DotA Guide Indonesia

Tiny - The Stone Giant





Looming from the rocky crags of Ashenra, the stone giants are born from the mountain itself. Tiny, a newly born giant, although small in size, has the strength of a hill. With his supreme strength, he is able to launch anything into the air, including huge amounts of soil to cause avalanches around his enemies. Because of his craggy exterior, enemies have a hard time attacking him. Over time, Tiny's body will grow bigger as the magnetic forces deep inside his granite heart pull rocks and soil to his rugged stone form.




INTRO


Tiny adalah hero tanker yang biasanya dibuild sebagai ganker utama serta support disable. Skill stun dan toss nya yg ‘fun’ banget, sangat baik sebagai pembuka ganker. Jadi ini Build ganker-support untuk Tiny.

Dengan menggunakan 2 skillnya yg ber-damage amat gede, mudah baginya membunuh sebagian besar hero-hero AGILITY dan INTELLIGENCE di early dan mid game.

Tiny sangat mendominasi dual lane, apalagi kalau kombo dengan stunner lain. Satu hal lagi yang penting dari tiny juga yaitu karena dia hero strenght yang punya base attack damage tertinggi (Grow) serta ANTI-MELEE Craggy, di war tiny harus selalu ada di barisan depan.

Spoiler Screenshot



Name: Tiny
Affiliation: Strenght (Sentinel)
Strength*: 24 + 3Agility: 9 + 0.9
Intelligence: 14 + 1.6
Damage: 61 - 67
Armor: 0.3
HP: 606
Mana: 182
Movespeed: 285
Range: 128 (melee)




Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN
1. base attack damage tertinggi ( level 3 grow)
2. punya 2 skill nuke ( avalanche dan toss), sgt berguna untuk ganker.
3. Ganker dan pusher terbaik dgn badan paling gede pula.
4. termasuk diantara sedikit hero STR yg bs mengatasi hero INT di early game.
5. Anti-Melee, sulit disentuh musuh melee.


KELEMAHAN
1. attack speed yg amat parah, udah gitu ultinya ngurangin attack speed juga.
2. low mana, di late game aj manax ga sampe 600.( Tanpa item penambah mana)
3. Movement speed jauh dibawah rata-rata ( mungkin karena kegedean)
4. karena tanker, di war sering menjadi target pertama lawan2.




SKILL

Avalanche



Bombards an area with rocks stunning and damaging enemy land units. Casting range 600. AoE 200.
Level 1 - 100 damage and stun
Level 2 - 180 damage and stun
Level 3 - 260 damage and stun
Level 4 - 300 damage and stun
Mana Cost : 120
Cooldown : 20 Seconds
tiap 0.25 detik target akan terkena ¼ total damage, dan efek skill ini akan berlangsung slama 1 detik. Ga bs di block oleh linken’s sphere. Damage dikurangi spell resistance lawan, dan ga bs di block oleh spell immunity.

Toss


Tiny grabs the nearest unit, friend or foe, and launches them at a location. Upon landing, the unit deals damage in an area as well as receiving 20% of that damage to themselves (this damage increases as your size increases). Cannot toss Dragon Knight in Elder Form. Area of efek 300 (target),275 ( tossed)
Level 1 - 75 damage.
Level 2 - 150 damage.
Level 3 - 225 damage.
Level 4 - 300 damage.
Mana Cost : 120
Cooldown : 9 Seconds
Casting Range: 1300
Secara acak Tiny akan melempar unit ( creep teman/creep lawan/hero teman/hero lawan) di area sejauh 275 disekeliling Tiny, dan efek damage akan kena sampai sejauh 300 area di sekeliling posisi jatuhnya unit yg di toss.

Durasi unit yg di toss di ‘udara’ adalah 1 detik sejauh apapun jarak pendaratannya. Unit yg di toss juga akan mendarat tepat di posisi ‘target’ sekalipun si target bergerak, kecuali ‘target’ itu berpindah sehingga jaraknya lebih dari 1300 area dari posisi target waktu di toss.

Damage toss juga kena ke unit yang di toss, tapi hanya 20 % saja, semakin bertambah kalau tiny smakin gede ( ngambil skill GROW), kecuali kalau teman yg kamu toss, tetap 20 % damagenya saja.

Jika musuh yang di toss itu punya item ‘linken’s sphere’, cooldown (linken) akan berputar, tp musuh itu tetap di toss dan kena damage juga.

Damage toss dikurangi spell resistance lawan,tapi asiknya tidak bisa di block oleh spell immunity.

Toss damage juga kena ke bangunan (tower,barack,dll) yaitu 25/50/75/100 di level 1/2/3/4.  Selain itu kamu juga bisa nge-toss unit ke power up.

Ada satu trik menggunakan combo avalanche dan toss, yaitu trik yg membuat target 2 kali terkena efek damage avalanche dengan bantuan toss (Doble damage), dijelaskan di bawah, strategy early.


Craggy Exterior



Tiny's body is made of solid granite, causing great pain to those who attack it. Whenever a melee unit attacks Tiny, there is a chance that they will be stunned for 1.2 seconds.
Level 1 - Bonus 2 armor. 6% chance, 25 stun damage
Level 2 -
Bonus 3 armor. 12% chance, 35 stun damage
Level 3 -
Bonus 4 armor. 18% chance, 45 stun damage
Level 4 -
Bonus 5 armor. 24% chance, 55 stun damage
- SKill untuk mengcounter serangan yang menuju ke Tiny, menghasilkan mini stun dan damage.
- Efeknya berlaku untuk Melee Attack, untuk range hanya yang menyerang di jarak 300 range dari tiny.
- Target akan terkena Stun dan damagenya tepat saat meng-klik (Attack) tiny, jadi meski di cancell Efek craggy akan tetap muncul.
- Tipe damage Magical,


GROW!



Greatly increases Tiny's power and size, but does so at the cost of his attack speed. Improves toss damage and slightly increases movespeed.
Level 1 - 50 bonus damage, 20% reduced attack speed. Increases the damage taken by the tossed unit to 35% (50%*)

Level 2 - 100 bonus damage, 35% reduced attack speed. Increases the damage taken by the tossed unit to 50% (65%*)

Level 3 - 150 bonus damage, 50% reduced attack speed. Increases the damage taken by the tossed unit to 65% (80%*)

Ketahui jg, secara pasif tiap naikin skill ini, tiny akan mendapat bonus 20 movement speed ( jangkauan kaki nya makin jauh ). Teman yg di toss tetap hanya mendapat 20 % dari damage toss.


(*) dengan Aghanim's Scepter. Kamu langsung memiliki batang pohon (wkowko)


Picks up a tree to give the Stone Giant bonus damage against buildings, cleave and increased attack range.

Attack range bertambah menjadi 235. memberi efek demolish yaitu menyerang 1.75x damage untuk bangunan. Efek cleave 50% di 400 AoE




SKILL BUILD


Level 1 - Toss
Level 2 - Avalanche
Level 3 - Avalanche
Level 4 - Toss
Level 5 - Avalanche
Level 6 - Toss
Level 7 - Avalanche
Level 8 - Toss
Level 9 – Grow!
Level 10 – Attribute Bonus
Level 11 – Grow!
Level 12 - Attribute Bonus
Level 13 - Craggy Exterior
Level 14 - Craggy Exterior
Level 15 - Attribute Bonus
Level 16 – Grow!
Level 17 - Craggy Exterior
Level 18 - Craggy Exterior
Level 19 - Attribute Bonus
Level 20 - Attribute Bonus
Level 21 - Attribute Bonus
Level 22 - Attribute Bonus
Level 23 - Attribute Bonus
Level 24 - Attribute Bonus
Level 25 - Attribute Bonus

Umumnya kedua skill di awal2 itu ( avalanche dan toss) memang 2 skill yang sgt mematikan klo di combo kan, jadi harus dimentokin pertama, well, smua orang pasti setuju.

Grow bru diambil di level 9 karena dua combo skill utama mu bs lebih membantumu mendapatkan lebih banyak uang dan bs membunuh hero lebih banyak ketimbang km ngambil grow di level 6. Level 9 adalh waktu yang tepat untuk ngambil grow.

Craggy exterior adalah skill yg tergantung situasi dan lawan, klo lawanmu ada 1 atau 2 hero melee ( nyerang jarak dekat),apalagi hero DPS agility, cepat2 ambil skill ini kapanpun km ngerasa klo hero2 DPS itu uda berbahaya. Tp klo ga ada hero melee di tim lawan, mending ambil skill ini belakangan.

Oh ya, Attribute bonus di mid buat nambahin kapasitas mana, km butuh banyak mana untuk menguunakan combo skillmu, slain itu nambah stats ‘agility’ juga sebelu attack speedmu di kurangi karena ngambil skill GROW.





Item Build dan Gameplay



Untuk keselamatanmu beli tango dan iron wood branch,serta clarity.

EARLY ITEM

Soul Ring


Ini item yang sangat dibutuhkan tiny early ganker, yg membutuhkan sangat banyak mana untuk menggunakan combo spell ‘Avalanche-toss’ .


BOOTS OF SPEED


Item core semua hero.






EARLY STRATEGY
Drafting...

Jangan pick Tiny:
1. Kalau musuhmu ada yang pick anti Ganker.
2. Pengen Farming. Sorry, Tiny isn't a carry hero...
3. Tim kalian kekurangan dokter (support)
4. Anda penakut.
5. Musuhmu ada yang pick Nortrom atau anti Combo Spell.


Pick Tiny:
1. Kalau musuhmu banyak cloners/Summoner.
2. Tim kalian kekurangan Tanker.
3. Anda suka bodi-nya yang gede habis...
4. Ingin cepat-cepat membuka war.
5. Suka ngeGank dan membunuh yang tipis-tipis,wekwkwk


Peran:
Carry/Semi-Carry = Punya potensi, tapi prioritas ketiga...
Ganker/Disabler = Ya!
Nuker/Pusher = Kurang cocok.
Support/Warder = Dengan semua skill-mu...
Initiator = Dengan combo Avalanche-Toss...
Tanker/Semi-Tanker = Dengan Craggy Exterior...


Lane

Hal pertama yang perlu km perhatikan sebelum maju ke line adalah menentukan partner se-line yang cocok dengamu. Tiny punya skill-skilll support yg sangat baik untuk ganker, jadi tiny yg min solo adalah tiny yg meyianyiakan potensinya. Usahakan se-line dengan teman stunner, akan jauh lebih menyenangkan.





DI early, Tiny adalah tipe hero yang ramah di line, kamu harus creeping di line dengan damai (lol), padahal siapapun lawan se-line mu pasti sedikit waspada untuk terlalu maju, atau bahkan majuin kamu, karena mreka pasti takut kena hujan batu. Karena itu, bisa kamu manfaatkan creeping dgn tenang, dan usahakan bukan km yg memulai keributan alias jgn nafsu dulu, saat ini kamu hanya perlu menggunakan avalanche untuk lolos dari bokongan tiba-tiba, mana mu masih sgt sedikit untuk membunuh.

Kalau avalnche dan toss levelnya udah bagusan, saatnya menyerang, sembunyi di fog war kapanpun kamu merasa aman dan ga ketahuan mau sembunyi, teman se-line mulai majuin lawan, kemudian kamu kluar dari fog of war ikut nyerang musuh itu.

Lakukan combo Avalanche-toss (selanjutnya dibaca combo VT), dan seperti yang telah dikatakan diatas, ini adalah penjelasan trik untuk bisa mendapatkan doble damage dari avalnce dgn bantuan toss,,

Trik nya begini...simple saja.

minimal km harus punya kecepatan dan reflek jari yg cukup untuk menggunakan trik ini, setelah kamu mengeluarkan avalance, cepat2 toss musuh itu di area avalanche tepat di posisinya saja, alias area yang masih terkena efek avalanche, jadi km harus menekan hot key kedua skill itu secepatnya (VT), karena durasi avalanche hanya .... 1 detk, dan hasilnya musuh itu terkena 2 kali efek avalanche (doble damage).

Maksudnya gini...

musuh itu pertama terkena efek damage avalanche, lalu kamu toss dia, kemudian dia melayang tinggi ke udara (lol) keluar melewati hujan batu efek avalanche, dan saat mendarat kembali dia masuk lagi deh ke area avalanche dan kembali terkena damage avalanche = Double Damage.


Nah kalau sudah tau combonya, sekarang tinggalkan line, biarkan partner mu kalau masih mau farming, dan km mulai roam ke line tengah, bokong hero mid nya, tapi jangan terlalu dekat dari target mu itu, karena biasanya hero mid memasang ward di area hutan sekitarnya untuk mencegah hero-hero macam kamu ngebokong dia. Tunggu sampai teman ‘solo’ mu siap, atau si musuh udah dekat dengan tower kalian. Lalu, bunuh dia dengan trik tadi. Note: ini hanya sedikit gambaran early-mu saja.. ^^  ga perlu km lakukan kalau ga mau.

EH! Tiba-tiba lagi asik creeping km di bokong?, kalau musuhnya sudah dekat bgt, gunakan avalanche, tapi kalau keduluan kena stun dan ada satu lawan yang maju dan mukul-mukul km, toss dia menjauh atau lakukan saja combo VT siapa tahu kamu bisa dapat kill, hahaha.

Oh ya, kalau menggunakan combo VT pada saat musuh di toss , kamu tetap bisa attack dia 2 kali saat diudara, asal kamu nyerang di posisi jatuhnya target .

Sebenarnya ada trik yg keren bgt juga,, yaitu di lane,saat lawan sudah cukup dekat dgn tower, kamu maju creeping sendirian sementara partner se-line ( sebaiknya stunner ) sedang menunggu di tower, tunggu sampai hero musuh memutuskan untuk push, dekati sedekat mungkin lalu toss dia ke arah teman mu yg stunner didekat tower, dengan begitu temanmu akan  ngestun, lalu kalian kroyok dia, plus dilempar-lempar batu juga ama tower. ( BTW ini cuman gambaran saja )

Hati-hati menggunakan toss, kalau tidak mau nge-toss teman ke area lawan, jgn terlalu dekat temanmu itu saat menggunakan toss.







MID ITEM 

Arcane Boots


Arcane memberikan mana instant yang kamu butuhkan selama mobile. Sangat menutupi kebutuhan manamu termasuk untuk Dagger dan Dagon (kalau punya)


KELEN’s DAGGER


Item core sebagian besar para initiator, apalagi tanker yang butuh jarak dekat untuk menggunakan spell2 nya, tiny sebagai pemnuka war ( battle initiator ), harus membeli item ini untuk memudahkanmu menggunakan combo spell mu di dekat lawan.






MID STRATEGY

Mid game, berarti combo VT mu udah sempurna, saatnya creeping untuk beli item2 mahal yg km butuhkan, sebenarnya km ga sulit creeping,dgn combo VT kurang dari 4 detik km udah bs membunuh segerombol creep yg udah dekat ama tower.

Sebagai tanker, bukan berarti km harus selalu ikutan ribut di war, km jg tetap butuh item2 mahal, jadi usahakan creeping yang baik.

Kapan byasanya tim disibukkan untuk defense tower? Pastinya di mid game,Tiny juga pusher yg baik, karena tiny bs creeping dgn cepat, artinya bs ‘push’ dgn cepat pula. Tp tetap lihat situasi, klo ada lebih banyak lawan yg mencoba defense, hancurkan towernya lain waktu saja.

Gunakan avalanche untuk menghentikan musuh yg sedang melakukan channeling spell, atau km dekati dia dan gunakan toss, atau lebih bagus lg klo km menggunakan combo VT, Udah rugi, mati pula, apes bgt.

Klo udah punya dagger lebih nyaman lagi mengunakan combo VT,lebih nyaman menggunakannya, klo sebelumnya km perlu berjalan ke tengah2 area lawan untuk menggunakan VT, dan pasti sering kali km di stun atau di hex,dll, tp dgn dagger, musuh2 ( target) ga akan punya waktu sedikit pun untuk memakai spell2 nya untuk pertahanan diri. Blink ke area musuh dr hutan, dan langsung gunakan combo VT sebelum musuh2 itu melakukan reaksi apapun.

Jangan lupa setiap kali km creeping di hutan ( klo ada waktu ), cek juga camp lain, syapa tau ada musuh lg creeping juga, klo perlu km blink ke camp itu dan langsung gunakan VT, dgn bgtu musuh itu ga ada pilihan lain selain kabur, tp sebenarnya km juga harus waspada klo musuh yg kamu temui itu yurnero atau luna moonfang, cari saat yg tepat ketika dya lengah baru blink ke area nya.

Toss, juga bs km gunakan untuk menyelamatkan temanmu, atau mengusir lawan dr temanmu yg udah mau mati, sebenarnya toss melempar unit/ lawan yg jaraknya paling dekat dgn tiny, klo jarak unit/lawan di area tiny sama jauhnya, baru ‘secara acak’, karena itu untuk menyelamatkan temanmu, dekati temanmu itu lalu toss menjauh, klo HP temanmu itu udah sangat sedikit dan ada kemungkinan mati klo km toss, mending km dekati musuh itu lalu toss dia menjauh, sakit ati deh dia..

toss juga bs menghancurkan ward dan menyerang tower, toss unit ke ward yg terdeteksi, tp sebenarnya meski ward itu ga kliatan, tp ada unit yg di toss ke area ward itu, ward itu juga akan hancur ( koreksi ya klo salah..) artinya toss juga bs nyerang ward2 lainnya seperti ward nya pugna,rhasta,venom,dll.

Kalau ternyata teman setimmu yg punya serpent ward ( rhasta) toss musuh ke area ward itu, caranya ajak salah satu teman km yg punya kelen’s dagger berdiri di area serpent ward, dan waktu km toss musuh itu ke teman km, teman km harus cepat2 blink menjauh dari sana, lalu gunakan avalanche mu untuk nge-stun biar serpent ward itu bs nyerang dia lebih banyak.








LATE ITEM

SHIVA”s GUARD



Ini dia item utamamu! wew kenapa hero tipe ‘strenght’ membeli item yang bahkan hero ‘intelligence’ skalipun jarang yang pake ini sebagai core. Tapi item ini memberikan 3 keuntungan penuh untuk tiny, pertama, memberi tambahan armor yg sangat dibutuhkan tiny yg berperan sebagai semi-tanker di tim, kedua memberi banyak tambahan kapasitas mana, dengan begitu akan lebih sering menggunakan combo spell mu. ketiga, shiva’s arctic blast ngeslow dgn damage yg lumayan gede.

karena itu item ini juga menambah keganasan combo spell mu yaitu, blink---avalanche—toss---shiva’s guard. NOTE : ga ada item lain yg skill nya perlu jarak dekat seperti shiva’s guard ini, kalaupun nanti ada, item itu udah otomatis masuk menjadi item corex tiny.


Etheral Balde


Damage Etheral memang tidak sakit dengan sedikitnya AGI mu, tapi memang bukan itu tujuannya, tujuanmu membeli ini adalah pure damage combo VT! Mantap di late.


ALTERNATIVE ITEMS

DPS BUILD



Karena banyak bgt yang minta, jadi dibuatlah Alternatif Build Tiny. Build ini hanya efektif kalau kalian bernia membidik tiny sebagai carry sebagai antisipasi musuh yang main terlalu late.

Tiny punya potensi DPS dengan Attack damage yang sangat tinggi dari Grow, makanya Attack damage Grow itu bisa menghasilkan Damage tinggi apalagi kalau didukung dengan AS yang baik. Bisa dilihat disitu ada MoM, cuirass dan the butterfly (plus evasion)


NULL TALISMAN



Km lebih membutuhkan item ini daripada bracer, yah tentu saja mananya. Karena selebihnya km ga akan beli item penambah mana apapun. Untuk HP dan damage km akan mendapatkan lebih banyak dari yang bs diberikan bracer. Sebaiknya beli 2, atau salah satunya km beli bracer.


EMPTY BOTTLE


Kalau kamu main power up atau belum ada teman yang rune whore, harus ada yang mengontrol power up.


LUXURY ITEMS

Dagon


Tambah ini di mid kalau musuhnya tipis-tipis atau sudah ketinggalan level. Dagger-Avalanche-Toss-Dagon! tewas dah..



Aghanim's Scepter


Lumayan dapat skill baru, haha.


 

HOOD OF DEVIANCE


Sebagai tanker km perlu pertahanan extra, item ini bs mengurangi damage yang km terima dr spell2 musuh.


HEART OF TARASQUE


Item core sebagian besar hero strenght, beli ini klo shiva’s guard mu udah jadi. Memberimu lebih banyak HP dan HP regen, beberapa damage jg ditambah.


 
BOOTS OF TRAVEL


Degan skill2 mu, ga akan begitu lama creeping sampe beli item ini, dgn item ini km sudah mengimbangi sebagian besar movement speed lawan. Upgrade sepatumu di late game.








LATE STRATEGY
pertama yg bakalan kubahas adalah strategy di late game, yaitu strategy saat ‘war/team battle’ dimulai, peran km masih sama yaitu tanker dan ‘pembuka war’,dr hutan blink ke area musuh yg mencoba push markas km, gunakan combo VT dgn bgt teman2 km akan ‘cover’ km, klo efek stunnya udah berhenti gunakan shiva’s guard ( klo udah jadi) berfungsi untuk nyerang sekaligus nge-slow seluruh musuh disekeliling km.

misalnya,Klo ada situasi seperti ini,salah satu lawan km adalah warlock, dan byasanya setelah km ‘membuka war’ dgn combo VT mu, warlock pasti akan mengeluarkan golemnya di area dekat km dan teman2 km, dan golem nya itu sering kali menjadi perusak war dan merugikan lawannya, membuat hero2 lawan mendominasi war, karena seringkali ga ada yg akhirnya nyerang si golem, golem itu bakal asik2 mukulin teman2 km, NAH... sebagai tanker sudah menjadi tanggung jawabmu nge-support dan membuat teman2 km leluasa menyerang, karena itu klo si golem majuin teman km, km harus majuin si golem pokoknya km harus membunuh si golem, dan klo golem itu udah ditelantarkan( dibiarin nyerang siapa aj) ama boss nya, majuin golem itu, biarkan golem itu mengejarmu lalu km harus keluar dr area war( ke hutan,sungai,dll),dgn bgt teman km akan lebih leluasa menyerang.


Memanfaatkan power up:

Haste...... langsung bokong lawan
Doble damage........langsung bokong lawan, mana ada yg mau lawan km yg punya damage paling gede trus dapat PU doble damage pula.
Invisibe.... masuk ke area musuh lalu gunakan combo VT.
Illution.... seperti byasa, bw satu ke line byar musuh tau km ada di line (padahal Cuma image km),satunya lagi bw ke hutan, jadikan seperti ward.

di early game dan mid game td saya sudah menjelaskan banyak trik menggunakan toss, kali ini ada lagi satu trik yang menurutku sendiri sangat berbahaya, tp lucu bgt diliat,dan sgt berguna karena bs mengurangi jumlah musuh yg akan menyerang maupun defense,apalagi klo musuh itu yg paling berbahaya. prinsip melakukannya sama seperti nether swapx VENGE, yaitu saat team battle dimana ada banyak hero lawan yang mencoba ‘push’ ataupun defense markas di depan tim km yg juga banyak, blink ke area musuh itu gunakan avalanche untuk nge-stun mereka lalu toss salah satu musuh ke area teman2 se timmu untuk memusnahkan musuh yg tak berdaya itu, tentu saja setelah itu km harus cepat2 menjauh, klo ga tebak sendiri akibatnyaa ( karena itu berbahaya, tp seru). Bs jg km toss salah satu musuh itu duluan lalu gunakan avalanche byar km punya lebih banyak waktu untuk kabur.




ALLIES

LINA INVERSE



TINY-LINA, adalah salah satu kombinasi hero yg paling mengerikan di DOTA, pasangan yg sangat ‘serasi’ lol. Alasannya lina juga hero stunner dan spell caster yg sgt baik, sulit menggunakan stun lina untuk target yang bergerak, dgn combo VT mu akan jauh lebih mudah, kemudian dragon slave ikut diluncurkan.tak perlu lagi dihitung brapa total damagenya, apalagi setelah kamu melihat petir merah nya keluar.


LESHRAC


Sama aj dgn lina, penggunaan stunnya juga sama susahnya.


EARTHSHAKER


Raigor pasti butuh posisi sedekat mungkin untuk melakukan echo slam nya,nah, dgn toss mu ,raigor bs lebih hemat,karena ga perlu lagi beli dagger, kan tinggal di toss aj ke area musuh....dan ECHO!!!


MAGNUS


Apalagi yang satu ini, toss dia ke area musuh, dan langasung menggunakan skill ‘ulti’nya waw... sadis!


RHASTA


Beberapa trik cocok km gunakan bersama dya, seperti toss musuh ke serpent ward, dan toss musuh ke dekat tower km, lalu rhasta ‘mengikat’nya atau nge-‘hex’ musuh itu.


Venge


Stunner enak diajak nge bokong.


Techies


Toss + Suicide!!

Axe


Toos - call! atau Toss - Culling!


Sand king


Toss dia ke tengah-tengah musuh setelah channeling epicenter!


Tuskar


Dengan bantuan snowball kamu sudah bisa melakukan combo VT di level 2!! GG tq






ENEMIES


DOOM BRINGER



Siapapun tahu tiny adalah inititator yang hebat dan merugikan lawan di ‘team battle’, dan biasanya yg menjadi target ‘doom’ nya adalah hero2 seperti km.


SLITHEREEN GUARD


Selalu saja ada usaha lawan untuk membunuh badak ( tanker ) lawannya, dengan ‘amplify’ salah satunya, armor kamu dikurangi lagi ama hero ini.

Rotund'jere


Jauh lebih parah dari slardar, meski setengah HP mu jumlahnya masih 1500? kamu tetap bisa terbunuh oleh ultinya.


NERUBIAN ASSASSINS


Dia ‘RAJA’ nya early game, kamu ga akan punya mana kalau lawan dia di early game.


NEVERMORE


Dengan Bodi tiny level 3, damage requiem of soul akan mencapai maksimum kalau dia berdiri tepat diposisimu atau disampingmu.


Magina


Kamu akan sering kehabisan mana dan dibuat tidak berguna kalau ada dia.




CLOSING

Tiny adalah salah satu tanker terbaik, slain badan dan HP yg gede, skill2 jg sangat berguna sebagai tanker, tiny bs nge-stun semua musuh di satu area, slain itu skill ‘toss’nya fun, animasinya keren, slain itu skill ini jg bs membuat pemakainya kreatif, membuatmu berpikir kreatif untuk menggunakannya , km bs nge-toss syapapun, kemanapun.

Okay, imajinasi dan kreatifitas itu tak terbatas, ayo kreatif bersama tiny.


Thanks to,
Dane ( Untuk Luxury Aghanim's)
lucius Marcel ( Untuk Allies Techies)
Kambing Hitam ( Untuk Allies Sand King)

Dan Smua yang telah memberikan Saran,kritik dan Koreksinya

*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




120 komentar:

  1. gw byasanya pake tiny ga ngambil skill grow kk, malah g beliin item2 atc spd sprti MKB dan Cuirass... trus dagon juga keknya kren loh buat tiny... what u say??

    BalasHapus
  2. sbnarnya bagus juga klo Tiny yg punya damage gede dijadiin hero DPS, karena hasilnya adalah banyak pukulan dgn damage gede..

    Tp jauh lebih bgs klo tiny dijadiin hero tanker,tp jg spell caster karena mnurutku ditambahin attack speed sebanyak apapun ga akan bs mengimbangi hero2 DPS yg emang potensinya disitu...

    Karena itu tiny enak bgt klo dijadiin spell caster karena dilengkapi spell2 ynag bagus,bs di combo pula, bahkan trik 'doble damage' nya pun menggunakan spell, nah.. klo mau pake spell2 kan musti beli item2 yg nambahin mana,

    sebenarnya untuk jadi tanker tiny ga juga harus beli item2 mahal, karena HP nya udah gede dengan segambreng pertahanan pula, cuman klo uda ad kelebihan duit ga ad salahnya memperkuat pertahanan dgn beli item2 'tanker' seperti taras,dll.

    dagon ga cocok ma tiny, combo Avalanche -toss aj semuanya nyerang 'area' jauh lebih cocok dgn shiva's guard yg nyerang 'area' juga, sedangkan dagon cuma 1 target...

    okay.. itu pendapatku...makasih^^

    BalasHapus
  3. eh, gw udh cb mk tiny, tp gw gk bs nge toss tmn sndr........... gmn si crany??????????????? gw gk perlu nge flame kok ^_^

    BalasHapus
  4. kk naym, tiny blh bli bf gk sih?

    BalasHapus
  5. ngetoss teman sendiri.. kk tinggal dekatin aj temannya, yang di toss adalah syapapun yang 'paling dekat' dengan tiny. jadi klo ada banyak 'orang' didekatmu, rada susah emang..

    Battlefury= cleaving attack, artinya itu item buat 'creeping' ( nyari gold) untuk tiny ga' butuh lagi, karena udah punya avalanche-toss, cukup bgt buat creeping, gitu loo ^^

    BalasHapus
  6. kk,
    tiny pake item pertahanan ga??
    kek vanguard / defiance...????
    thx

    BalasHapus
  7. kk, tiny bole pake MKB?
    yang cocok item pertahanan apa?

    BalasHapus
  8. vanguard / hood, jangan MKB pliss, ga cocok bgt!!
    AS nya tiny parah.. lagian dia kan spell caster bukan DPS-er

    BalasHapus
  9. coba mask of madness de..
    grow lvl 3 + 100% attack speed gmn..?

    BalasHapus
  10. ga.. meski damage supergede, Attack speed tiny tambah MoM juga masih payah.. masih kalah ama total damage yang diberikan hero DPS dengan damage standar..

    tiny spell caster, bukan hero yang main pukul2..

    BalasHapus
  11. masalahnya gini , kalo tiny ga main attack speed , yang ngisi jeda waktu 10 detik delay skillnya apa ? pukulannya yang lelet ? ngga cukup kk , kalo dia improve pukulannya hingga minimal attack speednya standar lah , wah base damage yang besar dari ultinya bakalan berguna banget , gw udah nyoba gunain guide ini di game , hasilnya banyak hero musuh yang gagal di kill padahal udah sekarat , mau kellen dagger , masih disabled . coba dia punya attack speed , gw yakin mati tuh ,

    BalasHapus
  12. ada yang pernah nyobain FERST BLUUD dengan Tiny?

    BalasHapus
  13. @upii

    bner juga sih.. build ku ini lebih ke support spell caster aj sih..

    kayaknya sy bakal bikin 2 build nih..thanks yahh.. :)

    @into-the-falzar

    sy ^^

    BalasHapus
  14. kk tide hunter nya donk
    seru loh liat animasi nya
    kk orang mana?

    BalasHapus
  15. kk nyam
    kok arcane ring gak di masukin ??

    BalasHapus
  16. kk trus gunanya tambahan damage grow apa??
    gmn klu saya build tiny jadi spell caster tapi g ngambil skill grow gmn??
    sering saya ngalamin habis combo AT musuh sekarat,tinggal last hit doang tapi karena Aspd nya tiny jelek, mukul belum kena musuh langsung kabur.
    gmn kk??

    BalasHapus
  17. Attack damagenya memang ga akan terlalu dimanfaatkan, tapi dengan naikin grow damage yang diterima musuh saat ngetoss jadi makin banya (65%).
    kenapa Damagenya ga dimanfaatkan? karena meski beli item yang nambah AS, grow tetap menguranginya sebanyak 50% itu berdasarkan persentase, jadi percuma nambah AS nya.

    BalasHapus
  18. selain 3 hero diatas, sapa lagi yg cocok buat bunuh tiny ini kk...terutama wkt tiny ud jadi alias di masa late game

    BalasHapus
  19. kk wa punya komentar nih !!!
    klo saya pake tiny beliin cuiras tapi dibeliin setelah tiny dah grow lvl 3 dah di ambil !!!
    jadi base damagenya tiny gk terbuang sia2 kan !!
    ^_^

    BalasHapus
  20. @nubidota
    yang bisa mengurangi armor atau yang nyerang spell Range itu counter Tiny, salah satu kelemahan tiny adalah craggy eksterior hanya ngefek ke melee aj.

    @anonim
    ya, kalau core sudah jadi semua, boleh nambah AS :)

    BalasHapus
  21. maaf kk...
    tapi saya pake MoM bisa nge-kill lebih banyak ibandingkan saat pake shiva's guard...
    tapi kalo 2 item itu digabung kayanya tiny bakalan lebih dewa...
    coz damagenya jadi gak kebuang sia2..

    BalasHapus
  22. Hadooh.. Ini Tiny Build Support Bro..
    Klo ngekill itu Tiny spellcaster juga bisa bunuh banyak di early-mid game.

    hmm.. ok deh wa tambah alternatif Buildnya.

    BalasHapus
  23. kk naym, guidex cool!

    btw, minta penjelasan armor dong..1 armor bs ngeblock brp damage???

    thx

    BalasHapus
  24. @one_sonic

    >gunakan rumus ini untuk menghitung Damage block dari armor
    (armor*0.06) / (1+0.06*armor)

    >Kalau Kena Corruption,untuk Penambahan damage dari negatif armor, rumusnya adalah

    Damage*(2 - 0.94^(-armor))

    :)

    BalasHapus
  25. kk naym di ralat sedikit.
    craggy exteriornya tiny g harus buat mele lagi kak, soalnya di range *** musuh tabok dia, kemungkinana bisa kena stun.
    untuk lebih jelas liat deh di playdota.com tentang craggy exterior.

    BalasHapus
  26. kk naym, skil grow!nya tiny nambahin damage base doang ya? aku baca di dota ada yg nambahin efek skill tossnya. mksdnya apa ya?

    BalasHapus
  27. @[jkt]Crunzy
    okay, thanks.

    @Anonim
    Grow nambah Base damage, reduce AS, dan juga nambahin damage Toss buat Musuh.
    :)

    BalasHapus
  28. pake dagon lv.5 lah.. combo skill terus itu

    BalasHapus
  29. kk naym, qlo tiny make BF bagus gak???
    karena dulu tiny gw pake BF...
    Skrg udh ad pohon pohon ada cleave nya..

    BalasHapus
  30. Kakak, saya mau menambah untuk Tiny Worst Enemies lagi. Kali ini saya mau mempresentasikan Nevermore:

    1. Di Early dan Mid Game, Nevermore terlihat sangat rapuh, apalagi dia adalah Carry. Jadi memang dia sangat mudah dibunuh dengan Combo ATnya Tiny.
    2. Tapi kalau berhasil membuat Stygian apalagi Butterfly, dia akan menjadi sangat-sangat mengerikan. Requiem of the Souls bisa saja menghasilkan 2.400 damage sebab Tiny adalah hero dengan bodi paling gede. Serangan-serangan Nevermore di Late Game sangat sakit (Stygian+Cuirass+Presence of the DarkLord=OMG!!!!!) Itu kalau jadi, kalau dia ternyata berhasil digagalkan, maka dia malah jadi ATM.

    Apakah Nevermore adalah THE WORST ENEMY EVER buat Tiny?

    BalasHapus
  31. Kok g ada dagon di itemnya????<<<<<<

    BalasHapus
  32. yg mantap tu tiny + techies... dah lah GG :D lempar ke bomb,, orrr lempar + suicide~ ouchhh

    BalasHapus
  33. kk kalo dikasi agranim juga lumayan .
    heheh

    BalasHapus
  34. tiny + 3 hyperstone....jadi hero DPS dgn base damage yg gde bgt....hehehehe
    tp itu cm build alternatif...bwt maen iseng2 aja.
    tp klo sy maen lawan temen, dia pasti buildnya minim bw hyperstone 3....hahahaha

    BalasHapus
  35. gila aja beli 3 hiperstone,ga rugi kk ?
    bagi saya rugi

    BalasHapus
  36. thx kk guidenya bagus.tapi aku lebih seneng tiny dijadikan type DPS'er tapi juga spellcaster.sayang ulti nambah damage tapi ga dipake maksimal.pake cuirass+madness pukulannya kan uda cepet.terus aku pernah 1 vs 1 lawan sven mati tuh svennya.menurutq sih tiny lebih ke DPSnya drpda spellcasternya.btw thx

    BalasHapus
  37. @anonim yg mempertanyakan hyperstone :D : ya namanya build main2 kk, dipake klo main LAN sama temen sekantor...cuma buat fun aja. sy malah pernah ngetes segimana hebatnya tiny klo itemnya hyperstone semua...wkwkwkwkwk
    gila dah, mukulnya cepet bgt...musuh kena pukul 3-4 kali ud sekarat...bahkan ada yg mati :D
    tp itu cuma main iseng, g main serius kk.

    oiya, tiny di map baru kan ultinya bisa di upgrade pake aghanim...trus ultinya itu jd gmn ya? klo g salah bacaannya add siege attack gt ? mksdnya apa ya...g mudeng nih

    BalasHapus
  38. kk naym, klo pake aghanim katanya biasa siege
    maksudnya apa?

    BalasHapus
  39. klo pki PT boleh gk kk???

    BalasHapus
  40. From: Leonardo Gunawan...

    Kakak Naym, ada yang lupa...

    Drafting...
    Jangan pick Tiny:
    1. Kalau musuhmu ada yang pick Terrorblade, Nevermore dan Rotund'jere. (Nanti dijelaskan di bawah...)
    2. Ingin bersenang-senang di Late Game. Sorry, Tiny isn't a carry hero...
    3. Tim kalian kekurangan dokter.
    4. Anda penakut.
    5. Musuhmu ada yang pick Nortrom atau mereka yang corenya Radiance.

    Pick Tiny:
    1. Kalau musuhmu banyak cloners.
    2. Tim kalian kekurangan Tanker.
    3. Anda suka bodi-nya yang gede habis...
    4. Ingin cepat-cepat membuka war.

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Punya potensi, tapi prioritas ketiga...
    Ganker/Disabler = Ya!
    Nuker/Pusher = Kurang cocok.
    Support/Warder = Dengan semua skill-mu...
    Initiator = Dengan combo Avalanche-Toss...
    Tanker/Semi-Tanker = Dengan Craggy Exterior...

    Terrorblade:
    Musuh yang ini punya Sunder untuk mengcounter setiap bokongan Tiny yang bahkan punya combo Avalanche-Toss sekalipun bisa kena batu-nya. Dari sekian banyak killer, hanya Terrorblade yang paling mempan membunuh gankers yang sendirian...

    Nevermore:
    Hero ini sangat lemah, lebih lemah lagi daripada Terrorblade. Namun ingat akan Presence of the Dark Lord dan Requiem of the Souls membuat hero ini sangat ditakuti. Requiem bisa menghasilkan 2.400 damage spell hanya sekali klik imbas dari bodi Tiny yang paling gede di DotA.

    Rotund'jere:
    Hero ini meski lebih rapuh, namun dia berdiri di belakang untuk permahealing dan berkonsentrasi untuk memperhatikan HP Tiny untuk dibunuh memakai Reaper's Scythe...

    BalasHapus
  41. Kalo build saya :
    1. Arcane Boots
    2. Dagger
    3. Aghanim ( buat nambahin damage lebih sakit apalagi bangunan, WTF!
    4. Dagon
    5. SHiva
    6. Bm/taras

    BalasHapus
  42. doom bringer aja rata tuh

    BalasHapus
  43. kk... tiny pke aghanim tuh ngimprove apnya eah..?????

    BalasHapus
  44. kk, itemnya tiny kurang 1 tuh, AGHANIM
    kl ditambah aghanim tuh tiny dapet skill warclub, juga tambahan damage toss sampek 80%

    BalasHapus
  45. mau nambahin jg nih om, kalo misal tiny meng-toss seorang teman kemudian menaruh avalanche dibawahnya, maka teman itu akan terkena damage avalanche jg. Mungkin nggak terlalu guna, kecuali buat deny temen yang lebih mudah.

    BalasHapus
  46. kk ko pake avalanchenya susah amat si

    BalasHapus
  47. Firhan GodLIKE!!Kamis, Januari 27, 2011

    kk naym emng ULTI nya aleria ngurangin AS???? kok di CONS "attack speed amat parh udh gtu ultinya ngurangin attack speed"

    BalasHapus
  48. kakak, kok gk diupgrade sih guideny?? kan udah ada yang baru T_T

    BalasHapus
  49. kk naym, kan Aghanim's Scepter udah bisa improve ultinya, masukin donk ke Luxury Items
    lumayan, damage toss jadi hampir 2x, war club juga bisa bikin tiny bisa cleave attack

    BalasHapus
  50. agan
    kalo tiny sma techis kan kombo maut noh!
    tiny toss techis lalu techis aktifin suicidenya! jadi kombo sejati kan?

    BalasHapus
  51. Tiny Kelemahannya hanya itu

    BalasHapus
  52. sya mw tanya
    kan attack speed ma manax itu pyah bgt
    gmn klo item y itu ditambah quirass+shiva gmn?
    [(^_^)]

    thx ^^

    BalasHapus
  53. manasih skill War club katanya di aghanim kok ga ad
    gmna sih cara ad in war club nya
    tahnkz

    BalasHapus
  54. kak napa ak dah pke aghanim tpi gak ad skill baru nya???

    gmn kak cara dpeti skill bru nya

    BalasHapus
  55. SF, itu luxurynya gan, :)
    Gibran dan anonim, main versi map berapa nih? war club emang baru di tiny :)

    BalasHapus
  56. kk tambahin di best partner Tuskar lv 2 uda bisa first blood snowball+avalanche+ice shard+toss

    BalasHapus
  57. kk kayaknya itemnya kurang dagon tuh, biar jadi rajanya combo spell! avalanche lalu toss langsung selesaikan dg dagon! dorrrrrr!!! Godlike!!!!!!!

    BalasHapus
  58. kk tambahin juga di best partner sand king ,abis epi di utan,langsung toss ama avalanche. apa kagak rampage tuh????

    BalasHapus
  59. Anonim, thx, ane tambah dah :)
    Kambing hitam, ok! blink gratisan, hahaha

    BalasHapus
  60. kk,makasih guidenya ya,temen 1 clanku jadi dewa pake ini,kalo aku sih pake raigor,jadi tinggal di toss terus aku echo lanjut fissure lgsg rampage,habis dicoba di turney di deket rumah tuh,berhasil juara 1 ^^

    BalasHapus
  61. om reply nya dibuka pake program apa ?

    BalasHapus
  62. Anonim, sama-sama, kalo gitu selamat dah! ^^

    Anonim, baca tutorial liat replaynya di menu Map dan Patch,tq

    BalasHapus
  63. Gambar Tossnya, uda ganti lho gan,

    BalasHapus
  64. kk naym, ane pny trik bwt tmen2 disini yg ingin gedein AS nya tiny

    klo misalkan kt beli mkb, kt tetep bisa ambil Grow! tanpa ngurangin AS tambahan dr MKB
    caranya
    contoh kt lvl 8 mau naik ke 9, kita kan mau ambil Grow! (ikut build-up kk Naym) sebelum kt ambil Grow! kita drop/taruh MKB nya dl baru ambil Grow! jd AS tiny sblum pake MKB yg dikurangin Grow!, AS tambhan dr MKB tetep utuh/gak dikurangin sama sekali
    dan,AS tiny bertambah labih banyak drpd klo kt gak nge-drop MKB nya

    thx

    BalasHapus
  65. item build saya yang gila:
    1. BoT
    2. Aghanim
    3. Mjolnir?
    4. Assault cuirasse
    5. Guinsoo
    6. Shiva's Guard
    saya pernah nyoba 1 lawan 3.....buat rame2 aja seh....maen ma temen. tinny jadi undead.....kebetulan bikin tinny jadi kya gini, eh tiny nya malah susah di bunuh.......

    BalasHapus
  66. @God-Knows
    Very good trick, thanks sudah berbagi :)))

    @Anonim,
    mending Mjolnir ganti Dagger aj kk

    BalasHapus
  67. Klo gw awalnx tiny wa naikin mana nya...,lngsung bunuh musuh jha...

    BalasHapus
  68. Kalo aku lebih seneng paek dagon kk..
    AT + dagon mantab banget :D

    BalasHapus
  69. biasanya aku setelah dagger langsung rush sange yasha kaks :)

    BalasHapus
  70. waow nice info kk .. kebantu wa pake tiny..
    da saran 1 buah kk.. ditambah 1 best friend tuh butcher ..
    combonya gini gan :
    1. toss butcher ke msh
    2. butcher langusnk dismember
    3. truss tiny nya dagger ke area msh truss avalence..
    4.xlo msh kabur masih bisa di tarik pake hook dijamin mati 100%

    BalasHapus
  71. nice guide,

    tini salah satu char fav saya gan^

    fav itemnya biasanya gini :
    1. soul ring
    2. arcane boots
    3. blink dagger

    luxury nya : shiva / Ac / Hot
    situasional : Hod

    tini kubuat ngetank emang potensinya disitu
    sebagai pembuka war, biarkan agi nya yg 'main' buat nge kill dan bersenang2 di late game :)

    BalasHapus
  72. kk tanya dong klo tiny d kasih butter enak juga loh, ada evation yang membantu tiny jadi tanker kuat, tambahan ASnya juga lumayan buat tiny dgn damage segede itu, gmana menurut kk ?

    BalasHapus
  73. Gak. Tiny udah punya yg lebih bagus dari Evation, yaitu Craggy, malah selain pukulan miss target jg kena mini stun dan damage.

    BalasHapus
  74. nggak nyangka tiny tanker padahal armor parah, dah aginya parah jua, gilaaaa

    BalasHapus
  75. Tiny punya potensi semitanK :)
    STR Gain 3, dan craggy Exterior nambah armor.

    BalasHapus
  76. tossnya tiny kadang yang di toss kagak terbang,itu bug ato apa ya?

    BalasHapus
  77. kk damage tossnya tiny itu kan 80% dari damage tossnya, nah, jadi 80%*300+300 ?
    jadinya 240+300 = 540 ?

    BalasHapus
  78. @marcel,
    iya, kalau tiny sudah megang Aghanim. tp tetap dikurangi resistance -25% :)

    BalasHapus
  79. kk naym, kalo maen dota OMG ultinya tiny bisa diambil gk ?
    tks

    BalasHapus
  80. di OMG bisa kog ambil grow , tapi level1 ny bukan jadi besar , rapi jadi kecil

    kalau combo AT berhasil , kira kira damage ny segini :
    damage ava : 300 , kurangi resis jadi 225
    damage toss : 300 , kurangi resis jadi 225
    bonus damage toss : 240 , kurangi resis jadi 180
    +
    double damage ava , tambah lagi 225 ( dikurangi resis )

    jadi 225+225+180+225 = 855

    CMIIW

    -Nirvana Vid'z-

    BalasHapus
  81. kalo gue sih pake tiny yg pertama nambahin MS (power threads), trus nambahin armor ama aura2 (quirass), dan yg palimg penting buat gue kalo pake tiny tuh, ya AS nya om, kalo lg by one udah cast spell sedemikian rupa, tp pukulannya lelet ya kemungkinan si musuh kabur lebih besar gan, makanya gue kalopake tiny langsung beli hyperstone dua biji ^_^

    BalasHapus
  82. Baru nyoba tiny Kaks, mikirin item ma strategi sendiri eh disini malah lebih lengkap wkwkwkw

    BalasHapus
  83. Tiny kuat lawan roshan level berapa ya? thx

    BalasHapus
  84. kk kalo tiny pake desolator sama maelstrom bagus tak? hehe

    BalasHapus
  85. wew kok bnyk yg nge build tiny DPS-er ya ?

    icefrog ngasih -AS ke skill grow, dan stat agi yg kecil.
    itu artinya icefrog tdk mendesain tiny jd DPS-er.

    penambahan DPS pd skill grow dan stat str yg tinggi, mungkin kk'ice brtujuan agar pemain tiny menaikkan stat int dibandingkan stat str, dan menaikan armor dgn item2 yg trsedia untuk ketahanan.

    penambahan DPS pada tiny, mungkin kk'ice bertujuan untuk meningkatkan efek cleave(item bf) pd tiny.
    tp skarang ulti tiny bisa di improf, dan mendapat skill tambahan, yg membuat tiny jd bisa cleave.
    mungkin dulu item bf bagus buat tiny, tp skrang sudah tidak, ada yg lebih baik > aghanim yg bisa meng improf ultinya, itulah sebab nya kk'ice menambah skill warclub yg memiliki efek cleave pd tiny.
    knp harus cleave ? mungkin kk'ice ingin mnjadi kan tiny salah satu anti image, alias serangan tiny area semua.

    ultinya tiny "grow" meningkat kan MS +20. kk'ice tau aja mangsa sering kabur dgn AS tiny yg lamban. jd kk'ice manambah kan MS pd ultinya, jd make tiny jgn mukul2 kyak hero DPS, emang badan nya yg SUPER BESAR buat apa ? selain buat menutup jalan.

    jd tiny mukul nya kyak tehnik ordwalk, tp bukan ordwalk. abis kombo VT, kan toss ada jeda 1 detik tu sebelum ke tmpat pendaratan ? manfaakan untuk menghalangi jalan kemungkinan kaburnya dgn badan mu yg besar, pukul 1x - trus liat arah jalan nya musuh, kejar - pukul - kejar - pukul, klo bisa jalan di samping nya, alangi jln nya.
    tp jarang banget si kyak gitu, palingan klo item blom jadi dan ngelawan tenker super aja yg kyak gitu.

    lg pula klo maen pukul2 buat apa? merut saya kk'ice membuild tiny jd hero spell caster anti imege yg bisa jd semi tangker gangker dan suport, maka di anugrahi lah skill Craggy dan stat str yg tinggi pd tiny, agar tiny dapat bertahan di dlm pertempuran sampai skill ave, tos dan skill pd item menyala kembali.
    jeda ave dan toss sekarang di 6.72f sudah 12 dan 10 detik doang, waah makin sering dah liat kombo VT keluar.

    -CMIIW-

    aku setuju sama kk'naym membuild tiny jd spell caster, lanjutkan kk cayoo..
    kk up date tiny nya yaa..
    allies sama enemies nya masi dikit tuh.
    kyak'y item baru VoD juga cocok buat tiny.
    :standar item ku:
    >arcane boots
    >dagon
    >shiva
    >dagger
    >aghanim
    >(situasional=tarras,HoD,vang,VoD,radiance dll)

    thanks

    BalasHapus
  86. kk gimana cara ngetos atau ngangkat musuh ke arah temen gw? kayak lempar musuhnya gtu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal musuh nya ada deket kita..
      apa lagi kalo di area cuman ada kita ama musuh yg mukul mukul kita..
      ya udah tosnya arahin ke teman aja :)

      Hapus
  87. om gw liat di wo dota emang toss bisa ke arah temen yah?

    BalasHapus
  88. kk maksud icefrog bikin ulti yg nambahin damage apa sih ?,padahal tiny kan speel caster

    BalasHapus
  89. bro nih sedikit pertanyaan,, gwa ama temen gwa maen tiny pake phower trhead + sange yasha...
    menurut loe gmna???
    kata gwa sih selain nambahin ms,as, juga nambahin atack jadi lebih sakit...
    penggunaan tos + stun kan gak akan selalu di pake nih,, (pass creeping cape" buang mana mending pake tangan aja),, jadi tiny tuh gak musti terpaku ama stun + tos nya aja..
    tolong komentarnya bro..

    BalasHapus
  90. kalo gw tuh beli:
    4 iron wood branch
    kurir
    tango
    clariti

    early item
    boot
    botol
    magic wand

    mid item
    pt(soanya dah ada botol,tapi kalo temen gk ada yg beli arcane ya beli arcane)
    dagger

    late item
    assault cuiras(nambah as ama armor yg amat dibutuhkan tini apalagi ada minus armor aura)
    mask of madnes(emang keliatan gk guna tapi guna banget dah ini berasa kek make ultinya sven,ni item dibeli late game karena as tiny dah rendah ama tiny dah banyak armor gara2 assault cuiras)

    sisanya gw liad2 musuh

    skill build
    Level 1 - avalanche
    Level 2 - toss
    Level 3 - Avalanche
    Level 4 - Toss
    Level 5 - Avalanche
    level 6 - grow(diambil buat creeping ama nambah ms nambah damage toss,jadi rugi kalo ambil toss di level 6)
    level 7 - toss
    level 8 - toss(dari pada naikin avalanche yg damagenya gk jauh beda dari level 4 ama level 3 avalance,jadi mending naikin toss nambah damage ma rangenya)
    level 9 - avalanche
    sisanya Craggy Exterior,grow,Craggy Exterior,Craggy Exterior,Craggy Exterior,stats,grow,trus stats dah

    dijamin lo bisa ngalahin carry2 musuh gara2 lo ada skill 3

    BalasHapus
  91. skarang klo pakek aganim tiny g usah ambil kayu lagi yah?
    jadi permanent deh....
    haha g usah repot nyari pohon wat diambil keuntungan nya banyak g rugi waktu rugi tenaga dll

    hahah i love tiny

    BalasHapus
  92. saran aja nih, combo tiny sama axe GG juga bro. kemaren itu g maen pake axe temennya tiny nice jg maennya. dilempar lgsg call. seru deh triple kill trs. wkwk. semoga bs jadi pertimbangan. thx.

    BalasHapus
  93. Kalo solusi gw mw nambah AS dan Dagon kasih Etherial aj sakit thu pasti. Truz best friend ny ama rexxar yg aspd aura ato lycan

    BalasHapus
  94. tmn gw keren make tiny pke satanic. Maju sndiri ke wilayah musuh. darah tipis kagak mati2 alias langsung full krn ng klik satanic 2 hit doank.

    BalasHapus
  95. tini tu enak...
    gw nubi... baru maen..
    pengalaman gw yg asik make tini tu
    gw kan masi ucup ikutin deh skill build dari sini. :)

    gw di bokong ama gondar.. gondaar nya jadi banget..
    gw item cuman arcane aganim doang tapi dah levl 16++

    di ngilang trus bokong gw pas bokong dia nge stun..
    ya udah gw avalance ama toss pukul mati gondar..(gagal bokong dia)
    trus gondar beli buy back gw di kejar lagi ama gondar n lina
    lina stun gw gondar nyerang gw..kerna jarak nya cukup jauh gw tos (tanpa make avalence dulu) deh gondar ke lina.. trus jalan balik darah sekarat cuman sekali tiup lagi -50, gondar ngilang pas mukul gw nge stun lago baru gw kasi avelane tos.. mati lagi gondar.. wkwkwkwkwwkw


    enak make tini apa lagi kalo udah ada arcene bot hha crep jadi enak.. :)

    tapi berhubung gw masi nubi..
    selama make tini gw blom pernah ke beli siva ..
    mentok mentok item gw cuman arcbot aganim ama dagon itu pun lvl1 :(

    ajarin make tini yg pro dong..
    gw suka susah kalo di lane musuh ada yg range. T_T

    BalasHapus
  96. kk, tlng bngt ya, kalo pake buriza bgs ga? ga bgs ya krn atck speed nya buruk?

    BalasHapus
  97. kalau gw maen tiny biasanya pertama belii boot of speed, soul ring terus lothar. lvl 11 enak bgt hajar musuh berdarah imut 150 damage + grow + VT + 1 kali getok paling mati ahahahahah.. lagi pula beli lothar jadi ga perlu beli dagger lagi kan?

    BalasHapus
  98. buat build dps, butter bukan item jelek loh kak, gua pernah by 1 sm tiny pake jara sm2 jadi.. kl mukul dy 24% kena craggy, kl pun kena masih ada 30% miss..

    tapi kl buat maen tim, bys gua hybrid kk jadi bikin arcane sm shiva, tp bikin madness jg.. nurut kk gmn??

    BalasHapus
  99. kk tiny cocok pake vlad ga??jd build aku:
    pt
    vlad
    shiva
    aghanim
    cuirass
    bagus ga kk??

    BalasHapus
  100. kk, crystal maiden ga masuk best allies nya tiny ya? aura nya kan guna bgt tu buat tiny

    BalasHapus
  101. kk naym buat enemies tanbahin magina dumz,sy ketemu magina di early abis terus mananya T.T

    BalasHapus
  102. kk tambahin magina jd worst enemies dari tiny dong,udah resistance gede sekali pukul mana bisa kurang banyak

    BalasHapus
  103. saya nambahin kk , menutrut saya enemies yang paling sulit buat tiny itu adalah silencer . dan kk pasti tau alasannya

    BalasHapus
  104. kakak NAYM Kalo misalnya musuhnya di Toss ke jurang ato ke tengah hutan gmn? Kan lumayan lah.. kalo dia belum punya dagger dan scroll (pasti dia pakai -unstuck), kita bisa menikmati bermain sendiri dengan aman dan nyaman. Belum lagi dia bakal ketinggal level :D. ISENG-ISENG BERHADIAH GIMANA GITUH... >.<

    BalasHapus
  105. item utama bagi gua aghanim, soalnya LastHitnya cepet bgt kalo megang batang kayu ~lol ditambah damgenya yang sampe 200 karna ultinya. bayangkan 3x getok musuh berdarah 1000 langsung 100

    BalasHapus
  106. wakowkoawkao rotund jere ga jadi enemy tuh wakwakwakwa. Kan tr uda setengah langsung tewas wakoawkoawkoko

    BalasHapus
  107. hal yang menarik dari hero ini adalah hero ini paling gampang creepingnya (kalo udah punya soul ring + arcane boots, ngejar dagger di utan cuma beberapa menit jadi) :D
    dan tiny dengan modal arcane boots + soul ring + dagger aja tiny udah jadi, ga perlu item-item mahal lagi. CMIIW

    BalasHapus
  108. allies nya tambahin axe dong... kalo abis dilempar axe teriak... waktu durasi teriak abis di stun.. damagenya berapa itu.. g kebayangkan pasti

    BalasHapus
  109. item buat late game pengganti sepatu kalo ane bilang bisa butterfly buat AS dan evasion ato ga assault cuirass buat nambahin armor kalo dikeroyok. jadi strateginya ajak 1 temen (tugasnya buat bokongan) terus kalo udah liat musuh serang biasa dulu kalo dia kabur pake combo vt kalo udah tugas temen kita adalah abisin sisa hp sang musuh... bisa dikeroyok bareng apa ngga kasih ulti temen strategi yang lumayan kalo lagi counter attack ke markas musuh ya nggak?? sori kalo salah

    BalasHapus
  110. ini item build untuk tiny type hitter (ini build yg di pake tim EHOME saat melawan tim Orange loh)
    aghanim,
    manta,
    assault,
    butterfly,
    BDK,
    BoT

    BalasHapus
  111. kk naim.. tambahin 1 lg donk friends ny... centa jg paling serasi ama tiny.. toss, stun ny centa, stun tiny abis itu double edge deh... mantab!!!!

    BalasHapus
  112. kalo tiny pke battlefury gmn ya ? bgs bt tiny ato cm buang gold aj ?

    BalasHapus
  113. gmana cranya byar bsa ngmbil batang pohon kk ???

    BalasHapus
  114. kalo ane item fe nya gini
    Arcane boot
    Madness
    Aganim
    Kellen
    Cuiras
    dagon
    blink , VT , madnees = die

    BalasHapus
  115. tiny klo dibuat support rasanya kurang cocok menutrutku soalnya kalo support kerjanya cuma stun doang klo sendirian g bisa ngekill cuma nggertak aja karena damagnya yg gede tapi klo dibuild seperti ini:bracer,pt,sangeyasha,butterfly,cuirass,aghanim lebih enak attack gede cpt dan juga cleave(aghanim)

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats