  31. kk kalo raijin kan punya mini purge itu bisa ngilangin repel/guardian angle gak, mohon jawabannya

    BalasHapus
  32. Dane, semua juga tau yang namanya skill area hero invis juga kena :D

    ustadgaul1, itu bukan mini purge gan, ga bisa.

    BalasHapus
  33. Reduce MS degen berdasarkan persentase loh, jadi se-IMBA apapun MS musuh reducenya makin banyak :)

    BalasHapus
  34. masalahnya waktu itu kan saya belom tau soal ini

    BalasHapus
  35. kk kalo omni build carrynya gimana?
    jawab please

    BalasHapus
  36. Sansa, Purist ga ada potensi carry!

    BalasHapus
  37. coba geh, barang pertamanya sebelum apa apa beli langsung soulring. bisa ngutan, bisa lane pake satu barang itu tanpa habis darah n mana.korban 150 hp dan 140 mana untuk 360 hp dan 150 mana.

    hasil akhir, dapat 210 hp murni tanpa kurang mana :p

    BalasHapus
  38. Soul RIng pindah ke core Early :)

    BalasHapus
  39. @Nichs pelatih MU, sir alex ferguson jg seorang knight loh, dia malah ga pake senjata selain kepiawaiannya melatih dan mengatur strategi.. :D

    BalasHapus
  40. tambahin ursa di worst enemy nya donk...soalnya
    ga ngefek tu gueardian angelnya..

    BalasHapus
  41. kk aku mau nanya kalau di ulti sama huskar ladi spell imunnity kena gk?

    thank's b4

    BalasHapus
  42. lalalalala,just the way you are...-_-

    BalasHapus
  43. Kak naym saya kalo pake purist gak pernah pake necromonicon soalnya belum jago pegang banyak unit sekaligus, ada saran buat item pengganti necromonicon ?

    BalasHapus
  44. kk purist Bisa jadi hero DPS gak sih?

    BalasHapus
  45. kak naym ..
    eredar gag dimasukin di worst enemies??
    bukanya ultinya (demonicpurge) bisa meremove Repel ato Guardian ya??

    BalasHapus
  46. Selasa, Mei 31, 2011
    Kaskuser mengatakan...

    Kak naym saya kalo pake purist gak pernah pake necromonicon soalnya belum jago pegang banyak unit sekaligus, ada saran buat item pengganti necromonicon ?

    *> dagon juga lumayan buat instan kill

    BalasHapus
  47. @Kaskuser, bisa dilihat di item alternatif, tp most recomended tetap necro, support mana burn dan countger invis yg sinergi dengan degen aura :)

    @turag, nggak =='

    @Aan, Ok, thanks :)

    BalasHapus
  48. Se IMBA apapun MSnya akan dikurangi, tp gmn dgn Lycan???

    BalasHapus
  49. Oh iya ktanya purge ngilangin repel/GA. Brarti Medusa mantep dong lwn Purist??? Stone Gaze

    BalasHapus
  50. gyahahahha enk amt y omni killer wwkkwkwk

    salam damai dari CHRIST

    BalasHapus
  51. Durasi repel na. 2o detik pa 12 detik? Di spell da 12 detik tapi penjelasannya ko 20 detik.? pa sy yang salah???

    BalasHapus
  52. @Alvin
    12 detik, dulu memang 20 detik :)

    BalasHapus
  53. kk...
    kalo aku pakenya latenya phase,Bloodstone, shiva, Skadi,cuirras, Sny.
    gmana?

    BalasHapus
  54. Purist hero terGG klo WTF guardiannya ... uda siapa yg kill? repel guardian

    christ harjanto

    BalasHapus
  55. KK boleh tanya repel nya itu bisa nge blok skill skill nya nukers juga misa LAguna BLade ama finger of death apa skill skill itu tidak berfungsi

    BalasHapus
  56. gila,gw maen purist,gw repel nyawa gw tinggal 3,gw tele,guda bilang bye am tuh musuh,eh!wtf,gw di omin di tempt dan masuk!!!!!tele ggal,gw ga bsa heal dan gw mati,fuck!bru taw gw

    BalasHapus
  57. omni
    killer jg menurut gw..
    yg sering dilupakan, puri = heal+area damage ya artiny sedot 350 lifepoint...
    tambh lg degen aura ngurngn 28% AS lawan... keuntungn besar tu masbro :D

    BalasHapus
  58. Kk kdiin AoM emang g bgus y soalna kan damagena jdi gde thx

    BalasHapus
  59. om...om...! boleh gak item nya omni kayak gini
    soul ring, arcane, 2 vanguard, cuirras, radiance

    BalasHapus
  60. Kalo Purist kopiannya Arthas, Lich kopiannya Kel'thuzad yang beneran dong (Kel'thuzad aslinya karakter lich di warcraft 3)

    Skillnya bukan mirip, SAMA PERSIS sama Lich (kecuali Chain rostnya...)

    BalasHapus
  61. Omni kujadikan hero DP,wuih gila...1 lawan 5 computer insane...ga pernah mati dengan rekor terbaru, 49 kill mati 0, 0....g pake -neng lo,coba test....itemnya, arcane boots, sange yasha, BF,2 buah taras....dijamin bakal kabur tuh lawan...! jgankan mendekat lari pun juga mati!!!

    BalasHapus
  62. yah kk mainnya jgn lawan ai dong, langsung battle net aja kalo sudah mampu lawan 5 ai, hahaha commentnya rata2 jadiin purist tipe dps semua ya :p padahal support abis sih kalo kata saya

    BalasHapus
  63. kalo semua pengen jadi killer susah juga buat war...
    padahal support yang baik juga bisa jadi penentu menang kalah

    coba sekali-kali jadi support, menurut saya cukup menyenangkan.

    BalasHapus
  64. kk kalo menurut ku build killer bagus kok ni build ku

    skill build item build
    lv1.degen early:bracer,PT str,orb of venom(degen+orb of
    lv2.pirification venom =slow bagus),ogre axe/belt of giant str
    lv3.degen ength(biasanya aku udah ada sange+salah satu
    lv4.purification item resep yasha)
    lv5.degen
    lv6.purification mid:sange&yasha,dominator/vlad
    lv7.degen
    lv8.purification late:MKB/skadi trus bracer aku jual ganti rad
    lv9.repel ance/cranium
    lv10.GA
    lv11.GA
    lv12.repel kalo aku biasanya jadi:PT,Sny,skadi,vlad,rad
    lv13.repel iance,cuirass(bracer dijual)
    lv14.repel
    lv15.stat hehe ini build ku jadi tolong kasih saran
    lv16.GA kalo ada yg kurang
    lv17---25 stat

    BalasHapus
  65. purist imba buat by1 :D

    BalasHapus
  66. kk naym gimana kalau arcane boots, cranium, MoM, bracer (early - mid)
    Combo : active mom, pukul pukul kan ada stunnya di slow juga sama degen, darah dikit lagi, heal sendiri, mati deh

    BalasHapus
  67. om repel ngeblock skill yg ga di block bkb ga? kaya culling blade nya axe, fiend's grip bane dll??

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats