DotA Guide Indonesia

Medusa – The Gorgon




An insidious creature that dwelled for eons in the underwater prisons of Nazjatar, the Gorgon was unwittingly freed during the war waged between King Arthas’s Scourge and the Naga on the icy shores of Northrend. Plagued by undeath in the aftermath, Medusa welcomed the blessing of immortality. Gifted with a keen sense of archery and affinity to magic at birth, she has honed her skills over the ages – striking multiple foes with a single volley of arrows, debilitating them with jolts of lightning, and even conjuring a protective barrier of mana. Like her namesake, Medusa instills paralyzing fear into all that dare cross her path.



INTRO


Medusa adalah semicarry-semitanker. Membangun hero ini cukup simple, cukup menaikkan seluruh statsnya, itu kebutuhan utamanya. Base STR nya cukup sedikit, tp untuk HP, stats INT juga penting. Dan semakin banyak stats nya, semakin JADI dia, artinya MENAIKKAN LEVEL secepatnya itu SANGAT PENTING.

Medusa memiliki nuke memantul yang bisa menyerap mana, bisa membuat panahnya terbagi menjadi banyak arah, kemampuan ngeblock damage dengan mana shield, dan ultinya disable area. Semua itu yang membuat hero ini didesain untuk cadangan carry sekaligus lapisan kedua tanker! Tanpa medusa teman setim akan kesulitan membunuh, sebaliknya medusa sendirian juga akan kesulitan membunuh,

Fokus utama build medusa disini adalah untuk potensi semi-tank nya, bagaimana membangun statsnya untuk bisa menjadi TB ditim yang juga bisa diandalkan untuk PUSH dan Defense.




Spoiler Statistik Hero



Name: Medusa
Affiliation: Neutral
Strength: 14 + 1.85
Agility*: 20 + 2.5Intelligence: 19 + 1.85
Damage: 44 - 50
Armor: 1.8
HP: 416 HP Regen: 0.67
Mana: 247 Mana Regen: 0.77
Movespeed: 300
Range: 600 (ranged)
Missile Speed: 1200
Sight Range: 1800 (day) / 800 (night)




Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN

1. Semua stats ( tambahan stats) menguntungkan, bahkan stat INT menambah ketahanan.
2. Hero ini sangat mudah creeping dengan split shot + mystic snake
3. Pusher yang hebat pula.
4. HP bukan hanya yang menjadikannya ‘tebal’, tapi Mana juga.


KELEMAHAN
1. Tambahan STR per levelnya payah
2. Durasi attack animationnya sangat lama, cukup sulit nge-last hit
3. Sebenarnya tidak cocok beli item orb effect = kurang efektif
4. Sangat lemah kalau tidak ada mana.



SKILL

Split Shot



Medusa magically splits her shot into four arrows. These arrows deal a lower percent of her normal damage.
Level 1 – 4 arrows,each 50% damage
Level 2 - 4 arrows,each 60% damage
Level 3 - 4 arrows,each 70% damage
Level 4 - 4 arrows,each 80% damage

Mengaktifkan skill ini ga menggagalkan channeling spell. Critical strike , bash,slow, dll hanya akan mengenai satu target ( yang kamu ‘klik’ ), 3 panah lainnya akan mengarah ke musuh terdekat dari target itu. Klo di aktifkan km akan mendapat skill ‘split shot’. 3 tambahan panah dengan 75% damage, creeping emang paling enak pake skill ini.

Skill ini bs nyerang di segala arah ( 360’)meski musuhnya di belakang asal masuk di attack rangemu. Klo km nyerang tower dengan split shot aktif, km tetap nyerang musuh di dekat tower itu. Imagemu juga melakukan split shot klo km mengaktifkan split shot sebelum membuat ilusi.


Mystic Snake



A mystic snake made of energy jumps from target to target dealing damage and stealing some energy. After it reaches its last target, it jumps back to Medusa to replenish it with mana. The snake deals more damage and steals more mana per jump. The snake's power is increased by 25% each jump.
Level 1 - 80 base damage, 20 base mana. 3 jumps.
Level 2 - 120 base damage, 30 base mana. 4 jumps.
Level 3 - 160 base damage, 40 base mana. 5 jumps.
Level 4 - 200 base damage, 50 base mana. 6 jumps.

Every time it steals mana (only happens on units with mana), the amount it steals is increased by 25% of its base value. Every time it damages, the damage amount is increased by 25% of its base value. The damage and mana steal amounts increases independantly of each other.

Mana Cost: 140/150/160/170
Cooldown: 14 seconds

Semakin banyak musuh di area target, semakin baik, karena setiap kali skill ini mantul, damage dan total mana yang diserap ditambah 25%, bahkan di level 4 klo mantul sampe 6 kali total damage yang bisa kamu berikan mencapai 1800++ ( 1400 dgn spell resistance ) dan ngisep 450++ mana (klo semua yang terkena punya mana).

Mananya baru km terima klo ‘snake’ itu kembali ke kamu. Kecepatan ‘snake ini adalah 633, dan saat memantul secara pasif ‘snake’ ini akan mantul ke musuh yang terdekat dari target dengan kecepatan 833.


Mana Shield



Creates a shield that absorbs 50% of the incoming damage by using Medusa's mana.
Level 1 - 0.75 damage per point of mana.
Level 2 - 1.25 damage per point of mana.
Level 3 - 1.75 damage per point of mana.
Level 4 - 2.25 damage per point of mana.

Mana Cost: 0
Cooldown: 10 seconds

Armor ga akan mengurangi mana yang kamu butuhkan untuk nge-block damage. Mana shield hanya menerima setengah dari total damage untuk di block, setengahnya lagi adalah bagian( urusan ) dari armor. Misalnya kamu terkena 300 damage, 150 damage akan di block oleh mana shield dengan menggunakan mana, dan 150 damage nya lagi kena ke kamu tp dikurangi oleh armormu

Silence dan doom tentu nge-stop skill ini, dan ilusi /image mu ga mendapat skilll ini.


Stone Gaze


Any enemy unit staring at the Gorgon will have its attack, movement and turn rate reduced by 50%. If it stares at Gorgon for over 2 seconds, the unit will become stoned for 3 seconds. Stoned units are disabled, have 100% magic resistance and take extra damage from physical attacks.
Level 1 - Slows attack, movement, and turn speed and stones after 2 seconds.. Stoned units take 30% bonus damage.
Level 2 - Slows attack, movement, and turn speed and stones after 2 seconds.. Stoned units take 40% bonus damage.
Level 3 - Slows attack, movement, and turn speed and stones after 2 seconds.. Stoned units take 50% bonus damage.

Affects any units that have line of sight with at any period over the full 5 seconds after cast.
Area of Effect : 1000
Mana Cost: 200
Cooldown: 90
Durasi : 6 Detik slow. 3 Detik Stun

Stone gaze adalah salah satu skill ulti yang sangat support di war, baik digunakan untuk membantu temanmu menggunakan skill-skill area mereka apalagi yang channeling atau castingnya lama.
Skill ini hanya ngefek ke hero yang melihat kearahmu, saat melihatmu gerakannya akan mulai melambat dan sulit mengubah arah pandang. Parahnya adalah apabila musuh melihatmu lebih dari 2 detik.. dia akan menjadi BATU selama 3 detik berikutnya. jadi paling enak digunakan untuk musuh-musuh yang lagi ngejar kamu.

Skill ini solusi buat kamu yang takut dengan serangan tanpa hentinya broodmother,  rupture nya blood, unstoppable lycan, dan sebagainya.



SKILLS BUILD

1. Stats
2. Mystic Snake
3. Mystic Snake
4. Stats
5. Mystic Snake
6. Stone Gaze
7. Mystic Snake
8. Mana Shield
9. Mana Shield
10. Split Shot
11. Split Shot
12. Split Shot
13. Split Shot
14. Stats
15. Stone Gaze
16. Stone Gaze
17. Mana Shield
18. Mana Shield
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Medusa sangat membutuhkan semua stat ( AGI = damage & AS, STR = HP, INT = pertahanan + spell + mana shield )dengan ngambil stats di early, sangat membantu medusa melakukan last hit/deny/ nyicil HP lawan. Stats juga menambah kapasitas manamu, semakin banyak mana mu, semakin tebal medusa mu, dengan kata lain, semakin cepat stats mu naik, semakin ‘jadi’ medusa mu.

Mystic snake adalah skill nuke utama mu,selain membantumu nyicil HP lawan, juga ngisi manamu, damagenya di level 1 dan 2 sangat payah, harus segera dimentokin klo ga mau mana mu rugi, di level 4 skill ini, km bisa untung 300 mana setelah dikurangi mana cost mu, baik untuk mana shield ( pertahananmu )

Mana shield skill pertahananmu, DI early-mid game, km harus fokus naikin level secepatnya, dan skill ini yang membantumu bertahan lama di lane untuk naikin level. Mana shield baru diambill di level 8 karena stat INT udah bagusan, jadi di awal game, km ga mungkin menukar damage (nukers) dengan manamu yang sangat sedikit. 2 level cukup di early-mid game, sisanya ambil di mid game.

Stone gaze adalah ultimate area-support, ulti ini sebenarnya ga terlalu berguna, bukan stun, tp sama aja dengan nge slow satu area slama 5 detik. Di early game baik untuk pertahanan jaga2 klo ada bokongan dari blood, brood,ursa, ato hero2 lain yang ingin selalu disisimu xp. Dan karna slownya udah lumayan, lalu slownya beda2 tipis aj dgn level 2, jadi level 2 nya diambil di level 15 untuk memaksimalkan split shot mu untuk pushing di mid game.





Item Build dan Gameplay





EARLY ITEM

BRACER/NULL


Terserah kamu, mau beli yang mana, keduanya berguna untuk ketahananmu kok.


BOOTS OF SPEED

Harus donk, + 50 MS






EARLY STRATEGY
Drafting..

Pick Medusa
1. Kalau lawanmu banyak Summoners/Cloners. Stone Gaze dan split shot counternya.
2. Tim kalian butuh pusher sekaligus Tankers.
3. Anda suka hero dari mitologi Yunani...
4. Ingin seorang solo hero...


Jangan pick
1. mau jadi ganker,
2. ga bisa/suka nge-support
3. ga mau jadi tanker
4. ga kenal hero ini dan ga tau apa yang harus dilakukan
5. kamu ga terbiasa ikutan ‘war’ ato team fight, intinya km hebat klo bukan di ‘war’


Peran
Carry/Semi-Carry = Semi
Ganker/Disabler/Warder = You are not a Gankers!
Nuker/Pusher = Ya!
Support = ya!
Initiator = Tidak.
Tanker/Semi-Tanker = Pastinya, kamu sekeras batu kok...


Lane

Pick Gorgon lalu beli circlet, gauntlet/slipper/mantle, tango (2), sisanya beli branch dan clarity ( klo mau), setelah itu terserah mao ke lane mana, tp kurasa km lebih enak di lane mid aj. Mid game membuatmu mudah memenuhi tuntutan besar pemakai medusa, yaitu cepat2 naikin level ( naikin stats ).

Skill Build up ku di atas emang ga ngambil mana shield di early game, itu karena HP dan mana mu emang masih sedikit, dengan tango aj km udah cukup bisa bertahan klo main safe, di early game, mana kamu gunakan untuk nge-last hit, dan karena km akan kesulitan ngelast hit dgn attack damage dan attack speed yang payah, jadi mystic snake solusinya, skill nuke ini km gunakan nge-last hit SEKALIGUS nyicil lawan dan mendominasi lane ( hero nukers, raja nya early game )

Dengan mana shield, kamu menjadi sangat tebal, tp untuk early game, jauh lebih baik mana km gunakan untuk nyicil HP atau bahkan membunuh lawan daripada dipakai untuk nge-block damage.

Bagusnya sih km beli ayam, biar ga usah repot2 pulang ngambil item, byar km bisa makin cepat naikin level. Di level 1 km HARUS ambil stats, knapa? Harus kuakui, klo medusa itu hero dengan HP paling RENDAH di DotA di level 1 (416 ), luna aj yang HP nya 435 masih harus ngambil stats di level 1.

Selain HP yang terparah, durasi animasi attack dan attack damage mu juga parah, nge-last hit akan tidak semudah yang lainnya.

Early game memang membosankan untuk medusa, tp tenang aj, semakin cepat levelmu naik,akan semakin menarik kok. Tiap kali naikin level mana shield, jangan lupa ‘off’ kan dulu lalu aktifkan lagi, karena klo ga kamu hanya menikmati mana shield di level sebelumnya.

DI level 6, ambil stone gaze, jadi selalu sisakan manamu untuk bisa menggunakan stone gaze setiap kali km di bokong. Bisa juga km gunakan untuk nyerang lawan, atau ada teman km yang mobile ke mid mo nge-bokong, selama durasi stone gaze ( level 1) km bisa mendapatkan 6-7 kali hit, dan kalau itu belum nge-kill, last hit dengan mystic snake.

Beli bracer klo lawanmu hero nukers juga, cepat2 beli boots, lalu jadiin preseverance. setelah itu terserah mau langsung jadiin linken atau beli yasha dulu untuk MS.






MID ITEM

LINKEN SPHERE

Core untuk Medusa. Regen dan stats sangat sinergi untukmu sebagai semitank karena item ini juga ngeblock spell terutama stun-stun bertarget musuh.


MANTA STYLE

Nah, pertama km dapat + 10 all stats dr Ultimate orb, stats membuatmu semakin hebat. Kedua, item ini yang akan membuatmu semakin gila pushing, tadi udah aku jelasin, imagemu juga bs melakukan split shot, yang artinya ini item DPS mu, karena km bs nyerang 12 panah sekali attack (bersama 2 imagemu). Ingat! Menggunakan ini artinya meng ‘off’ kan mana shield, jadi selalu aktifkan mana shield kembali setelah ‘membelah diri’.Kurasa km udah bisa disebut ‘jadi’ dengan item ini, tinggal km beli item2 pertahanan aj selanjutnya.







MID STRATEGY

Sebenarnya mid game juga ga terlalu menarik buat medusa, masih cukup sama dengan di early game, tp creeping akan semakin enak, dan gold juga semakin lancar, tetap fokus naikin level, dan jadiin item core utama mu yaitu Manta Style. Meski km pusher yang baik juga, potensi nge-push mu sebenarnya km gunakan untuk nabung gold juga.

Creeping masih priorias utama di mid game, hasil dari yang km dapatkan di early akan memudahkanmu creeping di mid game, apalagi mystic snake mu mestinya udah mentok, dan km menggunakan skill creeping mu yang sebenarnya kali ini, yaitu split shot, tp split shot hanya kamu gunakan untuk creeping/pushing aj, off-kan dulu klo mo nge-bokong atau situasi tertentu, menggunakan split shot dijelasin di ‘late strategy’.

Semakin cepat km bisa beli ultimate orb semakin baik, kemudian mau diupgrade ke linken atu Manta itu tergantung situasi. Tapi Manta style adalah item utama mu, dan kapanpun km megang itu, kamu udah jadi, lalu lupakan creeping, mulai ikutan war, bokong lawan di mana pun, sambil nge-push juga, ingat! Split shot bukan skill untuk nge-bokong jadi off kan dulu.

Untuk nge-push, aktifkan dulu split shot lalu gunakan manta untuk membuat 2 image dengan split shot. Tp untuk nge-bokong, km ga usah menggunakan split shot untuk mendapatkan 100% damage fokus ke 1 target aj, termasuk untuk image mu.

Mid game artinya kamu harus menunjukkan kemampuanmu bermain tim, tunjukkan klo tim mu memiliki ‘medusa’. Sebagai support-tanker, tim yang memiliki medusa harusnya bisa lebih unggul, artinya timwork ada di tanganmu, gunakan stone gaze pada waktunya, dan waktu yang paling baik adalah gunakan setelah lawan mengunakan ultinya yang nyerang ‘area’, dengan begitu sama aj km membuat lawan rugi ulti dan mana, misalnya setelah treant protector menggunakan overgrowthnya, atau kena ‘disable’ area lainnya (kecuali song of the siren ),,GG.

Gold kali ini kamu kumpulkan dengan nge-bokong sambil nge-push, kumpulkan gold untuk membeli resep2 skadi. Skadi adalaha satu-satunya item orb effect yang bisa ngefek dengan semprna dengan split shot ( skadi bukan orb effect untuk ‘range’ attack ) Skadi emang mahal, tp item itu yang membuat medusa mu semakin jadi.







LATE ITEM

EYE OF SKADI


Kamu udah punya item DPS, tujuan utama km beli ini bukan untuk orb effect nya ( slow), tapi tetap karena Stats nya, resepnya 2 ultimate orb, artinya +20 all stats, dan +20 stats AGI menambah attack speed image mu, semi-DPS item ni. +20 INT dan + 20 STR menambah ketahananmu. Okelaa, slow tetap berguna meski Cuma 1 target aj yang kena efeknya ( yang km klik-klo split shot aktif). Oh ya, imagemu ga ngefek ama item ini, meski animasi slow dan status slowx target kliatan, tp sebenarnya ga ada efek slow sama sekali. Stats dari skadi memberikan 675 HP dan 475 mana, artinya km mendapat 1625 HP ( 675 HP + 950 HP dr damage yang di block oleh mana shield menggunakan 475 mana )


HEART OF TARASQUE

Item core untuk TANKER, medusa juga termasuk hero tanker-DPS. HP dan Mana mu sangat sinergi, HP gede artinya mana mu selamat, dan MANA gede juga artinya HP mu selamat. Sebagai hero2 yang punya spell area harusnya jadi tanker, dan item utama tanker adalah HoT.


ALTERNATIVE

POWER THREAD


Napa ini alternatif aj? PT menambah stats, Item ini emang berguna untuk hero yang perlu tambahan damage di ealy game. Tapi dengan Yasha sebenarnya kamu sudah mendapat stats dan MS item ini.


MJOLNIR

Alternatif dr HoT, klo ngerasa udah bs nge-tank tanpa HoT, maksimalkan DPS mu, dan item ini paling aku rekomendasikan. Orb effect ( chain lghtng) nya emang orb effect, tp ngefek kok ( tetap terpicu), meski km megang skadi dan split shot atif.


BURIZA DO KYANON

Alternatif dr HoT aj, item ini kalah, karena split shot ga akan dapat critical strike semuanya, hanya target yang km klik aj. Itupun critical strike yang didapatnya hanya dari 75% damage yang artinya klo buriza punya 2.2 kali, jadi 75 x 220 = 160%, km rugi banyak damage tuh. Intinya km ga mendapat damage sepenuhnya dari item ini, dan klo mau damage, mending beli mjolnir


LUXURY

MAGIC WAND


Beli ini di early game klo mua, item ini sangat berguna untuk medusa, slain item murah untuk nambahin stats km juga bs ngisi HP dan mana dengan item ini. Klo udah 15 ‘charge’ baru km gunakan klo diperlukan untuk menambah 225 HP dan 225 Mana, menurutku itu sama aj kamu nambahin 675 HP ( 225 HP dan 225 mana untuk nge-block 450 damage(belum dikurangi armor/spell reduction) dari mana shield level 4 )


AYAM

Klo mau aj, km harus selalu berada di lane, dan km emang bsa bertahan lama di lane karena skill2 yang mnunjang, klo beli ayam, naikin level akan makin cepat.


BOOTS OF TRAVEL

Item ini ga akan kemahalan untuk hero nyerang area kayak km, meski di early game sekalipun, gold bukan masalah buat mu.Item ini adalah item early-mid-late game, selalu berguna. Dengan BoT, MS mu kira2 udah 429 (ditambah yasha), enak bgt ngeliat medusa dengan MS sebesar itu.Napa ga beli PT, dijelasin di alternatif item....


SHIVA’s GUARD

Sangat sinergi dengan stone Gaze, slow area lagi. Yang ini juga menambah Armormu.


THE BUTTERFLY

Tambahan untuk sisa slot item yang paling aku rekomendasikan di late game, ini ga masuk item core maupun alternatif, karena kalah dari manta dan tambahan statsnya Cuma AGI doang, untuk DPS mu bagus bgt, tp bagusan manta yang membuat mu nyerang 12 panah, pilih mana? Nyerang cepat dgn damage besar tp Cuma 1 panah, ato nyerang 12 panah per attack dgn total damage yang WTF!masih ingat ga klo km tuh hero pusher, potensimu disitu, klo ga pake split shot ( artinya km ga butuh manta kan..), sama aj km menyianyiakan potensi pushermu. Tp klo km beli the butterfly di late game, km jadi killer deh.


Assault Cuirass


Split shot menyerang physical secara area, persakit lagi dengan minus armor aura item ini, sangat membantu push.


BKB

Sebenarnya HoT jauh lebih baik, item tank permanent ,udah gitu sekarang,klo BKB sering diaktifkan durasinya makin singkat. Byasanya BKB untuk hero2 Tank-initiators, km bukan ‘pembuka war’, skill2 mu nyerang area termasuk ultimu, harus digunakan tepat waktu, untuk nyerang atau melindungi teman.


SACRED RELIC/RADIANCE

Beli ini untuk slot terkahir, klo ga tau mo beli apaan lagi setelah beli semua item2 core di atas, item ini yang paling cocok, skill mu nyerang area, item ini juga nyerang area..


BAD ITEM

STYGIAN DESOLATOR


Taulah, ini orb effect, dan ga ngefek ke skill split shot mu. Panahmu cuman 1. Sama aj dengan item2 orb effect lainnya seperti skadi, dominator..


DIFUSAL BLADE

Mengingatkanku pada medusa yang dulu T_T, stone gaze udah lebih dari purge karna nyerang area.


ARCANE BOOTS

Sama aj km ga suka skill barunya medusa ( mystic snake) , tambahan mananya kalah ama mystic snake.


SOUL / BLOODSTONE

Item tanker juga, tapi ga nambahin stats, payah.. km lebih butuh stats dari tambahan mana ato HP.


HOOD OF DEVIANCE

Yack ini item early game juga (untuk regennya) klo spell resistance, ini sangat baik, tp ‘item early’ game ini akan kalah dengan HoT di late game.







LATE STRATEGY
Late game adalah waktunya team fight, dan setiap kali ada ‘war’ km harus selalu ada disana. Tp tujuan utamamu di late game adalah nge-push, km memiliki skill split shot yang memberimu 300% damage ( tp terbagi 4 panah ), karena itu aktifkan terus split shot mu, jangan terlalu bernafsu membunuh, tugasmu bukan killer bukan? Tugasmu adalah mengehntikan semua lawanmu, melindungi temanmu dgn stone gazemu, menyicil HP mereka dengan kedua spell area mu (split shot dan mystic snake ), dan terakhir nge-tank mereka karena km satu2nya hero AGI paling tebal yang punya Mana Shield, sudah sepantasnya tanggung jawabmu adalah Tanker juga, Intinya kamu adalah hero ‘support’ di tim battle, km emang ditakdirkan untuk itu.

Kamu udah punya skadi, km udah menjadi medusa yang kita mau, semua yang bisa dilakukan medusa udah bisa kamu lakukan dengan adanya skadi. Kuharap juga levelmu udah sedikit atau bahkan jauh di atas level musuh2mu, jadi saatnya mengakhiri game. Karena skadi membuat pushing mu semakin KUAT.

Split shot udah mencapai potensi maksimumnya sekarang, usahakan selalu aktifkan split shot di late game, sehingga temanmu ga akan kesulitan klo nge-defense ato nge-push. Tp sebenarnya ada juga situasi yang split shot harus km off kan,.ayo pelajari kapan split shot digunakan.


SPLIT SHOT, kapan digunakan?
Split shot adalah skill ‘situasi’. Ga akan ada perubahan dari medusa klo mengaktifkan skill ini kecuali panahmu menjadi 4. Artinya menambah DPS mu sebanyak 200% yaitu dari 100% menajdi (75% x 4) 300%, masalahnya adalah km ga tahu panah2 mu akan mengarah ke mana ( selain panah target ‘yang kamu klik’ )

PERTAMA: klo creeping di hutan, sebenarnya km ga berpikir lama, aktifkan saja, karena semua camp creep hutan ga ada satupun yang Cuma 1 creep. Bahkan klo Cuma ada 2 creep seperti camp centaur, tetap aktifkan dan ‘off’kan klo centaur nya tinggal 1 aj.

KEDUA : creeping di lane, di early game dengan attack speed dan damage parah km ga mungin menggunaknnya, tp klo km udah punya yasha atau manta, apalagi skadi harusnya km aktifkan terus aj, km bisa aj nge-last hit semua creep.

KETIGA: creeping di lane yang ada hero nya, sebenarnya ini agak canggung, klo ada 2 hero aktifkan aj, klo malah 3 itu malah semakin bagus. Klo punya skadi km harus menentukan 1 hero yang kamu slow (karena skadi hanya nge slow 1 target ) dan biarkan ketiga panah lainnya nyasar hero lainnya. Tapi Klo Cuma ada 1 hero disitu, dan meski banyak creep, jangan aktifkan split shot, serang hero itu aj, km mau memberikan damage terbesar yang km bisa kan ( untuk ngusir, tao bahkan membunuhnya). Ingat, ketiga panah lainnya hanya nyerang musuh terdekat dari target (kecuali tower) jadi klo ada banyak hero disitu, dan banyak creep juga, usahakan mendekat ke hero2 itu agar split shot mengenai mereka, dan bukan creep. Tp klo ga ada creep disana, km ga usah repot2 mendekat lg.

KEEMPAT : nge-bokong, meski banyak sekali hero disana, km harus memberikan damage terbesarmu yang artinya jangan aktifkan split shot, fokus ke satu target hero aj.

KELIMA : Pushing, ini yang paling menyenangkan, selalu aktifkan split shot mu, dengan begitu creep2 lawan akan cepat ‘bersih’, klo km uidah sampe ke tower, crai posisi yang bagus untuk nyerang tower, supaya ketiga panah lainnya juga bisa nyerang creep ato hero yang ada disekitarnya, dan karena area split shot itu 360’, sebenarnya km ga usah repot2, asal mereka ada dalam attack rangemu. Klo creep2nya udah abis, ‘off’kan split shot mu, dan serang tower aj dengan damage terbesarmu. Klo udah sampe di markas musuh, berarti km udah mencapai tower & barrack (tugas utama pusher untuk merobohkannya ) tetap ambil posisi yang membuatmu nyerang tower/barrack dgn split shot mu, itu artinya km yang paling terdekat dengan musuh2 mu, karena kamu juga tanker, kamu ga perlu ragu, klo ada hero, jangan serang heronya, klo km nyerang barrack/tower, split shot bs mengarah ke hero itu juga, tp klo nyerang hero, split shot ga akan nyerang tower/barrack, fokus ke barrack/ tower aj akan selalu ada temanmu yang ngecover km, itulah tanggung jawab mereka, intinya saling melindungi aj .

TERAKHIR : defense markas, defense adalah tanggung jawabmu juga, klo dgn nge-push km bisa membersihkan creep dgn cepat, nah klo defense juga begitu, SELALU AKTIFKAN split shot, apapun yang nge-push markasmu itu, fokus untuk membersihkan creep2 secepatnya dengan begitu teman2 mu bs leluasa nyerang hero nya, atau mereka bakalan mundur aj ( tanpa creep mereka kesulitan nge-push loh )




FRIENDS

EZALOR


Klo ada yang nge-pick ini, lupakan solo mid, se-lane sama dia, ngisi mana mu sama aj ngisi HP mu juga, ga ada lagi yang perlu km takutkan klo se-lane dengan dia.


OBSIDIAN DESTROYER

dia punya skill essense aura, jadi km ga usah khawatir kehabisan mana dengan menjadi ‘nukers’ menggunakan mystic snake terus-terusan karena mana mu akan dikembalikan dgn aura ini. Mana mu kembali = HP mu kembali.


URSA

Ursa sangat ‘cinta’ padamu, dan hero2 yang punya disabler area sepertimu, ursa membutuhkan jarak sedekat mungkin dengan targetnya karena semua skill nya adalah ‘melee’ dan dgn bantuan stone gaze mu dia akan semakin ‘cinta’ padamu.. xp


INITIATOR

Mereka sangat penting buatmu, mereka yang menetukan kapan waktu yang tepat untuk km gunakan stone gaze ( nge-support mereka) jadi setelah mereka membuka war lalu kalian mulai nyerang dan bersiap untuk menggunakan stone gaze.


AOE STUNNER

Semakin lama durasi stun mereka semakin bagus, bs juga km gunakan berantai setelah durasi stun mereka selesai lalu buat kalian menguasai area itu semakin lama dengan mneggunakan stone gaze mu.


CHASER/killer

Kamu adalah support mereka yang nomor satu, km supportnya mereka killernya.




ENEMIES

MAGINA


Buat yang udah kenal dia mestinya aku udah ga perlu jelasin lg, karena dia bisa mana break, membuat mana mu kering, dengan begitu mana shieldmu ga akan nge-block damage dari MANA VOID nya lg.


Terrorblade
( Credit: Leonardo Gunawan)


Mana shield tidakberpengaruh untuk sunder


NERUBIAN ASSASSINS

Sama aj, mana burn menguras mana mu, klo lawan lane mu dia ( di mid misalnya ), paraaah, main dual lane aj. Sebenarnya dia ga seburuk magina sih.


EZALOR

berharap jadi temen, malah jadi musuh, mana leaknya sangaaat merugikanmu, butuh kecerdasan tinggi buat pemakai medusa yang lawannya EZALOR. Pemakai ezalor copo skalipun pasti akan diberitahu ‘mana leak’ pakein selalu ke medusa aj.


HEROYANG PAKE DIFUSAL

Mana shieldmu dalam masalah..


PURE DAMAGE

Mana shield mu ga akan berfungsi maksimal


PERMABASHER

Setebal apapun kamu jadi tanker, mereka tetap ‘menyakitkan’. Mereka (bash nya ) merugikan untuk hero2 yang durasi attack animasinya lama, durasinya akan bertambah lama, klo udah terperangkap permabash mereka,




EASY ENEMIES
Hahaha content spesial.. ^^


DPS SKILL


Yang membuat mereka berbahaya adalah ultimate mereka, dan ulti mereka dalah DPS, gagalkan dengan stone gaze mu, dan klo mereka udah ga memiliki ulti, mereka jadi sangat mudah dikuasai.

Brood dgn insatiable hunger aktif misalnya, meski punya 70% lifesteal dan nge-slow, tp klo ga bs nyerang km sekalipun ultinya sia-sia. Sama aj dengan rupturenya blood, klo km ga bergerak sedikitpun, rupturenya jadi sia2, dan yang bs membuatmu ga perlu lari hanya dengan membuat si blood ga sanggup mendekatimu. Apalagi sven, sven yang memiliki od strenght apalagi dapat PU doble damage, pasti meiliki attack damage ‘dewa’, tp klo dia ga nyerang km seklaipun, ga berguna donk.


HERO TIPIS YANG BERBAHAYA


Mereka emang sangat mudah membunuhmu, tp mereka juga sangat mudah dibunuh, hanya dengan nge-slow mereka, km punya banyak kesempatan membunuh mereka. mereka pemangsa hero2 INT di mid-late game


COMBO SPELL


Setiap kali mereka menggunakan combo spellnya, itu kesempatanmu membunuh mereka, setelah spell pertama mereka digunakan apalagi kalau kebetulan diblok oleh linken, gunakan stone gaze lalu bunuh. Tp km akan sedikit kesulitan menghadapi tiny dgn combo spell tercepat, shaker dengan echo nya jg.


IMAGE / UNIT CONVERTERS

image bisa langsung mati kalau terkena stone gaze..





CLOSING

Sekedar flashback, dulu medusa punya chain lighting dan purge, dulu purge adalah ulti yang sampah ( seperti bukan ulti aj ), tp sekarang medusa menjadi benar2 support dengan stone gaze nya.


Pemakai medusa emang butuh sedikit keberanian. jangan pernah menyesal klo hanya menjadi support di tim, ‘SCORE bukan penentu kemenangan, tapi TEAMWORK’.

Klo ga fokus creeping di early-mid game, kamu jadi atm di late game, tanpa item jadi, km medusa yang cacat. Dan klo ga bisa menjadi support ( egois) jangan pernah pake medusa dulu, teman2 mu akan sering mati klo km ga tau caranya nge-support.

Ingat, yang paling km butuhkan mainin medusa adalah kepercayaan, dengan percaya pada teman2 mu, pasti kamu bisa berani.


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)





45 komentar:

  1. buat apa ngeflame ini udah bagus koq guidenya
    XP
    wakkakakakka

    BalasHapus
  2. kk stone gaze medusa bisa buat bersihin image, jadi medusa tuh malah jadi masalah buat para pembuat image :)

    BalasHapus
  3. waw!!kk dewa banget..baru skali nemu blog/web ato apapun yang ada guide dota yg lengkap..berkat guide ini aku bisa kill cukup banyak dan mati dikit pake medusa...ahaha..makasi ya kk..smoga dibalas oleh yang maha kuasa perbuatanya..GBU xD

    BalasHapus
  4. gila bagus bgt guidenya

    BalasHapus
  5. ezalor kok ga ada ya??

    BalasHapus
  6. plzz follow my blog
    http://destroyerblogspot.blogspot.com/
    plzz!!!

    BalasHapus
  7. kpan guidex holy knight kk?


    thx

    BalasHapus
  8. Hallo, lagi. Perasaan ini sudah perlu update, ya...

    ditambah:
    Kekurangan = 1. MS-nya dibawah rata-rata (290).
    2. Base HP terburuk sepanjang sejarah
    di DotA.

    BalasHapus
  9. cara pke ulti gmn cih,,,
    kdang2 ugg gag ngefek eah kk...

    tqs info sblumnya..^^

    BalasHapus
  10. Dota 6.70 kluar tw om
    tolong secepatnya guidenya ya
    thx ~

    BalasHapus
  11. From: Leonardo Gunawan...

    Kakak Naym, ada beberapa tambahan...

    Pick Medusa:
    1. Kalau lawanmu banyak Summoners/Cloners. Stone Gaze ampuh membuktikan mana yang asli.
    2. Tim kalian butuh seorang DPSer Area dan Tankers.
    3. Anda suka hero dari mitologi Yunani...
    4. Ingin seorang solo hero...

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Kurang cocok.
    Ganker/Disabler = You are not a Gankers!
    Nuker/Pusher = Ya!
    Support/Warder = Kamu adalah penolong dari khalayak ramai...
    Initiator = Kurang cocok.
    Tanker/Semi-Tanker = Kamu punya Mana Shield...

    Visage tidak punya Revenant lagi, melainkan Familliars yang Magic Immune. Jadi Stone Gaze tidak berpengaruh, maka keluarkan hero ini dari Easy Enemies.

    Terrorblade merupakan salah satu lawan berat Medusa sebenarnya bukan dari Diffusal-nya, tapi dari Sunder-nya. Mystic Snake dari Medusa nantinya tidak dapat mencegah Terrorblade dari penggunaan Sunder. Sunder memang murni HP remove, jadi Mana Shield tidak berpengaruh... Kalau mau, masukkan Terrorblade ke dalam Worst Enemies...

    Di bagian Rejected Items: Arcane Ring memang bagus. Tapi bukan Arcane Ring sekarang, melainkan Arcane Boots.

    Sekian...

    BalasHapus
  12. hahaahah kl d AI mah item d medusa cristalis ma linken terus.

    BalasHapus
  13. kl pk MKB terus Split shot stack ga?maksudnya deal 100 damage trs kebagi2 gt?ksh detailnya kk

    BalasHapus
  14. dimana-mana medusa ngerubah orang jadi batu tp ini cuma ngelambatin :(

    BalasHapus
  15. aduh kk tambahin luxury itemnya dong ethereal blade statnya biar mantap!!!!!!!!

    BalasHapus
  16. kk tambahin juga tuh worst enemies nya mortred/hero2 yg bisa critical dg kejam krn bisa langsung membuat mana medusa langsung jebol.


    sekian ........

    BalasHapus
  17. Kambing hitam, etheral blade nambahin AGI aj, medusa sebaiknya beli item yang namabhin semua stats. Lagipula kalo mau amplify medusa cuma punya 1 spell damage :)

    BalasHapus
  18. Stone gaze bisa dicounter jika saat Stone Gaze di aktivkan tidak melihat ke arah medusa/membelakangi medusa

    BalasHapus
  19. masukin lycan sbg special mention, medusa bsa hentiin smua hero yg ngejar dia, slain lycan...

    BalasHapus
  20. Leonardo Gunawan says:

    @Kemal: Sayang sekali Lycan gak bisa dihentikan oleh siapapun yang ngeslow dia kalau sedang Shapeshift. hahaha...

    BalasHapus
  21. kk naym, aku mau nanya..
    itu Ulti medusa - Stone Gaze...
    cara menggunakan nya gimana (aku gak ngerti yang di maksud melihat ke arah medusa)
    .Maksudnya musuh menyerang Medusa atau Musuh posisinya menghadap ke Medusa walopun bukan nyerang Medusa (Misalnya nyerang teman Medusa / creep)...

    mohon penjelasannya kk, aku kok selalu gak efektif klo makek Ulti Medusa nya, kadang musuh kena kadang gak.

    BalasHapus
  22. @ndecosta
    Musuh posisinya menghadap ke medusamu, jadi ga mesti nyerang kamu, kamu juga ga mesti menghadap mereka, jadi paling bagus digunakan kalau musuh2 lagi ngejar kamu, kalau kamu yg ngejar ya ga akan kena slow :)

    BalasHapus
  23. Kak tambahin jg Shiva's Guard. Perfect buat medusa, tmbahan armor, mana, AoE nuke + slow area

    BalasHapus
  24. kakak, Tambahin Orchid dong di Itemnya Medusa, ASnya lumayan, INTnya juga Lumayan, trus SUPER MANA REGEN, bisa Mana Shield Permanent tuh (Kecuali Musuh Mana Burners/Hero yg pake Diffusal XD)

    BalasHapus
  25. kk klo synih byasanya awal lsg bwat bracer, 3 branch ma healing salve. sbenernya itu lbh bgs ato jelek

    BalasHapus
  26. kk knp scared relic gk di upgrade jdi divine repier sekalian klo dah gg ada mana shield gt

    BalasHapus
  27. saya tambahin,, Pick medusa klo bisa >.<'

    BalasHapus
  28. guide nya kk ini lumayan lho
    abis baca guide ini gua nyobain make medusa pas b-net dan alhasil
    TUHAN SUKA alias GODLIKE haha
    thanks gan guidenya
    ga semua build itemnya gua ikutin sih,tapi sebagian besar ^^

    BalasHapus
  29. hero buat nubie apa?

    BalasHapus
  30. GODLIKE itu seperti dewa , bukan TUHAN SUKA --'

    BalasHapus
  31. Medusa lebih sinergi dengan Manta daripada sange yasha, dan kedua item itu tidak stack bonusnya :)

    BalasHapus
  32. kk jgn lupa agi juga menambah armor ^.^
    mknya medusa membutuhka smua stats
    haha

    BalasHapus
  33. orb effect pada Skadi wktu split shot itu bisa kena slow smua ga????
    ato yg kena slow nya 1 target doank..
    tq

    BalasHapus
  34. Kk bwt luxury cuirass jg lumayan tuh. AS nya manteb. Armor n armor aura bwt support ngetank. Minus armor auranya jg bgs kan sma split shotnya. Sakit tuh pasti. Tambahin yh kk. Thx b4..

    BalasHapus
  35. kk naym aoe stunernya kurang tuh si sven gk masuk kk?

    by.elmer

    BalasHapus
  36. kk ,kan stone gaze nya meduza berfungsi sama yng ngliat dya
    tapi kalo magina sama terrorblade berfungsi gak ???
    kan mreka ber2 tu buta

    BalasHapus
  37. Polos banget pertanyaan di atas gua -_-

    BalasHapus
  38. Dota dumai comunity (Tomy)Rabu, Mei 09, 2012

    mau hero yg bisa rotokan 3 char + build item yg disaranin kk naym , ne hero mdh bgt mw jadi tapi hrus pande farmnye manta, buriza , evasion ( blm buterfly pun gpp)da pasti Tuhan suka kwkw

    BalasHapus
  39. pure damage tambah rizzak....

    BalasHapus
  40. pertanyaan wendy bikin ngakak...
    ^^

    BalasHapus
  41. apik thx kk pro soro

    BalasHapus
  42. wakkaka hero dewa ini mah item kesukaan gw klo pke medusa :
    - pt
    - linken
    - manta
    = butterfly
    - satanic
    - divine rapier

    urut dri awal atas sampe bwh build itemnya klo udah ada satanic rapier bleh anda pegang karenan skrng anda sudah imba holyshit sama seperti ZSMJ wkwkwkwk

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats