DotA Guide Indonesia

Nessaj – The Chaos Knight



A disciple of Mithras, the God of Chaos, Nessaj has utilized the powers bestowed upon him to further the cause of Chaos and Evil. He stands opposed with all his might against the powers of Order and Good. He uses his ability to call upon chaotic energy to damage and stun an enemy for a random length of time in conjunction with his power to rip holes in space to instantly strike down all that stand against him. His powers culminate into the terrifying Phantasm, creating avatars of himself who do full damage to all those who oppose him, confusing the battlefield and wreaking havoc amongst the forces of Good.




INTRO


Nessaj sangat berpotensi menjadi Tanker, karena memang dia adalah hero STR, dengan pertumbuhan STR dan Armor yang lumayan untuk nge-tank.

Nessaj juga bisa menjadi DPS-Pusher, sudah pasti karena dia punya kemampuan untuk membuat image nya sendiri, 3 image pula, bahkan kekuatan semua image nya sama dengan dia. Sudah pasti dia berperan menjadi pusher juga.

Nessaj juga termasuk Ganker, dia sangat berpotesi nge-bokong, dia punya stun yang mudah digunakan, blink yang sangat baik, dan dengan base MS sangat tinggi sekali (lol) dia akan selalu terlihat dimana-mana, dari screen ke screen, nge-bokong di sepanjang early-mid game.

Tapi Sebenarnya, nessaj paling sering menjadi CARRY ( atau semi-carry) di battle, kenapa? Tentu karena dia memiliki kemampuan Critical strike yang juga dimiliki oleh image2 nya. Bahkan critical nya bukan critical biasa. critical nya itu setara dengan level 2 coup de grace, yaitu skill critical terbaik di game ini.







Spoiler Statistik Hero
Name: Nessaj
Affiliation: STR Scourge
Strength: 20 + 2.9
Agility : 14 + 2.1
Intelligence: 16 + 1.2
HP: 530
HP Regen : 0.88
Mana: 208
Mana Regen : 0.65
Damage: 49 - 79
Armor: 4
Movespeed: 325
Range: 128 ( melee)
Attack Speed : 0.67
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800








Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN :

1. Base MS tertinggi kedua
2. DPS nya sangat baik, dengan kemampan membuat image (cloners)
3. Base Attack damage yang sangat tinggi ( 46 - 76)
4. Sangat mudah membalikkan situasi, war/ meng-counter bokongan
5. SUSAH DIBUNUH! Dan ditemukan ‘asli’ nya, Terutama di late game. 


KELEMAHAN :

1. AS yang buruk, padahal AS sangat diperlukan untuk memicu criticalnya
2. Sementara Criticalnya hanya 11% chance nya.
3. Pertumbuhan INT dan kapasitas Mana yang sangat kurang
4. Cooldown Ulti termasuk yang paling lama.
5. Apapun yang bisa Cleaving / Splash Attack.


SKILL


Chaos Bolt


A mysterious energy bolt is thrown at an enemy. It stuns for a random amount of time. Deals random damage.

Level 1 - Deals 1-200 damage and stuns, lasts 1-2 seconds.
Level 2 - Deals 50-225 damage and stuns, lasts 1-3 seconds.
Level 3 - Deals 75-250 damage and stuns, lasts 1-4 seconds.
Level 4 - Deals 100-275 damage and stuns, lasts 2-4 seconds.

Casting range: 500
Mana Cost: 140
Cooldown: 10
Duration :

1-2 Seconds ( Level 1)
1-3 Seconds( Level 2)
1-4 Seconds ( Level 3)
2-4 Seconds ( Level 4)


Skill Stun yang sangat mengagumkan
. Damage dan durasi nya tidak konstan, artinya kadang target dapat damage gede kadang juga sedikit, atau kadang durasi nya 1 detik kadang juga sampai 4 detik. karena ‘random’ dan bukan berdasarkan ‘chance’ artinya skill ini juga bergantung dengan ‘luck’ mu juga. Skil stun seperti inilah yang penggunaanya mudah, sangat dibutuhkan saat nge-bokong, artinya kamu punya potensi besar menjadi ganker.

Target yang terkena akan muncul ‘angka biru’ di atas nya ( bisa terlihat oleh teman maupun musuh ) yang merupakan durasi stun yang didapatkannya. Tipe damage magical jadi dikurangi resistance dan di block oleh spell immunity.

Reality Rift


Teleports you, any images you have and the target unit to a random point along the line between the two of you. Gives you bonus attack damage for one attack.

Level 1 - Teleportation and 25 bonus attack damage
Level 2 - Teleportation and 50 bonus attack damage
Level 3 - Teleportation and 75 bonus attack damage
Level 4 - Teleportation and 100 bonus attack damage

Casting range: 550/ 600/ 650/ 700
Mana Cost: 50
Cooldown: 24/ 18/ 12/ 6

Upgrade dari Nessaj. skill ini menggeser ‘Blink Strike’. Efeknya hampir sama, kamu tetap melakukan blink, tapi kali ini kamu tidak akan blink ke posisi target, tapi kalian (kamu dan targetmu ) akan ‘saling mendekat’, artinya kalian akan ‘bertemu’ di tengah2 posisi kalian(Lihat SS nya di strategy).

Setelah blink, serangan pertamamu akan mendapat bonus damage yaitu 25/50/75/100 tiap level nya. Dan ilusi-ilusi/ image mu juga secara otomatis akan ikut blink ke arah target mu ( kalau ‘mereka’ ada).

Yang benar2 berubah dari skill sebelumnya adalah, kali ini kamu tidak bisa menggunakan skill ini ke temanmu.

Critical Strike


Nessaj's mojo gives him a chance to deal bonus damage.

Level 1 - 11% chance to 1.5 times normal damage.
Level 2 - 11% chance to 2 times normal damage.
Level 3 - 11% chance to 2.5 times normal damage.
Level 4 - 11% chance to 3 times normal damage.

Satu lagi skill yang membuat nessaj sangat ditakuti sebagian besar hero di sepanjang battle, ini skill yang sangat mengerikan di late game, apalagi kalau di dukung dengan damage dan AS yang baik. Sama dengan crit coup de grace level 2, Hanya ‘chance’ nya aja yang lebih kecil. Tapi meski damage dan AS mu kalah dari mortred late, tapi kamu punya image2 yang juga mendapat critical strike!! OMG... 4 mortred level 11 !!

1.5/2/2.5/3 kali normal damage sama aj diartikan kamu mendapat tambahan 5.5%/11%/16.5%/22% DPS setiap kali crit terpicu.

Phantasm


Summons several copies of the Chaos Knight from alternate dimensions. The illusions deal full damage, but take extra damage.

Level 1 - Summons 1 Image, takes 200% normal damage, lasts 20 seconds.
Level 2 - Summons 2 Images, takes 200% normal damage, lats 20 seconds.
Level 3 - Summons 3 Images, takes 200% normal damage, lasts 20 seconds.

Mana Cost: 125/ 200/ 275
Cooldown: 140

Skill ‘membuat’ image, animasi yang sama dengan mirror image nya naga atau saat menggunakan Manta Style. Tapi ada jeda animasi selama 0.6 detik, dan selama ‘jeda’ itu kamu INVULNERABLE, yang artinya kamu bisa nge-block spell2 / Attack yang ‘missile’ nya menuju ke kamu. Seperti magic missile nya venge, panah nya PoTM, dll

Yang membuat skill ini lebih berbahaya dari skill ‘cloners’ lainnya adalah, damage yang dihasilkan imagemu 100% atau SAMA dengan damage mu. Tapi seperti ilusi2 lainnya, menerima lebih banyak damage, yaitu ilusimu menerima 200% damage.

Menggunakan skill ini juga me-remove buff (positif maupun negatif ) , misalnya kamu sedang terperangkap Ensnare nya meepo, menggunakan phantasm bisa me-remove nya, atau kalau kamu terkena entangle nya spirit bear juga , kalau kamu dikasi bloodlust/ living armor, juga akan di-remove nya.

Skill ini me-remove positif buff dan sebagian besar negatif buff.



SKILL BUILD
1. Chaos Bolt
2. Reality Rift
 
3. Chaos Bolt
4. Reality Rift
 
5. Chaos Bolt
6. Reality Rift
 
7. Chaos Bolt
8. Reality Rift
9. Stats
 
10.Phantasm
11. Phantasm
12. Critical Strike
13. Critical Strike
14. Critical Strike
15. Critical Strike

 16. Phantasm
17-25. Stats

Bolt sudah pasti harus pertama mentok, karena itu skill stun mu dan sangat berguna saat nge-bokong atau untuk kabur dari bokongan. Setiap kamu naikin levelnya ‘kemungkinan’ durasinya akan semakin baik, tapi kamu ga akan menggunakannya buat nyicil dengan damage yang tidak konstan ( 1- 200 ), cukup gunakan kalau benar2 diperlukan.

Reality rift ambil juga di early, mentokin setelah chaos bolt. Reality sangat membantu juga saat nge-bokong, dan meningkatkan mobilitas ganking mu juga dengan semakin mengurangi cooldown tiap naikin level nya. Kenapa chaos bolt mentok duluan? Karena skill itu lebih membantumu nge-bokong / kabur.

Ulti baru diambil di level 10 tentu karena mana cost yang sangat mahal hanya untuk membuat 1 image yang BELUM memiliki Critical Strike, okay semua juga tahu itu artinya rugi besar. Jadi ambil kalau kamu sudah punya cukup mana, dan damage mu ( stats STR) udah lumayan.

Critical strike ambil di mid game, kamu ga akan membutuhkannya di early dengan damage dan AS mu yang masih sangat ‘kurang’ untuk 11% ‘chance’ terpicunya -_-)






Item Build dan Gameplay


EARLY GAME



ITEM

Item Awal :
1 gauntlet, queling blade, tango, healing slave, dan sisanya branch. Seharusnya bukan kamu yang beli ayam atau ward, karena kamu termasuk semi-carry. Quelling akan membantumu creeping di lane.


Item Core :

Soul ring

Kebutuhan mana nessaj termasuk tinggi di early tapi akan tertutupi dengan item ini



BOOTS OF SPEED

Techies yang sudah membawa sepatu ini emang belum bisa ngejar kamu, tapi hero lainnya bisa..
 


HELM OF DOMINATOR

Kamu termasuk semi-carry, dominator adalah item core sebagian besar hero carry dan semi-carry. Lifesteal ,armor, dan kemampuan dominate creep dengan harga 1850 gold sj. Apalagi kamu punya critical, membuat lifesteal mu semakin sakit. Selanjutnya akan di upgrade menjadi satanic yang menambah STR mu, artinya menambah DPS image2 mu juga.








STRATEGY

Drafting...

Jangan Pick Nessaj:

1. Kalau lawan kalian banyak yang memakai hero-hero yang memiliki skill berefek area.
2. Ada lawan yang bahkan pick Raigor.
3. Tim kalian kekurangan nukers.
4. Anda belum bisa mengelola mana dengan baik.

Pick Nessaj:

1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero-hero 1 vs 1.
2. Tim kalian butuh Tanker dan Carry sekaligus.
3. Anda ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari hero-hero AGI lewat ilusinya.
4. Tim kalian kekurangan Ganker. 

Peran:

Carry/Semi-Carry = Kalau tidak ada carry sama sekali/tidak ada carry yang jadi.
Ganker = Harus!
Pusher = Baguslah! :D
Support/Warder = Tidak pantas!
Initiator = Sangat tidak pantas!!
Tanker/Semi-Tanker = Sangat diharuskan!!! (Semi-Tank kalau ada tanker lainnya.)

LANE

Kamu ga cocok main utan, dan juga ga mungkin langsung nge-bokong di level 1 (kecuali ada stunner yang ngajak, untuk FB... why not?). Jadi kamu sebaiknya main lane aj dlu.

Scourge atau Sentinel, pergilah ke Lane atas atau bawah terserah kamu, Jangan mid! Potensi mu terlalu besar untukmu meninggalkan dual lane, kamu punya stun INSTANT, Blink, dan MS yang sangat baik untuk ngejar /killing di early, kamu butuh partner untuk melengkapi nya. Lagipula kamu ga harus cepat2 dapat ulti.





 
CREEP BLOCKING :
Kalau kamu main di lane atas ( sentinel ) atau bawah (scourge), lakukan. Kenapa ? karena di lane itu, lokasi tempat bertemunya creep mu dan creep lawan dekat dengan tower musuh. jadi Supaya posisi creep mu tidak terlalu menekan ke arah tower musuh, lakukan creep blocking, dan kamu bisa creeping lebih nyaman karena aman dari ganker.
 

LAST HIT dan DENY : 
Proses creeping di lane seperti biasa lakukan last hit dan deny. Base damage mu sangat baik buat nge-last hit, tapi sangat ‘random’, perbedaan min dan max nya cukup jauh (46 - 76). Butuh sedikit luck juga buat nge-last hit / deny.

Kelemahan lainnya adalah kamu MELEE, kalau lawanmu ada yang range, km akan kesulitan maju nge-last hit. Kalau dua-dua nya range, biarkan mereka menguasai area creep. Beberapa tips yang harusnya kamu lakukan selama proses di lane :

-Usahakan Pukul musuhnya kalau creep2 musuh sudah habis, dengan maksud nyicil.

-Kalau creep nya masih ada, pukul sesekali tapi HATI-HATI

-Kalau HP nya kuning, tp dia nyerang balik, BUNUH aj! Stun + Rift + MS tinggi , apa yang bisa membuatnya lolos ?

Aturan lainnya, kalau kamu se-lane dengan carry, support dia. Bantu nyicil creep tapi biarkan dia nge-last hit. Kalau dia kehabisan item regen HP, kasi sebgian tango mu, dan kalau musuh datang nge-bokong, stun musuh yang terdekat, lalu kabur, tp kalau ‘memungkinkan’ lawan aj mereka.
 

JAJAN : 
Beli sepatu di secret shop kalau gold mu cukup, tetap creeping di lane atau di hutan sampai kamu bisa membeli dominator. Kalau domi mu sudah jadi, cari centaur / Dark troll warlord di hutan, kamu akan membutuhkan stun/disable mereka selama proses nge-bokong. Kalau kamu ga tau Microing, link ini akan membantumu [MICRO DAN MACRO] 


NGE- BOKONG :
Sebaiknya pulang ke fountain dulu, beli bottle mu dulu, jangan mulai nge-bokong kalau kamu belum punya bottle, karena kamu juga akan membutuhkan PU untuk nge-bokong. PU yang paling membantumu nge-bokong ada 2, yaitu DD (dobel damage) dan Ilusion.

Ingat! Kapasitas mana mu sangat kurang di early game, mungkin mana mu akan cukup buat nge-bokong sekali aj, jadi isi mana mu dengan bottle. Lalu kalau beruntung dapat PU, bottle akan kembali terisi setelah km menggunakan PU itu. Jadi karena kapasitas mana mu kurang, dan damage skill2 mu ga begitu sakit, kusarankan jangan pernah nge-bokong tanpa teman / unit.

Kalau sudah punya domi lebih bagus lagi, dominate centaur / dark troll warlord / satyr trickter. Jadi kalau sudah punyasalah satu creep itu, perhatikan ketiga lane.

Lihat lane mana yang musuhnya udah dekat ke tower kalian, karena musuhnya dekat dengan towermu artinya kamu punya cukup ruang untuk gejar musuh mu. Biarkan temanmu itu yang membuka dengan skill nya, lalu ‘blink’ ke musuh nya pukul2 bareng teman / centaur mu, kalau mulai kabur STUN dia dengan chaos bolt, pukul2 lagi, kalau cooldown rift selesai, blink lg ke target kalau masih berhasil kabur,dst..

Cooldown Rift di level 4 hanya 6 detik, jadi gunakan skill itu yang pertama untuk nyerang target. Karena memang sebaiknya kamu melakukan serangan kejutan seperti itu :p . Selesai nge-bokong ( nge-kill / ngusir aj ) creeping dulu sebenatar di lane itu, isi HP dan Mana mu dengan bottle. Lalu kembali perhatikan ketiga lane, cari korbanmu yang berikutnya...
 


SKILL :

Reality Rift..

Setelah Blink, Nessaj akan berada di posisi sejauh 80% (ke arah target) dari total jarakmu dengan target sebelum blink , sementara targetmu juga akan ‘berpindah’ ke arahmu sejauh 30% dari total jarak kalian, artinya nessaj akan berada di belakang targetnya setelah blink.

Spoiler Screenshot




Itu sangat menguntungkan karena kamu bisa memukul nya beberapa kali saat dia mencoba mundur, karena harus memutarimu dulu.

Gunakan skill ini untuk membuatmu menjangkau target, skill ini sangat efektif untuk digunakan membuka bokongan. Tapi kalau musuhmu punya stun atau skill untuk kabur (WW,blink,dll), sebaiknya buka bokonganmu dengan chaos bolt.

Karena cooldown skill ini lebih singkat (level 4 ), jadi sebaiknya skill ini yang pertama digunakan. Supaya kamu bisa menggunakannya untuk yang kedua kali (bonus damage lagi) kalau target masih berhasil kabur.
 


Chaos Bolt..

"Chaos Bolt ada ministun nya selama 0.01 detik sebelum durasi stun yang sebenarnya yaitu 1-4 detik. Ministunnya itu TIDAK bisa di block oleh linken’s sphere” ( Dotationary)


Spoiler Screenshot


Skill ini yang membuatmu menjadi salah satu teman gank paling favorit. Skill stun yang sangat efektif untuk nge-bokong, semua ganker pasti membutuhkan skill stun yang penggunaannya sangat mudah seperti chaos bolt ini. Casting range nya jauh, dan durasi nya juga sampai 4 detik ( kalau beruntung ).

Saat nge-bokong gunakan skill ini kalau target mulai kabur, gunakan sebagai pembuka bokongan hanya kalau musuhmu mudah kabur seperti windwalkers atau blinkers.Kamu ga akan memanfaatkan damage dari skill ini untuk nyicil, karena damage nya random, manfaatkan sebagai stun aj.

MID GAME




ITEM

POWER THREADS

Kamu akan membutuhkan tambahan AS dan stats nya. Gunakan yang INT, menambah lagi kapasitas mana mu. tp kalau udah late ganti ke yang STR aj, juga menambah DPS image2 mu.
 


ARMLET OF MORDIGGIAN

Kenapa?

1. harganya MURAH!, terjangkau untuk hero ganker sepertimu, swt..
2. Image2 mu juga dapat Unholy STR nya ( +25 STR / + 25 Damage), tapi degen nya (minus HP regen) TIDAK!!
3. Menambah Attack Speed, itu yang dibutuhkan Nessaj.. AS
4. 65 Damage untuk 2850 Gold?? WOOW!! Relic?.. RIP aj ^^
5. Menambah Armor, lumayan buat nge-tank di late.

TIPS : Aktifkan Armletmu sebelum menggunakan manta / phantasm, supaya image2 mu juga dapat unholy STR nya, tapi mereka TIDAK terkena degennya kok. Nah.. setelah ‘membelah diri’, off kan aj AoM mu, supaya HP mu ga dikurangi, bonus damage nya kan udah ada di image2 mu, mereka menghasilkan 100% damage mu kok. Kalau pun km ‘lupa’ ( atau sengaja tidak) meng-off-kannya, kamu punya lifesteal kan?






STRATEGY

Mid game, lupakan creeping, kamu harus nge-bokong , fokus untuk mendapatkan KILL sebanyak mungkin, lakukan cara yang sama, tetap bokong hero yang sedang creeping di lane, atau di hutan, dll. Target utamamu carry musuh, dan hero2 yang MS nya sedikit.

Karena rift dan bot mu sudah mentok, artinya cooldownnya rift sudah bagus, combo spell mu adalah..

+ Hit -> -> + hit -> + hit ->


PUSH TOWER :

Selain nge-bokong, kamu juga punya peran penting di mid game, yaitu menjadi pusher-DPS, dengan ngambil phantasm level 2, kamu akan menghasilkan DPS 3 kali lipat, tower musuh sudah pasti mejadi tanggung jawabmu juga. Jadi jangan keluarkan imagemu kalau belum sampai ke tower musuh. Tapi lakukan itu hanya kalau kamu sedang push aj karena saya ga menyarankan km menggunakan phantasm sembarangan, jadi lakukan hanya kalau kamu sedang pushing sendirian.

Pancing lawan dengan cara, pertama tiga atau empat teman mu nyerang tower di salah satu lane, itu akan memancing musuh2 datang ke tower itu, lalu kamu sendiri nyerang tower di lane lain, bersama image2 mu. Atau sebaliknya, kamu yang pertama nyerang tower bersama image2 mu, musuh2 datang ke tower itu, supaya temanmu nge-push tower lain dengan nyaman. Salah satu Potensi lagi dari tim yang memiliki nessaj ^^.

Tapi ingat juga, cooldown phantasm sangat lama, jadi kalau memungkinkan untuk merobohkan tower tanpa image2, mending simpan aj phantasm nya.
 


SKILL :

Critical Strike..

Sebenarnya Ga ada yang perlu kujelaskan lagi dari skill ini, tapi ini skill CRIT non-ulti paling mengerikan. Skill ini sangat sinergi dengan phantasm, karena kamu akan menghasilkan 4 nessaj yang nyerang 100% damage critical yang setara dengan level 2 coup de grace

Seperti yang kamu ketahui, critical baru berguna untukmu kalau:

-Kamu sudah punya damage yang bagus
-Kamu punya AS yang baik
-Artinya kamu sudah punya beberapa item core mu juga.




 

Phantasm...

Sedih untuk mengatakannya, phantasm tidak sebaik seperti mirror image dan manta, yang setelah Cast image-image akan langsung muncul. Karena Phantasm punya jeda animasi selama 0.6 detik, yah itu jeda yang sangat lama, sangat buruk klo digunakan saat ‘ngejar’. jadi ada aturan penggunaannya juga..

Kapan Sebaiknya mengunakan Phanstasm :

-Gunakan setelah musuh terkena STUN (stunmu atau stun syapapun) ->

-Gunakan kalau musuh berada di tengah2 creep, dan tentunya terkena stun.
-Gunakan kalau kamu berhasil memojokkannya (di fissure nya raigor,di pohon2, dll) yang akhirnya image2 mu bisa menghalangi jalannya.
-Gunakan saat kamu dikejar / kabur / di bokong
-Gunakan SETELAH kamu diserang ulti area musuh (saat war) TERUTAMA : REVERSE POLARITY!!!!, RAVAGE, BLACK HOLE, ECLIPSE, OMNI SLASH, dan sejenisnya..
-Sy ga terlalu menyarankan ini, tp Gunakan saat push tower -_-)

Jangan Gunakan Phantasm, Kalau ...

-Melawan Roshan!!, image mu akan hilang kalau ada ‘kontak’ dgn si ocan o.O)
-Sebelum war dimulai
-Sebelum / tepat setelah CHAIN FROST diluncurkan..ZZZ..zzzzzz
-RAIGOR belum menggunakan ECHO nya, whatch out!
-Mau pukul2 AXE, merugikan diri sendiri..
-Saat ngejar, yah.. 0.6 detik itu sangat cukup untuk targetmu kabur, bukan itu saja, meski MS mu jauh lebih baik dari target, image2 mu akan menghalangi jalanmu..
-Dll, yang merugikan diri sendiri dan tim.

Terlalu banyak kelemahan dari 0.6 detik jeda animasi phantasm.. tapi kalau hanya bicara kelemahan saja berarti saya meremehkan skill ini donk? ga mungkin lah... karena ‘kekurangan’ itu justru termasuk kelebihanmu, selama 0.6 detik jeda animasi itu kamu INVULNERABLE, yang artinya kamu tidak bisa di apa-apakan dan bisa dimanfaatkan untuk nge-block spell. Seperti contoh panah nya PotM..


Spoiler Screenshot


Selain skill itu, skill2 yang ‘missile’ / animasi nya bisa terlihat seperti storm bolt, magic missile, hellfire blast, dan skill2 range sejenis lainnya juga bisa di- block oleh jeda animasi phantasm

Untuk Info-Info lain tentang efek spell untuk ‘image’ / ilusi,silahkan baca di guide [NAGA SIREN] bagian late strategy..



Skill ini me-remove positif dan negatif buff, untuk negatif buff ada yang di-remove, tapi ada juga yang TIDAK. Untuk Info tentang NEGATIF BUFF yang di remove / tidak di remove oleh skill ini, silahkan baca di guide [NERUBIAN WEAVER] bagian mid strategy- Time lapse. Sama koq : ) bedanya hanya phantasm me-remove positif buff juga, sedangkan time lapse TIDAK.



Sekali lagi, sebagai semi-carry, bahkan kalau kamu sering mendapatkan kill, jangan mengabaikan ‘creeping’. Meski kamu ga begitu butuh item mahal untuk ‘jadi’, tapi itu bukan alasan kamu untukmu mengabaikan creeping. Manta style tujuanmu selanjutnya, Item DPS mu, item Pushing mu di late game.





LATE GAME





 
ITEM

MANTA STYLE


Manta artinya kamu punya lebih banyak image lagi, item ini sinergi dengan AoM, karena image dari manta juga dapat tambahan STR dari unholy STR. Menambah MS, dan seluruh stats. Apalagi nanti kalau kamu sudah punya satanic, DPS mu akan semakin mematikan!!
 


ALTERNATIF ITEM

Empty Bottle


Pengganti soul ring kalau ingin menguasai power up.
 


VLADMIR’s OFFERING


Beli basilusnya sebagai item awal, mana regen nya akan menutupi kebutuhan mana mu di early, jadi kamu ga usah beli bottle lagi. Vladmir’s Stack dengan Satanic, jadi kamu punya lifesteal lebih banyak, 56% lifesteal. So.. itu pilihanmu, sebenarnya lifesteal cukup 1 aj :)
 


BLACK KING BAR


Item ini membuat pemakainya magic immune, itu sangat menguntungkan. Tapi sebenarnya nessaj ga begitu butuh Magic immune, meski kamu ( yang asli) terkena disable/ stun, tapi kamu tetap punya image2 mu yang nyerang 100% DAMAGE mu. Kamu punya phantasm untuk nge-block spell, dan me-remove buff. Tapi ini akan berguna kalau lawanmu kebanyakan hero ealry-nukers-disabler.


# Untuk kamu yang tidak mau beli domi, atau ga suka micro, kusarankan pilih salah satu alternatif item-item di bawah sebagai orb mu (pengganti dominator)
 


SANGE AND YASHA


SnY menambah stats STR dan AGI mu, artinya menambah DPS image mu juga. Tp kamu sudah punya cukup disable.
 


DIFFUSAL BLADE


bukan item yang terbaik buat nessaj. tambahan stats AGI nya juga menambah DPS image mu sih, tp Kamu punya blink, dan casting range stun mu sangat baik,kamu ga akan terlalu membutuhkan purgenya. Tapi karena image2 mu nyerang 100% damagemu, artinya mereka juga dapat 100% feedback (mana break). Kusarankan beli kalau musuhmu ada yang pake purist.. -_-). Sebaiknya beli vlad juga.
 


MASK OF MADNESS


AS nya sangat baik untuk memicu criticalmu ,tapi tidak menambah Damage dan Stats STR mu, Seperti kalau kamu membeli satanic, kenapa masih butuh AS? Kamu sudah punya AoM,PT dan Manta?itu sudah lebih dari cukup, sementara ‘damage’ telupakan..
 


STYGIAN DESOLATOR


Belilah Vlad juga, jadi Corruption + vlad + critical mungkin akan menghasilkan lifesteal yang sangat baik. Tapi imagemu tidak menerima tambahan damage dari item. Damage image mu berdasarkan stats STR mu, bukan dari tambahn ‘damage’ item ini.
 

Orchid


Good choice untuk mendapatkan AS, tapi lebih tepat AoM. Tambahan mana regennya lumayan tapi sedikit berlebihan.


Luxury!

SATANIC


Sudah pasti item tambahan yang paling kusaranin. Upgrade domi mu, menambah stat STR dan life steal yang lebih banyak, ingat selalu untuk mengaktifkan AoM dan Satanic dulu sebelum menggunakan Phantasm / Manta, karena unholy rage + Unholy STR menghasilkan Damage yang sangat besar, apalagi image2 mu memberikan 100% damage + critical.
 


HEART OF TARASQUE


Sama dengan satanic, kali ini kamu hanya perlu menambah DPS image2 mu, artinya tambahan stats STR lg.
 


ASSAULT CUIRASS


Sebaiknya beli dulu kedua item tambahan di atas, sebelum kamu membeli ini. Yang diberikan item ini hanya Armor, - armor aura, dan AS untuk DPS image2 mu. Memang baik untuk criticalmu, tp dengan PT dan Armlet kurasa sudah cukup dengan harga yang jauh lebih murah.
 


BATTLE FURY


Jangan melewati item core mu untuk membeli ini, karena kamu akan rugi BANYAK!! kamu ga diciptakan untuk creeping2 trus di early-mid game, kamu diciptakan untuk nge-bokong di masa-masa itu, karena itu kamu hanya semi-carry dan bukan benar2 carry.

Meski HP dan mana regennya cukup dibutuhkan, tapi item ini juga tidak menambah damage image2 mu karena tidak menambah STR. Tapi Cleaving nya sinergi dengan Crititcal Strike mu, sebenarnya item ini baru berguna untuk mu di late, karena crirtical mu sudah gede dan bisa cleave pula, mantap buat push : )
 


VANGUARD


Ga begitu kusaranin, tambah di ealry game klo mau.
 


THE BUTTERFLY


Menambah AS,damage (sedikt untuk hero STR ), dan evation. Item yang bagus, tp tidak kusarankan
 


MONKEY KING BAR


Err..AS nya sangat baik. Tp Ga menambah STR (damage nya buat mu saja), item yang bagus, tapi mengabaikan Phantasm..
 


RADIANCE


Item ini berguna buat creeping, bisanya carry membeli item ini. Jadi beli kalau km emang menjadi Carry di tim (jadi hero late). Efek tersakit item ini adalah di early-mid game, jadi kalau kamu mau membeli ini, artinya kamu harus fokus creeping di early-mid game untuk membeli Relic (melewati AoM dan Domi). Tp kapanpun km berhasil memiliki radiance, kamu akan mendapatkan item2 core mu seteahnya 2 kali lebih cepat :D
 


REJECTED ITEM!!

PHASE BOOTS


Buat apa nembus creep?, kamu punya blink.. MS mu sangat baik, kamu ga butuh tambahan ‘damage’, yang kmau butuh STATS yang sekaligus menambah damage, dan kamu punya stun yang casting range nya jauh..
 


BOOTS OF TRAVEL


Tambahan MS nya paling bagus, bisa teleport pula. Kenapa sepatu ini tidak cocok dengan nessaj? Ada banyak alasan.. Dia punya base MS termasuk yang tertinggi di DoTA, Dilengkapi rift juga artinya Ga perlu ngejar terlalu kencang . Dia punya stun yang durasinya bisa mencapai 4 detik. Dia butuh AS, dan STATS untuk image2 nya di mid-late game, yasha menambah MS juga. Dan PT lebih murah, resepnya mudah dibeli di early-mid game
 


ORB LAINNYA


Kamu ga butuh slower attack, kamu punya blink+ stun dan image2 mu akan menghalangi jalan pulang musuhmu, selain itu tambahan INT nya terlalu banyak.. kamu ga butuh mana sebanyak itu. Lalu Maelstorm, imagemu tidak mendapat tambahan AS nya.



BURIZA


citical nya TIDAK STACK!!
 


REFRESHER ORB


Cooldown lama, bukan berarti butuh item ini, kamu ga akan punya cukup mana untuk phantasm kedua. Lagipula sekali phantasm aj kamu sudah bisa bunuh. Terlalu mahal, mengabaikan potensi phantasm mu.
 


CRANIUM BASHER


kamu tidak punya cukup AS untuk memicu Bash nya. Image mu ga akan membantu,karena ga bisa bash,



LOTHAR’s EDGE


Ga berguna, kamu sudah punya banyak ‘bakat’ untuk kabur / menghindar,MS mu tertiggi di DotA.
 


DAGON


Kamu bukan nukers...






STRATEGY

Late game nessaj dimulai kalau ultimu sudah level 3. Artinya level 16 – 25 atau sampai game selesai. Seperti hero carry/semi-carry lainnya, ga ada yang perlu dijelaskan lagi, karena tugasmu kali ini adalah....

- Di war, BUNUH semua hero lawan, satu persatu. Target pertama DISABLER nya
- Defense, kalau kalian di push lawan
- Bunuh Roshan, kasi aegis nya ke carry aj ( klo ga ada, kamu aj yang ambil..)
- PUSH, gunakan Manta untuk membantu, target pushing mu.. BARRACK!!
- HANCURKAN World Tree / Frozen Throne


Tapi kalau di tim mu hero STR Cuma kamu, berarti kamu yang nge-tank. DI war, maju paling depan, kalau bisa kamu yang buka. War akan terlihat sangat rame kalau ada kamu, itu sangat merugikan buat musuh. Kalian akan mendominasi war kalau phantasm / manta mu tidak sedang cooldown.
 

WAR

Saat war tugas mu sangat mudah, tunggu sampai ada yang buka war, tentukan target pertama mu, harusnya dia adalah nukers, disabler (rhasta, lion, bane, enigma), atau hero yang memiliki spell area yang sangat berbahaya seperti rylai.

Stun targetmu itu dengan chaos bolt, keluarkan image, lalu blink ke targetmu itu. Setelah kamu membunuh mereka2 itu, sudah pasti war akan kalian dominasi, lagipula mereka mudah kok di bunuh.

Kalau lawanmu ada raigor, biasanya dia menyimpan ulti nya sampai kamu mengeluarkan image, karena image2 mu menambah damage echo slam nya, apalagi kalau kamu menggunakan manta juga. Jadi usahakan jangan gunakan phantasm sebelum dia menggunakan echo nya, karena yang rugi teman mu juga.



Okay, nikmati late game mu. Bunuh sampai km ‘beyond godlike’ kalau bisa :p ,kalau menang harusnya senang, kalau kalah belajarlah dari kesalahan.






ALLIES

DISABLER


Kamu butuh disable mereka, supaya kamu bisa menghasilkan DPS yang lebih banyak, begitu juga mereka, ga akan membunuh tanpa kamu.
 


STUNNER


Sama dengan disabler, kalian juga bisa melakukan stun berantai saat nge-bokong.
 


SLOWER


Apapun yang bisa membantumu menyerang target lebih banyak. Meski kamu punya stun, tp kamu akan membutuhkan mereka, apalagi kalau durasi stun mu tidak cukup lama untuk membunuh target.
 


EZALOR / RYLAI


DI early mereka akan memberimu banyak tambahan mana untuk nge-bokong. Banyak mana di early artinya kamu akan lebih banyak mendapatkan kill. Lagipula Mereka juga termasuk disabler, ezalor dengan mana leak nya membuat target tidak(mau) bergerak.


 

IAS (Increase Attack Speed)
 

Mereka mempercepat Critical terpicu. 


MORPHLING


Lumayan.. dapat 1 clone lagi, berarti nambah DPS lagi. image yang diciptakan morph durasi nya jauh lebih lama dari manta maupun phantasm mu. Morph juga punya ‘stun’ sendiri.
 


VENGEFUL SPIRIT


Salah satu teman gank yang paling cocok buatmu, dia punya stun, bonus damage aura, dan bisa nge-swap. Kalian tidak mungkin membuat target kabur, karena kalian bisa melakukan stun berantai, lalu kalau target kabur, kamu punya reality rift, lalu venge nge-swap target.
 


Mirana Nightshade


Durasi stun yang kalian hasilkan akan sangat lama, gunakan stun mu duluan, itu akan mempermudah penggunaan elune arrow nya, skill stun yang sangat ‘sakit’ dengan durasi yang sangat lama juga. Sama dengan venge, kalian tidak akan membiarkan target kabur karena dia juga punya leap untuk ngejar.







ENEMIES
 

STUNNER / DISABLER AREA


Image2 mu menerima damage 2 kali lipat, apalagi kamu tidak punya resistance yang baik. Mereka bisa membunuh 

image mu dengan mudah. 


AoE SPELL


sama dengan stunner area, spell2 mereka sangat mudah membunuh image2 mu.
 


WINDWALKERS


Mereka windwalkers, mereka ga terlihat dan kamu ga mungkin mengejar ‘sesuatu’ yang tidak nampak. Apalagi windwalk membuat MS mereka sangat tinggi. Sulit menguasai windwalkers untuk hero chaser sepertimu.
 


MANA BURNERS


Tiga dari empat skill mu aktif, dan mana costnya sangat banyak pula dan tidak diimbangi dengan pertumbuhan INT yang baik.
 


BLINKERS


Hero DPS sepertimu tidak akan mudah menguasai mereka yang blinker juga.
 


LICH


CF juga mantul ke image mu, CF memang sangat mematikan untuk hero2 cloners. Kalau dia melempar CF nya ke arah ‘kalian’, tinggalkan image mu, lalu pergi sejauh mungkin dari posisi image2 mu.
 


EARTHSHAKER


Semakin banyak image mu, semakin banyak echo damage yang akan dihasilkannya T_T)
 


CLEAVE / SPLASH


Yeah... solusi dari cloners adalah hero2 yang punya kemampuan cleave / splash seperti mereka, kunkka sudah ga diragukan lagi area cleavenya paling luas. Sven dengan god’s STR + cleave, woah.. apapun bisa dia hancurkan di area tebasannya, DK dengan bluedragon form, slower area dengan splash attack nya, apalagi dia punya firebreath dan stun juga. Lalu medusa, dengan split shot nya..
 


Obsidian Destroyer


Dengan pertumbuhan INT mu yang hanya 1.2 per level, damage Eclipsenya sangat mematikan untukmu. Belum lagi pure damagenya yang bisa membunuh ilusi dengan mudah dan membuatmu ketahuan (yang asli) dengan mudah.
 


Medusa


Ilusimu sangat lama muncul tapi sangat cepat dibunuh oleh Stone Gaze.


AXE


Menyerang nya bersama image2 mu semakin memicu helix nya, apalagi reality rift membuat semua imag2 mu akan nyerang dia, padahal itu yang paling diinginkan axe, tahu kan? Membuat musuh nyerang dirinya. Helix nya tidak hanya membunuh image2mu, tapi kamu juga akan sekarat dibuatnya, dan culling akan menghabisimu. Counter terbaik untuk hero2 cloners..





CLOSING

CHAOS KNIGHT :


Saya (nessaj) adalah hero solo ( 1 vs 1 ), meski jumlahku ‘banyak’, tapi targetku akan selalu SATU, selama target itu belum kubunuh. sy juga suka mengejar, karena sy termasuk chaser juga, sy bangga memiliki MS terbaik yang ada di DotA.

Peran ku yang sebenarnya adalah Tanker, tapi sy lebih suka menjadi semi-carry, sy cukup menjanjikan loh di late. Artinya sy butuh item core ku. Padahal sy termasuk hero ganker jg, saya lebih suka nge-bokong di sepanjang battle, tapi bukan berarti saya mengabaikan creeping, saya rajin creeping juga kok :)

Yang terbaik dariku adalah saya bisa membuat image ku sendiri, yang sama hebatnya seperti saya donk, cuman mereka lebih rapuh aj dari saya. Yah.. ga usah terlalu memikirkan mereka, karena saya tidak akan selalu bersama mereka kok di sepanjang battle, mereka lama sih ‘datang’ nya..

Meski di early sy terlihat sangat lemah, dan sering di flame. tp di late saya bisa membuat lawanku memakan kata-kata mereka sendiri. Last, saya adalah hero yang SERBA GUNA, banyak ‘build’ yang cocok kok buat saya ^^.



*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




63 komentar:

  1. thanks kk guidenya keren banget ....

    oo.. ternyata ga stack buriza ma critnya nessaj ya....

    makanya Q bliin buriza koq ga kluar Critnya....

    thanks ya kk

    BalasHapus
  2. tambahin Mana Burner sebagai Worst Enemies ini mahluk..tanpa mana ini hero ga guna =='

    BalasHapus
  3. kalo sodara2 merasa hokinya gede pake ni hero dan hero lainnya seperti;
    ogre magi
    11% crit buat nesaj
    sama 20%multicast 4x buat ogre.
    seyammm

    BalasHapus
  4. kk naym kok ga di masukin si mechanismnya rift?
    kalo nesaaj melakukan rift pada saat byngnnya ada(cuman yg bisa dia kontrol), maka byngnya bakaln ikutan ke blink dan diTAMBAH dmageny sesuai lvl rift.
    jadi kalo si nesaj udah buka ulti, rift, nunggu semua byngn mukul, baru stun, kalo masih bisa kabur rift lagi, dan begitu ulang2.

    inget byngn yg gw mksd tadi cuman byngn yg nesaj dpt gerakan lo, jadi setahu ku kalo morphling ngebuat byngn nesaj, walopun si morp udah share unit, byngn ny g ikutan rift alias g nambah damage.

    BalasHapus
  5. Ada kok.. di bagian penjelasan skill rift ama di bagian combonya di strategy Mid, cuman memang ngejelasinnya pake gambar aj sih :p , tp pada intinya sama kok :)

    Iy, cuma bayangan yang diciptakan ama nessaj yang bisa ikut RIft.

    BalasHapus
  6. kk aku ngasih saran nih.
    di awal2 guide kalo bisa masukin tips untuk kenapa 'milih' hero ini, jadi nubie bisa tahu kapan make seseorang hero yg tepat.
    trimakasih

    BalasHapus
  7. hero ini tidak cocok sama barang lifesteal..try this item crystlys,vanguard,power thread,tarasque,oblivon stuff(for mana regen),stygian or strength stuff...buriza punya critical strike stack dan bisa dipakai oleh hero inie..

    BalasHapus
  8. klo sy lebih pilih difusal sbg item orbnya. emang satanic bisa ngasi lifesteal en damage, tp difusal ngebantu kita ngejar lawan yg kemungkinan belum mati saat kita bokong. just my opinion sih kk

    BalasHapus
  9. Klo Aghanim ngupgrade ulti na dy g kk??

    BalasHapus
  10. kk thanks guide nya berguna banget buat saya.
    Ngomongx2 guidenya azgalor sama alchemist belum ya kak???

    BalasHapus
  11. tambahin harbringer di WORST ENEMIES..
    skill pertama dia bikin bayangan nessaj ilang

    BalasHapus
  12. mgnkin cuma saran aja neh itu item awal kasi soul ring sama branch 1...soul ring lumayan regennya dan lagi krna nesaj mana nya sdikit jadi soul ring bs membantu...thankzz

    BalasHapus
  13. Inilah tambahannya:

    Drafting...

    Jangan Pick Nessaj:
    1. Kalau lawan kalian banyak yang memakai hero-hero yang memiliki skill berefek area.
    2. Ada lawan yang bahkan pick Raigor.
    3. Tim kalian kekurangan nukers.
    4. Anda belum bisa mengelola mana dengan baik.

    Pick Nessaj:
    1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero-hero 1 vs 1.
    2. Tim kalian butuh Tanker dan Carry sekaligus.
    3. Anda ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari hero-hero AGI lewat ilusinya.
    4. Tim kalian kekurangan Ganker.

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Kalau tidak ada carry sama sekali/tidak ada carry yang jadi.
    Ganker = Harus!
    Pusher = Baguslah! :D
    Support/Warder = Tidak pantas!
    Initiator = Sangat tidak pantas!!
    Tanker/Semi-Tanker = Sangat diharuskan!!! (Semi-Tank kalau ada tanker lainnya.)

    BalasHapus
  14. kk maksudnya tanker, pusher, nuker, caryy etc itu apa sih??????

    BalasHapus
  15. klo carry sih menurut gw killernya...
    pusher tuh hero yang 'mempercepat' game kek brood furion enigma gtu...kan 'anak2'nya mbantu nyelsein tower tuh wkwkwkw
    nuker tuh hero hero int biasanya yg byk spell2nya
    tanker tuh biasa hero str yg badak2
    y gtu seh menurut saiiiaa

    BalasHapus
  16. ah kurang jelas!!!!

    BalasHapus
  17. Kalo masih kurang jelas, ane coba jawab :)

    Tanker: hero yang gedein Hp dan Armornya buat nerima damage spell-spell musuh ngetank teman-temannya. kebanyakan hero STR.

    pusher: hero yang tugasnya push (nekan) ke arah base musuh atau defense base sendiri,biasanya hero yang punya banyak unit/summoner/illusioner/dan memiliki skill yang bisa menyerang bangunan. jadi mereka naikin potensi pushnya.

    Nuker: hero yang memiliki spell-spell yang bagus dimanfaatkan untuk nyicil Hp musuh,supaya mudah dibunuh oleh carry. Biasanya mereka berjaya di early game.. kebanyakan hero INT

    Carry : Hero yang butuh farming untuk bisa mengeluarkan potensi yang sesungguhnya. misalnya hero DpSer yang butuh farming item-item Mahal untk bisa Jadi. mereka suram di early dan sangat mematikan di late game kalau itemnya Jadi. Kebanyakn Hero AGI

    sekian :)

    BalasHapus
  18. gw lebih suka pake satanic di late game daripada manta

    BalasHapus
  19. replayny dunkz....

    BalasHapus
  20. Salah satu hero anti-cloner: Harbinger adalah "Einstein"-nya DotA. Dia bisa juga menghilangkan ilusi Nessaj dengan Arcane Orb dan juga INT-nya yang sangat tinggi. Selain itu, hero-hero yang biasanya membawa Diffusal Blade juga akan merugikan karena kalau memakai charge Purge, dan tidak kena damage apa-apa, berarti jangan-jangan Nessaj yang asli dan yang Phantasm ketahuan. Tambah Harbinger dalam Worst Enemies, dan juga Diffusal Blade ke dalam daftar (Item musuh yang merugikanmu!)

    BalasHapus
  21. LG, wah iya, ulti OD sakit bgt buat nessaj, sudah ane tambah, thanks :)

    BalasHapus
  22. kk naym cara kita tau item hero liat darimana sih?, aku soalnya baru maen!

    BalasHapus
  23. om purge tuh maksudnya opo?

    BalasHapus
  24. gan tambah Orchid buat tambahan AS, Mana Regen, dan Kapasitas mana....cocok buat nesaj yg mananya kurang dan tambahan AS buat micu Critical :D itu bisa jadi core loh

    BalasHapus
  25. kk emang kalo vlad+satanic dipake bareng itu lifestealnya ngestuck?? nambah lifestealnya jadi 56%??

    BalasHapus
  26. om, kalo sebelumnya nessaj ngaktifin MoM, trus ulti, efeknya ngaruh ga ke clone2nya? apa malah ilang?

    BalasHapus
  27. Leonardo Gunawan says:

    HP Nessaj jadi kecil sekali, ya... 473. Sedikit edit, ya...

    BalasHapus
  28. kak Naym,
    (satanic+manta+assault),(vlad+tara+desolator)
    enakan mana kak...?

    BalasHapus
  29. om naym..
    item bagus buat CK tapi juga nambah mana regen itu apa..??
    Battlefury bagus gak?

    BalasHapus
  30. saya lbh suka itemnya gini:
    -PT
    -vlad
    -SnY
    -Armlet
    -Tarras
    -talisman of evation/hood/vanguard/bkb/aegis apapun yg ningkatkan defense tergantung lawan,

    ultinya mengerikan, mortred aja udah pada jadi itemnya langsung mati pas make ulti trus stun, reality, mungkin lagi hoki aja ya critnya keluar dan gak miss, haha

    menurut saya kalau dipakein manta agak berlebihan, mananya gak cukup kak -_-, buat satu kali stun aja udah habis..
    tanks kk, itu hanya pendapat saya :)

    BalasHapus
  31. gua suka bgt hero nie mantap dah

    BalasHapus
  32. pke MoM bgus gk ?

    BalasHapus
  33. bagus gk pke MoM ?

    BalasHapus
  34. nih hero gila.
    keren banget dah

    BalasHapus
  35. kak Naym, sangeyasha sama manta style ngga cocok ya?

    thanks..

    BalasHapus
  36. .sdkiiit modiff hero nii uda lyak d takutti klo d awl qta bsa ambil mna regen AS
    .bisaa curi first blood:P

    BalasHapus
  37. Halo Naym.. Thanks utk guidenya ya.. Sejak belajar ulang DotA belakangan ini (setelah pensi DotA sejak 2006), guidenya sering kubuka loh.. Surprise juga ada guide dota indo yg bagus. Kalo dulu, guide2 yg bagus adanya dari pemain luar n in english. Skrg maen kaya nubie lagi, byk dibantai hahaa.. Perkembangannya sudah jauh, terakhir main masih versi 5. gitu.. Trus uda pada lebih pro juga. :D

    Mo nanya nih.. Kalo pake aghanim, bisa improve ultinya Nessaj ga ya? Mungkin jadi lebih cepat cooldownnya??

    BalasHapus
  38. @Jerry
    Wow kehormatan bagi ane guidenya disuka ama super senior,hhe
    Ok, Aghanim ga ngeimprove ulti nessaj kk, kalo diimprove biasanya ane tambahin info nya di bagian skill.
    ANd kalo mo ngeliat hero apa aj yg ultinya diimprove ada di tab Item Guide - Arcane sanctum- Aghanim,tq
    :)

    BalasHapus
  39. klo pake' hero ini agak sulit
    AS nya lambat bgt di early..
    kak,mau nanya item2 awal yang diupgrade dan cocok sama hero ini....

    BalasHapus
  40. kak naym,itu damage dari item juga bisa ikut ke clone phantasm?ato cuma base damage aja?

    BalasHapus
  41. kalo imagenya kena damage 200% masukin Luna Moonfang dong gan, Glaivenya pasti sakit kalo kena image :)

    tapi eclipsenya... (--")

    BalasHapus
  42. dari item yang nambahin stats STR.

    BalasHapus
  43. ane build item nessaj gini gan
    type1: pt,vlad,SnY,Sakadi,Taras/assault,BdK
    type2: pt,satanic,sakadi,MKB,Bdk,taras/assault

    knp dri 2 type di atas ane sllu masukin sakadi karena klo mnrut ane nessaj tetep prlu kejar2an..
    biarpun punya blink tapi delay 4 dtik bisa kbru kabur musuhnya..
    ane rasa efek slower dari sakadi lebih ngefek drpada efek slower SnY trus soal INT yg tambah banyak ane rasa gpp,ibaratkan pake sakadi sebagai ganti regen mana dari vlad..
    ane rasa cukup membantu..
    n klo minat buat sakadi di early game qt ud bisa cicil orb of venom bwt jadi slower gantiin efek maim yasha..
    bisa dibilang di early game qt uda potensi jadi killer utk build item di late game..
    sekian pendapat ane

    BalasHapus
  44. Tapirtupaigi

    kak naym.. bila nessaj main di mid lane agar cepet mentokin stun dn rift.. setelah mentok biar temen yg isi lane ny..
    dengan stun+rift mentok ngebokong pasti lebih mudah..
    gmn menurut kak naym?

    BalasHapus
  45. gan,map dota 6.73 dah keluar belum???

    BalasHapus
  46. di update dong gambarnya
    wkwkwk

    BalasHapus
  47. Chandra


    k pake soul ring enak buat nessaj aplg kl mode -np,

    BalasHapus
  48. di 6.73c ada perubahan gak? kalo bisa tampilin juga perbedaan dengan versi sebelumnya...

    BalasHapus
  49. Naym tambahain best friendsnya hero" yang bisa naikin atack speed cos akan mempercepat keluarnya critical. sperti ogre magi, io, rexxar, dll

    BalasHapus
  50. kalo phantasm itu 100% damagenya di itung dari item yang nambah damage kaya broadsword ga?

    BalasHapus
  51. kk klo pake stun dulu sblm pake phantasm kayaknya boros waktu deh, skrg klo pake chaos bolt dgn asumsi kna 4 detik trus ngeluarin phantasm yg cast 1 dtik blum lagi perjalanan 1 detik jadi sisa 2 detik doank buat mukuli musuh (kalo keluarnya 4 detik)

    saya biasanya pake cara: phantasm di tmpt yg gag keliatan, trus rift ke lawan, abis gitu kasih chaos bolt baru dipukuli(lebih bagus lagi dgn tambahan mirrorny manta tapi saya jrg pake manta), biar sukses saya pake 2 item wajib di mid SnY sama (percaya gag percaya) arcane boots(harus jadi dulu!!!), dgn gitu semua skill bisa keluar

    trus pake taktik hit n run soalnya hero ini lebih cocok jadi ganker/carry drpd tanker (meski STR) dan yang pasti, seperti yg ditulis diatas, ini hero tipe by 1 jangan coba2 maju sendiri klo musuhnya banyak

    BalasHapus
  52. nah klo item ane neh yg masih nubie..
    - PT
    - BF
    - diffusal
    - cuiras
    - terakhir manta..

    klo mana, awal awal mending jadiin preseverence aj deh biar ga gampang pulang :D

    BalasHapus
  53. @anonim atas saya

    strategi ane jg sama gan
    ngumpet di FoW dlu batu ulti+rift
    abis itu jika durasinya slesai,pake aja bolt
    pukul bareng image,dst

    ane ga pake arcane
    bwt mana regen biasanya gw kasih Perseverance,coz resep RoH nya lumayan kan +5HP regen
    mngingat mana Nessaj yg 'agak' parah

    BalasHapus
  54. Kak mw nambahkan, medusa sebagai enemies bagian aoe spellnya nessaj..
    Karena menurut saya ulti medusa gaze bisa membunuh/ngilangin bayangan ultinya dalam sekejap..

    BalasHapus
  55. PT,orchid,SnY,MoM,crabash,taras GG

    BalasHapus
  56. ane buildnya sama ama yg diatas pertama arcane boots!! borors mana ne hero.

    BalasHapus
  57. Pick Nessaj.. jika anda merasa orang paling hoki di dunia


    serius deh Nessaj salah satu Hero gambler yang bener" butuh hoki buat maininnya

    BalasHapus
  58. kalo saya lebih enak PT (item awal), Manta (nambah image), Diffusal Blade (krn kadng blm mati, takut musuh kabur jdi pake ini) , vlad (buat lifesteal ny), n stagyan desolator (buat nmbh damage aj sih + min aromorny lumyn, pnya critical tp klo damage kta kecil percuma, so ttp harus ada 1 item yang nmbh damage) .

    BalasHapus
  59. thrall juga bisa jadi best ally buat nessaj soalx pnya skill "kinetic field" yg bisa ngurung musuh, atau "glimpse" yg bisa mengembalikan musuh saat mw kabur

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats