DotA Guide Indonesia

Crixalis – The Sand King



A guardian of the ancient Nerubian Kingdom of Azjol-Nerub, Crixalis fled to the deserts of Kalimdor in an attempt to escape the genocide of the Lich King. The harsh climate transformed this warrior into a master of the earth, able to tear the skin off his foes with vicious sand storms. Those unfortunate to succumb to his potent toxins are condemned to violently burst apart in a cloud of noxious fumes. Sensing his growing power, the Lich King sought out Crixalis and, unable to sway him, slew him in battle. Summoned to aid the Undead Scourge, the heart of the Sentinel quivers each time the ground trembles beneath them.




INTRO



 

Crixalis adalah hero ganker, roamer, dan INITIATOR (pembuka war). Memiliki banyak spell2 area, dua diantaranya berguna untuk kabur, dan 2 juga diantaranya sangat berguna buat creeping, salah satunya juga menjadikannya pusher hebat, dan ultinya berefek area dengan damage mematikan ditambah slow.

Tapi sebenarnya, hero ini sangat mudah dibunuh, dia tipis, rapuh, armor nya paling parah pula, padahal dia tipe STR, tapi pertumbuhan STR nya sangat buruk, dia sama sekali TIDAK cocok menjadi tanker, dia tidak punya cukup HP dan armor untuk nge-tank. Dia bahkan lebih tipis dari sebagain hero2 AGI dan INT, nah kan.. padahal dia STR.

Karena dia RAPUH, jadi apa sebaiknya main safe? Seperti yang dilakukan hero2 AGI / INT ? ow tentu TIDAK!, karena kali ini kamu akan kuperkenalkan dengan hero yang paling berani mati! Paling beresiko di mainkan. Jadi kamu yang pake sand king harusnya benar- benar TIDAK punya rasa takut, jiwa petarung sejati, lupakan kalau kamu rapuh, lupakan kalau kamu mudah mati, lupakan skill2 berbahaya musuh, lupakan nyawa sendiri, karena semua pemakai sand king harus siap menanggung resiko itu, dengan ‘melempar’ dirinya sendiri ke area musuh, yang berbahaya, untuk kepentingan tim, menjadi seorang.... WAR INITIATORS !!


Spoiler Statistic Hero
Name: Crixalis
Affiliation: STR Neutral
Strength: 18 + 2.6
Agility*: 19 +2.1
Intelligence: 16 + 1.8
HP: 492
HP Regen : 0.79
Mana: 208
Mana Regen : 0.65
Damage: 43 - 59
Armor: 3
Movespeed: 300
Range: 128 ( melee)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800




Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN :

1. Semua skill nya AoE, dan salah satunya termasuk AoE spell paling berbahaya (epicenter)
2. punya 2 skill kabur / menghindar, sangat sedikit hero yang seperti ini
3. Salah satu pusher terbaik, dengan banyak spell2 area nya, terutama caustic finale
4.Sangat mudah creeping sekaligus nyicil
5. Mudah mengontrol lane 

KELEMAHAN :

1. Armor terparah.. setelah tiny
2. Hero STR dengan pertumbuhan STR kurang
3. Memiliki 2 channeling spell,
4. Item dibatasi ( ada skill nya orb)



SKILL
Burrowstrike


The Sand King burrows into the ground, tunnels forward impaling everything above him, then surfaces.

Level 1 - Deals 100 damage and stuns for 1.65 seconds.
Level 2 - Deals 160 damage and stuns for 1.65 seconds.
Level 3 - Deals 220 damage and stuns for 1.65 seconds.
Level 4 - Deals 280 damage and stuns for 1.65 seconds.

Casting range: 350/450/550/650
Area of Effect: 175
Mana Cost: 140
Cooldown: 11

Burrowstrike adalah skill ‘stun’ mu, nge-stun area yang animasi nya sama seperti ‘impale’ nya lion dan NA, tapi yang ini dikombinasikan dengan BLINK, artinya kamu melakukan blink sambil nge-stun. Karena itu skill ini adalah ‘pembuka’ ultimu. Tapi hati-hati, tidak seperti impale, setelah menggunakan skill ini kamu akan berada di area yang tidak aman.

Musuh yang terkena akan terlempar ke udara selama 0.52 detik, tapi itu tidak termasuk durasi stunnya, durasi stun dimulai setelah musuh itu kembali ke tanah.

Tipe damage magical, damage dikurangi resistance musuh, dan di block oleh spell immunity. Penggunaan skill ini akan dijelaskan di bagian strategy.


Sand Storm


Sand King creates a fearsome Sand Storm. The storm blinds his enemies and he becomes invisible to them. The storm also causes his opponents to take damage.

Level 1 - Deals 20 damage per second. 1.5 second delay before Sand King is revealed, lasts 20 seconds.
Level 2 - Deals 40 damage per second. 1.5 second delay before Sand King is revealed, lasts 40 seconds.
Level 3 - Deals 60 damage per second. 1.5 second delay before Sand King is revealed, lasts 60 seconds.
Level 4 - Deals 80 damage per second. 1.5 second delay before Sand King is revealed, lasts 80 seconds.

Area of Effect: 300/350/400/550
Mana Cost: 60/50/40/30
Cooldown: 40/30/20/10

Tujuan utama skill ini adalah untuk ‘pertahanan’, karena skill ini channeling, membuatmu invisible sekaligus mengusir musuh2 yang mencoba mendekatimu dengan DPS nya.

Skill ini sangat berguna untuk nge-block ‘missile’ skill stun ‘bertarget’ musuh (storm bolt, hellfire blast), atau skill nuke bertarget lainnya yang digunakan untuk musuh ‘yang bisa terlihat’ / visible (thundergod’s wrath, assassinate, Eclipse), skill yang penggunaannya memerlukan ‘klik ke target’ (reaper schyte, brain sap), terutama yang orb walker (traxex, viper,huskar), dan musuh yang nyerang physical, selama mereka tidak memiliki ‘truesight’.

Jadi kalau mereka bakal membunuhmu, sembunyi aj dalam sand storm, dengan begitu musuhmu pasti bakaln menjauh, lalu gunakan blink atau burrow strike untuk kabur. gunakan juga untuk mengusir musuh2 di area creep saat di lane. Sebenarnya skill ini juga sangat berguna buat creeping, apalagi di hutan, 80 DPS itu sangat sakit buat creep2.

Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance, dan di block oleh spell immunity. Tp kalau kamu magic immune lalu menggunakan skill ini, kamu TIDAK invisible. Sebenarnya skill ini memberikan vision yang luas. Dan karena ini channeling spell, jadi bergerak dari posisimu akan me-remove channeling nya.

Caustic Finale


Each of the Sand King's attacks injects a deadly venom that causes the target to explode violently on death, dealing damage in an area.

Level 1 - 90 damage, lasts 8 seconds.
Level 2 - 130 damage, lasts 8 seconds.
Level 3 - 170 damage, lasts 8 seconds.
Level 4 - 220 damage, lasts 8 seconds.

Area of Effect : 400

Salah satu skill ‘farming’ (creeping ) terbaik, dengan AoE damage yang sangat baik dan luas. Karena itu skill ini juga yang membuat sand king menjadi pusher yang hebat. Pada dasarnya skill ini memang digunakan buat creeping , sekaligus nyicil. Jadi setiap kamu nge-last hit, targetmu itu akan ‘meledak’ (jadi tidak ada ‘jasad’ nya) dan nyerang di 400 AoE.

Selain buat creeping, di war juga skill ini sangat berguna, last hit sekali creepnya ( kalau ada) dan kamu akan nyerang area dengan damage yang gede (lebih baik daripada mukul2 musuh aj :P).

Sebenarnya, karena skill ini juga ada ‘buff’ nya, selama 2 detik untuk target yang kamu pukul. Jadi kalau ada yang membunuh creep itu selama durasi buff nya(2 detik) itu, meski bukan kamu yang nge-last hit, target akan tetap meledak.

Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance dan di block oleh spell immunity. Skill ini juga tidak bekerja saat nge-deny, karena ‘buff’ nya tidak kena ke unit teman. Dan skill ini ORB EFFECT.

Epicenter


Sends a disturbance into the earth, causing it to shudder violently. All caught within range will take damage and become slowed. The closer to the epicenter, the more damage taken.

Level 1 - Emits 6 pulses (8 pulse*). Each pulse deals 110 damage and slows by 30%,
Level 2 - Emits 8 pulses (10 pulse *). Each pulse deals 110 damage and slows by 30%,
Level 3 - Emits 10 pulses (12 Pulse *). Each pulse deals 110 damage and slows by 30%,

Mana Cost: 175/250/325
Cooldown: 140(120*)/120(100*)/100(80*)


Skill ulti area yang sangat berbahaya, di early-mid game termasuk sangat mematikan. Tapi karena ini channeling spell, berarti ada banyak ‘kelemahan’ nya juga. Sebenarnya channelingnya hanya 2 detik (animasi sand king ngangkat2 ekornya) sebelum skill ini aktif, jadi menghentikan channeling selama 2 detik itu (berjalan/kena stun,dll) tidak akan mengaktifkan epicenter, atau kamu tidak akan membuat ‘pulse’.

Tapi kalau channelingmu berhasil, kamu akan membuat pulse (getaran / gelombang di tanah), berkali-kali, dengan tiap pulse menghaslkan 110 damage, dan semakin banyak pulse yang kamu buat, semakin luas AREA EFFECT nya. Pulse akan muncul tepat di posisimu dimanapun kamu berada, artinya bukan di titik saat kamu melakukan channeling, karena itu setelah channeling selesai, langsung maju dekati target.

Tipe damage magical jadi dikurangi resistance, damagenya diblok magic immunity tapi slownya tidak dblok.


SKILL BUILD


STANDARD BUILD :
1. Burrowstrike
2. Caustic Finale
 
3. Burrowstrike
4. Caustic Finale
5. Sand Storm
 
6. Epicenter
7. Burrowstrike
8. Burrowstrike
9. Caustic Finale
10. Caustic Finale
 
11. Epicenter
12. Sand Storm
13. Sand Storm
14. Sand Storm
15. Stats
 
16. Epicenter


Ini build up yang paling umum digunakan untuk crixalis. WAJIB Gunakan skill build ini kalau...

- Lawan di lane mu melee semua ( 1 melee kalau solo mid), apalagi kalau broodmother.

- Lawanmu punya skill berefek area seperti tiny, lina, jakiro, davion,dll

Burrow strike sudah pasti dimentokin pertama, Caustic finale berefek area, jadi sangat berguna buat nyicil musuh melee waktu kamu nge-last hit. Apalagi kalau lawanmu pusher hebat, kamu bisa mengimbanginya dengan caustic finale. 1 level sand storm untuk jaga-jaga kalau kamu di bokong, atau untuk nge-block spell bertarget lawan. Tp Kalau lawanmu punya spell berefek area, sand storm ga akan terlalu membantu, karena itu ambil belakangan aj.



ALTERNATIF BUILD :


1. Burrow Strike
2. Sand Storm
 
3. Burrow Strike
4. Sand Storm
 
5. Burrow Strike
6. Epicenter
7. Burrow Strike
8. Sand Storm
9. Sand Storm
10. Caustic Finale
 
11. Epicenter
12. Caustic Finale
13. Caustic Finale
14. Caustic Finale
15. Stats
 
16. Epicenter
17. 25. Stats


Gunakan skill build ini kalau...

- lawanmu punya spell bertarget (stun/nuke yang bertarget – zeus, venge, luna, leoric,dll)
- lawanmu Orb walker
- Lawanmu TIDAK punya spell berefek area
- Kamu Malas nge-last hit

Kali ini sand storm yang diambil bareng burrow. Sand storm nge-block spell2 bertarget lawan, termasuk yang orb walker seperti viper yang nge-slow, tinggal ‘ilang’ aj dalam sand storm, dan dia akan menjauh. Jangan gunakanskill build ini kalau ada lawanmu punya spell area seperti raigor, lina,dll, spell area itu yang akan me-remove sand storm mu.

Sand storm level 4 mana cost nya sangat murah dengan cooldown yang cukup singkat, jadi klo malas main lane, creeping di hutan aj, creeping di hutan dengan sand storm sangat praktis, 80 damage per detik loh... cepat kaya, coba degh!!

Sebenarnya sand king termasuk pusher terbaik juga, klo dia naikin caustic finale nya di early, karena damage areanya sangat mudah membersihkan creep2 musuh. Tapi di early game itu malah merugikan, karena kalau kamu terlalu nge-push, ganker musuh mudah nge-bokong kamu.





Item Build dan Gameplay






EARLY ITEM

ITEM AWAL :
Klo main lane, belilah 3 gauntlet 1 branch dan 1 tango, atau 1 RoR dan 4 branch (klo ga mau bikin bracer), atau langsung jadiin basilus dan 1 tango. Kalau ga mau jadiin bracer, jangan jual gauntletnya kecuali kalau slot mu sudah penuh.

Klo mau langsung nge-bokong sebaiknya beli magic stick, observe ward, clarity, tango, dan branch. Kecuali kalau kamu battlenya ga serius ,langsung beli bottle aj.
 

ITEM CORE :

MAGIC WAND


Sama, ‘bekal’ nya ganker juga. Ngisi HP dan Mana instant, sering nge-bokong artinya charge nya akan selalu terisi..Sekalian menambah stats mu ( kapasitas HP dan Mana mu )
 


BOOTS OF SPEED

 

Yang ini wajib buat semua hero..



EARLY STRATEGY
Drafting..

Jangan Pick Crixalis:
1. Kalau lawan kalian ada yang pick hero yang corenya Radiance; Daggermu tidak akan berguna.
2. Tim kalian kekurangan Tanker.
3. Anda penakut, malas ngebokong.
4. Salah satu dari tim lawan adalah Pugna.

Pick Crixalis:
1. Lawan kalian banyak yang pick summoners/cloners. Ilusi mereka cepat hilang.
2. Tim kalian butuh seorang initiator pemberani.
3. Tim kalian kekurangan Ganker.
4. Carry kalian butuh buff untuk mengejar targetnya.
 

Role:
Carry/Semi-Carry = Rush Daggermu...
Ganker/Disabler = Direkomendasikan.
Nuker/Pusher = Kurang cocok.
Support/Warder = Boleh...
Initiator = Diwajibkan!!
Tanker/Semi-Tanker = Tidak!!!
 


Lane

DI awal, kamu bisa menjadi ganker atau menjadi support. Kalau mau nge-bokong di level 1 sebaiknya ada rylai di tim mu, dan kamu harusnya melakukan roaming non-stop, jadi sebaiknya juga bawa clarity dan tango banyak2, sebaiknya sabar dulu, tunggu waktu yang tepat untuk nge-bokong, saat musuh2 sudah menekan ke arah tower kalian, ‘creep blocking’ dari temanmu yang main lane akan sangat membantu.





Untuk sand king yang main lane (menajdi support), se-lane dengan carry ( klo ga ada babysitter yang lebih kompeten), atau siapa saja.Kusarankan ( artinya cuman disarankan ^^ )main di lane bawah (sentinel ) atau di lane atas ( scourge).

Sebenarnya kamu termasuk carry di awal battle, kamu harus membeli dagger secepatnya, karena itu klo km se-lane dengan carry, biarkan dia yang nge-last hit, kamu creeping di hutan aj nanti. Tapi klo km tidak se-lane dengan carry, usahakan selalu dapat last hit.

Sebaiknya selalu Analisa dulu musuhmu di lane..
 


1 melee :

Ikuti standard build. Skenrionya mudah, yang perlu kamu lakukan hanya mendapat last hit lebih banyak dari ‘dia’. Kuasai area creep, last hit creep sekalian nyicil HP nya dengan caustic. Sebenarnya klo dia bukan stunner, dia tidak akan berani mendekati area creep.

Tetap cicil dia, deny juga sebanyak mungkin ( tp deny TIDAK memicu caustic finale), biarkan dia nge-push ke arah tower mu, dan kalau HP nya sudah dibawah setengah, langsung majuin pukul2 dulu, kalau dia mulai kabur langsung stun dengan burrow strike, lalu pukul2 lg, kejar, dan bunuh.
 


2 Melee :

Hampir sama dengan 1 melee, beruntung caustic final berefek area, artinya kamu bisa nyicil mereka sekaligus. Tetap kuasai area creep, kali ini gunakan sand storm disana,


Spoiler Screenshot


itu akan mengusir musuh2 dari area creep, last hit creep yang sudah bisa di last hit. Skenario killing nya juga sama dengan 1 melee, tapi kali ini dengan bantuan partner lane mu.
 


1 Range :

Karena dia solo, sebaiknya ikuti standard build aj. Bad news nya, kamu bakal dicicil dengan mudah oleh dia, karena nyerang range. Selain itu juga dia akan selalu di luar AoE caustic finale ( kecuali kalau range nya pendek seperti morph, lanaya,dll), solusinya? Ambil burrow dengan caustic finale sebagai skill awal mu. Biasanya musuh range selalu berada di dekat creep range nya, jadi..


Spoiler Screenshot

Pertama majuin langsung dengan burrow



burrow strike membuat HP creep range menjadi merah



Last hit creep range nya, untuk memicu caustic finale,




Lihat HP furion setelah caustic finale menyerangnya, kejar dan bunuh...



1 melee dan 1 range :

Yang ini tergantung kamu, ikuti standard build, kalau kamu jago / suka nge-last hit, atau ikuti alternatif build klo malas nge-last hit. Sebaiknya kamu lebih memperhitungkan siapa saja lawanmu di sana (lihat di bagian penjelasan skill build up)
 


2 Range :

Sama dengan 1 range, bedanya yang ini kamu harus lebih berhati2, melakukan trik di atas dengan 2 range itu sangat berbahaya, kecuali teman se-lane mu hero yang agresif juga. Klo lawanmu ada yang orb walker, kusarankan main pasif aj, ikuti alternatif build.



DI lane, kumpul gold sebanyak mungkin, beli item regen mana secepatnya, yang menjadi bekal mu saat nge-bokong, apalagi kalau kamu juga sudah punya ulti, lengkap sudah perbekalan ganking mu. Mualilah roaming, dan target utama mu adalah CARRY lawan.

Dengan arcane boots, kamu akan semakin aktif ganking, saatnya kamu mulai menunjukkan keberanianmu, kamu punya potensi besar untuk membunuh di early game, strategy killing mu sangat simple..

Pertama stun target dengan burrow strike, jadi jangan di majuin karena bisa saja kamu terkena stun/disable target. SS di bawah adalah contoh aj..

Spoiler Screenshot



aktifkan epicenter, selama channeling ( 2 detik )




Kejar dia, sebenarnya phase boots sangat berguna juga




okay, rhasta siap di last hit..





 
BURROW STRIKE:
Spoiler Screenshot


- Skill ini merupakan kombinasi dari blink dan stun, jadi bisa digunakan untuk blink, stun, blink + stun, kabur, motong jalan, dan mengejar.

- Kalau kamu nge-klik target yang punya linken sphere, cooldown linken nya akan terpicu (berputar), tapi efek burrowed tetap bekerja. Tapi kalau kamu hanya nge-klik tanah dan target kena, cooldown linken sphere nya Tidak akan terpicu

- Target yang terkena burrow akan terlempar ke udara selama 0.52 detik. Itu tidak termasuk durasi stun, jadi kalau di tambah dengan durasi stunnya, maka lama total waktu ‘disable’ target adalah 2.17 detik. Artinya kamu punya cukup waktu untuk channeling epicenter..

- Skill ini bisa digunakan untuk nge-block skill bertarget yang kecepatan ‘misiile’ nya standar seperti magic missile, storm bolt, hell fire blast, panahnya PoTM,dll, yaitu dengan blink menjauh sebelum skill itu mengenaimu.

- Seperti skill blink lainnya, burrowstrike bisa digunakan untuk memotong jalan, dengan menembus bukit, lembah,dll

Spoiler Screenshot


Jadi kalau kamu di bokong, segera blink ke dalam ‘pepohonan’ atau di FoW, dan langsung tele kembali ke base.


- Tips saat mengejar dengan burrow, kli tanah di depan ( arah kabur ) target, jangan tepat di posisi target atau malah di belakang target. Dengan begitu setelah terkena stun, kamu menghalangi jalan pulangnya, memberimu lebih banyak kesempatan menyerang.
 


SAND STORM :
Spoiler Screenshot



Lingkaran kuning adalah area terkecil dari skill ini ( level 1 – 300 AoE), dan yang hijau adalah area terluas ( level 4 – 550 AoE )


- Skill ini channeling, bergerak dari posisimu akan me-remove skill ini

- Kalau menggunakan skill ini saat sedang magic immunity, kamu tidak akan mendapat ‘invisibility’ nya

- Invis mu bisa diremove oleh purge atau stone gaze

- Bisa digunakan untuk nge-block skill2 bertarget sama seperti burrow strike, misalnya storm bolt..kecepatan missile storm bolt standar ( bisa terlihat) dan sand storm termasuk skill yang penggunaannya instant ( instant cast / tidak ada jeda animasi )


Spoiler Screenshot




- Tapi skill ini bisa diremove oleh stun/ disable area, artinya kalau musuh menggunakan disable/ stun area nya di area sand storm, kamu akan langsung muncul. Karena itu, kalau kamu melihat ada musuh yang punya stun/disable area mendekat, segera hentikan channelingmu dan kabur. Seperti SS di bawah..

Spoiler Screenshot





Lina yang punya stun area ( LSA ) mendekat saat sand king sedang menggunakan sand storm nya,




Sudah pasti LSA bisa me-remove channeling sand storm, jadi sand king langsung kabur. Kabur dengan arah lurus kalau musuh masih jauh, tapi kalau musuh sudah sangat dekat, kabur dengan belok ke kiri atau ke kanan.


- Skill ini memberikanmu vision yang sangat luas..

Spoiler Screenshot


Lihat perbedaannya, vision nya ini memberikanmu kemampuan ‘mata burung’ (penglihatan dari atas )




Sangat berguna kalau kamu di bokong ganker lawan (mengecek mereka sudah pergi atau belum ), atau untuk nge-bokong hero utan musuh.


Target mu di early game adalah membeli item2 ganking mu secepatnya. Bokong / bunuh carry lawan, dapatkan lagi gold sebanyak2 nya untuk membeli dagger.





MID ITEM

Arcane Boots


Tool ganker paling efisien di early-mid game. Harga yang terjangkau untuk mengaktifkan skill-skill tim ganker kalian.

KELEN’s DAGGER


Yeah, killing dan channeling jadi lebih mudah, trik nya dijelasin di strategy. Salah satu alasan lagi kenapa beli magic wand dan arcane, supaya kamu ga perlu lagi beli item regen lain dan langsung membeli dagger aja.





MID STRATEGY

Mid game saatnya beli dagger. Jadi kalau kamu sudah mendapatkan dagger, saatnya kamu roaming non-stop. Tapi kalau belum, kembali creeping dulu, sebaiknya di hutan aj, kalau tidak mau mengganggu carry mu creeping. Atau sebaliknya kalau si carry creeping di hutan.

Yang perlu kamu ingat selama nge-bokong adalah, kamu tidak bisa membunuh sendirian, jadi usahakan setiap nge-bokong kamu ditemani, atau dibantu teman yang ada di lane itu. Buka bokongan dengan epicenter, blink ke area musuh, dan combo kan slow nya dengan skill2 temanmu ( disable/nuke), kalau kamu nge-bkong sendiri, sulit untuk membunuh target, tapi kalau kamu dibantu semua akan jauh lebih mudah.
 


EPICENTER :

Spoiler Screenshot



Lingkaran merah adalah area tekecil dari ‘pulse’ di level 1, dan yang terluar adalah area terluas pulse di level 3.


- AoE pulse semakin lama akan semakin luas, atau semakin banyak pulse yang kamu hasilkan, semakin luas areanya, karena akan bertambah 50 area setiap pulse nya. Jadi AoE pulse adalah 300/350/400/450/500/550/600/650/700/750/800, untuk 11 kali pulse ( dengan aghanim)

- pulse akan muncul setiap interval 0.35 detik, jadi untuk 10 kali pulse, durasinya adalah 3.5 detik.

- Skill ini memerlukan ‘channeling’ selama 2 detik sebelum efek pulse keluar, yaitu sand king ‘mengangkat’ ekor nya 2 kali (sekali tiap 1 detik), dan setelah 2 detik itu pulse pertama akan muncul..

- Kalau channeling mu berhasil, setelah itu pulse akan muncul dan TIDAK akan berhenti / hilang meski kamu terkena disable/stun, menghilang (terkena astral improsinment nya obsidian), bahkan meski kamu dibunuh sekalipun.

- Epicenter (pulse) nya akanmengikuti arah sand king, artinya meski kamu merubah posisi (blink), pulse akan keluar di posisimu dimanapun kamu, artinya bukan di posisi saat kamu melakukan channeling.

- Item bisa kamu gunakan selama channeling, tanpa me-remove channeling mu, seperti phase boots, necronomicon, shiva’s guard.
 


Combo; Epicenter + SHIFT + Dagger

Combo ini yang akan selalu kamu gunakan setiap membuka war. Combo ini berbeda denga burrowed – epicenter, kali ini kamu akan dibantu item yang disebut DAGGER, dan combo ini juga memerlukan penggunaan tombol SHIFT. Trik ini sudah sangat dikenal, sangat ampuh, karena dengan menggunakan trik ini epicenter mu akan mencapai 100% efisien. Artinya tidak ada pulse yang akan ‘terbuang’ percuma, atau pulse pertamamu juga akan mengenai target.


Skenarionya seperti ini:

1. Lakukan channeling (aktifkan epicenter)

2. (Saat channeling) – tekan dan tahan tombol SHIFT

Spoiler Screenshot


3. klik item dagger (atau tekan hotkeys dagger)

4. Klik kiri ‘tanah’ di samping target ( akan muncul bendera disana) – lalu lepas tombol SHIFT

Spoiler Screenshot




5. kamu akan blink ke target TEPAT setelah channeling selesai, artinya pulse pertama mu ( yang areanya paling kecil )akan mengenai target!!

Spoiler Screenshot


Nah selain itu, karena kamu belum menggunakan burrow, bisa kamu pakai buat ngejar klo target kabur..


Okay, karena kamu sudah punya ulti dan dagger, berarti kamu SIAP untuk membuka war, kali ini target kalian adalah pushing, hancurkan tower2 musuh, dan defense tower kalian yang di push. Kurasa sampe dagger aj, kamu sudah jadi, jadi ga usah terlalu serius creeping lagi. Tapi klo kamu dapat banyak gold dengan nge-kill, kusarankan beli shiva’s guard di late.





LATE ITEM

SHIVA’s GUARD


Item late paling favorit untuk sand king. Tentu karena item ini lah segala yang dibutuhkan oleh sand king late game (initiators), mulai dari armor, Kapasitas mana, -AS aura (1000 AoE), dan tentu saja slower area nya. Combo kan dengan epicenter setelah blink, menghasilkan tambahan 200 damage lagi, sekaligus nge-slow MS target supaya tidak keluar dari area ‘pulse’ mu.
 


ALTERNATIF ITEM

Soul ring

Untuk membantu menutupi kebutuhan mana di early dan mid.
 


EMPTY BOTTLE


Seperti biasa, item core ganker juga, beli kalau tidak berencana beli arcane boots, atau tidak ada teman yang ingin rune-whore (pengincar power up), atau kalau kamu ingin membeli sepatu dibawah...



PHASE BOOTS

 

dengan phase boots kamu bisa mengejar musuh saat epicenter, menembus creep2. Jadi aktifkan phase boots saat kamu melakukan channeling spell.


BOOTS OF TRAVEL

Meningkatkan mobilitas ganking mu dengan kemampuan teleport nya. Sayangnya item ini ‘kurang’ membantu saat kamu melakukan epicenter.


*Alternatif Build..Kalau kamu masih ‘baru’ dengan sand king, kusarankan item build mu seperti ini :

 


BRACER

Menambah kapasitas HP mu di awal. Melihat pertumbuhan STR mu sangat sedikit, jauh lebih baik beli 3.
 



EUL SCEPTEROF DIVINITY

Menutupi kebutuhan mana mu dengan 100% mana regennya. Selain itu item ini menambah lagi 20 MS mu. Dan item ini memberimu lagi satu trik (dijelaskan di strategy).


Build up ini cocok buat kamu yang belum terbisa pake dagger, tp kamu tetap punya ‘blink’ kok selama kamu punya burrowed. Item late mu sama yaitu shiva’s, dan kamu juga bisa menambah lagi item mu dengan item2 ‘other’. Atau beli aj dagger setelah shiva’s mu jadi, creeping mudah bagimu kok.
 


Luxury ITEM

AGHANIM’s SCEPTER


Menambah 1 pulse dan mengurangi 20 detik cooldown epicentermu. Menambah kapasitas HP dan Mana mu juga. Sebenarnya item other ini seharusnya menjadi item core, tergantung situasi di battle.
 


KHADGAR PIPE OF INSIGHT


Termasuk yang ini, situasional, kalau musuhmu banyak INT , dan ga ada temanmu yang mau beli ini.
 


LINKEN’s SPHERE


Tambah ini kalau musuhmu banyak yang punya spell bertarget, terutama kalau lawanmu ada zeus dan Doom, wajib beli setelah shiva’s, menambah juga stats mu
 


RADIANCE


Burn aura yaitu 35 DPS di area yang sama luasnya dengan area sand storm mu.
 


HEART OF TARASQUE


Situasional lagi, kalau musuhmu banyakan physical, atau ga ada temanmu yang tanker (zz wah parah !!)
 


BLACK KING BAR


Sebenarnya kamu sudah punya dagger, blink ke area target setelah channeling spell selesai, setelah itu meski kamu kena stun atau disable, efek pulse masih tetap bekerja. Tapi masalahnya kalau targetmu itu punya spell berbahaya untukmu seperti brain sap, doom, warlock,dll, mereka dengan mudah membunuhmu, karena itu magic immune termasuk berguna di saat seperti itu. Aktifkan setelah blink ( setelah channeling )
 


BLADE MAIL


Selain magic immune, item ini juga akan memebrikan kontribusi yang sangat baik buat tim mu, tapi kali ini sebagai tumbal :p. Maksudnya setelah kamu blink ke area musuh, sudah pasti musuh ( yang cerdas ^^) akan menyerang hero RAPUH seperti sand king sampai mati. Dan BLADE MAIL akan menyerang balik musuh2 itu. Jadi pilih mana? BKB atau blade mail. tergantung kamunya aj..
 


ASSAULT CUIRASS


Klo battle berlangsung sangat lama, item ini yang paling terakhir kusarankan, padahal armor dan -5 armor aura nya sangat baik, tapi kamu rugi dengan hyperstone nya, kamu ga butuh AS sih.
 


LOTHARS EDGE


Hati-hati aj, true sight akan mengacaukan rencanamu.
 



REJECTED ITEM!

ITEM DPS


Percuma damage dan AS nya, Buang-buang gold aj. Kecuali kalau kamu main by1, boleh kamu tambah setelah item core mu jadi semua.
 


BATTLEFURY


Regen sih oke, tapi kamu sudah punya caustic finale, itu jauh lebih baik daripada cleaving nya battle fury yang area nya hanya 225.
 


ITEM ORB


caustic finale adalah ‘orb effect’, dan itu skill pasif yang permanent. TIDAK stack dengan semua item orb





LATE STRATEGY

Kamu sudah jadi, dan juga sudah tahu skenario dan trik saat membuka war, saatnya menjalankan tugasmu di late game adalah.. tentu saja.. membuka war :p

Perhatikan posisi mu saat blink, sebaiknya blink ke ‘belakang’ musuh ( arah kaburnya). Dan sebaiknya jangan ‘buka’ dulu kalau teman2 mu belum siap / lengkap.

USAHAKAN buka war duluan, sebelum musuh yang buka duluan, dengan begitu kemungkinan besar tim mu akan lebih unggul, langsung combo kan dengan spell2 area teman mu juga untuk semakin memperbesar efek nya.

Untuk pushing, sebenarnya sudah tidak perlu dijelaskan lagi, burrowed, sand storm, apalagi caustic finale adalah skill yang sangat berguna saat pushing, membersihkan creep2. Kalau punya banyak gold, kumpul aj sampai kamu bisa membeli mystic staff, menambah lagi kapasitas mana mu, lalu beli item2 armor nya untuk dijadikan shiva’s guard.

Dengan shiva’s guard, tim kamu akan semakin terbantu saat war, combo nya masih sama, tapi kali ini gunakan shiva’s untuk nge-slow musuh yang berhasil kabur, jadi burrowd nya disimpan dulu, simpan untuk mengejar / nge-stun musuh yang sudah kabur jauh.
Eul + Epicenter :

Selain dengan shiva’s guard, sebenarnya item2 disable juga sinergi dengan epicenter mu, misalnya eul scepter dengan cyclone yang durasinya 2.5 detik, artinya waktu yang sangat cukup untuk melakukan channeling dengan aman.


Skenarionya seperti ini ..

Spoiler Screenshot
1. blink / stun ke target




2. Gunakan cyclone ke target, pada saat itu langsung lakukan channeling ( epicenter)



3. target akan ‘disable’ selama 2.5 detik, waktu yang cukup untuk channeling, dan tepat saat target mendarat dia akan terkena ‘pulse’, kejar dia.. (oh ya perhatikan creep range nya – belum terkena efek epicenter)



4. dengan 10 pulse selama 3.5 detik, target mati ( lihat sekarang creep range nya terkena efek epicenter, membuktikan bahwa area pulse semakin lama semakin luas )


Item – Skill SINERGI lainnya :


Pusher yang hebat, dilengkapi kemampuan teleport, yeah..




Menambah jumlah pulse, artinya memperluas AoE pulse. Juga mengurangi durasi cooldown ulti mu.


3.5 detik disable, sangat sinergi dengan semua skill2 mu. termasuk waktu untuk melakukan channeling spell.



AoE radiance dan sand storm level 4 sama yaitu 550.



Aktifkan wind walk saat sedang channeling, woah...


Okay, sebagai pembuka war, sebaiknya jangan sampai ketinggalan war, selalu bareng teman2 mu, klo mereka push, ikutan push, kalau mereka def, ikutan def. Spell2 area mu sangat di butuhkan di banyak situasi battle.






FRIENDS
DISABLER /STUNNER AREA


Memberimu keleluasaan meggunakan skill2 mu, menolongmu setelah membuka war.
 


LONG DISABLER – NO DAMAGE


Durasi disable2 mereka sangat lama, bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan ulti mu, atau sand storm aj di dekat target, 80 DPS di early-mid gameitu sakit bgt! apalagi kalau kamu juga punya radiance
 


LONG DISALER – HUGE DAMAGE


Sebenarnya sama dengan di atas, tp yang ini damage nya gede.
 


SLOWERS


Mereka slower yang akan sangat membantumu, apalgi slower mereka sangat berbahaya, bahkan ada yang skill ‘pasif’. Tentu sangat mematikan kalau di combo kan dengan sand king
 


PUGNA


Decrepify, disable sekaligus mengurangi spell resistance target, dan juga nge-slow sebanyak 50% MS. Sinergi banget kan? Gunakan epicenter, saat target sedang terkena decrepify, slow nya membuatmu ga usah capek2 ngejar, dan dengan mengurangi magic resistance sudah pasti target akan menerima damage jauh lebih banyak.
 


OMNIKNIGHT


Kali ini bukan sebagai babysittermu, tp support untuk tim mu. Terutama untuk kamu, memberimu repel sesaat setelah blink ke area musuh, dengan begitu kamu tidak butuh BKB lagi, dan slow nya jua sinergi dengan penggunaan ultimu
 


RHASTA


Dia adalah salah satu disabler terbaik di DotA, combo yang akan kalian hasilkan akan sangat mematikan, ularnya, apalagi durasi disablenya hampir 5 detik, waktu yang sangat cukup untuk menghasilkan 10 pulse untuk target.
 


RYLAI CRESTFALL


Hero ini punya disable, punya slower area yang kecil, dan slower area yang luas dengan damage paling mematikan,dan punya skill PASIF mana regen aura. Dia aset ganking terbaik, kalau ada dia sebaiknya kalian mulai nge-bokong di level 1, jangan biarkan mana mu berhenti regen (alias full/ tak terpakai). Dia perfect untuk jadi teman ganker mu.





COUNTERS

MAGIC IMMUNE


Kalau mereka targetmu, seringkali mereka bakal membuatmu sakit hati karena rugi mana, ulti, waktu, apalagi kalau mereka malah menyerang balik.
 


BLINKERS


Sangat sulit menguasai hero2 yang bisa blink seperti mereka. Mudah kabur dari area pulse mu.
 


SILENCERS


Kamu ga akan bisa menggunakan combo spell kalau ada nortrom disana, intinya mereka semua bakal merugikan.
 


AOE DISABLE/ STUN


Mereka bisa menyerangmu dalam sand storm. Mereka ga membutuhkan true sight untuk itu. Nuke Mereka sangat mematikan, apalagi disable dapat membuatmu rugi Epicenter karena channeling-nya digagalkan.
 


PUGNA


nether ward mengcounter combo ulti Dagger mu.
 


NA


Seperti yang lainnya. Mana burn nya sangat merugikan untuk hero2 yang sangat bergantung dengan Mana.






CLOSING
Modal utama mainin sand king sebenarnya adalah percaya dengan semua teman2 mu, percaya kalau mereka akan nge-cover kamu, mereka adalah TEMAN – TEMAN mu, mereka ada untuk menolongmu, dengan begitu kamu akan BERANI. Nah Kalau kamu percaya dengan teman2 mu, berarti kamu sudah bisa menyadari siapa sand king sebenarnya, dan kamu adalah pemakai sand king yang diharapkan (pro) : )



 

*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




66 komentar:

  1. mantap kk....
    semakin lama, dotaallstartoday ternyata semakin berkembang.... dan sekarasng udah ada item+skill sinerginya pula....

    keep posting kk

    BalasHapus
  2. haha.. tumben aj tuh dimasukin ^^

    BalasHapus
  3. kk kalo crixalis di beliin dagon gpp kk...?
    stlah diulti burowstrike dan yang satu na di dagon ( terdapat 2 hero musuh )

    BalasHapus
  4. Mending jangan atau beli nya belakangan aj..

    BalasHapus
  5. Knapa kk..?
    Mungkin karena kapasitas mana juga ya..?
    coba aja tuh scepter na ditaruh di mid aja...
    kn scepter juga nambah kapasitas mana..

    SALAM GAMERS DOTA....!!!!

    saya yang namanya Anonim

    BalasHapus
  6. build ini sebenarnya naikin potensi support sand king untuk battle 5 vs 5, sand king sebagai pembuka war.

    klo soal mana, wand dan bottle udah cukup buat crixal, item regen belinya di awal supaya bisa dapat dagger di mid game.. sebenarnya klo sudah beli dagger, km bs tambah dengan item apapun termasuk dagon (kecuali item2 rejected) tp kusarankan item yg bisa nge-support tim mu di late..

    BalasHapus
  7. kakz kan kalo lg delay epicenter bisa pake skill laen lg kan?
    ney skedar masukan kakz!!
    cz gw pasti selalu jd tumbal!
    huff..
    dagger,epi,langsung sand storm(ngumpet).
    nah yang penting epi dah jalan,jadi urusan finishing'a teman2 kita!!
    nah kan ngebantu jg pake sandstrom bwat ngurangi damage musuh2,nah klo da yang kabur ada burrow+dagger lg!!
    di jamin War menang kakz!!
    jadi LOTHAR mending jadi reject Item kakzz!
    G guna n AGHANIM,RADIANCE,SHIVA,DAGGER, jadi Core yang kudu harus Wajib..
    ini cuma masukan ya kakz!!
    thx
    Cyber_yin

    BalasHapus
  8. Woah, tadi malam, bagus amat battlenya. Tapi, aku tidak merekomendasikan Crixalis kalau lawan kakak kalau main adalah Magina. Dia bisa membunuh dengan Mana Void, lalu membakar mana, mudah kabur dari area pulse dengan Blink, dan lagi dia tidak begitu merasakan efek damage Epicenter. Jadi, tolong masukkan dia sebagai The Worst Enemy Ever Forever.

    BalasHapus
  9. kk ad guide buat Pugna nggak?

    BalasHapus
  10. wah pugna bntar lagi release.........
    thx.........
    hero paporit gua ne....

    BalasHapus
  11. Kalau aku sih Crixalis nih bukan type hero yg bisa di mainkan di battle2 serius...

    BalasHapus
  12. Ada yang kurang...

    Drafting...

    Jangan Pick Crixalis:
    1. Kalau lawan kalian ada yang pick hero yang corenya Radiance; Daggermu tidak akan berguna.
    2. Tim kalian kekurangan Tanker.
    3. Anda Nubie.
    4. Anda penakut, malas ngebokong.
    5. Salah satu dari tim lawan adalah Pugna.

    Pick Crixalis:
    1. Lawan kalian banyak yang pick summoners/cloners. Ilusi mereka cepat hilang.
    2. Tim kalian butuh seorang initiator pemberani.
    3. Tim kalian kekurangan Ganker.
    4. Carry kalian butuh buff untuk mengejar targetnya.

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Rush Daggermu...
    Ganker/Disabler = Direkomendasikan.
    Nuker/Pusher = Kurang cocok.
    Support/Warder = Boleh...
    Initiator = Diwajibkan!!
    Tanker/Semi-Tanker = Tidak!!!

    BalasHapus
  13. kk bikin guidenya ALCHEMIST dong

    BalasHapus
  14. Channeling itu maksudnya apa kak ??

    BalasHapus
  15. Apakah Pugna itu Hero Mematikan yah all...???

    BalasHapus
  16. kk naym
    tambahin dong CONS nya "pertumbuhan AGI nya lumayan"

    BalasHapus
  17. tambah Thrall – The Far Seer ke dlm WORST ENEMIES kk,gini critanya Burrowstrike+Epicenter cuma di Glimpse gak jd ngekill,padahal tinggal 1x hit

    BalasHapus
  18. Buat sand king butuh HP Regen ngga ? klau butuh item apa ?

    BalasHapus
  19. WAhhh...
    informasinya mantep tapi gambar2 yg gk ada
    dilengkapi dong kk

    BalasHapus
  20. foto2nya eror kk...

    BalasHapus
  21. SK kalo maen pake BF keren tu

    apa lagi SK bener2 hero ganker. . .hohoho
    pk ajah BF 3 + CF ukh. . .
    dewa dakh. . . .>.<

    BalasHapus
  22. photo bucket nya ganggu banget ne , padahal mau belajar crixalis....

    BalasHapus
  23. Cairne Bloodhoof (Tauren Chieftain) seharusnya menjadi best partner
    karena sama-sama initiator, seharusnya mereka memiliki kesehatian
    yaitu combo Spirit + Stomp miliknya
    bisa melakukan channeling Epicenter dengan tenang
    saat musuh bangun, mereka sudah sekarat dengan damaage dari 10 pulse + Earth Splitter (35% HP)

    BalasHapus
  24. kk,terrorblade ma abaddon masuk ke wrost enemy lho
    temen gw pernah maen make SK setiap war ultinya gagal terus,soalnya pas udah di pake terror nge-sunder trus kalo abaddon borrowed time-nya aktif,kagak da yang mati deh,jadi ulti-nya kaya yang di spam gitu deh
    aku punya replaynya lho,ya walaupun lawan AI
    hahaha...

    BalasHapus
  25. lebih baik make bkb jadi burrow klik bkb terus epicenter deh.. lho soul ring bukan item alternatif??

    BalasHapus
  26. kk, klo misal kita epicenter trus d toss sama tiny apakah saat terbang (d toss) juga menghasilkan pulse ato pulsenya terhenti?

    BalasHapus
  27. Ano.
    Ada banyak skill yang nembus BKB, lebih aman channeling sebelum dagger :)

    Vltimate.
    kalo channeling berhasil trus di toss efek akan keluar tapi pas Crixalis nyentuh tanah aj.

    BalasHapus
  28. Keren dah guidenya, klo ane lebih sering pkek alternatif build, biasanya jebak musuh di spot hutan yang "buntu", klo dah mentok burrow, jadi musuh ga bisa lewat pkek sandstorm dah wkwkwk...

    iseng tambahan, di 6.72, ad item veil of discord, magic amplification 25%, berarti itu ngeremove spell reduction ke hero... berarti 12x110 = maximum 1320! hehe... statsnya cocok untuk sandking, nambah armor, kapasitas mana, durasi mayan lama (15) jadi alternatif ga ada salahnya kan?

    oh iya, sedikit koreksi, aghanim nambah 2 pulses, bukan 1 pulse...

    BalasHapus
  29. ditunggu guide Rubik nya gan... :)

    BalasHapus
  30. sk sama kek raigor kk si sknya uda epi di luan jadi untuk apa lagi dipukul uda mati semua orangnya apa lagi bkb ro.

    BalasHapus
  31. kk sandking bagus pake vangu ga?

    BalasHapus
  32. kk naim ,,, ap ultinya crixalis gak berasa apabila d pakein eul scepter?? mksdx pas musuh terbang n d gunain eul?

    BalasHapus
  33. Photobucketnya bnerin dong kk naym =='

    BalasHapus
  34. dari groov

    kk kok radiance nambah evation sih? bukannya ga ada, kan cuma DPS area
    sama klo punya guinso, combonya harusnya guinso dipake stelah epicenter, biar tambah keslow, soalnya klo dipake sbelum stun mnurutku percuma, krn udah kena guinso kok tambah disable lagi, lgpula guinso durasinya lbh lama drpd burrowstrike...kecuali klo mau counter yg bawa linken kk, baru guinsonya dipake duluan

    BalasHapus
  35. @Groove,
    dulu nambah evation, pas 6.60 udah ga lagi,
    sori itu blum diubah.

    Yang guinsoo itu item synergi punya teman. jadi bukan sand king yang bawa. DIsitu maksudnya disable hex bikin musuh makin lama dalam area Epicenter.

    BalasHapus
  36. kk armornya sk sekarang 3 bukan 0,7 lg :p

    BalasHapus
  37. Bro Dimana bisa download replay pertandingan..??
    Mohon dibalas ke scorpion.ronald@gmail.com atau http://www.ronaldkalasuat.co.cc

    BalasHapus
  38. tata bahasa nya sangat menarik, jadi pengen terus baca. you have serious writing skills ..

    BalasHapus
  39. @unknown: yap udah dikoreksi, thanks.
    @berbagi ilmu: ada di menu Replay gan.
    @afdruk: terima kasih :)

    BalasHapus
  40. udah lama gw maen dota .. tpi skrng juga udh lama
    g maen dota ..
    yang pemakaian shift itu .. gw g prnh tw ..
    gunany utk apa ??
    Thanks :)

    BalasHapus
  41. dd
    kak klo pas chaneling epic (pulse uda kluar), terus di gelinding sama tusbol, pulsenya tetep ngikutin glindingnya ato kluar pas glindignnya selese ?

    BalasHapus
  42. kk...,
    yang pertama kali nemuin kombo sk n dagger i2 sp seh....,?????
    kok hbt bgt..,.

    BalasHapus
  43. wokwokw bener juga tuh klo yg make crixalis cuma khusus orang nekat doank....

    BalasHapus
  44. Gan, Burrow Strike Bisa Ngancurin Fountain Musuh Nggak ? Dibocorin Gitu Dari Bawah ?

    By DwipaIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti abis baca komik dota nih :D

      Hapus
    2. Lha siapa tau bisa gan, mayan khan kalo war :p

      Hapus
  45. kk..''

    bisa nga SK saat chaneling trus pke 'force staff' kalo hero musuh lari????????

    BalasHapus
  46. Buildnya yang pas buat SK apaan yak??
    Kalo yang diatas kebanyakan, jdi bingung saya.
    ^_^

    BalasHapus
  47. Kak Naym, saya agak kurang sependapat mengenai dagger. Buat apa beli dagger? Kalo saya lebih suka burrow ke gerombolan hero musuh ===>> dilanjut epicenter. Kan stun-nya 1,65 detik + 0,5 di udara. Sangat cukup untuk melakukan channeling epicenter yang hanya 2 detik.

    Kalo dagger===>>epicenter, entar pas kita dagger ke tengah musuh malah distun/didisable gara2 kelamaan channeling kan malah gagal total.

    Kalo untuk kabur, dagger kan butuh waktu 3 detik sejak terakhir terkena damage.

    Mohon pencerahannya. Cuma opini dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. channelingnya sebelum dagger om, -__-
      ada langkah2nya diatas pake tombol shift.

      Hapus
    2. Oh, sorry. Ane gak baca yang channelingnya sebelum dagger.

      Shift itu buat apa ya? Masih kurang paham sama kegunaan tombol shift.

      Hapus
  48. 1 lagi,klo by1 lawan tanker beli ghost scepter(musuh ga bisa nyerang otomatis kamu bisa ngaktifin epicenter..dan nambah damage yg dihasilkan epi)TQ

    BalasHapus
  49. maaf, tapi iya kalo jarimu 0.5 detik cukup cepat buat mencet epicenter, soalnya ane ada kejadian burrow strike, trus epicenter, nah sebelum keluar ane PAS BANGET distun sama si davion :/

    BalasHapus
  50. kk, kyny sekarang SK lbh bagus lg pake veil of discord, jd nge reduce armor magicny, epi sm skill lainny kan rata2 magic damage, jd lgs terkapar smua musuhnya

    BalasHapus
  51. menurut gw yang harusnya THE WORST ENEMY EVER tuh si SILENCER, LAST WORD nya nyebelin ==

    BalasHapus
  52. kalo sandking ngutan bagus ga? kan punya caustic finale.. jadi sand king nyerang ke creep hutan yang paling lemah di camp itu..

    BalasHapus
  53. kk tolong perbaharui guidenya SK dong..
    Eh kalo SK kasi tranquil boot gimana?
    Bgs gx?

    BalasHapus
  54. kk, shift buat apa ya? di jawab ya plisss, gk ngrti masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untk mlakukan command stelah cmmand prtama
      cnthny:lo klik knan ke arah dpan hero lu ,sblum hero itu nympe k klik knan lo,lo than SHIFT abis tu klik knan ke arah blkang hero lo
      alhasil ssdah nympe klik knan prtma hero lu lngsng k tmpt klik knan k2
      intiny:SHIFT dpke utk mlaksnkan command k2(dagger) stlah cmmand prtma (channeling epi)slesai
      sri klo krang jlas kk wkwkw

      Hapus
  55. kk naym kog klo pke combo shift+epi wktu channelingny slesai,ad kluar 1 pulse dlu bru dagger ?? kn jd rgi 1 pulse kk

    BalasHapus
  56. kalo SK pake Refresher Orb bagus gak??

    balas

    BalasHapus
  57. WORST ENEMY FOREVER itu harusnya sladar (-_-')

    uda min armor + kena stun + 3 kali gebuk 98% bakalan mati itu sk (-_-')

    sama sama lv 6, sk pake ulti ke sladar ga berasa sumpah (-_-')

    BalasHapus
  58. SERU nih gan! ngebantu banget bagi pemula kaya saya! hatur nuhun pisan! haha

    BalasHapus
  59. kk naym, kalo saya pake arcane boots soalnya ga perlu phasenya dari phase boot, saya langsung beli lothar ga perlu dagger, kalo saya kombonya = epicenter, burrow strike, lothar, kan MSnya nambah kalo invisible terus ga keliatan kalo mau di disable

    BalasHapus
  60. eh sladar juga punya sprint stun yg bisa hentiin chaneling epicenter, tamabh tuh yg diatas ya^^

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats