DotA Guide Indonesia

Kel'Thuzad – The Lich



Forcibly raised from the dead by the Lich King to serve as his elite magical guard, the Lich has the burning cold of Northrend in his realm of control. Evoking numerous freezing blasts, his talent in life still remains in death. Delving into the essence of cold magic, he has the power to cause ice to condense into an orb that bounces from foe to foe, causing tremendous pain in its wake. Sacrificing his allies for magical power, the Lich is a murderer without a trace of warmth.



INTRO


EARLY GAME.. untuk sebagian besar hero DotA adalah masa yang sangat sangat sulit, terutama yang pasif (melee-carry). Mengapa? Karena HP mereka masih kecil? Karena armor? atau karena belum punya skill dan item? Semua memang termasuk faktor penyebabnya.

Tapi yang menjadi penyebab utamanya tentu karena keberadaan hero-hero seperti LICH ini, yang memang didesain untuk MENYICIL dengan spell nuke mereka yang amat aktif. Nuke LICH sangat sakit dan AKTIF di early, siapapun kamu di lane manapun kamu HP bar mu tidak akan pernah berwarna hijau / kuning, kamu akan sulit bertahan hidup, bahkan sebelum kamu punya ulti, kalau lawan di lane-mu adalah.. salah satu ELITE Nukers ini.

Spoiler Statistik Hero




Name: Kel’thuzad
Affiliation: INT Scourge
Strength: 18 + 1.55
Agility*: 15 + 2
Intelligence: 18 + 3.25
HP: 492
Mana: 234
Damage: 37-56
Armor: 1
Movespeed: 305
Range: 505
Attack Speed : 0.68
Missile Speed: 900
Sight Range: 1800/800





Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN
1. Salah satu nukers terbaik dan sangat berbahaya di early game.
2. Memiliki skill ‘deny’ , yang membuat spell nuke nya SANGAT AKTIF di early.
3. Bisa bertahan di lane selama mungkin yang dia mau.
4. Ulti nya sangat sangat mematikaan kalau digunakan dengan benar.
5. Pertumbuhan INT yang sangat baik
6. Bisa menguasai dual lane sendirian dengan MUDAH ( apalagi solo lane )
7. Bisa meng-counter bokongan dan mengusir musuh2 di war.

KELEMAHAN
1. hero early.
2. Rapuh , HP dan Armor sedikit (untungnya dia punya frost armor)
3. AS nya payah, padahal damage nya lumayan sakit.
4. Animasi attack maupun skill nya ‘lelet’
5. Tidak punya skill pertahanan / untuk kabur





SKILL

Frost Nova


Blasts enemy units around a target enemy unit with a wave of damaging frost that slows movement and attack rates for 4 seconds.
Level 1 - Deals 50 to the target damage and 75 AoE damage.
Level 2 - Deals 100 to the target damage and 100 AoE damage.
Level 3 - Deals 150 to the target damage and 125 AoE damage.
Level 4 - Deals 200 to the target damage and 150 AoE damage.

Casting range: 600
Area of Effect: 200
Mana Cost: 125/150/170/190
Cooldown: 8


Ini dia skill AoE slower-nuke yang paling aktif, bukan karena cooldown/ mana cost nya yg murah (spell zeus mana cost dan cooldownnya jauh lebih baik ), tapi karena lich punya Dark Ritual.

Jadi skill ini tanpa ‘dark ritual’ akan terlihat seperti skill nuke yang biasa2 saja. Potensi ‘mengerikan’ yang dimiliki lich di early adalah kalau dia mengkombinasikan skill ini dengan ‘dark ritual, membuatnya bisa menyicil HP musuh sesering mungkin, membuat cooldown skill ini tidak pernah berhenti ‘berputar’.

Tipe damage nya magical, jadi masih dikurangi resistance, di block oleh spell immunity. Efek slownya 30% untuk MS dan 20% untuk AS.


Frost Armor


Creates a shield of frost around a target friendly unit. The shield adds armor and slows attacking melee units for 2seconds. Lasts 40 seconds.
Level 1 - Adds 3 armor.
Level 2 - Adds 5 armor.
Level 3 - Adds 7 armor.
Level 4 - Adds 9 armor.

Casting range: 800
Mana Cost: 50
Cooldown: 5

Bukan skill yang terlalu berguna buat lich di early. Tapi ambil 1 level di ealry, untuk menambah armor mu yang payah, atau membantu temanmu yang di bokong, atau hanya untuk nge-slow creep musuh dengan memasang frost armor di creep melee mu. Lalu kalau tim mu mau bunuh Roshan di level 1, ambil skill ini.

Skill ini sangat baik untuk meng-counter hero2 seperti bristleback dan dark seer.

Efek slow akan terkena ke musuh yang menyerang target frost armor mu, sebanyak 30% untuk MS dan 20% untuk AS. Dan kalau kamu mengaktifkan ‘auto-cast’ nya, secara otomatis kamu akan ‘memasang’ skill ini ke unit yang sedang diserang.


Dark Ritual



Sacrifices a target friendly unit to convert its hit points into mana.
Level 1 - Converts 15% of the current HP of the creep to mana.
Level 2 - Converts 30% of the current HP of the creep to mana.
Level 3 - Converts 45% of the current HP of the creep to mana.
Level 4 - Converts 60% of the current HP of the creep to mana.

Casting range: 400
Mana Cost: 25
Cooldown: 35/30/25/20

Nha.. skill ini yang akan membuatmu bertahan paling lama di lane, menyicil musuh lebih sering, kamu ga akan punya masalah dengan mana kalau ada skill ini.

Selain untuk mendapatkan mana, skill ini juga berguna untuk nge-deny, deny creep melee mu ( karena HP nya lebih gede dari creep range)., tujuannya supaya musuh mu kekurangan total ‘experience’ yang seharusnya didapatkannya. Karena musuh mu ga dapat EXP dari dark ritual mu.


Chain Frost



Releases a jumping breath of frost that jumps 10 times.
Level 1 - Deals 280 damage per jump, 370 damage with Aghanim's Scepter.
Level 2 - Deals 370 damage per jump, 460 damage with Aghanim's Scepter.
Level 3 - Deals 460 damage per jump, 550 damage with Aghanim's Scepter.

Casting range: 750
Area of Effect: 600
Mana Cost: 200/325/500
Cooldown: 145/115/60

Hohoho.. Lich terkenal karena ulti nya ini. alasan kenapa Lich sangat ditakuti. Bahkan para ganker takut nge-bokong lich karena skill ini.. Ulti ini sangat mengerikan, cara terbaik untuk mengacaukan/mengusir musuh-musuh di war atau keroyokan saat di-gank.
Sangat baik di kombinasikan dengan skill stun/ disable area, dengan begitu potensi terbesarnya akan tercapai. Skill ini juga termasuk salah satu ulti area spell mematikan dengan cooldown yang cukup singkat (level 3)

Tipe damagenya magical, jadi dikurangi resistance dan di block oleh spell immunity. Efek slownya 30% untuk MS dan 20 % untuk AS. Bisa di-improve dengan aghanim scepter. Target pertama yang terkena chain frost mendapat ministun. Dan Skill ini juga menyerang hero invisible.

Maksudnya 600 AOE di atas adalah chain frost dapat memantul dari musuh ke musuh dengan jarak range terjauh adalah 600 range, lebih dari itu chain frost akan hilang.




SKILL BUILD


1. Frost Nova
2. Dark Ritual
3. Frost Nova
4. Dark Ritual
5. Frost Nova
6. Chain Frost
7. Frost Nova
8. Dark Ritual
9. Dark Ritual
10. Frost Armor
11. Chain Frost
12. Frost Armor
13. Frost Armor
14. Frost Armor
15. Stats
16. Chain Frost


Sebenarnya semua skill berguna / boleh di ambil di level 1. Frost nova kalau km main turney untuk nge-bokong, ambil dark ritual kalau main B-net untuk menguraangi EXP musuh, meghambat dia naik level, selain itu sangat berguna untuk ‘mempercepat’ laju creep musuh karena jumlah creep mu lebih sedikit, mempercepat musuh sampai ke area tower mu – menguntungkan. Ambil frost armor kalau tim mu mau bunuh roshan di level 1.

Selanjutnya Nova dan Dark ritual adalah kombinasi spell yang mematikan darimu. Mentokin kedua skill itu pertama baru ambil frost armor. Untuk chain frost.. jangan pernah melewatinya 1 level pun.




Item Build dan Gameplay



EARLY ITEM

ITEM AWAL
Ring of Regen, branch, tango, circlet. Klo main solo beli ward. Klo main kompetisi sebaiknya kamu yang beli ayam / burung.

ITEM CORE
BRACER


Menambah kapasitas. Penting untuk menutupi kebutuhan HP dan Mana mu di early.


BOOTS OF SPEED


+50 MS speed




EARLY STRATEGY

Peran
Carry/Semi-Carry = Bukan!
Ganker/Disabler = Sangat diyakinkan!
Nuker/Pusher = pastinya..
Support/Warder = pastinya juga..
Initiator = Tidak cocok!!
Tanker/Semi-Tanker = Tidak cocok juga...



LICH SOLO LANE

Tujuan utama hero early-nukers adalah ‘naikin level secepatnya’, jadi bukan hanya carry aj yang harus naikin level secepatnya, nukers juga klo mau semakin berjaya di early, mesti naikin level secepatnya. Karena itu kalau km main B-net, lane yang kusaranin adalah MID, supaya kamu bisa mendominasi seluruh lawanmu di level 7.

Karena battle nya ga begitu serius, km ga harus beli ayam (beli klo mau aj ). Tapi ward adalah item wajib untk hero solo, pasang ward di ‘sekitar’ lane mid, sungai bagian atas/bawah, di hutan, atau tempat byasanya ganker muncul. Selain itu pasang juga di daerah muncul nya PU (klo ga ada temanmu yang warder). Lich termasuk hero yang ga begitu membutuhkan item mahal, jadi ga perlu khawatir ketinggalan item hanya karena membeli ward.

Karena main solo, Last hit dan deny harus seimbang. Maksudnya jangan fokus nge-last hit aj,atau nge-deny aj. Deny creep sendiri (yang melee) saat HP nya full, dengan dark ritual, cukup membantu untuk mengurangi ‘jatah’ EXP lawan.

DI setiap tim harusnya ada ganker, yang nge-bokong dari lane ke lane, jadi pastikan selalu stand by di mid, kalau ganker kalian mau nge-bokong hero solo musuh. Gunakan frost nova untuk membuka bokongan, itu adalah kode buat teman gankermu keluar dari ‘persembunyiannya’ dan langsung nyerang, lalu di lanjutkan dengan stun nya (kebanyakan ganker adalah stunner/disabler) gebuk2 lg, lalu setelah durasi stun selesai gunakan frost nova lg(cooldown nova cukup singkat), kalau berhasil kabur ke markasnya itu bagus, tujuannya kan bukan hanya untuk nge-kill, tp juga membuat musuh ketinggalan level.

Sebaiknya lakukan itu berulang-ulang, dengan begitu hero solo musuh yang seharusnya se-level denganmu, juga akan ketinggalan level. Tp km harus tetap berhati-hati terhadap ganker musuh, sudah pasti mereka ga bakal tinggal diam juga. Karena itulah selalu bawa ward dan TP, setiap kali ada musuh yang muncul di area ‘ward’mu (lihat di mini-map), sebaiknya langsung mundur ke tower dulu.

Nge-gank (roaming), sebaiknya klo sudah punya ulti. Bokong musuh yang main dual lane, karena sudah pasti mereka kalah level denganmu, dan belum punya ulti.

Usahakan dapatkan KILL sebanyak nya dengan potensi skill2 mu, targetmu adalah hero2 pasif di early seperti carry musuh,dan sebagian besar hero melee. Skill2 mu sangat ‘sakit’ untuk mereka sementara mereka belum punya perlawanan sedikipun, manfaatkan itu di early dengan nge-bokongnya sesering mungkin, sebelum dia menjadi semakin ‘tebal’.

Lich bukan pusher, hero early bukan berarti jago nge-push, biarkan tower mid musuh tetap berdiri, itu bukan bagianmu, jadi tunggu sampai pusher kalian ‘jadi’.

Sedikit tips, jangan meninggalkan MID kalau belum ada temanmu yang bersedia menggantikan posisimu menjaga mid. Dan hati-hati juga dengan nukers lawan, kamu bakal kewalahan jg menghadapi dia.


LICH SUPPORT:

Tapi klo main kompetisi, kusarankan jadi ‘babysitter’ aj, maksudnya se-lane bareng carry kalian, dan nge-support dia. Syapapun hero carry yang se-lane denganmu, musuh2 nya pasti ga berani mendekati carry mu. Klo mereka maju, tinggal di cicil aj pake nova.

Selalu pasang frost armor ke carry, gunakan frost nova setiap kali ada musuh yang mencoba nyicil dia. Lalu klo km sudah punya ulti, gunakan setiap kali datang ganker yang mau nge-bokong kalian. Ulti mu salah satu skill yang sangat mempan untuk nge-counter bokongan, nah itulah salah satu alasan lagi kenapa kamu cocok menjadi babysitter.

Setiap ada gelombang baru creep mu, cepat2 deny dia dengan dark ritual, deny yang melee nya, jangan yang range, karena HP creep melee lebih gede. Penting untuk mengembalikan mana mu, untuk nge-support lebih lama.

Kali ini kamu ga harus melakukan last hit, biarkan si carry yang nge-last hit, untukmu fokus nge-deny aj, terutama klo lawan di lane kalian adalah carry nya musuh.

sebaiknya teruslah bersama si carry di lane selama mungkin, sampai si ‘boss’ memutuskan untuk jajan atau kembali ke base, baru ikutan nge-gank.


NGE-BOKONG ROSHAN di level 1

Sebenarnya ada banyak kombinasi hero yang bisa menjadi ‘pusher’ hebat di level 1, dan semua tujuannya untuk mendapatkan aegis di level 1 ( membunuh roshan). Tapi sebagian besar dari kombinasi 5 hero itu, adalah kombinasi yang ada LICH di dalamnya.

Kenapalich sangat membantu membunuh roshan di level 1?

Spoiler Screenshot



Photobucket


Sebenarnya hero2 di atas bukan kombinasi yang bagus, nevermore?rexxar? hehehe..tapi di sana ada 3 hero yang ‘cocok’ untuk membunuh roshan di level 1, yaitu ursa, syllabear dengan spirit bear nya untuk nge-tank, dan Lich dengan FROST ARMOR nya, mempertebal si tanker (spirit bear) sekaligus nge-slow AS roshan sebanyak 20%, yeah..semua menjadi mudah klo ada lich disana.






MID ITEM

MEKANS


Upgrade Ring of regenerationmu menjadi headress, lalu upgrade menjadi Mekans. + 5 Armor, 5 stats (semuanya), + 3 HP regen, lalu klo diaktifkan nge-heal instant sebanyak 250 HP dan +2 Armor di 450 AoE. Item ini selain menambah lagi armor dan kapasitasmu, juga digunakan untuk nge-heal teman saat war atau di bokong, atau nge-heal creep untuk mendapatkan lebih banyak Mana dari Dark Ritual, atau sebaliknya, mana dari dark ritual kamu ‘transferkan’ menjadi HP dengan item ini.


Veil of Discord


Item ini menghasilkan efek minus 25% resistance di satu area. jadi agan akan melihat efek chain frost full damage atau 100% damage.


BOOTS OF TRAVEL


Sepatu yang kurasa paling cocok buat Lich. Lich bukan chaser dan bukan DPS juga, jadi phase boots dan PT ga begitu membantu. Tambahan MS BoT lebih baik dari PT, dan bisa digunakan untuk melakukan teleport, penting buat lich untuk meningkatkan ‘mobilitas’ nya di early-mid.






MID STRATEGY

Kali ini, untuk lich solo, sebaiknya ikutan nge-gank, atau nge-support carry. Tapi untuk lich Support, sebaiknya kamu selalu ada di sekitar si carry. Karena di mid game, saatnya para ganker mulai fokus untuk nge-bokong carry.

Tapi bukan berarti kamu harus selalu di lane, km boleh ikutan nge-gank, potensi skill mu sangat membantu nge-bokong carry musuh juga. Jadi selalu bawa TP, jadi kalau sebagian hero ‘menghilang’ di mini-map, langsung TP ke lane tempat carry kalian creeping.

Selau juga ikut setiap ada war, atau saat kalian nge-push tower klo di lane itu sedang kosong, jadi jangan pernah tinggal di lane creeping ( kecuali kalau item mu sudah hampir jadi)

Mekans adalah item yang harus kamu ‘kejar’ di mid, solo maupun support, item itu sangat membantu tim mu di war atau untuk membantu carry mu saat dia dibokong. Sebagai support dan punya kemampuan untuk mengisi mana dengan mudah, sudah sepantasnya kamu yang bawa item itu.


COMBO SPELL:

Combo spell yang akan kamu gunakan setiap nge-bokong / di war adalah frost Nova – Chain Frost..


Skenarionya seperti ini :
- Pastikan dulu, ga ada creep musuh di dekat hero musuh, klo ada jangan langsung lempar chain frostmu, bersihkan dulu creep2 itu dengan frost novamu, atau klo disitu ada ish kafel, vacuum nya sangat membantu membersihkan creep.

- Pastikan juga disana ada 2 atau lebih hero musuh. Jangan gunakan kalau hanya ada 1 hero musuh, buang2 mana bgt!

- Kemudian pastikan juga kalau jarak antar hero2 itu tidak terlalu jauh, kembali lagi ke ish kafel, vacuum nya sangat membantu.

- Lempar Chain Frost...


SS di bawah cuman contoh aj jarak/situasi yang tepat untuk melempar chain frost :

Spoiler Screenshot




Photobucket

CF akan memantul dari omni ke rexar

Photobucket

Photobucket

Omni mati dan CF pun menghilang, ‘selesaikan’ rexar dengan frost nova.



NOTE:
- Casting range chain frost lebih jauh dari frost nova, jadi klo km mau nge-slow musuh yang kabur dengan MS gede, dan jauh dari area frost novamu, lempar aj CF.

- CF tidak akan memantul kembali ke satu target , sebelum CF memantul ke musuh lain yang bisa ditempuh CF, artinya kalau hanya 1 target, CF akan langsung hilang. Kalau hanya 1 hero , pastikan di sana ada 1 atau 2 creep nya dengan HP masih hijau.

- Selalu lempar chain frost mu sebelum kamu MATI pada situasi apapun, klo km belum menggunakannya, sangat membantu temanmu untuk nge-slow, ga ada ruginya kok , klo km hidup cooldownnya sudah tinggal sedikit pula.

- Lich sangat ‘rapuh’ tanpa frost armor,dan ga punya skill kabur, jadi kamu termasuk sasaran pertama musuh2 di war, mereka akan berusaha membunuhmu sebelum kamu melempar chain frost.


Meng-counter CF :

Sebenarnya bagian ini bukan hanya berguna buat musuh lich aj, tapi juga untuk mu... Ada banyak trik yang bisa nge-counter CF, dan yang bakal kubahas disini adalah yang paling ‘murah’ ( tanpa skill / item), tapi agak sulit dan sangat beresiko, sering2 latihan aj, mempelajari jarak2.. SS di bawah adalah contoh nge-counter CF nya Lich..

Spoiler Screenshot




Photobucket

Di sana sudah ga ada creep, dan ada 3 hero musuh.. otomatis Lich melempar ‘chain frost’, lihat si Troll, karena sudah tahu situasi dia langsung kabur, bukan kabur biasa loh, dia bukan berusaha keluar dari area CF, dia berharap CF tetap memantul ke arahnya, karena kalau tidak CF akan membunuh kedua temannya. dan lihat yang terjadi selanjutnya..

Photobucket

Jarak rexar dan omni sangat dekat, perhatikan mereka malah semakin mendekatkan diri... (itu sangat beresiko) troll masih dalam jarak range CF, dan ternyata CF menuju troll dengan sangat cepat, karena CF ga perlu memantul jauh/lama dari rexar ke omni..

Photobucket

Setelah CF memantul menuju troll, rexar dan omni DIAM di posisinya. Supaya CF tidak memantul kembali ke mereka, supaya mereka membuat jarak diluar 600 range ( jarak yang hanya bisa ditempuh CF)..

Photobucket

Kabur dengan selamat. dan LICH?..Aaaah..ga dapat triple kill.








LATE ITEM

AGHANIM’s SCEPTER


Ultimu harusnya di-improve. Selain itu item ini menambah lagi kapasitas mu, dan resepnya pun cukup mudah dibeli. Selain item ini, ada banyak item lainnya yang cocok untukmu di late (lihat alternatif).



ALTERNATIVE

Tranquil Boots




Sepatu yang bisa menambah ketahananmu di lane dan mid game. Tapi alternatif hanyalah alternatif, core lebih diutamakan.


SHIVA’S GUARD


Kalau masih butuh slower area. Sebenarnya dengan frost nova saja cukup. Tapi kurasa kamu akan membutuhkan armor nya.


GUINSOO SCHYTE OF VYSE


Memberimu kemampuan disable. Gunakan disablenya saat kamu melempar chain Frost. Item ini juga menambah kapasitas dan mana regen mu, menutupi semua kebutuhan mana mu.


EYE OF SKADI


Nah.. kamu sudah punya cukup ‘slower’, slower nya item ini sama dengan efek slow skill2 mu, yaitu 30% MS dan 20% AS, tapi TIDAK STACK. Tp kamu akan membutuhkan stats nya,sayangnya harganya mahal.


EUL SCEPTER


item disable lg. Menambah Ms mu sebanyak 20%. Sebenarnya tujuannya adalah supaya kamu bisa kabur dari hero2 ‘chaser’ di late game. Atau Sebaliknya, ‘mencegah’ hero2 yang bisa marathon untuk kabur.


POWER THREADS


Menambah stats di early game, Ga begitu kusarankan.



LUXURY

KELEN’s DAGGER


Mempermudahmu menggunakan chain Frost di area Musuh.


DAGON


Instant kill! Mana cost aman (asal kamu beli setelah aghanim), ga ada masalah.. cuman harganya aj yang mahal.


LINKEN SPHERE


Tambahan stats nya sangat baik. Bisa nge-block spell yang ditargetkan ke kamu.


GHOST SCEPTER


Lich mu sangat ‘rapuh’di late, beli ini kalau ‘carry’ lawan bisa membunuhmu hanya dengan 4-5 hit.


LOTHAR EDGE


Hmm.. windwalk mudah di counter, beli kalau kamu nge-rasa ga ada lawan yang punya kemampuan ‘true sight’, klo ada mending dagger aj.


BLOODSTONE


Menambah Kapasitas, tujuannya ga lebih dari itu.



Jangan Beli ini!

REFRESHER ORB


Ulti mu termasuk ulti damage yang cooldownnya paling singkat!, kamu ga butuh ini..


VLADMIRS OFFERING


Item ini memberi ‘mana regen’, kamu lebih butuh stats dari mana regen btw. Item ini juga memberi ‘lifesteal’, tapi AS dan damage lich ga ‘kuat’ untuk nge-lifesteal.


RADIANCE


Harga yang mahal, tapi ga memberimu Mana maupun HP. Hanya memberi damage yang ga bgt kamu butuhkan, tapi immolation aura nya bagus sih..


ITEM DPS


Sama sekali jauh dari ‘berguna’ untuk spell caster sepertimu. Sudah pasti kamu TIDAK dibuild untuk gede-in damage dan AS.


ORBS


Sebenarnya Lich ga begitu butuh item2 orb...selain skadi







LATE STRATEGY

Lich bukan hero late, tp bukan berarti dia ‘lemah’ di late game,dia punya skill armor yang baik, dan item2 nya juga membuat HP nya lumayan gede. Tapi meski armornya baik, dia kurang ‘efektif’ untuk menjadi tanker karena sebagai support, frost armornya buat si tanker aj, dia juga ga cukup ‘tangguh’ menjadi killer, tapi ulti nya tetap dan akan selalu menjadi ‘pengacau’musuh2 di war, di situlah peran lich di late game, selain menjadi slower-support.

jadi di late game, selalu ikutan war, push klo teman mu sedang push, dan defense klo markasmu di push ( kamu punya teleport ). Yang harus kamu lakukan di war adalah nge-slow dengan frost nova, hero carry lawan, atau yang berusaha kabur, atau yang berusaha mendekatimu. Dan Pasang Frost armor ke tanker / carry kalian.

Gunakan Mekans untuk nge-heal teman2 mu kalau kalian kalah war, atau ada temanmu yang sekarat (terutama klo carry yang sekarat), kemudian lempar chain frost untuk mengusir dan menyelamatkan teman mu yang ‘tersisa’.

Gunakan juga CF kalau creep2 musuh sudah ‘bersih’, atau kalau stunner area kalian menggunakan stunnya, combo kan dengan ultimu. . Dan jangan lupa selalu melempar CF kalau km sudah hampir mati ( klo CF tidak sedang cooldown)

Last, jangan pernah sendirian di late, apalagi bertarung 1 vs 1, kamu ga di desain untuk main 1 vs 1 di late.




FRIENDS


STUNNER / DISABLE AREA


Mana ada yang ga terbantu oleh skill mereka? Apalagi untuk hero yang punya spell area seperti kamu.
 


DARK SEER


Dia bisa membantumu ‘menyedot’ musuh ke area chain frost mu (kalau musuhnya kabur). Selain itu skill buff nya sinergi denganmu, nge-slow dengan frost armor, sehingga damage ion shell semakin banyak.



 HEALER


Semua yang bisa ng-heal adalah best friends mu. Mereka sangat dibutuhkan di war, terutama untuk hero seperti lich yang sering menjadi target pertama di war. Dengan heal area kamu juga bisa mendapat lebih banyak mana dari unit yang menjadi target dark ritual mu. Selain itu keduanya juga slower.
 


AXE


Berserker call adalah skill yang paling kamu butuhkan dari dia, nge-disable musuh yang ada di area skill itu selama beberapa detik. Nah, saat itu gunakan chain frost, manfaatkan disable skill itu.
 


WITCH DOCTOR


Dia healer, tapi dia juga punya skill yang ‘mantul-mantul’ sama seperti chain frost mu. Tapi skill nya itu nge-stun, sedangkan chain frost ‘membunuh’, combo yang mantap kan? Selain itu dengan bantuan mini-stun dan slower mu, musuh akan semakin banyak menerima damage dari death ward nya.
 


PUGNA


Yeah... dia punya skill yang bisa membuat magical damage yang diterima musuh semakin SAKIT, apalagi klo buka decrepefy nya. Gunakan skill2 mu ke target decrepefy nya.


 
Thrall
(Credit : Aanggustaarandyfikri )


Chain Frost tidak akan berhenti 'memantul' dalam kurungan Kinetik Fieldnya.



Void


Tahu tidak chain frost bisa memantul dalam chronosphere.. ya, gila kan?




COUNTERS


STUNNER / DISABLE


Selama terkena stun/disable, kamu adalah sasaran empuk.
 


MARATHON


Mereka bisa dengan mudah keluar dari area chain frost mu kalau ga kena disable/stun. Dan meski chain frost bisa nyerang hero invis, NW bisa marathon dengan shukuchi nya.
 


BLINKERS (dan semacamnya)


Sama dengan marathon,malah mereka bisa kabur lebih mudah.
 


BLOCK SPELL


Damage Skill2 mu adalah magical,mereka bisa magic immune, itu merugikan.
 


DOMINATE CREEP /UNIT / SUMMONER


Mengurangi efek chain frost,
 


CLONERS


Sama.. mereka dengan mudah membuat ilusi untuk mengurangi efek chain frost,semakin banyak clone mereka, semakin payah efek chain frost yang diterimanya.




Pugna


BEAT THIS!


CLOSING

Seperti yang kau baca di atas, lich adalah hero early game, salah satu yang terkuat dan paling menyebalkan di early..


Kapan boleh pick Lich?
- Klo tim mu butuh nukers / tukang nyicil
- Klo tim mu butuh warder/ hero yang ga begitu butuh item mahal.
- Klo tim mu kekurangan Ganker
- Klo tim mu butuh ‘babysitter’ untuk si carry
- Klo kamu suka ‘bersenang-senang’ di early game


Kapan kamu ga boleh pick lich?
- Klo tim mu sudah memiliki babysitter yang lebih ‘kompeten’
- Klo tim mu sudah dipenuhi hero2 AGI dan INT yang ‘rapuh’.
- Klo tim mu belum punya Tanker
- Klo tim mu belum punya ‘pembuka war’



*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)




52 komentar:

  1. KK klo msuh tinggaL 2 ORG di satu lane tanpa creep, truz kita pke CF.. CFnya bkal mantul terus di 2 orang itu pha cm 1 kali pantul doank...??

    BalasHapus
  2. mantul sampe 7 kali... CF berhenti mantul kalau :

    - kedua hero itu jaraknya lebih dari 600 range

    - salah satu hero itu mati (mati karena CF)

    BalasHapus
  3. kk, jd CF tuh bagus buat buka war ya"? trus klo mo rosan lvl 1 naikinnya skill 2 ama ap strusnya?

    BalasHapus
  4. Jangan buat buka war, sudah pasti musuh mu akan ngambil jarak ( saling jauh2 an), yang buka war tuh stunner area seperti raigor, levi,dll, setelah itu baru chain frost nya di lempar..

    atau lempar saat semua orang sudah punya target masing2, jadi di tengah2 war lempar chainnya, musuh ga akan sadar klo kamu sudah melempar ulti mu..

    klo mau bunuh roshan level 1, jadi setelah frost armor ikuti saja skill build up ku.. cuma urutannya aj yang bergeser satu level ke bawah,

    jd sisa frost armornya tetap di ambil di level 12,13,14

    BalasHapus
  5. naym biasanya gw pake CF itu kalo kedua musuh tingal sekarat darahnya ( kalo sekarat pasti kabur) tapi mreka kaburnya mencar jadi gk tetep jadi 1 dan mungkin gw cuma dapet 1 hero aja gk dapat 2 hero dan gw gk seberaba bisa pake hero2 support karena terlalu butuh item2 yang sangat mahal dan saya paling tidak suka dengan item2 yang mahal untuk mid ato early....

    Tolong beri Salam

    BalasHapus
  6. wkwkwk, comboka dengan stun area temanmu atau apapun supaya musuh-musuh itu tidak mencar, supaya bisa dapat lebih dari 1 kill :)

    BalasHapus
  7. mantep saran nya bos

    BalasHapus
  8. maaf saya emang mainnya cuma gila gila an
    klo main pke hero kel`thuzad saya pake item akhirnya ini:
    -eye of skadi
    -burriza do-kyanon
    -assault cuirass
    -heart of tarrasque
    -divine rapier
    -satanic

    gimana jelek y?? tolong dong kasih tau yg mana yg item g perlu dipake
    dan gantiannya apa?? alasannya apa??
    ok tq klo mau jawab

    BalasHapus
  9. maaf saya emang mainnya cuma gila gila an
    klo main pke hero kel`thuzad saya pake item akhirnya ini:
    -eye of skadi
    -burriza do-kyanon
    -assault cuirass
    -heart of tarrasque
    -divine rapier
    -satanic

    gimana jelek y?? tolong dong kasih tau yg mana yg item g perlu dipake
    dan gantiannya apa?? alasannya apa??
    ok tq klo mau jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti Aja Buriza Sama Mekans, Lich Bukan Hero DPSer Gan
      HoT Juga, Mending Kamu Beliin Aghanim, Buat Nambah Mana, CF, n' Darah
      Ganti Cruiras Dgn Shiva, Slowernya Kamu Butuhkan, Kmu Gk Perlu Atk Speed
      Satanic, Ganti Aja Dgn Boots Of Travel -_-
      Paling Parah, DIVINE REAPER, Kamu Bukan Hero DPS Gan !!

      By: @AFCakraS

      Hapus
  10. kk saya kurang setuju si refresher orb dimasukin rejected item, dimasukin luxury aja, saya sendiri kalo uda late game lebi milih beli refresher daripada dagon... walo CF cooldownnya singkat tp biasanya kalo uda late game pas war gede 5 vs 5 yg hero2nya pada uda lv 20++ satu bola es serasa kurang, mana costnya nutut kok kk, biasanya lich lv 20++ dgn equip standart kk di atas kapasitas mananya uda 2k lebih, jadi bisa combo dobel CF, pake nova, nyalain mekans trus kejar musuh yg tersisa dgn santai...:)

    BalasHapus
  11. parah gila itemnya buriza DR satanic buat apaan? mo jadi carry haha mending orchid kalo mo ada AS nya

    BalasHapus
  12. KK..,
    q mnt kombo hero yg bisa ng-kill roshan d lvl 1 dooooong..,
    thanks..,

    BalasHapus
  13. Kakak Naym, ada yang kurang...

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Bukan!
    Ganker/Disabler = Sangat diyakinkan!
    Nuker/Pusher = Anda memang raja nuker...
    Support/Warder = Lewat Dark Ritual...
    Initiator = Tidak cocok!!
    Tanker/Semi-Tanker = Berikan Frost Armor ke Axe...

    BalasHapus
  14. Anonim (yang Beliin Lich item2 aneh),
    okeh kasih saran gan..
    Buriza, divine rapier satanic diganti aj.. itu item buat killer kalian (carry)
    Heart tarasque dan Cuiras juga diganti..
    Beli item yang mengimprove Skill dan penggunaan Skill.. misalnya yang support heal, dan yang menambah kapasitas Mana biar semakin sering menggunakan skill, karena lich main skill kk bukan main pukul.. :)

    Pohon, sy tetap kurang setuju refresher,
    lebih enak ngeimprove damage CF daripada 2 kali.. :)

    Anonim: apa aja yang penting ada lich atau yang bisa ngebikin si ocan slow.. :)

    BalasHapus
  15. item w sih
    -Phase Boot-biar bisa lari(diluar stun)
    -Aghanim Scepter(biar sakit CF)
    -Shiva Guard(Mana+Intel+Artic Blast)
    -Dagon(Lv3 udh cukup)
    -Butterdly(supaya hero melee evasion)
    -BloodStone(biar kapasitas HP ma MP tambah)
    CMIIW ea om NAYM

    BalasHapus
  16. Fakta tentang Kel'Thuzad: He is the Summoner of Archimonde. He lives in Naxxramas (Wowpedia)

    BalasHapus
  17. aku kalo main selalu jadi atm

    BalasHapus
  18. Aku ada replay bagus.. Mau ga?

    BalasHapus
  19. kak itu worst enemynya di blinkers harusnya ada morpling donk kan dia bisa waveform

    BalasHapus
  20. HiSoKa, boleh, share aj :)
    Anonim, kan sy bilang 'dan semacamnya', ga mesti semua hero dimunculin kan? :)

    BalasHapus
  21. http://www.rapidspread.com/file.jsp?id=wcxk4wips0

    itu kk.. coba dicek.. aku cupu ni.. kl kurang pro, ga usah dipajang.. :D

    BalasHapus
  22. keren guide nya..kalo saya udah beli aghanim sama guinso sarannya apa lagi??make ini killing spree mulu..wakwakwka

    BalasHapus
  23. Chain Frost bisa mantul ke lich sendiri ngga? misalkan 1 vs 1 gitu, apa bisa mantul ke lich dan enemy?

    BalasHapus
  24. KOMBO ROSAN LEVEL 1
    LICH ambil skill 2
    SILLA ambil beruang bwt tb
    URSA ambil skill 3 sih kalo gw
    lagi 2 tersera
    tapi byasa ny optional rooftrellen.. bwt armor in beruang.. gitu doank

    BalasHapus
  25. Lich Kereeennnn

    BalasHapus
  26. menurut saya rejected item (tidak hanya lich tapi sebagian besar heroguide di web ini) tidak selalu tidak berguna. di dotA tidak ada situasi yang sama, jadi item tetap tergantung sikon(situasiKondisi)

    BalasHapus
  27. iya gan, rejected bukan berarti tidak dibutuhkan. Tapi lebih ke prioritas paling belakang/bawah.

    BalasHapus
  28. Menurut saya
    Lich +
    Magnus = Ultinya menguntungkan CF + mempermudah menggunakan maledict
    doctor = punya stun yang efeknya terbaiknya sama dengan CF

    kombo yang sangat GG
    coba aja magnus yang buka #musuh pada ngumpul , terus Doctor pasang stun + maledict , Lich lempar CF , Si Doctor tiggal Pasang ward...
    Berapa banyak Damage maledict yang akan diterima??
    pasti OMGWTFGGIMBABGT !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. om ada lgi om combo DT + lich ne dr tmn ak, dia timewalk, langsung crono, abis itu lich abisin pke CF bsa rata ktnya

      Hapus
  29. thanks kk...

    BalasHapus
  30. Masukkan TC <-- Tauren chieften dalam Alies
    Natural order membuat cf semakin sakit
    dan earthsplinter membuat musuh menjadi berdekatan =menguntungkan CF

    BalasHapus
  31. Tambah allies lagi kk
    Furion dengan sproutnya dan Farseer dengan kinetic fieldnya ..
    bagaimana nasib musuh bila dikurung bersamaan dengan keluarnya cf? pasti sakit banget :D

    BalasHapus
  32. Tambah veil di luxury
    Amplify+ cf pasti akan sangat menyakitkan

    BalasHapus
  33. Gan kyknya dark ritual diambil d lvl 1 aja krena untuk kill creep pas respawn biar lvl msuh seret :-)

    BalasHapus
  34. gan ane bilang musuh yang paling bagus ya meepo kan klo dia bertiga doang gak ada musuh laen enak
    bisa kena terus

    BalasHapus
  35. refeser orb bagus og chain 2x

    BalasHapus
  36. kak mau nanya nih...

    Barusan Gw main lawan Lich nah Gw Pakek Slark

    Hp nya Udh Merah Banget
    tapi dia kok bisa Attack ngadap belakang.....??
    sambil jalan dia Ngatack aku sampe Hp aku yg merah ..
    kok bisa Gitu sih..?

    BalasHapus
  37. tambahain kekurangannya lich base statsnya amat payah..

    BalasHapus
  38. Item Build saya :
    -Skadi
    -Arcane
    -BM(kalo musuh pick hero pysical kayak
    mortred.sven,dll)
    -Bloodstone
    -Linken
    -Guinzoo==> biar msush gk sempet silent kita, kita silent mereka duluan

    BalasHapus
  39. void masukin di best friendnya lich ka. lumayan saat void make chronospherenya, lempar CF ke dalem hero, apalagi kalo hero di dalem choronsphere banyak, lebih mantep ^^

    BalasHapus
  40. kk SS strategy lemparin CFnya tu si omninya koq gk pke repel aja ya? kan bisa di blok

    BalasHapus
  41. kk Naym tanya donk,ni gw msh awal2 maen dota,klo bca guild msih suka bingung ama anonim kata nya..mksut nya
    Carry/Semi-Carry=apa?
    Ganker/Disabler=
    Nuker/Pusher=
    Support/Warder=
    Initiator=
    Tanker/Semi-Tanker=
    trs kalo 1 team itu bagus nya di isi sama apa aja ya?MAKASIH

    BalasHapus
  42. Mas bro CF lich bisa di counter sama AVATAR so solusinya apa ?

    BalasHapus
  43. mana burner kok nggak masuk enemies kk?,kan bahaya tuh,palagi magina ma si nerub assasin,magina punya mana break+mana shield jadinya efek CF nggak sakit banget,klo nerub mah lebih parah,mana burnnya bikin mana tipis walaupun pake Dark ritual tetep sakit damagenya kk

    BalasHapus
  44. Kak Naym 1 Lagi Spatu Yg Cocok Sama Lich
    Tranquil Boots ,,
    Sepatunya Guna Buat early Game kak
    Bonus MS +80 And Healing ^^

    BalasHapus
  45. Item buid saya kk :
    - Aghanim's Scepter
    - Boots of Travel
    - Eye of Skadi
    - Shiva's Guard
    - Heart of Tarrasque
    - Radiance atau terserah apa aja
    Build item favorit Lich nih

    BalasHapus
  46. yeee Pugna lg enemiesnya

    BalasHapus
  47. satu lagi counternya Pugna dong
    dia jadi ngga bsa make frost nova sembarangan, udh gitu pas Lich lempar CF, pas itu jg dya mati owkowko

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. coba aja pake zet dgn kombinasi manta lawan lich di chain frost pasti mati kaarena jurus terakhirnya zet tempest double menghasilkan bayangan yg bisa pake item dan jurus jadi berapa total

    zet+manta style= 3
    +
    tempest double+manta=3
    jadi total 6 kan lich suka hero yg ngumpul seperti itu

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats