DotA Guide Indonesia

Barathrum – The Spirit Breaker



An outcast of the Spirithoof clan, Barathrum retreated in shame to the Ethereal Plane, feeding off wandering souls to sustain himself, and wandered aimlessly for centuries, alone and miserable. Found and recruited by the Lich King, Barathrum's uncanny speed and wraithlike powers have now been unleashed upon the Material Plane, his lantern able to project nether energy into enemies, sending them backwards with sudden force. With the ability to close the distance between himself and a target in seconds, Barathrum the Spiritbreaker is more than a match for anyone.





INTRO


Barathrum termasuk STR yang paling bengis. Bisa dengan kejam membuat targetnya jatuh terkapar dalam beberapa detik saja, tanpa ampun langsung membunuhnya. Dia punya skill untu DPS, tetapi juga berpotensi tanker.

Meski tipenya STR, dia kurang begitu cocok nge-tank, dia lebih cocok ganker - semicarry terutama di ‘mid game’. Potensi terbesarnya hanya akan terlihat di early-mid game. Dan setelah itu sedikit demi sedikit kemampuannya tidak akan sebanding dengan hard carry sampai game selesai. Tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk solusinya, selain ‘BUILD ITEM’ yang tepat.






Spoiler Statistik
Name: Barathrum
Affiliation: Neutral
Strength*: 29 + 2.4
Agility: 17 + 1.7
Intelligence: 14 + 1.8
Damage: 54 - 54
Armor: 5.4
HP: 701
Mana: 182
Movespeed: 290
Range: 100 (melee)
Attack Time: 1.45 (+17%)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800 / 800






SKILL

Charge of Darkness



Barathrum fixes his sight on an enemy and starts charging through all objects. Any unit that comes into contact during the charge triggers a greater bash proc,
including the target. Upon leaving the shadows, Barathrum shocks his opponent into an immobile state for some time. Enemy can only see buff indicator when you are near them. Charge is interrupted if disabled.
Level 1 - Charge at 600 ms then stuns, 1,2 sec stun
Level 2 - Charge at 650 ms then stuns, 1.6 sec stun
Level 3 - Charge at 700 ms then stuns, 2,0 sec stun
Level 4 - Charge at 750 ms then stuns, 2.4 sec stun.
Casting range: Global
Mana Cost: 100
Cooldown: 35


Memberikan vision(penglihatan ) dan true sight di area dekat target. Barathum juga bisa menembus pohon dan ‘siapapun’ musuh yang dilewatinya (300 AoE) akan terkena efek greater bash atau terdorong termasuk yang menjadi target. barathum juga mendapatkan flying vision sejauh 400 area dari targetnya. Tim barathrum dapat melihat animasi yang menjadi target charge diatas kepala target, musuh tidak bisa.

Skill ini memicu ‘linkens sphere’ ( cooldown berputar ) tapi efeknya tetap berlanjut.Efek greater bash tidak bisa diblok BKB, atau tetap terdorong, sama seperti skill greater bash sendiri yang tidak bisa diblok BKB.


Empowering Haste



His presence increases the movement speed of nearby allied units.
Level 1 - Increases movement speed by 6%
Level 2 - Increases movement speed by 10%
Level 3 - Increases movement speed by 14%
Level 4 - Increases movement speed by 18%


Barathrum adalah hero yang tepat apabila timmu membutuhkan MS yang tinggi.


Greater Bash

 
Gives a 17% chance to bash enemies across the ground, doing more initial damage and damage as they skid.

Level 1 - Deals 10% of ms as damage., lasts 1 seconds.
Level 2 - Deals 20% of ms as damage., lasts 1.2 seconds.
Level 3 - Deals 30% of ms as damage., lasts 1.4 seconds.
Level 4 - Deals 40% of ms as damage. lasts 1.6 seconds.
Damage type: magical
Cooldown: 1.5

Greater bashnya akan terpicu saat barathum mulai menyerang, bahkan kalau serangannya digagalkanpun bash tetap terpicu.
Knockback (disable) tetap bekerja ke musuh yang sedang mengaktifkan BKB Damage dikurangi spell resistance lawan. Pohon akan tumbang kalau musuh yang terkena menabrak pohon itu.
Jangan lupa skill ini tidak stack dengan cranium basher, jangan buang gold mu!


Nether STrike

 
Moves you next to your target doing extra damage. Performs a greater bash hit. Casting range improves per level.

Level 1 - Moves Barathrum next to the target, deals 150 damage.
Level 2 - Moves Barathrum next to the target, deals 250 damage.
Level 3 - Moves Barathrum next to the target, deals 350 damage.

Casting Range : 400/550/700 (550/700/850*)
Mana Cost: 125/150/175
Cooldown: 75 (20*)

(*) Dengan Aghanim's Scepter
Barathum akan ‘berpindah’ ke belakang target dan langsung menyerang target ke depan. Durasi ‘tele’ barathum sampai sebelum menyerang target adalah 1 detik (setelah target di-klik). Skill ini memicu linkens sphere ( cooldownnya ) tp efek nya tetap ada. Damagenya dikurangi spell resistance dan di-block oleh spell immunity.

Dengan membawa Aghanim, Cooldown akan jauh berkurang. Selain itu Efek Nether strike akan menjadi area seluas 250 AoE. jadi semua musuh yang ada pada 250 AoE di sekitar target akan terkena efek greater bash sesuai levelnya.






SKILL BUILD


1.Charge of Darkness 
2.Empowering Haste
3.Greater Bash
4.
Empowering Haste

5.Greater Bash
6.Nether Strike
7.Charge of Darkness
8.Charge of Darkness
9.Charge of Darkness
10.
Greater Bash
 11.Nether Strike
12.Greater Bash
13.
Empowering Haste
14.Empowering Haste
15.Stats 
16.Nether Strike
17.– 25. Stats


Charge Of Darkness : skill ini sangat berguna untuk ngejar / nge-bokong musuh, level 1 cukup membantu mempercepat mobile-mu kembali ke lane setelah dari fountain, jadi bisa hemat TP. Di early game level 1 saja sudah cukup karena kamu hanya menggunakannya untuk ‘kecepatan’ saja dulu, nanti di mid-late game, baru ambil sisanya karena akan kamu gunakan untuk nge-bokong dan membunuh.

Empowering Haste : skill ini terlalu mengerikan apabila dipadukan dengan grater bash, karena itu ini ambil berbarengan dengan greater bash, tetapi mentokin greater bash duluan karena bonus damagenya sangat tinggi. Skill ini salah satu alasan kenapa barathrum sangat ‘hebat’ dan mobile untu team-gank di mid game karena akan membantu teman-temanmu yang miskin MS seperti techis, atau rhasta.


Greater Bash : ‘ciri khas’ barathrum terlihat dari skill ini, yaitu disable *terdorong nya. Skill ini mulai terasa imba setelah kamu menaikkan Empowering Haste, apalagi kalau sudah mentok.

Nether Strike : namanya juga ulti, pasti skill yang paling berguna, jangan pernah melewati skill ini sekalipun, jangan pernah membuat lawan berhasil kabur, hentikan dia dengan skill ini.






Item Build dan Gameplay





EARLY ITEM
Item Awal
 
Beli saja Queling blade, item regen HP untuk ketahanan dan sisanya ironwood branch, dijamin kamu akan tahan lama dan cukup banyak gold yang bisa kamu hasilkan.

Item core

BRACER



Nambahin kapasitas. Beli 1 atau 2 tergantung kebutuhan.
 


POWER THREAD
 

Power Threads untuk mendapatkan tambahan AS dan MS, lebih cocok disebut sebagai ‘penambah’ segalanya (potensi) dan yang terpenting juga adalah damage untuk Greater Bash.





EARLY STRATEGY

Jangan pernah main solo mid, di mid akan selalu ada hero ‘mid’ yang berbahaya dan emang cocok dan dilengkapi skill main solo. Jadi kalau masih ragu, atau pertma kali pake hero ini, disarankan ke lane bawah (sentinel ) atau kalau scorge ke lane atas saja, karena di lane itu kamu akan dekat dengan tower. Kecuali kalau sudah ngerasa ‘bisa’ atau bahkan pro main barathrum, isi di lane satunya lagi karena dekat dengan secret shop.
 

GO! ke lane atas/bawah. Creeping sebaik mungkin yang kamu bisa.  Majuin lawan  dgn charge (stun) untuk nyicil sesekali, apalagi kalau teman se-lane mu stunner, usahakan dapat first blood.

Kalau mati, setelah hidup lagi untuk kembali ke lane tidak usah beli TP, tapi gunakan ‘charge’ saja untuk kembali ke lane secepatnya. Dan kalau sudah level 7, artinya empowering haste mu mentok, lakukan bokongan, gunakan ‘charge’ ke lawan di mid karena yang paling dekat, bokong dan bunuh dia. Di level 7 harusnya kamu sudah mulai full mobile. Kalau belum mau, creeping saja di lane tapi bunuh lawanmu di lane itu.

Selain setelah respawn, gunakan ‘charge’ juga kalau mau kembali ke lane dengan cepat setelah jajan. Kamu harus selalu ada di lane supaya tidak ketinggalan level, dan km punya skill untuk melakukannya, jadi harus dimanfaatkan. Charge ke creep yang ada di lane.


Meski km ambil greater bash  jangan pernah terlalu maju klo lawanmu spell caster ( nukers) usahakan cari jarak ter-aman dari mereka, dan saat ada kesempatan, baru maju nge-last hit creep. Kebanyakan player menjadikan barathrum tanker di early game, karena tipe STR-nya. Padahal kamu tidak cukup kuat nge-tank, jadi build yang sinergi tidak untuk menjadikanmu benar-benar tanker, tapi semicarry-ganker.


 

Aturan menggunakan charge:

-Jangan menggunakan spell lain, item2 seperti bottle, MoM, tele, dan jangan juga menggerakkan ( dgn nge-klik maju ) setelah menggunakan skill ini, karena efeknya akan langsung berhenti.


-Tapi kalau kamu merasa di pancing (terperangkap ), segera gagalkan efeknya sebelum kamu mencapai target. Dengan mengklik maju, memakai bottle,dll.


-Blink tidak menghentikan efek skill ini, jadi misalnya musuh kamu yang pintar menyadari menjadi target ‘charge’ mu dan langsung blink menjauh sebelum menyentuhnya, km tetap bisa menangkapnya dengan ‘nether strike’ tepat sebelum dia melakukan blink. Gunakan ini terutama untuk hero2 blinkers seperti magina,QoP,dll


-Sebenarnya barathrum lebih enak main di scourge, karena di belakang fountain scourge ada celah(ruang) di antara pepohonan...






Jadi saat kamu mengaktifkan charge...



Mana mu akan kembali terisi full karena melewati area regen fountain lebih lama. Selain itu juga akan tersisa sedikit cooldown atau bahkan sudah selesai setelah mencapai target, jadi kamu bisa menggunakan charge lagi untuknya ( kalau belum mati ) atau ke hero lain kalau targetmu itu mati. *Di seninel tidak ada celah kayak gini.

Jangan lupa selalu ngambil power up ( PU ), ada 2 PU yang sangat berguna untuk membunuh, yang pertama adalah ‘double damage’, dan yang paling berguna adalah HASTE, satu-satunya hero yang mendapat damage dari haste adalah baratrum. haste membuat barathrummu memiliki maksimum MS yaitu 522, dan pada MS sebesar itu, kamu mendapat sangat banyak bonus damage dari greater bash atau sama saja dapat relic gratis, dan itu ‘IMBA’ untuk early game. bisa saja kamu doble atau triple kill hanya modal ngambil HASTE doang.





 
MID ITEM

MASK OF MADNESS


Ini adalah item utama barathrum, klo di aktifkan km mendapat 17% lifesteal, dan tambahan 75% attack speed ( berserk ) dan 15 % MS ( yang artinya nambahin damage juga ) selama 12 detik. Tapi km akan menerima 20% damage lebih banyak, jadi sebelum punya HoT, pintar2 km aj milih target, klo Cuma 1, km ga perlu khawatir soal tambahan damage yang km terima, karena dia mungkin akan kabur, lagipula klo pun dia nyerang km tetap punya ‘lifesteal’.
 


Sange and Yasha


Kamu mengambil keuntungan penuh dari item ini. Bonus MS untuk damage, stats STR juga, dan Agility untuk AS mempercepat greater bash. Jangan melewati ini.




MID STRATEGY

Sekarang kesempatanmu bersenang-senang untuk kamu menjatuhkan mental tim lawan, namamu spirit breaker, jadi tunjukkan! 


Potensi terbesarmu ada di mid game, dan karena emang kamu hero mid game. Lalu apa yang harus kamu lakukan dengan semua skillmu yang udah mentok itu ? kamu punya tanggung jawab besar buat tim mu, yaitu membunuh semua hero ‘carry’, DPS-er (hero2 late game), yang bisa menjadi sangaaat berbahaya di late game yang tidak akan bisa kamu atasi lagi kalau mereka ‘jadi’. Benar sekali, kamu Ganker!

Lihat di mini map, kalau ada 1 musuh yang lagi creeping sendiri di lane, pastikan dulu minimal ada 2 musuh lainnya muncul di mini map, supaya kamu aman dari perangkap. Lalu gunakan charge ke hero itu, dan kalau sudah sampe di lane itu dan nge-stun dia, aktifkan MoM ( klo udah punya ) dan pukul2 sampai mati. Dengan attack speed yang ‘dewa’ dan damage yang juga gilaa ( tambahan MS dari charge juga menambah damage mu ) ga akan sulit menguasainya, bayangkan aj km seorang polisi yang membekuk penjahat. Klo dia mencoba kabur, selesaikan dengan ‘nether strike’.

Klo mau nge-bokong bareng tmen, gunakan charge sebagai pembuka, atau nether strike juga bisa. Sebenanrnya km bisa nge-bokong sendirian kok. Nether strike bisa menggalkan sebagian besar spell lawan yang ‘animasi’ nya cukup lama, misalnya panda yang mau nge-split (jadi 3), bis akm gagalkan dengan menggunakan nether strike sebelum dia membelah dirinya,dll.

Bokong terus lawanmu, jangan pernah diam di lane, apalagi creeping, selalu ambil PU (terutama haste ), mid game kesempatanmu untuk membunuh sepuasmu, jangan biarkan item2 lawanmu berkembang. Klo km membuang2 waktumu di mid game dgn ga nge-bokong, di late game km akan betul2 ga berguna. Seharusnya km udah ditakuti oleh semua tim lawan, bunuh mereka satu persatu jangan biarkan mereka hidup, peranmu di battle akan terlihat di mid game.

Kalau km jarang membunuh di mid game, sebaiknya menyesalnya sekarang aj bung, jangan pernah berharap membunuh lebih sering di late game klo itemmu udah jadi, salah bung, km bukan hero late. Akibatnya, di late game km akan betul2 terpuruk, bahkan se’jadi’ apapun km, km tetap payah di late game.






LATE ITEM

ASSAULT CUIRASS


Tambahan attack speed lagi, selain itu armor targetmu akan dikurangi dari aura item ini, semakin mudah membunuh target. Sangat baik dipadukan dengan MoM untuk mendapatkan potensi damage yang tertinggi. Dan armor dari item ini juga mengurangi damage yang km terima saat MoM aktif.
 


HEART OF TARASQUE


Klo udah megang ini, km ga usah khawatir lagi soal HP mu. Km udah punya lifesteal, atack speed yang sangat baik untuk mendapatkan lifesteal, dan item ini memberimu lagi 1% HP regen, km udah jadi tanker sekarang.
 


ALTERNATIVE

PHASE BOOTS


Tambahan MS dari item ini lebih baik dari PT, tp karena udah ga nambahin attack speed lg jadi alternatif aj..
 


Black King Bar


Sebenarnya klo mau mendapatkan magic immunity, pake ‘charge of darkness’ udah cukup untuk mencapai target. Tp klo mau selamat dari target yang ‘stunner’/ disabler, km punya tambahan 5 detik keleluasaan lg untuk membunuhnya



ARMLET OF MORDIGGIAN


Alternatif dari MoM, item ini memberimu tambahan HP,STR, dan damage yang banyak, sangat cocok pula untuk km jadikan item mid game, jadi terserah kamu. Tp aku lebih menyarankan MoM, karena item build up ku menutupi kekurangan MoM. Tp karena item ini bukan orb effect, klo mau, beli item orb effect lainnya seperti stygian, dan satanic juga bagus bgt tuh.
 


LUXURY

Blade Mail


Sangat membantu apalagi Mask of Madness menjadi coremu.



 Ancient Janggo of Endurance


Kalau tidak mau membeli ini seseorang harus membelinya. Item ini sangat sinergi denganmu, Bonus MS menambah damage, dan bonus AS mempercepat Bash.
 


Aghanim's Scepter


Casting range Nether Strike bertambah, Greater bash menjadi area, dan yang terpenting Cooldown Ulti berkurang sampai hanya 20 Detik!
 


BURIZA DO KYANON


Klo semua item utama mu udah kamu pegang, ini item tambahan yang paling aku saranin.
 


MONKEY KING BAR


Klo ngerasa masih butuh attack speed, karena emang barathrum juga adalah hero DPS.
 


RADIANCE


Boleh juga nih, tambahan damage dan DPS area. Tapi kedua item tambahan di atas masih jauh lebih baik dari radiance.



 BATTLE FURY


Cleaving attack, bagus banget!!
 


EMPTY BOTTLE


Ini item tambahan untuk early game mu, klo km hobi nge-bokong, di awal game pun km udah bisa melakukannya dengan bantuan item ini.
 


DIVINE RAPIER


Bukannya ga aku saranin, tp km perlu mikir dulu untuk beli ini, klo km emang udah ngerasa ‘abadi’ item ini ga akan membuat mu rugi. ( Item ini jatuh klo km mati )
 


AEGIS OF IMMORTAL


Bunuh roshan.





LATE STRATEGY

Seiring berlalunya waktu skil2 mu yang udah mentok itu akan berkurang ‘sakit’ nya, bash ga akan lagi sesakit waktu di mid game, bahkan geli aj. EH ga akan terlihat sehebat dulu lagi, km ga akan keliatan mendominasi ‘kecepatan’ berlari lg. Termasuk nether strike, di late game ga akan bs membunuh lagi apalagi nge-last hit. Musuh yang HP dan armornya akan semakin berkembang membuatmu ‘terlupakan’ sebagai killer seperti waktu di mid game, karena di late game, peran killer bukan lagi dipegang oleh kamu, tapi hero DPS ( Agility ) yang benar2 DPS-er di tim mu.

Karena udah ga jadi killer lagi, dan seperti yang udah berkali2 aku bilang, kamu ga cocok jadi tanker meski km punya itemnya (HoT), tp km ga punya skill untuk nge-tank. Bukan berarti km akan ‘pensiun’ atau dilupakan, km tetap punya peran kok late game,dan salah satu alasan lagi kenapa kamu harus berterima kasih ke icefrog memberimu skill CHARGE, karena skill itu emang paling berguna di late game. Gunakan charge untuk mengejar/membunuh hero lawan yang berhasil kabur dengan HP ‘apes’(merah) setelah war, atau hero yang lagi sendirian, dan hero yang mencoba kabur sebelum war.

Kamu bukan hero ‘war’ sebenarnya, km ga cocok ikutan war ( team battle ) di late game, skill2 mu akan merugikanmu di area war, bisa sj kamu terperangkap di tengah2 creep dan tanker lawan karena menggunakan charge atau nether strike, dan hero2 DPS (killer) akan dengan mudah membunuhmu di area ‘berbahaya’ itu, mengaktifkan MoM malah semakin merugikanmu. Semua itu karena kamu hero mele yang ga dilengkapi skill yang berefek area untuk nge-tank. Selalu ingat, sasaranmu adalah hero2 yang lagi sendirian. Kamu hero 1 vs 1 kan.






ALLIES
Semua hero bisa menjadi teman baikmu, asal mereka (pemainnya) tidak merugikanmu ^^Tapi ada juga beberapa yang bisa dibilang spesial, yaitu..

Increase Movespeed!



Bonus MS Mereka akan menambah Attack Damagemu.


 
Tracker


Mereka sangat menolongmu menentukan target Charge of Darkness yang tidak terlihat.



N'aix


Beri dia tumpangan global dengan charge of darkness, dia membayarmu dengan bonus lifesteal dan slow.. atau bahkan kill!






ENEMIES
Kamu punya banyak musuh berbahaya, tapi berbeda antara early-mid- dan late game.


EARLY :


Mereka nukers, raja nya early game, zeus dgn combo petirnya bs membunuhmu dgn 800++ damage, furion akan mengurungmu dgn pohonnya, membuatmu berada di titik terparah untuk hero melee di early game, traxex dgn damage gede dan slower, dan enchantrees ga akan bs kamu bunuh dan dgn impetusnya.


MID :


Meski km paling berbahaya klo di mid game, keempat hero ini bukannya berbahaya untukmu, tp akan menyulitkanmu dengan combo skill/stun mereka.


LATE :

Simple aj, klo di mid game hasilmu ‘buruk’ = SEMUA HERO yang jadi lawanmu saat itu adalah yang terburuk.



CLOSING

Ganker dengan mobilitas sangat tinggi, bisa menjadi tracker atau penentu target bokongan dari jauh, dan menggerebek penjahat yang berhasil meloloskan diri, wakak
*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




114 komentar:

  1. napa gk bli phase boot aj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau phase boots hanya menambah movement speed bara yg sudah jelas jelas cepat. jadi lebih baik tambahkan buat str bara aja. untuk ngejar, bara uda ada ulti dan charge. jd mendingan pt. hehehe

      Hapus
  2. kk klo pake MKB kan ada mini stun nya bash skil 3 na ilang g??? ato masih aktif??

    BalasHapus
  3. Bash dan ministun beda.. Item bash yg ga stack tuh Cranium..

    BalasHapus
  4. kk Naym skrg skill chargenya barathrum udah ga enak lagi ya channelingnya lama banget.... pake lari di tempat segala skrg ga kaya dolo lagi dehh....! ...?

    BalasHapus
  5. proses 'balancing' memang kayak gitu, ada yang dikasi yang enak-enak dulu,ada juga yang jelek2 dulu, :)

    BalasHapus
  6. Kalo sange yasha gemana??

    BalasHapus
  7. kk naym, knapa setiap aku pke skill Charge of Darkness, unit hero yg aku klik charge. selalu kill him/herself??

    BalasHapus
  8. sumpah gw ga pernah suka klo pake mom.. 20 % damage klo di pukul musuh ckup sakit... gw lebih suka bara pake vanguard.. klo mau aspd awal boleh pake S&Y.. kenapa pake vanguard klo di charge ama bara pasti klo musuh teliti akan mundur ke tower.. dan saat aktifin mom damage tower akan sakit sakit banget...okay bara berhasil ngecharge dan ngekill tuh target yang di charge nya .. tapi apa dia bisa pulang dengan selamat klo pake mom??pasti musuh sudah tele ke area terdekat untuk membalas dendam =)

    BalasHapus
  9. hero streng favorit,,
    trus baru naix
    davion

    BalasHapus
  10. saya punya item bagus, lho:

    1. The Butterfly
    2. Assault Cuirass
    3. HoT
    4. Mask of Madness
    5. Eul Scepter of Divinity
    6. Boots of Travel

    Apakah itu bagus juga?

    BalasHapus
  11. sang yash ga akan pngaruh bnyak
    mending d pake in madness
    yasha emang mantab d pasang di bara tp sange orb efect
    dr pada sange yg cm maim mending madness

    BalasHapus
  12. kk tambahin sny boleh ga biar makin gila baranya

    BalasHapus
  13. kk,coba pake mjolnir deh...
    mnurutku, kan keren, AS na nambah, trus kluar petir"nya
    haha

    BalasHapus
  14. bara klo pas lg nge cas kita, kita bisa tau gk ?

    BalasHapus
  15. kk naym mo tanya klo bara pake skill satunya diversi map 6.67 setelah di klik truz hero musuh instan kill tapi abis itu mreka kok jadi invulnereable?????

    BalasHapus
  16. saya pemain dota yang wakili afrika
    saya pake cranium 3 untuk bara....
    jadi hero sangar dari awal smpe akhir

    BalasHapus
  17. Sangat Membantu Gan ! Dan sangat Berguna untuk kami yg msh 'Kroco' ini ! wekakakka

    BalasHapus
  18. kaka, siapa sih musuh yang paling berbahaya untuk barathrum

    BalasHapus
  19. Ada yang kurang dari hero ini:

    Kelebihan:
    1. Base HP yang cukup banyak.
    2. Semakin cepat MS-nya, semakin sakit damagenya.
    3. Nether Strike; mencegah lawan kabur sekaligus salah satu counternya Primal Split-nya Panda (Selain Nether Swap-nya Venge)
    4. Bash yang bisa mendorong lawannya.
    5. Skill Chasing yang tangguh dan beserta stun.

    Kelemahan:
    1. Pertumbuhan STR-nya cukup parah untuk hero STR.
    2. Lemah di Late Game.
    3. Karena Nether Strike dan Charge of Darkness membawanya ke tengah-tengah lawan, jadi dia lebih cocok untuk main 1 vs 1.
    4. Melee, jadi mudah didisable lawan.
    5. Badannya besar, mudah di 'klik' lawan.

    BalasHapus
  20. Hati2 saat menggunakan Nether Strike saat musuh mo tele ke markas.., ane pernah tuh kayak gitu tau2 munculnya di fountain musuh dan DIE...:(

    BalasHapus
  21. kaka, mau ngasi saran, sekarang kan udah ada item baru, janggo, harusnya item itu udah jadi core buat bara, soalnya bagus banget, atw paling ngga bwt alternativenya MOM

    BalasHapus
  22. ASSAULT CUIRASS + 2 hyperstone + MoM?
    hehehehe

    BalasHapus
  23. Item Blade Mail. Waktu Charge menerobos tower, musuh pasti akan melawan. Kalau udah Blade mail, selain dapat damage, musuh pun gada pilihan kecuali lari. Temannya juga ga bakal bisa membantu.

    BalasHapus
  24. pertama beli bracer 2, sepatu merah, dan tanggo..selanjutnya beli yansah...trus..
    sepatunya pakai PT...PB juga boleh...
    trus di update itemnya jadi item buat tambahin atack speed...boleh di coba, kayak sangeyasha dan butterfly....tambah assault cuirass...kalau uang lebih tambah aghaim buat ulti nya cepat reload..kalau bisa pas pertengahan game sebelum butterfly..
    efect dari semua item di atas adalah atack speed yang dewa banget, movement speednya jadi lumayan kalau pakai sepatu PT, jadi 440..nambah eva juga, jadi pukulan musuh miss terus..=p

    pakai item agi gpp???gmn dengan damagenya, ??tenang....hero ini damagenya udah emank bagus banget, tanpa item aja di awal game damagenya udah tegolong sangat kuat....dan kalau ikut build yg saya bilang, bonus damagenya jadi +160an....gak salahkan itemnya....silakan di coba...^^

    BalasHapus
  25. Numpang nanya nih
    kalau barathrum vs abaddon
    siapa yang menang ?

    BalasHapus
  26. ternyata Cranium Basher stack sama Greater Bash punya Barathrum
    jadi kalo dipakein Cranium Basher perhitungannya gimana tuh ????
    kan lumayan, bisa keluar bash sendiri, bisa juga keluar dari item

    BalasHapus
  27. tambahkan Aghanim's Scepter di luxury items
    sekarang Aghanim juga improve casting range Nether Strike, dan yang lebih enak lagi
    Greater Bash bukan lagi terkena pada target yang diklik, tetapi Greater Bash juga terjadi di 250 AoE sekeliling target Nether Strike
    oh iya, itu gambar Nether Strikenya udah berubah

    BalasHapus
  28. ada saran tambahan item,

    Ancient Janggo of Endurance, lumayan bisa nambah AS sama MS

    BalasHapus
  29. kk napa barathum nyerangx pake lampu di tangan kananya bukan kapak

    BalasHapus
  30. kk bukanya barathrum tu habis jadi MoM langsung blademail aja, biar musuh yg nyerangx barathrum yg lagi ngamuk(MoM mode:on)kena damage yg besar karna efek MoM digabung Blademail itu?????

    mohon pencerahannya.......xD

    BalasHapus
  31. Anonim1, thx, itu item additional yg dibawa hero support :)

    Anonm2, aneh dia,hahaha XD

    Kambing hitam, barathum diharapakan menghasilkan DpS yang tinggi dengan membeli item2 DpS yang menambah AS, dmaage atau mengurangi armor musuh, dengan main pukul Lifesteal yg dihasilkan banyak jadi ga usah takut di kill :)

    BalasHapus
  32. kk item bara yg pertama kali buat starting item apa y? kasih tw donk

    BalasHapus
  33. kk kalo BKB knp gak jd item bara?
    padahal kalo war pake BKB sgt guna. palagi klo lawannya para stunner.

    n utk lawan bara pake ghost scepter+BKB, bara cm bs mlongo..

    BalasHapus
  34. Anonim.
    item awal sudah kutambahkan :)

    Anonim,
    pakailah, itu luxury kalau musuh banyak stunner/nuker.

    BalasHapus
  35. kalau mask of madness sama stygan desolator itu stack gak kk?.

    BalasHapus
  36. hero str terbaik dan paling sempurnya.....

    dpt tambahan DPS
    punya skill bash
    MS diatas Rata2

    tapi kurang bagus klo uda late game knp ya???

    BalasHapus
  37. kk naym sekarang kalo barahtrum mencast charge of darkness ke lawan dia langsung melewati tebing kk dan yang menghalanginya akan knock back terus, great bashnya kalo udah aktiv barahtrum dapat tambahan MS sebesat 15% kk
    sekalian tolong update guide barahtrum yang baru ya kk..... dan barahtrum yang sekarang IMBA bangat

    BalasHapus
  38. bara klo dikasih yasha cocok ga ya..??

    BalasHapus
  39. Bagusan yasha malah, bonus MS bisa jadi damage. Kalo maim sange, bara sudah punya bash.

    BalasHapus
  40. kasi sangyas bagus kah? kan skrg bukan orb

    BalasHapus
  41. kk tambah naix d best friend na bara naix bsa nunggang bara kaya ojek ^.^

    BalasHapus
  42. kk minta counternya bara dong, barang sama heronya.. tx ya :)

    BalasHapus
  43. bner bara skarang jadi lebih keren...
    yg dilewatinya juga jadi iktu kena bash dah...
    cckckckckckc

    BalasHapus
  44. sangyas bagus tuh kk naym, soalnya sangyas kan dah bukan orb lagi jadinya bisa bareng MoM

    BalasHapus
  45. bara=roadrunner

    BalasHapus
  46. rubik na mna gan

    BalasHapus
  47. kalo item saya :
    1. PT
    2. MoM
    3. S&Y
    4. Buterfly
    5. Cuirass
    6. Taras

    BalasHapus
  48. kalo item saya :

    sny, PT, mom, Ancient endurance, cuirass, tarras/buriza

    BalasHapus
  49. kak naym tambahin best partnernya barathum : hero" yang bisa increase movement speed, dgn bgt damge bara jg namabah sekaligus hemat charge untuk ngejar taget
    From : ds

    BalasHapus
  50. kk kalo lvl 1nya bara ngincer hero yang punya linken, kan linkennya muter, tapikan berhenti casenya gak berlanjut,,,,heheh coba cek kk

    BalasHapus
  51. koreksi, skrg cas ga lagi ngasi true sight. CMIIW

    BalasHapus
  52. gw pernah pas lagi main dota keteme lawan yang pake bara...cadas susahnya minta ampun...padahal lawan heronya cuma 4 cz leave 1....game yang harusnya sebentar jadi lama.....

    BalasHapus
  53. kk barathrum sma troll menang mna klo sma2 jdi ya ???

    BalasHapus
  54. kalo pake hero ini nantinya pas waktu pake charge pasti hero lawan langsung mati dan ngefeknya setelah hero lawan bangkit lagi armornya invisible dan gag bisa d bunuh lagi napa ya gmn cara pake chargenya?????

    BalasHapus
  55. Item late ane:
    1. Bracer, jadiin janggo --> Nambah aura AS, MS berarti nambah damage
    2. Vladmir --> buat lifesteal + aura blablabla
    3. Vanguard --> ketahanan tubuh waktu ngejar
    4. S&Y --> Iseng :p tapi movement speed, DPS, ama maim nya mayan loh.
    5. PT --> Buat MS + AS
    6. Aghanim --> GG ulti e, cma 20 dtik cooldown

    Gimana? mohon kritik sarannya
    Ultra kill, yang 1 lagi disampah orang T_T

    B Regard

    BalasHapus
  56. Jujur aku lucu sama hero ini,
    Sebelum lari, pemanasan di tempat dulu,
    one, tu , tri, for,
    Langsung marathon....

    BalasHapus
  57. tapi lucunya lagi aq pernah liat hero ini masih pemanasan di tempat, belum sempet lari eh malah mati duluan.

    BalasHapus
  58. kk nyam. sumpah gw paling benci sama ni hero ... ini hero kalo liat org creep tinggal cas doank dah dapet tuh kill..
    cara counter ini hero gmn ya.. soalnya gw sukanya pake nvm . terpuruk bener kalo creeping ketahuan sma dia

    BalasHapus
  59. Kalo skill build up untuk bara versi 6.72 yg bagus kyk gni :

    1.Charge of Darkness
    2.Empowering Haste
    3.Charge of Darkness
    4.Greater Bash / Empowering Haste
    5.Empowering Haste / Greater Bash
    6.Nether Strike
    7.Empowering Haste
    8.Empowering Haste
    9.Charge of Darkness
    10.Charge of Darkness
    11.Nether Strike
    12.Greater Bash
    13.Greater Bash
    14.Greater Bash
    15.Stats
    16.Nether Strike
    17.– 25. Stats

    Charge diambil 2 lv di early buat mengejar target lebih cepat...
    Karena menurut pengalaman saya sih, ngejar target pk charge lv 1 kurang efektif (425 MS)...

    Kl item build awal buat yang mode -ap :
    *Queling Blade
    *Tango 1 set
    *Healing Slave 1
    *Circlet of Nobility

    Setelah itu urutan itemnya :
    *Bracer
    *PT/Phase Boots (Yang mana saja yang kamu suka, tp yang kusarankan PT)
    *MoM (Bara tanpa MoM? Kurasa kurang mematikan, jadi, harus beli)
    *BKB (Jika lawan banyak disabler/punya spell yang menurutmu tidak bisa membunuh target dengan combo skill"mu, jika tidak, item ini bisa dilewatkan)
    *Yasha (MS & AS)
    *Sange (Sange and Yasha)

    Setelah beli item pilihan anda yang ada di bawah ini :
    *Ancient Janggo of Endurance (AS & MS)
    *Aghanim's Scepter (Blade - Ogre - Staf) (Improve Ultimate Skill)
    *Blade Mail (Counter hero DPS yang mematikan)
    *Buriza-Do Kyanon (Saya jarang beli ini jika memainkan hero ini, tp buat yg suka crit, it's OK )
    *MKB (Counter hero" evasion)
    *Assault Cuirass (kurang menyarankan membeli ini sih, but it's OK)
    *Heart of Tarrasque (Jika tidak ada tanker/kekurangan hero tanker di Tim mu)
    *The Butterfly (Counter hero DPS yang sudah jadi) (Very very late game ONLY)

    BalasHapus
  60. kk aq suka pke bara tp lari marathon nya suka disaber sama stun dari stunner gimana tuh cara ngatasinya?

    BalasHapus
  61. kk naym. sange yasha gak orb lagi jadi bisa digabung ma MoM (dpser) / Satanic (tanker)

    BalasHapus
  62. @ATmosphere,
    nice build gan :))
    Ane mo tambah SNY juga dicorenya.

    @Anonim
    Solusianya, beli BKB gan, :)

    BalasHapus
  63. coba deh item orb nya ganti mjollnir, dewa pasti. klo temen gda yg bkin vladimir bkin gpp di akhir2 tp.

    BalasHapus
  64. Aku barusan nyoba make Barathrum (a.k.a Roadrunner), lawan A.I. Normal, dan sialnya mereka ngepick Raigor sama Centaur ^^ . .

    Di early sama mid terutama Centaur emang badak banget, kalo udah kena Stun males lanjutin 1vs1nya, perbandingan darah aja udah bikin aku depresi . . Tapi begitu di Lategame, begitu udah pegang SangeYasha + hyperstone, daging Centaur aku jual ke peminat daging kuda liar B-)

    BalasHapus
  65. kakak naym...

    counter or worst enemy or item yang pas buat kalahin hero ini apa sih kak?

    perasaan klw maen di B net or sama temen terlalu imba banget nie hero?

    ghoshscepter gak mempan keknya

    BalasHapus
  66. DIsabler atau Cloner seperti PL, SIren,Nessaj :)

    BalasHapus
  67. bara, gila nih hero .
    kasih:
    MKB,
    PT,
    satanic,
    assult crasius/Butterfly,
    aghanim reload 20s, bisa 2x L6'y,
    Last binggung : BF bwt cloner/eskydi musuh cepet/BKB lah

    bahaya klo bara udah s'team ama stuner. . hahaha

    BalasHapus
  68. hdie :

    kk naym...

    saat charge of darkness berlangsung
    saat ms-nya udah max)
    bara bisa stun atau di disable gak ya..??
    thks...

    BalasHapus
  69. bara sama huskar kalah, huskar sampai late ttap negri palagi kalau udah satanic

    BalasHapus
  70. kk naym, queling blade di early gunanya buat apa? Cuma nambah damage atau ada yang lainnya?

    From : AAA

    BalasHapus
  71. kk naym, klo bara kena blind atau ngelawan musuh yg bawa butterfly gmn? Percuma dong atk spd nya

    From : ABC

    BalasHapus
  72. queling blade ngasi bonus damage buat creep, jadi lebih gampang ngelast hit :)

    BalasHapus
  73. kk naym, bara temennya naix aja. kan lbh enak bsa numpang di bara terus bokong lawan

    BalasHapus
  74. kk naym ancient jango nambahan MS kan?
    jadi kira2 cocok gk?

    BalasHapus
  75. Bara pembunuh gila bila di bwah lvl 20 gan, abis itu musti pinter2 cari hero yang sekarat aja

    BalasHapus
  76. yap, bagus kok.
    ok tambah Janggo, tq :)

    BalasHapus
  77. kk knapa paling nyaranin buriza di luxury items ?? apa memang sinergi bnget ama bara ?? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  78. Kenapa Buriza luxury yang paling disaranin?
    1. Mask of Madness dan Cuirass nambah AS, critical cepat terpicu.
    2. Cuirass ngurangin Armor, naikin physical damage.
    3. Damage Bara tinggi, dari Empowering HAste,

    so paling bagus setelah semua core itu naikin DPS nya, criitcal :)

    tapi mending sesuain kondisi tim aj, butuhnya ap..

    BalasHapus
  79. ngefek Ga Sih..??
    Kalau Greaterbash + BF .?? apakah Semua yg ada Di Depan Kena Greaterbash juga..?

    BalasHapus
  80. keren nih hero..
    biar di late game juga masih killer kok.

    BalasHapus
  81. kk aku mo tanya, apakah surge dr dark seer jg nambahin damage bara?

    trus kok enemiesnya gak diksih pugna? pdhl klo war (cm klo war bukan by 1) pugna yg paling bkin kesal. soalnya decrepify buat bara gak bs attack segede apapun damagenya. smntr durasi itu para nukers akan menjadikan bara target utama.

    n usul jg nih, kyknya item BM jg cocok buat bara. soalnya klo udah BKB+BM, org2 pada takut nyerang bara.

    BalasHapus
  82. kk, tambahin worst enemiesx bara, hero2 slower. hero2 slower bisa ngurangin ms = ngurangin damage bara. trus ngurangin as bara juga, kaya viper, venom dll

    from : Zero

    BalasHapus
  83. spirit breaker tuh babi atau banteng ?

    BalasHapus
  84. kok ga ada bad itemnya???

    BalasHapus
  85. hero paling enak di pake buat para pemula seperti saya,,,

    BalasHapus
  86. kk Naym best allies lgi thu rikimaru ama naix riki bs penerangan pas razia utan kalo naix dgn infestnya. kalo worst enemiesnya mortred dgn blur ama coup de grace jd susah dibunuh ntar mati sendiri pas B1 terus Naix kalo dah rage gk bs di nether strike. Thanks...

    BalasHapus
  87. Kalo item bara gw ni:
    -PT Str
    -MoM
    -BKB(kalo lwnnya nukers) / Crystalis (kalo nukersnya jarang)
    -Sange and Yasha
    -jadiin Buriza
    -Cuiras/Tarasque (sesuai selera)

    :)

    BalasHapus
  88. ternyata bara bisa jadi hero TERKUAT di early, tergantung hasilnya di mid game...

    misal, musuh kamu ada carry SUPER (magina, slark, dll.) kamu full bokong aja di early, setiap keliatan bokong, bokong bokong dan bokong rame2 ama temen2...

    dijamin kamu bisa menjinakkan carry di late sama seperti para matador menjinakkanmu ;)



    btw ane beli aghanim dulu baru taras ama cuiras gapapa kan gan?...

    BalasHapus
  89. bad enemy ALL TIME game... : Slower (di special mention yang bener2 SPECIAL)

    mid-game pun kamu gabisa bunuh kalo lawannya slower, walau carry belom jadi

    disitu ga di special mention, gaseru

    BalasHapus
  90. sip, barusan main pake bara...

    dan, menang..

    haha

    BalasHapus
  91. kalo item yg ane pake buat bara:

    1. PT
    2. Janggo of Endurance
    3. MoM
    4. Sange n Yasha
    5. Buriza
    6. HoT

    yah lumayanlah bisa godlike, yg penting hero carry musuh jgn sampe jadi di late, harus di sodom terus2an di early-mid sampe lodoh.. wkwkwkwk...

    BalasHapus
  92. kk naym, tambahin naix jdi allies dan enemiesnya soalnya jk jd tmen ngebokong akan serasa mudah, tp klo jd musuh akan sangat menyulitkan bara cz hanya dengan ragenya naix,CoDnya bara efek stunnya gak ada trus bashnya jg gk akan terpicu pa lgi klo naix dah pgang AOM n crabash, bara psti gak bsa grak n jdi patung kebo

    BalasHapus
  93. bahasanya jgn disingkat2,.. saya pemula kakak,. msh cupu,...
    blognya bagus kakak,. like this

    BalasHapus
  94. kk kalo barathum(A.K.A Roadrunner) pake PT STR tmbahan damage lebih besarkan drpd PT AGI

    BalasHapus
  95. kk naym, barathum kalo pake PT STR lebih bagus daripada PT AGI, karena tambahan damage lebih banyak kan reply aja ok!!!!!

    BalasHapus
  96. @Anonim punya id battle.net di idgs free? kalo punya nicknya apaan aku mau add kamu reply ya ok!!!!

    BalasHapus
  97. my build : MoM, PT, BKB, SnY,Cuiras,Taras

    BKB dulu sblum SnY, knapa? Krna setiap lawan pasti ada nuker/disabler yg jaya di early-mid sma kek bara,,dgn BKB yah biar setidaknya bs kebal 5 detik,,cukup untuk dpetin kill sblum nuker beraksi.

    BalasHapus
  98. keren guidenya kk...
    kk punya id pub gk?kpn2 maen yuk..wa mw tau skil lo
    id pub gw ni:
    -fallen_down
    -Rixia
    -Nebiros
    Klo ketemu salah satu id ni berarti wa yg maen ato ni id dpinjem tmenXD

    BalasHapus
  99. kk, masukin clockwerk sbagai enemiesnya, karena dengan power cogs dia bisa mem-block cas bara, thx

    BalasHapus
  100. klo pake bara lawan ursa jgn sekali'' cas ke ursa deh, trus klo lawan siren juga sama, percuma cas ke dia

    BalasHapus
  101. Barathrum spy bs berguna di late di apain ...????

    BalasHapus
  102. barathum di mid mending jadiin pt dulu ato madnes dulu kk?

    BalasHapus
  103. bara ga jelek" amat klo war
    cuma butuh temen yg pengertian aj sih
    temen gw SK ama Tide udah bs menang war kok =)

    barang gw cuma :
    -bracer 2x
    -PT STR
    -MoM
    -SnY
    -Cuirass

    GG ^^

    BalasHapus
  104. FRIENDSnya tambahin: N'aix, kan N'aixnya bisa numpang ojek pake infest ke barathrum.

    BalasHapus
  105. Woow gan naym, dengan berubahnya efek skill2nya, bara bertambah ROLE menjadi CARRY di late dan tetap GANKER di mid (menurut ane). Kenapa? :

    -Empowering haste udah ga lagi nambahin damage, cuma nambahin MoveSpeed (Naikin MS di early jadi ga guna, tapi tambhan MS dari EH tambah banyak sih)
    -Yang damagenya berdasar MS sekarang adalah GREATER BASH yang memerlukan ASPD (Di eary, semua ASPD hero=kurang) Damage scalenya adalah 10/20/30/40% dari MS bara per GB terpicu (40% dari MS itu SAKIT)
    -Karena skill utama bara adalah GREATER BASH, bar amenjadi ASPD dependent, yang pastinya memerlukan ITEM (Liat sendiri AGI gain-nya brp)
    -Tapi kenapa bara menjadi mematikan di late? karena ketika BASH terpicu, target terkena disable DAN damage yang SAKIT (mungkin kurang di late), kombinasi dari dua aspek tersebut menjadikan bara CUKUP mematikan di late. (bisa permabash dengan damage WOW)

    Untuk item sih menurut ane sama aja gan, soalnya SEMUA item core bara menurut agan naym udah naikin ASPD ^^ (apalagi MoM, gantengg dah). yang agak berbeda mungkin item latenya, bisa aja kita beli 2 CUIRRASS untuk ASPD yang DEWA 'demi' terpicunya greater bash. DAN Aghanim bisa menjadi CORE karena bila ditambah aghanim, greater bash menjadi AREA (saat menyerang dengan NS) dan 40% dari ASPD bara yang 'ngebut' di 250 area itu MEMATIKAN ^^

    untuk Skill, nahh... ini yang harus aga diubah. Memaksimalkan Empowering Haste di early bukanlah prioritas lagi, tapi MENAMBAH ASPD & MS menjadi prioritas dikarenakan perubahan bash yang ckup signifikan. (ini yang membuat bara mjd semi-carry)

    Menurut ane, skill build yang bagus tuh ini ;
    1.Charge
    2.haste
    3.bash
    4.haste
    5.bash
    6.NETHER STRIKE
    7.bash
    8.haste
    9.bash
    10.haste
    11.NETHER STRIKE
    12-14.charge
    15.Stats
    16.NETHER STRIKE
    17-25.stats

    Sebenarnya skill build diatas bisa diubah2 tergantung situasi (misalnya memprioritaskan haste kalau ada musuh yang bisa marathon). jadi seperti skill buildnya VOID yang beragam, tapi menghasilkan efek yang tidak jauh berbeda/memiliki keuntungannya masing2 ^^ Tapi ngeliat efek bash yang tambahan damage per levelnya 10% dari MS, sepertinya memaksimalkan bash di early-mid tidak akan membuat kita rugi (kalau punya AS/MS yang tinggi).

    Sekian analisis singkat & build ane soal bara baru (lol) dari ane gan naym, moga bermanfaat ^^ (Build ini bisa berubah kalau di 6.75b/c/d/e keatas icefrog mengubah efek skillnya)

    BalasHapus
  106. dicari lawan dota yang tangguh !!!
    yang berani whisper ke fb gua frosky@ymail.com
    DITUNGGU . . .

    BalasHapus
  107. 1. Aghanim's Scepter
    2. Sange and Yasha
    3. Boots of Travel
    4. Buriza do-Kyanon
    5. Mask of Madness
    6. Assault Cuirass

    WOW WOW WOW

    BalasHapus
  108. Greater bash baru kok damage nya gak kliatan di damage status?dulu kan haste muncul di damage stat nya. #confused

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats