DotA Guide Indonesia

Ish'kafel – The Dark Seer

Photobucket

Thought by some to be among the most cunning and manipulative among the Scourge's varied champions, the dark seer Ish'kafel, living in exile from his people, is also the most secretive, for he speaks to no one but the Lich King himself. His unconventional talents, which lie in augmenting himself and allies with a variety of both defensive and offensive supportive castings, are quite unusual and versatile, often capable of turning the tide of battle before it even starts.




INTRO


Butuh pertolongan dari hero berkecepatan tinggi? atau seseorang untuk ‘membentengi’ markas ? panggil hero yang satu ini.

Darkseer termasuk hero yang paling sering di-ubah. Tidak hanya stats, tapi juga dari skill-nya, bukannya semakin memburuk malah semakin membaik (kecuali ultinya). Skill buff yang dia miliki sekarang sangat mengesankan, berbeda dengan yang dulu. Selain itu vacuum juga di-improve banget. tidak ada lagi teman yang akan dikecewakannya, range nya ditambah, shell sudah stack.. mantap lah.

Tapi ada perubahan besar dari ultinya, kali ini wall of replica hanya ngaruh ke musuh saja, jadi temanmu tidak lagi bisa membuat ilusi-nya.

Spoiler Statistik Hero




Name: Ish’kafel
Affiliation: INT Scourge
Strength: 22 + 2.3
Agility*: 12 + 1.2
Intelligence: 29 + 2.7
HP: 568
HP Regen: 0.91
Mana: 377
Mana Regen: 1,17
Damage: 60 - 66
Armor: 5,7
Movespeed: 300
Range: 125 (melee)
Attack Time: 1.48 (+17%)
Missile Speed: Instant
Sight Range: 1800/800




Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN
1. ‘4th highest STR gain hero Intel, itu salah satu alasan dia cocok jadi semi-tanker juga.
2. Skill Pertahanan yang amat sangat baik
3. Sinergi dengan hampir semua hero..
4. Sangat mudah menguasai lane + Bisa PUSH lane dengan sangat cepat
5. Salah satu hero yang ga punya masalah dengan creeping.
5. Tidak ada yang meremehkan hero ini selama battle..


KELEMAHAN
1. Spell area, dan apapun yang bisa ‘cleave’
2. Semakin sedikit musuhmu (kurang dari 5 ), semakin sedikit efek ult-mu
3. Cenderung ‘berlebihan’ saat sedang creeping di early (terlalu nge-push)
4. saat creeping, karena skill yang kamu gunakan efeknya DPS, HP berkurang secara perlahan jadi musuh mudah nge-deny.




SKILL

Vacuum


Creates an abyss upon a chosen parameter, pulling in and damaging foes in the area.
Level 1 - 40 Damage.
Level 2 - 80 Damage.
Level 3 - 120 Damage.
Level 4 - 160 Damage.

Drags units over 0.3 seconds.
Casting range: 500
Area of Effect: 250/350/450/550
Mana Cost: 100/130/160/190
Cooldown: 24

Serba guna, bisa digunakan untuk menyelamatkan teman, diri sendiri, sinergy dengan hampir semua ulti, sangat berguna untuk nyicil, creeping, dan pushing, selain itu kamu juga bisa menggundulkan hutan dengan ini ^^.

Tujuan skill ini atau penggunaannya yang benar adalah kalau efeknya memperburuk posisi musuh tapi memperbaik posisi temanmu. Skill ini cocok sebagai pembuka skill2 area seperti epicenter, echo slam, Chain Frost, dll.

Kamu bisa menggunakannya untuk ‘menarik’ musuh mendekat supaya temanmu bisa menggunakan ‘nuke’ nya, atau juga ‘mendorong’ musuh menjauh kalau dia ngejar temanmu.

Tipe damage magical, dikurangi resistance, di block pleh spell immunity. Dan skill ini me-remove channeling spell dan item (teleport)

Additional Info :
- menghancurkan pohon2 di 200 AoE dari PUSAT vacuum.
- bisa menarik/mendorong melewati bukit, sungai, lembah,dll.
- bisa menarik/mendorong musuh di FoW klo dia dalam AoE
- Tidak bisa menarik/mendorong musuh Invulnerable

Ion Shell


Surrounds a target with energized spellwork, creating a shield that causes damage per second to enemy units who come in contact with it.
Level 1 - 30 damage per second.
Level 2 - 50 damage per second.
Level 3 - 70 damage per second.
Level 4 - 90 damage per second.

Casting range: 600
Area of Effect: 250
Mana Cost: 70/90/110/130
Durasi : 20 Detik
Cooldown: 10 Detik

Ciri khas ish’kafel, dia terkenal dan menjadi salah satu favorit hero karena skill ini.Efeknya buff, paling sakit dan durasi nya juga lama, kelebihannya dari ‘rot’ (pudge) adalah skill ini ga mengurangi HP sendiri dan bisa digunakan ke 2 teman dalam satu periode, tapi kelemahannya skill ini ga nge-slow, dan juga ga bisa diaktifkan setiap waktu (karena ada cooldown)

Ion shell di level 1 aj udah SANGAT BERBAHAYA. Karena durasinya 15 detik dan cooldown skill ini hanya 7 detik, skill ini udah ‘stack’, jadi kamu bisa menggunakan skill ini di dua teman mu, tanpa me-remove efek shell sebelumnya (kecuali ion shell kedua itu untuk temanmu yang sudah dapat ‘ion shell’, akan me-remove shell sebelumnya ), jadi bisa double shell selama 7-8 detik, dan di level 1 itu 60 DPS (30+30).. sakit bgt! dan dilevel 4 = 150 DPS.

Saat ngejar, ga usah pukul dia, cukup jalan aj di dekatnya, DPS shell ini lebih sakit dari pukulanmu, dengan begitu musuh juga ga bisa kabur. Sedikit info penting, meski animasi shell nya terlihat kecil (hanya di sekeliling badan ), tapi sebenarnya area efek skill ini ckup luas, seluas area blade fury nya yurnero.

Tipe damage magical, dikurangi resistance, dan di block oleh spell immunity.


Surge



Floods a target with excess power, removing most negative buffs from it and giving it maximum speed for brief period of time.
Level 1 - Lasts 3 seconds.
Level 2 - Lasts 4.5 seconds.
Level 3 - Lasts 6 seconds.
Level 4 - Lasts 7.5 seconds.

Casting range: 600
Mana Cost: 20/30/40/50
Cooldown: 12/11/10/9

Nice skill untuk ngejar. 1 level di early itu penting, untuk menyelamatkan teman yang dikejar, atau terkena slow,dll. Slain itu klo km ngutan, sangat membantumu lebih cepat bergerak dari camp ke camp. Penjelasan lainnya di bagian strategy (lebih enak klo pake SS)

Wall of Replica


Raises a wall out of pure mana across the landscape. Enemy heroes who attempt to pass through it will take damage and have images of themselves emerge from the wall to serve under theDark Seer until the wall's duration is up.
Level 1 - Creates a Wall that generates Hero Illusions, lasts 15 seconds.
Level 2 - Creates a Wall that generates Hero Illusions, lasts 30 seconds.
Level 3 - Creates a Wall that generates Hero Illusions, lasts 45 seconds.

Area of Effect: 1000
Casting range: 500/900/1300
Mana Cost: 200/300/400
Cooldown: 100

Mana cost yang cukup ‘mahal’, bahkan untuk ulti level 1 hanya untuk durasi 15 detik, Skill ini memberikan vision 1000 range disekelilingnya. Warna ilusi2 itu semuanya sama. Ilusi hero baru keluar kalau dia menyenth wall ( area nya emang di wall aj ). Wall muncul dengan posisi tegak lurus dengan posisimu di tanah yang kamu klik.

Ilusi2 itu tidak bisa membuat ilusi juga, selain itu copy dari geomancer dan ilusi2 dari skill phantom lancer,dll juga ga bisa membuat ilusi di wall ini. Ilusi2 memberikan 70%/80%/90% damage, dan menerima 300% damage. Dan sebenarnya, setelah musuh menyentuh wall dan ilusi muncul, dia akan terkena 150 damage.

Dengan membeli Aghanim Scepter, attack damage ilusi dari wall bertambah menjadi 100/120/140%.

Ini skill yang sangat kompleks, banyak banget yang perlu kamu pelajari dari penggunaannya, baca di bagian strategy.




SKILL BUILD


1. Ion Shell
2. Surge
3. Ion Shell
4. Vacuum
5. Ion Shell
6. Vacuum
7. Vacuum
8. Vacuum
9. Ion Shell
10. Wall
11. Wall
12. Surge
13. Surge
14. Surge
15. stas
16. Wall
17 to 25 - Attribute Bonuses


Vacuum dan ion shell boleh kamu ubah urutannya sesuai kebutuhan, tp kusarankan mentokin Vacuum duluan karena menambah luas area skill itu lebih penting dari menambah damage ion shell. surge 1 level di early sangat penting, buat keselamatanmu dan temanmu di lane.

Wall..banyak orang pernah bilang ngambil skill ini di level 10 aj. Tapi kurasa klo emang BELUM dibutuhkan ambil aj nanti di level 13,14, dan 16 jadi surge mentok duluan, tujuan utama skill ini adalah membuat ‘ilusi’ sebanyak-banyaknya, jadi baru berguna kalau musuh mu udah mulai jalan barengan, dan stats yang udah bagusan..





Item Build dan Gameplay




EARLY ITEM

ITEM AWAL
Stout shield, sisanya beli tango/healing slave/clarity, lalu beli branch juga. Kenapa stout shield? Dijelasin di vanguard.

ITEM CORE
BOOTS of SPEED


Harus donk.. Meski km punya surge..


VANGUARD


Yeah HP regen, block damage, item murah ini akan menjadikanmu tanker. Ion shell, vacum dan ‘melee’ mu lah alasan menjadikan hero INT sepertimu bertarung layaknya ‘axe’. Sangat baik untuk 1 vs 1 battle memanfaatkan skill ion shell.







EARLY STRATEGY

Salah satu item awalmu adalah stout shield, alasannya adalah karena kamu termasuk hero utan juga, dan modal ngutanmu adalah ion shell dan surge. Jadi sebaiknya di awal beli tango juga sebanyak mungkin. Tapi kalau kamu belum terbiasa jungling (ngutan), baca dulu guide [Ursa Warrior] atau [Terrorblade] di bagian strategy, disana kamu bakal dapat gambaran untuk ngutan, trus untuk creep pulling (narik2 creep )juga penting untuk hero utan, baca penjelasannya di guide [Axe].

Klo udah ngerti dengan main utan, sekarang sy mau ngasih beberapa tips ngutan untuk ishkafel, tapi sebelumnya, lihat lagi camp2 creep utan di map..

Photobucket

Huruf A adalah posisi camp easy, B adalah camp medium, C adalah camp Hard, D adalah camp Ancient, dan Roshan.

- Satu SHELL untuk satu CAMP, jangan buang2 mana untuk double shell tiap camp

- Level 1 shell bisa membunuh semua camp easy, dan sebagian besar camp medium

- Level 2 shell bisa membunuh sebagian besar Hard camp

- Jangan lawan FURBOLG dulu, mereka bakal mengurangi banyak HP mu, jadi lawan mereka sebagai camp terakhir sebelum kamu pulang ke fountain.

- GOLEM magic immune, jadi kamu ga mungkin melawan mereka dengan spell mu, lakukan creep pulling kalau Golem yang muncul di camp B2 dan B4. Nah..kalau kamu di scourge lalu golem muncul di camp B3, lupakan mereka. Tapi kalau kamu di sentinel dan golem muncul di camp B1, lakukan double pull (narik dulu camp B2, lalu makan pohon yang menjadi ‘dinding’ di camp B2, lalu tarik creep camp B1 untuk ‘gabung’ ke camp B2 )


Spoiler Screenshot



Photobucket



- Kalau kamu melintasi sebuah camp di detik ke 50 ( x:50 ), lakukan ‘stacking’, caranya seperti creep pulling, tp kali ini nariknya di detik ke 53 (x:53) dan tujuannya supaya creep di camp itu menumpuk ( 2 kelompok atau lebih).

- Lakukan creep pulling di level 1 sampai 3 aj, lebih dari itu, km ga perlu lagi.


Ishkafel sebenarnya ga harus main hutan, tapi sebaiknya lakukan. Karena kamu ‘melee’, sangat mudah buat musuh range nyicil kamu. Lakukan seperti biasa di early game, kamu pasti udah mendengarnya jutaan kali, yaitu DENY dan LAST HIT. Maju untuk nge-last hit aj, dan Deny kalau benar-benar ada kesempatan.


ION SHELL

Penjelasan mengenai skill ini udah dijelasin di bagian skill. Untuk penggunaannya juga ga akan terlalu banyak aturan, skill ini beruna untuk berbagai situasi, dan untuk early game (lane) gunakan shell ke salah satu creep MUSUH melee, sy ulangi..creep MUSUH nya! ( pastikan dia ada di tengah creep lainnya, atau usahakan shell mengenai creep musuh lainnya )

Spoiler Screenshot



Photobucket


Tujuannya banyak, dengan cara itu ion shell bisa menyerang seluruh creep musuh di sekitarnya, setelah semua HP creep itu merah maju nge-last hit atau gunakan vacum aj lebih praktis, tujuan lainnya adalah mencegah musuh melee maju untuk nge-last hit, kecuali dia nekat ‘menyentuh’ ion shell, selain itu juga membantu mencegah musuh2 menguasai area creep..

Beberapa combo spell ini dengan spell teman dijelaskan di ‘Best Partner’..



VACUUM

Vacuum membawa / menyedot semua musuh dalam 600 AoE ke satu titik yang merupakan ‘pertengahan’/ PUSAT dari AOE skill ini..

Spoiler Screenshot



Photobucket


Ada beberapa trik standar menggunakan vacuum di early game, tentu semuanya buat nyicil, tapi kalau bisa bunuh lebih bagus lagi...

Cara pertama adalah, pertama-tama gunakan shell ke salah satu creep MUSUH meleeLalu Vacuum musuhnya ke creep yang sedang ‘ion shell’ itu . Selesai.. lakukan berulang-ulang sampai dia berpikir untuk kembali ke fountain. Tapi sebaiknya sebelum km punya void stone jangan sering2 menggunakan vacuum dulu.

Cara kedua, untuk cara ini hanya kalau musuhmu sudah mendekati towermu, ngerti kan? Yah.. vacuum dia ke area towermu, lebih bagus lagi kalau partner se-lane adalah stunner, yang nge-stun target di area tower setelah kamu nge-vacuum dya.


Vacuum saat nge-bokong..

Kapan menggunakannya, sy bakal menjelaskannya melalui screen shot, sy dan gondar mau nge-bokong Lina. Lina adalah pengontrol lane yang baik, dia punya nuke, dan stun. Sudah pasti dia lebih ‘senang’ melawanku di lane. Karena itu dia perlu di-BOKONG.

Spoiler Screenshot




Photobucket

Seperti byasa, mucul dari belakang, majuin.. tapi jangan gunakan vacuum dulu, vacuum untuk situasi terburuk (kalau target benar2 kabur ). Jadi gunakan ion shell aj dulu..

Photobucket

Sy terkena stun, nah.. itu kode buat si gondar maju. Jadi ingat! Setiap nge-bokong stunner area, majunya jangan barengan, tapi 1 aj dulu (sebagai tumbal sih :p), byar teman mu yang laen ga kena stun nya.

Photobucket

Gondar keluar dan bantu nyerang, tapi dia berhasil kabur juga.. stelah itu sy menggunakan vacuum, dengan PUSAT vacuum di belakang ku, tujuannya supaya Lina harus memutar dulu / melewatiku lagi untuk kabur, dgn begitu dya terkena ion shell lagi.

Photobucket



Vacuum bisa me-remove channeling spell..

Spoiler Screenshot




gondar ingin melakukan teleport pada SS di bawah..

Photobucket

Sy menggunakan vacuum untuk menggagalkannya, dengan nge-klik tanah di samping kiri ku..


Photobucket

Yeah.. km bisa melihat animasi tele yang gagal.



Vacuum untuk membantu techies...

Di level 1, skill apa yang paling sakit?, tentu 300 damage LAND MINE, itu kalau 1 land mine, bagaimana kalau ada 2 atau 3!! Dan skill itu milik hero paling ‘imut’ di DotA yaitu Techies.. Nah, karena damage nya paling gede, tentu untk ‘balancing’ penggunaannya di persulit, yaitu target harus ‘dibawa’ ke lokasi bom untuk menyentuh land mine itu, baru akan terkena damagenya.

Btw, sekarang semua orang udah jarang yang terjebak dengan trik itu donk.. klasik2 :D. Tapi tidak kalau si techies bersama ISHKAFEL..

Spoiler Screenshot



Photobucket


Purist dengan HP ‘hampir’ full,. Sy bakal nge-vacum dia ke land mine. Pusat Vacuum di lokasi land mine..

Spoiler Screenshot



Photobucket


SS ini diambil setelah sy nge-vacuum purist ke land mine, (lihat bekas ledakan land mine).Percaya atau tidak.. purist masih hidup, padahal disana ada 3 land mine. Wkwkkwk..


Untuk combo lainnya dengan vacuum / combo dengan spell2 teman, kujelasin di bagian Best Partner..

Tujuanmu di early game adalah mentokin vacuum dan shell dan jadiin vanguard secepatnya, sebaiknya kamu juga sudah megang void stone.






MID ITEM

GUINSOO SCHYTE of VYSE


Tujuan utama beli item ini adalah karena tambahan 200% mana regen, 35 INT, 10 STR, dan 10 AGI. Menambah seluruh stats, terutama kapasitas mana dan Mana regen yang paling km butuhkan untuk menggunakan spell dan ultimu. Dan jangan lupa tujuan lainnya yaitu kemampuan ‘hex’ nya, untuk hero yang termasuk pengejar kamu butuh bgt , termasuk buat membantumu kabur.







MID STRATEGY

kapanpun ion shell mu udah mentok, saatnya kamu fokus nge-bokong. Dengan ion shell level 4, kamu sudah bisa menghadapi sebagian besar hero 1 vs 1, kecuali mungkin hero yang juga punya ‘jenis’ skill seperti ion shell, jadi sangat mudah nge-bokong klo ada kamu, apalagi kalau bareng stunner atau disabler.

Kali ini kamu harus selalu membawa TP (town portal / tele), meski km bisa ‘marathon’, tp tetap saja kamu bakal membutuhkan teleport. Tujuanmu di mid adalah nge-bokong. Lagi.. untuk kesekian kalinya pula, bokong hero carry nya, jangan biarkan dia dapat lebih banyak gold maupun experience.

Kalau musuh carry mu agresif dan ‘jago’ creeping, mungkin kamu akan lebih sibuk dengan nge-bokong nya dari lane ke lane, akibatnya kamu akan ketinggalan level maupun ‘gold’ (item ). Sebenarnya kamu ga perlu khawatir karena seperti itulah ganker (welcome to their life..^^), jadi sebaiknya setelah berhasil membunuh target di lane, creeping aj dulu di lane itu, atau masuk hutan creeping, sambil menunggu target muncul lagi.

Beberapa tujuan yang harusnya kamu capai setelah nge-bokong :

- Carry musuh ketinggalan level dan item

- Pecahin tower, setelah membunuh target (musuh) di lane, sebaiknya cicil-pecahin tower nya

- Mengambil setiap PU, karena PU sangat berperan juga dalam keberhasilan bokongan, nah.. usahakan jangan sampai PU itu di ambil ganker musuh.

- Carry temanmu ‘terbantu’ oleh kalian, maksudnya bokong hero yang ada di lane carry mu itu, supaya carry mu lebih nyaman creepingnya.

- Kuasai hutan musuh, byasanya musuh2 kalau sering di bokong, larinya creeping di hutan, nah.. pasang ward di hutan, lalu bokong dia lagi..


Tips Nge-bokong ish’kafel :
- Surge, gunakan untuk temanmu yang orb-walker, slower, stunner, disabler, saat pengejaran.

- Kalau target kalian kabur dan sembunyi di area ‘secret shop’, siap2 gunakan vacuum, karena byasanya mereka akan melakukan teleport, gagalkan...

- Kalau target juga kabur dengan sembunyi di antara pepohonan (yang gelap ), gunakan vacuum juga di area itu, vacuum menghancurkan pepohonan di areanya, jadi ga ada tempat lagi buat target tuk sembunyi ^^.

- Setiap (sebelum) masuk ke area hutan, gunakan shell dulu, untuk jaga-jaga kalau kamu bertemu hero utan.

- Surge sangat penting klo kalian di-counter oleh target. Gunakan untuk kabur, atau menolong teman yang paling dekat dengan area musuh.

- Setiap selesai nge-bokong ( klo berhasil), langsung creeping aj di lane, atau di hutan, mencegahmu ketinggalan level.

- Selain carry musuh, fokus juga untuk bokong musuh yang se-lane dengan carry kalian.


SURGE

Ketahuilah, surge termasuk salah satu skill support terbaik di DotA. Kamu ga akan ingat, berapa banyak nyawa yang bakal kamu tolong dengan skill ini. Memberikan kemampuan Maksimum MS selama 7.5 detik, tapi sebenarnya skill ini me-remove buff ( positif ). Selain untuk menyelamatkan, skill ini juga dapat membantu temanmu mengejar target untuk menggunakan stun/slow/disablenya.

Untuk tujuan penggunaannya kurasa udah cukup jelas, nah.. sekarang yang penting juga adalah ‘sejauh mana’ level 4 surge bisa membawamu, lihat gambar... perhatikan lingkaran putih dalam ‘kotak’ putih, sejauh itulah..

PhotobucketPhotobucket


Surge untuk menyelamatkan teman, sebagai contoh..waktu sy menyelamatkan sven, dari riki yang sudah punya difusal..

Spoiler Screenshot




Photobucket

Riki nge-slow dengan smoke screen, melihat HP bar sven, backstab damage riki udah lumayan sakit.

Photobucket

Sy datang untuk menolong, yang pertama kali harus kulakukan adalah MEMISAHKAN sven dan riki secepatnya dan sejauh mungkin, jadi sy menggunakan vacuum dengan pusat vacuum di belakang riki..

Photobucket

Nah setelah jarak mereka cukup jauh, sy menggunakan surge untuk sven.

Photobucket

Riki nya macho juga, tapi sven berhasil tertolong. Muncul peranyaan kan? Kenapa vacuum duluan sebelum surge?, yeah, karena riki punya blinkstrike, okay itu aj dah jawabnya.


Targetmu di mid game adalah mentokin surge dan ambil ultimu ( wall ), karena kamu bakal membutuhkan ilusi sekarang, meski bukan buat nge-bokong, tapi ambil saja lah..buat def, syapa tahu kalian di push. Untuk item sebaiknya kamu udah punya guinsoo, dengan begitu kamu ga akan punya masalah lagi dengan Mana, dan juga efek shell akan semain terasa.






LATE ITEM

Aghanims Scepter


Lebih banyak ilusi dari Hero-hero teman juga, musuh akan dibuat semakin pusing, hahaha



ALTERNATIF

HOOD OF DEVIANCE


Alternatif vanguard, klo lawanmu banyak spell caster.(sebenarnya beli dua-duanya lebih bagus, tp mending simpan aj gold-nya untuk beli item lain )


HEART of TARASQUE


Alternatif shiva’s, sebenarnya klo mau nge-build ishkafelmu menjadi benar-benar tanker, beli yang ini, terutama kalau musuhmu banyakan hero melee. Tapi klo musuh banyakan range, mending beli shiva’s.



Luxury

BRACER


Stats mu lumayan untuk early game, tp klo mau tambah stats lg, kusarankan beli bracer 2.


EMPY BOTTLE


Beli klo masih butuh mana lagi, terutama klo di early kamu lebih suka ngutan dan bokong.


SHIVA’s GUARD


Punya Vacuum, berarti kamu harus punya spell area. Lebih bagus lagi klo itu slower area. Menambah armor dan juga kapasitas mana.


Mekans


Item Support war lagi, kalau kalian masih membutuhkan Heal.


ASSAULT CUIRASS


Menambah armor juga, tapi sebenarnya yang paling kamu butuhkan dari item ini bukan itu maupun attack speednya, tapi -5 armor auranya sinergi dengan vacum dan shell mu.


REFRESHER ORB


Nge-refresh wall of replica adalah favorit pemain public. Mungkin itu sebelum skill ultimate itu di ubah. Kali ini hanya hero musuh aj yang bs membuat ilusi untukmu, jadi penggunaannya akan beda lagi, udah ga bisa menjadi super pusher lg. Selain itu nge-refresh ulti itu, sedikitnya kamu akan menghabiskan 1175 mana. Tapi item ini tetap berguna.


KHADGAR PIPE


Klo di early beli hood, upgrade aj..


ORCHID


Mana regennya paling bagus, tp kamu lebih butuh hex/slow, daripada silence sih..


BATTLE FURY


Mantap bgt buat creeping. Tp kusarankan jangan buang2 gold mu untuk membeli item yang memberikan kemampuan yang sudah kamu miliki ( kemampuan creeping ). Biarkan hero carry aj yang beli item ini.


RADIANCE


Sinergy juga dengan shell mu. ga bgitu kusarankan. (baca penjelasannya di bagian ‘conclusion’)


LOTHAR EDGE


Shell saat sedang invis.. perhitunganmu mesti bagus nih, invis nya 15 detik. Ga nambahin Kapasitas Mana, jadi cocok untuk battle yang ga serius aj.


EYE of SKADI


Menambah kapasitas mana juga nih, tp klo mau butuh slower kusarankan yang berefek area ajah (shiva’s)


BOOTS


Kamu punya surge, km ga harus membuang2 gold mu untuk mengupgrade sepatu.Jadi ketiganya punya kelebihan masing2, nah itu pilihanmu, tp kusarankan beli phase boots, nge-bantu buat ngejar.


Spoiler untukJangan Beli ini!




DPS ITEM




Item2 yang menambah kapasitas mana lebih kamu btuhkan.Slain itu masih banyak item dps lainnya yang lebih sinergi dengan skill2 mu.

DAGON







Hanya memperburuk kebutuhan mana mu, you don’t need this!








LATE STRATEGY

Sedikit perubahan strategy penggunaan shell, di late game, terutama saat pushing atau defense, gunakan shell untuk TANKER nya tim mu, ingat! TANKER nyah..karena kalau km pasang ke salah satu hero musuh, tentu dia akan menjauh dari temannya (kecuali dia bodoh ;P), pasang ke creep musuh juga sudah percuma.

Untuk penggunaan vacuum kali ini kamu akan lebih sering menggunakannya untuk menolong temanmu dari hero2 pengejar seperti slower,dll.



WALL of REPLICA!

Dari namanya aj ‘wall’, artinya dinding atau byasanya kusebut dengan ‘pagar’. Untuk cara menggunakannya udah kujelasin di bagian skill. Okay kuulangi.. posisi atau ‘garis’ wall tegak lurus dengan posisimu, jadi kalau kamu nge-klik tanah di depanmu, wall akan muncul di depanmu tegak lurus dengan arahmu (membentengimu)


Posisi wall saat Push tower..

Spoiler Screenshot



Photobucket


Kenapa posisi wall seperti itu? Sebenarnya itu yang km mau / butuhkan.. karena kalau musuhmu mau defense tower dengan mengusir mu dari area tower, berarti dia harus melewati ‘pagar’ mu. Artinya dia akan membuat ilusinya, akibatnya kamu dapat bantuan lagi untuk push.. Melihat durasi wall yang lama, kalian punya cukup waktu merobohkan tower itu..


Posisi wall saat defense tower..

Spoiler Screenshot



Photobucket

Pasang wall di situ, maksudnya adalah posisi jangkauan hero range, dengan begitu, musuh melee maupun range yang mau push, ga akan mendekati wall, sangat efektif buat defense.



Vacuum musuh ke wall..

Cara ini sangat efektif terutama kalau kalian sedang pushing, dengan menyedot musuh ke wall, kamu akan mendapat tambahan ‘pasukan’ untuk pushing. Jadi vacuum musuh ke wall (pusat vacuum di wall)

Spoiler Screenshot



Photobucket



Wall untuk ‘ward’..

Hahaha, Wall memberikan 1000 area vision di sekelilingnya,udah lumayan seperti observe ward. Maksud sebenarnya adalah posisikan wall mu di tempat yang ‘tinggi’, jangan di bawah sungai, dengan begitu wall akan memberikanmu vision lebih luas.

Misalnya saat kalian nge-push markas musuh, jangan pasanga wall di tempat ‘rendah’ pasang tepat di tower/barrack nya, jadi wall akan memberikan vision di area markas musuh.




FRIENDS


EARTHSHAKER


Dia adalah stunner area. sebaiknya kalian selalu bersama, stun nya membantumu ke area musuh untuk menggunakan slow. Dan fissurenya, yang paling membuat pemakai ES kecewa adalah kalu dia gagal nge-block musuh dengan fissurenya, nah kamu bisa vacum musuh itu ke posisi yang diharapkannya.


YURNERO


Kalian berdua punya skill DPS yang mengerikan (Bladefury + Ion shell) , sangat mudah dapat FB klo se-lane dengan dia. Kalian berdua juga sangat mudah membersihkan creep di lane, sehingga yurnero bisa menggunakan ultinya


Summoners/Cloners (melee unit)



Unit/ilusi melee mereka akan membantu nyicil praktis dengan ion shell.


ROOFTELLEN / MIRANA


Mereka bisa membuatmu ‘invisible’, nah shell dalam keadaan invis.


HERO INVISIBLE


Ion shell untuk mereka, sama dengan di atas


HARD AoE SPELL



Ezalor, Illuminate susah kena klo musuhnya ga disable, vacuum musuh nya ke area iluminate..Enigma, Vacuum ke area midnight pulse, lalu enigma menggunakan black holenya, wah sakit bgt pasti nya, dia bahkan ga usah menggunakan stun nya dulu. Lina dan leshrac, vacumm ke area stun mereka. Jakiro , vacum ke area efek ultinya. Nevermore, vacum ke posisinya supaya dia ga ragu ‘mengangkat kedua tangannya’ (requiem),dll.


TECHIES


Sudah kujelasin di strategy, coba degh..


PUCK


Vacuum ke puck lalu ‘silence area’ (lupa ap nama skill nya).. , atau vacum ke area coil supaya musuh kena stun lagi.


ALCHEMIST


Combo dengan hero ini adalah IMBA untuk early game. Stun nya lamak bgt + shell atau double shell, di area efek racunnya, klo berhasil kabur vacum lagi ke area racun.. wow..


CLOCKWERK


Cog+shell ke clock+battery assault... vacum ke dalam cog.. atau keluar cog.. yap clear


LICH


Chain Frost sangat mudah di hindari, cukup kabur aj dari ‘keramaian’, atau chain frost berhasil membunuh satu unit. Tapi dengan vacum, membersihkan creep mengumpulkan hero2 musuh ke 1 titik, lempar chain frost = 99% double kill.


VOID


Void seringkali susah menetukan posisi chrono nya. Klo dia ga berhasil mengurung targetnya, vacum ke dalam chrono nya. Atau sekedar ingin menjebak musuh ke dalam chrono nya aj (byar aman).


Bloodseeker


Vacuum untuk musuh yang sedang terkena Rupture, hahaha! berdarah-darah..


PUDGE


175 damage per detik.. tau sendirikan se-SAKIT apa itu?


AXE


Shell ke axe, lalu vacum musuh2 ke axe, hit-hit-hit, berserker’s call, helix-helix-helix, vacum lagi ke axe, hit-hit-hit ,dan seterusnya..........WTF!!


PUGNA


Decripefy ke target... majuin dengan ion shell... netherblast (BOOM!!!).... VACUMM!! abis dah selesai tuh, di ping-pong gitu..





COUNTERS

AOE SPELL


Mereka dengan mudah membunuh ilusi yang mereka ciptakan sendiri, brapa kalipun mereka membuat ilusi mereka.


BLOCK SPELL


Mereka ga bisa di vacum, dan mereka nge-block damage ion shell, sungguh itu masalah..


Enchantrees


Dia bisa mengontrol ilusi yang muncul dari wall of replica.


Medusa


Stone Gaze instant kill untuk seluruh ilusimu, kalau menghadap ke arah dia.


Magina


Reduce damage ion shell dan dia bisa melompat meski kamu nge-vakum dia, termasuk.. melompati wall.

GEOMANCER


Meski kamu berhasil membuat ilusi geomancer, tapi dia masih punya 3 copy dirinya..(copy nya geomancer ga bisa membuat ilusi di wall )


ONE HIT KILL


Kamu ga bisa diserang dengan ‘melee’ bahkan yang invis pun berpikir dulu sebelum nyerang kamu, jadi spell2 range lah countermu, terutama yang ‘instant kill’ seperti FoD, laguna.





CLOSING

Dark seer adalah Anti- chaser (pengejar) sekaligus Anti-pusher. Kalau dimainkan dengan baik akan menjadi sangat berbahaya.

Hero ini membutuhkan pemain yang aktif/ agressif, karena kalau kamu pasif, kamu ga akan bersenang-senang. Meski kadang pemakainya dibuat sakit hati, tapi kurasa kalau kamu tahu cara maininnya, pujian akan berdatangan.. ^^.


Spoiler untukBeberapa kesalahan fatal pemakai ishkafel (salah build ) :





- Dark Seer + Battle fury :

otak / mental pemain public nih yg begini.., “battle fury cocok untuk semua hero”, zzz.. hanya karena item pertama yang mereka beli selalu saja ‘preseverance’. Ishkafel udah punya shell, dia ga butuh cleave, biarkan hero lain yg beli item ini, yang lebih butuh seperti mortred, yurnero,dll.

- Dark Seer + Radiance :

Beberapa orang menjadikan item ini sebagai item core pertama mereka. Yah, asal km mau tahu aj, ion shell 2-4 kali lebih sakit dari burning auranya radiance, dan dengan attack speedmu yang ‘parah’ kamu sama sekali ga butuh tambahan damage nya (kamu bukan DPS ), dan efek terburuknya adalah... masih ingat kebutuhan mana cost skill2 mu? apa item ini bisa menutupi ?

- Dark seer ‘tanpa’ vakum (di early) :

Ada loh yang seperti ini.. mereka melewati vacuum di early game. mentokin shell dan surge duluan, dan baru mulai ambil vacuum di level 9.

- Darkseer – Farmer :

Saking sukanya ama ion shell, creeping di hutan jadi hobi mereka, sampe menit ke-30 puluh pun dia tetap aj creeping di hutan, rasanya Cuma main 4 vs 5 aj.



*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)





36 komentar:

  1. nice guide nya....
    ^^

    BalasHapus
  2. bukanya radience sama ion shell klo di gabungin and di dekatin ke musuh tambah lbh sakit???

    BalasHapus
  3. @reinalerwin

    iyah, tp pikirkan mana cost skill2 mu.
    radiance menutupi ga? klo beli nya di late, maksudku klo mana mu udah kuat regennya baru berguna..

    emang tambah lebih sakit, tp dengan harga 5000 an gold ? padahal ion shell mu 2 kali lebih sakit dari radiance, gratis pulaa..

    BalasHapus
  4. hebat guidenya kk... waktu baca di belakang gw ad temen2 yg sering pake DS,,, wokokokoko... jadi malu pas ngebaca coclusion ... soalnya ad yg make BF sampe 3... radience juga maksa sampe 2 .... dah late game baru dapat 1 radience + skrollnya ... hikzzz

    BalasHapus
  5. kwkwkkwkw.. itu namanya 'menimba air ke bak penuh' , potensinya udah maksimal masih aj ditambahin, sedangkan potensi ain diabaikna
    thanks yah :)

    BalasHapus
  6. "Anti MELEE ^^" [yang lemah tentunya]

    BalasHapus
  7. barang gw mah phase boots, vanguard, guinsho, radiance 2, scroll
    tinggal jadiin ayam jalan dah disekitarnya
    kalo mau kabur vacuum selesai deh
    kwkwkwkwkw

    BalasHapus
  8. klo mnurut gw sih bgs an ksih ion shell d creep melee tmn, soalnya klo ngasih d creep musuh kan creep yg d ksih ion shell ga krng drh, tp ingt ksih nya k creep kt yg ga d serang sma creep musuh, jd drh nya ga cpt kurangnya, klo musuh mau serang creep kt yg d ion kan dy cma buang2 wktu soalnya lama killnya, dy jd ga fokus sma creep kt yg sekarat trs kt denied aja, gtu klo mnurut gw, klo dy pke skill bwt kill creep kt, ksih aja, ga bkl dy bsa pke skill srng2 klo d awl game (kecuali hero yg bsa isi mana)...
    klo item building gw sih BF(bwt regen sma creepingnya mkin cpt), travel( bwt mobile), guinso, satanic(biar tmbh badak sma lifesteal), BM(bwt TB in kan lmyn drh nya bnyk), sama taras( biar bnr2 alot)
    note: klo lu jd BF, travel sma guinso menit 30 d jamin bkl menguasai jlnnya permainan...
    item building kyk gtu bsa ngalahin jara dan riki yg jd full jg...
    slmt mencba klo ga percaya...

    BalasHapus
  9. bloodseeker gak termasuk best friends khusus yah kk ????
    kan kalo dia udah pake rupture ke musuh, langsung vacuum musuhnya, lumayan damage rupturenya gak sia-sia

    BalasHapus
  10. Kesalahan besar para pemain yang memakai Ish'kafel akan berakibat fatal. Untuk itu, daripada menetapkan BF dan Radiance, mending masukkan item-item itu dalam Rejected Items. Selain bersifat DPS, untuk Radiance sudah ada yang membelinya seperti Lucifer. Note: Pindah Battle Fury dan Radiance dari Luxury Items ke dalam Rejected Items.

    Satu lagi orang yang bisa bersama: Thrall! Hero yang baru sejak map 6.68 ini punya Kinetic Field yang butuh keakuratan. Kalau sama Ish'kafel dibantu dengan Vaccuum, sangat menyenangkan kalau ada lawan udah bebas ditangkap lagi. Selain itu, kombinasi Thunder Strike, Static Storm, dan Ion Shell bisa membuat lawan sekarat bahkan mati. Apalagi kalau menggunakan Glimpse, dengan begitu juga menghemat mana Ish'kafel sehingga tidak perlu menggunakan Surge lagi. Tambah Thrall dalam Best Allies.

    BalasHapus
  11. Jadi inget pernah pake si ishkafel

    waktu itu temenku pake DT(Dark Terror)
    pas temenku nge-ulti aku kasih shell
    eh malah aku yg dapet kill :P

    BalasHapus
  12. wall of replica sekarang bisa dipakein aghanim
    jadi bisa bikin klon temen kalo pake aghanim di map terbaru

    BalasHapus
  13. KAFEL ADA AGHANIM NYA SEKARANG


    temen lewat jadi ada bayangannya jugaaaaaa

    BalasHapus
  14. Sekarang, si Raigor akan semakin bahagia semenjak Wall of Replica ngaruh ke teman-teman si Ish'kafel lagi (Aghanim Upgrade). Echo Slam sekarang sudah amat sangat sakit sekali kalau misalnya semua ilusi ada. Masukkan Raigor khusus dalam Special Mention untuk Worst Enemies...

    BalasHapus
  15. masukin enchantress juga dund , dia bisa enchant ilusinya kan??
    sama si medusa instant kill buat ilusi kan?

    BalasHapus
  16. wah keren2
    coba ahh

    BalasHapus
  17. Saya lebih sering melewati vangguard agar Aganim lebih cepat jadi ..
    Dan waktu Late saya beli Refresher :)

    BalasHapus
  18. kak best friendnya tmbhin summoner donk..
    klo w maen,barengnya m lycan,gw shell tuh doggynya..bahkan musuh yg range pun keteteran bwt defend tower..kdang yg nekad mla mati,hahaha (early game)

    BalasHapus
  19. yg skillnya Puck itu maksudnya waning rift?

    BalasHapus
  20. oh iya sama lanaya bisa jadi allies nya gk? salnya poisonic trapnya kan sama kyk remote minenya thicies ??

    BalasHapus
  21. Ion SHell+Battle fury+Radiance

    musuh apapun siapapun gk akan kuat klo di deket nya wkwkwkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
  22. kk, kalo ion shell d kasi ke riki ato gondar bisa kna damage gk wktu mreka invis ato windwalk, jadi kayak shukuchi tuu..

    BalasHapus
  23. Bos.. klo dark seer pke blademail mantap kgk? soalny lumayan sinergi ama ion shell trus buat war bagus(dark seer sering diincer).. ion shell buat hero invis bisa kok.. tetep ad damageny.. sering ane pke sih.. :D

    BalasHapus
  24. kk itu aku liar di changelogsnya dark seer maksudnya Wall of Replica illusions are now semi-transparent to enemy players apa ya?

    apakah ilusi yg di buat WoR g bisa di sentuh ama musuh macam Reflectionya TB?

    BalasHapus
  25. menurut gw ishkafel itu hero yg sinergi sm smua hero. klo maen b-net gw sring pke nii hero.
    mantap dah.

    BalasHapus
  26. aghanim udah ga guna lagi nih di map 6.74 T-T , mahal2 beli malah aghanim gua dikatain kw3 -__-"

    BalasHapus
  27. gg dah ni hero.. awal" beli soulring buat nutupin mananya,spatu,udah tu kjer vangu. langsung mobile dah. tajir mulu gw pke ni hero.

    BalasHapus
  28. iya aganim man jd 140% damage musuh copy, mnrut gw item corenya tu BM kalo lawan riki dy ga kuat pke bm + ion shell mantap

    BalasHapus
  29. kenapa magina gak kemasuk kk?
    bukannya ion shell dikurangi magic resistance?

    BalasHapus
  30. klo ada yg nantang darkseer lawan nya bloodseeker berani g?

    BalasHapus
  31. Mang blood bisa invis

    BalasHapus
  32. Warlock ama Ishkafel kk.
    Fatal Bond dan Ion SHell. Nangis2 musuhnya...

    BalasHapus
  33. FRIENDSNYA DI TAMBAH SAMA NVM LAH ~

    BalasHapus
  34. Dark seer bisa main late tdk?

    BalasHapus
  35. palng enak jebak musuh ke atas tebing pake ni hero dengan vacumnya. lol yg beli bf plis deh,ni mukulnya kayak nenek gua, lambat bgt .

    BalasHapus
  36. Wkwkw iya aneh banget yang pake BF tapi mukulnya lemot buat apa?kalo buat regen doang mending guinsoo XP

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats