DotA Guide Indonesia

Bradwarden – The Centaur Warchief




Gifted with a tremendous body and an ever-growing fortitude, Bradwarden's courage is only matched by the size of his heart. Prophesized as a savior by the oracles of his tribe, Bradwarden is the living token of the allegiance of the centaurs to the Sentinel. He swings his axe with massive force, sometimes even hurting himself when doing so. The ground trembles every time he slams his hoof and his reflexes are impossible to surpass; allowing him to retaliate just after being attacked. Bradwarden is decided to fulfill his destiny, and he knows that the upcoming battle will become his ultimate challenge.




INTRO



Bradwarden adalah tanker. apapun build up mu, dia adalah tanker.

Apa itu tanker?
“Pada dasarnya hero bisa disebut TANKER adalah dia yang dengan sengaja mengorbankan dirinya dengan menerima serangan2 musuh untuk melindungi temannya. Sehingga teman nya itu mudah melakukan tugasnya yaitu membunuh lawan. Untuk menjadi seorang tanker, kamu harus siap ‘menerima’ banyak damage. Dan juga kamu harus bertindak yang memicu lawan untuk menyerangmu”

Kenapa harus Tanker?
‘langsung lihat skill-skill hero ini saja’, itu alasannya gan..

Spoiler Statistik Hero



Name: Bradwarden
Affiliation: STR Sentinel
Strength: 23 + 3.8
Agility*: 15 + 2
Intelligence: 15 + 1.6
HP: 587
HP Regen: 0.94
Mana: 195
Mana Regen: 0.61
Damage: 55 - 57
Armor: 3.1
Movespeed: 300
Range: 100 (melee)
Attack Time: 1.48 (+15%)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800




Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN
1. Salah satu Tanker yang bagus, bukan yang terbaik sih
2. Pembuka war yang sangat baik, meski bukan yang terbaik juga' sih :p
3. Durasi DIsable nya lama
4. Base damage yang baik

KELEMAHAN
1. MELEE
2. 'agak' lamban
3. Butuh 'sedikit' bantuan teman sih untuk bisa bunuh.




SKILLS

Hoof Stomp



Slams the ground, stunning and damaging nearby enemy land units.
Level 1 - 100 damage, 2 second stun.
Level 2 - 150 damage, 2.25 second stun.
Level 3 - 200 damage, 2.5 second stun.
Level 4 - 250 damage, 2.75 second stun.

AoE : 315
Mana Cost: 85/100/115/130
Cooldown: 13
Ini skill ‘pembukamu’, tapi karena area nya kecil, sulit untukmu menggunakan skill ini tanpa ‘blink’. Efek skill ini STUN, jadi jangan lupa gunakan untuk menghentikan channeling spell juga. Jangan gunakan skill ini sebagai skill ‘nuke’ untuk menyicil HP musuh, kamu bukan nukers, gunakan saat dibutuhkan terutama kalau kamu merasa bisa mendapatkan kill.

Hoof stomp bisa menyerang hero invisible, juga yang tidak kelhatan di fog of war. Tipe damagenya magical, jadi damagenya dikurangi spell resistance lawan dan diblock oleh spell immunity.


Double Edge


The Centaur summons a tremendous amount of inner strength and releases a very powerful attack. It can only be done at melee range, and it damages both the Warchief and the enemy units around the target.

Level 1 - Deals 175 damage.
Level 2 - Deals 250 damage.
Level 3 - Deals 325 damage.
Level 4 - Deals 400 damage.
Mana Cost: 0
Cooldown: 8
Casting Range: 150
AoE: 190

Termasuk Skill nuke yang sangat berbahaya. Meski damage nya lebih besar dari ‘pure’ damage nya tinker, tp skill ini juga ‘sakit’ untukmu. Skill ini Paling sakit di early, jd Harus dimentokin secepatnya. Cooldown nya singkat, gunakan skill ini langsung setelah target terkena stomp, atau gunakan skill ini sebagai pembuka, supaya kamu bisa menggunakan skill ini 2 kali atau lebih.

Hal yang penting lagi, karena damage nya gede dan tidak ada mana-cost, jadi kalau HP-regen mu sudah bagusan, gunakan skill ini untuk membunuh creep range musuh atau hero jungler yang HP nya di bawah 400, instant kill-free midas dengan cooldown 8 detik ^^,

Skill ini sudah tidak bisa lagi digunakan untuk deny diri sendiri, jadi kalau kamu menggunakan level 4 skill ini dengan HP 300, HP mu akan tersisa 1 saja.

Tipe damage nya ‘magical’ ( baik untukmu maupun target ) , damage dikurangi spell resistance masing-masing, dan diblok oleh spell immunity dan linken’s sphere.


Return


The Centaur Warchief immediately counters every attack against him with a swift strike.
Level 1 - Returns 16 + 26% STR as damage
Level 2 - Returns 18 + 34% STR as damage
Level 3 - Returns 20 + 42% STR as damage
Level 4 - Returns 22 + 50% STR as damage
Efek nya mirip dengan item ‘blade mail’. Musuh yang menyerangmu langsung terkena damage tepat saat dia meng-klik- mu, jadi bukan saat serangan mereka mengenaimu. Kemampuan return ini mengembalikan semua damage dengan tipe apapun termasuk serangan dari tower.

Tipe damage nya physical, jadi bisa menembus magic immunity. damage dikurangi armor dan diblok oleh vanguard,stout shield.

Dan karena sekarang damagenya berdasarkan persentase, artinya semakin gede STR mu, semakin gede pula damage returnmu.


Stampede


Grants you and all allied player units on the map max movement speed and zero unit collision for a short duration. Any enemy units you or your allies come into collision with take some damage and get slowed. Enemies can only be affected by stampede impact once.
Level 1 - Maximum movespeed, no collision* / 1xSTR damage, 1.25 sec slow**
Level 2 - Maximum movespeed, no collision* / 2xSTR damage, 1.25 sec slow**
Level 3 - Maximum movespeed, no collision* / 3xSTR damage, 1.25 sec slow**
Mana Cost: 80
Cooldown: 120/90/60
Durasi: 3.75 Detik
AoE: Global*/105**


(*)  Efek untuk Allies
(**) Efek Untuk Musuh. 100% Slow (MS Minimum = 100 MS)
Ultimate centaur untuk memicu gemuruh kerusuhan. Semua unit teman yang ada di map (dimanapun berada) akan menerima efeknya saat diaktifkan, yaitu Maksimum MS (522) dan nol collision (seperti phase boots) dan apabila ada musuh yang kalian tembus akan menerima damage berdasarkan STR centaur dan terkena 100% slow.
Tipe damage magical, dan tidak menyerang musuh magic immunity.



SKILL BUILD

1. Hoof Stomp
2. Double Edge
3. Double Edge
4. Hoof Stomp
5. Double Edge
6. Stampede
7. Double Edge
8. Hoof Stomp
9. Hoof Stomp
10. Return
11. Stampede
12. Return
13. Return
14. Return
15. Stats
16. Stampede
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats


Hoof stomp di level 1 jelas karena ‘stun’ nya, daripada langsung ngambil nuke tapi melukaimu?. Sangat membantu ngebokong di early, terutama klo temanmu stunner juga. Slain itu skill juga berguna untuk kabur dari serangan lawan melee.

Seperti skill nuke lainnya, semakin cepat double edge mentok, semakin baik karena klo semakin lama diambil, semakin berkurang sakit nya.

Hoof stomp dan double edge harus dimentokin pertama, karena itu return baru diambil di mid game, return ‘kurang’ berguna di early, semua orang juga tahu, early itu masa nya spell caster, klo ga punya nuke di early, kamu LEMAH.

Stampede adalah skill yang paling berguna untukmu dan tim mu, skill ini akan membantu memicu war dan menolong temanmu yang sedang terpuruk sendirian. Pokoknya jangan melewati skill ini.



ITEM BUILD DAN GAMEPLAY





EARLY ITEM

ITEM AWAL
Kamu bukan carry, jadi km ga butuh banyak item mahal. Jadi sebaikna beli item2 yang bisa membuatmu cepat ‘jadi’, nah beli Magic stick, quelling blade (byar enak creepingx) dan sisanya tango/healing slave, dan branch. Klo mau ngutan kusarankan beli stout shield dan tango sebanyak2nya.


ITEM CORE
BRACER

Tanker butuh HP, item ini memberimu HP – dengan harga yang murah


BOOTS OF SPEED

Base Ms brad sudah dikurangi ke level ‘normal’, Tidak ada alasan untuk ga beli sepatu ini.


MAGIC WAND

Tanker selalu ada di barisan depan ( karena melee), area yang cukup dekat untuk menambah ‘charge’ item ini. Untuk yang ga tau ini gunanya apa : item ini termasuk item ‘healer’, yang heal nya berdasarkan jumlah ‘charge’ yang sudah dikumpulkan (maksimum 15 charge ), ‘charge’ didapat setiap kali musuhmu menggunakan spell, dan kamu ada di lokasinya saat spell itu digunakan. Setiap charge nya menambah 15 masing2 HP dan Mana.


HOOD OF DEVIANCE

Sebaiknya ini item yang pertama jadi. Double edge juga mengurangi HP mu dengan magical damage, dengan item ini, damage yang kamu terima dari double edge semakin berkurang. Selain itu kamu diciptakan untuk menerima damagemusuh (tanker), berarti item ini juga sangat dibutuhkan tim mu.







Early Gameplay
Drafting...

Jangan Pick Centaur:

1. Kalau lawanmu ada yang pick para Anti-Tankers. (Terrorblade, N'aix, bahkan Rotund'jere)
2. Tim kalian kekurangan killer.
3. Anda benci nge-tank.
4. Anda takut membuka war.
5. Musuhmu ada yang pick Nortrom atau mereka yang corenya Radiance.


Pick Centaur:

1. Kalau kalian belum punya Initiator.
2. Tim kalian butuh jasa para sacrificiers. (Tanker)
3. Musuh kalian banyak yang pick hero yang rapuh/carry.
4. Suka akan bodinya yang gede.


Peran:

Carry/Semi-Carry = Kurang cocok.
Ganker/Disabler = Cocok.
Nuker/Pusher = Tidak disarankan.
Support/Warder = Anjuran bagus.
Initiator = Teruskanlah perjuanganmu!
Tanker/Semi-Tanker = Diharuskan yang ini!!!


Lane

Lane untuk centaur, kusarankan main dual lane, di atas atau bawah terserah kamu. Tapi pliss jangan main SOLO, tidak ada modal yang kamu miliki untuk main solo early. Jadi se-lane bareng stunner lah yang terbaik, dengan begitu potensi membunuhmu sangat besar.





Selain jangan SOLO di early, pliss!! Jangan ngutan juga. Klo km nekat ngutan sejak early, km mengorbankan potensimu sendiri, karena skill utan mu adalah ‘return’, artinya km mengorbankan salah satu skill ‘nuke’ mu, padahal semakin awal skill itu lebih ‘sakit’. Tapi klo tetap mau utan juga, ada aturannya nih..


Aturan Centaur main utan:

- DI tim mu HARUS ada 2 hero yang ‘kompoten’ main solo. Dan salah satunya sanggup bertahan menghadapi 2 hero sekaligus.
- Kedua Hero yang solo itu bisa membantumu nge-bokong musuh di lane ‘mereka’
- Salah satu skill earlymu diganti dengan RETURN
- Beli stout shield sebagai item awal
- Tetap beli quelling blade
- Lakukan creep pulling


okay .. sebelum ke lane, maju ke sungai t4 munculnya PU ( klo ga mau, lakukan creepblocking). Klo partnermu rhasta,CM,naix, atau bane,dll. lalu kamu dapat invis/haste, atau Double damage, langsung bokong musuhnya, stun partner mu sebagai pembuka, lalu maju dan gunakan hoof stomp, lalu gebuk2,..100% FIRST BLOOD!

Hal yang juga penting kamu ingat dari centaur adalah, di ‘LEVEL 3’ km udah punya skill yang sangat berbahaya loh, yaitu double edge-250 damage. Damage segede itu untuk level 3 tuh SAKIT bgt, klo temanmu stunner, lakukan yang harus kalian lakukan, jangan lupakan potensi itu.

Untuk creeping di lane tidak akan sulit menguasai lane. Kamu punya hoof stomp, yang pasti ga ada yang mau mendekatimu, jadi maju aj ke area creep supaya musuhmu jaga jarak/menjauh. Apalagi klo temanmu stunner, sudah pasti kalian akan menguasai lane,

Tapi ingat situasi ga pernah sama, klo lawanmu dual stunner, tentu creeping menjadi jauh lebih sulit. Tapi ada hal penting yang kamu ketahui juga dari hero ini, dan ‘mungkin’ membantumu nge-last hit untuk situasi itu. Animasi ‘normal attack’ mu cukup lama, tapi untuk dapat last-hit kamu ga perlu ‘melihat’ seluruh animasi seranganmu, jadi gunakan ‘animation cancelling’ untuk mempersingkat durasi ‘normal attack’mu, lihat gambar..

Photobucket

Centaur nyerang (damage) targetnya saat ‘kapak’ nya diangkat ke atas. Karena damage udah keluar cepat2 klik mundur/menjauh , itu penting untuk mengurangi peluang musuh nyicil kamu.


HOOF STOMP
Untuk penjelasan kegunaannya, kayaknya dibagian SKILL udah cukup jelas. Nah.. sekarang tinggal melihat sejauh apa 315 AoE ( area stun ). Mendapatkan SS dari 315 AoE skill ini ternyata sangat sulit ;( karena animasi skill ini sangat CEPAT), tp akhirnya sy menemukan cara supaya kamu tahu sejauh apa area efek skill ini, perhatikan jaraknya baik2...


Photobucket

SS ini akan membuatmu ngerti sejauh apa 315 AoE, lihat di gambar ada 3 meepo, 2 kena dan 1 tidak, artinya 315 AoE adalah sampe ke meepo kedua aj.


Sama seperti normal attacknya, animasi stomp juga cukup lama. Bedanya klo menggunakan stomp, centaur mengangkat kapak nya lebih tinggi..

Photobucket

Dengan melakukan ‘animation cancelling’, bisa saja lawan membuang2 mana nya dengan menggunakan skill ini, terutama untuk blinker..


Photobucket

Qop merasa klo sy akan menggunakan stomp, refleks dia melakukan blink untuk menghindari.


Photobucket

Wakaka,, sy melakuakn canceling (STOP), qop rugi blink dan mana nya :D


Centaur sangat kuat di early game, itu karena damage double edge nya 400. Untuk early sungguh itu jumlah yang sangat banyak, terutama klo targetmu hero yang pertumbuhan STR nya kurang, dan yang TIDAK membeli item2 stats seperti circlet, gauntlet,branch,dll. Karena itu melakukan roaming(mobile-nge-bokong) itu sangat penting kamu lakukan.. Tapi sebelum meninggalkan lane untuk nge-bokong, ada sedikit hal yang perlu kamu perhatikan..

- Pertama-tama, lihat teman lane mu ^^, sanggup tidak bertahan sendirian.. bukan ide yang bagus klo km meninggalkan CM sendirian melawan Tiny-Lina :D

- Kedua, pastikan target ‘lemah’ untuk STR ( HP ), jangan perhitungkan dulu armornya , yang jelas STR nya, jauh lebih efektif nge-bokong musuh yang ga beli resep2 bracer/wraith/null atau branch. Sebaiknya temanmu yang ada di lane itu adalah stunner/slower/disabler.

- Ketiga, saat yang terbaik untuk nge-bokong adalah setelah kembali dari fountain atau baru ‘respawn’. Musuh akan mengira kamu dalam perjalanan kembali ke lane ( atau tidak :p), jadi mereka ga akan terlalu waspada.



Creeping di early sangat penting, kamu termasuk carry di early, item pertama yang harus kamu kejar adalah sepatu dan hood, kamu butuh banyak last hit untuk membeli semua itu.






MID ITEMVANGUARD

Salah satu modal penting buat ngetank.


KELEN’s DAGGER

AOE stomp sangat kecil, karena itu permudah dengan blink. Juga berguna untuk ngejar dan kabur.







MID STRATEGY
Tugasmu di mid game adalah nge-bokong sesering mungkin. Jadi klo hood udah jadi (apalgi klo udah dagger ) langsung mulai nge-bokong non-stop. Tujuanmu adalah HERO CARRY lawan, apapun yang terjadi atau kapanpun km ngeliat ‘dia’ asik creeping, langsung bokong dia, membuatnya ketinggalan level dam menceah item2 nya jadi termasuk tanggung jawab ganker seperti mu.

Kenapa harus nge-bokong? Trus mau ngapain lg donk, kamu bukan carry yang 'tetap harus creeping' di mid game, kamu ga terlalu membutuhkan item mahal untuk mendapat KILL, jadi daripada creeping yang ga terlalu berguna, mending nge-bokong, dapat gold juga malah. Selain itu centaur memenuhi SEMUA kriteria hero2 yang WAJIB roaming.


Kriteria Hero Roaming (ganking-ngebokong) :

- Punya skill disable/stun
- Tidak bgt butuh item2 mahal
- Tidak masalah klo ketinggalan level
- di level 1, skill nya sudah 'membantu'.

Kalau kamu belum punya dagger, disela2 nge-bokong, lakukan creeping di hutan, mentokin skill ‘return’, sangat membantumu ngutan. Selain ngutan, dengan ‘return’ maksimum, juga membuatmu bisa membersihkan segelombang creep dengan mudah ‘sendirian’ ( u know.. seperti yang byasanya dilakukan Axe ), skalian defense memperlambat creep lawan menghancurkan tower mu .


Yang paling membanggakan untuk tim dari centaur adalah menjadi ‘pembuka war’. Dengan blink-stomp centaur, banyak menutupi ‘kekurangan’ yang ada di tim.

Blink kapanpun kamu melihat banyak hero ‘berdekatan’, klo jarak mereka cukup jauh satu sama lain, tunggu dulu sampai ada waktu yang tepat. Karena klo ada 1 hero yang ga terkena stun, situasi ga akan sama. Slain itu pastikan teman mu juga sudah siap, akan sangat ‘menyebalkan’ kalau km sudah melakuakn blink-stun tp temanmu tidak datang membantu ;(


Tips Centaur Nge-bokong:

- Buka dengan Blink-stomp pada momen yang tepat (seperti yang kubahas di atas)

- Selain blink, cara lainnya adalah dengan sembunyi di hutan terdekat ( di belakang/ arah pulang target), lalu keluar dekati target dan STOMP!

- Jangan pernah ragu menggunakan double edge, meski teman mu stunner atau super nukers juga.ga ada rugi nya sama sekali, karena meski HP mu dikurangi, tapi nge-bokong adalah situasi dimana musuh ‘terjepit’, artinya ga ada masalah.


Okay, harusnya kamu udah berhasil melakukan banyak bokongan, dan jangan lupa dengan ROSHAN, karena km ga mungkin solo-roshan, jadi tunggu sampai teman2 carry mu ‘siap’, nah.. kuharap teman2 mu memberikan aegis nya untuk mu, pikirkan soal Doble tank + Double Stunner ^^.




LATE ITEM

BLADE MAIL


Sebagai hero TB blade mail adalah CORE. Cooldown nya singkat, dan sinegi dengan return mu, membuatmu bisa nge-tank lebih lama. Item ini melengkapi kebutuhan ‘tanker’ mu. Jangan lupa pula item ini menambah armor dan manamu,.


ALTERNATIF ITEM

EMPTY BOTTLE


Alternatif magic wand, bisa digunakan untuk isi PU, jadi brad yang bawa ini sudah pasti brad full-ganker.


Luxury!

BOOTS OF TRAVEL


Item yang memberikanmu kemampuan teleport.


PHASE BOOTS

Beli hanya klo km merasa musuh2 mu itu ‘susah’ dikuasai. Resepnya mudah, dan harga yang murah. Beli ini klo mau sering roaming. Tp kusarankan beli BoT aj.


RADIANCE

Radiance adalah item yang sangat cocok untuk tanker. Sinergy dengan return mu. Burning aura emang cocok dipakai oleh hero yang selalu ada di barisan depan. Tapi harga resepnya mahal,, sementara brad ga di build untuk jadi carry,


SHIVA’s GUARD

Item support dari para tanker. Slower, armor, -25 % IAS aura, membuatmu menjadi tanker yang sangat kuat dan ditakuti. Item ini lebih baik dari cuirass untuk brad. Tapi build up ini membuatmu jadi semi-carry, dan kurasa tambahan INT nya agak ‘berlebihan’.


ASSAULT CUIRASS

DPS build up, sinergi dengan shiva’s dan radiance. Tapi kamu ga di build untuk gedein damage, jadi AS tidak bgt berguna.Tp sinergi juga kok dengan ‘return’ mu dari -5 armor aura nya.


KHADGAR’s PIPE

Upgrade hood mu klo lawan mu kebanyakan nukers, terutama banyak yang punya spell area. Klo nukers nya sedikit, hood aj sudah cukup.


HEART OF TARASQUE

Sangat cocok buat tanker, tp sekali lagi peran mu adalah nge-tank. Kamu ga punya waktu creeping untuk beli resep item ini, kalaupun punya cukup gold, kusarankan beli radiance/shiva/cuirass aj, lebih nge-support tim.


TALISMAN OF EVATION

Counter nya hero2 DPS di late game, menambah EHP mu sebanyak 25% dari physical attack.


FORCE STAFF

lebih murah dari dagger, tapi penggunaanya berbeda, karena force ‘mendorong’ mu maju beberapa unit ke DEPAN mu. Berguna kalau kamu telah menggunakan blink-stun, dan kamu terken serangan dan tidak bisa menggunakan dagger, kabur dengan item ini.


BATTLE FURY

Sebenarnya sy mau masukin ini di bad, srius!, tp setelah membaca komen teman2 ^^, kayaknya ‘pemahaman’ bad item teman2 tuh berbeda dengan sy. Tp jujur klo mau regen dari item ini, magic wand jauh lebih hemat dan ‘praktis’. Untuk cleaving bagus sih buat creeping, tapi sori brad ga di build untuk jago creeping (carry), ‘brad is a tanker’ . Ga ada pro yang membeli item ini untuk brad.


MANTA STYLE

3 tanker, waw!



BAD ITEM

POWER THREADS


Sebenarnya bukan bad sih ;P tp karena phase dan BoT jauh lebih berguna dari PT untuk brad. IAS dari PT ga berguna karena kamu tidak gedein damage, dan tambahan MS nya kalah jauh dari phase dan BoT.


LOTHAR’s EDGE

Ada yang pernah lihat pro mengganti dagger dengan item ini?





LATE STRATEGY
WAR dan PUSH sudah dimulai, saatnya peran tanker sangat dibutuhkan. Tugas mu kali ini adalah ‘menerima’ damage/spell musuh sebanyak apapun, itu jauh lebih baik daripada damagenya ‘kena’ ke teman carry mu yang TIDAK dibuild jadi Tanker.

Penggunaan Hoof stomp mu di mid game berbeda dengan di late game. Di mid game km menggunakan hoof stomp saat hero2 nya berada di satu area yang berdekatan. Tapi di late game, hoof stomp untuk hero yang PALING MENYUSAHKAN, klo bisa carry nya, atau tankernya, mereka2 ini... Lion, rylai, spectre,nevermore, void, rhasta,magnus,dll dan terutama si OMNIKNIGHT! Karena tim mereka ‘rapuh’ tanpa hero2 itu.

Satu lagi yang penting kamu ingat, adalah setelah membuka war, jangan sekalipun MUNDUR, Jauh lebih baik kamu mati tapi masih sempat menyerang dan menerima damage spell2 musuh, daripada mati ‘dikejar’. Sudah seharusnya kamu yang menerima serangan2 musuh. Sisanya adalah pekerjaan ‘carry’ mu.





ENEMIES



 

AMPLIFIERS


Salah satu anti-tank yang sangat menyusahkan. Yang pasti skill amplify mereka diciptakan untuk merobohkan mental tanker lawan. Tanker tanpa armor TIDAK BERGUNA.


DPS HERO


Sangat menyusahkan di late game, padahal kamu harus nge-tank teman mu dari hero2 ini.


Lich


Efek Return mengharuskanmu terkena efek Slow dari target yang menyerangmu dan sedang dalam efek buff frost armor.


TERORBLADE


Efek sunder masih sama yah, jangan solo melawan dia. gunakan stomp klo km merasa dia akan melakuakn sunder. Tanker tanpa HP juga TIDAK BERGUNA.


VIPER


Dia juga punya skill yang menyerang balik, malah mengurangi MS dan AS mu, Bahkan damage return juga nyerang balik kamu. Sangat susah dibunuh klo km sendirian, panggil teman untuk bokong yang satu ini.


URSA WARRIOR


Dia mendekat? Kamu mundur aj, jangan sampai dia menjangkau mu, bakalan ribet jadinya nanti. Kamu ga akan menang klo solo melawan dia.


NAIX


Naix punya alasan kuat untuk ‘ngisi’ HP dari kamu. Dia bisa mendapatkan sangat banyak HP darimu dalam beberapa detik saja. Lebih buruk nya, km ga bisa menggunakan stomp dan doule edge saat dia sedang ‘rage’. Sudah menjadi tugas utama dari ANTI-TANK terbaik kedua ini untuk merobohkan tanker lawan.


ROTUND’JERE


Mencari solusi melawan centaur? Temukan dari hero ini, ^^. Jujur hero ini SANGAT KEJAM, dia ga sanggup nyicil kamu dengan skill2 nya (di late), juga ga mungkin membunuhmu dengan attack damage dan AS nya yang parah. Tapi dia emang ga butuh melakukan itu semua, karena yang dia lakukan hanya ‘menari riang gembira’ di belakang dan nge-heal teman2 nya, sambil MEMPERHATIKAN SISA HP MU!!!!





ALLIES


 

HEALERS


Tanker selalu butuh mereka.


ARMOR / BUFFER


Sangat membantumu lebih lama nge-tank.


DARK SEER


Tanker dengan Ion Shell, sakit bgt pastinya. Blink- STUN+IONSHELL+Double edge = die!


Tuskar


Kamu tidak perlu beli dagger lagi untuk membuka war, jadi bisa lebih fokus ke item tank. Selain dia Tiny juga :)


Rexar


No doubt! Rexxar adalah kamu dan kamu adalah Rexxar.
Rexxar tidak sendiri.. dia membawa serta teman-temannya untukmu.

Geomancer



Pandaren



Visage - Familiar



Chen - Jungle Army


Sylla - Spirit Bear



Lycanthrope - Wolferine



Black Arachnia

Sekarang SERBUU!!!



CLOSING

Cenatur tidak susah dimainkan, yang kamu butuhkan adalah nyali, sedikit 'komunikasi', dan mau sedikit berkorban untuk ketahanan tim di war.
Centa adalah rambo nya tim, Hero TB yang dibuild up menjadi tanker-ganker, dengan begitu kamu akan ‘berguna’ di tim.


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.


Terima Kasih :)




63 komentar:

  1. Wah kk aku biasa pake centaur dapet beyond godlike mulu, cukup pake taras, attacknya udah dalem kok. pas musuhnya mau kabur baru deh hoof stomp + double edge. nggak usah pake blade mail..

    BalasHapus
  2. thx bgt ni guideny.. gua lg blajar serius pk ni hero..

    BalasHapus
  3. Lho kok banehallow bukan centaur??

    BalasHapus
  4. iyah maksudnya paan kk Erxn?
    banehallow yah banhaloow, centaur beda lagi.. -_-

    BalasHapus
  5. bukan kk itu di guide centaur namanya banehallow

    BalasHapus
  6. ohh iyaa. sori.., thanks yaa

    BalasHapus
  7. kk NAYM kok gak beli BKB kan cocok buat ngalangin brad pas nge tank jadi nya gak kena disable/stun

    BalasHapus
  8. gimana kalo "dua" heart of taras?

    BalasHapus
  9. @anonim: Centa kan tanker, harusna dia menerima semua damage bukan ngeblok pke BKB..
    @ValZ: bagus banget, apalagi klu 5...
    kk naym: kk keknya dengan perubahan damage return sekarang taras lebih guna dari radi..

    BalasHapus
  10. kk klo 2 stout shield, % block damage'nya stack gk??mohon penjelasannya^^ thx b4!!!

    BalasHapus
  11. kk.... aku pake Dagon loh enak combonya, loncat + stun + DE + jurus dewa petir.. :malu:

    BalasHapus
  12. kalo centa pake sange 4 biji sisanya dager sama spatu oke banget ga tuh?

    BalasHapus
  13. hah???
    sange 4 biji? :ngakak
    buat apa bro?
    sori...walopun sy jg blom lama belajar main DotA, tp sy tau beli 4 sange itu adalah tindakan konyol.
    buang2 duit en buang2 potensinya centa. centa g perlu sange klo menurut sy. item2 tanker jauh lebih cocok buat dia. tambah armor en resistance jauh lebih berguna
    no offense bro

    BalasHapus
  14. terima kasih atas penjelasannya
    saya mw nanya jg apakah centa bagusnya vanguard, magic wand, ato hood of deviance untuk item pertamanya, saya waktu maen jg sering diminta untuk membeli BM, apakah itu bagus ato ga??

    BalasHapus
  15. bagh, coba deh kk, kaka pake divine rapier or item apa ke, aku pake 4 yasha + spatu sama dagger tq

    BalasHapus
  16. Kakak Naym, ada yang ketinggalan...

    Drafting...

    Jangan Pick Centaur:
    1. Kalau lawanmu ada yang pick para Anti-Tankers. (Terrorblade, N'aix, bahkan Rotund'jere)
    2. Tim kalian kekurangan killer.
    3. Anda benci nge-tank.
    4. Anda takut membuka war.
    5. Musuhmu ada yang pick Nortrom atau mereka yang corenya Radiance.

    Pick Centaur:
    1. Kalau kalian belum punya Initiator.
    2. Tim kalian butuh jasa para sacrificiers. (Tanker)
    3. Musuh kalian banyak yang pick hero yang rapuh/carry.
    4. Suka akan bodinya yang gede.

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Kurang cocok.
    Ganker/Disabler = Cocok.
    Nuker/Pusher = Tidak disarankan.
    Support/Warder = Anjuran bagus.
    Initiator = Teruskanlah perjuanganmu!
    Tanker/Semi-Tanker = Diharuskan yang ini!!!

    BalasHapus
  17. combo centaur sama tiny mantep tuh tiny toss centaur trus centaur langsung pake double edge + hoof stomp. kira kira gimana tuh kk?

    BalasHapus
  18. Boby@td sange sekarang yashaa ..
    bzz ..

    BalasHapus
  19. bawa tarras sama satanic supaya efek skill return makin ok, d late game centaur pake itu return damage bisa 120...

    BalasHapus
  20. Saya juga ada build untuk Centa yang nge-hutan.

    1. Return
    2. Hoof Stomp
    3. Return
    4. Hoof Stomp
    5. Return
    6. Great Fortitude
    7. Return
    8. Hoof Stomp
    9. Hoof Stomp
    10. Double Edge
    11. Great Fortitude
    12. Double Edge
    13. Double Edge
    14. Double Edge
    15. Stats
    16. Great Fortitude
    17. Stats
    18. Stats
    19. Stats
    20. Stats
    21. Stats
    22. Stats
    23. Stats
    24. Stats
    25. Stats

    Dengan return dan equip stout shield, Centa sudah bisa solo hutan..

    BalasHapus
  21. bobby Valas, bner kata anonim, item pokok centa itu item ketahanan karena sinergi dengan return dan Ultinya. Yasha nambain MS dan AGI satu aja udah rugi (centa ga butuh AGI).

    Anonim, yep tiny-centa memang combo yang berbahaya...selain itu stunner lainnya jg.

    HiSoKa, nice build, tapi menurut ane centa ga perlu main hutan, potensi dual/triple lane nya terlalu besar untuk disia-siakan.
    Double edge akan terasa lebih sakit kalau digunakan di early daripada mid.
    gitu analisis ane :)

    BalasHapus
  22. kalo centa dikasi aphoticnya abaddon trus make double edge,,centa tetep kena demeg full ato dikurangin ama aphotic shieldnya??

    BalasHapus
  23. ya, hanya 200 damage (setelah dikurnagi resistance) yang di block aphotic, sisanya masih kena centaur:)

    BalasHapus
  24. kk Naym kenapa lich bukan WORST ENEMIESnya Centaur, menurutku Lich itu WORST ENEMIESnya Centaur karena kalau Centaur mengambil skill Return truss Lich pake Frost Armor ke dirinya(Lich) kemudian nge-hit Centaur, maka Centaur akan mendapat status Frost Armor walaupun Centaur tidak nge-hit lich

    BalasHapus
  25. gan tambahin tuskar jadi best pren centa lv 2 uda siap first blood kalo ad tuskar ^^

    BalasHapus
  26. Anonim1, iya, thx :)

    Anonim2, hahaha, kalo bareng tuskar hampir semua juga bisa First Blood, tapi di level 2 ga ada yang bisa ngalahin kombo tuskar-Tiny :)

    BalasHapus
  27. Gmana cara meminimalisir efek return mas...

    BalasHapus
  28. Kalo meminimalisir return yang dikeluarkan centaur tidak bisa karena itu berdasarkan STR nya.
    Kalo meminimalisir damage yang kamu terima bisa, dengan membeli item block physical seperti stout shield, vanguard,dll :)

    BalasHapus
  29. itu ga mungkin, efek return selalu berdasarkan STR nya centa. Bisa tolong jelaskan lebih detail?

    BalasHapus
  30. Tlong ditambahin best partnernya centa dong...
    Tuskar...
    gw prnah make centa godlike di lvl 10 gra2 jalan bareng ni hero...

    BalasHapus
  31. kata kk naym ga ad yg bisa kalahin kombo tuskar - tiny kk

    BalasHapus
  32. gan sekedar masukannya aja nih kalo gw sih suka sama centaur yg kaya gini
    awalnya:
    ambil skill return ama hoof stomp trus ulti kalo udh lvl 6
    nah double edge nya entar nnti belakangan

    trus item:
    sekedar masukan nih kan return nya centaur kalo udah lvl 4 kan 10 damage+50% strenght
    jadi cocok nya buat centaur full tanker ambil Power Treads biar streght nya nambah trus return nya lebih sakit
    trus vanguard lagi saya sarankan vanguard nya di ambil 2 buat nge block damage physical nah kalo udh ngerasa darah nya agak tebal baru deh ambil double edge soalnya kalo darah tipis + double edge =nyari mati

    sekiranya begitu saja dari saya terimah kasih

    BalasHapus
  33. tadi saya ,ain udh late game tuh, motred ma troll udh jadi.gw kan dikeroyokin berdua tu di roshan.gw aktifin blade mail,pada tepar berdua.wkwkwkwk.
    item centa gw kyk gini:
    -pt
    -blade mail
    -kelen dagger
    -3 Taras

    batu da centanya hpnya 6000 an

    BalasHapus
  34. menurut pengalaman ane maen centa kok ga pernah selamet di late ya gan..apalagi kalo kena bokongan,,jalannya lambat kalo mana habis udah pasti mati tuh...

    build ane
    PT
    vlad/hod
    taras
    radiance
    dagger
    slot terakhir kondisional sih,tapi seringnya kasih scroll

    tips2 bertahan di latenya gimana gan??

    BalasHapus
  35. Bertahan di late pake centa gampang bgt, selain bikin tebal (beli taras 2 kalau perlu) jangan lupa Blade Mail!! :)

    BalasHapus
  36. centa juga bisa jadi semi-cerry..
    item build ane:
    PT/BoT
    vanguard
    hood
    taras
    dagger
    hyperstone


    combo ane:
    pukul2-->(musuh lari)-->dagger+stun-->pukul2-->double edge

    BalasHapus
  37. Mantap kk guide nya... Sering2 update kk karena perkembangan nya dota sangat cepat.. thanks

    BalasHapus
  38. kk kalo di tambahin vanguard boleh ga ?

    BalasHapus
  39. gan kok ada miklotov nya,kek suikoden aja..

    BalasHapus
  40. Tambahin gan di best allies nya tuskar enak parah gan :
    snowball-skill 1 tuskar-stun-walrus punch-2 edge

    DIE PASTI WKWKKWKWKW

    BalasHapus
  41. kak,tambahin item kaya guinsoo,orchid dll
    dia kan nggak terlalu butuh mana

    BalasHapus
  42. makasi atas infonya... sy lg blajar nih make cenat enak bnget tuh......

    BalasHapus
  43. kk kalo musuhnya tipe dps physical (jahrakal, mortred, dkk)gitu ambil skillnya mentokin return, hoof stomp ama great fortitude dulu bagus gak?

    BalasHapus
  44. Bener Banget Cocok Buat yang punya jiwa bekorban buat kemenangan Tim.. Tapi Jangan pake kalo sama tim yang GA TAU DIRI... udah di rela jadi Tanker eh ditinggal pergi trus dibilang cacad...

    BalasHapus
  45. klu centa dikasih aganim cocok gk gan

    BalasHapus
  46. udah coba 7 tarasque????

    (1 tarasque ada di courier....XD)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiakakakak,,, ngelawak kakak ini, pasti dah mainnya lawan AI terus pake cheat -gold xxxxxx.
      mana mungkin itu kk, w main item paling :
      - phase boot,
      - BM
      - Hood of Devian
      - Dagger
      - Vanguard

      tambah radian kalo masih punya banyak gold, itupun kalo game belom kelar.

      Hapus
  47. kk kalo centa gunain doble edge kan kena ke diri sndiri juga tuh, nah itu centa kena damage brp?

    BalasHapus
  48. bleh nggak ditambah skadi
    ,makasih

    BalasHapus
  49. saya mau tanya nih,
    kalo misalnya centa di jadiin DPS bisa ga sih ?
    cuma nanya lo...





    WILLY was here...

    BalasHapus
  50. Wuih ne Hero gk pernah mati kecuali sama rotund'jere / Terrorblade... Tapi bener tuh Kasih BKB... karena sekarang pasti yg Tanker tanker gitu yg sering di incer buat stuner... Kalo Centa gk di stun pasti berabe tuh rencana musuhnya... kasih BKB Lah... biar bisa ngelindungin Carry yang di belakang...

    BalasHapus
  51. Tiny juga best allies centa . ya kan?

    BalasHapus
  52. aku tiap main selalu jadi killer padahal buildku tuh tanker kalo lagi ngutan psti ketemu hero2 musuh dan pasti nggak lolos dari ku pas lagi war aku rampage padahal aku intiator blade main aktif+stomp aku di hitin aku stomp lagi udah kluar aja RAMPAGE assist cuma zeus,furion,lion item ku tiap main PT,blade mail,vanguard,khadgar pipe,HoT,sama dageer. udah itu aja bukannya tanker malah killer

    BalasHapus
  53. kalo centa pake dominator gimana? bukan butuh life steal+damagenya aku cuma butuh dominate creepnya aku dominate 2 centaur khan=stun 6 detik

    BalasHapus
  54. IYa sih bagus nge-tank.... tapi di B-net saya dibilangin GB dll... soalnya sering jadi tumbal apalagi kadang assist aku ga masuk hitungan

    BalasHapus
  55. Sange yasa gak sinergi yaaa?

    BalasHapus
  56. Kk naym mw sekedar tanya klo misalnya tiny keluarin avalanche truz centaku aktifin phase boot sambil lari ke arah tiny kena stunnya tiny g??

    Thx kk

    BalasHapus
  57. Kak mw nanya klo centa aktifin phase boot pas tiny nyetun bakalan g kena stun alias nglewati gtu?

    tq kk

    BalasHapus
  58. kk ulti centaur yang baru tu berarti nambah best friend nya ya?? kayak Meepo sama Chen yang punya banyak unit, dan masih banyak hero lagi

    BalasHapus
  59. sekarang dah imbang kapasitas centaur jadi tanker sama initiatornya, dulu condong ke tanker. . . GG stampede

    BalasHapus
  60. itu ultinya kok stampede, bukannya yg nambah strenght?

    BalasHapus
  61. gan nih knp kok ultinya belum di update??

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats