DotA Guide Indonesia

Jahrakal – The Troll Warlord




When the Sentinel first gathered their forces, The Troll Warriors were considered primitive and unreliable. Their pride wounded, many refused to join, some even considering siding with the Scourge. Only a hotheaded young Warlord called Jah'rakal joined the Sentinel. Known as "Blinding Axe" in troll tongue, both for the blinding speed of his axes and his trademark blind technique, his unstoppable rampages have already made him a legend among his Allies. However Jah'rakal fights not for the Sentinel, or even to defend the Ancients, but to show Elves, Men, Orcs and anyone else that trolls are the best fighters in the world.



INTRO


Jahrakal terlalu mudah dimainkan untuk dibuatin GUIDE, tapi sejak map 6.60 rilis, ada banyak perubahan dari jahrakal, yang pasti cukup menarik buat kita pelajari.

Hero yang kita bicarakan kali ini memiliki potensi akselarasi attack speed tertinggi di game. Dengan demikian, kalau Hero ini jadi dia termasuk hero yang punya potensi paling berbahaya, paling kuat, dan mungkin paling difavoritkan semua pemain untuk digunakan sebagai pelampiasan stress kalau kalah-kalah mulu. hahaha

Tapi apa yang membuat hero ini sangat kuat kalau itemnya jadi? Ayo kita cari tahu..



Spoiler Statistik Hero



Name: Jah'rakal
Tavern: Agility (Sentinel)
Strength: 17 + 2.2
Agility*: 21 + 2.75
Intelligence: 13 + 1
Damage: 38 - 56
Armor: 2
HP: 473
Mana: 169
Movespeed: 300
Range: 500 (ranged)
Attack Time: 1.7




Keunggulan dan Kelemahan

KEUNGGULAN
1. sangat berguna,fleksibel, bisa menjadi range, bisa juga jadi melee.
2. punya kemampuan untuk ‘permabash’ (bash yang ga akan pernah terputus durasinya)
3. tambahan AGI yang sangat tinggi tiap levelnya = 2.75
4. Untuk hero AGI, tambahan STR nya terbilang tinggi.
5. Dia memang ga punya disable, tapi dia punya yang lebih dari itu untuk membantunya nge-kill..yaitu PERMABASH!!! Wahahaha..


KELEMAHAN
1. Sangat lemah dan sangat mudah dibunuh di early game
2, karena ga punya skill untuk kabur, sulit kabur dari bokongan,sementara bokongan di early ga akan pernah berhenti terjadi pada hero yang bisa menjadi paling beringas di late game ini.





SKILL
Berserker Rage


Jah'rakal goes berserk, using his throwing axes as melee weapons. He gains bonus damage, movement speed, attack speed, hit points, armor, and the Bash ability, but can only attack at melee range.
Toggle between Melee and Ranged, and gains Bash.
Mana Cost: 0
Cooldown: 0

Jahrakal melee mendapat tambahan di bawah ini :
+ 20 Movement speed, dan di level 4 menjadi + 30
+ 15 damage
+ 3 armor
+ 100 HP

Slain itu, ditambah juga skill ini...

Bash

Gives a chance that an attack will do bonus damage and stun an opponent for 2 seconds.

Level 1 - 10% chance to deal 20 bonus damage and stun for 0.8 seconds.
Level 2 - 10% chance to deal 30 bonus damage and stun for 1.2 seconds.
Level 3 - 10% chance to deal 40 bonus damage and stun for 1.6 seconds.
Level 4 - 10% chance to deal 50 bonus damage and stun for 2 seconds.


Whirling Axes


Troll is a master of the axe, learning axe skills in all forms of combat. When in melee form, summons magical axes to whirl around him in a circle. When in ranged form, Troll hurls a fistful of axes in cone formation.


Whirling Axes (ranged)

Troll hurls a fistful of five axes in a cone shape. Axes travel up to 900 range, slowing enemy units. Slows movement speed by 30%

Level 1 - Duration 3 seconds. deals 75 damage.
Level 2 - Duration 3.75 seconds. deals 75 damage.
Level 3 - Duration 4.5 seconds. deals 75 damage.
Level 4 - Duration 5.25 seconds. deals 75 damage.

Mana Cost: 50
Cooldown: 20
Casting Range : 900
AoE : 100*

Skill ini hanya berlaku untuk Troll Range
(*) AoE masing-masing Axe.


Whirling Axes (Melee)


Troll unleashes a set of magical axes which whirl around him in a circle. Nearby enemies take damage and have a chance to miss on their attacks.

Level 1 - 125 damage, 60% miss chance
Level 2 - 175 damage, 60% miss chance
Level 3 - 225 damage, 60% miss chance
Level 4 - 275 damage, 60% miss chance

Duration : 4/5/6/7
AoE : 450
Cooldown : 12
Mana cost : 50

Note: Kalau yang ini berlaku untuk Troll melee, Nuke sekaligus pengganti Blind :D


Fervor


When Jah'rakal engages an opponent, his animalistic nature grants him even greater proficiency in single combat. With each continuous blow on the same target, Jah'rakal gains understanding of the prey's defenses, increasing his attack speed by 20 per attack.


Level 1 - Maximum of 40 attack speed bonus
Level 2 - Maximum of 60 attack speed bonus
Level 3 - Maximum of 80 attack speed bonus
Level 4 - Maximum of 100 attack speed bonus

If Jah'rakal changes targets, his rage counter drops to half of where it was.


Ini skill early game mu yang membuat creeping mu smakin enak. Fokus ke satu target aj dengan begitu attack speed mu akan semakin bertambah per serangannya, kalau kamu mengubah target, total attack speed mu akan dikurangi setengahx.


Battle Trance


Jah'rakal unconsciously uses dormant magic to awaken the savagery of every warrior on the battlefield. Greatly increases attack speed for a short duration,
Level 1 - Increases attack speed by 60%
Level 2 - Increases attack speed by 120%
Level 3 - Increases attack speed by 180%

Duration: 7 Detik
Mana Cost: 75
Cooldown: 30 seconds
Rekor Skill penambah attack speed tertinggi ketiga saat ini (setelah Alleria dan ursa), dulu skill ini bernama Rampage menambah attack speed 120% , slain itu juga MS ditambah. Tapi tanpa tambahan MS apa ‘permabash’ nya akan berkurang? Tidak lah, skill ini tetap didukung fervor, kalau menyerang 1 target selama battle trance aktif dan level 4 fervor, troll akan mempertahankan kembali kejayaannya sebagai hero DPS paling ‘beringas’.




SKILL BUILD

1. Fervor
2. Whirling Axes
3. Fervor
4. Berserker Rage
5. Fervor
6. Battle Trance
7. Fervor
8. Berserker Rage
9. Berserker Rage
10. Whirling Axes
11. Battle Trance
12. Whirling Axes
13. Berserker Rage
14. Whirling Axes
15. Stats
16. Battle Trance
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Fervor : napa kali ini fervor di early game? Wajar aj klo km bilang fervor malah merugikan di early game, Itu dulu. Klo gitu ayo kita berdebat sedikit.... Fervor yang ‘lama’ adalah skill AURA, dan klo skill aura yang nambahin attack speed itu diambil di early game, creep2 juga akan mendapat aura itu yang akibatnya kamu kesulitan mengendalikan pergerakan creep, maksudnya creep mu dengan mudah membunuh creep lawan yang akhirnya dalam waktu singkat tower musuh udah ada di depan mata. Hal itu merugikan donk, km akan kesulitan nge-last hit, yang artinya kamu ‘miskin’.

Hari ini klo km mainin troll (map 6.60 ke atas) dan ngambil fervor di early game, km akan mendapat kenyataan sebaliknya, fervor kali ini skill yang paling berperan di early untuk troll. Okay, dari penjelasan panjang itu, sebenarnya inti yang aku mo bilang adalah fervor sekarang adalah skill PASIF dan bukan lagi aura, jadi yang menikmati adalah troll sendiri. Kalau ga ngambil skill ini di early game, kamu bakal nyesel ga bisa melihat kehebatan troll yang sesungguhnya di late game.

Selanjutnya soal fervor di early game, klo masih ad yang ga suka, dan tetap pake skill build up yang lama, dengan alasan apapun, aku siap kok nantangin ( cih.. blagu >.>)

Berserker rage : sama juga, dibutuhkan di early, tapi sebenarnya buat kabur aj sih, karena nambahin MS. Di early game Troll main range aj susah tuk mempertahankan HP tetap ijo, apalagi troll melee.

Whirling Axes: cukup satu level di early untuk slownya, sangat berguna buat ngejar atau kabur kalo dibokong. Sisanya mentokin di mid untuk durasi slow lebih lama, dan durasi Miss (sebagai pengganti blind) lebih lama juga untuk troll melee.

Battle trance : Durasinya makin singkat tapi sudah sama rata untukmu dan temanmu, tambahan AS nya makin bertambah. Cooldown jauh lebih singkat dari rampage, hanya 20 detik. Menurutmu dengan skill ini troll makin ‘Imba’ atau udah balance (imbang) dengan yang lain? Ambil kapanpun bisa.




Item Build dan Gameplay



EARLY ITEM

WRAITH BAND


Ini yang terbaik buat troll, dibanding bracer dan null. Tapi, klo ga terbiasa main dgn HP dibawah 700 (early game) kusaranakan beli 2 bracer.


PHASE BOOTS


Udah lihat skill build up di atas? Fervor di early game, lalu apa gunanya fervor level tinggi di early klo ga di dukung MS yang baik...Kali ini yang harus dikejar pertama kali oleh troll di early adalah Movement Speed. Sepatu ini lebih cocok dari PT meski nambahin attack speed, kamu akan mendapatkan attack speed yang lebih banyak dari yang bisa diberikan PT nantinya, yang penting tambahan MS phase boots (aktif) lebih tinggi dari PT, cukup murah untuk mendapat MS yang sesuai kebutuhan.


HELM OF DOMINATOR


Kenapa tetap beli ini? Ada hubungannya dengan perubahan fervor juga. Aku jelasin di strategy...






EARLY STRATEGY

Drafting...

Jangan pick Jara:
1. Kalau tim masih kekurangan hero support.
2. Tim kalian kekurangan Ganker.
3. Dan banyak yang memakai Disabler.

Pick Jara:
1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero 1 vs 1.
2. Tim kalian butuh carry.
3. Butuh permabasher
4. Ngefans sama "Trolls"


Peran:
Carry/Semi-Carry = Ya!
Ganker/Disabler = farming aj yah...
Nuker/Pusher = ngga
Support/Warder = no-no..
Initiator = Tidak!
Tanker/Semi-Tanker = Jangan....


Lane

Selamat dah, kamu megang hero yang lumayan terjamin masa depannya ( late game). Klo main mode –ap ( 600 gold) beli 1 wraith dan tango. Klo mode –ar atau dapat random, gold 850, beli 1 wraith, 1 tango , dan 1 circlet, lalu ke lane.


Nah, ada 3 pilihan lane nih, sekarang lihat potensi troll tuh dimana, disarankan di lane atas atau bawah aj, tujuannya adalah biar cepat jadiin dominator karena masing2 ada secret shopnya. Jangan solo mid karena bisa aj lawan mu nukers, yang pasti first blood itu ada di lane mid, tp kenyataannya kamu yang dibunuh ^^, kamu bakal dicicil2 terus, makanya jangan...

Kalau udah di lane atas/bawah, sekarang ngapain? Melakukan creep blocking ?(menahan laju creep yang MS nya lebih tinggi darimu(tnpa spatu),dengan berjalan tepat di depan creep paling depan ), atau ga ngapain2 diam aj berdiri nunggu ‘sangkakala’ bebunyi? keduanya salah bung, klo kamu troll ....TUNJUKKAN klo kamu itu emang troll. Cek power up!! PU akan muncul bersamaan dengan gelombang pertama creep muncul, cek di sungai tempat PU byasanya muncul ( uda tau lom?kuharap udah) emang sih kemungkinannya fifty-fifty, tapi klo kamu berhasil silahkan lakukan strategy ini :

-HASTE : tunggu sampai creep yang baru muncul itu berjalan sampai di tower kedua markasmu, lalu kamu ambil, lari.. ajak seorang teman ‘ganker’, lalu bunuh targetmu,untungnya skill pertama adalah fervor. Dengan MS 522 di early, kemungkinan target kabur adalah NOL %.

-REGEN : jiahh, tinggalkan aj, tp beritahu teman setimmu soal regen itu.

-DOBLE DAMAGE : BLACKJACK!! Ambil pada saat yang sama seperti ‘haste’, lalu langsung majuin lawan dan serang dia beberapa kali (beberapa kali yang kumaksud adalah yang bs membunuhnya)

-ILUSION : mayan, ambil pada saat yang sama pula dgn haste,bawa ke lane untuk diajak nge-last hit.

Ada beberapa kemungkinan siapa menjadi lawanmu di lane, masing2 strategy nya juga beda..

#1 lawan melee : waw, mudah nih, karena lawanmu melee, jgn biarkan dia mendekat untuk nge-last hit, posisimu harus sedekat mungkin dengan creep lawanmu, jangan gunakan ‘melee’ mu, dengan attackmu yang range, musuh akan berpikir untuk terlalu dekat, biarkan dia berdiri diam dibelakang seperti anak tk menunggu ayahnya membawakanx payung ^^.

#2 lawan melee : lumayan lah, tp kali ini km mesti jaga jarak, ini ga semudah menghadapi 1 hero melee, karena klo kedua hero melee itu udah level 4, mereka bisa membunuhmu dengan sangaaaat mudah.

#1 lawan range : seandainya hero DPS seperti km yg juga bs ‘range’, ga perlu repot2 main safe di early untuk persiapan late game, tetap jaga jarak, hero range sangat kuat di lane early game, lakukan seperti byasa last-hit dan deny, jangan ribut dulu,, yang berbahaya adalah spell ‘damage mereka.

#2 range : Ouch! Susah nih, masa depanmu (late game ) kali ini belum jelas,heheheh. Mundur aj klo mereka mencoba maju menguasai area crep untuk mencegahmu nge-last hit, lalu minta bantuan teman.


DI level 7 mestinya phase boots dan 2 wraith band mu udah jadi, dan kalau udah mau bunuh, lakukan aj, gunakan phase boots sellau untuk mengejar lawan yang kabur. Klo belum mau, lanjut creeping, sampai dominator mu jadi.

Sebenarnya attack ‘animation’ troll juga bisa di potong, ayo lihat..

Photobucket

lemparan pertama adalah serangannya,dan gerakan tangan yang satunya lagi itu hanya ‘animasi attack’ nya, jadi lakukan animation cancelling, sebenarnya trik itu hanya berguna di early game buat troll, klo udah mid-late game kamu ga usah repot2 lagi kan :P

Oh ya, kalau lawanmu punya sense yang bagus, ga heran klo sasaran bokongan mereka akan selalu ke TROLL (kamu), sabar aj buu..






MID ITEM

SANGE AND YASHA


Sange and yasha menambah MS yang bisa untuk menutupi battle trance yang tidak menambah MS lagi. Selain itu stats AGI juga yang artinya menambah attack damage dan armor. Efek slownya akan membuatmu semakin mudah membunuh. Permabash + maim, awkawk.


CRYSTALIS


Dengan harga 2200, kamu sudah bisa dapat critical strike sebanyak 1.75 total damage, dan hero2 DPS seperti troll juga sebenarnya potensinya disini, critical muncul secara pasif dengan persentasi terpicunya 10% , untuk hero dewa-nya AS kayak jahrakal ini? 10% itu kecil banget.






MID STRATEGY

ea.. mid game, waktux untuk semua hero meninggalkan lane, dan maju untuk bokong lawan.

Klo lawan di lane mu ga ada, kabari temanmu lewat ‘chat’ dgn bilang ‘miss’, atau ‘mia’, atau 0 (nol)

Karena udah punya dominator, berarti udah enak ngutannya. Lifesteal dan level 4 fervor adalah kombinasi nyerang sekaligus pertahanan yang sangat hebat untuk mid game.

Perhatikan minimap, klo kamu sedang di lane, dan ga ada satupun lawan di lane itu, lalu di minimap banyak lawan yang ga terdeteksi, kamu punya 3 pilihan,

1. mendekat ke tower
2. pulang ke markas (tele)
3. LAWAN!

Umumnya, orang bakal mendekat ke towernya, karena kalau pindah lane, bisa saja lawan2 yang ga jelas posisinya itu menargetkan tower yang sedang km defense, artinya mereka bisa menghancurkan tower mu. dan kalau lawan, hmm... belum saatnya nak!

Okay, sekarang aku ngasih tau lagi kenapa pakein troll ‘Dominator’. Karena dominator bisa lifesteal ? benar sih, tapi slain itu ada lagi tujuan kita pakein troll ini dominator. Lifesteal udah kamu punya, klo gitu udah ada modal buat creeping di utan juga. Nah, selain gold, creep hutan juga memiliki potensi yang besar selain gold dan Exp nya, yang kumaksud adalah creep2 utan dibawah ini :



Spoiler Statistik



Location: C1, C2, C3, C4

Dark Troll Warlord (Level 6)
HP 1100, MP 550, Damage 49-54, Range 300, Armor 1
Ensnare (150 Mana) - Bound target unit for 1.5 seconds
Raise Dead (50 Mana) - Raises 2 Skeletons (250 HP, 24-25 damage) from corpses
Exp 155, Gold 54-62

Dark Troll warlord punya ‘ensnare’ yang akan kamu gunakan untuk ngebokong lawan seorang diri. Gunakan Ensnare untuk menangkap lawan yang kabur.



Photobucket

Spoiler Statistik



Location: B1, B2, B3, B4

Satyr Trickster (Level 2)
HP 240, MP 200, Damage 7-10, Range 600, Armor 0
Purge (75 Mana) - Slow by factor of 5 for 5 sec
Exp 41, Gold 15-17

Yang ini stats nya payah, tapi creep ini sangat berguna karena memiliki ‘purge’.



Photobucket

Spoiler Statistik



Location: B1, B2, B3, B4

Alpha Wolf (Level 4)
HP 600, Damage 30-33, Range 90, Armor 3
Critical Strike - 20% chance 2x damage
Command Aura - 30% extra damage to nearby allies
Exp 88, Gold 37-45

Nah, yang satu ini ga membantumu mencegat target kabur, tp dengan command aura nya ( 30% extra damage ) , sama aj dengan kamu seharian nge-date ama ‘venge’.



Dan ini lokasi creep2 utan tadi..
Spoiler Screenshot



Photobucket

Okeh, klo aku paling suka dominate si troll (sodara sendiri ) dengan ensnare,’bash’ makin ga bisa terputus.


Targetmu adalah hero2 low HP dan MS. majuin, aktifkan whirling dan berserker rage ( tujuanmu adalah ‘bash’ yang ga bisa berhenti dengan kecepatan attack speed, bahkan menjadi melee pun lawan ga ada kesempatan nyentuh kamu) lalu aktifkan battle trance, buh-buh-buh-buh....(kek komik aj^^), klo dia kabur lempar senjata terakhir, ‘Ensnare’. Klo km kesulitan mengendalikan unitmu, link ini akan membantumu.. MICRO]

Klo ada waktu kosong, creeping di utan, jadi ‘melee’ lalu aktifkan battle trance. Kalau ketemu hero di utan (tujuanmu harusnya juga nyari lawan yang lagi utan ), dan kbetulan posisinya jauh dari ‘melee’ mu, ubah attack mu jadi ‘range’ lg dan abisin. Kebanyakan orang seringkali lupa mengubah attack nya jadi range atau jadi melee, aku sendiri bgitu sih :P

Ayo jadiin crystalisis, klo uda punya critical strike, mestinya kamu udah bisa killing spree atau dominating atau bahkan lebih. Dan kali ini solo roshan pun juga udah bisa, pastikan sebagian besar teman dan lawan mu muncul di mini map, lalu pergilah ke tempat roshan dan dapatkan aegisnya. Solo roshan emang bisa dilakukan semua hero DPS di Late game, tapi troll dengan level 16 aj udah bisa solo roshan, tapi itu bukan apa-apa, masih ada 2 seniornya lagi yang bisa melakukannya, yaitu brood di level 11 dengan level 2 insatiable hunger udah sanggup merobohkan roshan sendiri (bareng anak2 nya tentu). Dan yang megang rekor saat ini adalah Ursa Warrior, hanya dengan level 4 fury swipes dan level 1 ENRAGE , ursa bisa merobohkan roshan di level 7.

NOTE: aku pernah lihat banehallow juga bisa melakukannya pada LEVEL 1, dengan bantuan kedua srigalanya, tapi karena memakan waktu setengah jam, kurasa itu hanya untuk fun2 aj...






LATE ITEM

BKB


Salah satu survavibility lg, dan wajib untuk troll, dengan beli bkb, item kamu udah jadi, dan bisa aj km ‘Godlike’ sekarang.


The Butterfly


Item ini memberimu pertahanan dari physical damage juga (dengan evation) sekaligus menambah lagi stats AGI mu. Troll yang sudah megang ini sudah bisa membunuh siapapun dengan sangat cepat.


ALTERNATIVE

MAELSTORM


Kamu ga harus selalu beli helm of dominator, item ini juga cocok buat troll, chain lightning juga membantumu creeping.


STYGIAN DESOLATOR


Item yang bagus, kamu bisa melakukan ‘permabash’ sekaligus memotong armor lawan untuk mendapatkan damage yang lebih besar. Beli ini sebagai alternatif dari dominator juga. Klo mau beli ini, beli vlad sebagai item lifestealmu.



LUXURY

Satanic


Upgrade Dominator! kamu kamin tebal, lifesteal makin sakit.




Buriza do Kyanon


Upgrade juga crystalismu, woaah pukulanmu pasti jadi makin sakit banget!



 

AEGIS


Sebenarnya ini bukan item core troll di late game, tapi klo km ngerasa bisa bunuh roshan, dengan potensi itu, aegis otomatis menjadi item core.


Divine Rapier
(Credit : IceFrog )



Kalau seluruh core sudah diperoleh, apalagi Aegis juga sudah ditangan, saatnya naikin Damage dengan item damage nomor satu ini. Selalu hati-hati karena musuh akan berusaha 'menjatuhkannya'.


LOTHAR’s Edge



Salah satu item yang bisa kamu gunakan untuk kabur, sbnarnya BKB aj udah cukup, terserah kamu...


ASSAULT CUIRASS


Bagus juga, nambah attack speed, tp ga masuk prioritas seperti item2 core di atas.


BLOODSTONE


Lumayan, klo mati ga harus ngebayar banyak gold. Slain itu bisa ‘respawn’ lebih cepat dari yang seharusnya.


EUL SCEPTER


Yang bagus dari item ini tentu tambahan 20 MS nya, lalu cyclone untuk kabur


MANTA STYLE


Item luxury yang sebenarnyatidak begitu dibutuhkan, tapi lumayan untuk membingungkan musuh kamu Range atau Melee. Jadi keluarkan ilusi saat posisi range, baru setelah itu ganti ke melee..


Item Counter Jahrakal!




Jangan beli ini

BATTLE FURY


Bash ga bisa ‘cleave’, regennya ga membantu, untuk HP mending jadi vampir aj. untuk mana, tanpa item ini skalipun, pake battle trance berkali2 jg ga bakal kering manamu.


AGANHIM


???


Hm...
Okay2, ngaco aj nih, tapi sumpah... pernah lihat ada pemain yang beliin item2 di atas untuk troll.





LATE STRATEGY

Klo Dark troll warlordmu masih hidup dan mananya udah abis, bawa ke fountain, karena creep ga punya mana regen. Selama dia di fountain,klo uda bisa dominate creep lainnya, dominate lagi salah satu creep utan yang kujelaskan di mid strategy.

Troll sangat menguasai Late game, tapi kadang orang2 lupa betapa rapuhnya hero ini klo skill2 nya ga bisa digunakan atau salah menggunakannya, karena itu, ini strategy troll klo mau war..

1. Menunggu...jangan pernah mulai ribut klo ga ada teman ‘Tanker’ mu di sekitar situ, tunggu sampai tanker itu datang.

2. Jangan nyerang dengan ‘melee’ saat mulai war, nyerang dengan ‘range’ dulu (berserker rage OFF). Ga mungkin kan klo ga ada satupun lawanmu yang hero ‘Late’ juga.

3. Klo lawan udah banyak yang menggunakan ultinya ( HP teman tanker jg udah kuning ), baru kamu MAJU NYERANG ‘MELEE’-basher dan Battle trance aktif, klo masih ragu dengan stunner lawan, aktifkan BKB, majuuu, hancurkan..atau bunuh!

Gunakan Ensnare/purge hanya klo itu perlu digunakan, dan klo ada alpha wolf, usahakan srigala itu selalu beara di dekatmu atau dekat dengan temanmu yang hero2 DPS juga, maksudnya byar 30% extra damage nya ga sia-sia.

Kurasa itu aj, nah slamat menikmati troll IMBA ‘Holyshiit’ berkali2. (someone kill him)




FRIENDS

Emang troll punya teman yah,wkwkwkwk. Sendiri aj udah bisa beyond godlike, masih butuh teman ka? Tentunya, troll ga mungkin pernah bisa ‘jadi’ tanpa bantuan teman2 nya. Siapa saja bisa jadi teman baiknya troll, tp seperti biasa tentu ada hero yang bisa memberikan ‘lebih’ untuk troll, seperti hero yang bisa ngisi HP ato menambah ketahanan troll di early-mid game,seperti Omniknight, Lich, Dazzle, Abaddon, Huskar,warlock,necrolyte, dll. Slain mereka stunner dan disabler juga bisa memberikan ‘lebih’ tuh.





ENEMIES
GANKERS


Di early game, mereka akan seperti ‘kuman’ buat mu, menghambat pertumbuhanmu, dan kalau mereka selalu berhasil membunuhmu, masa depanmu (late game)bakal ikutan suram. Counter nya sih, beli observe ward,pasang di hutan, atau main safe,selalu dekat tower,meski itu ga akan membantu menolong mu dari ‘meat hook’ nya pudge sih ..( T_T)...


Visage


Haha.. AS nya akan menggila kalau dia mencurinya darimu.

Axe


Rampage rame-rame akan semakin mempercepat terpicunya Counter helix.


DISABLER

Slain ganker, disabler juga perlu kamu waspadai di early game, mereka punya tujuan yang sama dengan para gankers.


Permabasher


Saingan terberat permabasher adalah permabasher juga, masing-masing punya metode sendiri untuk bisa mencapai permabash. Soal Attack speed memang kamu juaranya, tapi kalau dia menggunakan skill-skill penunjang?disable atau stun memang bisa dihalau dengan BKB, tapi kalau chrono?


Obsidian Destroyer


Melihat INT mu yang sangat sedikit, Efek Sanity's Eclipse hero ini bisa menjadi salah satu instant kill buatmu.




CLOSING

Jadi troll adalah Hero carry yang kompeten. seperti carry lainnya, dia sangat lemah di early- mid game, tapi sebaliknya, di late game dia menjadi salah satu hero yang paling ditakuti di game ini, karena Attack speednya (Baca: PERMABASH)


*Sekian *
Terima kasih untuk semua yang telah memberikan saran, koreksi, masukan,dll.
Kesempurnaan Guide ini juga karena Komeng anda yang Bermutu.

Terima Kasih :)





168 komentar:

  1. jd kl mau nglahin jahrakal hrs rame2x dnkkk!!!!!!

    BalasHapus
  2. ga mesti rame2 banget juga.. sebenarnya satu hero aja cukup, tapi punya 'image' atao ilusion, bikin dia bingung.

    Napa mesti rame? klo kamu cuma sendiri, targetnya kan cuma km, klo jahrakal nyerang 1 target aj attack speednya akan semakin tinggi per serangannya. Klo ada banyak image disitu kan enak, jahrakal mesti cari dulu mana yang asli artinya, km punya banyak waktu nyerang jahrakal.

    Klo ga mau susah2 sih mending pake hero stunner aj kayak davion ato hero instant kill kayak lina,lion.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang kalo harus vampiric? Pakai cleaving juga bagus loh. Misal : ada 3 hero dpn mata dan kita ditemani sama satu hero yg ada skill slow enemy aja udh cukup buat jara untuk triple kill in an instant. Combo Critical + Cleaving + klo mau juga pakai Desolator itu juga menarik. Walau bashnya berkurang (bukan hilang). Saya udh coba pakai jahrakal berkali kali karena itu salah satu hero favorit saya. Tks

      Hapus
  3. Berserker rage early game cukup 1 level, buat kabur aja abis itu blind sampai mid game biar musuh benar-benar gak bisa last hit dan deny. Startingitemnya juga salah.
    Circlet nagasih 2 stat (185 g).
    Sliper ngasih 3 agi (159 g).
    Recipe WB ngasih cuma 1 stat (125 g), itupun klo udah jadi dan kamu bisa dpt itu dengan branches (53g). Klo mau stat bisa dpt pake branches, atau sliper aja buat nyiapin WB kedua.

    BalasHapus
  4. Untuk starting itemnya aku salah itung yaa, makasih deh kk.

    Tapi untuk 'Blind' menurutku mentokin blind di early game itu build up lama, karena dulu fervor adalah skill aura yang merugikan. tp sekarang fervor itu jadi skill pasif,yang sangat menguntungkan jahrakal kali ini di early,jadi dimentokin pertama. blnd level 1 aj udah cukup bgt kok membuat lawan 'benar-benar gak bisa last hit dan deny' seperti kata kk, aku ga mau buang2(melewati) 'skill' fervor, padahal dgn level 1 blind aj udah membuat lawan benar2 blind ( miss 20%)...

    BalasHapus
  5. Skrg Battle Trance nambah aspd 140%.. gmn pendapatnya.. haha

    BalasHapus
  6. bner.. bakal ku update.. trims. ^^

    BalasHapus
  7. kk cranium basher stack ama bash nya troll g???

    BalasHapus
  8. @Nichs

    kusarankan poor man's shield aj, atau stout shield.. vang terlalu mahal untuk item yg kurang cocok buat jara

    @Dragg[Y]*

    TIDAK stack..

    BalasHapus
  9. kk kok banyak org bilang lebih baik pake PT dari pada phase boots bwat troll???
    sbenernya bagusan yg mana??

    BalasHapus
  10. tergantung.. klo troll naikin fervor awal2 beli phase boots.. klo fervor di ambil belakangan beli PT aj..

    tp klo gua sih.. build apapun pasti beli phase boots, karena untuk dapat perma-bash dari berserker rage kan serangan ga boleh putus, klo putus hanya karena dihalang creep kan sakit hati juga..

    BalasHapus
  11. Serius nih??????? masa ada yg pake alghanim????

    BalasHapus
  12. troll-tanker kok gambarnya Armletofmordiggian, tp penjelasannya vlad

    BalasHapus
  13. ooh... maksudnya vlad jd item lifesteal di early aj, trus klo mau beli item2 lainnya, tp slot ga cukup, jadi vlad nya di jual aj klo ga kepake lg :)

    BalasHapus
  14. kk, troll pake skadi bagus ga??

    BalasHapus
  15. gampang kalahin jahra, pake hero pencupu agi yang dah jadi sapa lg kl bkn LUCIFER
    cuman modal BM ma AGHANIM troll gk bs ap?
    mau adu gebuk, gebuk aja, lo gak punya life steal slama doom.
    mau BKB? tembus mang
    trik ini dah w praktekin, ma hero2 dbwh ini n mreka dah jadi:
    -troll
    -oted
    -slark
    -riki
    -gogon
    -anubseran
    inget smua dah jadi, kl war slalu w nunggu mreka muncul, jadilah mereka, hero late, dah jadi, mau nyampah tmen2 gw, tp malah mokad.
    wlau w mati, team gw selamat dari ancaman orang gila di late game, maklum w orang balancer rela mokad, rela cupu(barang gak jadi gr2 cuman deny n lasthit w kasi smua ke hero carry team gw) n 1 lg w gk bakalan protes kl disampah, wkwkwkwwkwk
    PERLU JIWA BESAR UNTUK MENJADI SEORANG BALANCER

    BalasHapus
  16. @Anonim1

    Kalau orb, troll lebih cocok lifesteal, lebih sinergi dengan damagenya yg gede (lifesteal memberimu bonus damage yang gede jg) dan AS nya yah tinggi..


    @Anonim2

    yap.. StujU bgt kk
    :)

    BalasHapus
  17. kk trance ama madness stack??
    kalo stack troll bole pk madness??

    BalasHapus
  18. Troll sebenernya udah bs solo rosh lv 7 pake pms,dominator,quelling blade triknya harus dominate ogre magi biar ad frost armornya lawan roshan. Gw udah coba

    BalasHapus
  19. saran lg ..

    equip jahra ...
    - PT
    - HoD
    - butter
    - manta ( yasha, ningkatin mS )
    - MKB
    - buriza

    kl musuh int bli BKB ..

    thank'z

    piss ^^V

    Spedy[Guardian] Idgs - Jr

    BalasHapus
  20. gimana cara ngalahkan jahrakal one by one? ada ide?

    BalasHapus
  21. mank gmn carana ngendaliin creep utan kk??

    BalasHapus
  22. @chriz : Stack, cuman hati-hati aj karena AS ada batasnya juga, bs aj kamu ga butuh IAS dari MoM lagi. Klo lifesteal mending dominator bisa domnate creep untuk bantu disable atau bonus damaage (alpha wolf)

    @master: itu HoD ato dominator?
    Menurut sy butterfly untuk jara bukan core karena jara punya blind (pengganti evation) dan IAS, jadi bagusnya beli untuk pelengkap aj di late :)

    @Anonim1: wah kalau itu relatif, tapi counter jara dengan beli item disable seperti guinso.

    @Anonim@ : pake Micro boss :)

    BalasHapus
  23. mantap mantab
    yg paling hebat dari jahrakal : kapaknya ga abis abis dilempar XP

    BalasHapus
  24. build nya terlalu membosankan buat trol.. menurut gw troll PT dan vladimir.. menit 14 aja udh bisa rosan.. kenapa vladimir??karna troll lumayan butuh mana buat creaping dan ngekill.. meski ga banyak tapi regen mana dari vladmir gw akuin sangat2 ngebantu troll buat tahan lama di utan..tinggal tambah degger dan bkb troll udh jadi raja di mid game..tapi gw juga suka troll pake difussal hahaha... klo lawannya kaya sven ama omniknight kan jadi rada aman.. hahahah

    BalasHapus
  25. dengn yasha,,deteminator,+satu wraitband,,roshan mati di level 8.
    bisa jadi pemburu hero lawan di level 11,,
    jangn lwan enigma sendirian,,kalu y lain satu vs 3 mampu troll.

    urutan spell =
    1-fervor
    2-berserk
    3-fervor
    4-berserk
    5-berserk
    6-fervor
    7-berserk
    8-batlle trance
    9-fervor
    10-stats
    11-batlletrance
    -------------------
    selanjut' isi stats blind g butuh,,blind'a g ngaruh banyak..

    BalasHapus
  26. kk klo troll tmn ku maen di jadiin tanker jadi sulit bunuhnya ada usul kk.

    BalasHapus
  27. @anonim: stok kapaknya banyak kk :D
    kalo dah mau abis, dia ganti jadi melee (hemat stok kapak), haha

    BalasHapus
  28. kk, add aku jd friend di fb donk
    buat kk yg nyupuin jahra pake lucy...
    aku stju bgt sm kk
    balancer tuh harus selalu berjiwa besar
    rela mati demi tim daripada tim kita pada mati gara-gara ketemu hero late sadis model jahrakal bgnian.....
    hehehehehehehe

    BalasHapus
  29. kk aq udah coba nih....
    dan hasilnya wow.....
    takut....!
    bayangkan kk roshan di kalahin hanya dalam 5 detik....

    BalasHapus
  30. g pake vanguard tuh kk?

    BalasHapus
  31. kk, aku by 1 sm chaos knight, awalnya enak, tp stelah ilusinya 4, kedudukan jd berubah.
    nah, klo bukan pake batlefury kira2 pake ap ya ngelawan hero ilusi spt nessaj dalam mode by 1?
    mksh ^^

    BalasHapus
  32. klo menurut w,jara tuh yang bisa ngalahin cuma Void n slardar!!
    VOid : ADA CRONO..(kalo sama2 jadi jara dg darah tipis dalam 6 detik di Crono mokat ma Void)
    Slardar : Ada Perma Bash + Madness + stun aktipnya + Ulti yang dalem ngurangion armor..

    n buat kk yang namanya SENG..
    Level 11 troll mau lawan 3..?
    mimpi kali lo!!
    kalo lawannya Davion,sven,sama lucifer all level 11, gw jamin diem tuh jara 5 detik degebukin 3 orang!!
    GEMBEL..
    apa lagi vs 3 nukers!!
    lina,lion, sama bane elemental..
    gw jamin nangis2 tuh jara!!
    baru level 11 aja blagu!!
    @kk anonim terakhir..
    klo lawan bayangan beli aja dust!!
    di keluarin bayangan dust,tau dah yang asli gebukin yang asli tp gw saranin klo lawan siren,or chaos knight beli BM jg,coz bayangannya juga sakit!!
    TQ

    BalasHapus
  33. kk aku pke:
    -phase boots
    -satanic
    -butterfly
    -lothar edge
    -manta style
    -assault cuirass
    bener ga?
    klo ada kasih taw yg bener!
    (tipe na lifestealer)
    ada saran ????

    BalasHapus
  34. trollnya dah beda dgn yg dulu...
    ultinya g asik lagi...
    mudah ketahuan klo lagi farming atau ocan...
    paling sering kena gangbang...
    temen2 1 book banyak menuntut jadi...
    klo kalah trollnya duluan yg kena salahin...
    digerebek bikin jantungan...

    BalasHapus
  35. kk. Soal yg MIA diatas itu artinya Miss In Action, menjelaskan klo hero yg miss tuh hilang smntra creeping di lane (ga ada apa2 tiba2 miss, artinya mau nge-gank). Soalnya bisa aja dy miss karena mati, HP dikit dan mau heal. Jadi MIA lebih baik krn mmg mengisyaratkan bhwa hero yg miss tuh kemungkinan besar mau nge-bokong.

    BalasHapus
  36. Inilah beware buat si Jara:

    1. Ursa: Dia bisa mengalahkan Jara yang HPnya full meski HP Ursa sudah dibikin merah.
    2. Terrorblade: Percuma kalau sudah capek-capek mukul-mukul dia, tiba-tiba dia ngesunder Jara? Untungnya punya BKB, sih.
    3. Faceless Void: Inilah counter Jara. War belum dimulai, tiba-tiba dia didisable dalam Chrono, lalu dipukul-pukul dan Jara gampang mati sama dia.

    BalasHapus
  37. kok diatas disebutkan gak punya skill stun?
    justru skill stunnyakan ada 2 waktu jadi melee sama skillnya sendiri

    BalasHapus
  38. bagus mana kk?
    dominator or vlad?
    ;)

    BalasHapus
  39. From: Leonardo Gunawan...

    Kakak Naym, ada yang kurang...

    Drafting...
    Jangan pick Jara:
    1. Kalau lawanmu ada yang pick Darkterror. (Dijelaskan di bawah...)
    2. Tim kalian kekurangan Ganker.
    3. Anda nubie.
    4. Dan ada yang memakai Disabler/Summoners/Cloners.

    Pick Jara:
    1. Kalau lawan kalian banyak yang pick hero 1 vs 1.
    2. Tim kalian butuh carry.
    3. Ingin mencoba AS mengerikan.
    4. Ngefans sama "Trolls"

    Peran:
    Carry/Semi-Carry = Ya!
    Ganker/Disabler = Kalau anda punya seluruh core-mu...
    Nuker/Pusher = Kurang cocok.
    Support/Warder = Dengan Battle Trance...
    Initiator = Tidak!
    Tanker/Semi-Tanker = Jangan....

    Darkterror (Faceless Void) adalah salah satu "5 ELITE KILLERS" yang sangat mengerikan. Soalnya dia punya Chronosphere yang membekukan semuanya selama 6 detik. Kalau punya MKB, sia-sialah Blind. Dia termasuk permabasher.

    BalasHapus
  40. kk kalo troll perlu vlad g?
    gw agk bngng nih,soalnya kalo g pake vlad gw sering dikill.

    BalasHapus
  41. Buat semuanya thx,, info yang diterima udah kumasukin di guide..
    buat yg nanya build itu semua udah bagus kok.. asal ga keluar dari kebutuhan pokok super permabasher ini.. (core)

    Kalo beli Vlad beli domi ga apa-apa, tapi vlad cukup untuk 1 tim, beli kalau kalian banyak melee..

    BalasHapus
  42. KK Klo troll lawan huskar mnang mana kak tolong dijawab THX

    BalasHapus
  43. om, saya mau kasih saran juga nih. Dengan dominator dan 1 Ogre Magi dari hutan, pada level 6 jahra sudah bisa solo roshan, dengan waktu kurang dari 5 menit. untuk konfirmasi bisa dicoba kok, lumayan juga buat ngangkat performa jahra di early.

    BalasHapus
  44. kk MIA = Missing In Action, kbanyakan gamer2 luar pd pk kata "mia" klo ada yg ilang.. MIA istilah yg biasa dpk tentara luar sbg status klo tuh orang ga dketaui kbradaannya.

    BalasHapus
  45. i think to counter jara attack, we need guinso and blademail . am i rite ?

    BalasHapus
  46. kmaren baru liat troll make maelstorm.. GG bgt!! skarang wa jadi kepincut buat make mael storm sebagae item core.

    BalasHapus
  47. Om TS, bisa minta dikasih link replay untuk masing-masing hero? Di beberapa guide untuk hero2 yg baru ditampilin, ada diberikan link replay sementara utk guide yg lama tidak ada linknya. Supaya bisa ditonton tonton dan jadi bahan pembelajaran. Thanx in advance ya...

    BalasHapus
  48. Jah'rakal LoversRabu, Februari 09, 2011

    kk saya maen pake jara, pake item yg kk saranin (tapi Phase Bootsnya diganti ama PT), di late game udh tinggal diem aja diantara musuh (dikroyok), dalam sekejap mati smua musuhnya.

    BalasHapus
  49. kk knp y kl muter replay dota map yg 6.67 ke atas ga bisa?
    bisa c bs tp cm creep doank yang ada nyerang2 tower,hero nya ga ada ato ga gerak..kk bantu c,tlg

    dari Chandra

    BalasHapus
  50. Chandra,
    itu mungkin karena km blum ganti Patchnya.. beberaPa rePlay yang ane masukin memang menggunakan Patch 1.24c, sudah dicantumin kok Patch yg dibutuhkan :)

    BalasHapus
  51. kk menurut gue jahrakal dikasi manta bagus loh,
    tekniknya sebelum ngeluarin image jahrakal dipindah ke range dulu, setelah image kluar dipindah lagi ke melee, jadi tuh image mukulnya range..
    tp sakit bgt kk, gw dah pernah nyoba berkali":)

    BalasHapus
  52. om reupload gambar nya plis susah guide nya tanpa gambar --a

    BalasHapus
  53. whether good if i gave it with divine rapier?

    BalasHapus
  54. kk, aku pernah pake jara bisa kill 23 assist 4
    item : - PT
    - Satanic
    - SnY
    - Buriza do Kyanon
    - Portal Town of Scroll

    BalasHapus
  55. bboys, ok ane pindahin ke luxury, sebnrnya bukan jelek, tapi tidak bgt dibutuhkan sih, hehe

    Grazie, iyee, haha

    IceFrog, of Course, one of the best luxury for him :)

    ?, well, Satanic dan SnY kan ga stuck gan >.>

    BalasHapus
  56. kk naym itu koq gmbar ny ada yang gk bisa diliat ya!!! gimana liatnya tuh???

    BalasHapus
  57. kok pada ngehina jara ya? emank karena apa? hero favorit saya ntu jara

    BalasHapus
  58. KK bukannya jah rakal itu farming di utan pada saat early-mid game ya?
    soalnya kalau dia ikut war, kayanya masih terlalu empuk bgt, dan bisa dijadiin sasaran hero" laennya,, sebaiknya farming dulu sampai minim jadi dominator,pt,bkb
    hehehe:)

    BalasHapus
  59. jah'rakal oh jah'rakal. 2007 silam awal trjerumus maen dota sbgai newbie make troll deh (alasan? ada hero melee dan range, dy bisa melee bisa range :p )

    udah basa basi, kk naym nanya dong, apa ada skill yang bisa counter battle trance? klo di eul ni hero ultinya ilang ga? ato di purge, dispel etc?.

    btw nice guide

    BalasHapus
  60. Anonim, yang photobucket itu melebihi batas bandweedth, lagi diusahakan untuk uplod ulang, hehehe

    Troll,siapa gan yang ngehina? :)
    pain, iya, carry emang mesti farming dulu sebelum ikut Niat rusuh.

    Jeremy, Eul bisa karena dispell buff physical, kalo purge dispell buff magical jadi tidak bisa :)

    BalasHapus
  61. wew ..
    tpi klo tiny bsa d kalahin kok sama jahrakal trik nya cuma sampe dia ngeluarin skill stunnya klo dah langsung serang aja ...
    coba aja tes klo gk percaya ..
    udh bnyk pengalaman gua maen jahrakal ...

    BalasHapus
  62. Item ku kalau make troll warlord:
    1.power tread
    2.satanic
    3.butterfly
    4.monkey king bar
    5.buriza do kyanon
    6.assault cuirras/butterfly lg
    Dijamin , bisa dapet ultra kill

    BalasHapus
  63. bkannya Bf berguna ngatasi cloners? ^_^

    BalasHapus
  64. kalo by1 am trol enaknya make apa?

    BalasHapus
  65. SnY :
    "Tapi klo km ga terbiasa dgn troll ‘melee’, mending beli ini lalu beli vlad sebagai lifesteal (survavibility)."
    Bukannya Vladmir cuma buat melee ya?

    BalasHapus
  66. kk..item ku yg diatas bgs kgk yg power treads,satanic,butterfly,mob,buriza,assault?

    BalasHapus
  67. pake hero ilusi sama demon witch

    BalasHapus
  68. Delphito
    iya buat melee aj. ok sudah dikoreksi, thx.

    Anonim
    ultra kill ga tergantung item buildnya aj. troll lebi butuh phase karna dia dah punya AS tinggi. buterfly ga usah dobel,selebihnya ok

    BalasHapus
  69. kk animasi gerakx jara diatas sendiri jelek kyk mau mati

    mending yang kyk dlu lgi attack

    wkwkwkwkwkwkwkk


    goblok

    BalasHapus
  70. kk, tambahkan harbinger sbg worst enemies jah'rakal (int jahra dikit bgt, sanity eclipse damage = perbedaan int musih dgn int harbinger x11)

    BalasHapus
  71. cara ngalahin balanar pake troll item dan trik nya gmn? kalo adu gebuk menang sih, tp balanarnya selalu bisa lolos.. tau2 malah balik lagi pake void. menyebalkan sekali! tolong sarannya.

    BalasHapus
  72. ane pernah nyoba kk,

    Jahra vs DT

    Kesimpulannya :
    -item sama tanpa MKB = DT kalah walopun ada Crhono 5 detik sebelum kena blind.

    - item sama + MKB = DT Menang...malah nyengir..blind Jahra gak guna jadinya.

    Jadi inti nya MKB = item utama buat ngalahin jahra....

    BalasHapus
  73. loh kk naym :)
    ga juga donk...masih ad 1 senior yg bisa merobohin roshan di lv 7...
    jgn lupa donk banehallow my favourite hero :)
    hahaha =d

    BalasHapus
  74. ndedcosta, counter untuk jahrakal yg punya miss itu MKB salah satu yng paling ampuh.
    Anonim, kalau lycan level 1 aj bisa kk, tp butuh waktu sekitar 20 menit hahaha

    BalasHapus
  75. lah...ane tes ga bisa om...:(
    wkwkkwk....
    caranya gimana?

    BalasHapus
  76. yoo maannnnnnnn..
    i love troll...

    BalasHapus
  77. kk, map udah baru...
    gudenya update donk..
    khussusnya buat skill baru troll, yg mnurut sy bs bkin troll n\jd IMBA..

    BalasHapus
  78. ia gan bikin guide troll yg g.72

    skill 2x bagus banged hehehehe

    BalasHapus
  79. kk, update guidex dunk
    sy fans bradnx troll, raigor ama razor
    tlong di update guidex abis saya tdi coba by1 pake jahrakal sy bingung skill blind diganti
    thx kk
    ^^

    by vipasi

    BalasHapus
  80. dalam proses update, tapi satu-satu, ga tau deh troll gilirannya kapan. Harap maklum, thx :)

    BalasHapus
  81. kk, skill 2 troll di map 6.72 itu buat ngeslow kk
    stack g ama shiva guard atw yg lain?
    thx

    BalasHapus
  82. Sorry numpang nulis aja, klo aq di awal biasanya kejar HoD jadi dl. Ntar Wraith Bandnya jual. Boot jelas beli n nantinya dipersiapkan ke BoT. biar bs creeping d mana2, he he he. mid HoD jadi kejar Catalst n cicil persiapkan buterfy dg urutan quaterstaff, ToE, Eagle horn. di akhir luxury : Butterfly, Satanic, BDK,BoT, lainya bisa tambahin MKB n SnY klo kaya he he he.
    fungsi Buterfly = naikain AGI ma DMG
    Satanic = sebagai ganti armor, cos armor sdh tambah dr kenaikan AGI n lifestealnya boo saat battle trance ga nguatin.
    BDK = kombinasi fervor ma battle trance memberikan peluang pukulan 2,4x dmg yg besar. bs 2x/s jd klo msh pny 2000 cm bth 4-6 dtk buat bantai. klo 1vs1 tnp stun, ato dikodokin guinsoo. jangan lupakan juga bashnya
    BoT buat cari recehan kesana kemari

    kira-kira begitu. maaf klo rumit ngejelasinnya, akq sndr bingun klo ga pas main.
    btw, keseringan main ma tmn2 sering dpt rampage.
    klo main lawan BOT/AI pasti dpt minimal sekali apapun jenis musuhnya, mode klo ga salah insane(sorry lupa istilahnya cos udah 3 mingguan ga main). pernah uji coba 1 vs 5insane kill 115x longest spree 60an item tambahan MKB ma SnY. tp ya begitulah lawan BOT/AI ga seru.

    BalasHapus
  83. Gan , itu Jahra skill 2 udh diganti sejak 6.72 ,, trus perasaan pake BF ngaruh kok Cleaving ny klo lagi melee... mnurut gw sih BF boleh dipake ama Jahra..

    gitu aja gan... THX

    BalasHapus
  84. setahu saya , skill ke dua jahrakal itu ga ada guna . yang perlu skill 3 dan 1 .
    helm of domi
    power threads
    lothar
    sange yasha
    butterfly
    cranium...
    mungkin itu menurut saya kk :D

    BalasHapus
  85. Vipasi: stack kok, slow shiva cuma ga stack dengan spell2 es seperti freezing field, skadi, frost nova nya Lich, Chain Frost, Frost Armor, Dual Breath, Frost Breath yg kek gitu lah pokoknya.

    tJah'Nakal : bagus banget urutannya detail kok kk, mungkin yang nubie bisa ngerti :)

    K19: iya tapi Troll dah punya lifesteal buat regen, lagipula troll ga terlalu butuh mana, jadi regennya percuma. dan Kalo beli BF akan menghambat criticalnya troll, padahal Fervor potensniya gede kalo punya critical cepet :)

    BalasHapus
  86. kalo jara bisa dipake lawan illusioner ga? soalnya efek skill whirling axe nya jara kalo melee kan area :D

    BalasHapus
  87. kk nyam untuk worst enemy yg illusoners
    udah gk ngaruh lagi coz skil baru WA melee nya bisa ngehabisin ilusioner kyak siren

    BalasHapus
  88. kk, masukin axe jdi worst enemies jara di early
    abis rampage hanya menambah damage yg diterima dari counter helixx
    thx

    BalasHapus
  89. Vipasi: lebih tepatnya mempercepat terpicunya counter helix. Oke sy tambah. :)

    BalasHapus
  90. kk aq mw nambahin worst enemies aja...

    menurut q pandaren salah satu worst enemies nya troll, karena druken haze nya ma druken bawler nya, ultinya troll jadi ga berguna, rata2 miss atacknya waktu kena druken haze...

    saran dari newbie aja kk...

    BalasHapus
  91. Kalo jahra pake MKB cocok ga?

    BalasHapus
  92. kk, musuhnya kasih special mention stone giant.
    walaupun jara udah dewa, bakal kena craggy exterior bertubi tubi.

    selain itu, avalanche + toss + dagon udah mampus jara-nya

    BalasHapus
  93. - LoserCry
    jara kan bisa ranged , ga mungkin kena craggy exterior bertubi tubi =_=

    BalasHapus
  94. map 6.72ai dah ada lom???
    kalo dah ada kasi tau link downloadnya dong, plissssss

    BalasHapus
  95. blom lah, klo ad palingan di getdota.com...

    BalasHapus
  96. kk itu pl ngapain di jadiin worse enemies kan bayangannya itu ga bgebingungin hantem aja klo lawan pl lagian udah ada skill 2 kan yang area

    itu cuman usul aja
    hehehehehehe:)
    nice guide kk

    BalasHapus
  97. Kk, guidenya bagus, kira2 jarakal bisa menang gk lawan ursa ??
    Terus itemnya jarakal kalo mau menang lawan ursa apa aja ?
    Tq kk

    BalasHapus
  98. kk ngk d update terbaru untuk versi map 6.71 ?
    trims

    BalasHapus
  99. kk, q punya koreksi, pertanyaan dan tambahan:
    1.bkanx critical crystalis skarang stara ama BDK? klo g percaya check di chanellogx aj
    2.gunax BKB khan spell immune, tpi knapa item corex BKB? emang chaser?
    3.Blinker(membuat PB,skill 1&2 seakan tak berguna. U need disabler)
    itu aj, thx

    BalasHapus
  100. Itu gambarnya udah expired ya kak?

    BalasHapus
  101. Jahrakal mah masi kalah kalo by one lawan lycan, hahaha

    BalasHapus
  102. @vipasi
    rapuh tuh troll,jadi ya beli dong bkb om buat ketahanan spell

    BalasHapus
  103. maaf kk, bru taw klo troll tanpa bkb
    kk naym, lycantrope mank g bisa miss y?
    waktu dl di pake skill 2 melee waktu jdi ulti g ad lambang terkena miss(yg muter" warna merah di atas kepala)
    klo g bisa tambahkan di wrost enemies
    waktu dl g maen 1 bulan jdi kurang biasa lgi
    tmen q waktu itu axe
    kmi berdua g jdi gara" kita lgi cari lycanx tiba" diabisin ama wolfx
    trus dateng tuh si lycanx
    saya pke bersekr melee lgsung pengen permabash
    malah langsung ulti
    khan kita diabisin, kasi blind tpi lycanx g miss
    langsung mati dechh ber2 T_T
    bkb blom jdi

    itu aj kk, thx

    BalasHapus
  104. kk
    mau kritik :D
    tuh di strategy kok masih pakeg sklii lama (blind).
    mohon di update kk.
    hahaha.
    terus buat barang kan s&y udah gag orb effect lagi.
    kok di jadiin alternatif kk naim?
    kenapa gag di jadiin barang corenya jara?
    pasti lebih sereeeeeeeeem :D

    BalasHapus
  105. yap sudah dikoreksi, makasih yah ^^

    BalasHapus
  106. kk..
    klo pake map 6.71 AI sange&yasha kan masih orb effect. alternatifnya apa ya build item yang mantap?

    BalasHapus
  107. kk naym..
    buat lawan cloner, troll dikasi battle fury kayaknya cocok tuh..
    walaupun gk isa bash tapi manjur buat ngusir clonenya..

    trus hero 1 vs 1 yang bisa ngalahkan troll apa ya kk?? apalagi kalo troll udah bkb

    BalasHapus
  108. eh gan, gw ada saran, kalo mau sekarang upload gambar dari imageshack aja.. gambar2 dari photobucket-nya rusak semua tuh, baca guidenya jadi gak nyaman, banget! T.T

    BalasHapus
  109. kk tambahin Yurnero di wrost enemies
    AS gede Damage gede,
    Tp 'kan gk bisa nyerang yurnero yg lg omnislash
    wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  110. " WORST ENEMIES " jah'rakal menurut gw ursa gan...
    coba aja! Trust Me! ;)

    BalasHapus
  111. Kalo Dominatornya diganti ama vladimir, trus orb efeknya diganti ama diffusal.. mnurutku itu bakal sakit kalo dikroyok ama nuker, ato gk nyerang nukernya pake lothar dulu baru gebuk

    BalasHapus
  112. kk naym krg troll lawan cloners, alna skill 2 kan damage area...

    BalasHapus
  113. @Andrew,
    kalo lg range ga bisa ngelifesteal donk :)
    @Anonim
    tetap ga efektif, troll punya fervor yg artinya ga bagus kalau ganti2 target (ilusi).

    BalasHapus
    Balasan
    1. kk naym dsini ditulis bhwa troll itu hbat banget. tapi gua nggak prnah sklipun lihat troll jadi killer banget, bhkn wktu ane pke huskar tu troll kalah mulu ama ane.ampe ot tu orang saking stressnya jdi mngsa ane

      Hapus
  114. troll pada level 6-8 bisa triple kill hanya dengan item dominator dan preserperence..sudah pernah saya cobagan (asal lawannya bukan stune & range)

    BalasHapus
  115. kk kalo ancient kok susah banget ya dibunuh pake troll. lawan ai trollnya dah jadi ja mokat mulu kalo pas 1 vs 1

    BalasHapus
  116. kk , klo pke MKB buat trool , bisa gak ya ??

    BalasHapus
  117. Kak , menurut saya ,musuh cloning bukan masalah buat troll , soalnya aku pernah ngekill image mereka pake whirling axe melee

    Troll level 2 uda bisa dapet first blood tanpa PU, cukup ambil skill 1 dan 2 (tentu saja dibantu teman)

    BalasHapus
  118. cuma pake phase boot n dominator trus dominate creep utan ogre magi, troll bisa solo roshan lv 6

    BalasHapus
  119. gan, harusnya worst enemies ya tambahin harbringer gan...pertumbuhan int jara kan cuma satu...wakakakak

    BalasHapus
  120. cara kill hero ini di LATE???
    CARRY TO KILL CARRY!!!
    Wahh kk,, Enemiesnya tuuuh!!!
    tambahin Obsidian DESTROYER donk!! dengan pertumbuhan int +1 tiap level,,, bisa apa jahrakal di aksih sanity??
    carry lainnya kya mortred kya'a juga

    BalasHapus
  121. gw ngfans ma jarakal dy coooll. . .

    BalasHapus
  122. om .. klo d early game d kasi mom bgus g ?

    BalasHapus
  123. gila aku ngikutin guide ini brn aja holyshit trus

    BalasHapus
  124. kk naym kalo musuhnya punya imge tetep aja ga bisa bunuh troll kan ? troll sekarang kan punya whirling axe? pake aja whirling axe, ntar juga ketahuan yang mana yang asli yang mana image. berarti kalo mau bunuh troll harus rame-rame dong ?.. sori kalo agak kasar, gua emosi kalo ada musuh troll susah bgt dibunuh.. :)

    BalasHapus
  125. wah nih hero favorit gw bgt nih,tpi gw dah jarang make nih hero(bosen ngekill mulu XD)
    all cobain nih guide item jadi buat warlord
    -Power Therads(STR/AGI jgn INT)
    -Helm of Dominator/Madnes(gw lebih suka Domi)
    -Vanguard
    -Assault Currias
    -Sange&Yasha(bikin sange aja dulu di lvl 12,yashanya di late game aja)
    -Crstalys/Buriza

    gw dah berbulan-bulan maen dota lawan AI dan player lain)B-Net) pake item diatas dan hasilnya waktu lawan AI ngebantai 97x
    mati 1x.
    cobain gan susnan item gw

    BalasHapus
  126. Kk, minta replays yg bagus donk, yg kmpetitif lah gt, bs ga??

    Trus klo ane make ini hero, gmn caranya biar bs cepet jadi? coz kayanya ini hero mesti butuh support yg bagus biar bisa jadi,,

    awal2 d bidik mulu Kk..wkwkwk

    BalasHapus
  127. Pake dagon ma shiva gimana?

    BalasHapus
  128. om... kalo di last game dikasi BM bagus g?????
    ...............................................

    BalasHapus
  129. jagoan gua banget nih om waktu main sama temen2..
    kalau udah beli sange-yasha aja gak ada yang berani sama hero ini./
    batle fury emang gak cocok yah om?

    BalasHapus
  130. itu yg creep srigala ada chance critical 2X tuh buat srigalanya doang ato buat yg kena auranya jg (misal troll)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak gk dpt lah, baru dnger ada aura yg bereffek kritikal ~_~
      aura nya nambah 10% demage di 900 aoe, jd auranya nambah demage..

      Hapus
  131. gan mendingan pakaikan troll item:
    1. BKB
    2. Sange Yasha
    3. Dagger
    4. Mask of Maddnes
    5. Power Threds
    untuk ritual pembunuhan. Lemparkan Kapak ke arah lawan biar slow kemudian Rampage-> Blink-> Ganti Ke Melle-> aktivkan BKB lalu MOM(kalo luck musuh kena slow sange)-> Pake Kapak Yang Muter2 di sekitar troll biar miss2. Anda pasti ketawa melihat musuh kelepek2 dihantam troll

    BalasHapus
  132. pusher kayaknya iya deh,soalnya kan ke twr jg ngaruh attack speednya..

    BalasHapus
  133. MOM bagus gk buat dia?

    BalasHapus
  134. kk skill "Whirling Axes (Melee)" dpt efek 60% miss change, itu selama berapa detik ya ?

    BalasHapus
  135. gan, kalou salah 1 wraith dijadiin ring of aquila gimana? emang sih di pake sering2 battle trance ga bakalan kerng mana kita, tapi di early kan abis2 juga mananya...

    lagian armornya lumayan, daripada dibiarin aja itu wraith :P

    BalasHapus
  136. kk knapa battlefury jadi bad item? padahal kalo melee AS dewa kan bisa tewas semua tuh cloners.
    kalo menurutku sih item late :

    1. PT
    2. satanic
    3. Buriza
    4. Buttelfly
    5. SnY
    6. BF -> khusus melee

    menurutku kalau belum punya SnY n cristalis, ganti aja melee total, lumaya bisa pake ngejar hero.

    BalasHapus
  137. ESWETW DAH NIH HERO MENIT 25 DIVINE RIPIER DAH JADI BERKAT NGUTAN PAKE DOUBLE RESPAWN CREEP ....

    BalasHapus
  138. Kak Naym, sekarang di map 6.74 skill battle trance nya jd 60/120/180% tolong di update ya kak, thanks.

    BalasHapus
  139. kayanya battlefury ga buruk-buruk amat, kelebihannya:bisa rambo vs 3 hero di late game klo udah punya bkb minimal dan satan biar tambah keren. selain itu juga nambah damage yang lumayan jadi ga terhitung ngebuang slot terus kalo bawa ini di mid ngebantu creeping, kan troll melee bisa cleave, lagipula selain bash troll punya senjata lain yaitu dps gila gilaan jadi kenapa bf bad

    BalasHapus
  140. kaka kalo di utan kita bawa ogre magi, kita bisa ngalahin ocan di level 11 ya?

    BalasHapus
  141. dager om? butter fly, bkb, vanguard, phase, buri, sangeyas

    12atumbuisang

    BalasHapus
  142. diupdate dong kak, ada versi 6.74 yang battle trancenya troll jadi 60%/120%/180%
    sama hero lain juga diupdate.

    BalasHapus
  143. lothar ma cristalys bagus lothar di mid game jadi jahra bisa kabur dengan sangat mudah

    BalasHapus
  144. kalo musuh ngaktifin Blademail trus kita juga ngaktifin satanic, apakah tetep bisa lifesteal ?

    BalasHapus
  145. kk keren troll nya bisa nyampe ultra kill wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  146. klo menurut ku sih troll cuma bisa kalah ama void. karena 'chrono'nya. klo masalah stunnya slardar, minus armor slardar itu msh bisa diatasi dgn bkb menurutku. klo troll vs barathrum sih menurutku msh menang troll karena ada 'blinding axe'nya troll dan troll menang jauh attack speed dari pada barathrum. Itu sih kalo menurut opini ku

    BalasHapus
  147. dulu mainin troll dibully habis-habisan sama teman-teman, sekarang giliran maen CM sama teman" troll selalu diban.

    Best pusher dengan vladimir, mana regennya mana tahan cepet amat. Whirling axes dan battletrance cepet recharge.
    Best killer dengan Domi/Stanic, tebelnya minta ampun kalo udah jadi..

    thanks buat guide ini, sangat keren dan mudah dipahami untuk nubi kayak saya :D

    BalasHapus
  148. Gila! Jadi inget ber-5 buat bunuh hero ini doang

    BalasHapus
  149. kk kalo mau lawan mortred item yang diambil apa aja ??

    BalasHapus
  150. Razor jadiin counter dunk kakak, ane maen bnet pake razor, pas si jahra ndeket, ane static link, dia mau battle trance damagenya juga nggak nampol, hajar balik dunk :3

    By, Dwipa IA

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo trollnya pake bkb gimana hayoo???

      Hapus
  151. saya pernah iseng ke-6 semua item jharakal divine rapier. Serangannya udah kayak nenek-nenek.

    BalasHapus
  152. kk di creep utan yang Satyr Trickster itu ada juga di camp c1, c2, c3, sma c4 kk..

    BalasHapus
  153. Klo dibilang diatas hero slardar sama barathrum yang bisa ngalahin troll aku kurang setuju bro.. karena, stunnya slardar n bashnya bara tu masih bisa diatasi dgn bkb, soalnya aku prnh nyobak ngelawan mereka ber2. Trus bagi ku yang bisa ngalahin troll itu cuma void karena crononya dia gak bisa apa2

    BalasHapus
  154. Tuskar termasuk musuh tuhh buat miss" nya nggak bakalan Effect klo kena Warlush punch ! wakakkka

    BalasHapus
  155. kk gmn cara kabur dari troll... bashnya sakit -_-
    pake ghost scepter apa ga kena ?

    BalasHapus
  156. sbenarnya cleve ini yg bikin troll jd rampage di late, memang yg kena bash cm 1, tp gpp lah, g pntingbisa triple kil

    BalasHapus
  157. ga dikasih item counter biar lengkap kk? kya heaven's halberd, etheral n ghost scepter?

    BalasHapus
  158. Visage gk enemies kk?semakin tinggi AS kan semakin tinggi bonus AS yg diambil dr gravechill

    BalasHapus
  159. kak kalau aq itemnya ,Boot travel, Bkb, buriza, sange yasha, satanic, butterfly.udah betul belum kak.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda.

 

Alexa

Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder

Rank

TopOfBlogs
Video Games
Video Games Blogs
Blog Rankings
blog-indonesia.com

Stats